14 Juni 2021

Menanti Dampak Ekonomi Kontrak Belanja Alutsista Indonesia

14 Juni 2021

Fregat kelas FREMM (photo : Marina Militare)

Pada 10 Juni 2021, Fincantieri mengumumkan bahwa Indonesia telah menandatangani kontrak akuisisi enam fregat kelas FREMM dan dua fregat kelas Maestrale. Sementara itu, sejumlah sumber kredibel menyatakan bahwa Indonesia juga telah menandatangani kontrak pembelian 36 jet tempur Rafale dengan Dassault Aviation beberapa hari sebelumnya. Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Kementerian Pertahanan. Namun apabila kedua kontrak itu benar, maka total nilai kontrak diperkirakan sekitar US$12 miliar.

Dengan berasumsi bahwa memang benar Indonesia telah menandatangani kontrak pengadaan fregat dan jet tempur, maka penandatanganan sejumlah kontrak itu nampaknya untuk menunjukkan sinyal keseriusan Indonesia kepada para produsen senjata dunia. Ini karena terdapat kesan bahwa beberapa prime contractors Barat kurang berminat untuk menawarkan solusi mereka kepada Indonesia karena di masa silam Jakarta memiliki masalah dengan pendanaan.

Tidak dapat dimungkiri negosiasi kontrak untuk major weapon system memang rumit. Berkaca dari pengalaman Minimum Essential Force (MEF) 2015-2019, negosiasi teknis beberapa major weapon system memakan waktu lebih dari dua tahun, bahkan ada yang hingga kini belum memasuki tahap produksi walaupun kontraknya telah efektif.

Jet tempur Dassault Rafale (photo : NationalHerald)

Setelah penandatanganan kontrak dengan pabrikan asal Italia dan Prancis, Indonesia memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan bahwa kontrak tersebut akan memasuki status efektif dan membawa alutsista-alutsista itu ke Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Suatu kontrak akan efektif apabila telah dilakukan pembayaran uang muka oleh pembeli kepada Original Equipment Manufacturer (OEM).

Dalam konteks sistem birokrasi Indonesia, suatu kontrak harus didukung oleh Daftar Rencana Pinjaman Luar Negeri (DRPLN), Daftar Rencana Prioritas Pinjaman Luar Negeri (DRPPLN), Penetapan Sumber Pembiayaan (PSP), loan agreement dan Rupiah Murni Pendamping (RMP). Di sini dibutuhkan suatu seamless coordination antara Kemenhan kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Kementerian Keuangan agar kontrak tersebut dapat mencapai tahap effective date of contract.

Karena belanja senjata dibiayai oleh PLN, secara otomatis sebagian besar alokasi utang tersebut akan dibelanjakan di negara pembuat senjata. Namun terdapat peluang agar utang itu dapat memberikan dampak positif pula terhadap ekonomi Indonesia daripada sekadar habis di negara produsen senjata saja. Indonesia menerapkan kebijakan imbal dagang, konten lokal dan offset untuk meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi industri pertahanan sekaligus meraih keuntungan ekonomi dari kegiatan pengadaan alutsista. Untuk itu dibutuhkan suatu parameter yang dapat mengukur kapasitas industri pertahanan yang nantinya akan terkait dengan aspek ekonomi.

Fincantieri dapat menggandeng PT PAL untuk produksi fregat FREMM (photo : Destra)

Mengacu pada data Janes tentang kemampuan industri pertahanan Indonesia, kemampuan industri sea system adalah moderate, air system yaitu moderate-weak dan C4ISR berstatus weak-moderate. Moderate artinya resiko bagi industri pertahanan lokal dalam hal delay, penalti, knowhow dan lainnya berada pada tingkat sedang. Moderate-weak maksudnya resiko bagi industri pertahanan dalam negeri terkait delay, penalti, knowhow dan lain sebagainya berada pada tingkat lebih besar. Adapun weak-moderate yakni resiko bagi industri pertahanan tempatan dalam hal delay, penalti, knowhow dan lain-lain berada pada tingkat sangat besar.

Terkait akuisisi FREMM dan Rafale, potensi offset berada pada produksi modul kapal perang, manufaktur komponen pesawat tempur dan alih teknologi elektronika pertahanan. Namun hingga sekarang belum ada informasi valid mengenai paket offset apa saja yang ditawarkan oleh Fincantieri dan Dassault Aviation kepada Indonesia dan berapa persen nilainya dari kontrak. Begitu pula sebaliknya, paket offset apa saja yang diminta oleh Indonesia dari kedua prime contractors dan berapa persen nilainya dari kontrak.

Tawaran offset dari OEM selalu memperhatikan kapasitas penguasaan teknologi oleh industri calon penerima offset. Lalu bagaimana kapasitas industri pertahanan untuk menyerap teknologi yang ditawarkan oleh OEM? Ini adalah hal kritis karena berdasarkan pengalaman penulis, para industriawan senjata asal Barat masih meragukan kemampuan industri pertahanan Indonesia untuk menyerap teknologi tinggi yang mereka tawarkan sebagai offset. Tidak jarang untuk dapat memenuhi offset, industri pertahanan mitra OEM harus melaksanakan investasi terlebih dahulu di lini produksi.

Dassault Aviation dapat menggandeng PT DI dalam produksi Rafale (photo : IndiaTimes)

Apabila paket offset telah disepakati oleh Indonesia dengan Fincantieri dan Dassault Aviation, baru dapat dikalkulasi berapa potensi keuntungan ekonomi yang bisa didapatkan dari kedua kontrak lewat offset. Tanpa ada data yang valid, sulit untuk menghitung dampak pembelian senjata asal Italia dan Prancis terhadap ekonomi Indonesia hingga akhir dekade ini melalui program offset.

Sebagai perbandingan, Indonesia meraih offset sebesar 35% dari nilai pembelian F-16A/B Block 15 OCU sebesar US$337 juta pada 1986, di mana US$18 juta mengalir ke PT IPTN sebagai subkontraktor General Dynamics. Dengan asumsi nilai kontrak 36 Rafale adalah US$7 miliar, berapa ratus juta dolar AS atau berapa miliar dolar AS yang akan mengalir ke PT DI dan PT LEN Industri?

Fincantieri dan Dassault dapat menggandeng PT LEN untuk elektronika (photo : Prov Jabar)

Dari uraian tersebut, tantangan yang dihadapi Indonesia terkait dengan kontrak akuisisi senjata dari Italia dan Prancis setidaknya terbagi dalam dua front. Pertama adalah memastikan kontrak dapat mencapai status efektif melalui mekanisme pembiayaan pemerintah. Kedua yaitu memastikan kontrak tersebut memberikan keuntungan ekonomi pula kepada Indonesia lewat program offset.

Penting bagi Indonesia untuk memiliki senjata yang kualitasnya tidak diragukan sehingga dapat berkontribusi terhadap kepentingan nasional Indonesia dan stabilitas keamanan kawasan. Namun, tidak kalah penting pula dampak positif akuisisi senjata dari luar negeri terhadap ekonomi nasional sekaligus meningkatkan kapasitas penguasaan teknologi industri pertahanan nasional.

177 komentar:

  1. MANTAP PT PAL dan PT Dirgantara bakal terlibat dalam pembangunannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat terlibat ... bukan bakl terlibat ... Tetapi kyaknya keterlibatan PTDI dan PT PAL akan sangat "KECIL SEKALI" dalam hal terkait pembelian frigate FREMM dan Rafale itu ...

      Bagi Prabowo .. Kemajuan industri pertahanan lokal gak penting baginya .. yang lebih penting adalah CUAN yang akan diperoleh yang memang diperlukan oleh Prabowo untuk mempersiapkan Pilpres dan Pileg 2024 bagi dirinya dan GERINDRA ...

      OH Indonesiaku ... Begitu Miris nasibmu ..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. keterlibatan PTDI dan PT PAL akan sangat "KECIL SEKALI bagaimana?
      Wong yg dipilih itu yg pasti bersedia memberi TOT atau offset atsu imbal dagang. Itu urutannya sesuai amanah UU. Kok ngomongin cuan segala.
      Sekelas Demen aja bisa digiring utk memberikan TOT dan offset ke PT. PAL. Dan tim dr Dasault pun telah mengunjungi PT NTP dalam rangka implementasi rencana program Offset MRO Engine Pesawat Tempur Rafale.
      Emangnya mampu seorang prabowo menabrak UU.? Dan ingat pengadaan ini bukan dalam kondisi darurat. DPR dan KPK sdh menghadang duluan jika aturan main ditabrak.
      Jng berasumsi negatif tanpa dasar. Kok sedikit2 Cuan. Bapak kau pedagang cuan.?.....πŸ˜„πŸ€£πŸ™ˆπŸ˜€πŸ˜

      Hapus
    3. Sok tahu si unknown...
      berapa % nilai offset aja belum ketahuan.





















