09 Juni 2021

Modernisasi Alutsista Rp 1.760 T Disoal, Ini Kata Andi Widjajanto

09 Juni 2021

Perakitan pesawat angkut di PT DI (photo : DI)

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan tengah merancang Peraturan Presiden (Perpres) soal Pengadaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam). Anggaran pengadaan Alpalhankam itu disebut-sebut akan sebesar Rp 1.760 triliun sehingga menuai kontroversi.

Dinamika senjata Rp 1,7 kuadtriliun sebagaimana diposting dalam Akbar Faizal Uncensored (infographic : LAB 45)

Ahli pertahanan dan analis utama politik keamanan LAB45 Andi Widjajanto mengaku heran terhadap kontroversi rencana pembelian alutsista yang tengah digodok oleh Kementerian Pertahanan. Sebab menurutnya pengadaan alutsista itu masih berupa rancangan sehingga ia memaklumi jika pemerintah belum terbuka secara gamblang.


"Sebagian besar dokumen adalah dokumen rahasia. Jadi, ketika saya coba cari tahu Rp 1,7 kuadriliun itu hitungnya gimana, saya tidak gunakan data Kementerian Pertahanan," kata Andi dalam keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021).


"Saya tidak mau masuk dan cari itu, tapi saya cari data publik, misalnya data dari Military Balance, SIPRI (Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm), Jane's," tambahnya.


Andi juga menepis tudingan Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie yang mengatakan pemerintah tertutup dalam penyusunan aturan ini. Ia pun menyesalkan adanya pihak yang membuka dokumen itu ke publik.

"Kalau ranperpres itu bocor, kita berurusan dengan data sensitif. Kita harus bersama-sama jaga agar data itu tidak keluar ke publik dan dimanfaatkan oleh lawan kita," tuturnya.


Di sisi lain, Andi berpandangan munculnya angka Rp 1,7 kuadriliun dalam draf itu sudah melalui prosedur yang ditetapkan, seperti dalam UU Pertahanan, UU TNI, dan UU Industri Pertahanan. Apalagi, lanjutnya, proses kalkulasi kebutuhan anggaran untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Indonesia telah diatur secara sistematis sejak 2006.


Pada 2005-2006, ungkapnya, telah terbit dokumen perencanaan alutsista jangka panjang yang disebut Kekuatan Pokok Minimum atau KPM (Minimum Essential Force/MEF). Hal itu disusun untuk memenuhi kebutuhan alutsista hingga 2024.

"(KPM) itu suatu konsep rencana strategis (renstra) yang dibagi tiga, yang berakhir tahun 2024. Ada KPM I, II, dan III. Saat ini, kita berada di KPM III. KPM III harus diselesaikan oleh Pak Prabowo," urainya.


Baginya, pengadaan Alpalhankam senilai Rp 1,7 kuadriliun tersebut bukan nilai yang fantastis. Dalam perhitungannya, angka tersebut hanya bisa memenuhi kebutuhan dasar persenjataan TNI yang sudah lama tertinggal.

"Rp 1,7 kuadriliun itu bukan apa-apa. Kita butuh yang lebih besar, tapi realistis. Namun, ekonomi saat ini kan tidak mampu. Mumpung analisanya mengatakan kita belum ada perang, ya enggak apa-apa lah segitu dulu," tandasnya.


PT Teknologi Militer Indonesia (TMI)

Ia juga menepis dugaan monopoli oleh PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) yang sebelumnya dibicarakan oleh Connie. Dia menerangkan pihak swasta bahkan investor asing sekarang telah diperbolehkan ikut memeriahkan industri pertahanan di Indonesia seiring berlakunya Undang-Undang tentang Cipta Kerja (Ciptaker). Namun, imbuhnya, hal tersebut belum dapat direalisasikan lantaran aturan turunan regulasi sapu jagat (omnibus law) ini belum terbit sampai sekarang.


"Pemerintah tidak bisa jelaskan ini karena aturan turunannya (UU Ciptaker) belum ada dan ranperpresnya masih rancangan. (Jadi) apa yang perlu dilaporkan?" ucapnya.

Adapun menurutnya, mustahil PT TMI mampu memonopoli pengadaan tersebut sekalipun aturan turunan UU Ciptaker telah terbit. Alasannya, memakai rumus bisnis yang lazim, butuh penyertaan modal besar sekitar Rp 600 triliun atau 30% dari total nilai pengadaan Rp 1,7 kuadriliun.


"Itu terlalu besar. Enggak ada yang bisa melakukan itu di Indonesia bahkan BUMN," tegasnya.

Oleh karena itu, ia meyakini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan mempertimbangkan serta mengatur dengan seksama perusahaan negara dan swasta yang akan turut andil dalam proses pengadaan alutsista.


Sebelumnya, juru bicara Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, memberi penjelasan lengkap soal rancangan Perpres (Raperpres) Alpalhankam ini. Dalam keterangan resmi Dahnil yang diterima pada Senin (31/5/2021), disebutkan raperpres merupakan dokumen perencanaan dalam proses pembahasan dan pengujian mendalam, bukan dan belum menjadi keputusan final.


Untuk diketahui, rancangan Perpres Alpalhankam tersebut menyebutkan angka yang dibutuhkan untuk membeli alutsista sebesar USD 124.995.000, yang jika dikonversikan sekitar Rp 1.788.228.482.251.470 (kuadriliun).

223 komentar:

  1. Sayang .....bagian kesimpulannya (sengaja) tidak ditayangkan πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal sumber beritanya sama....tapi ketika disajikan dari sisi yg berbeda maka persepsi yg muncul pun lain.

      Penulis artikel ini (sengaja) tidak menyinggung ttg "eksekusi" anggaran utk 25 tahun yg harus diselesaikan dalam 2,5 tahun.....dan terlalu lugu menurutku (kalo ga mau dibilang) gomblohi 😣

      Hapus
    2. Kesimpulannya kenapa harus diselesaikan 2,5 tahun ada kok disebutkan di artikel berita.

