13 Desember 2021

Black Hawk Training in Brunei for PAF Launched

13 Desember 2021

The Black Hawk simulator at CAE Brunei Multi-Purpose Training Centre (MPTC) has been formally certified by the EASA (photo : Brunei Today)

Bandar Seri Begawan, 03 December 2021 – The S-70i Black Hawk flight simulator training for pilots of the Philippine Air Force (PAF) was launched today at the Canadian Aviation Electronics (CAE) Brunei Multi-Purpose Training Centre (BMPTC).

The launching ceremony for the training was attended by ChargΓ© d’Affaires (CDA) of the Philippine Embassy Minister Pete Raymond V. Delfin, Philippine Defense and Armed Forces AttachΓ© Colonel Angelo Gerard P. Ariles, RBAirF Ops Group Commander Colonel (U) Hismawadi Bin Hj Mohammad Said, Lt. Col (U) Muhammad Walee Bin Hj Roslie and CAE-BMPTC General Manager Mr. Rozman Junaidi.

During the simple ceremony, Colonel Said welcomed the Philippine Air Force pilots and expressed the continued support of the Royal Brunei Armed Forces, the Royal Brunei Air Force in particular, for future collaborative trainings.

CAE Brunei Multi-Purpose Training Centre (BMPTC) as well as the CAE 3000 Series S-70i simulator (photos : PH Embassy in Brunei)

“The Philippine Government conveys its deepest appreciation to His Majesty the Sultan and the Ministry of Defence of Brunei Darussalam for its continuing active engagement and valuable contribution to the Armed Forces of the Philippines,” said CDA Pete Delfin.

“This is a milestone in our bilateral defense relations with Brunei. Notwithstanding the strong and dynamic defense cooperation between our countries, the program represents a practical option for S-70i Black Hawk training as PAF pilots need not proceed to outside the ASEAN region. It opens up more opportunities for PAF pilots and allows greater interaction and exchanges between our Armed Forces.” the ChargΓ© d’Affaires added.

An agreement was inked earlier this year between the PAF and the Royal Brunei Air Force (RBAirF), as part of the continuing implementation of a bilateral MOU on Defense Cooperation signed in 2001.

“The Royal Brunei Air Force will continue to be a strong partner of the Philippine Air Force in its quest for the continued modernization of its air Service, in the future we would be willing to welcome your pilots as well as other personnel involved in the operation of the S-70i Black Hawk aircrafts for collaborative efforts in sharing our experiences with the said aircraft,” said Brigadier General (U) Dato Seri Pahlawan Mohd Sharif bin Dato Paduka Haji Ibrahim, Commander of Royal Brunei Air Force.

CDA Pete Delfin also conveyed his appreciation to Dato Sharif for the valuable assistance of providing the Instructor Pilots for the PAF trainees as well as the opportunity to share the “best practices” in the utilization and maintenance of the S-70i Black Hawk aircrafts.

The first batch of Philippine Air Force arrived at Brunei from Manila on 08 November 2021, and underwent the mandatory seven-day quarantine as the health-related arrival protocol being already fully-vaccinated upon entering the sultanate. The said Flight Simulator Training will be done in six (6) batches that start 16 November and will conclude on 27 December 2021. The training of the PAF pilots in Brunei is not only cost effective due to the proximity of the sultanate, but also a good demonstration of good regional partnership with a fellow ASEAN member state. Under a multi-year contract, subsequent batches of PAF pilots will participate in the program in the next few years.

As part of the Armed Forces of the Philippines’ Modernization Program, the Philippine Air Force has been continuing to acquire S-70i Black Hawk combat utility helicopters (CUH) that can be rapidly configured and deployed to perform various military and humanitarian missions

"We are pleased to welcome the Philippine Air Force to CAE-BMPTC,” said Mr. Junaidi. “The Royal Brunei Air Force has established with us a comprehensive S-70i program that enables simulation-based training to enhance safety, efficiency and aircrew readiness.”

The Black Hawk training facility in Brunei was established as a joint venture of Canadian Aviation Electronics Ltd. of Canada and the Ministry of Finance and Economy (MOFE) of Brunei Darussalam.

The CAE 3000 Series S-70i simulator located at CAE-BMPTC provides an immersive experience for the full range of pilot training requirements for the S-70i Black Hawk. The simulator offers a direct projection 12-foot dome display and high-fidelity CAE image generator to provide an extreme field-of-view visual system, delivering a highly realistic synthetic environment.

It also features chin window coverage, high resolution projectors, support for night vision goggle (NVG) flying, full six degree-of-freedom (DOF) electric motion system and a three-DOF vibration system to provide realistic cues to the pilots. The simulator is equivalent to a U.S. Federal Aviation Administration (FAA) Level D standard, the highest qualification for flight simulators.

The CAE 3000 Series S-70i simulator can be used for a range of mission training and rehearsal, including search and rescue, firefighting, NVG flying, formation flight, winching and stretcher lift, mountain flying, shipboard landings, oil rig platform landing, over water flight, and special missions.

(PH Embassy in Brunei)

211 komentar:

  1. Nah Brunei ini memang saudara kita yg baik!

    Tahniah!
    Brunei-Philipine-Sulu πŸ’ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Kerajaan yg sebenarnya!
      - Takde pajak
      - Semua free
      - Semua disubsidi

      Hidup makmur dijamin kerajaan. Rakyat diam, wajar.
      Kalo protes, ya kurang ajar!