      Hapus
  2. Waduh sudah lama gw ngikutin pertarungan seru antara Geng Malon Yang Diperankan oleh πŸ•πŸ• Peking vs Geng Indo yang diperankan oleh 🐷🐷 Panggang dan Ahoaxtaikers.

    BalasHapus
  3. Mosok kalah ama nego pas jaman Peace Bimasena-1...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman mbah to kan masih ada priviledge dari barat om
      Sebelum perpanjangan kontrak karya d freeport 90an
      Us masih diem2 saja masalah d timtim
      Begitu ttd k2 freeport beres
      Mulai kumat penyakit paman sam
      Apalagi s mbah mulai deket2 k genk kanan

      Hapus
  4. Berita CNBC yg diposting Admin dari wawancara CNBC dengan Alman Helvas..

    BalasHapus
  5. Mantap
    PT DI belajar ama Dassault Aviation
    PT PAL belajar ama Fincantieri
    PT LEN belajar ama Leonardo & Thales
    Semoga PT Pindad kerjasama dengan Oto Melara

    BalasHapus
  6. Kalo bisa dapetin kunci teknologi radar AESA mantap tuh

    BalasHapus
  7. Indonesia dan Rusia juga sering bermasalah karena Jakarta pengen teknologi kunci dari Sukhoi tapi Moskow menolak terus . Padahal SBY waktu itu mau borong 100 sukhoi jika Moskow mau kasih teknologinya,tapi apa daya rusia masih pelit teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bullshit 100 sukhoi.

      Beli 12 bijik aja nyicil setiap periode 6 unit.

      Kalau beli 100 unit mah sebagian sukhoi sudah bisa x line produksi di buat di PT. DI.

      Hapus
    2. Fakta nya adalah kita beli sedikit tapi permintaanya banyak.
      Ya gak mau produsennya.

      Hapus
  8. Harusnya kalau borong bisa dapat impact sana sini yg besar, termasuk kemampuan industri kapal, elektronik PT len, juga PT di.... Masalahnya sering bukan karena pihak pemberi ToT, tapi lebih ke kesiapan industri kita sendiri, manusianya gak siap, peralatan gak siap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Hal itu terjadi di kontrak KRI REM, CBG Batch I, KFX/IFX, dan lain-lain. Pemerintah baru sibuk menyiapkan SDM dan peralatannya Setelah pihak pemberi ToT setuju memberikan ToT dan Offset.

      Hapus
    2. Kita ini butuhnya TOT apa sih sebenernya. Dari pembelian frigate apa maunya. Pembelian Rafale apa maunya. Kalau semua tehnology ya gak mungkin lah. paling2 jatuhnya offset. Kita juga harus faham kebutuhan kita itu apa. terutama yang mendesak dan yang butuh sedikit ilmu lagi bisa khatam.

      Hapus
  9. Jangan lupa kapal baru, personel baru, yg perlu persiapan pendidikan kusus yg tidak sebentar, perlu kursus yg lama untuk mempelajari alat baru, ketika sign kontrak, TNI al TNI au harus cepat kirim belajar prajurit untuk awakinya, karena technology tinggi butuh belajar lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau belajar tak butuh lama. Untuk mendalami yang butuh waktu. Dan butuh latihan dan problem.

      Hapus
  10. Kapal fremm adalah sebuah era baru, real fregat dengan technology terkini aegis system yg rumit, perlu pembelajaran yg detil dan perlu sejak awal persiapkan awaknya, karena ini technology baru yg sulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem Aegis bukannya di Kapal perang AS. Sistem Aegis setahu saya juga di pakai kapal perang Jepang, Korsel.

      Untuk negara Eropa yg termasuk Anggota NATO kayaknya gak semua pakai sistem Aegis.

      Tadi malem saya nonton youtube channel TV One yg wawancara Mantan KASAL Bernard Kent Sondakh. Beliau Bernard Kent Sondakh bilang Technology kapal FREMM pakai sistem SIGMA seperti di KRI Martadinata Class.

      Hapus
    2. Sistem apanya bro?
      Sistem bikin hull, sistem senjata, sistem elektronik, sistem propulsi, atau sistem data link?

      Hapus
    3. @Bandar PORKAS

      Sistem peperangan eletronik, sistem elektronik, sistem senjata..

      Nah link videonya wawancara TV One dengan Mantan KASAL Bernard Kent Sondakh.

      https://youtu.be/ejnJooB-f38

      Hapus
    4. Semoga tidak salah alamat link dan menyimak hingga tuntas πŸ™

      Hapus
    5. Yang terjadi kemaren-kemaren tuu dikasih alamat yang salah jeee..ya udah, nyebur sekalian..

      πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    6. Kesan thd pembelian : FREMM dan Rafael......adalah beli yg paling mahal !!!

      Ya mahal segalanya...mahal harga beli nya, mahal biaya operasionalnya, mahal juga konsekuensi lainnya spt: penyiapan infrastruktur karena berbeda dg platform yg sudah ada spt: simulator, pelabuhan dll.

      Juga sewaco yg berbeda dari yg sudah ada πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰ dari basis : Thales-SEWACO bergeser ke Leonardo

      Dll, dll yg harus dijelaskan secara rinci

      Hapus
    7. Zero enemy, a thousand friend

      Zero paranoid, a thousand merek

      😁

      Kalo ribet, bukan salah user, karena user dengan mahfum udah bilang Falcon...


      ini maah ngrepotin..
      yaaah, anggap aja tantangan



      .......kaboer..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Persis sepeti yg disampikan oleh pak Bernard.....user senang diberikan alutsista baru

      Tapi tidak berhenti disitu krn dalam pembelian alutsista baru harus berbasis pada perencanaan yg sudah dirancang oleh user.....bukan oleh kemhan

      Kemudian tentang TOT.....KKIP yg sekarang dipimpin oleh Suryo Prabowo tak bercuit sedikit pun ☝️


      Misal pun fincantierri siap memberi TOT 1000% pun....tapi apakah PT PAL atau industri lain yg akan menyerap TOT nya sudah "inline" telah dipersiapkan utk menyambutnya......sepeti ketika akan menerima TOT teknologi modular kapal berbobot 6000 T, apakah infrastruktur PAL sudah siap ?

      Anggaran user utk mengoperasikan mesin turbin apakah juga sudah siap dg anggaran operasional yg besar ??

      Hapus
    9. 6xCODLAG + 2xCODOG..

      BBM & Maintenance'nya sama-sama serem...😁

      Yang dulu-dulu aja turbinnya pada dilungsur..

      Yaaah...anggap aja tantangan..😁

      Hapus
    10. @Bandar PORKAS

      Bro.. Untuk Iver pake sistem Propulsi apa?

      Hapus
    11. IVER πŸ‘‰ 4 x mesin diesel MTU

      Hapus
    12. Yang dulu nggak kuat operasionalnya pakai COSAG. CODLAG harusnya tidak terlalu susah maintenancenya.

      Yg serem yg CODOG. Tapi kelas Mandau juga pakai CODOG, belum ada yg pensiun dini karena operasional kemahalan.

      Hapus
    13. Mandau kan ndak buat long range, pak lik...😁

      Ini fregat, mosok long range mau mode dieselan mulu..😁
      Yaa..ga papa sii, tapi agak gimanaaaa, gitu..dah invest mahal-mahal..😁

      Hapus
    14. Mandau class belum ada yg pensiun biar pake CODOG.....mandau class bobotnya berapa mas @IRS, dibanding dg bergamini ???

      Hapus
    15. Anggaran kan harusnya sesuai kapal yg digunakan. Mumpung KCR kita sepertinya sudah melebihi kebutuhan, masuk akal kalau yg lebih boros dipensiunkan. Dari semua rencana yg pernah dipublikasi, jumlah KCR kita sudah terlalu banyak.