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Pada 2005-2006, ungkapnya, telah terbit dokumen perencanaan alutsista jangka panjang yang disebut Kekuatan Pokok Minimum atau KPM (Minimum Essential Force/MEF). Hal itu disusun untuk memenuhi kebutuhan alutsista hingga 2024.

      "(KPM) itu suatu konsep rencana strategis (renstra) yang dibagi tiga, yang berakhir tahun 2024. Ada KPM I, II, dan III. Saat ini, kita berada di KPM III. KPM III harus diselesaikan oleh Pak Prabowo," urainya.

      Hapus
    3. Link lagi, link lagi....pake argumen sendiri dong 😏

      Hapus
    4. Tapi sebelum "ngewer" kemana-mana....sesuai video vlog dg pak andi wijayanto (mantan menhan periode I), saran terhadap polemik ini adalah : "HENTIKAN eksekusi pengadaan alutsista 1760 T....dan tunggu hingga tahun depan utk memastikan kondisi perekonomian negara ⛔️"

      Hal inilah yg sering (dg sengaja) dilewatkan oleh banyak pihak.....seolah2 pak andi wijayanto mendukung sepenuhnya rencana prabowo 🀷

      Padahal sih gak gitu sebenarnya.....ada alur yg sama tapi "berbelok" ditengah jalan πŸ•΅️

      Hapus
    5. Gue cuma bantah argumen lue. Jelas2 tertulis di artikel berita tapi lue aja yg pura2 gak bisa baca.. πŸ˜πŸ˜’πŸ˜ͺ

      Hapus
    6. Berhenti membelanjakan 1760 T bukan berati terus tidak berbuat apapun.....tapi dalam kondisi sekarang "SELESAIKAN" rencana pengadaan alutsista MEF 3 yg masih tertunda ☝️

      Hapus
    7. Mana bantahannya....link berita buat membantah

      Hapus
    8. Pemahaman seseorang terhadap sebuah artikel terlihat ketika dia menceritakan ulang artikel yg telah dibaca nya....tapi ketika yg bercerita adalah link maka patut diduga yg dibaca hanya judulnya

      Hapus
    9. eiittt menhan bumi datar sebut rpres jgn dilanjutin dolo lho...
      keduanya sohib haha!


      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      CONNIE : DEMI MERAH PUTIH AKAN SAYA BONGKAR HABIS MEGA SKANDAL PENGADAAN ALUTSISTA KEMENHAN 1760 T
      https://www.youtube.com/watch?v=YJfkYmle9dE

      Hapus
    10. FPDA minus "Jiran Sakit" πŸ€•9 Juni 2021 07.49

      Tapi sebelum "ngewer" kemana-mana....sesuai video vlog dg pak andi wijayanto (mantan menhan periode I), saran terhadap polemik ini adalah : "HENTIKAN eksekusi pengadaan alutsista 1760 T....dan tunggu hingga tahun depan utk memastikan kondisi perekonomian negara ⛔️"

      -------------------------

      blom disuntik yaaa...om smilikity, masa om andi mantan menhan???
      yg bner ituw menseskab alias menteri sekertaris kabinet

      sini setor jidat dolo TUNG TUNG TUNG πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      maren jugak ada yg bilang mantan menteri era SBY..keknya pada FANASAN, FARAAAAHHHHH haha!🀣🀣🀣
      makanya klo diskasyen ituw tunggu pala dingin dolo gaesz...

      lagian gak dapet afa2 jugak lho...haha!

      Hapus
    11. Itu menhan sebelum opa RR bro.....achhh masi muda udah pelupa πŸ˜‚

      Hapus
    12. Fokus artikel pada jumlah dana dan aturan perundangan. Kalau masalah dihabiskan dalam beberapa tahun pertama tidak disinggung, saya rasa itu karena memang tidak ada data publik tentang itu.

      Kalau ternyata ada datanya, saya juga tertarik sama data itu.😁

      Hapus
    13. FPDA minus "Jiran Sakit" πŸ€•9 Juni 2021 08.49

      Itu menhan sebelum opa RR bro.....achhh masi muda udah pelupa πŸ˜‚

      -------------------

      eeiittt om smilikity ngayal dot kom haha!
      opa rr ituw jd menteri pol 5 taon

      dan om andi, menseskab ini datanya, kagak ada menhanya
      https://id.wikipedia.org/wiki/Andi_Widjajanto

      siniiii jidatnye kakeee TUNG TUNG TUNG πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
    14. data yg ituw super rahasia om irs, katanya tp list 2029 pada bocor..FARAH..haha!

      Hapus
  2. Indonesia ekonomi index... Akhir pemerintahan rezim ini potensi meninggalkan hutang 10.000 triliun.. Wkwkwkekw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak mengapa bagi yg masuk G20...kalo malon pasti bangkrut..


      Wkwkwkkwkwkwwkkkkwkkwkwkkwkkkwkkwkkwkwkwwkkwkwkkwkkwkwwkkkwkkwkwkwkwwkwkkkwkwwkkwkkwwkwkwwkkwkwkwkkwwkkwkwkwkwkkkwwkwkkwwkkwkwk

      Hapus
    2. margono/banci kaleng/swandaru detected

      Hapus
    3. Kazakhstan 3 unit
      Malaysia 116 unit

      rupanya, dalam kedua kasus, pengembalian rudal udara-ke-udara R-27 untuk perbaikan dan perpanjangan masa pakai di perusahaan manufaktur Perusahaan Induk Saham Gabungan Negara Artem).

