24 Juni 2021

Indonesia Menerima UAV ScanEagle 2 Hibah Pemerintah AS

24 Juni 2021

ScanEagle 2 UAV yang ditampilkan pada HUT Puspenerbal ke 65 (photo : JJM TV)

Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL) telah menerima pesawat kecil tanpa awak (UAV) Boeing Insitu ScanEagle 2 dalam jumlah yang tak diketahui.

Dalam upacara yang diadakan di Surabaya pada 21 Juni 2021, TN-AL menampilkan beberapa UAV ScanEagle 2 kepada para pejabat TNI AL.

Pada tahun 2014, Pemerintah AS telah menawarkan untuk memasok UAV ScanEagle kepada Pemerintah Indonesia, namun baru pada tahun 2020 Pemerintah Indonesia setuju untuk menerima hibah tersebut.

14 UAV ScanEagle, bersama dengan sistem terkait termasuk di antara yang dijadwalkan untuk ditransfer oleh Pemerintah AS sebagai hibah kepada Pemerintah Indonesia di bawah skema Foreign Military Financing (FMF) AS.

Paket tersebut diperkirakan menelan biaya sekitar US$28,3 juta, dan merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas yang lebih besar dari Pemerintah AS untuk negara-negara Asia Tenggara tertentu, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Vietnam di bawah Program Inisiatif Keamanan Maritim Indo-Pasifik.

Hibah Surveillance UAV ini datang ketika negara-negara di kawasan itu menghadapi perambahan zona ekonomi eksklusif mereka oleh kapal-kapal pemerintah China, milisi maritim, dan armada penangkap ikan.

ScanEagle 2 UAV memiliki muatan maksimum 5 kilogram yang terdiri dari kamera dan sensor, memiliki kecepatan jelajah 60 knot, dan ketinggian penerbangan 20.000 kaki.

Wahana ini dapat diluncurkan dan kembali-lagi dari darat atau dari kapal angkatan laut menggunakan peralatan peluncuran khusus.

96 komentar:

  1. Kok terima hibah juga..?
    Heran aku..
    Ingatkan Indog banyak duit..

    Terus warga net Indog senyap..
    Tak bersuara..
    Malu letew..
    Tercabar ego Jawa Sontoloyo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heleh kintil..

      Malon juga terima hibah 12uni UAV Scan Eagle dari AS.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. palu gada22 Juni 2021 13.07

      bukan ingin lagi, KL pelopor barter lho..dari MIG-29 taon 90-an, EMKAEM 2003 smua barter...jd KL, raja barter gaesz haha!不不不

      apalagi pespur bekas...eiitt 88 bijik a4 SKYHOK amrik tuch milik siape gaesz..bayangken 88 bijiiiikkkk setengah LENYAP haha!不不不

      Hapus
    3. palu gada22 Juni 2021 13.39

      teringat 88 SKYHOK, KL pengumpul pespur bekas rongsok terbanyak di kawasan gaesz...kesian WARGANYET mate kutu gaesz haha!不不不

      Hapus
    4. palu gada22 Juni 2021 13.18

      KL donk,
      dron campcopter hibah petronas
      kapal kosgard, hibah jepun
      kapal patrol tertuwa KL KD PERLIS & SrI JOHOR, hibah britis...

      kapal patroli, hibah OSTRALI haha!
      https://www.bbc.com/indonesia/dunia/2014/02/140206_malaysia_australia_kapal

      wahh masi byk lagi dpt heli blekhok, dron bla..blaa..
      apalai sewa..dari bell dsb...

      Hapus
    5. Terima hibah yg penting tak munafik.. emangnya cem jiran sok suci..

      Dasar newbie..

      Hapus
    6. Tercabar Ego Melayu Malon Bodoh, Malas kerja, Rasis, LGBT, doyan judi dan Kongkek... 不不不不

      Hapus
    7. Gw orang kaya trus gw dikasi sama orang kaya lain, bukan berarti gw jadi miskin, begonya bikin kesel ni malon... Pantes bangkrut otaknya 1cc

      Hapus
    8. AnakWsatan hasil kawin silang antara beruk× kudanil×komunis.

