29 Juni 2021

Tantangan Offset Rencana Akuisisi Jet Tempur Rafale & F-15

29 Juni 2021

Manufakturing pesawat tempur Rafale (photo : Dassault)

Penandatangan Letter of Intent (LOI) antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) dengan Dassault Aviation pada 7 Juni 2021 untuk pengadaan 36 jet tempur Rafale dengan nilai diperkirakan sekitar US$ 7 miliar melahirkan berbagai tantangan bagi Indonesia. Tantangan terbentang dari kemampuan mengamankan ketersediaan Penetapan Sumber Pembiayaan (PSP) bagi program tersebut hingga soal implementasi offset oleh Indonesia. Untuk menjaga keseimbangan hubungan dengan beberapa anggota permanen Dewan Keamanan PBB, Indonesia berencana membeli 36 jet tempur F-15 dari Amerika Serikat (AS) dengan nilai diperkirakan US$ 5 miliar. Sebagaimana LOI Rafale, rencana akuisisi F-15 dari Washington akan memunculkan tantangan pula bagi Jakarta dari berbagai aspek seperti finansial dan industri.

Selain aspek finansial, yaitu ketersediaan anggaran untuk memborong kedua tipe pesawat tempur tersebut, tantangan lain yang perlu dicermati berasal dari aspek industri. Penerapan offset sesuai Undang-undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan lebih mudah untuk dinilai daripada penerapan kandungan lokal, karena penerapan kandungan lokal tidak selalu berarti peningkatan penguasaan teknologi tinggi. Mengacu pada undang-undang itu, nilai offset minimal 35% dengan peningkatan 10% per lima tahun. Offset langsung menjadi fokus dalam bahasan ini, di mana beberapa hal perlu menjadi perhatian.

Pertama, paket offset. Terkait pengadaan pesawat tempur, paket offset yang diajukan oleh Indonesia kepada Dassault Aviation dan Boeing sebaiknya meliputi manufaktur komponen pesawat tempur dan teknologi elektronika pertahanan. Untuk manufaktur komponen, Indonesia mempunyai pengalaman dalam program Peace Bima Sena, yaitu pembelian 12 F-16A/B Block 15 OCU pada 1986. Menyangkut elektronika pertahanan, akan menjadi hal baru karena cakupannya terkait perangkat elektronika yang terdapat pada pesawat tempur. Indonesia perlu mengindentifikasi teknologi elektronika pertahanan yang hendak diajukan sebagai offset, yang cakupannya terbentang dari avionik, sensor (radar, optronics) dan komunikasi (radio, datalink).

Untuk elektronika pertahanan, Indonesia harus berurusan dengan dua pihak sekaligus, yaitu Original Equipment Manufacturer (OEM) dan pemerintah di mana OEM bermarkas. OEM itu di antaranya Thales untuk Rafale, sementara Raytheon dan Collins Aerospace termasuk OEM peralatan elektronika pertahanan di F-15. Urusan dengan pemerintah di mana OEM bermarkas mutlak karena mustahil ada program offset tanpa lisensi ekspor teknologi pertahanan. Offset elektronika pertahanan memiliki potensi nilai penguasaan teknologi yang tinggi dibandingkan dengan kandungan lokal. Sebab kandungan lokal dapat saja berupa man hours dan pelatihan yang tidak berkontribusi pada penguasaan teknologi maju oleh industri pertahanan.

Manufakturing pesawat tempur F-15EX (photo : Boeing)

Kedua, kapasitas penyerapan teknologi. Penguasaan teknologi maju melalui offset memprasyaratkan pula kesiapan industri pertahanan Indonesia menyerap teknologi yang diberikan oleh OEM. Titik kritis dengan offset bukan pada PT Dirgantara Indonesia, namun pada PT LEN Industri sebagai BUMN elektronika pertahanan. BUMN ini memang telah memiliki kerjasama dengan Thales untuk elektronika pertahanan pada kapal perang, namun tantangannya adalah bagaimana kapabilitas PT LEN Industri terkait dengan elektronika pertahanan yang menjadi bagian dari sistem pesawat tempur.

Kapasitas penyerapan teknologi di bidang elektronika pertahanan merupakan hal kritis. Karena mengacu pada data Janes, kemampuan industri ini di Indonesia tergolong weak-moderate, yaitu risiko bagi industri pertahanan lokal dalam hal delay, penalti, knowhow dan lain-lain berada pada tingkat sangat besar. Merupakan suatu fakta bahwa BUMN elektronika pertahanan telah merambah pasar Angkatan Udara, namun baru sebatas tactical radio communication dan tactical datalink. Namun seberapa besar kapasitas penyerapan teknologi maju terkait avionik dan sensor masih harus dibuktikan oleh PT LEN Industri.

Ketiga, juru runding andal. Untuk mendapatkan paket offset dengan kandungan teknologi tinggi sekaligus bernilai besar dalam nominal dolar AS atau Euro, Indonesia membutuhkan juru runding andal yang mampu bernegosiasi dengan Prancis dan AS. Washington dikenal tergolong pelit untuk paket offset dibandingkan dengan Paris, sehingga kehadiran juru runding andal adalah kebutuhan mutlak bagi Indonesia. Keberhasilan mendapatkan program offset F-16A/B Block 15 OCU senilai US$18 juta dari nilai kontrak US$337 juta karena Indonesia mempunyai juru runding andal yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi tinggi sekaligus karakter dan cara berpikir orang Barat sebagai mitra negosiasi.

Apakah Kemhan RI dan/atau industri pertahanan Indonesia saat ini memiliki juru runding andal untuk offset? Pengalaman dari negosiasi program KFX/IFX di awal dekade ini menunjukkan Indonesia hari ini tidak mempunyai juru runding andal untuk teknologi tinggi. Solusi terhadap masalah itu di antaranya adalah menyewa pihak ketiga yang memiliki kapasitas terkait negosiasi offset, terlepas dari paspor yang dipegang oleh pihak ketiga tersebut. Peluang untuk mendapatkan offset dari Prancis cukup besar, namun tidak demikian bila Indonesia memutuskan membeli F-15 dari AS sehingga kehadiran juru runding andal mutlak adanya.

Sampai saat ini, belum ada informasi sahih tentang teknologi apa yang diminta oleh Indonesia dari Prancis sebagai offset Rafale. Belum jelas apakah asumsi nilai kontrak US$ 7 miliar untuk 36 jet tempur Rafale sudah termasuk program offset atau tidak, karena biasanya biaya akuisisi dengan paket offset lebih mahal daripada pembelian biasa. Begitu pula ancang-ancang teknologi apa yang akan diminta dari Washington apabila Jakarta memutuskan menandantangani kontrak F-15.

220 komentar:

  1. Balasan
    1. ...timingnya, beda sepersekian detik

      06.54














      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. ...Pur, pasangin to*el 4 digit " 0654 "...siapa tau ente menang

      untuk beli nasi LEMAK sebulan ?

















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Knp di cnbc ada artikel militer ??

      Hapus
  2. "..juru runding andal.."

    Ambil aja si Iskandar, ntar kita liat kemampuannya..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Iskandar dan Suwandaruw, kalau masih kurang Dut Rudal cadangannya





















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Iskandar Juru Kunci Candi Hambalang

      Hapus
    3. Konon ketika proses negosiasi IFX dan CBG dulu negosiornya adalah "pak Haji Putih" yg pernah dipasangkan dg "pak Botjor-botjor" dalam kompetisi babak 1......tapi entah kemana gerangan pak haji putih saat ini ๐Ÿค”

      Hapus
    4. Wah sapa tuh ๐Ÿ‘๐Ÿ‘„๐Ÿ‘

      Hapus
  3. Yang sekedar TENDER TENDER TENDER berpuloh tahun dan barangnyapun LCA Receh harap ketepi


    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  4. Rafale Masuk
    F-15 EX Masuk
    IF-21 Masuk


    Yg sekedar mimpi FA50 dapat salam dari Viper Pinoy ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  5. Lihat Pur mengapa kontraknya belum efektif karena INDONESIA sedang bernegosiasi dengan Prancis untuk mendapatkan TOT jet Tempur Rafale Kalau masalah anggarannya Sudah beres Pur yaitu 298 triliun sudah disediakan oleh Bappenas untuk 2020-2024 Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  6. 36 rafale, 36 f15, 36 f16, 12 su35 beuh mantap betol kalo jadi, kl langsung di ayam ayam kan

    BalasHapus
  7. 36 Rafale + 36 F-15EX = Ngeri tak Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dapatnya jumlah segitu boleh tuh F-15EX.๐Ÿ˜
      Lumayan buat ngisi skadron 41 & 42.