      Wkkkkkkwkkk

      Lawak.. Lawak rudal R 27 malon rupanya bukan beli baru tapi diperbaiki & perpanjang usia pakai

      Gempork misil horang kaya gimana ini.
      Beli baru cuma servis je... Wwkkwkwkwkkwkk.

      Hapus
    4. KL mana bisa SHOPPING SOPING...serpis doank om tupz haha!

      Hapus
  3. IHSG indon jatuh kemarin teruk, ni puncak kemerosotan parah ekonomi berlarutan.. Indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi yg di LOCKDOWN kemerosotoan Parah ekonomi Berlarutan... Malon..

      Hapus
  4. Wow.. Garuda Indonesia kembalikan aset pesawat terbang kerena tak kuat lagi sewa leasing pesawat... Wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow.. Malaysia Airlines dan Air Asia sudah lebih dulu BANGKRUT... Wkwkwkwkwkw

      Hapus
    2. rajin hayal/margono/banci kaleng/swandaru detected

      Hapus
  5. Hutang garuda 70 triliun tak terbayar guys... Wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://voi.id/amp/55851/hancur-hancuran-airasia-x-malaysia-terlilit-utang-https://voi.id/amp/55851/hancur-hancuran-airasia-x-malaysia-terlilit-utang-rp226-triliun-pemegang-saham-setujui-restrukturisasirp226-triliun-pemegang-saham-setujui-restrukturisasi





      Air asia malaysia utang 226 trilyun tak terbayar gaez..



      Wkwwkkwkwkwkwkkkwkwkkwkwkkwwkkwkkwkwkkwkkwkwkkwkwwkkkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwwkwkkwkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwk

      Hapus
  6. MAlon jangan coba2 berhutang lagi,kerajaan udah bangkrut...



    Wkwkwkkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkwkkwwkkwkkwkkkwkkwkkkwkkwkwkwkkwkwkkwwkwkkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwkkwkwkkwwkwkwkkwkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  7. Sri mulyani nak adakan tax amnesty jilid 2 bersamaan dengan kebaikan PPN 12% ... Ape tu ertinya? Ertinya konglomerat diampuni pajak rakyat kecik diperas inflasi kenaikan harga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gebrakan Sri Mulyani: Pajak Orang Kaya Naik Jadi 35%!

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20210525132158-4-248228/gebrakan-sri-mulyani-pajak-orang-kaya-naik-jadi-35

      Hapus
  8. Wow angkasa pura pon bangkrap guys,.. Hutang besar... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow Bandara Subang pon bangkrap guys,.. Hutang besar... Wkwkwkwkw

      Wow IHH BERHAD pon bangkrap guys,.. Hutang besar dan dijual ke JEPUN... Wkwkwkwkwk

      Wow PETRONAS jual SAHAM buat nak bayar Hutang dan banti Gomen beli VAKSIN... Wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Mampus ko pur wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  9. Selepas di ceroboh 19 pesawat pejuang cina,kini laut malon di ceroboh CCG ...lemah guys wkwkwk

    BalasHapus
  10. ICW.. Hutang menggunung rezim partai ini seakan disengaja, karena mereka gak peduli bayar, pemerintahan selanjutnya dan rakyat menanggung sengsara, diperas sana sini, kemiskinan akan makin merajalela... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasanya bkn bahasa malon wkwkwk

      Hapus
    2. Si Kondor panik dan panas karena takut belanja alutsista zaman Jokowi melewati zaman SBY.. wkwkwkwwkwkwk

      Kalo hal itu terjadi, gak ada lagi yg bisa dibanggakan Sikondor dari pemerintahan SBY.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Kadrun iblis tuh guys wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  11. Di laut di cerobohi CCG,kapal nguyen,KKP Indonesia,pengganas Sulu
    Di udara di cerobohi kapal perisik israel,jet pejuang Singapore dan jet pejuang cina
    Di darat dicerobohi penyelundup dan PATI

    LEMAH GUYS wkwkwk

    BalasHapus
  12. Dunia asuransi indon pada taraf tak dipercaya lokal dan internasional, jiwasraya adalah korupsi masif, akan dilakukan restrukturisasi, apa artinya? Dana nasabah tak akan kembali total 100%, akan dikembalikan seadanya.. Wow.. Songlap tak dipercaya guys.. Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iskandar detected,bahasanya bkn bahasa malon wkwkwk

      Hapus
    2. Si Kondor panik dan panas karena takut belanja alutsista zaman Jokowi melewati zaman SBY.. wkwkwkwwkwkwk

      Kalo hal itu terjadi, gak ada lagi yg bisa dibanggakan Sikondor dari pemerintahan SBY.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Si badan gede ninggalin proyek mangkrak

      Hapus
  13. Home > Ekonomi
    Hancur-hancuran AirAsia X Malaysia Terlilit Utang Rp226 Triliun, Pemegang Saham Setujui Restrukturisasi
    02 Jun 2021 12:12

    Pesawat Air Asia. (Foto: Dok. Antara)
    JAKARTA - Pemegang saham AirAsia X Bhd telah menyetujui restrukturisasi utang maskapai penerbangan bertarif rendah Malaysia itu, kata perusahaan pada Selasa 1 Juni, yang memungkinkannya untuk mengejar skema yang dipandang sebagai kunci untuk bertahan hidup.

    Antara, Rabu 2 Juni melaporkan, pemegang saham afiliasi jarak jauh AirAsia Group Bhd menyetujui semua resolusi pada rapat umum pemegang saham luar biasa, termasuk rights issue dan pembelian saham bagi investor baru untuk mengumpulkan 500 juta ringgit.

    AirAsia X pada Oktober tahun lalu mengusulkan restrukturisasi utang 64,15 miliar ringgit (15,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp226 triliun) menjadi jumlah pokok 200 juta ringgit dan sisanya dibebaskan.