      Hapus
    9. Amerika yg nak beri,,jadi jangan ditolak niat baik seseorang, GOO TNI

      Hapus
    10. Hibah gpp bukan ngemis..

      Apalagi ada yg berharap alias ngemis bertahun2 hornet kuwait.. Wkkkwkkk

      Hapus
  2. Balasan
    1. gak kebagian RM 100 kali om, hasil jual aset pemerintah haha!

      Lebih RM130 bilion diambil depa dalam tempoh 5 1/2 bulan ini sahaja tapi depa janji untuk bayar bantuan BPR tambahan Lockdown sebanyak RM100 bagi orang bujang pada akhir bulan Jun.

      https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=10157953130695952&id=157851205951&__tn__=*s*s-R

      Hapus
  3. Tinggal Vietnam yak? Yang belum terima scan eagle ini

    BalasHapus
  4. Apakah Ada bedanya UAV scan eagle dengan UAV scan eagle 2 ?

    BalasHapus
  5. Indonesia : UAV scan eagle 2
    MALON : UAV scan eagle

    Apakah yang punya INDONESIA lebih canggih dari milik MALON ??

    BalasHapus
  6. Salman24 Juni 2021 13.30

    Udahlah menhan jgn kegedean nafsu, lanjutkan aja pembuatan 18 unit pkr105 ,batch2.dan iver,iver gak usah pake acara panjang2in segala buat narik uang fee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANTI MALONDOG HALU BERAT24 Juni 2021 13.54

      Kau pernah baca.. Indonesia beli LPD dari Korsel dan dapat TOT nya, buat LPD nya di PT. PAL.. LPD Makassar Class.

      PT. PAL berhasil menjual 2unit LPD (SSV) ke Filipina dari Ilmu design dan rancang bangun LPD (SSV) yg didapatkan dari TOT LPD Korsel.. Bentuk LPD (SSV) Filipina sama dengan LPD Makassar Class hanya beda di dimensi panjang.

      Pesan Presiden beli alutsista tidak hanya membeli saja tapi harus dapat TOT untuk Investasi Pertahanan. Dan sudah ada UU yg mengatur Mengenai TOT dan OFFSET setiap pembelian Alutsista.

      Iver yg dibeli di panjangin ukurannya atau merubah design awal pabrikan agar tidak kena Hak Paten dan Hak kekayaan Intelektual yg dimiliki OMT Denmark.

      Dan agar tercapai Investasi Pertahanan yg di instruksi Presiden serta kedepannya bisa menjual Iver ke negara lain dari basis Iver yg dibuat dengan ukuran yg kita miliki beda dengan ukuran dari Pabrikan OMT.

      Hapus
  7. 14 UAV ScanEagle, bersama dengan sistem terkait termasuk di antara yang dijadwalkan untuk ditransfer oleh Pemerintah AS sebagai hibah kepada Pemerintah Indonesia di bawah skema Foreign Military Financing (FMF) AS.

    -------------------------

    SALAM BARUW lagi gaesz mantap haha!


    duh gaesz banyak mana, 14 vs 12..haha!

    BalasHapus
  8. https://www.indomiliter.com/drone-intai-scaneagle-resmi-jadi-kekuatan-skadron-udara-700-puspenerbal/
    "Meski bertajuk program hibah, namun Pemerintah Indonesia tetap merogoh kocek sekitar Rp10 miliar, dana tersebut dibutuhkan untuk mengintegrasikan dan memastikan keamanan data dari peralatan ini dengan alutsista lainnya. Dalam proyek integrasi tersebut, PT LEN Industri kebagian peran untuk melakukan integrasi sistem pada drone"
    Jadi bukan murni hibah trus dipake,
    Tapi tetap dipastikan keamanan datalinknya,
    Btw us udh nawarin hibah dari 2014 baru skrg kita terima karena hal diatas yaa lon.

