07 Juni 2021

HMAS Ballarat Merasakan Bagaimana Rasanya di-Jamming

07 Juni 2021

EA-18G Growler US Navy terbang melintas diatas HMAS Ballarat (photos : Aus DoD)

Awak HMAS Ballarat merasakan kekuatan penuh dari delapan pesawat perang elektronik EA-18G Growler Angkatan Laut Amerika Serikat ketika mereka terbang di atasnya selama kegiatan Regional Presence Deployment kapal bulan lalu.

Komandan HMAS Ballarat Antony Pisani mengatakan ini memberikan pelatihan realistis yang berharga bagi awak kapal dan penerbang AS dari Skuadron VAQ-132.

“Kegiatan ini memungkinkan HMAS Ballarat dan VAQ-132 untuk melakukan pelatihan perang kelas atas yang realistis,” kata Komandan Pisani.

“Kegiatan ini mendukung kedua unit dalam menjaga kesiapan dan kesiapsiagaan untuk menghadapi segala kemungkinan di kawasan Indo-Pasifik.

“Ini juga menggambarkan kekuatan aliansi Australia-Amerika Serikat, rasa saling percaya dan menghormati yang dimiliki kedua negara satu sama lain, dan ketepatan serta keterampilan para pelaut dan penerbang kami.”


Pesawat tersebut melakukan sejumlah lintasan di atas HMAS Ballarat, melakukan berbagai profil dan prosedur jamming, sementara awak kapal berusaha untuk melawan tindakan tersebut.

Kegiatan bertempo tinggi tersebut memberikan kesempatan kepada awak kapal HMAS Ballarat untuk mengasah kemampuan perang udara mereka, khususnya operator sistem tempur.

Able Seaman Wynita Franklin mengatakan lingkungan tempo tinggi dari kegiatan memberinya pelatihan yang sangat berharga.

“Ini adalah pertama kalinya saya bekerja bersama Growler, dan itu sangat menyenangkan dan sangat berbeda dengan bekerja di lingkungan pelatihan,” kata Able Seaman Franklin.

“Pelatihan saya sepanjang karir saya telah mengatur saya dalam mempersiapkan kegiatan ini dan hari ini adalah di mana semua pelatihan itu datang bersama-sama.

“Skenario realistis seperti ini memungkinkan saya untuk menggunakan semua sensor yang tersedia bagi saya untuk memberikan gambaran taktis yang jelas terhadap perintah.”

HMAS Ballarat sedang dalam penugasan selama tiga bulan ke Asia Tenggara dan Timur Laut.

59 komentar:

  1. Penyakit bipang adalah ke halu tingkat dewa, kerena dibodohi partai

    BalasHapus
  2. Biasanye halu diorang makan bipang sambil minum bir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun iblis di otak nya cuma poligami...poligami...poligami..wkwkwk wkwkwkwkwk

      Hapus
  3. Cakap sembang shoping alutsista konon padahal banyak rakyat miskin bangkrap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun iblis sudah gak dapet uang & nasi bungkus lagi

      Hapus
  4. Ni ulah partai bipang tak tau diri macam Belanda siksa pribumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 juta China malon suka makan bipang...enak dan tidak haram

      Hapus
  5. 3
    No koment

    Bosen liat kadrun jualan bacot
    Tapi gk punya nyali
    Alias banci

    BalasHapus
  6. One vs one sama saya drun
    Silahkan pilih negara netral
    Buat duel
    Gk usah bawa2 agama


    BalasHapus
    Balasan
    1. cil bocil gagayaan ngajak duel, prettlah..

      Hapus
  7. Balasan
    1. Admin ds mohon dgn segala hormat remove si rajin hayal dari ds bikin gaduh dan provokasi

      Hapus
    2. Betul om marnyoto saya dukung

      Hapus
  8. Balasan
    1. Orang yg takut lapar dan hobi ngemis2 sambil jualan cocot bidadari surga d jalanan pasti takut mati

      Asu asu asu

      Hapus
  9. Mending daripada jualan bacot
    Gunakan otak dan ototmu buat kerja drun

    Noh d desa2 pelosok masih banyak lowongan jadi petani

    Buktikan kalo sekte kadrun penyembah baliho bisa memajukan pedesaan dan gk cuma jualan bacot doang d jalanan sambil ngemis2 nasi bungkus
    Atau emang kalian2 kadrun itu dah turunan pemalas dari sperma
    Yg cuma penipu2 berkedok agama atas biaya negara lain buat rusuh d indo