      Tapi kenapa selama ini disebut 8 yah?

      Hapus
    2. TNI AU harus ancang2 bikin Military Base di Kuching Sarawak sebab
      TUDM takde telur nak lawan China

      Hapus
  8. Kok harganya pesawat semakin mahal yaa...harga skrg naik 2 kali lipat dibandingkan harga Singapura atau korea yg dulu beli, apakah sudah di mark up oleh produsennya...mosok harganya lebih mahal dari F35 yg generasi siluman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena F-15EX ini adalah Varian terbaru dari Keluarga F-15 bahkan USAF aja baru menerima beberapa unit saja dan yang pasti F-15EX ini memiliki kemampuan yang lebih bagus dari F-15 sebelumnya

      Hapus
    2. Tiap tahun pasti ada kenaikan harga Component & pekerja nya.

      F 15 EX varian baru.
      Pasti lebih mahal dari punya singapura & Korea.

      Hapus
    3. F-15EX secara aerodinamika lebih buruk dari F-15C. Basisnya pakai F-15E buat menurunkan harga, sehingga strukturnya optimised buat strike.

      Hapus
    4. Sebenarnya bukan lebih buruk aerodinamika nya.

      Lebih kepada F 15 C itu single seat. Sehingga di untungkan pengurangan bobot sehingga daya dorong Thrust to weight nya lebih besar.. Efeknya membuat manuver lebih lincah sedikit.

      Kelincahan manuver juga tergantung dari bobot rudal/bom yg di bawa.

      Hapus
  9. Nampaknya kalau untuk urusan TOT lebih mudah ke Prancis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu juga tergantung Tot apa yg diminta... Kalau Teknologi inti semua negara maju pasti akan pelit transfernya... Karena itu kuncian mereka.

      Hapus
  10. tak de cakap lain geng indon,tak de kepakaran yang mampu engineer tuk bina electronics ataupon aviation suatu pesawat,hanya cakap data link dan radio jom..๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ก

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reka-reka cerita lah tu kamu tahu tak untuk PT info global dah pandai bina avionik untuk pesawat tempur Malah sudah dipasang kan di jet tempur F-16 dan Hawk milik TNI AU Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. UAV aludra dan UAV nyamukmu yg buat engineer Indonesia,engineer Malon kepakarannya apa je wkwkwk

      Hapus
    3. Geng Malon ugly dan idiot mana ada kepakaran .. Korang banyak cakap saja ... Negara Korang saja tak mampu bina peluru dan Mesiu .. itu simple lon ๐Ÿ˜ท๐Ÿ˜ท๐Ÿ’‰ sudah dikasih blue print eh salah potong tuh LCS .. buat malu saja Lon

      Hapus
  11. ...KOMPOSISI yang PAS untuk TNI AU Indonesia adalah seperti ini ;

    20 Su-57 Felon
    32 Su-35 Flanker E
    16 Su-27/30 Flanker D
    36 Dassault Rafale
    16 F-15 EX
    48 IFX
    48 F-16 Falcon/Viper
    16 Super Tucano
    16 T50 G. Eagle



















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...selain GAHAR, juga aman dari EMBARGO jilid 2


















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Biaya logistiknya bikin negara miskin

      Hapus
  12. PARAH...CUMAN 4 EKOR SAJA YANG BISA TERBANG..GROUNDED GAEZ


    Wkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwwkkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwwwkwkwkwkwkkkwwwkwkwkwwkwwkwwkwwkwkkwwkwkwkwkwkwkwk

    https://www.airspace-review.com/2018/08/02/terkendala-masalah-perawatan-hanya-4-su-30mkm-malaysia-yang-operasional/

    BalasHapus
  13. Bukan saya yang cakap,tapi menhan malon yang dedahkan...


    Wkwkwkwkwkkwkwkkwkkkkwkwkkwwkwkkwwwwkwwwkwkwkwwkwkwwkwkkkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkkwwwkwkwkwkwk

    https://www.grid.id/amp/04911247/kalah-dari-indonesia-menhan-malaysia-beberkan-bobroknya-angkatan-udara-negaranya-4-pesawat-saja-yang-bisa-terbang?page=all

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. ...nanti fungsi dari 32 unit Su-35 Flanker E dan 16 unit F-15 EX adalah untuk MEMBURU pesawat OTAK SERANGAN Udara, karena kedua pesawat tempur ini mempunyai DAYA JELAJAH dan KECEPATAN yang mumpuni





















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...yang jadi UMPAN nya 36 unit D Rafale





















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
  16. Jangan salah, ToT itu transfer ilmu/teknologi.

    Prancis/USA ---> Indo

    Kalo sudah tau ilmu/teknologinya, gak perlu ada ToT lagi.๐Ÿ˜†

    Bukan berarti penerima transfer itu blank sama sekali, tapi sedikit banyak dah punya dasar pengetahuan.

    Nah ini yg suka dijadikan alasan/senjata produsen tuk menekan dg alasan bahwa pribumi tidak siap terima ToT.

    "Kalo kami dah tau, gak perlu ToT Meneerrrr...."

    Pengetahuan ok lah, tapi Alat/Material belum ada di dalam negeri...gimana?

    Yah, ToT lah!
    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚





    BalasHapus
  17. GROUNDED..GROUNDED..GROUNDED


    Wkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkkwkkkkwkkwkwkkkwkwwkkwkwkwkwkkkwkkkkwkwkkwkwkwkwk


    https://indonesianmilitarysite.wordpress.com/2016/06/02/-mig-29-malaysia-akan-di-grounded/amp/

    BalasHapus
  18. Indon indon nak prank je Lawan opm kalah ixixixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat nyet??


      Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkkwkwwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwk

      Hapus
  19. CUMAN BUAT PARADE SAJA...TAK DE MINYAK GAEZ..

    Wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwwwwkkwkwkwkwkkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwwkwwwkwkwkwkwwkwkkkwkwkwwkwkkwkwkwkwk

    https://www.indomiliter.com/mahathir-mohamad-f-a-18d-hornet-hanya-bebas-diterbangkan-saat-parade-udara/

    BalasHapus
  20. Pencurian Mesin Jet Tempur Malaysia
    Diungkap, Pencurian Mesin Jet Tempur Malaysia



    KUALA LUMPUR - Departemen Pertahanan Malaysia berang

    Sebuah mesin pesawat tempur dicuri dari hanggar ketika sedang diperbaikiSatu dari empat orang yang terlibat dalam pencurian tidak lazim itu tercatat sebagai staf Tentera Udara DiRaja Malaysia (Angkatan Udara Malaysia).

    Meski baru diungkap Minggu (20/12) kemarin, kasus raibnya mesin pesawat militer itu sudah terjadi akhir tahun lalu"Departemen (Pertahanan) akan menempuh aksi hukum pada level internasional untuk menggugat perusahaan (asing) yang terlibat," ujar Menteri Pertahanan Ahmad Zahid Hamidi dalam wawancara dengan Kantor Berita Bernama, seperti dilansir Agence France-Presse, Minggu (20/12).

    Konon, mesin pesawat itu dijual ke pasar gelap dan dibeli sebuah perusahaan internasional yang berkantor pusat di Amerika SelatanSurat kabar The Star melaporkan bahwa mesin ilegal itu dijual seharga 50 juta ringgit (sekitar Rp 137,7 miliar)Laporan lain menyebutkan bahwa mesin pesawat tersebut berakhir di tangan perusahaan asal Timur Tengah.