    BalasHapus
  9. ASOOYYY baruw lagi,
    namanya HIBAH tentuw senang donk...

    emangnya KL...sombong bingit ditawarin hibahan gak diambil gaesz
    skrg pon MENYESAL guling2 haha!
    apakabar
    -BLEKHOK-brunei
    -TANK M-109-amrik

    gengsi yaaa..uhuyyy haha!戊戊戊

    BalasHapus
  10. OH.... SEDEKAH dari US ternyata.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. GOBLOK, TOLOL, IDIOT.. Malon juga terima hibah 12unit UAV Scan Eagle dari AS.. wkwkwkwkwk

      Gempurwaria AMNESIA karena kebanyakan Hisap DADAH.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  11. Balasan
    1. JOM SEDEKAH 88 SKYHAWK, KL pengumpul pespur bekas rongsok terbanyak di kawasan gaesz...kesian WARGANYET mate kutu gaesz haha!不不不

      Hapus
    2. Malon terima hibah scaneagle lebih dulu ya..

      Mulai deh pura pura buta nya.. here we go again.. 不不

      Hapus
  12. @Gempurwaria aka Asrizal Rusli
    @Anak Setan

    Kalian berdua gak kebagian RM 100 ya, hasil jual aset pemerintah haha!不不不

    Lebih RM130 bilion diambil depa dalam tempoh 5 1/2 bulan ini sahaja tapi depa janji untuk bayar bantuan BPR tambahan Lockdown sebanyak RM100 bagi orang bujang pada akhir bulan Jun.

    https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=10157953130695952&id=157851205951&__tn__=*s*s-R

    BalasHapus
  13. SEDEKAH US.... sangka radio je mengemis sejauh ke US....wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk malaya pon dapat hibah... Pura2 picek ya?Wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. Hibah beda dengan ngemis.

      Ngemis tuh cem hornet kuwait

      Hapus
  14. yaaa pasti donk...apalagi sCanEagle KL yg disewa dulu...inget gaesz KL perna SEWA dron ini haha!五五五

    sedangkan yg laen dapet gratisan lebih lebih okeh loh, kesian dech

    JOM KL SEWA DRON...


    insitu Pacific has announced that it has signed a contract with Unmanned Systems Technology (UST) for one ScanEagle system for leasing in Malaysia.

    https://www.shephardmedia.com/news/uv-online/dsa12-insitu-signs-malaysian-scaneagle-deal/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho KL kan beli om PAL g ada kata SEWA dalam kamus malonte xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa tapi memang kenyataan itu sakitnya tuh banget buat geng malonte xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. owhh, tukang ngaku2 donk om
      sewa = beli
      hibah = beli
      giliran beli = DELAY, KENSEL dan TAMAT haha!不不不

      Hapus
  15. satuw2nya negeri yg perna SEWA dron sCANeAGLE, sementara yg laen dpt gratis banyak...

    cuman KL gaesz

    JOM KL dan SEWA DRON tiada berpisah...haha!


    insitu Pacific has announced that it has signed a contract with Unmanned Systems Technology (UST) for one ScanEagle system for leasing in Malaysia.

    https://www.shephardmedia.com/news/uv-online/dsa12-insitu-signs-malaysian-scaneagle-deal/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang kaya (konon) om PAL xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa di kibulin melulu KL'ers ama yg d perruan agong xaxaxxaxaxaxaxaxxaxa

      Hapus
    2. Halah aslinya juga gratis...biasa KL bilang sewa biar bisa songlap uang sewanya.....☄️

      Hapus
  16. Hidup tni al scan eagle sudah datang

    BalasHapus
  17. dulu ada WARGANYET sombong banget, sbut KAMI DAPAT 12...AMERIKA SAYANG KL..ngakak guling2 dah guwe haha!