      Hapus
    16. Saya lihat Maestral 3040 t, memang rada mengkhawatirkan. Tapi ada kemungkinan FREMM malah lebih murah loh operasionalnya (banding Maestral). Konsumsi BBM, dan keperluan maintenance harusnya kita sudah tahu waktu sign kontrak.

      Kalau fregatnya mau paka long range pasti diesel melulu.πŸ˜… Turbinnya kalau lagi butuh ngebut.

      Hapus
    17. Entah usernya dan PAL dan industri terkait dilibatkan atau dilangkahi dalam pengadaan Iver dan rafale

      Hapus
    18. Kenapa ga sigma aja di lanjutkan.mungkin bisa di buat dengan tonase yang lebih besar.daripada rafale yg mahal segalanya,kenapa ga viper aja.murah dari segi manapun.kalau takut di embargo,ya buat sendiri lah.

      Hapus
  11. Ini juga saatnya PT len melompat lebih jauh, jangan kerjakan electronic yg kecil kecil saja, mungkin bisa ambil kolaborasi aneka system electric aegis, atau avionic rafale

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya sistem yng paling canggih .. tetapi kasih duitnya ke PT LEN seuprit ...memangnya PT LEN tukan songlap .. Hal ini juga terjadi kepada fasilitas LAPAN, PT PAL dan PT DI dll ... diminta untuk nanti merakit KF-21 .. tetapi uamh untuk mempersiapkan fasilitasnyaa gak ada atau gak mencukupi ...Itu sih sih namanya kemandirian setengah hati atau bong-bongan ..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Seperti ditulis di artikel, infrastrukturnya sudah ada? Kalau avionic Rafale seharusnya bisa, tinggal thermals buatan lokalnya yg belum jelas.

      Hapus
    3. Tanya sama Bapak Besar kenapa di awal mula MEF tidak memikirkan fasilitas dan SDM PT. DI, PT. PAL, PT. PINDAD, PT. LEN sebelum menerima Offset.

      Baru di zaman Jokowi PT. DI melengkapi fasilitas perakitan KF-21, PT. LEN join untuk buat UCAV MALE Elang Hitam, PT. PAL yg baru melengkapi Fasilitas perakitan CBG.

      Hapus
  12. Tapi klaim sudah deal ini ternyata masih terlalu awal, karena bapenas, kemenkeu dan presiden belum tanda tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahapannya memang kontrak awal, bahas Offset & TOT, Kontrak Efektif, Bayar DP.

      Hapus
    2. Yang klaim udah deal sebenarnya siapa ya..? 😌

      Hapus
    3. Kalau perkiraan gw sih ada kemungkinan di revisi atau dimodifikasi kontraknya .. tetapi juga bisa juga dibatalkan mengingat kondisi keuangan fiskal negara kita saat ini ...betul-betul GEDE Bolongnya ...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. @Unknown

      Mechanize14 Juni 2021 09.34

      APBN gk ada yang dipakai Untuk Pertahanan sejak era jenderal sudirman�������� dulu ditawarin sama sukarno tapi sudirman nolak,sampai sekarang pun TNI tidak pernah dapat bagian APBN

      Hapus
  13. Gk perlu sok2an langsung bangun di pal,
    3 unit bangun di italia gpp, 3 lainnya baru bangun di pal,
    Jangan kayak sebelah,
    Ilmu baru sedengkul, nekat terjun ke sugai dalam, akhirnya tenggelam mereka.
    Btw klo berjalan mulus postur militer kita 2025 mengerikan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya Untuk FREMM 4 unit di bangun di Italia dan 2 unit di PT. PAL. Untuk Maestrale beli 2nd jadi di modernisasi langsung pabrikan

      Hapus
    2. Kan emang d bangun 3 d sono dan 3 d sini om
      Kecuali mank iver yg d bangun d sini semua
      Karena yg d denmark dah kukut
      Paling cepat frem d bangun setelah 2 biji iver klar
      2025 2026

      Hapus
    3. Gak ada clause seperti itu di kontraknya .. Ficantieri hanya bilang .."kemungkinan akan bekerja-sama dengan PT PAL" itu saja .. ak ada disebut 3 unit akan dibuat di PT PAL .. beda kontraknya dengan kontrak bacth 2 KS CBG ,, jelas-jelas tercantum skema kerja-sama antara DSME dengan PT PAL ...

      Hapus
    4. Pihak ficantieri belum melihat fasilitas di PT. PAL.

      Kemungkinan kalau pun kontrak baru sebatas kontrak awal.

      Hapus
  14. klaim deal tak adalah, semua masih tahap penandatanganan kontrak awal' tp pesentasenya menuju deal adalah 80% apalagi indonesia butuh transfer2 teknologi, investasi ilmu teknologi itu emang membutuhkan dana yg besar tp jg membutuhkan sdm dan fasilitas yg mendukung, bukan cem malon maksa sdm yg belum siap dan fasilitas abal² ujungnya salah potong πŸ€§πŸ€­πŸ€­πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu bro, yang klaim udah deal pihak 'sono', trus di BJ ama media lokal...biar meriah.

      😁

      Hapus
    2. bagi mereka sudah deal, sekian % offset disetujui. tinggal kitanya aja mau isi offset sekian % itu utk apa aja.

      Hapus
  15. Harusnya malon yg belanja militer besar besaran karena tiap hari kena bully di dunia nyata di bully laut udara dan darat oleh cina di dunia maya juga kena bully

    Apadaya dana ciput bagi lima, nak beli vaksin pun wang hanya cukup untuk beli kayu bakar

    BalasHapus
  16. 01. Salam bina Monumen Candi kebodohan LCS Maharogolela Replika Kapal SALAH POTONG tak cecah air ompong tanpa baling baling seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual ke gelly cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA MAS LIMA 5
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI untuk wang Kopi
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP ke Argentina untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR,Kapal HOSPITAL,LPD,LST, HELI ATTACK,HELLI ASW,UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN A4 Skyhawk hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan
    39. Salam CCG kekal 289 hari kat betting Ali, CCG sudah makan tido berak sedot ikan sedot minyak, Askar tak berani usir
    40. Salam Komando tewas kena tembak SENAPAN ANGIN penyelundup Perlis
    41. Salam heli telur SEWA, bot pemintas SEWA, ATV dan Motosikal SEWA
    42. Salam MERIAM TARIK LEMBU camo Digital, lembu hasil curian
    43. Salam LMS ompong berjumpa dengan saudara kandung CCG malah ngumpet di balik pulau
    44. Salam 9 APC Guardian di tolak PBB tiada RCWS hendak prank PBB dengan harga komplite RCWS
    45. Salam warga semenanjung guna PASPOR untuk ke SABAH SERAWAK
    46. Salam UCAV drone DJI di tempel dua senapan M4 untuk menakuti Kelalawar
    47. Salam di bully bekas Provinsi, bayar air murah, di ceroboh Apache, di ambil batu puteh, bayar denda kereta Cepat
    48. Salam MERDEKA SEMU 999 tahun bayar UPEPTI
    49. Salam HMAV 4X4 TARANTULA satu unit, Tempel Sticker Hizir Turkey dan versi gagal nanjak
    50. Salam RADAR IMPOTEN tak bisa kesan MH370, terbang ke segitiga bermuda menurut BASKOM AIR Tok Bomoh
    51. Salam JERICAN MINYAK goreng untuk ponton tentara seberang sungai
    52. Salam latihan SEDEKAH MINYAK dan MELAMBAI di laut
    53. Salam pesawat intai ISRAEL kencing di langit Ibu negara Putra Jaya tak takut di salvo Jernas Lapook
    54. Salam 16 PESAWAT ELDER BROTHER ceroboh langit betting ali hanya di sambut selfie dengan 1 ekor HAWK LAPOOK

    Salam terlemah ASEAN
    Salam SEWA ASEAN
    Salam Rank 44 di bawah kaki Myanmar
    Salam Budget di bawah kaki philipine

    BalasHapus
  17. TIM RAFALE mana SUARANYAAaaaaaaa uhuyyy haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    TIM ELIT JOM SHOPPPING SOPING TERUSZ...
    TIM SULIT JOM LOKDON, FLONGA-FLONGO FANASSSSSSsss haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tim sulit Fontang-Fanting hunting link oom...maklum, kefo beraaaat..