      Nah, ada sebuah kerajaan....tapi rakyatnya kena pajak, kena covid, hidup susah, ekonomi menguncup.

      Korupsi-kroni merata-rata.
      Tapi, rakyat diam.
      😷😷😷

      Hapus
    2. ada kerajaan sebelah om rbl, bebas fisank haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Lagi hebat sewa helikopter dengan LAOS.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ni woii...malon BUAL DAN LAWAK lagi guyss...BWHAA...HAHAHA...HA

      Hapus
    2. HAHAHAHAHHAHAAHA
      APA KABAR MALON SEWA HELIKOPTER KE INDONESIA? UNTUK MILITER PUN SEWA!
      MAKANYA BEDAKAN SEWA KEPERLUAN SIPIL DAN MILITER. BNPB ITU SIPIL.

      HELI TELUR
      KECIL
      MURAH
      BASIC
      JANGAN LUPA...

      DELAY!!
      NGOAHAHAHHAHAA
      DELAY DELAY

      Hapus
    3. Yang sewa sipil bukan tentera gembul lawak bisanya cuma bual je kah.... kah.... kah.....

      Hapus
    4. Istrinya gempurgila pon sewa...
      Rumah sewa...miskin
      πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Pur loe sehat Jasmani dan Rohani tak .. Kalau Sehat tak mungkin loe Bodoh sangat seperti πŸ’πŸ–

      Hapus
  4. Lagi2 malon hanya bisa BUAL DAN LAWAK guyss...BWHAA...HAHAHA...HA

    BalasHapus
  5. Kenapa selalu tajuknya heli terus, jadinya ingat heli telur 40 minit yang tak datang2 kah... kah... kah.....

    BalasHapus
  6. Bgmn tu kabar brunai nak derma blekhok kat kl ?
    Batal ke ?
    Tanya kenapa ?
    Tiada bajet pemeliharaan....
    😁😁😁

    BalasHapus
  7. Manakala military sebelah yang konon paling kaya ternyata sewa Hely guys, lawak menggerunkan sekawasan wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa kalah sama pilip sama brunei mereka punya blekhok.....malon cma heli telur doang xaxaaxa

      Hapus
  8. Heli MD oh Heli MD kapan kau nak datang? Ogos oh ogos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heli siap.....heli siap...siap potonya helinya dtngnya ntah kpn xaxaxaxaxxa

      Hapus
  9. Manakala BUAL DAN LAWAK menjadi LETHAL WEAPON negri malon guyss...BWHAA...HAHAHA...HA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxxa heli telur konon ad yg namanya pake wira wira gtu ngimong heli telur setara apache xaxxaxa bikin ketawa....maksa bgt bandingin ma apache

      Hapus
  10. Lebih gahar helikopter telur dan kecil 40 menit. Selain murah, comel, basic, untuk sipil, lebih penting helikopternya delay!
    Ngoahahahahhahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya heli telur tu versi militer....katanya sih....tpi kenyataanya versi sipil xaxaxx d ambil dr gurun arizona d cat lagi d kasih centelan doang tpi gk bisa d isi peluru xaxxxa

      Ad yg bilang heli telur setara sama apache xaxaxaxxa setara drmn bentuk, spek, berat, senjata aj uda beda xaxxx

      Ad yg seneng bener dot potonya pdhl tu heli katanya mau d kirim th 2022 iya klo d kirim xaxxaxa

      Hapus
    2. Beneran itu ada yang klaim setara Apache? Buset, muka badak benar.
      Ampun dah kelakuan warganyet sebelah.

      Makanya dia ga berani lagi cuap ayat heli comel, karena delay terus. Tkai dibully

      NGOAHAHAHAHHAHA HAA
      HELI COMEL, MURAH, DELAY
      BUDGET CIPUT

      Hapus
  11. Barang bagus apapun pasti jadi sampah kalau yang pakai malon, mereka hanya beli sekali pakai rusak tinggal buang tapi tak ada penggantinya kah.... kah.... kah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana bisa malon maintenance....tank scorpion rusak.....hawk, mig, hornet grounded..kapal mangkrak xaxaxaxxa

      Hapus
    2. Karena malon bodoh, tidak mampu merawat

      Hapus
  12. MD 530 G = MALON DONGOnya 530 GOBLOK bgt xaxaxaxaxx....pas tu singkatanya sama heli telur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon hanya bisa bual cuma modal poto bro tapi gayanya sudah seperti heli dah datang kah... kah... kah....

      Hapus
  13. Malon kok latihan heli sipil di arizona selama 5 th ya ?
    Malon memang beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya itu bro sangat mencurigakan....masa latian heli telur gtu sampe 6 th lbh aneh kan xaxaxaxa....katanya si wira banci tu....

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Malah merangkap nguli jadi OB di pabriknya heli itu, cari Wang tambahan πŸ˜€ sebab Wang saku banyak di potong orang atas.


      Ngoahahahahahaaa πŸ˜€

      Hapus
  14. Semenjak bajet ciput..
    Tentara malay mulai cari rasuah dari maintenance.