    Terkait kasus luar biasa tersebut, Dephan Malaysia juga menyebut bakal menindak tegas staf AU Malaysia

    "Kami akan menjerat staf Tentera Udara DiRaja Malaysia tersebut dengan dakwaan berkhianat kepada negara," papar Ahmad kepada Associated PressBerita hilangnya mesin pesawat tempur itu baru mencuat akhir pekan lalu setelah dilaporkan harian berbahasa Inggris


    Jet pejuang cuman 4 ekor yang bisa terbang,mesin malah di curi..LAWAK


    Wkwkwkkwkwkwwkwkkwwkwkkwwkwkkwkwkwkwwkwkwkkkwkkkwkwwwwkwkkwkkwkwwkwwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwwkkwkkwkwwwwkkwkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin jet yg besar pun bisa hilang, malon memang grade A su

      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Ini kasus keberapa kali mereka kehilangan mesin jet tempur?

      Hapus
  21. naga naganya...... jadi beli nih

    BalasHapus
  22. Bukti Kekalahan Indon sama opm Yang suka ngeprank

    https://kumparan.com/kumparannews/tugas-satgas-nemangkawi-berakhir-7-tni-dan-2-polisi-gugur-8-kkb-tewas-1w1pVRybizA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalah apaan nyuk, papua masih milik indo, jenazah KKB yg di bawa kabur dan di bakar sendiri oleh temannya tak di hitung nyet

      Hapus
    2. Koq kalah ya MENANG lah

      Ribuan mantan OPM yg sadar kembali ke Indo justru itu yg dihitung.

      Karena keberhasilannya bukan berapa banyak OPM yg ditembak mati tetapi berapa yang sadar & tobat.



      Hapus
  23. Mempunyai dan mengoperasikan frigate FREMM, Iver, Rafale dan F15EX bukanlah masalah yang besar bagi TNI kita ...Problem yang terbesar dan paling menantang adalah mampu gak kita membayar utangnya dalam waktu yang disepakati mengingat ratio hutang kita yang udah pada level yang mengkhawatirkan ...Gali Lobang untuk Tutup Lobang ....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah gak ada bantuan sosial utk covid, saya rasa kita mampu bayar cicilannya

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. It's expected Indonesia will acquire military aircraft before 2024. Indonesia has to spend Ministry of Finance's PSP for LIFT aircraft. If nothing change, South Korea may supply another T-50 LIFT aircraft for Indonesia. It's not clear yet whether it will equip with radar or not.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MALON kesalip lagi nihh๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Tapi semoga pesawatnya dibeli dengan radarnya juga, masak beli rafale kuat tapi beli pesawat LIFT kopongan

      Hapus
    3. Beli lah paket lengkap.
      T 50 total lost 2 unit.

      Sepertinya akan menambah 4-6 unit
      Jadi 1 skadron antara 18-20 unit
      Karena peran skadron 15 sebagai skadron latih + tempur

      Hapus
    4. Secara fungsional, pesawat LIFT tidak butuh radar. Kecuali kalau mau dijadiin light fighter kayak Hawk Mk.209 dan beberapa T-50i.

      Hapus
  26. http://rafalemalaysia.com/


    Apa ini Guys?? Khayalan si miskin la tu mestinya Tejasmalaysial.com

    BalasHapus
  27. teknologi terbaik apapun yg diberikan AS jika semua sejalan dg KEPENTINGAN AS maka tdk akan ada masalah..

    BalasHapus
  28. Insinyur Prancis geleng - geleng kepala mana kala mengajari enginer malon lulusan top 5 university, Bodoh betul tak paham paham di suruh motong plat malah Tido, di suruh ngelas dia ngeles, di suruh baca Blue Print malah nonton Blue Film


    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  29. strategi menhan PS buat isu beli jet bekas typoon akhirnya beli rafale.
    isu beli gowind dan scorpene akhirnya beli heavy fregate fremm

    BalasHapus
  30. Dunia saat ini sedang berada dan menuju persimpangan kiblat negara panutan negara lain.

    Persaingan kubu barat / usa, cina, rusia, jepang, korea dan arab.

    Selain arab diantara negara" kuat yg disebut diatas mereka saling berebut utk menanam pengaruh ekonomi dan politik utk menguasai kekayaan alam / hasil tambang dll ,negara lain .

    Kecenderungan negara" kuat ini berkoalisi dgn sekutunya utk menghalangi atau menghambat negara yg punya potensi mengejar ketertinggalan atau sejajar dalam hal kekuatan ekonomi dan militer.

    Indonesia salah satu negara yg punya potensi menjadi 10 negara terkemuka 20 thn kedepan dgn sdm yg melimpah.

    Cara efektih menghambat dan bila perlu hancurkan Indonesia adalah menciptakan ketidak stabilan politik dan memecah masyarakat yg multi etnis.

    Kita tdk perlu menanyakan benar atau tidak tapi faktanya kebencian berdasar SARA, anti aseng, asu dan kehilangan pondasi kebangsaan secara perlahan tapi pasti sedang terjadi di Indonesia.

    Kita sedang berada dalam tahap ini semoga bangsa Indonesia tetap solid menghadapi pemberontakan seperti PKI, PERMESTA , DII, RMS, dll.
    Sekarang ini perjuangan kelompok" itu lebih demokratis . Mereka punya kendaraan politik sekaligus kendaraan tempur utk mewujudkan impian mereka.

    Persaingan ekonomi pasti ada titik temu.

    Yg sangat berat adalah mempertahankan ideologi agama.

    Kestabilan politik hancur berarti pertahanan juga hancur atau hanya jadi alat membunuh rakyat yg tdk seideologi.

    Salam ideologi kerukunan anak bangsa ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    BalasHapus
  31. Saya sudah kata masih LOI.... WKWKKWKWKWKW

    Tapi geng INDON terus klaim sudah beli ya... Bikin seram klaim geng INDON ni guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otak bebal
      Gak tau beda LOI dengan Innitial contract.

      Hapus

    2. Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hedrayudha didampingi Dirtekindhan Laksma TNI Sri Yanto, menerima kunjungan dari Tim Dassault Perancis. Dalam kesempatan ini Dirjen Pothan Menyampaikan bahwa Pertemuan ini merupakan Perkenalan Perusahaan Dassault Aviation Perancis, yang diwakili Vice President business development, Jean Claude Piccirillo dan Vice President Offset Dassault, Michael Paskoff.

      Dalam keterangan tersebut disebut bahwa atas rencana pengadaan jet tempur Rafale oleh Indonesia. Sebagai catatan, pada Agustus 2020 lalu telah dilakukan penandatangan Letter of Intent (LoI) dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly.
      Dalam LoI tersebut, Kementerian Pertahanan Indonesia menyatakan

      Mengingat kali ini yang datang ke Jakarta adalah delegasi VIP dari Dassault Aviation, tentu yang menjadi fokus perhatian adalah keberlangsungan dari rencana pengadaan Rafale. Sebelumnya perlu dipahami, bahwa LoI bukanlah perjanjian atau kontrak pembelian suatu produk, melainkan baru pernyataan minat untuk mengakuisisi, sementara proses pembicaraan dan negosiasi masih harus dilakukan untuk kelanjutannya.

      Sumber kemenhan.
      LOI nya sudah tanda tangan Agustus 2020.

      Hapus
  32. LOI tu bermaksud baru tunjuk minat dan masih berunding... Ia bukan merujuk kepada pembelian ya.... Wkwkkwkwkwkw


    JANGAN SEDIH ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dananya sudah ada Pur wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Dana sudah ada...? Kamu MIMPI ya.... Wkwkkwkwkwkw

      Oh mesti dari 11.000 trilion dari kantong doremon... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    3. 298 triliun itu apa ....?? Wkwkwkwkw

      Hapus
    4. 298t itu belum pasti boss masih dalam tahap usulan

      Hapus
    5. Itu sudah di setujui bapenas dan kemenkeu. Baca berita nggak ente boss

      Hapus
    6. mangkanya banyak2 baca berita pur jangan melancap aja kamu pur hahahahaha

      Hapus
  33. Baca guys..... Wkwkkwkwkwkw


    Penandatangan Letter of Intent (LOI) antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) dengan Dassault Aviation pada 7 Juni 2021 untuk pengadaan 36 jet tempur Rafale dengan nilai diperkirakan sekitar US$ 7 miliar melahirkan berbagai tantangan bagi Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumber cari kemenhan
      Yg di atas dari CNBC gak akurat.