    Maskapai tersebut mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa resolusi tersebut disahkan dengan setidaknya margin 99,8 persen, dan menandai tonggak penting dalam kemajuan restrukturisasi.

    "Persetujuan ini telah diperoleh secara bersamaan dengan negosiasi akhir yang diadakan dengan kreditur," katanya, menambahkan bahwa dengan penasihat Seabury Capital yang berbasis di New York telah "dalam pembicaraan aktif dan produktif" dengan para lessor dan lainnya.

    Pengadilan Malaysia pada Februari memberikan izin kepada maskapai untuk mengadakan pertemuan terpisah dengan kelompok kreditur yang berbeda dalam waktu enam bulan, untuk memberikan suara pada skemanya.

    Pertemuan tersebut dijadwalkan pada akhir Juli atau Agustus, kata AirAsia X. Pada Maret, pengadilan juga memberi AirAsia X perintah tiga bulan terhadap setiap proses yang mungkin diajukan terhadapnya, yang dapat memperlambat restrukturisasi.

    AIR ASIA MALON BANGKRUT GAEZ...HUTANG 226 TRILYUN..

    Wkwkkwkwkwkkkwkkwkkwkwkwwkwkwwkkwkkwkwkkkkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkkwwkwkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkkkwkwkwkkwkwkkwk

    BalasHapus
  14. Pengakuan penyidik KPK, ada manuver besar atas penyingkiran staf senior KPK, disaat harun masiku akan di tangkap, KPK diobok-obok dari dalam.... Wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  15. Teruk..teruk..teruk air asia utang 226 TRILYUN..

    Wkwkkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkkwkkwkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwwkwkwkkwk

    BalasHapus
  16. Kesian indon.. Wkwkwkwkwkw propaganda pelesu, hakikat songlap guys... Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 226 TRILYUN gaes..awas jangan tolak bayar..


      Wkkwkwkkwwkkwkwkwkkwkwkkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkkwkwkkwwkkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Kazakhstan 3 unit
      Malaysia 116 unit

      rupanya, dalam kedua kasus, pengembalian rudal udara-ke-udara R-27 untuk perbaikan dan perpanjangan masa pakai di perusahaan manufaktur Perusahaan Induk Saham Gabungan Negara Artem).

      Wkkkkkkwkkk

      Lawak.. Lawak rudal R 27 malon rupanya bukan beli baru tapi diperbaiki & perpanjang usia pakai

      Malu tak rudal horang kaya cuma servis... Wkwkwkkwkwkk

      Hapus
  17. JAngan bilang utang air asia yg 226 trilyun lebih kecil dari utang garuda yg 70 trilyun ya fuuuuuuurrrr..


    Wkwkwwkkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkkkkwkkwkwkkkwkwkkkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkkwkwkwkkwkkkkwwkkwkwkwkwkwwkkwwkwkwkwk

    BalasHapus
  18. KAI indon capai kerugian teruk masa Corona guys... Wkwkwkw, kereta api bangkrap nie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air asia utang 226 TRILYUN..harap bayar fuuuuurr..

      Wwkwkkwkkwkwkwwkkkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwwkkwwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwwkwk

      Hapus
  19. Abdee slank dapat hadiah Komisaris BUMN guys... Pemain band urus company? Bisa apa diorang? Songlap? ... Wkwkwkwkww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eleh koq ini habis topik???bawa2 abdi slank..

      Wkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkkwkwkwkkwkwkkwkwkwkkwkkkwkwkkwkkwkkwwkkwkkwkkkwkkkwkwkwkkkwkwkkkwk

      Hapus
    2. Abdee Slank itu seorang sarjana dan dia punya pengalaman dalam IT dalam dunia entertainment berbanding sampean ndar cuma tamatan SD yg bisanya cuma ngerebutin jatah nasi bungkus kaum monaslimin wkwkwk

      Hapus
  20. Megawati mendapatkan gelar Profesor kehormatan dari Universitas pertahanan... Pernah jadi peneliti ke? .. Wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooooooowh si monyet tetnyata...kirain gemfur asli...

      Wkwkwkwkkkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwkkwkkwkwkwkkkwkwkwkkkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkkwkkkwkkwkwk

      Hapus
    2. Don Juan@ dia itu iskondor dari gank 212 monaslimin wkwkwk

      Hapus
  21. Menteri Erick tohir dan luhut panjaitan tanda tangani kerjasama BUMN antara cina dan Indonesia.... Wkwkwkwkw syuuur guys... Wkwkwkwkw
    Haibara indon

    BalasHapus
  22. Guys indon hancur dalam dekat mata guys.. Songlap.. Wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  23. Jokowi mesti berhati-hati karna wowo mengajukan budget pertahanan Rp 1760 triliun guna biayai pilpres wowo thn 2024

    BalasHapus
  24. ICW.. Berani tak institusi lain, kejaksaan, polri, TNI, Kehakiman tes kebangsaan yg sama dengan macam KPK?
    ICW cakap guys... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iskandar lg semangat nih provokasinya karna td udah dapet jatah nasi bungkus dari 212 mart wkwkwk

      Hapus
  25. Ni ape lagi ni.... ' kader PDI-P cakap jangan harap ganjar maju pilpres, partai hanya usulkan puan, ganjar bolehlah cuma menteri'..... Tak boleh guys wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Move on woooy..

      Wkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkkwkkkwkwkwkkkwkwkkkwkkwkwkwkwkwk

      Hapus
  26. Kesian indon😭 hancur masa depan kena songlap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndar junjungan loe si jijik di hukum penjara 10 tahun ya wkwkwk

      Hapus
  27. Patut lar indon cakap ade dana 11.000 triliun konon, relity ternyata nak tinggalkan hutang 10.000 triliun guys.. Wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndar junjungan loe si munarboy terancam penjara seumur hidup ya wkwkwk

      Hapus
  28. Biarlah indon dengan lawakan diorang, malaysia tengok jer... Wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndar,malon lg lockdown sampe tgl 14 wkwkwk...kesian

      Hapus
  29. woy iskondor, gentle laah kamu!!!
    jangan pakai nick name orang lain...

    pengecut kamu, anjing kompeni!!!