    Rakyat dah bosan liat ketololan kalian
    Bajingan

    BalasHapus
  10. Rajin hayal@ bang jago
    Beraninya komen disini coba di FB atau IG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gonta ganti id
      Ternyata dia takut d masukin sel ketemu sama bosnya

      Hapus
  11. Pion2 tak berguna dari ambisi politikus sampah
    Kalian cuma aktor drama setingan 5 tahunan

    BalasHapus
  12. Klo mw jadi oposisi jangan nanggung drun
    Silahkan d beber
    Kesalahan2 dan kejelekan2 dari
    Ri1 sampe Ri9

    Kadrun gk bakalan tw siapa 2 presiden ri yg ilang dari cat sejarah

    BalasHapus
  13. Bacot gk bisa netral sok jadi oposisi

    Paling juga klo dpt amanah dari rakyat imut2 mcm ane tiap 5 tahunan
    Pasti
    Keluar sifat bajingan dan bangsatnya

    Dan satu lagi drun
    Ane dah muak dan bosan liat drama2 politik d indo dari era 80an sampe sekarang

    BalasHapus
  14. Ruw mangkanya jika ada pemilu di masa yang akan datang, jangan mau disogok amplop sama sembako gratisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha makan nya si iblis kan emang dari situ om

      Hapus
  15. Hrs & munarman di bui drun,mampus drun wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  16. Kadrun iblis sudah gak ada rombongan nya wkwkwk wkwkwk, kecewa ya daruw? Syukurin wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  17. Fpi, nti di bubarin kayak Pki daruw, syukurin.....nangis yg kenceng dong daruw iblis

    BalasHapus
  18. Indonesia : beli 9 unit helikopter Bell 412 EPI dan H225M

    Singapura : beli Chinook dan H225M

    Filipina beli : Black hawk,Mi 17 dan ATAK

    MALON : SEWA Helikopter Colibri dan Sewa EC 725 Caracal


    Wkwkwkwkwwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  19. Dengar kabar Helikopter Blackhawk pesanan Filipina sudah tiba di Filipina MANTAP.. Selamat untuk Filipina dan untuk MALON cukup SEWA saja lah biar negara Jiran yang shoping Helikopter Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  20. PUTRAJAYA: Tahap kekuatan pasukan bersenjata udara negara pada ketika ini sudah pun ‘dipintas’ oleh banyak negara miskin yang lain di seluruh Asia.

    Menurut laporan terbaharu yang diterbitkan portal Asian Community, Malaysia hanya berada di kedudukan ke-26 di benua berkenaan selain cuma posisi ke-60 di peringkat antarabangsa.

    Lebih ‘mencuri’ tumpuan ramai warganet apabila kekuatan pasukan negara ini adalah keenam di Asia Tenggara selepas Thailand, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Singapura dan Filipina.

    Malahan, beberapa negara lain yang dianggap kurang maju dari segi status ekonomi, tetapi, megah, mampu memiliki keupayaan armada udaranya lebih baik berbanding Malaysia sendiri.

    Antaranya, Afghanistan yang masih lagi bergelut perang saudara dengan puak pemberontak Taliban, namun, negara itu berada di kedudukan ke-16 di peringkat Asia dan ke-37 di dunia.

    Tidak ketinggalan, Bangladesh yang dikritik antarabangsa kerana isu penempatan pelarian Rohingya, tetapi, pasukan bersenjata udaranya gah di posisi ke-23 di Asia dan ke-53 di dunia.

    Asian Community menyenaraikan China masih unggul di benua ini dan di peringkat sejagat, diikuti India, Korea Selatan, Jepun, Pakistan, Korea Utara, Arab Saudi, Taiwan dan Thailand.

    Sepuluh negara pula yang paling lemah pertahanan udaranya di Asia ialah Bhutan, disusuli Kyrgizstan, Mongolia, Nepal, Kemboja, Tajikistan, Laos, Lubnan, Turkmenistan dan Sri Lanka.

    Kedudukan Malaysia yang agak sederhana itu secara tidak langsung mendedahkan kenapa pesawat tentera China mampu menceroboh ruang udara negara yang dianggap agak rapuh.

    Situasi ini jauh berbeza apabila sejumlah jet China cuba ‘melintasi’ Kepulauan Natuna milik Indonesia di Laut China Selatan hampir digempur pesawat pejuang dari negara republik jiran itu.

    Portal ini merujuk data terbaharu dikeluarkan laman sesawang berprestij antarabangsa dalam perbandingan kekuatan ketenteraan, Global Firepower yang berpusat di Amerika Syarikat.