      Hapus
  34. MUANTAB Proses berjalan terus yang masih TENDER tepi sikit Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  35. Kasihan dia punya klaim bikin seram guys.... Yang masih LOI nah yerus di klaim sudah LOA ya.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  36. Rafale sudah agak lama LOI-Nya Pur Wkwkwkwkw



    https://www.facebook.com/181276675314017/posts/3325316030910050/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong jgn sertakan link dari fb sebab banyak hoaksnya

      Hapus
    2. Link dari defensemble stidied, Jakarta greater, garuda militer dan cnbc lo bilang hoax bOSS.
      Waras ente

      Hapus
  37. 298 Triliun itu apa Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 298 trilion..? RS SWASTA saja bayarnya sikit sikit... Wkwkkwkwkwkw

      Wang tak cukup ya... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. Beda anggaran TOLOL Wkwkwkwkw

      Hapus
  38. Sekadar sign LOI siapa pun boleh ya.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  39. Masa tak tahu kamu Pur 298 triliun itu khusus untuk belanja alutsista saja Wkwkwkwk

    BalasHapus
  40. LOI lebih maju dari MENGKAJI dan TENDER guys Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  41. Sama juga seperti klaim 11.000 trilion.... Tau tau PRANK... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  42. 298 triliun khusus untuk beli alutsista Kalau macam tu RAFALE dan FREMM pun boleh borong sekaligus Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  43. Wkkwkwkwkwkw.... LOI tu baru dirunding ya.. Dimana kamu dapat maklumat sudah sign beli tu pun saya tak tahu....

    PEMBUAL ya...? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  44. Kasian Desember kontraknya sudah efektif Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  45. Baca Pur Desember 2021 kontraknya sudah harus Efektif Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  46. Bro jelas di berita tu baru LOI ya malah bayaran wang muka saja belum... Baru berita mau beli itu ini pun mau NGUTANG ke LENDER.... MUANTAB... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  47. Kabar baik, Kemhan dan Dassault sudah tandatangani kontrak awal 36 Rafale
    CategoryBeritaPosted onJune 10, 2021AuthorRNS10 Comments

    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kabar baik dari rencana pembelian alutsista oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI).

    Sumber Airspace Review di Jakarta mengatakan, Kemhan RI dan Dassault Aviation (pabrik pembuat Rafale) dari Perancis telah menandatangani kontrak awal untuk pengadaan 36 jet tempur multiperan tersebut.


    Penandatanganan kontrak awal yang disebut kontrak “Come Into Force” itu ditandatangani pada Senin, 7 Juni 2021 dan akan mulai berlaku pada Desember 2021.

    “Kontrak ‘Come Into Force’ sudah ditandatangani pada Senin, 7 Juni. Kontrak akan mulai berlaku pada Desember tahun ini,” kata sumber AR.

    Ditambahkan, perjalanan Indonesia untuk mendapatkan pesawat Rafale dari Perancis memang masih panjang.


    Kontrak “Come Into Force” selanjutnya akan menjadi dasar menuju Kontrak Efektif setelah semua kesepakatan antara Indonesia dan Perancis tercapai dan Indonesia membayar uang muka pembelian 36 Rafale.
    Sementara itu, hingga saat ini antara Indonesia dan Perancis belum tercapai poin-poin kesepakatan untuk Imbal Dagang, Kandungan Lokal dan/atau Ofset (IDKLO) dalam hal rencana pembelian 36 Rafale.

    Seperti diketahui, Undang Undang No. 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan mengamanatkan pembelian alpalhankam (alat peralatan pertahanan dan kemananan) dari luar negeri harus disertai dengan IDKLO.

    Rencana pembelian jet tempur Rafale mengemuka setelah harian Perancis, La Tribune, memberitakan niat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk membeli pesawat ini.

    Prabowo melakukan pertemuan dengan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly dalam kunjungan kerja di Paris, Perancis pada 21 Oktober 2020.

    Pada Desember 2020, La Tribune memberitakan bahwa Indonesia akan membeli 48 unit Rafale dari Perancis.

    Menhan Prabowo dan Florence Parly
    Istimewa
    Belakangan, beragam pemberitaan menyebut bahwa Indonesia akan membeli 36 Rafale dari Negeri Menara Eiffel tersebut, bukan 48 seperti pemberitaan awal.

    Pihak Dassault sendiri telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Pertahanan RI di Jakarta pada 21 Februari 2021.

    Tim Dassault terdiri dari Vice President Dassault Aviation Business Development Jean Claude Piccirillo dan Vice President Offset Dassault Michael Paskoff.

    Kedatangan mereka diterima oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dan Direktur Teknologi Industri Pertahanan (Dirtekindhan) Laksma TNI Sri Yanto.

    RNS

    BalasHapus
  48. Lepas tu halunisasi konon sudah ada dananya... Wkwkkwkwkwkw

    Ada ada je kamu ni... DPR tanya wang buat bayar Fremm dananya dari mana mau buat bayar..?

    Masa sign dulu baru fikir dimana mau cari wang buat bayar?... Parah guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 298 triliun itu lah apa lagi Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Lol buta huruf ya putwaria? Di otakantor lo adanya cuma barangnya bangla aja sich jadi nggak bisa mikir yang lain.
      Baca tuch berita/ koment diatas biar otak lo nggak cuma mikirin barangnya bangla aja.
      Dasar otak tusbol......

      Hapus
    3. Bong Nusa .biarkan gempur ngotot sendiri .dgn kedenkian yg abadi..paham paham sendirilah sendirilah dia ni.memang itu dia punya kerja.

      Hapus
  49. Setelah semuanya Sepakat dengan Offset apa yang didapat INDONESIA baru Bayar uang muka dan kontraknya Efektif Bulan Desember manakala Anggaran 298 triliun juga sudah disediakan MUANTAB Wkwkwkwkw





    Penandatanganan kontrak awal yang disebut kontrak “Come Into Force” itu ditandatangani pada Senin, 7 Juni 2021 dan akan mulai berlaku pada Desember 2021.

    “Kontrak ‘Come Into Force’ sudah ditandatangani pada Senin, 7 Juni. Kontrak akan mulai berlaku pada Desember tahun ini,” kata sumber AR.

    BalasHapus
  50. Dah gempur duduk manis aje, sambil nungguin mlongo ntar barang2 shoping indo yg gahar2, sementara malon termenung berangan2 JF sulfur 2 biji aja gak kesampaian apalagi mau f 50 Kpop, menghayal aja dulu buat menghibur hati malon2 yg sengsara

    BalasHapus
  51. Wkwkwkwkwkwkw.... Sudah ada dananya begitu juga seperti su35 dan kfx...

    Ada dana konon.... Ngeparak sesama INDON boleh la.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  52. Dia punya klaim bikin seram guys...

    BalasHapus
  53. Nah mulai berlaku Desember 2021 dan lagi HEBAT dananya sebanyak 298 Triliun juga sudah disediakan oleh Bappenas MUANTAB Wkwkwkwkw






    Penandatanganan kontrak awal yang disebut kontrak “Come Into Force” itu ditandatangani pada Senin, 7 Juni 2021 dan akan mulai berlaku pada Desember 2021.

    “Kontrak ‘Come Into Force’ sudah ditandatangani pada Senin, 7 Juni. Kontrak akan mulai berlaku pada Desember tahun ini,” kata sumber AR.

    BalasHapus
  54. Bappenas Anggarkan Rp 298 T (USD 20,7 B) untuk Belanja Militer 2020-2024
    24 Juni 2021


    Fregat kelas FREMM dan Maestrale (photos : Marina Militare)

    Bappenas Ungkap Belanja Militer 2020-2024 Hampir Rp 300 T

    Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa buka-bukaan pemerintah menganggarkan belanja militer sebesar US$ 20,7 miliar atau Rp 298,08 triliun (kurs Rp14.400). Anggaran ini berlaku untuk 2020-2024 mendatang.