    BalasHapus
  30. Awas tertipu dengan gempuriwa kW, yang KW selalu bawa-bawa nama penjabat pemerintah πŸ˜‚

    BalasHapus
  31. �� LIVE: TERNYATA ANGGARAN ALUTSISTA BUTUH HINGGA 3,47 KUADRILIUN BUKAN CUMA 1.760 T | AFU FT. ANDI W
    https://www.youtube.com/watch?v=NW_wbPin4Yk

    ---------------------------

    diyutub ini om menteri lucu dech, keknya beliau fans berat f-22,
    sampe2 f-22 dibilang pespur gen 4.5, trus ESYU-35 ituw gen 5 haha!������
    gpp...manusya gak luput dr kesalahan.

    BalasHapus
  32. Berita Pengadaan Alusista Kuadriliyun selalu ramai....digoreng-didebat-ditayangkan....... padahal sebagai rakyat kecil...ok saja dengan anggaran tersebut...ASAL ada Jaminan Tidak di Korupsi....

    ====sebaiknya kita jangan ikut budaya Songlap Negri Jiran......

    BalasHapus
  33. Hati2 budget pertahanan Rp 1760 Triliun yg diajukan bs digunakan om wowo untuk membiayai kampanye capresnya di thn 2024,betul tak ndar wkwkwk

    BalasHapus
  34. Wow syukur guys... Wika jual 6 jalur jalan tol.... Wkwkwkwkw haibat guys wkwkwkwkw

    BalasHapus
  35. Buat apa menteri pertahanan membuat sebuah perusahaan PT Teknologi Militer Indonesia dalam pembelian alutsista,bukankah sudah ada Pindad,PT PAL,PT DI,PT INTI dll yg bs mengurusi belanja alutsista...betul tak ndar

    BalasHapus
  36. Intinya memang tidak berniat membeli alutsista.

    BalasHapus
  37. Hitung2an nya masuk akal.

    1700T Dibelanjakan sebelum 2024.
    Bisa saja.
    Ada 2,5 tahun tuk sign kontrak pembelian seluruh alutsista.

    Tinggal dibuat pengawasan yg SUPER KETAT dan berlapis2.
    Kalo perlu dibuat badan khusus baru yg terdiri dari berbagai pihak yg berkompeten-kredibel dan memiliki integritas.
    Bisa disebut KPK Plus Plus (KPK++).

    " Segera belanjakan uangnya, koruptor akan disikat!"

    Jangan gara2 ketakutan kita terhadap potensi korupsi, pertahanan kita jalan ditempat!

    ☝️☝️☝️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari modusnya aja dgn pembentukan PT TMI oleh menhan udah nampak jelas ada aroma mau malingin dana Rp 1760 T

      Hapus
    2. Jika ada yg memenfaatkan dana ini untuk bancakan (biaya politik), maka akan jadi blunder sendiri. Sangat beresiko bro!
      ☝️

      Hapus
    3. Kata kuncinya:"Alutsista yg barang mati bisa didatangkan/distok secepatnya....tapi SDM mumpuni yg akan mengawakinya tidak bisa disediakan dalam waktu singkat ☝️"

      Memang rencana belanja 1760 T dalam 2,5 tahun pernah membahas crash program utk mencetak : pilot, pelaut, teknisi, para spesialis radar, sensor dll, instruktur dll, dll.....TIDAK PERNAH !!!

      Karena semua hanya bicara bagaimana membelanjakan bujet utk 25 tahun dalam 2,5 tahun.....dah itu saja 😣

      Hapus
    4. @Om pit,
      katanya itu hanya konsultan saja, kumpulan para expert di bidang alat pertahanan.
      πŸ˜‚

      Hapus
    5. Kumpulan para "expert" yg belum terkumpul.....entah mereka ini "expert" di bidang apa πŸ˜‚πŸ˜ŠπŸ˜Š

      Hapus
    6. Dan celakanya "belanja 1760 T yg harus habis dalam 2,5 tahun" dikemas dalam perpres....jadi begitu diteken maka segala konsekuensi dan resikonya berpindah tangan kepada Presiden ☝️

      Hapus
    7. @fpda, barangnya juga belum tentu datang semua sebelum 2024. Malah logikanya pasca 2024 baru berdatangan secara massif!
      Pelatihan SDM pasti sudah otomatis diperhitungkan.
      😊

      Hapus
    8. Korang ni bergosip harun masiku ke?.... Wkwkwkwkekw

      Hapus
    9. Ooooo ndak begitu mas....logikanya barang berdatangan dalam kurun 10 tahun sejak kontrak pertama diteken


      Tapi kalo user/matra tidak meningkatkan kapasitas suplai SDM....maka banyak dari alutsista tsb akan menjadi "stok" digudang

      Jangan lupa....silahkan dicek berapa kemampuan mencetak penerbang atau pelaut pertahunnya !!!

      Belum lagi alutsista yg berbasis "elektronik dan software" akan usang sebelum digunakan

      Hapus
    10. Silahkan dicek juga....pernahkan ada crash program utk mencetak para SDM handal dlm mengantisipasi rencana ini

      Hapus
    11. @FPDA, kenapa yg harus disalahkan presiden...?
      Presiden teken pasti krn konsepnya bagus. Kalo jelek jangan diteken.

      Yang harus disalahkan adalah penyelewengnya!