    Sejak saat itu dephan malay milih jalan MENYEWA, kerana menyewa tidak bayar maintenance

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih praktis bagi ATM sebab kekurangan sumber daya manusia plus bajet kedekut πŸ˜€

      Hapus
  15. Di artikel sebelah ada orang ngamuk2 nggak jelas sampai nyebut2 warisan dan ortu segala.

    Lha ide untuk mendatangkan rejeki bagi masyarakat dan negara kok ditentang.

    Jangan2 yang ngamuk2 nggak jelas itu jadi beking perusahaan sawit malon yang sering geser2 patok.

    Waduh gimana ya?

    Kapal nggak laku, helikopter nggak laku eh hasil beking sawit juga dipangkas.

    Kayak mana dia nggak ngamuk2 ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin tembok, kemungkinan masyarakat setempat yg tidak mau. Kalau jalan, lebih realistis bisa diterima (masih belum tebtu juga).

      Bagusnya patokannya diubah jadi tower komunikasi saja. Bisa dipakai semua orang di tempat. Bisa mendatangkan devisa dari negara tetangga. Berguna bagi rakyat, LSM dan militer.πŸ˜‹

      Hapus
    2. Nah kayak gini khan enak. Kasih alternatif yang masih masuk akal.

      Nggak kayak orang yang jual kapal itu begitu kapalnya nggak laku langsung ngamuk2 dan membabat semua ide.

      Hapus
    3. Seng Ra masuk akal Ki Kowe tung.........pethuk 😀

      Hapus
    4. Selain secara fisik pakai patok, batas sudah pakai koordinat, kalaupun patok digeser ya koordinat yg tercatat gak bisa diubah

      Hapus
    5. Ribuan kilometer arep dipagari........mabuk jamur tlethong piye koen Ki tung 😏

      Hapus
    6. Pethuk......😀😀😀

      Hapus
  16. Saya menunggu KOMENTAR GEMPORK WARIA MALON..

    TERLIHAT SANGAT TOLOL DAN BODOH ORANG MALON.

    ORANG MISKIN TAPI CAKAP KAYA CUMA MALON

    BalasHapus
  17. teringat hibah BLEKHOK brunei dulu ke KL

    gak diambil gaesz. KL sombong bingit haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    coba dulu diambil, ituw simulator bisa diwarisin skalian, mayan kan buat di SEWA-IN haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    untung gak jadi, brunei bisa bantuw filipin

    dan skrg negeri2 yg trima hibah,

    KINI JADI SULTAN HELI

    JOM SHOPPING SOPING TIADA HENTI haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    filipin borong heli
    heli atak
    heli blekhok

    thailan borong heli
    h-225m
    mi-17

    kite borong heli
    SUPER PUMA
    H-225
    bell 412 EPI
    bell 505
    AW 169
    AW 189

    sedangkan KL yg katanya kaya raya,
    ehhh SEWA je..nasibbb haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
  18. https://militermeter.com/amerika-setuju-jual-kapal-perang-senilai-69-milyar-ke-yunani-turki-bisa-meradang/

    BalasHapus
  19. Sewa helikopter negara LAOS Maknanya lebih Miskin dari LAOS la kan....

    Kalau ikut logik geng PEMBUAL.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nur Dafinah
      gowind malaysia masih bertapa dialam.ghaib lagi tu.. tunggu 10 tahun lagi cukup la genap pertapaanya..

      Hapus
  20. 4 helikopter negara LAOS di sewa ya guys... Wkwkkwkwkwkw

    2 helikopter lagi dari US.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kalaupun sewa heli sudah datang tapi malay yg mikin dan hanya membual heli kecikpun tak datang2 padahal heli murah meriah buat usir hama sawit je🀣🀣

      Hapus
  21. Heli kecik malon miskin latihan di tempat permainan anak2 di gamestation or pakai playstation5 je karna tak da wang beli real simulator seperti brunei punya...🀣🀣

    BalasHapus
  22. Wkwkkwkwkw.... Masa negara LAOS lagi kaya dari negara PEMBUAL..?

    BalasHapus
  23. Itu saya belum masuk hal 8 heli EC725 sign 2019 yang dibina menggunakan teknologi GHOIB.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  24. Wah, berarti klo TNI jadi ambil blekok gak perlu beli simulator lagi ya, ke Brunai aja

    BalasHapus
  25. Su35 Saja satu satunya versi GHOIB.... Hingga kini kalis radar, malah kalis tatap mata... Hilang guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  26. Hebat LAOS ya guys dapat memberi sewa 4 helikopter mereka kepada INDON

    BalasHapus
  27. Makin hari, lu makin jelas dungunya lon..

    Wakakakakkkkkka...

    Salam KD LCS MANGKRAK lon

    Jiahahahahahahhahaa

    BalasHapus
  28. Kapal MANGKRAK tapi klaim ONTRACK..

    Qakakakakkakkakakakak...

    BalasHapus
  29. MANGKRAK.

    Tak paham kee lon..?

    Wakakakakkakakakakak

    BalasHapus
  30. Mengapa heli kecik ditangguhkan ?

    Apakah sedang diupgrade yg ke 25X kat Arizona ?

    🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lg di upgrade ke versi ghoib... Tak terlihat mata

      Hapus
  31. 11 Su35 GHOIB..
    8 helikopter EC725 sign 2019 GHOIB
    18 PANDUR 8X8 GHOIB


    Nah...jangan jangan.... Salah koordinat seperti tiang kereta cepat kan guys... WkwkkwkwkwkWkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  32. MD itu cocoknya sbg dukungan udara operasi pasukan khusus, durasi terbang MD sesuai motto pasukan khusus "cepat dan tepat".

    Tidak cocok dipakai menghalau pasukan Sulu, karena mencari spot keberadaan pasukan Sulu bergerilya di hutan dipastikan durasinya lama. UAV MALE yg paling cocok, 24 jam ngeronda pakai FLIR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok atau gak bukan tujuan bro
      Tujuan sesungguhnya adalah komisyen...

      Heli MD bukan keinginan usernya..

      😁😁😁

      Hapus
    2. PUTD ATM Malon sebenarnya menolak tapi di paksa pakai oleh geng politik yg jadi menteri pertahanan

      Ngoahahahahahaaa Kesian dapat versi civil-lis lagi πŸ˜€

      Hapus
  33. Selamat kepada malaysia yg sudah berpuasa tidak belanja militer. Semoga tahun depan bisa mempertahankan kebiasaan puasanya

    BalasHapus
  34. Sewa dari Indonesia guys

    https://www.airspace-review.com/2020/07/24/pt-komala-indonesia-terima-dua-heli-mi-8-untuk-digunakan-di-malaysia/

    BalasHapus
  35. Malon ni dah macam donkey atau monkey, di kasih tau pun masih bebal, kemungkinan gembul ini idiot dasar bangang πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
  36. 6 Tiang Pancang Kereta Cepat Dirobohkan, Kenapa?


    JAKARTA - Terdapat enam pilar tiang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di wilayah DK46, Teluk Jambe, Kabupaten Karawang yang dirobohkan.

    Setelah dirobohkan, akan dibangun ulang untuk diperbaiki posisinya imbas terjadinya pergeseran titik koordinat alignment pier.

    Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Mirza Soraya mengatakan terkait pergeseran pier di DK 46 Karawang, KCIC secara tegas tidak mentolerir kelalaian dalam pengerjaan konstruksi dan mewajibkan kontraktor terkait bertanggung jawab sepenuhnya untuk melakukan rework.

    Alignment pier hanya boleh bergeser minus 20 mm atau 2 cm, sesuai standar perkeretaapian China, yaitu TB 10601 - 2009. Maka dari itu kami meminta kontraktor yang beroperasi di DK46 untuk melakukan rework terhadap pier di titik tersebut, kata Mirza Soraya kepada MNC Portal Indonesia , Minggu (12/12/2021).

    BalasHapus
  37. Salah koordinat seperti tiang kereta cepat..? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  38. Hornet Kuwait ghoib guys..

    Apakah delegasi Malon salah lokasi expo shingga tak bertemu delegasi Kuwait.. πŸ˜‚

    BalasHapus
  39. Kelamaan puasa belanja militer bikin otak makin ciput ya pork

    BalasHapus
  40. Tertangguh helinya siap dan sudah uji terbang ya guys...

    8 Heli EC725 sign 2019 mana..? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  41. Sewa helikopter LAOS tu miskin dari LAOS la kan... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  42. Malon beli heli sipil aja pake drama 6 thn. Bilang aja gak ada duit

    BalasHapus
  43. Pandur sudah siap ya Pur



    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3096161694044157&id=100009510715537

    BalasHapus
  44. TNI mana ada sewa heli, beda dg malon.. semuanya sewa

    BalasHapus
  45. Besi dicuri, projek mangkrak, pakai wang APBN, Terbaru tiang kereta cepat salah koordinat... Wkwkkwkwkwkw

    Apa ni woiiiii... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  46. Sedih ya pork,malon sama seperti timor leste dan fiji... Gak belanja militer. Masuk kelompok negara2 miskin

    BalasHapus
  47. Kalau proyek kapal patroli delayed/mangkrak, bisa dimaklumi. Tetapi kalau proyek kapal strategis delayed/mangkrak dimana proyeksinya akan menjadi flagship, itu keterlaluan. Sudah menyangjut marwah negara! Apa malon gak sadar ya telah diketawain masyarakat Se-Asean gara-gara LCS yg mangkrak?

    BalasHapus
  48. Minta sedekah kemana2 utk f18... Dan tidak ada yg mau kasih .ha..ha.. sesih gak sih

    BalasHapus
  49. Tak apa yang penting ada kereta cepat kata geng PEMBUAL.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heli kecil kinderjoy comel sejagat tapi....VERSI SIPIL...wkwkwkwk

      Hapus
  50. Pesawat masih mudaan udah grounded, tanda malon bodoh tidak bisa merawat

    BalasHapus
  51. Kereta cepat malon gagal, dan malon harus bayar pinalti ke singapore. Malon bayar tapi tidak dapat apa2... Ha .ha .ha . Bodoh

    BalasHapus
  52. Utang Proyek Kereta Cepat Disebut Baru Akan Lunas 100 Tahun Lagi


    Jakarta, law-justice.co - Ekonom Senior Indef, Didik J Rachbini menyatakan bahwa utang proyek kereta cepat baru akan terlunasi 100 tahun mendatang.