    Suharso mengatakan angka itu dihitung dari umur teknologi militer yang akan dibeli selama 15 tahun. Selain itu, pemerintah juga memperhitungkan pertumbuhan ekonomi dan produk domestik bruto (PDB) selama jangka waktu tersebut.

    "Untuk 5 tahun yang akan datang 2020-2024 kami memberikan angka sekitar US$ 20,7 miliar. Dari mana angka itu? Kami tidak petik dari langit begitu.. benggg... gitu, tidak. Kami melihat, kami ambil waktu sekitar 15 tahun itu berapa kira-kira rata-rata pertumbuhan ekonomi dan berapa total PDB kita selama 15 tahun," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Rabu (23/6/2021).



    Suharso menjelaskan yang menjadi faktor paling besar dalam pinjaman luar negeri itu untuk belanja militer. Selama ini dalam belanja untuk sektor tersebut Indonesia dinilai masih di bawah 1% dari PDB.

    "Rata-rata belanja untuk militer itu kira-kira kalau negara-negara maju di atas 2% dari PDB, ada yang 1-1,5% di atas PDB. Hanya kira-kira 30-an negara di bawah 1%, Indonesia masuk dalam kelompok negara di bawah 1% jadi termasuk di negara-negara sebagian besar di Afrika, Amerika latin, negara-negara kecil," sebutnya.

    Hal itu membuat kekuatan militer Indonesia masih kalah dengan negara lain. Jumlah batalyon di Indonesia pun disebut tak cukup untuk menjaga 514 kabupaten/kota.

    "Kita baru tahu misalnya jumlah batalyon kita tidak cukup untuk seluruh 514 kabupaten/kota di indonesia, kita hanya punya 300-an batalyon," ungkap Suharso.

    Suharso meminta Kementerian Pertahanan untuk membeli alat militer yang memiliki teknologi mumpuni. Artinya, bisa bertahan hingga beberapa tahun mendatang.

    "Jangan sampai seperti kita beli maaf (Sukhoi) Su-27 sebelum kita lengkap dengan dia punya segala macam, sudah muncul Su-30 generasi berikutnya. Lalu Su-30 sudah dalam kita mau mencukupi, Su-35 muncul. Kita bicara mengenai Sukhoi 35 eh muncul Sukhoi 57 dan seterusnya. Jadi kalau kita mau kejar-kejaran seperti itu nggak mampu kita, nggak mungkin itu kita lakukan," tandasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu mau tunjuk apa
      ..? Mana yang kamu klaim dana rafale dan fremm... Itu baru cadangan jumlah anggaran pertahanan....?

      Apa ni woi.... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. Anggaran pertahanan......?? TOLOL itu ada Anggaran yang diajukan oleh Kemhan untuk pembelian alutsista 2020-2024 TOLOL Wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Gempork skrg tahun brp..? 2021

      Itu belinya buat tahun 2020-2024
      Dananya kan sudah ADA berarti

      Dasar otak 1cc Bebal.

      Hapus
    4. dari semua geng malonte gempurwaria lah yang tergoblok

      Hapus
  55. Wkwkwkwkkwkw... Kasihan sepi shoping geng INDON.... mereka hanya di PRANK terus. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  56. Nah 298 Triliun Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  57. Sepi SHOPING......?? Banyak je aset yang berdatangan ke Indonesia macam Astros batch 2 dan Caesar batch 2 Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  58. MALON anggaran untuk beli alutsista pasti tidak sampai 298 Triliun kan Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  59. Wkwkwkkwkkw..... Dia ingat jumlah itu cukup buat bayar fremm dan rafale....

    Bro mana link berita yang kamy klaim dana rafale dan fremm sudah ada.. Mana bro..?


    Pembual ya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. FREMM kontraknya cuma 70 Triliun rupiah bro wkwkwkwkw dan masih cukup untuk beli Kapal selam wkwkwkwkw

      Hapus
  60. Kasihan semakin aneh akibat di PRANK TERUS... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  61. Kamu paham tak USD 20,7 billion itu Untuk BELANJA MILITER 2020-2024 Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  62. 298 trilion kamu ingat cukup untuk dana beli fremm dan rafale..? Memang TNI tiada pembelian atau pembayaran lain untuk operasi organisasi...?

    Semakin aneh kamu... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 300 Trilliun itu atau sekitar 20B Dollar diluar Belanja militer dari APBN.

      Kok kamu yang lebih paham?

      Hapus
    2. Gempur orang indo yg nyamar jelas dia lebih faham tentang indo

      Hapus
  63. 36 Rafale : USD 7B
    36 F15EX : USD 5B
    Total : 12B sedangkan anggaran yang didapat Kemhan untuk beli alutsista adalah USD 20,7 Billion Wkwkwkwkw


    BalasHapus
  64. Bro budget pertahanan bukan hanya untuk beli aset saja ya tapi perjalanan organisasi seperti gaji, perawatan dan sebagainya...


    Ka kamu sangka budget tu hanya buat beli aset baru..? Wkwkwkkwwkwk


    Apa ni woi.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lahh, udah dibilang APBN buat pertahanan itu 130 Trilliun setiap tahun.
      20B itu murni untuk pembelian senjata.

      Ngerti tidak?
      Sudah bodoh, ngeyel pula

      Hapus
  65. Beli aset pun NGUTANG tu maksudnya banyak duit..? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  66. Apa pembelian atau pembayaran lain untuk operasi organisasi...? TOLOL! pembelian atau pembayaran lain untuk operasi organisasi TNI itu ditanggung oleh anggaran pertahanan setiap tahun TOLONG bedakan Anggaran pertahanan dan anggaran yang secara khusus disediakan untuk membeli alutsista Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  67. Wkwkwkwkkwkw.... Bila di minta bukti pembayaran rafale geng INDON ubah topik guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempurwira.
      Kita tunggu saja ya sama-sama.
      Untuk pembiayaan nya adalah 20 Billion Dollar di luar APBN 130 Trilliun rupiah setiap tahun.

      Hapus
    2. Masih Innitial contract gempork idiot..
      Masih bahas Tot dengan pihak rafale

      Belum ada pembayaran nanti bayar DP baru jadi Effective contract.

      Bebal nya kau gempork

      Hapus
    3. Minta bukti pembayaran..emang elo siapa...emang ada vanci kaleng jualan alusista..myg ada ente puur jualan alusista ente ke bangla...
      Kalo GILA sendirian aja puur nggak usah bikin jelek.image warga malon yg lain yg udah terpuruk...ente merepet kayak kaleng rombeng disini percuma....urusan kita tetap jalan sampe berbuih ente nggak sda artinya puuur...sok kritis negara orang...malon longor ente...
      ๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ–

      Hapus
  68. Padahal jelas wang muka belum dibayar malah masih dirunding... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  69. Kalau ada wang mustahil Kfx Tu pun NUNGGAK BAYARAN ya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚
      Jangan panas Pur.

      Mana bukti kami dikeluarkan dari program KFX/IFX?
      Kemarin bukannya ada berita kalau kesepakatan nya dilanjutkan?
      Ga baca?

      Hapus
  70. Pur

    Bedakan anggaran pertahanan dengan anggaran khusus untuk belanja Militer

    Seluruh biaya untuk Gaji/Tunjangan pembayaran operasi TNI itu ditanggung Sebanyak 60 % dari anggaran pertahanan pertahun misalnya anggaran pertahanan 2021

    Sedangkan anggaran USD 20, 7 billion yang khusus untuk beli alutsista ini merupakan Hasil dari pengajuan oleh Kemhan untuk belanja Militer 2020-2024 kamu ingat tak Prabowo ajukan anggaran 298 triliun dulu nah Sekarang yang diajukan Prabowo tersebut disetujui oleh Bappenas Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  71. Kalau contoh budget pertahanan 1 billio n... Kamu sangka 1 billion tu untuk beli aset je..? Dari dana itu dipecahkan kepada buat bayar gaji, pembangunan, perjalanan operasi organisasi, perawatan aset dan sebagainya....

    Kamu faham ke tidak ni...? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih juga ngeyel.
      Anggaran 20 B itu di luar dari anggaran militer RI setiap tahun sekitar 10 B Dollar.