      Nah buat mekanisme yg penyelewengnya MATI KUTU!
      πŸ˜€

      Hapus
    12. Fpda:
      Ooooo ndak begitu mas....logikanya barang berdatangan dalam kurun 10 tahun sejak kontrak pertama diteken

      Whaattt...?
      Barang apa yg dibeli/diteken hari ini, datangnya baru 10 tahun lagi (selain F35 yg jelas tak bisa dibeli)!?
      πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    13. "Anda salah pemahaman mas.....bujet harus habis dalam 2,5 tahun, artinya barang akan mulai berdatangan dalam kurun hingga 10 tahun. Begitu maksudnya 😎"

      https://youtu.be/YJfkYmle9dE

      Hapus
    14. Misal perpres ini diketok sekarang, maka pesanan pertama berjalan dari sekarang dan pesanan terakhir terjadi pada 2,5 tahun kedepan ....maka ada barang yg datang nya 4 tahun depan dan pesanan terakhir bisa datang 10 tahun lagi

      Hapus
    15. Nah akuurrr....om@fpda,
      Akan berdatangan beberapa tahun sejak teken hingga datang tuntas seluruhnya dlm masa sekitar 10 tahun.

      Jadi masalah SDM juga bisa terjawab dgn sendirinya!

      Karena beli hari ini, barangnya bukan lansung datang besok.
      😁

      Hapus
  38. Ada 4 anggota parti Gerindra jadi direktur di PT TMI bentukan om wowo...betul tak ndar

    BalasHapus
  39. Hari hari terus di bully di ceroboh
    di laut CCG, nelayan cina, Fregat Cina, kapal induk cina di sisakan 3 NM

    Di udara bomber Cina, pesawat intai israel,pesawat angkut cina, jet singapure, apache singapure

    Di darat di invasi rohingya, pati Cina, agen israel, agen korut


    Tetapi Belanja militernya cuma Bot kecik pemintas, bot Lms ompong dan Sewa Helli


    Lawak Guys olok olok dunia 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  40. MKM dan hornet sembang macan bila lawannya militan sulu waummmm...waummm...waummm

    MkM dan hornet bila lawannya pesawat cina cem kucing ompong Miaw...miaw...miauw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah malaysia indon sama sama bawah songlap kaki cina.. Ya kan? Wkwkwkwkwk

      Hapus
  41. Buat apa coba menhan membuat perusahaan baru dalam pembelian alutsista,kl beli alutsista tuh mbok government to government bkn bisnis to bisnis,iyakan ndar

    BalasHapus
  42. Kompas.. Puan sindir ganjar, siapa yg biayai pilkada jateng... Ape ni dunia indon krik krik

    BalasHapus
  43. Pokoknya bila rencana maling budget pertahanan Rp 1760 T ini berhasil si kondor kawin lg wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kawin sesama jenis om Pit wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  44. So guys, jangan halu nak shoping alutsista, gerenti partai songlap nak akan hadang.. Syur guys, indon akn berlanjut halu

    BalasHapus
  45. Iskondor makin semangat guys soalnya ada duit yg mau dimalingin wkwkwk

    BalasHapus
  46. Indon akan kekal dengan alutsista jadul diorang kerena sakat partai songlap guys..... Wwkwkwkwkw

    BalasHapus
  47. Connie rahakudini... Saya akan gagalkan semua shopping kemenhan... WKWKWKWKWK akan gagal guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. om DARUW ituw, berebut menhan bumi datar ama om smilikity tp ditolak...
      soalnya rudalnya kcil2 om pit haha!

      Hapus
  48. Iskondor nak kawin lg dgn gadis bangla kerana dah dapat fee dari PT TMI wkwkwk

    BalasHapus
  49. Connie rahakudini akui fans berat Sukarno dan megawati.... Wkwkwkwkwkw
    Akan gagal guys... Gagal gagal

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Kader PDI-P Efendi simbolon, ' usulan jokowi 3 periode adalah realistis'... Nak kira 10 periode guys... Wkwkwkwkwj

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. 1.7 trillium rupiah is like
    150 million sgd
    Not
    Much you can buy with that

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.7 trilliun rupiah?
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      πŸ˜›

      Hapus
    2. eiittt doi dari maren masi aja ngitung salah om pedang haha!

      maren 1,5 bilyun skrg 150 million sgd
      lama2 guwe fentung jugak ini orang haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      ehhh baca lagi $ 125 milyar(bilyun) dolar tong..guwe uda tulis disiniiiiii!!!!


      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      https://defense-studies.blogspot.com/2021/06/ini-8-prioritas-investasi-pertahanan.html?showComment=1623201168959#c4105003707434698224

      Hapus
    3. O'on bener ni bocah oom..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Bocah so british hitung aja salah... Wkwkkwkwkkk

      Sekolah lagi biar benar...
      Pelajaran matematika jangan bolos..
      Hhahaahaaa

      Hapus
    5. Different writing conventions. It is Rp. 1.76 x 10^15 or Rp 1,760 trillion (short scale) or Rp 1,760 billion (long scale).

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Yang lama aja belum lunas malah mau nambah yg baru lagi, kalo nambah 5 m wajarlah, ini 150 m, otaknya dimana......, bayar bunga pinjaman aja nambah utang diatas pinjaman, alasan gdp qt masih rendah, itu gdp apa gak diitung brapa persen yg mau bayar pajak dari 230 juta penduduk...?

    BalasHapus
  56. Kesimpulanye Connie tak mau indon maju alutsista guys... Sesuai nasihat partai.... Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan, menhan bumi datar kaya raya, om DARUW, bokek haha!

      Hapus
  57. Pada 2005-2006, ungkapnya, telah terbit dokumen perencanaan alutsista jangka panjang yang disebut Kekuatan Pokok Minimum atau KPM (Minimum Essential Force/MEF). Hal itu disusun untuk memenuhi kebutuhan alutsista hingga 2024.