    Kata dia, hal ini imbas dari Presiden Jokowi suka utang ke luar negeri demi bangun infrastruktur.

    Menurut Ekonom dari Universitas Indonesia itu, gagasan pembangunan infrastruktur Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terus berlanjut di periode kedua pemeirntahannya bakalberpotensi menumpuk utang negara.

    Oleh sebab itu, hal tersebut dinilai sebagian publik sebagai visi yang ambisius, karena potensi keuntungan balik dari infrastruktur yang dbangun belum pasti.

    BalasHapus
  53. Dan sekarang warga nyet hanya bisa iri dengki na kereta cepat indonesia .. ha..ha..ha..... Malon memang bodoh

    BalasHapus
  54. Tak apa yang penting ada kereta cepat kata geng PEMBUAL..... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  55. Kereta Cepat Batal, Malaysia Bayar Rp1,1 T ke Singapura

    BalasHapus
  56. 100 tahun rakyat tanggung woiiii.... Parah

    BalasHapus
  57. Proyek kereta cepat yang kontroversial antara Malaysia dan Singapura memasuki babak baru. Malaysia telah membayar SG$ 102,8 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun (asumsi Rp 11.000/SG$) kepada Singapura sebagai kompensasi pembatalan proyek.

    BalasHapus
  58. Belum apa apa.. Besi ribuan ton di curi... Roboh tiang salah koordinat.... Apa punya projek ni woiiiii... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  59. Karena malon memang blm mampu utk punya kereta cepat. Malon miskin

    BalasHapus
  60. Malon tidak mampu bikin kereta cepat eh warganya nyinyirin kereta cepat indonesia. Iri ya pork ? Miskin kok mau bikin kereta cepat. Hanya negara maju yg punya pork

    BalasHapus
  61. 100 tahun ya guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  62. Ya akibat mampu bina kereta cepat... besi dicuri.... Tiang salah koordinat... Muantab... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa aj,chalanger,Colombia ato benda hytech buatan manusia pintar bisa mengalami kesalahan atau mal fungsi,terkecuali LCS Malon...wkwkwk

      Hapus
  63. Proyek kereta cepat yang kontroversial antara Malaysia dan Singapura memasuki babak baru. Malaysia telah membayar SG$ 102,8 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun (asumsi Rp 11.000/SG$) kepada Singapura sebagai kompensasi pembatalan proyek. Kereta cepat itu intuk negara maju, bukan negara miskin seperti malon

    BalasHapus
  64. Ngoahahaha.. bahas heli kecik pon pura2 buta shingga elak elak topik cem kodok..

    Knapa ga elak kesini aja ye cik..

    https://news.detik.com/internasional/d-5828249/cabuli-kambing-kakek-60-tahun-diadili-di-malaysia?tag_from=wpm_nhl_5

    🀣🀣

    BalasHapus
  65. 1 tiang dirobohkan berapa banyak wang di bazirkan..? Ngeri...

    BalasHapus
  66. Kereta cepat gagal, lms gagal, beli heli sipil gagal, lcs gagal... Malon negara gagal. Hanya kondom yg sukses

    BalasHapus
  67. Malon itu spesialis bikin kondom unisex ha..ha .ha..ha....
    Kondomnya mendunia

    BalasHapus
  68. Apa yg bisa di buat malon ? Tak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisanya buat anak haram dengan kambing betina om.. πŸ˜‚

      https://www.hmetro.com.my/mutakhir/2021/07/736133/warga-emas-rogol-kambing-direman-tujuh-hari

      Hapus
  69. Rakyatnya bodoh2 dan malas. Drone elang hitam sudah mau terbang... Malin masih sibuk dg kondom

    BalasHapus
  70. Utang Tersembunyi dari China buat Proyek Kereta Cepat, Ini Kronologinya


    Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan utang dari China berdasarkan laporan AidData. Ada berbagai skema yang digunakan untuk aliran utang ini.

    Dalam laporan berjudul 'Banking on the Belt and Road: Insight from a new global dataset of 13,427 Chinese Development Projects' dana-dana yang disalurkan China itu bertujuan untuk pembangunan jalur sutera melalui Belt and Road Intiative (BRI) yang selama ini dilakukan di banyak negara.

    Nah di Indonesia sendiri dana tersebut digunakan salah satunya untuk proyek infrastruktur. Yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang awalnya akan dibiayai oleh JICA. Saat itu JICA memasukkan proyek ini ke dalam rencana bantuan pembangunan luar negeri untuk Indonesia.

    Saat itu sekitar 75% dari total biaya proyek akan dilakukan melalui skema pinjaman dengan bunga 0,1%. Tapi China saat itu juga berupaya untuk memenangkan kontrak tersebut. Hingga akhirnya China menawarkan keunggulan dari Jepang dari dimensi pembangunan, kecepatan, hingga pembiayaan.

    Pada awal 2015, Indonesia mengundang China untuk memasukkan proposal alternatif dan China mengusulkan biaya yang lebih rendah dan pembiayaan dijamin oleh China Development Bank (CDB) dengan bunga 2% dan waktu pembangunan lebih cepat.

    Periode September 2015 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk membatalkan proyek ini dengan menolak tawaran China dan Jepang. Saat itu pembatalan karena proyek ini disebut bisa membuat utang pemerintah membengkak.