      Hapus
    2. Ini bukan anggaran pertahanan tahunan
      Yg buat bayar gaji, latihan, perawatan, dll.
      Gempork idiot.

      Ini anggaran khusus untuk beli senjata.. Di luar anggaran pertahanan paham tak kau.

      Kalau tak paham ya bebal x kau.

      Hapus
  72. Tu bayar dulu RS yang NUNGGAK BAYARAN... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kan mulai alihkan pembahasan.
      ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

      Gempurwira, kondisi Covid di RI sama kalian itu beda tipis.
      Apa kabar lockdown sampai Agustus?


      Jangan merasa di atas.

      Hapus
  73. Nah ini yang saya maksud Prabowo mengajukan anggaran 296 Triliun diluar anggaran pertahanan untuk belanja Militer dan sekarang anggaran yang diajukan Prabowo tersebut disetujui oleh Bappenas untuk membeli alutsista




    https://kumparan.com/kumparanbisnis/prabowo-ajukan-utang-luar-negeri-rp-296-triliun-untuk-beli-jet-tempur-dan-kapal-1u9G5HvrWcN

    BalasHapus
  74. Malah baru LOI geng INDON Sudah klaim beli.... Buat MALU je... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  75. Malah siap klaim ada dananya konon.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 20 B itu lah untuk pembayaran list persenjataan yang dibeli; FREMM, Rafale.

      Kenapa sih? Kepanasan liat tetangga?
      LCA apa kabar pur?
      LCS?
      MRSS?

      Hapus
  76. Pemerintah Nunggak Bayar Perawatan Pasien Covid di RS dan Hotel?


    Beredar kabar pemerintah saat ini berhutang alias nunggak pembayaran kepada ratusan rumah sakit di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan hutang itu disebut-sebut mencapai angka Rp1 triliun.

    Sekretaris Jenderal Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), Ichsan Hanafi membenarkan hal itu. Dikatakannya pemerintah belum membayar tagihan rumah sakit dari November 2020. Angka Rp1 triliun ini merupakan utang untuk klaim tagihan periode November hingga Desember 2020.

    "Ada ratusan rumah sakit yang memang belum dibayarkan oleh pemerintah dan hingga saat ini terus berjalan," kata Ichsan Hanafi, kepada media Kamis 17 Juni 2021.

    Namun Ichsan tidak menyampaikan angka detil ratusan rumah sakit yang dimaksudkan dan total tunggakan yang sebenarnya. Selain nunggak pembayaran di rumah sakit, pemerintah juga disebut punya utang di beberapa hotel yang dimanfaatkan untuk mengisolasi warga yang terpapar covid-19.



    Link
    https://www.ngopibareng.id/read/pemerintah-nunggak-bayar-perawatan-pasien-covid-di-rs-dan-hotel

    BalasHapus
  77. Anggaran pertahanan pertahun yang digunakan untuk Gaji/tunjangan prajurit TNI dll itu ditanggung oleh anggaran pertahanan Contoh anggaran pertahanan 2021 adalah 136 Triliun rupiah maka Anggaran tersebut untuk membiayai gaji/tunjangan prajurit TNI dan lain-lain sedangkan Anggaran 298 Triliun yang diajukan oleh Prabowo itu untuk Belanja alutsista Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang banyak wang hingga pecahkan anggaran kepada 2... Beli aset dengan nilai yang sangat besar dalam masa yang sama ada budget lain lagi untuk bayaran gaji, perjalanann organisasi, perawatan....

      Bro fikir logik saja... Beli aset pun NGUTANG... memmang INDON punya wang sebesar itu...?


      Bangun woi.... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. IRI lah tu anggaran untuk gaji prajurit dipisahkan dengan anggaran khusus beli alutsista Wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Paham tidak?
      10 B pertahun itu dari APBN. Ini untung belanja rutin TNI, seperti latihan, biaya operasi, perawatan.
      20 B itu untuk percepatan pembentukan postur TNI 2021-2024. Ini murni untuk pembelian senjata.

      Hapus
    4. Gempur gk mau terima keadaan Indonesia baru.hahaaa produk militer daru negara maju sudah berlomba lomba kerja sama dgn Indonesia...pokoknya di Indonesia jgn ada lms yg cepat reput ..hahaa

      Hapus
  78. Nah buktinya NUNGGAK BAYARAN RS dan Hotel.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kan..
      Menangis ga terima kalah ya begini kelakuannya.
      Masih mending Mat Sabun, walau sama-sama ada miring nya sedikit.

      Hapus
  79. Dah ganti TOPIK guys Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  80. Asik gempur kalah debat Ganti TOPIK Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  81. Wkwkwkwwkwkwk.... Tak payah bual jauh kalim sana sini.... Tu RS dan HOTEL pun NUNGGAK BAYARAN ya....

    Bukti banyak wang... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pur, punya no WA tak? Coba minta no wa kamu pur.

      Hapus
  82. Balasan
    1. Tulisannya sih seakan tertawa.
      Tapi konteks dari seluruh pernyataannya jelas orang ini iri, kepanasan, sedih karena ga mampu. Tapi ga bisa berbuat apa-apa.

      LCA bagaimana Pur kabarnya? Dari saya 2019 ini tender ga juga selesai.

      Hapus
  83. Rupanya anggaran yang diajukan Prabowo untuk beli alutsista disetujui oleh Bappenas malah ditambah 2 Triliun guys yang dari semulanya cuma 296 Triliun ditambah 2 Triliun menjadi 298 Triliun maknanya pemerintah mendukung modernisasi Alutsista TNI Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  84. Lampu merah untuk Rupih dan ekonomi Indonesia .. apakah krisis financial yang lebih buruh dari krisis 1997/98 akan terjadi lagi di tahun 2022 ini ...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Source: Sindonews
    --------------
    JAKARTA - Nilai tukar rupiah kemungkinan masih dibayangi tekanan pelemahan terhadap dolar AS di akhir tahun ini ke level p 20,000. Pengamat Pasar Keuangan Ariston Tjendra mengatakan pelaku pasar mewaspadai data tenaga kerja AS yang akan dirilis Jumat malam pekan ini.

    "Data yang lebih bagus dari ekspektasi bisa mendorong penguatan dolar lebih lanjut karena ekpektasi pengetatan moneter AS," kata Ariston di Jakarta, Selasa (29/6/2021).

    Seperti diketahui, Bank Sentral AS mempertimbangkan perkembangan dua data ekonomi untuk menentukan kebijakan moneter ke depan yaitu data inflasi dan tenaga kerja. Data inflasi AS sudah menunjukan kenaikan melebihi target 2%. Dan bila data tenaga kerja juga terlihat menunjukkan perbaikan yang signifikan. Pasar akan berekspektasi pengetatan moneter AS sudah dekat. Dan ini bisa mendorong penguatan dollar AS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa lagi PAJAK tu saja sudah jelas sebelah ada masalah kewangan...

      Hapus
    2. Macam di MALON mayat pun dikenakan pajak Wkwkwkwkw

      Hapus
  85. Malah di klaim yang masih LOI dikatanya sydah beli... Nah pembual kalau begitu....

    Reka reka cerita ya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan Desember dah Efektif Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Kenapa sibuk sama mainan tetangga?
      Kabar LCA gimana Pur?
      Tender itu lebih bagus ya daripada tetangga yang sudah kontrak awal?

      Gitu logikanya Pur?

      Hapus
    3. Masih tender claim dah beli wkwkwk

      Hapus
    4. Malon Masih tender belum di umumkan pemenang..
      Tetapi merasa sudah punya FA 50

      Mimpi Halu.. Wkwkwkwk

      Indo, pinoy, Thai yg sudah punya FA 50 pun tertawa.. Hhaaahahhhha

      Hapus
  86. *Mutiara Pagi*๐ŸŒน


    "Hati yang bersih akan bisa melihat kebaikan orang lain yang tidak terlihat sekalipun, dan hati yang kotor akan mudah melihat keburukkan orang lain yang tidak pernah ada.

    Orang lain adalah cermin bagi hati mu, jika hati mu selalu melihat keburukkan orang lain yang tidak terlihat oleh mata mu itu artinya hati mu kotor.