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. ntar pasti ada WARGANYET KL sebut, LAHHH bertaun2 KAJIAN kita bikin, eh diambil tetangga lagi..bye..byeee...http://rafalemalaysia.com/

      Hapus
  18. Yang jelas itu cuma satu, MEF 2 saking kacau balau nya sampai berbagai program utama seperti pespur dan fregat berat harus carry over ke periode sekarang yang seharusnya cuma fokus ke MEF 3 dan penyempurnaan program MEF sebelum menuju program IEF.

    Kalau ada yang mau disalahkan, jelas yang salah itu Menhan RR dan kroni-kroninya sekelompok sama Bu Connie Anakonidin itu, untung Pak Jokowi sabar di awal-awal masa jabatannya, walaupun sudah sempat terhasut sama genk mereka Pak Jokowi masih bisa sadar diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh engga jugak, keterlambatan ituw slaluw ada dan uda diprediksi dr awal
      coba perhatikan kenapa MEF gak dimulai dari angka RENSTRA 1-> pasti MEF I/RENSTRA II...

      yaaa sebab MEF gak dimulai dari NOL...
      kerna RENSTRA memang dibuat 4 periode wkt utk 20 tahun bukan 15 tahun sperti orang baca slama ini gaesz haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“
      cuman dikasi nama yaa 3 periode terakhir

      dlm dokumen KEMHAN pon uda ditulis oleh menhan opa pur.
      MEF I aja uda me-WARISI beban hutang dan jadwal shopping soping yg tak selesai dalam RENSTRA I.
      penyebabnya yaa soal DUWIT, birokrasi dan jalur KE(kredit ekspor) yg butuh wkt lama..

      proyek MEF aja uda disebut butuh alokasi anggaran pertahanan sebesar 130 T per tahun, selama 15 tahun!
      tak bole kurang dan kurs stabil...haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡
      silaken berfikir secara lojik gaesz..

      coba siapa mao jawab berapa besar anggaran belanja kita dlm 5 tahun MEF I..???

      Hapus
    2. Wah ada kurs stabil. Pantas jadi pusing.

      Hapus
    3. oleh sebab ituw RENSTRA lanjutan 25 tahun, yg dibuat opa menhan WOWO ituw di rancang berbeda gaesz.

      terutama soal pendanaan, yg gak nunggu apbn turun dan nunggu dapet KE(kredit ekspor) dari masing2 alusista yg dibeli.

      rancangan RENSTRA 25 tahun tersebut lgs mencari sumber dananya dulu FULL 25 tahun!!!
      agar tak terjadi hambatan seperti yg terjadi dlm RENSTRA MEF, okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      1790T ituw bukan harus, kerna ada berbagai skema pilihan paket.. bisa setengahnya ato bahkan 2x lipat...smua fleksibel. yg penting itungannya kluar dulu buat rancangan anggaran belanja-formasi masa depan!

      begitchu yg guwe tangkep dlm proses ini.
      sbnernya proses ini bisa lebih cpat dan lebih murmer nantinya.

      bbrp minggu laluw guwe buat analogi soal investasi alutsista, ehh bner kan para pakar jgk berfikir sama..

      soal f-16, dl kita beli $30jutaan, skrg $80-100jt..
      berbicara ttg investasi alutsista
      klo nunggu py duwit gak bakal bisa,
      keburu naek harga, dibanding tingkat pinjaman jangka panjang pasti lbh murmer tapi asetnya dapet duluan gt lokh haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      bayangin aja tank amx-13 prancis aja masi beredar gaesz, ituw blom soviet/ruski...
      umur pake alutsista kita dan daur hidupnya panjang sangat...antara 20-50 thn, bahkan bisa lebih...jd gausa ribet haha!

      Hapus
    4. nyooiihh om irs, pasti pusink..gak ada satupon yg bisa prediksi 100% tepat ttg masa depan peradaban & ekonomi kita haha!🀭🀭🀭

      siapa yg taon kovid akan datang 5 taon laluw..
      siapa yg tao kurs kita 14-15 rb, pdhl 8 taon laluw 8-9rban thdp dolar amrik.
      siapa yg tao 8 taon laluw kurs dolar ostrali diatas amrik, aus$10-12 rb, dolar amrik 8-9rb..haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      ituw sebab, dlm renstra lanjutan 25 taon kedepan diambil solusi dana dan pembeliannya diatur skrg,
      tp bukan berarti yg nanti gak dapet giliran shopping soping lho...
      PDB kita bakal naek trus..otomatis anggaran belanja akan bertambah dlm perjalanan mnuju 25 taon kedepan.

      kita masi blom py LHD, pesawat halimunan, LORAD bahkan bom nuklir...jd jgn kwatir, anak cucu kebagian kok, yg fenting BORAMAE masi keren buat selfpi2an haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    5. klo makin gde GDP kita, ekonomi dimasa depan baek...
      kebayangkan klo nanti anggaran belanja pertahanan kita 200 T trus dolar dibawah 10 rebu.. angka tetep 0,8..
      jd gausa tereak minta up 1,5, kesian yg ituw gaesz..kita masi gigi 3, yg ono gigi lima rpm tinggi..FANASSS haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      klo ada selisih 50 T, wahh bole donk naekin pagu SHOPPING SOPING, bkn 1760T lagi lgs 3500 T..dan moga2 gausa pake lender..ituw harapannya..bole kan berandai2..haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
    6. Usd 124,995 billion itu sebenarnya setengah dari ideal.

      Maunya saya Usd 246,6 billion!

      Kalo Usd 246,6 billion maka kita bisa dapat Anadolu class 2 biji, Arleigh Burke 5 biji, Bergamini Class 16 biji, PKR Sigma 40 biji, F35 SVTOL 32 biji, F16 Viper CFT 65 biji, FA50 85 biji, Super Tucano 56 biji, Rafale 36 biji, F15EX 36 biji, Apache 100 biji, Chinook 48 biji, dll.

      Selain itu Kostrad dan Marinir serta Paskhas dan jug Brimob akan jadi sangat kuat. Arhanud dan coastal defence system akan bertebaran di mana-mana.

      Bahkan kalo usd 246,6 billion Bakamla juga dapat bagian 16 OPV seperti PKR sigma, 29 heli AW109 dan CN235 MPA 5 biji.

      Bagian Pemadam Kebakaran hutan pun dapat bagian CL-515 48 biji.

      Belum lagi Isilop kita juga bakal dapat alpalhankam banyak dan semakin kuat.

      Bagian perbatasan negara juga dapat bagian tembok beton setinggi 8 meter dengan panjang hampir 3000 km. Pasukan kita tinggal patroli di sepanjang tembok tanpa kuatir patok digeser.

      Tapi itu cuma maunya saya dan negara kayaknya nggak kuat membiayai maunya saya.

      Hapus
    7. Kalo Usd 246,6 billion maka kita bisa dapat Anadolu class 2 biji, Arleigh Burke 5 biji, Bergamini Class 16 biji, PKR Sigma 40 biji, F35 SVTOL 32 biji, F16 Viper CFT 65 biji, FA50 85 biji, Super Tucano 56 biji, Rafale 36 biji, F15EX 36 biji, Apache 100 biji, Chinook 48 biji, dll.

      -----------------

      kok prasaan kurang nendang listnya om woof2 haha!🀭🀭🀭

      -gak ada LORAD
      -gak ada kasel
      -gak ada OSPREYKUH
      -gak ganship
      -gak ada AWACS/AEWC
      -gak ada Pegasus
      -gak ada C-17/C-2
      -gak ada KF-21, ngapaen fa-50???
      -gak ada Dron tempur, heli atak kebanyakan

      kalo uda ada RAFALE & f-35, viper uda gak ada gunanyalah. likuidasi sahaje haha!🀭🀭🀭
      dua tipe ini pon memiliki tipe berbasis kapal induk.
      sebaiknya jgn pilih LHD Turki, mending LPD & lgs model queen ELIJABETH om woof2 haha!🦾🦾🦾

      ps:edisi ngayal dotkom, dilarang julid haha!🀐🀐🀐

      Hapus
  19. Sekarang kalau DRPPLN dan DRPLN "berdesak-desakan" siapa yang susah? TNI juga yang akhirnya kena...