    Jepang langsung merespons dengan menawarkan pengurangan 50% yang harus dijamin oleh negara. Kemudian China menghapus seluruh syarat jaminan negara dan mengusulkan transaksi neraca di luar pemerintah.

    Di sini China Development Bank akan meneruskan pinjaman ke sebuah perusahaan yang dibentuk atas patungan China dan Indonesia. Pada 2017 CDB meneken perjanjian pinjaman senilai US$ 3,96 miliar dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang 60% saham dimiliki oleh Indonesia dan 40% China untuk mengerjakan proyek kereta cepat ini.

    Pinjaman ini disalurkan dalam dua tahap yaitu US$ 2,38 miliar dan dalam renminbi senilai US$ 1,58 miliar. Dengan jatuh tempo 40 tahun dan masa tenggang 10 tahun. Lalu tingkat bunga 2% untuk dolar AS dan 3,46% untuk renminbi.




    Baca artikel detikfinance, "Utang Tersembunyi dari China buat Proyek Kereta Cepat, Ini Kronologinya" selengkapnya https://finance.detik.com/infrastruktur/d-5768862/utang-tersembunyi-dari-china-buat-proyek-kereta-cepat-ini-kronologinya.

    Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

    BalasHapus
  71. Hutang china..... Ternyata... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  72. Batal Setelah Mangkrak 8 Tahun, Ini Fakta Soal Kereta Cepat Singapura-Malaysia
    Ha..ha..ha..ha....... Tolol

    BalasHapus
  73. Ternyata Rumania lebih mendengar usulan saya "Memborong F-16 refurbished".

    BalasHapus
  74. Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Faisal Basri, mengatakan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung baru bisa balik modal setidaknya dalam 139 tahun.

    Lanjut dia, asumsi perhitungan itu pun belum memperhitungkan biaya operasional. Sehingga bila ditotal, balik modal proyek yang didanai utang dari China tersebut bisa saja lebih lama lagi.

    BalasHapus
  75. Wkwkwkwkwkw... Masuk jerat guys...

    BalasHapus
  76. Parah... Tak apa.. Yang utama kami ada kereta cepat.. Kata geng PEMBUAL.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  77. MancaNegara---Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohammad (92 th) yang Menang Pemilu 2018 "TIDAK MAU MEMBAYAR HUTANG KEPADA NEGARA CHINA sebesar 4500 TRILIUN di Era Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

    Bayar dong pork.....

    BalasHapus
  78. Hutang itu wajib dibayar pork.... Mungkin kalau bilang miskin dpt potongan pork. Jgn malu utk ngaku miskin

    BalasHapus
  79. Kuala Lumpur - Pemerintahan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, masih mempertimbangkan untuk membatalkan proyek kereta api senilai US$ 20 miliar (Rp 278 triliun) yang didanai dengan utang dari China. Proyek yang disepakati pemerintahan mantan PM Najib Razak itu dianggap bisa membuat 'miskin' Malaysia.

    Baca artikel detiknews, "Mahathir Menggebrak, Bersiap Kandaskan Proyek Raksasa dari Utang China" selengkapnya https://news.detik.com/internasional/d-4406762/mahathir-menggebrak-bersiap-kandaskan-proyek-raksasa-dari-utang-china.

    Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

    BalasHapus
  80. PT Perusahaan Gas Negara/PGN (Persero) Tbk mengancam akan membawa Petroliam Nasional Berhad/Petronas ke arbitrase. Hal ini akan dilakukan perusahaan asal Malaysia itu tidak kunjung melunasi utangnya akibat tak sesuainya jumlah pasokan gas dari Lapangan Kepodang, Blok Muriah.

    Direktur Infrastruktur Gas PGN Dilo Seno mengatakan sejak tahun 2015 hingga 2017, Petronas belum membayar utang sebesar US$ 32,2miliar atau Rp 460 miliar. Utang ini diperoleh karena gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80% sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

    Bayar pork... Hutang itu harus dibayar. Jgn pake kondom bayarnya

    BalasHapus
  81. Ha..ha..ha... Malon negara gagal ya pork. Gagal dlm aegala bidang... Kecuali kondom unisex

    BalasHapus
  82. ECRL project Belt Road China yg dibantu dgn hutang China, why not ?

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20210405193200-4-235467/mirip-ri-malaysia-dimodali-china-triliunan-di-proyek-kereta

    Biayanya pon bengkak 14 %.. πŸ˜†

    Malaysia has reportedly accepted a nearly 14% increase in the estimated construction cost for the contentious East Coast Rail Link (ECRL) project.

    According to a Reuters report, the project cost was revised to $12.08bn from the previously decided $10.63bn.

    The ECRL is a key railway project under China’s flagship Belt and Road initiative and slated to connect the eastern coast of Malaysia with the western part of the country.

    BalasHapus
  83. Heli MDG versi basic sipil udah murah delay terus

    Kahkah

    BalasHapus
  84. Laporan telah keluar bahwa Royal Malaysian Navy (RMN) telah menemukan beberapa kekurangan yang mereka temukan pada kapal Littoral Mission Ship (LMS) yaitu kelas Keris, yang di bangun oleh China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC). Kapal pertama kelas, KD Keris (111) ditugaskan pada RMN pada Januari 2020, sementara unit kedua sedang disiapkan untuk pengiriman dalam tahun ini.