    Dan jika hati mu selalu melihat kebaikan orang lain yang tidak terlihat oleh mata anda itulah tanda kebersihan hati mu."๐Ÿค


    ✍๐ŸปUstad Didi Majlengka

    BalasHapus
  87. Alman Helvas
    @AHelvas
    ·
    7j
    It's expected Indonesia will acquire military aircraft before 2024. Indonesia has to spend Ministry of Finance's PSP for LIFT aircraft. If nothing change, South Korea may supply another T-50 LIFT aircraft for Indonesia. It's not clear yet whether it will equip with radar or not.

    Pur, ini sumber kesukaanmu.
    Loh gimana ini Pur? Kalian yang konon mau beli FA-50 kok kami yang dapat?
    Loh? Loh??
    ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Panas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kami mau kayak model-model kamu ini ya, ga liat sumber sahih. Misalnya dari website produsen langsung atau pemerintah yang jadi produsen. Berita dari situs resmi baik bahasa Indonesia maupun Inggris.

      Ikutin gayamu yang sembarang ambil sumber, aduh bisa terheran-heran dirimu. Kabar di twitter, FB, Instagram seputar pembelian alutsista TNI banyak sekali.

      Hapus
  88. Tips untuk pacar atau istri anda .. agar lebih asyik ...
    Source: https://lifestyle.sindonews.com/read/468946/155/7-makanan-ini-bantu-vagina-harum-sepanjang-waktu-dan-sehat-1624899960
    ----------------
    7 Makanan Ini Bantu Vagina Harum Sepanjang Waktu dan Sehat

    JAKARTA - Sejumlah makanan dipercaya bisa membantu vagina menjadi harum. Namun, makanan tidak hanya akan mengubah bau vagina, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan vagina secara keseluruhan.

    Seperti diketahui, vagina memiliki baunya sendiri. Namun terkadang, vagina bisa menjadi berbau amis. Ini dapat terjadi karena penyebab seperti infeksi, perubahan hormonal, atau kebersihan yang buruk.

    Vagina yang sehat berbau sedikit funky dan baunya juga berubah. Jika khawatir dengan bau vagina, perlu diketahui baunya persis seperti yang Anda konsumsi. Ada beberapa makanan alami yang bisa dimakan untuk aroma vagina yang lebih baik.

    Terlebih lagi, makanan tersebut dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH vagina dan menjaganya tetap sehat. Berikut ulasannya dilansir dari Healthshots, Senin (28/6).

    BalasHapus
  89. RENUNGAN DAN TAFAKUR DIRI

    _oleh: Muchamat Zusuf, dtpeduli Kuningan_

    Beberapa pekan terakhir Media Sosial isinya nasihat. Mulai dari covid19, meskipun sudah dari maret 2020 sampai hari ini juni 29, berita kematian dan pemakaman. Adalah nasihat dan sapaan dari Allah untuk kita yang masih diberi nafas

    Ini merupakan tanda Allah ingin menyapa kita, karena kita lupa tidak menyapa Dia. Akhirnya ia menyapa kita dengan cara Nya sebagai tanda bahwa Ia ada dan Kuasa, sesuai kehendakNya.

    Malam tadi, senin 28 juni 2021 pukul 19.30 seorang sahabat mengabarkan bahwa ia _"sahabat lama ku tlah tiada"_ rasanya terpukul dan sakit, ini merupakan alarm dari Allah bahwa Aku melalaikannya, trlena dg hiruk pikuk dunia dan lupa kapan pulang esok.

    Ia orang baik, tidak neko², dan smenjak kenal ramah dan rajin ibadah.. inshaAllah husnul khotimah

    Bagiku, kejadian ini menguatkan keyakinanku padaNya. Kita hanya bersiap dan mempersiapkan voucher undanganNya, dan apa yg harus dibawa, cukupkah, pantaskah, lalu mau apa lagi?

    Semoga kita termasuk manusia yg bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian dan kuasa Allah, _Allahu yarham..._

    _Terimakasih tlah meluangkan waktu, semoga *kita dan Keluarga* selalu dikaruniakan sehat selalu dan semakin disayang Allah Aamiin..._*๐Ÿคฒ๐Ÿป

    BalasHapus
  90. Logika gempur Amerika pajak besar karena banyak hutang ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ,pajak besar menguntungkan penjual makanya perusahaan dunia pasti punya pasar di Amerika,Jepang,China plus karyawan mereka jumlahnya banyak dan gajinya tinggi๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  91. USD 1 = Rp 20,000 .. maka tamatlah Indon selamanya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin??? Kadrun membual ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. 20 Rupiah?
      Belajar lagi ya dek cara menulis yang benar dan baku.
      Rp20.000,00

      Hapus
    3. Beritanya dari koran Radar Petamburan wkwkwk

      Hapus
    4. Hehehehehe .... Ini Indon betul-betul "Hidup dalam Tempurung" .. sama skali X tahu cara penulisan angka menurut standadr Inggris atau Amerika ...

      Hapus
    5. Kayak gini drun 0,5 sama dengan 1/2๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    6. Unknown ini bkn orang malon,tata bahasanya tdk menunjukkan orang malon wkwkwk

      Hapus
    7. HEHEHEHEHHEEE
      Unknown ini bodoh betul, kalau konteksnya rupiah, maka gunakan standar penulisan sesuai bahasa Indonesia.

      Sudah bodoh, ngeyel pula
      Kalau pakai standar Amerika
      Contohnya $20,000.00 atau 20,000 USD
      Biar konsisten
      1 USD = 20.000 rupiah
      Atau
      $1= Rp20.000, 00

      Hapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Mayat baru meninggalkan pun di malon kena cukai wkwkwk...kesian

    BalasHapus
  94. Woow ... Ternyata lagu Rasa Sayange juga dilarang diputar di Indonesia .. mungkin Indon sedar bahwa ini sesungguhnya adalah lagu asli Malaysia ...
    -----------
    42 Lagu yang Dilarang KPI Diputar di Radio

    JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang 42 lagu diputar di seluruh radio Indonesia sebelum pukul 22.00 WIB lantaran bermuatan kasar dan asusila . Larangan tersebut secara resmi dikeluarkan lewat surat edaran.

    Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti menjelaskan bahwa 42 lagu itu harus melewati proses perbaikan jika ingin diputar di radio. Ini karena liriknya dianggap tidak sesuai dengan norma-norma di Indonesia untuk didengarkan generasi muda.

    "Kalaupun lagu itu mau ditayangkan atau diputar, itu harus ada versi edit liriknya yang harus disiarkan," kata Mimah Susanti, Senin, (28/6).

    BalasHapus
  95. Ormas real madrid tanpa habib ronaldo bisa apa ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  96. Masih tender je pun malon claim dah beli wkwkwk ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  97. Ormas Real Madrid tanpa habib Ronaldo yang sudah ditangkap cuma jadi sekumpulan sampah๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  98. Gepuur waria banci kaleng nggak terima dan tak sudi INDONESIA beli.RAFALE...sebab anggapannya cuma.malon yg boleh beli tp seribu sayang sekarang cm.mampu berharap JF 17.itupun msh tak.mampu beli juga....makanya kalo ada berita soal RAFALE langsung kambuh penyakit GILA dan AYAN nya....blm.lg hatinnya penuh IRI dan DENGKI....ati2 kena covid puur.kalo.hati selalu kotor

    BalasHapus
  99. kacian little bird sampai agostos tahun depan pon tak bakalan datang ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  100. Ternyata Kami 1,000 langkah lebih maju daripada Indon ... X heran jika disebut Negara Maju saat ini ...
    ------------------
    KUALA LUMPUR, June 15 — Prime Minister Tan Sri Muhyiddin Yassin today introduced a four-phase National Recovery Plan with three specific threshold indicators that will decide if and when Covid-19 pandemic restrictions are lifted in stages.
    Each of these phases, Muhyiddin said, will be based on thresholds that will look at the daily Covid-19 case average numbers, the capacity of the public health system, and the vaccination rate of the general population.
    “This phased approach begins with Phase One which is the implementation of a nationwide movement control order that is in effect now with Covid-19 cases numbers that are still high, the public health system which is at a critical level, and a vaccination rate which is still low,” he said during a speech broadcast over national television this evening.
    Muhyiddin said each phase will see more restrictions towards economic activities and the social sector ease up as each of these thresholds reach a more satisfactory level, with the fourth and final phase expected to be imposed only towards the end of the year.