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. FREEM frigate dan Dassault Rafale ...22nya Guanteng dan GAHAR....negri jiran sudah ketar ketir...kencing dicelana.πŸ˜…πŸ€£

    BalasHapus
  22. Banyak tikungan sebelum kontrak efektif, nilai dan speknya jg blm jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau buat kontrak itu harus sdh ada harga barang dan spek barang. Klo blom ada kedua point itu, gak bisa tanda tangan kontrak. Banyak tikungannya yg gmn? Ini bukan sirkuit balapan dek. Pemerintah itu inginnya pengadaan dr luar ada kontribusinya bagi industri dalam negeri sesuai amanah UU. Jd klo repot sedikit wajar demi keberhasilan kemandirian dimasa depan.

      Hapus
  23. Ini kayaknya baru kontrak ketertarikan am suatu barang ya,kayak boking gt,diambil iya lanjut proses selanjutnya dilepas juga ga ad ikatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ada jenis kontrak ketertarikan dek? Klo baru tertarik itu namanya RFI yg sering dibuat genk malon utk ngeprank pabrikan barat.
      Kalo sdh kontrak itu artinya sdh ada kesepakatan dng kementrian keuangan dan Bapenas. Nah tinggal pihak pabrikan menawarkan kespekatan TOT, dan offset yg bisa diterima RI maka kontrak efektif dikeluarkan sekalian pencairan DP.

      Hapus
  24. Bila INDON sembang beli aset tidak lepas MENYEBUT HUTANG ya.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesir beli 36 Rafale dgn skema pinjaman dr Perancis.
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Silakan korang beli aset dgn cara tunai/cash/kontan + langsung lunas. Abistu ko kirim beritanya ke sini.

      Catatan: tapi jangan barang2 receh/murah cem ......
      😁

      Hapus
    2. Hutang kita bayar pur...dimana masalahnya ?

      Hapus
  25. -Sudah saatnya TNI AD,AL,AU memiliki aset2 berteknologi tinggi.
    -Update/upgrade alutsista sebaiknya terjadi secara gradual. Jangan terlalu jauh gap nya.
    -Gap yg terlalu jauh akan membutuhkan pendidikan/pelatihan yg lama tuk adaptasi.

    Seharusnya TNI sudah akrab dgn peralatan2 berteknologi terkini, bukan hanya mengandalkan senjata2 konvensional.
    Skill individu yg tinggi dgn perlengkapan militer yg canggih, adalah duet maut yg membuat tentara kita benar2 menjadi tentara profesional.

    Maju terus TNI! πŸ’ͺ

    BalasHapus
  26. Nah.... Negara lain mendanai pembelian aset guys.... Wkwkkwkwkwkw


    Karena belanja senjata dibiayai oleh PLN, secara otomatis sebagian besar alokasi utang tersebut akan dibelanjakan di negara pembuat senjata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesir beli 36 Rafale dgn skema pinjaman dr Perancis.
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Silakan korang beli aset dgn cara tunai/cash/kontan + langsung lunas. Abistu ko kirim beritanya ke sini.

      Catatan: tapi jangan barang2 receh/murah cem ......
      😁

      Hapus
    2. Tak apa-apa yang penting aset akan berdatangan terus manakala SEBELAH tu semuanya versi PRANK Korang ni selalu di PRANK terus ya Pur wkwkwkwkw

      Hapus
  27. Kasihan Sebelah guys akhirnya asetnya tergantung... Wangnya tak cukup.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  28. KASIHAN guys ada negara yang asik lockdown terus Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  29. MALON dah beli apa Pur ...?? LCA versi PRANK ke...?? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  30. Malah banyak geng MALON yang sedih karena negaranya jarang beli aset salah satunya si Gempur dia pasti sangat IRI DAN DENGKI tengok INDONESIA beli Rafale,FREMM dan Maestrale class Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  31. Siapkan dulu infrastruktur mesin pendukung jangan sudah kirim orng PT DI tapi gedungnya belum ada. mesin belum ada.. duit juga dibayarny lama haduhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehehe .... Sudah jangan ikut-ikut HALu seolah-olah kontrak pembelian FREMM dan Rafale itu akan terrealisasi nanti .. Yakinlah kata-kata sakti seperti DITUNDA, DIBATALKAN ATAU DITANGGUHKAN akan sering muncul dalam berita terkait dengan kntrak FREMM dan Rafale itu ...

      Dan pembatalan kontrak bukanlah hal yang pertama kali terjadi .. ingat kasus OSPREY atau KS CBG Batch 2 serta KFX/IFX itu ...

      Saran saya jika anda ingin diskusi masalah ini dengan lebih fokus untuk memperoleh perspektive baru silakan kunjungan forum-forum berikut ini:

      1. Pakistan Defence Forum:
      https://defence.pk/pdf/forums/china-far-east.161/

      2. Lowyat Defence Forum V28
      https://forum.lowyat.net/topic/5127186/+440


      Hapus
    2. Anak formil senior aja pada pindah dari defense pk ke defense hub karena moderator dan adminnya berat sebelah lebih denger pendapat yg bangga2kan China dan banyak yg pendukung China.

      Ya maklumlah, defense pk server dan buatan Pakistan. Pakistan lagi mesra dengan China..

      Jangan2 kau termasuk yg salah satu pendukung China dan bangga2kan China di defense pk..

      Hapus
    3. Fasilitas pemgembangan pespur sudah siap bahkan mesin pencetak bodi peswat sudah ada,KKIP sudah sidak cek semua kesiapan Fasilitas Inhan sebelumnya.

      Hapus
  32. apalagi KL RAJA DIRAJA HUTANG GAESZ..

    KELAS KEDAH masi hutang,
    LCS HUTANG jugak

    SALAM KUWAIT FINANCE HOUSE....

    korvet kedah 15 tahun OMFONG abadi,
    baru refit 2020 eh kesian FCR HAMPA tiada ganti haha!🀣🀣🀣
    meriam ini kapal, mo nembak gimana pulak ngekernya? pake tropong bintang gaesz haha!😎😎😎

    kesian KL yg laen apgred nambah aset disono lenyap satu persatu...haha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Malon Engine Jet Pejuang aja bisa hilang di songlap... bwahahahahahaha..

      Hapus
    2. nyoooiihh om unknown531, yg kocak beli pespur MB-339 setelah ituw TANPA ENJIN!
      apa sebab? ternyata dibegal duluan sblom sampe, KL sadieszz haha!🀣🀣🀣

      masa beli mehong tanpa enjin, sedangakan rep.eritria beli jumlah sama lebih murmer tapi ada ENJIN! duniya terbalik hanya di KL gaesz haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Ceritanya itu gini om pal
      Beli MB 339 CM itu chasing baru.

      Tapi enjin alias jeroan nya diambil dari MB 339 yg lama sudah dipakai TUDM.

      Chasing baru pakai jeroan lama
      Lawak.. Lawak..


      Hapus
    4. Judulnya pesawat MB 339 CM dengan enjin MB 339 AM.

      Makanya banyak yg terhempas mungkin enjin daya dorong nya kurang untuk terbangkan chasing yg baru.

      Hapus
    5. nnyooiih, hanya di KL SHOPPING pespur tiada enjin tapi harga lebih mahal daripada yg ada ENJIN haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      mungkin enjin swap ituw dikira teote om tupz haha!

      Hapus
  33. KL dikit2 nguTANG gaesz, heli kecik 6 bijik aje pake KAS BON gaesz, kesian..lucu sangat KL SETYAN KREDIT haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe .. Kta juga gak beda sama mreka .. tahu gak ente bahwa pembelian 18 unit Tank Harimau Hitam dari PINDAD juga dibeayai dari pinjaman luar negeri .. bukan dari APBN ... Mengapa ini terjadi karena memang kondisi keuangan negara kita lagi cekang .. BOLONGNYA GEDEA BANGET ..

      Hapus
    2. APBN gk ada yang dipakai Untuk Pertahanan sejak era jenderal sudirman🀣🀣🀣🀣 dulu ditawarin sama sukarno tapi sudirman nolak,sampai sekarang pun TNI tidak pernah dapat bagian APBN

      Hapus
    3. Ente Betul-betul NGELANDUR Nih ...Pertanyaan ane untuk ente .. Alokasi anggaran APBN untuk Kemenhan dan TNI memangnya dipakai untuk apa ?