    12 bijik niiii yeeee...ama 14 banyak mana sich?? haha!



    the contract states that 12 UAVs are meant for the RMN. Funded by the United States, the ScanEagles are to be delivered by 2022 for a price of $19,329,334. In addition, this order provides for spare payloads, spare and repair parts, support equipment, tools, training, technical services, and field service representatives.

    https://www.navalnews.com/naval-news/2020/05/royal-malaysian-navy-took-delivery-of-six-scaneagle-uav/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ilmu aljabar 1cc beda om PAL xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. "..AMERIKA SAYANG KL..."

      Wakakakakakakak...

      Sayang mana ama British..

      Hapus
    3. Scaneagle mreka pastinya lebih canggih dari milik US dong om.. 不不不

      Hapus
    4. lcs aje skrg pon dibilang frigat kami tetap akan selesai smua 6 bijik!

      hadeuu stress tingkat dewa gaesz...
      mereka gak tau, itu besi2 uda diincer juragan lowak...orderan KUWAIT FINANCE HOUSE INTERNATIONAL haha!

      Hapus
  18. SESAMA PENERIMA HIBAH DILARANG SALING MELEDEK......!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boten ngeledek kok om smiling, cuma latihan itung2 an, okeh ndi memehan bh n cd seng d pepe poro cantrikwati kalean rondo sebelah omah kae xaxaxaxaxaxaxaxaxa‍♂️劾‍♂️劾‍♂️

      Hapus
    2. aku mah diberi hibah ya senang senang aja...
      walaupun bekas pakai kamu,
      yang penting garatis tak perlu ngeluarin duit.

      Hapus
  19. jadi 12 sama 14 lebih banyak mana malon beruk?

    apakah masih tetap besaran 12....???

    不不不不不不不不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk wkwkwk namanya juga beruk pasti gak bisa berhitung om Essen

      Hapus
  20. Ini artikel beritanya kok beda ya,Kasal kan resmikan jg Drone Amphibi buatan TNI AL kok gak di sertakan min.

    Seruputt Kopi dolo min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ad brother sebelumnya,cek toko sebelah juga

      Hapus
  21. Ini bisa berfungsi sebagai mata mata AS, berbagi data spionase

    BalasHapus
  22. BPK indon cakap, hutang kemenhan sekitar 9 triliun belum dibayar(hutang minyak dan pelumas).. Sekitar 9 triliun DEPKES juga belum bayar( gaji dan obat pihak ke tiga).... Turut ucap kesian

    BalasHapus
  23. Harap PBB segera hulur bantuan, kerena ada hutang hutang yg tak terbayar, tapi kat media cakap besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun iblis sudah makan babi guling hari ini?

      Hapus
    2. harap PBB segera hulur bantuan ke malon, kes kendaraan tempur yang tidak sesuai speck

      Hapus
  24. CNBC Indonesia... Pengamat properti dan infrastruktur berikan analisa perusahaan infrastruktur banyak yg potensi bangkrut karena belum bayar tunggakan hutang pihak ke tiga

    BalasHapus
  25. Ekonomi index... 3 BUMN karya pembangunan siap jual ruas jalan tol ke pihak investor... Jual guys, wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun iblis sudah minta sumbangan di tengah jalan hari ini?

      Hapus
  26. Kadrun iblis sudah jual ayat Al Quran hari ini ?

    BalasHapus
  27. Okezone... 27 perusahaan ritel dan restauran lagu lagi kolaps tak terselamatkan bangkrut.... Tak terselamatkan guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun iblis tak terselamatkan nafsu syahwat nya guys wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  28. Kadrun iblis masih dapet nasi bungkus hari ini?

    BalasHapus
  29. Komisi 1 DPR... Kita akan belanja alutsista tapi tidak seperti impian rencana 1700 triliun itu, adalah tapi sekedar nya.... Sekedar nya guys... Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadrun iblis selalu mengikuti nafsu syahwat nya wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  30. Woiii… manakala indon bersenang hibah slat tempur, cakap sembang,seperti katak dalam tempurung nyaring berbunyi…oppss 唐互

    BalasHapus
  31. Kadrun iblis kalo gak kongkek sehari pasti uring uringan guys wkwkwk

    BalasHapus
  32. Liputan 6.... Cita cita pertumbuhan. Ekonomi kuartal ini sebesar 7% sepertinya sulit tercapai dengan meledak nya covid,.... Lagi lagi meleset guys... Nak dulu cakap tumbuh 4% reality minus.. Ni cakap 7% minus lagi... Tertipu guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.kumparan.com/kumparannews/habib-rizieq-divonis-4-tahun-penjara-terkait-kasus-data-swab-rs-ummi-1w0Egk4RgUn

      Hapus
  33. Kadrun iblis,si hrs dipenjara 4 tahun tuh, Alhamdulillah......