    Bagaimanapun, jika diambil kira kesemua pesawat yang dikendalikan tentera udara, laut dan darat, kedudukan Malaysia dalam indeks tersebut ialah ke-61 di dunia daripada 147 negara.

    Laman tersebut melaporkan Malaysia ketika ini hanya ada 147 pesawat termasuk 26 jet gempur, 42 helikopter, 40 kapal terbang latihan, 18 pesawat pengangkut dan 13 jet penyerang. -UTUSAN ONLINE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempur cs ngak banyak bacot ngehina negara orang, lihat kondisi negara mu sendiri menyedihkan

      Hapus
  21. indonesia tidak membutuhkan F35, kalau si wowo ingin dapatkan respek dr pemerhati militer indonesia (tidak termaksud fans boy alay) wowo harus mampu menghadirkan duet maut goyang dombret SU35s yg sistem avionicnya sesuai permitaan indonesia agar bisa terkoneksi dengan teman duetnya lalu mengghadirkan rafale versi terbaru' rafale pespur gen 4++ yg kemampuan sistem yg digunakannya hampir mendekati pespur gen 5, tp tidak lambat seperti si endut f35 yg lamban dan memiliki endurence seperti pespur main2an, rafale memiliki endurence jangkauan yg luas serta lincah yg bisa jd jaminan saat pertarungan dogfight harus terjadi, duet su35s da n rafale sudah cukup epik jd jaminan pertarungan di indopasifik menghadapi segala kemungkinan jenis pesawat tempur yg dihadapi dr produk pesawat tempur us mau pun produk pesawat tempur china.

    BalasHapus
  22. Si gempurwaria punya utang ke lubang jubor si rajin hayal.. Bayar pur utang tusbol jubor si rajin hayal.. Klu lu gk bayar lobang jubor si hayal makin rese ntar di mari..

    BalasHapus
  23. capek kali kalian mikirin kadrun yg hanya menyisakan iri dan dengki dalam dirinya, semua rencana program pengadaan kemhan sebanyak 1.760 triliun pasti terealisasi, sesungguhnya pola pikir yg mengatakan membelanjakan uang sebesar itu adalah gambaran negara kaya raya dan hanya negara kaya raya yg boleh melakukannya, justru dengan pola belanja seperti ini jauh lebih irit dan sangat besar peluang ilmu teknologi yg jd incaran indonesia bisa secepat mungkin di dapatkan, dalam ilmu dagang gk pernah ku dengar lebih murah beli ketengan ketimbang beli dengan sistem borong, gk pernah kudengar beli alutsista ketengan akan lebih gampang mendapatkan transfer teknologi,,ya hanya dengan cara seperti ini indonesia bisa mempercepat mendapatkan teknologi2 yg menjadi incarannya, hidup di hutan aja butuh spekulasi kok apalagi hidup bersaing di di muka bumi ini indonesia membutuhkan ide2 dan cara2 seperti ini untuk bisa mendapatkan teknologi yg diinginkan, sampai hari raya kuda pun gk terealisasi bila harus nunggu kaya raya dulu baru ide2 seperti ini dilakukan, semua perbuatan dalam hidup ini ada resiko dan buah dr perbuatan, ya kalau emang mau mendapatkan hasil yg positif dr program ini ayo sama2 kita kawal si wowo dan pengikutnya agar dana ini bener2 efesien mencapai target2 yg di incar, bukannya teriak2 pakai jurus mulut EMBER padahal niat tujuannya incar salah satu proyek pengadaan kemhan, kita kawal bersama dan kalau ada perselingkuhan dengan budget yg diberikan kita jebloskan dan sita hartanya seperti edi prabowo menteri kkp yg menjadi salah satu anak buah si wowo keciduk selingkuh dengan uang sebagai pemegang jabatan menteri kkp,tetep optimis dan jangan pernah pasrah dengan keadaan 氣拎氣拎氣拎返返

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan Rp 1.760 triliun tu HUTANG kamu tahu tak....wkwkwkwkwkw

      aneh dimasa covid rakyat sengsara sebelah mau tambah HUTANG beli aset... HUTANG bro......... HUTANG..... wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Malonyet pon juga berhutang....lockdown pula wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  24. F18 pusing pusing di NATUNA pun sebelah tak tahu..hanya tahu bila viral di Media sosial...wkwkwkwkwkwk

    VERA E di selenggara ya masa tu....??? wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. F18 pusing2 di ZEE, kalo pesawat Israel ceroboh di atas Kl, pesawat PLA 16 ekor pusing2 di atas wilayah malonyet ....wkwkwk wkwkwkwkwk

      Hapus
  25. PUTRAJAYA: Tahap kekuatan pasukan bersenjata udara negara pada ketika ini sudah pun ‘dipintas’ oleh banyak negara miskin yang lain di seluruh Asia.