    "(KPM) itu suatu konsep rencana strategis (renstra) yang dibagi tiga, yang berakhir tahun 2024. Ada KPM I, II, dan III. Saat ini, kita berada di KPM III. KPM III harus diselesaikan oleh Pak Prabowo," urainya.

    Di sisi lain, Andi berpandangan munculnya angka Rp 1,7 kuadriliun dalam draf itu sudah melalui prosedur yang ditetapkan, seperti dalam UU Pertahanan, UU TNI, dan UU Industri Pertahanan. Apalagi, lanjutnya, proses kalkulasi kebutuhan anggaran untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Indonesia telah diatur secara sistematis sejak 2006.

    Baginya, pengadaan Alpalhankam senilai Rp 1,7 kuadriliun tersebut bukan nilai yang fantastis. Dalam perhitungannya, angka tersebut hanya bisa memenuhi kebutuhan dasar persenjataan TNI yang sudah lama tertinggal.
    -------------------------

    om andi dlm podkes sebut, beliau terlibat dlm rancangan renstra mef.
    beliau yg ahhli aja sebut renstra 25 tahun seharusnya bukan 1700 T saja tapi butuh 3500 T

    targetnya fortuner dapetnya avanza klo liat daftar list dan dana cuman 1700T, serem gaesz haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    menhan bumi datar jg sebut 3500T

    disini: artinya smua para pemikir ituw satu rasa gaesz haha!

    CONNIE : DEMI MERAH PUTIH AKAN SAYA BONGKAR HABIS MEGA SKANDAL PENGADAAN ALUTSISTA KEMENHAN 1760 T
    https://www.youtube.com/watch?v=YJfkYmle9dE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Connie.. Saya akui saya pengagum Sukarno dan megawati..... Wkwkwkw indon berkata dibalik selimut guys

      Hapus
    2. wuuuii kbanyakan nonton podkes om DARUW
      siniiii jidatnye TUNG TUNG TUNG πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
  58. Kalo saya prinsipnya begini:

    Idenya bagus,
    jika terealisasi, akan terjadi lompatan secara signifikan terhadap kekuatan pertahanan Indo!

    Tinggal memikirkan bagaimana tikus2 koruptor tidak bisa ikut menumpang atau bahkan tidak bisa masuk sama sekali!

    ☝️☝️☝️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaiman memisahkan para "tikus" dari gerbong kereta πŸ€”.......pertanyaannya lha kalo para tikus itu yg mengendalikan keretanya sementara sang masinis asyik ngopi-ngopi digerbong restorasi gimana dong

      Hapus
    2. Memisahkan tikus dari partai? Wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Gasruk tikus sekaligus masinisnya..

      Ganti kereta sekalian masinisnya ama yang baru..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Kalo itu sih πŸ™„. ......tunggu sampai bulan september πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    6. Menteri songlap bansos sepi sepi guys.... Wkwkwkwkwke

      Hapus
    7. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 ketahuan ini gempur versi kadrun 🀣🀣🀣🀣,yang gempur asli itu aktif blognya sejak 2016

      Hapus
    8. Lah kan sudah dibentuk KPK++, khusus mengawasi akuisisi alutsista.

      Ke publik boleh tidak dipublish, tapi harus terbuka terhadap institusi pengawas/KPK++.

      Salah langkah, bisa tamat!
      ☝️☝️☝️


      Hapus
    9. KPK yang dah lawak ke?... Wkwkwkw

      Hapus
  59. Connie rahakudini.. ' saya heran kenapa gak ada yg melirik pesawat cina? Pesawat cina canggih dan murah dapat banyak'...... Wkwkwkwkwkw harus cina guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Connie kan pengamat abal-abal,beli F-16 aja katanya gak cocok buat kita 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Ko berani melawan proxy partai😑... Shoping ni wajib gagal tau🀣

      Hapus
    4. Connie kan salah satu kadrun nasdem 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Nasdem.? Jelas diorang cakap proxy megawati... Main 2 kaki ke? Kah kah

      Hapus
  60. Apasal indon cakap sembang kosong tiap hari😎 adalah diorang lapar belum sarapan🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan gempur versi kadrun arab🀣🀣🀣🀣 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Si gempur ini sama aja otak babi wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  61. Wat per indon gebang pang pung tiap hari? Kesimpulanye indon halu tak shopping pon🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun halal dimakan orang arab 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  62. @Gempurwaria
    Dalam seminggu ruang udara Malingsia disemenanjung putrajaya diceroboh pesawat IAF...di BTA serawak di ceroboh 16 pesawat PLAAF....di Laut diceroboh CCG...wakakakakakak negara lemah sudah dipintas oleh Afghanistan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan gempur,gempur yang asli itu blognya aktif sejak 2016 ,itu gempur kadrun bro🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Kadrun nyamar 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣, kalo muter muter dipetamburan mulu 🀣🀣🀣🀣🀣, kapan naik hajinya woy 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  63. Rencana sudah bagus tapi didanai dana luar jadi kurang bagus jadinya..sepertinya alutsista punya kita tapi tak punya kita sepenuhnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya Prabowo itu meniru Presiden sebelumnya 🀣🀣🀣🀣 yaitu Soekarno,Soekarno dapat pinjaman lunak besar-besaran dari US dan Uni Soviet waktu Trikora. Dan itu berhasil bikin indo naik pesat

      Hapus
    2. Waktu Soekarno jelas lagi perang. Pembelian juga sesuai kebutuhan dangan strategi yg jelas. Paling waktu itu juga tidak terlalu terbuka, tetapi zaman telah berubah.