      Hapus
    4. Makanya baca di gunakan untuk apa aja untuk perawatan dan penggunaan alutsista aja udah habis tuh duit anggaran. Apalagi kalo pakai Sukhoi yang boros uangnya minta ampun

      Perlu dicatat ya semua hutang indonesia saat ini tuh 90% adlaah untuk militer sejak trikora sampai saat ini,semua presiden juga tau itu

      Hapus
    5. NOTA KEUANGAN RAPBN 2018: Alokasi Modernisasi Alutsista Rendah
      Bisnis.com, JAKARTA—Alokasi dana modernisasi alutsista dan non alutsista hanya mendapat porsi kurang dari 10% dari total anggaran Kementerian Pertahanan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2018.

      Dalam dokumen Nota Keuangan RAPBN 2018 yang diperoleh Bisnis, Selasa (15/8/2017) malam, total anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mencapai Rp105,72 triliun. Jika dihitung secara keseluruhan, maka total anggaran terkait modernisasi alutsista hanya menyentuh Rp10,06 triliun.

      Dalam rinciannya, disebutkan program modernisasi alutsista, non alutsista serta sarana prasarana integratif mendapat alokasi Rp695,35 miliar. Sementara itu, program modernisasi alutsista dan non alutsista, sarana dan prasarana mitra darat mendapat Rp4,07 triliun.

      Adapun program modernisasi alutsista dan non alutsista serta pengembangan fasilitas dan sarana prasarana mitra laut memeroleh alokasi Rp3,32 triliun, sedangkan program modernisasi alutsista dan non alutsista serta pengembangan fasilitas dan sarana prasarana mitra udara sebesar Rp4,96 triliun.

      Alokasi dana terbesar diberikan untuk program penyelenggaraan manajemen dan operasional matra darat yang mencapai Rp37,06 triliun. Pos terbesar kedua ditujukan untuk program peningkatan sarana dan prasarana aparatur Kemenhan dengan besaran Rp17,26 triliun.

      Di sisi lain, pemerintah tengah mempersiapkan imbal dagang dengan Rusia. Sejumlah komoditas perkebunan dan kehutanan, seperti kopi, teh, karet, dan minyak kelapa sawit, akan dibarter dengan sebelas unit pesawat Sukhoi SU-35. Nilainya disebut mencapai US$600 juta.

      Nota Keuangan RAPBN 2018 rencananya bakal dibacakan oleh Presiden Joko Widodo di hadapan Parlemen pada siang ini, seusai sesi Pidato Kenegaraan tahunan, Rabu (16/8/2017).

      Hapus
    6. Sukhoi dibeli dalam jumlah sedikit karena Pemerintah tau kalo sukhoi cuma habisin uang doang + gk dapat teknologi dari rusia, apalagi kalo beli F-35 langsung rontok tu duit AU

      Hapus
    7. ada yg 1cc FANASSSS gaesz, lha dikita NGUTANG adalah hal yg biasa haha!🀭🀭🀭

      lah di KL berasa AIB, apalagi yg treak DANA ASEING, lucuuw haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      tapi buntutnya,
      korvet HUTANG 15 tahun blom selesai
      LCS HUTANG, uda nyicil tak ada yg selesai satu pon haha! gilenya lagi minta TAMBAH gaesz, tp cuman 2 yg "mungkin" jadi haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      kreditur malah bisa tahan BNS atas persetujuan pengadilan. 3 bulan bok dijangka bayar, klo tak..yaah siyap2 diSITA haha!πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      Hapus
    8. ini blom si tambun atlas, katanya lunas, pdhl mah berperingkat haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      SALAM dr KUWAIT FINANCE HOUSE,
      ama kesian heli kecik & kapal MMEA delay lagi..nah ituw dipegang 1 syarikat tempatan yg sama, destini lg susah duwit..ampe jual saham lho haha!😡‍πŸ’«πŸ˜΅‍πŸ’«πŸ˜΅‍πŸ’«

      Hapus
    9. Negara maju kuat & super power aja berhutang.

      Hutang gpp asalkan di bayar.

      Jangan kaya sebelah di kasih hutang buat infrastruktur sama cina giliran di tagih... Gak mau bayar Di suruh bawa apa yg infrastruktur yg sudah di buat kan Lawak... Lawak...

      Hapus
  34. Mending ga usah di dealin aja, mending lengkapin fasilitas pabrik-pabrik inhan nya dulu, cetak SDM sebaik mungkin di bidang nya masing-masing... slow but sure

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cetak SDM sebaik mungkin dan tidak dipakai, akhirnya pindah keluar negeri...

      Hapus
    2. klo kabur ke LN rugi2x yakk haha!

      ituw sebab UU cipta kerja dibuat...
      ada yg mengatur pasal ttg investasi perusahaan yg bergerak dibidang militer.

      kelak swasta asing kelas duniya bs bukan disini mungkin ERBAS MILITER, LEONARDO, NORINCO, FNSS, LM, BOWING DEF dll...

      negara gak mungkin membangun smua infrastruktur, maka diundang investor masuk kekita, yg regulasinya "ADA"

      masi ingat CSG grup ceko pengin invest langsung ke indo?
      milyaran dolar lho...
      yg py PANDUR, patriot, vampir mlrs dll..

      dulu gak bole investasi militer asing masuk, dgn ada UU sapujagad, maka..yg model gini bole masyuk...artinya lahan kerja terbuka okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      klo mereka masyuk yg namanya MAFIA alutsista otomatis tenggelam gaesz..

      ituw sebab mafia ini TAKUT, klo grup militer gde masuk, lahan mereka HABIS!!!

      ituw sebab mereka kampanye anti UU SAPUJAGAD milik kita haha!πŸ’€πŸ’€πŸ’€

      http://defense-studies.blogspot.com/2018/11/csg-ingin-investasi-langsung-di.html

      Hapus
    3. Sekalian jalan beriringan kan bisa.

      Toh seperti fasilitas KS kan sudah ada bukan dari Nol.. Tinggal di lengkapi alat2nya.
      Begitu juga untuk Divisi Kapal perang mungkin alatnya di tambah.

      Fasilitas hanggar baru buat KF 21 juga sudah di buat itu kan bisa dimanfaatkan... Mungkin tinggal melengkapi alat2, metal jiga dsb.

      SDM juga masih bisa di siapkan.. Karena untuk Kapal fregate butuh waktu sekitar 4 thn.

      Hapus
  35. @gempur KW:
    Karena belanja senjata dibiayai oleh PLN, secara otomatis sebagian besar alokasi utang tersebut akan dibelanjakan di negara pembuat senjata.

    -----

    Kan dimari sudah ada undang2nya yg mengharuskan adanya ToT, Offset, Kandungan lokal dll. Itulah mengapa disediakan waktu yg cukup utk bernegosiasi sejak kontrak awal diteken. Kalo belum terpenuhi, jangan dulu dbayar (kontrak efektif).

    πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah dijelaskan begitu bung, mereka itu paham, hanya mereka berusaha ngetrol saja utk membalas setiap komen yg merendahkan mereka. Klo ente jelaskan spt itu gak akan dibaca oleh genk malon. Yg dibaca mereka pasal hutang, pasal KKB, pasal KCR yg cuma 6 hari endurance katanya.
      Jd sebaiknya siapkan model komen yg membuat genk malon tersentak dan tersungkur saja. Contohnya kayu bakar sudah siap pak cik....πŸ€£πŸ˜„πŸ˜πŸ™ˆπŸ˜€πŸ˜

      Hapus
  36. Tanda tangan kontrak untuk FREMM dan Rafale itu Bukan Lol nampaknya karena Sebelumnya Kemhan juga Sudah menandatangani Lol untuk Rafale pada bulan Januari 2021 kemarin



    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3325316030910050&id=181276675314017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu sudah teken kontrak, tapi kontrak awal. Sudah OK beli, tapi ada poin2 yg harus disepakati sebelum bayar DP/
      kontrak efektif diteken.

      Sama juga dengan teken kontrak Iver kemarin. Abis teken, poin2 lebih ditail dirumuskan/disepakati dulu, baru bayar DP.

      Kalo MoU atau LoI, itu masih jauh. Cuma minat saja/tertarik.

      Ini yg @gempur cs selalu gagal faham. Katanya lebih bagus langsung sign 6 sekaligus!

      😁😁😁

      Hapus
  37. Cetak SDM unggul itu harus belajar buat kapal dulu,PT PAl sudah bisa bikin kapal fregat 104 meter,tinggal dinaikin lagi jadi 140 meter yaitu FREMM dan iver, harapannya 2025 sudah bisa bikin kapal perang 160-170 meter.