    BalasHapus
  34. Ini rencana jangka panjang negara untuk nkri..

    Rp 1.700 triliun itu belum disetujui, masih digodok. Ini kan bernegara tidak gampang, bernegara itu ada proses, ada sistem, ada tata cara kelola. [...] Presiden pasti minta saran, bagaimana Menkeu (Sri Mulyani Indrawati), bagaimana Bappenas, nanti ditanya lagi menteri-menteri lain. Jadi, itu belum disetujui," jelas Prabowo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digodok, direbus, digoreng, tambah kicap, tambah minyak.... Wkwkwkw

      Hapus
    2. Jadi babi panggang terus elu makan ya kadrun iblis.....hmmm yummi

      Hapus
  35. Kadrun iblis demo dong bela junjungan ente, kasian kan di penjara wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  36. Kotak amal sudah dapet berapa hari ini kadrun iblis?

    BalasHapus
  37. Kompas... Pengamat buzzer bayaran lembaga polling.. Qodari cakap, jokowi 3 periode demi kedamaian indonesia kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomongin polling, munafik....mending ngomongin masalah kongkek aja kadrun iblis kih kih

      Hapus
  38. Jawa Pos... Kader PDIP cakap calon presiden tinggal hanya puan, yg lain cuma petugas partai... Wow macam tu politik indon, krik krik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomongin masalah politik, mendingan ngomongin masalah kotak amal aja kadrun iblis kih kih

      Hapus
  39. Ayo kadrun iblis gak usah malu2....kalo pengen kongkek wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  40. Eh kadrun iblis babi guling nya sudah mateng belom? Wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  41. Jangan sampe gosong babi guling nya kadrun iblis, sayang kan kalo gosong wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  42. Malon dapat sikit je. Sebab tak paham nak gunakannya....不

    BalasHapus
  43. NEGARA MALON DALAM K3ADAAN DARURAT....WAKAKAKAK

    BalasHapus
  44. Kemerdekaan malonpun sedekah ingat itu pur

    BalasHapus
  45. Loh..ku pikir cuman malaysia malaysia yang terima scaneagle hibah..ohh lupa tni ngak minta yah dia yang kasi kaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca lagi yg teliti berita nya mat..

      Ngerti konteks Foreign Military Financing (FMF) tak ?

      Hapus
    2. palu gada24 Juni 2021 15.02

      dulu ada WARGANYET sombong banget, sbut KAMI DAPAT 12...AMERIKA SAYANG KL..ngakak guling2 dah guwe haha!

      12 bijik niiii yeeee...ama 14 banyak mana sich?? haha!



      the contract states that 12 UAVs are meant for the RMN. Funded by the United States, the ScanEagles are to be delivered by 2022 for a price of $19,329,334. In addition, this order provides for spare payloads, spare and repair parts, support equipment, tools, training, technical services, and field service representatives.

      https://www.navalnews.com/naval-news/2020/05/royal-malaysian-navy-took-delivery-of-six-scaneagle-uav/

      Hapus
  46. Kapan ya asurika menghibahkan f16 blok 70 ke indonesia? Tapi biaya refurbishnya 1 m dolar, ya samimawon hahahaha

    BalasHapus
  47. Bukan msalah terima lebih banyak tapi masalah sama2 dapat hibah tp hina malaysia kayak cuman mLaysia yg dpt hibah wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. EITSS Bukan berharap hibah ye macam sebelah ke Kuwait WKWKWKWK

      Hapus