    Menurut laporan media pertahanan Inggris, Jane’s, berdasarkan daftar yang diberikan kepada mereka oleh sumber industri, kekurangan tersebut sebagian besar terkait dengan sensor dan sistem tempur kapal yang dipasok China tersebut.

    Namun, belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai kekurangan sebenarnya, kelas Keris sendiri dilengkapi dengan SR2405A air and surface search radar dari Institut Radar Laut Nanjing, electro-optical tracking system (EOTS) OFC-3 dari Huazhong Insitute of Elektro-Optik, dan electronic support measure (ESM) dari Sotuwest Institute of Electronics Equipment of China.

    Peralatan buatan China lainnya adalah sistem tempurnya yang meliputi naval gun serba guna CS/AN3 30mm dari Chongqing Chang’an Industrial Group, dan dua heavy machine gun CS/LM6 12,7mm dari Sichuan Huaqing Machinery Co. Ltd

    BalasHapus
  85. Ha..ha... Kapal murah malon bermasalah. Buatan china ya pork

    BalasHapus
  86. Ec725 udah kontrak apa yg masalah.pasti dibuat.

    Yg masalah heli MDG versi basic sipil udah jadi murah meriah cancel terus datang.

    Lepas tuh mau sewa heli ATM wkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi sipil diaku versi miter ha..ha..ha...
      Malon halu

      Hapus
  87. Malon negara gagal...aetara timor leste, fiji dan vanuatu

    BalasHapus
  88. Hujah gempur cuma bisa kita ketawa aja

    BalasHapus
  89. Cara China Jebak Indonesia dengan Utang Kereta Cepat Diungkap, Seolah Diakali Pelan-pelan


    PIKIRAN RAKYAT - Bhima Yudhistira, pengamat ekonomi, mewanti-wanti bahwa proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa menjadi jebakan utang China bagi Indonesia.

    Hal itu dikemukakannya setelah pemerintah memutuskan membuka pintu pendanaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

    Aturan yang melandasi dibolehkannya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dibiayai APBN adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 yang disahkan Presiden Joko Widodo.

    "Kereta Cepat Jakarta-Bandung terindikasi masuk ke dalam jebakan utang atau debt trap. Salah satu indikasinya adalah ini awalnya (proyek dengan skema) business to business kemudian menjadi pendanaan APBN dengan pembengkakan biaya yang sangat luar biasa," kata Bhima dikutip Pikiran-rakyat.com dari kanal Youtube tvOneNews pada 6 Desember 2021.

    Bhima kemudian menjelaskan bagaimana proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sewaktu-waktu bisa menjadi jebakan utang bagi Indonesia.

    BalasHapus
  90. Tak apa yang penting ada kereta cepat kata geng PEMBUAL... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  91. Kuala Lumpur - Pemerintahan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, masih mempertimbangkan untuk membatalkan proyek kereta api senilai US$ 20 miliar (Rp 278 triliun) yang didanai dengan utang dari China. Proyek yang disepakati pemerintahan mantan PM Najib Razak itu dianggap bisa membuat 'miskin' Malaysia.

    Baca artikel detiknews, "Mahathir Menggebrak, Bersiap Kandaskan Proyek Raksasa dari Utang China" selengkapnya https://news.detik.com/internasional/d-4406762/mahathir-menggebrak-bersiap-kandaskan-proyek-raksasa-dari-utang-china.

    BalasHapus
  92. Yg masalah dan LUcU ATM paling suka sewa heli.

    BalasHapus
  93. Gempur BABI BINATANG


    Ini porum militer bukan porum kereta cepat.kalau kau mau bahas kereta cepat silakan keMININSTRI pekerjaan umum bukan disini SETAN

    BalasHapus
  94. Manakala Malon sembang negara kaya tapi bo'oong guys, hutang banyak, logicknya klo kaya pasti budget military banyak, tanda tanda Malon bangkrap guys wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  95. Elak topik pur jgn jadi orang tolol ya hahaha

    Negaramu juga byk hutang sama China
    Tp kerajaan mu tipu2 rakyat malon.

    BalasHapus
  96. Hutang bayar ya pork, jgn bayar pakai musangking atau kondom ya pork

    BalasHapus
  97. Asiikk.. syarikat tempatan siap kerjasama bikin kapal nelayan dgn radio rusak lagi dgn galangan china.. πŸ˜‚

    (DEFENCE SECURITY ASIA) – Syarikat tempatan, TH Heavy Engineering Bhd (THHE) dikatakan akan menjalin kerjasama dengan syarikat pembuat kapal China, LIREN Marine Technology Co Ltd dalam usahanya untuk membida kontrak Kementerian Pertahanan.

    Kontrak yang dimaksudkan itu adalah, pembinaan lapan buah kapal Littoral Mission Ship (LMS) Batch 2 Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) yang akan bermula pada tahun depan sebagaimana yang telah pun diumumkan oleh Menteri Pertahanan dan timbalannya di Dewan Rakyat baru-baru ini.

    BalasHapus
  98. LMs aja hutamg dri China hahaha.