    BalasHapus
  38. Kunci uksesnya kemandirian alutsista adalah konsistensi kebijakan untuk membuat seluruh alutsista di dalam negeri melalui berbagai macam pola .. joint venture, ToT atau membeli lisensi dsb ..

    Selain itu juga pembelian oleh USER juga harus berkesinambungan jangka panjang .. gak kayak sekarang ... + infrastruktur industri pertahanan juga harus disiapkan atau dibantu oleh pemerintah .. gak kayak sekarang dibiarkan mencari sendiri ...

    BalasHapus
  39. Ilmu dulu baru infrasruktur,percuma ilmu rendah tapi fasilitas besar. Bicara fasilitas PT PAL juga punya fasilitas yang besar tapi karyawannya masih sedikit sekitar 2000 karena susah cari karyawan yang cerdas sekarang ini.

    BalasHapus
  40. Fasilitas pemgembangan untuk prspur peswat IFX tuh sudah ada di PTDI sebelumnya KKIP udah sidak cek semua fasilitas inhan di indonesia termasuk di PTDI sudah siap.

    BalasHapus
  41. kenapa mendadak ada yang sok tau ya???
    sok harus begini, harus begitu.

    ada kemenhan dan ada TNI sebagai user, ada inhan yang lebih mengerti

    kita pantau saja, jangan sok tau !!!

    apalagi sampai bilang #gak usah di deal kan saja#

    siapa elo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak buahnya si connie juga rupanya

      Hapus
    2. Biasa bung @esen mereka kurang nyimak.

      https://jakartagreater.com/kkip-tinjau-fasilitas-pengembangan-pesawat-tempur-kf-x-if-x/

      Hapus
    3. betul om@garuda jaya

      karena kurangnya informasi, kurangnya pengetahuan dan tak bisa mengerti apa isi beritanya.
      jadi gagal paham

      Hapus
  42. Balasan
    1. Pemborosan BBM.πŸ˜†

      Hapus
    2. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ cuma skedar harapan pribadi aja mas... kali aja sy pnya salah satunya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Mig 31 the fast interceptor salah satu tercepat di dunia,

      Hapus
  43. Siap tapi pegawainya masih kurang berpengalaman dan sedikit sehingga masih kurang kalo mau memenuhi kebutuhan dalam negeri

    BalasHapus
  44. SDM sudah sipkah bila TOT terlaksana
    Eng ing eng....

    BalasHapus
  45. INDON ini betol-beol ANEH .. Belum genap sepekan berita kntrak besar pembelian frigate FREMM dan pesawat pejuan Rafale muncul menghebohkan .. kok sekarang muncul berita kemungkinan kntrak tersebut akan DITUNDA atau DITANGUHKAN kerana X ada wang atau kerana proses sebelum tanda-tangan kontrak tersebut oleh Prabowo X melalui proses yang benar dan seharusnya (menyalahi prosedur dan ada case pelampauan authority Presiden) ...

    Betol-betol ANTI KLIMAKS dan yang pasti akan menjadi JOKE atau LAWAKAN TERBESAR TAHUN 2021 atau mungkin Joke atau Lawakan TERBESAR ABAD INI ...

    ANTI KLIMAKS yang betol-betol akan amat memalukan dan menurunkan kredibilitas Jokowi dan PDIP nantinya ...

    Maksud hati nak meninakan Prabowo dan GERINDRnya .. tetapi akhirnya Jokowi malah dimangsa oleh anak asuhnya itu ... Itulah perilaku politik yang sebenarnya dan Prabowo serta Gerindra betol-betol pintar memenfaatkan situasi ini untuk tahun 2024 ...

    TAHNIAH TO PRABOWO ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fincantieri tertawa melihat ini 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Coba mana berita nya ditunda?

      Hapus
    3. tadi pakai sunda ssekarang ganti melayu ternyata kadrun petamburan🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Unknown14 Juni 2021 09.42
      Ente Betul-betul NGELANDUR Nih ...Pertanyaan ane untuk ente .. Alokasi anggaran APBN untuk Kemenhan dan TNI memangnya dipakai untuk apa ?

      Hapus
    4. ASUwandaru stress dan gila karena Rizieq Shihab di Vonis 6 Tahun Penjara..

      😝πŸ€ͺπŸ˜œπŸ˜›πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    5. Kadrun sudah ada sejak 2015 dan dia muncul sejak 2015 berarti dia memang kadrun petamburan 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Di Blogger sejak Desember 2015

      Tampilan profil - 361

      Hapus
    6. Bentar pake bahasa melayu lagiπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… jadi manusia kok mbulet

      Hapus
    7. dia (asundaru) mencoba menghasudkan dirinya sendiri
      jadi apa yang ada diotaknya seolah olah jadi kenyataan alias HALU.

      🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    8. Nyahhh ini mah org indonesia jg bray... cuma knpa pakai logat malon sgala ya...
      Apa dia ga pede komen pakai Bhs.indonesia..

      Hapus
    9. @HwsO4

      Dia bukan gak pede komen pakai Bhs. Indonesia tapi dia itu Kadrun penyembah Baliho.

      Kadrun apapun yg dilakukan pemerintah pasti salah dimatanya. Yg bener menurut dia cuma omongan Rizieq Shihab, Munarman dan yg Kontra dengan pemerintah..

      Dia belum bisa Move On dari Pemilu dan sakit hati karena junjungannya ditangkap polisi dan organisasinya sudah ditetapkan jadi organisasi terlarang.

      Hapus
    10. Move on bro, terus minta resep obat gila ama dokter

      Hapus
    11. Kasih link di tunda
      Jangan cuma omdo.

      Jelas2 20 milyar USD sudah di siapkan bapennas hingga 2024.

      Hapus
  46. https://jakartagreater.com/kkip-tinjau-fasilitas-pengembangan-pesawat-tempur-kf-x-if-x/

    BalasHapus
  47. Pak cik rusli bamgun donk. Masa efek mimpi buruk 36 rafale dan 6 Fregate FREMM msh berlanjut pak cik.? Atau ada komplikasi penyakit jantung dan darah tinghi pak cik, sehingga sampe koyaakk.?.....πŸ˜πŸ˜€πŸ™ˆπŸ€£πŸ˜„πŸ˜

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  49. Prabowo Buka Suara soal Jabatan, Alutsista ke Markup Anggaran
    Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
    NEWS 14 June 2021 08:25

    3. Ada Mark Up Belanja Alutsista
    Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Prancis (Dok.Kementerian Pertahanan RI)
    Foto: Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Prancis (Dok.Kementerian Pertahanan RI)
    Prabowo tidak menutup mata adanya potensi mark up atau penggelembungan anggaran pemerintah saat belanja alutsista. Dia berjanji tidak akan meloloskan oknum yang melakukan mark up anggaran gila-gilaan.

    "Bisa terjadi pasti dong. Semua anggaran pemerintah itu berpotensi untuk mark up,kita sudah tahu lah. Kita kan udah lama jadi orang Indonesia, nggak usah munafik. Yang penting bagi saya, barang katakanlah X harganya, dan mark up-nya sampai 600%, bener nggak? Maaf mungkin banyak orang yang tidak suka sama saya, saya tidak mau tanda tangan. Saya tidak akan loloskan," ujarnya.

    "Saya tidak mau loloskan dan lapor ke presiden dan itu nanti tanggung jawab saya ke presiden, rakyat, bersejarah, saya takut dikutuk generasi."

    Banyak kontrak yang tidak diloloskan Prabowo. Dia menjelaskan sudah Menyusun sistem untuk mencegah potensi penyalahgunaan anggaran. Dengan menggandeng Kejaksaan hingga BPK untuk mengawal kontrak di Kemenhan.

    "Untuk menjaga kita tidak tergoda untuk terlibat dalam hal itu, saya rencananya dan dah coba mengundang Kejaksaan, BPKP, dan BPK untuk memeriksa semua kontrak kita sebelum kontrak itu efektif," jelasnya.

    Prabowo juga melakukan negosiasi langsung dengan produsen alutsista, supaya mengetahui detail kontrak pembelian itu.