    Menurut laporan terbaharu yang diterbitkan portal Asian Community, Malaysia hanya berada di kedudukan ke-26 di benua berkenaan selain cuma posisi ke-60 di peringkat antarabangsa.

    Lebih ‘mencuri’ tumpuan ramai warganet apabila kekuatan pasukan negara ini adalah keenam di Asia Tenggara selepas Thailand, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Singapura dan Filipina.

    Malahan, beberapa negara lain yang dianggap kurang maju dari segi status ekonomi, tetapi, megah, mampu memiliki keupayaan armada udaranya lebih baik berbanding Malaysia sendiri.

    Antaranya, Afghanistan yang masih lagi bergelut perang saudara dengan puak pemberontak Taliban, namun, negara itu berada di kedudukan ke-16 di peringkat Asia dan ke-37 di dunia.

    Tidak ketinggalan, Bangladesh yang dikritik antarabangsa kerana isu penempatan pelarian Rohingya, tetapi, pasukan bersenjata udaranya gah di posisi ke-23 di Asia dan ke-53 di dunia.

    Asian Community menyenaraikan China masih unggul di benua ini dan di peringkat sejagat, diikuti India, Korea Selatan, Jepun, Pakistan, Korea Utara, Arab Saudi, Taiwan dan Thailand.

    Sepuluh negara pula yang paling lemah pertahanan udaranya di Asia ialah Bhutan, disusuli Kyrgizstan, Mongolia, Nepal, Kemboja, Tajikistan, Laos, Lubnan, Turkmenistan dan Sri Lanka.

    Kedudukan Malaysia yang agak sederhana itu secara tidak langsung mendedahkan kenapa pesawat tentera China mampu menceroboh ruang udara negara yang dianggap agak rapuh.

    Situasi ini jauh berbeza apabila sejumlah jet China cuba ‘melintasi’ Kepulauan Natuna milik Indonesia di Laut China Selatan hampir digempur pesawat pejuang dari negara republik jiran itu.

    Portal ini merujuk data terbaharu dikeluarkan laman sesawang berprestij antarabangsa dalam perbandingan kekuatan ketenteraan, Global Firepower yang berpusat di Amerika Syarikat.

    Bagaimanapun, jika diambil kira kesemua pesawat yang dikendalikan tentera udara, laut dan darat, kedudukan Malaysia dalam indeks tersebut ialah ke-61 di dunia daripada 147 negara.

    Laman tersebut melaporkan Malaysia ketika ini hanya ada 147 pesawat termasuk 26 jet gempur, 42 helikopter, 40 kapal terbang latihan, 18 pesawat pengangkut dan 13 jet penyerang. -UTUSAN ONLINE

    BalasHapus
  26. Wakakakakak....ATM sudah lembik,lemah dan pondan...不不

    BalasHapus
  27. Woow .. Haibat betol Indon ini .. berdasarkan hasil survei : HRS dan UAS jadi kandidat Capres pilihan majoriy rakyat Indon sat ini ...

    Jika ini benar .. pastilah majority rakyat Indon nantinya setelah mati akan masuk syurga firdaus..

    Tahniah to HRS dan UAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. hrs si cabul masih didalam Penjara....UAS...menyusul.

      Hapus
    2. Tajuk berita lebay dengan realita suara 0.7% & 0.9%..

      Masuk 10 besar juga ngga..

      Mending balik tidur lagi di ranjang.. 湘

      Hapus
  28. 1 pesawat Israel pusing² dulu Putrajaya....16 pesawat elderBro..hanya berjarak 60 Km dari Serawak....wakakakakak MALU..Purr.. Malu..punya maruah lah sikiiit
    .

    BalasHapus
  29. sory ye gembul, level pola pikir orang2 indonesia sudah jauh meninggalkan malon yg larut dengan kebodohannya,,kacian malon habis ditipuin parti umno dan raja malon, ngutang kok bisa ya tanpa sepengatahuan rakyat malon' parti umno dan raja terciduk melalui data bank dunia ngutang 3x selama kurun waktu januari - juni di tahun 2020, rakyat malon memang goblok senang ditipu tipu parti umno dan kerajaan. 之五五五不不不

    BalasHapus
  30. Forum militer tp isi diskusinya jauh dr tema. Bgni klo sampah2 Demokrasi ikut nimbrung.

    BalasHapus