      Hapus
    3. US dan Uni Soviet sangat butuh Indonesia untuk jadi sekutu mereka di pasifik selatan, bahkan mereka nawarin alutsista canggih biar indo mau. Soekarno cerdas karena main dua kaki. Dan kemungkinan Prabowo juga bakal main 2 kaki(US dan Rusia) biar dapat yang dia mau pakai uang 1.700 Triliun

      Hapus
  64. Oh ya lupa kadrun kan diblack list arab saudi 🀣🀣🀣🀣🀣🀣gara2 buat kerusuhan diarab saudi,jadi tak bisa naik haji lagi 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus

  65. gaesz, barusan TTD SHOPPING SOPING lagi kita ...uhuuyyy JOM BEEEELIII teruszz tiada henti haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    -----------------------------------------

    Alman Helvas
    @AHelvas
    Indonesia has just signed a major defense contract last week. Neither Indonesia nor OEM has a big win on the contract. Next challenge is about to secure program's financing. Inter-ministerial seamless coordination require. The devil in the details. Let's see what happen next.
    https://twitter.com/AHelvas/status/1402206769535913984

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontrak apa itu om ? Jet tempur atau Pesawat tanker ?

      Hapus
    2. Mungkin Iver karena Iver sudah selesai cuma final kontraknya belum

      Hapus
    3. Katanya desain Iver dipanjangkan menjadi 140 Meter apa mungkin desainnya sudah siap?

      Hapus
    4. Mungkin aja sih karena PT Pal juga bakal selesain BRS kedua akhir tahun ini,jadi ada kemungkinan setelah itu bikin iver

      Hapus
    5. Kalau ukuran iver dipanjangkan menjadi 140 Meter apakah semakin banyak ruang yang bisa digunakan untuk meletakkan persenjataan seperti rudal anti kapal dan Rudal Sam beserta ciws Om?

      Hapus
    6. Iver bansos ke? 🀣🀣

      Hapus
    7. Ada bro,sebenarnya Iver Denmark yang operasional itu masih bisa dikasih 16 VLS untuk Tomahawk,tapi denmark masih mikir2. Jadi memang Iver masih bisa nambah persenjataan sesuai user karena bentuknya modular

      Hapus
    8. Kadrun diam aja 🀣🀣🀣🀣🀣 parasit/sampah dilarang bicara di indo 🀣🀣🀣🀣🀣,apalagi di arab saudi 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    9. Kalau dibelikan Tomahawk MANTAP juga tuh bisa digunakan untuk serangan ke daratan

      Hapus
    10. wah gak tau gaesz, tp sepertinya OSPREY gaesz haha!😍😍😍

      Hapus
    11. Mungkin dikasih VLS untuk Brahmos juga boleh kan India juga standar NATO

      Hapus
  66. PT Teknologi Militer Indonesia (TMI)

    Ia juga menepis dugaan monopoli oleh PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) yang sebelumnya dibicarakan oleh Connie. Dia menerangkan pihak swasta bahkan investor asing sekarang telah diperbolehkan ikut memeriahkan industri pertahanan di Indonesia seiring berlakunya Undang-Undang tentang Cipta Kerja (Ciptaker). Namun, imbuhnya, hal tersebut belum dapat direalisasikan lantaran aturan turunan regulasi sapu jagat (omnibus law) ini belum terbit sampai sekarang.

    -----------------------

    nahhh ini paling penting, jadi jelas pt tmi ituw buat apa dibuat...walo masi byk kekurangannya gaesz

    klo investor asing masuk langsung kyk LM, Rheinmetall, DSNS, DSME bahkan Norinco...kita harus siyap gaesz haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adapun menurutnya, mustahil PT TMI mampu memonopoli pengadaan tersebut sekalipun aturan turunan UU Ciptaker telah terbit. Alasannya, memakai rumus bisnis yang lazim, butuh penyertaan modal besar sekitar Rp 600 triliun atau 30% dari total nilai pengadaan Rp 1,7 kuadriliun.

      "Itu terlalu besar. Enggak ada yang bisa melakukan itu di Indonesia bahkan BUMN," tegasnya.

      Oleh karena itu, ia meyakini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan mempertimbangkan serta mengatur dengan seksama perusahaan negara dan swasta yang akan turut andil dalam proses pengadaan alutsista.

      ————————

      Mungkin Hanya LM, Boeing, Roll Royce, DCNS, Norinco, DSME yg punya Modal 300 Triliun bisa masuk untuk mendirikan cabang di Indonesia.

      Hapus
  67. Indonesia kemungkinan akan melakukan audit teknis terhadap kapal selam buatan Korea Selatan. Tujuannya adalah untuk menilai keandalan teknis dan kemampuan nyata dari salinan kapal selam U209 tanpa izin. Auditor akan datang dari OEM Eropa. Naval Group dan TKMS adalah kandidat terkuat.

    Source:alman helvas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Type 214 lebih realistis sih unutk TNI,karena versi lanjutan dari Nagapasa class

      Hapus
    2. Betul,KRI Cakra dipensiunkan dan digantikan dengan type 214 yang juga buatan Jerman

      Hapus
    3. Basicnya sama jadi perawatannya mudah dan praktis daripada Scorpene,dan jerman juga baik karena udah kasih lisensi type 214 ke turki dan korsel

      Hapus
    4. Dan salah satu kapal selam yang dipesan harus dibuat di Galangan kapal PT PAL seperti KRI Alugoro 405

      Hapus
    5. Kadrun takda wang la untuk naik haji sebab tu muter2 dipetamburan sama dimonas 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  68. Rudal R 27 TNI AU


    http://militermeter.com/wp-content/uploads/2016/11/fb_img_1479048552181.jpg

    BalasHapus
  69. Ni kontrak indon.. Connie akan gagalkan segala cara rencana kemenhan🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun bisa apa di indo 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣,cuma jadi sampah dan parasit kata mahasiswa UNAIR

      Hapus
    2. Si gempur otak babi wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  70. Kadrun bertobatlah..hahahaha..aliran sesat dan.menyesatkan

    BalasHapus