    Be sure to restore the vaccine as soon as possible and popularize science, so that we can reduce the reduction of cases and the safety of others. I strongly support this item.

    BalasHapus
  101. apa yg ditulis om dALEMAN, hampir mirip ama yg guwe tulis bbrp bulan laluw...

    orang kita(netijen red) cuman tau beli pespur dan bikin pespur(KFX/IFX), trus dapet TETETOET.
    tapi yg dimaksud TETETOETnya sendiri..blenk haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    abis ntuw berharap bisa bikin 100 sendiri luar dalam..hadauuehh haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    hal yg sama terjadi pada pembelian alutsista laen, cem kaprang, tank, kasel..dll.

    bukan apa2 gaesz, yg namanya bikin pesawat betul ada hak cipta disain. namun hak cipta tersebut tidak mencakup peralatan laen yg "ada" didalamnya. seperti sistem elektronik ato malah persenjataan.

    contoh pespur. jika kita membuat pesawat..pespur ato non pespur. kita mungkin bisa mengkopi bikin platform pesawatnya atas dasar TETETOET yg diturunkan dari produsen dan negaranya,
    namun ketika kita bikin sendiri maka ijin pemakaian peralatan laennya ituw sendiri2, sebab vendornya beda2.
    jadi klo mao bikin 1 unit pesawat harus ijin satu2 ke yg punya vendor/pembuat yg masing2 punya hak cipta...oleh kerna ituw perna guwe sebut, mencapai TETETOET 100% ituw mustahil.
    uda bagus dikasi tau cara bikin platform dan integrasi elektronik. mao minta macem2,waoo harus bayar lebih ama ituw jugak kalo vendornya mao haha!๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
    kerna ILMU ituw nyawa men, akan dipegang ampe koit. cara laen yaaa ilmu SEPANYOL(separo nyolong ahaay)

    BalasHapus
    Balasan
    1. repisi,
      kerna ILMU ituw nyawa dan "duwit" men, akan dipegang ampe koit. cara laen yaaa ilmu SEPANYOL(separo nyolong ahaay)

      makanya ceo negeri ini perna negur pt pal, jgn platform2 lagi. knp?
      bosen gaez, skali2 hrs punya kaprang yg bodi ama jeroannya py sendiri. kecil tak masalah, yg penting rupiah ke rupiah, tp ekspornya dolarlah haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      Hapus
  102. Terbukti .. Penrapan hukum syariah .. Malaysia jelas lebih unggul daripada Indon ..

    https://www.youtube.com/watch?v=LGSztKhH-VY

    BalasHapus
  103. makanya wkt orang2 sebut kita TETETOET kasel CBG ituw salah, kudu langsung ama mbahnya di jermin..

    Eeeitt ntar dolo, pabrikan jerman TKMS jugak gak sama2 gak pegang hak cipta mesin, elektronik, radar, senjata ama batere...jadi sama aja ama DSMR-koryo...jd apa masalah? haha!๐Ÿคจ๐Ÿคจ๐Ÿคจ
    disain? klo ukuran beda..gak jadi masalah..contoh LPD kita SSV..koryo mana bisa tuntut haki..begithcu haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

    makanya klo cuman cari ilmu berdasar gengsi, waaww makan tuw gengsi haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    kita kerjasama ama koryo kerna, satu..dulu jermin susa bagi2 TETETOET. kedua, ingsinyur koryo berhasil nyolong dan bersedia bagi2, "katanya"..ntah berapa persen yg dibagi pokonya dapetlah kite haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    namun ilmu ituw gak bisa didapat hanya dari satu dua, buktinya koryo tetep ambil disain laen kasel jermin..yaitu tadi..utk dicolong lagi gaesz haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang berpikir dapat ToT langsung bisa buat... Padahal ya bertahap.

      Koryo juga perlu 15 tahun dalam membuat KS sendiri
      Bukan langsung dapat ToT dari Jerman langsung bisa.

      ToT juga cakupannya luas.

      Hapus
  104. @Unknown
    Mana ada lagu Rasa Sayange ciptaan Malingsial...wakakakak dont claim lah negara miskin budaya....Lagu Kebangsaan Negaraku juga plagiat dari lagu Terang Bulan....wkwkwkw

    BalasHapus
  105. *Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh*

    *๐Ÿ”ธ BAPAK-IBU YUK MARI KITA BER DO'A DAHULU SEJENAK๐Ÿ”ธ*


    *A'udzubillaahi minasysyaithoonirrajiim*

    *Bismillahirrahmaanirrahiim*

    Allaahumma shollii wa sallim 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa Alihi washohbihi ajma'iin.
    Aamiin.

    Ya ALLAH,
    Ya TUHAN Kami,
    Yang Maha Pengasih dan
    Maha Penyayang,

    Yang memberi ketentraman dan kebahagiaan dalam hati kami...

    Di tengah situasi mencekam ini, karena adanya Wabah Virus Corona yg semakin meningkat.

    Kami bersimpuh di hadapan-Mu
    memohon ampun atas dosa2 dan kekhilafan kami

    Kami lemah tak berdaya
    sedang Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

    Kami tidak mampu mengusir dan membasmi virus Corona dari muka Bumi ini
    tanpa campur tangan-Mu, ya Allah...

    Lindungilah kami dan jagalah kami , Istri kami/suami kami, anak-anak dan cucu2 kami, orang tua kami,
    sanak saudara kami,
    sahabat2 kami juga
    keluarga sahabat2 kami,
    tetangga kami, dan
    Seluruh penduduk bumi ini
    Engkaulah,sesungguhnya pelindung yg terbaik dalam kehidupan kami. Dan semoga Engkau tetap menjaga dan melindungi
    Para Dokter,
    Para Perawat, para tenaga medis lainnya, termasuk Para Petugas Keamanan..
    serta mereka yang ikhlas dan peduli membantu merawat yang sedang sakit..

    Ya Allah,...
    Pemilik Kehidupan Jagat Raya ini...
    Yang meniupkan kehidupan atas diri kami,

    Yang menguasai ubun2, Nafas dan detak jantung kami...

    Kami mohon
    buanglah dan musnahkanlah dan kembalikan anvirus corona yang mematikan ini,ke alam dunianya dari Bumi-MU ini...

    Sebab atas izinMu jua kami "Haqqul Yaqqin" wabah virus ini akan berakhir.....
    Aamiin ๐Ÿคฒ๐Ÿผ๐Ÿคฒ๐Ÿป๐Ÿคฒ๐Ÿป

    Sekali lagi Yaa Allah.
    Jauhkan dan
    kembalikanlah ke asalnya Virus ini Yaa Allah Yang Maha Kuasa atas Segala Sesuatu... lepaskan Kesulitan Kami semua....
    *BACA DO'A* ๐Ÿ‘‡๐Ÿผ 3 x
    *Bismillaahilladzii laa yadhurru ma'asmiihi syai'un fil ardhi walaa fissamaa' wahuwassamii'ul 'aliim*

    Artinya : Dengan nama Allah - bila nama - Nya disebut maka segala sesuatu di bumi dan langit tdk akan berbahaya, Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

    Ya Allah Kabulkanlah do'a kami ini...
    Aamiin3x... Yaa Robbal'aalamiin๐Ÿคฒ

    *Jika Anda berkenan, silakan bantu meneruskan doa ini, ke grup lain, karena Kita tdk pernah tahu melalui lidah dan tangan Siapa yang di Kehendaki Allah. Allah akan mengabulkan Doa diantara Kita. Semoga atas ijin- Nya Doa ini menjadi salah satu sebab segera berakhirnya Wabah Corona di Bumi ALLAH ini Aamiin-aamiin Yaa Allah...yaa Mujiibas-Saailiin*๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿป๐Ÿคฒ๐Ÿป
    *Wassalam*

    BalasHapus