    "Saya banyak yang melakukan negosiasi langsung dengan produsen, sehingga saya ingin tahu harga yang sebenarnya berapa. Kalau mau beli alat ini harganya berapa," katanya

    BalasHapus
  50. Halo pak vik rusli....masi kena kurung pak cik.? Kayu bakar menanti pak cik rusli.....πŸ˜πŸ˜€πŸ™ˆπŸ˜πŸ˜„πŸ€£

    BalasHapus
  51. A-400m sdh bertugas ngangkut kayu bakar dan oksigen pak cik.?...πŸ€£πŸ˜„πŸ˜πŸ™ˆπŸ˜€πŸ˜

    BalasHapus
  52. https://www.defenseworld.net/news/29797/Korea_Aerospace_is_assembling_5_prototypes_of_KF_21_Fighter_Jet#.YMbVTmkxc0F

    Uji terbang pertama dijadwalkan pada 2022, dengan seluruh proses pengembangan akan selesai pada 2026. Sesuai kesepakatan dengan Indonesia, Korea Selatan akan menyerahkan satu prototipe dan teknologi ke Jakarta untuk memproduksi pesawat di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa PT NTP ikut kerjasama dengan General Electric selaku pemasok mesin IF-21

      Hapus
  53. dengan adanya UU SAPUJAGAD, maka keran investasi pabrikan militer ASEING bisa masyuk tanah air.

    bisa kebayang, konglomerat senjata THALES, LEONARDO, wahhh dijamin NENG AWEWE101 kesayangan kita smua bakalan beranak pinak gaesz haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    bahkan ruski bawa pabrikan tank ampe pabrikan AK-47 uhuyyyy...setronkk haha!🦾🦾🦾

    BalasHapus
  54. Kalau pegawai itu bisa di tambah.
    Pengalaman pekerja itu di dapat dari kontinue produksi itu selalu terjaga.

    Pabrik juga gak akan pekerjakan banyak pegawai kalau yg di produksi itu sedikit & terbatas... Ya rugi pabriknya kalau punya banyak pegawai.
    Mereka pasti menyesuaikan.

    BalasHapus
  55. HALO
    saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan, dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman sebesar $60.000 tetapi dia menyetujui $50.000 dan itu adalah $50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis email ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY  sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1(585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus
  56. NAMA:                                  Titin yuni Arlini
    Nomor rekening:                  6170235108
    NAMA BANK:                 bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN:                      Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA:                            titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum ketika saya memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semua berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet jadi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari IBU KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA yang telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Esa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  57. SELAMAT DATANG DI PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1(585)708-3478,  tujuan kami adalah untuk memberikan Layanan Profesional yang Sangat Baik.
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Usaha Kecil dan Menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit yang rendah dan Anda merasa sulit untuk mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?.

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, Tujuan utama kami adalah membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman konsolidasi hutang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Aman Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Tanpa Bayaran, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan tingkat bunga rendah sebesar 2% per tahun untuk individu, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki juga rumah impian Anda dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp kami di +1(585)708-3478, instragram- karina roland. facebook-elena karina roland

    BalasHapus
  58. CUKUP CUKUP BAGI ORANG BIJAKSANA.
    KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com )
    whatsapp....+1585 708-3478
    facebook.....elena karina roland
    instagram.....karina roland

    Salam pikiran yang luar biasa, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang ingin mengambilnya sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. saya AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang berdomisili di KOTA TERENGGANU MALAYSIA telah mengambil inisiatif untuk membagikan artikel ini kepada yang berkepentingan agar mereka dapat belajar dan mendidik diri mereka sendiri darinya. Itu buruk untuk memperpanjang di mana Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan ternyata palsu. Sebenarnya saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali hingga saya kehilangan total hampir RM14,000 semuanya atas nama mendapatkan pinjaman untuk berinvestasi dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga memastikan mereka nyata, periksa ulasan mereka dan juga keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan dengan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai dengan ulasan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman keinginan kami sebesar RM80,000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online, hubungi hanya KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan.#SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara......Malaysia
    nama.........Afizah Nazari
    Jumlah yang disetujui.....Rm80,000
    bank.......BSN (Malaysia)
    email.......afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  59. NAMA SAYA..........RIKRIK BUDIANTI,
    NEGARA............INDONESIA
    KOTA.............BANDUNG, JAWA BARAT
    HIBAH PINJAMAN......Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA..........rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, warga negara Indonesia. Saya telah ditipu oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet dan tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tetapi akhirnya terhubung dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY di mana dia mendapatkan pinjamannya. . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga memberi tahu saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi rekening kredit dan menyimpan semua yang meminjam dari saya dan kepada Tuhan kemuliaan saya mendapat pinjaman sebesar Rp.150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan di sini saya sangat diuntungkan karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya jadi saya berjanji pada diri sendiri, saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    melalui atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com)  +1585 708-3478 dan ikuti aturannya, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan bagaimana saya mendapatkan pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    HANYA WHATSAPP........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK.........KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL.........KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  60. Pemberi kesaksian ..... jayachandra fadhlan
    Negara......Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook.....jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena utang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan diizinkan ini membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya bertahan membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang modus perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih sekali lagi telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Perusahaan pinjaman Karina Elena Roland
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook....Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  61. Semua terima kasih kepada nyonya KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang mengaku sebagai pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammers, saya menerapkan lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan saat saya mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang. dia tetapi karena saya ditipu berkali-kali saya pikir itu scam tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda akan dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya karena saya pikir itu juga penipuan sehingga hari itu adalah waktu malam di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengkonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi ketika saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat jumlah $127.000,00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam saya kepada siapa saja yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp saja +1(585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda bisa hubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut .....annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  62. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari nyonya karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan dan meyakinkan saya untuk menghubungi nyonya karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi nyonya karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan disahkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Mrs karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  63. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Company___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus
  64. Nama saya Asmaul Khusnuliyah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 12,3 juta untuk seorang pria di Afrika. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya Bu Mitu Maria yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu Helen Wilson, Manajer Kantor Keuangan WEMA, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Ibu Sarah. Maka saya menghubungi Bu Sarah melalui email: helenwilson719@gmail.com dan juga di WhatsApp: +1-585-326-2165

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp640 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya kira itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp640 juta. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati Bu Helen yang telah memberi saya kehidupan yang adil, maka saya berpesan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Bu HELEN WILSON via email: (helenwilson719@gmail.com) dan WhatsApp: +1-585-326-2165 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (asmaulkhusnuliyah1@gmail.com)
    Salam pembuka

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum
    Nama saya Farliyana Albaid dari Kuala Lumpur, saya ingin berkongsi kesaksian hidup saya di sini di platform ini supaya semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang peminjam di internet

    Setelah beberapa lama cuba mendapatkan pinjaman dari institusi kewangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk memohon pinjaman dalam talian tetapi saya ditipu dan hilang RM6400 kepada seorang lelaki di Afrika. Saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berbincang dengan kawan saya Encik Mohd Farid bin Ahmad yang kemudian memperkenalkan saya kepada Puan Helen Wilson. Jadi rakan saya meminta saya memproses pinjaman saya dengan Puan Helen. Jadi saya menghubungi Puan Helen melalui e-mel: helenwilson719@gmail.com dan juga pada WhatsApp: +1-585-326-2165

    Saya memohon pinjaman sebanyak RM120,000 dengan kadar faedah sebanyak 2%, tidak lama lagi pinjaman itu diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persediaan dibuat untuk pemindahan kredit, kerana ia tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk pemindahan pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sijil perjanjian lesen untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari 4 jam, wang pinjaman saya dimasukkan ke dalam akaun bank saya. Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya telah dikreditkan dengan RM120,000. Saya sangat gembira bahawa akhirnya ALLAH telah menjawab doa saya dan dia telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati Puan Helen Wilson yang memberi saya kehidupan yang adil, jadi saya menasihatkan sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Helen melalui e-mel: (helenwilson719@gmail.com) dan WhatsApp: +1-585-326-2165 untuk pinjaman anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda kerana meluangkan masa untuk membaca kesaksian sebenar tentang hidup saya mengenai kejayaan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda. Anda boleh menghubungi saya untuk mendapatkan maklumat lanjut melalui e-mel saya: (farliyanaalbaid@gmail.com)

    Semoga kedamaian, rahmat, dan rahmat Allah juga bersamamu..

    BalasHapus
  66. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman lembaga yang saya temukan online untuk semua saudara Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN yang  saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Diperlukan Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan Muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 atau +1323 230-9820  (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk saran juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com )

    BalasHapus