    Mau saya up di MMP pur

    BalasHapus
  99. Proyek Kereta Cepat Butuh 139 Tahun untuk Balik Modal, Jadi Tanggungan Rakyat


    PIKIRAN RAKYAT - Ekonom senior Faisal Basri menunjukkan simulasi perhitungan soal seberapa lama waktu yang dibutuhkan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk balik modal.

    Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung mengalami pembengkakan nilai investasi yang semula Rp86,5 triliun kini menjadi Rp114,2 triliun.

    Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2021 membolehkan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui penyertaan modal negara kepada BUMN yang terlibat.

    "Saya simulasikan kalau seat (keterisian) cuma 50 persen, trip 30, dan harga tiketnya kemahalan jadi (diturunkan) Rp250 ribu, maka balik modalnya 139 tahun," ucap Faisal Basri dalam diskusi virtual yang ditayangkan kanal Youtube Universitas Paramadina pada 2 November 2021.

    Simulasi itu belum termasuk memperhitungkan berapa biaya operasional yang dibutuhkan.

    Adapun simulasi super optimis yakni dengan mengandaikan seluruh kursi terisi, beroperasi jam 5.00-22.00, setiap jam ada kereta, dan tarif Rp300.000, maka waktu yang dibutuhkan untuk balik modal adalah 45,6 tahun.

    "Ini namanya asumsi surga. Pakai asumsi surga saja, balik modalnya 45,6 tahun dengan catatan tidak dihitung biaya operasional," ucap Faisal Basri.

    Menurut Faisal Basri, seluruh risiko ini pada akhirnya akan menjadi tanggungan rakyat lantaran proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung kini didanai oleh APBN.

    BalasHapus
  100. Hanya ada di ASEAN guys negara yang mempunyai kapal perang WW2 itulah malon, hanya ada meriam wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  101. Heli MDG aja kau bilang heli berkuasa
    Bual bual heli sipil biasa

    Wkwkwk

    BalasHapus
  102. JoM heli MDG versi Basic Sipil



    Wkwkwkkwkwkkwkw

    BalasHapus
  103. Malon miskin, beli kapal dari china utk lawan china..ha..ha..ha... Bodoh sangat pork

    BalasHapus
  104. 139 tahun siapa tanggung hutangnya guys...? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  105. Aneh...benar2 aneh..
    Beli kapal china utk lawan china. Akhirnya dikasih kapal busuk ha..ha .ha ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama China hanya dikasih meriam Kecik, wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. kontener pun takde, KL di-kerjain lagi haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  106. Hanya Malon guys di ASEAN pesawat pejuang grounded terbanyak, pesawat baru 12 tahun pun pensiun wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  107. Yang terpenting Indon jangan dengki dan iri ya ... Sebaiknya Indon beranya pada diri sendiri mengapa Intel memeilih Mlaysia sebagai pusat produksi chp-chip terbaru mereka ... padahal kia tahu Jokowi sudah membual kemana-mana .. etapi hasilnya tetap kalah dari Malaysia ...

    Itulh gunanya punya 5 Top world university di negara kamu .. sehingga siap dengan jenis industi-industri cangguih seperti ini ... Sedangkan Indon cukuplah dengan indusri basic saja like pembuaan tahu tempe etc etc .... Hehehehe

    -------------------
    ntel to invest USD 7 billion in new chip manufacturing plant in Malaysia; its CEO to visit Malaysia this week, visit coincides with the visit of US Secretary of State, Antony Blinken

    Bloomberg - Are you a robot?

    Intel Corp. is spending $7 billion to build a new chip packaging facility in Malaysia, a major Asian investment intended to address endemic global semiconductor shortages at a time Washington is advocating domestic production.

    The U.S. chipmaker intends to invest 30 billion ringgit on shoring up its advanced chip packaging capabilities in the island state of Penang, Malaysia’s main investment promotion agency said in a press invitation distributed Monday. It will elaborate on its plans for the Asian country during a press briefing Wednesday in conjunction with Trade Minister Azmin Ali and Malaysian Investment Development Authority Chief Executive Officer Arham Abdul Rahman, according to the invite.

    The event coincides with Secretary of State Antony Blinken’s first visit to Southeast Asia. CEO Pat Gelsinger took the helm of the largest American chipmaker in February with a mandate to take back leadership of the industry from Asian giants such as Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. Investors want Gelsinger to staunch market share losses and customer defections stemming in part from stumbles in upgrading technology.

    At the same time, years of global industry under-investment and a surge in Covid-era demand for computing devices have created an unprecedented shortage of the semiconductors needed in everything from cars to smartphones.

    Gelsinger is in Taiwan and Malaysia this week for talks that underscore how Asian manufacturing will be crucial to his turnaround efforts. His trip will include a meeting with leaders of TSMC, according to people familiar with his plans.

    Intel both needs TSMC’s advanced manufacturing services and plans to compete with the Taiwanese company in the so-called foundry business, a tricky balancing act for the CEO. Apart from Malaysia, Intel also operates a plant in Dalian, China.

    This is Gelsinger’s first trip to Asia since taking the top job at Intel and comes as he lobbies the U.S. government to allocate money for the country’s chip industry to domestic chipmakers only. He has argued that overseas manufacturers -- such as TSMC and Samsung Electronics Co., which both have plans to build plants in the U.S. -- shouldn’t get money through the Chips Act, which is going through political approvals in Washington. As part of those efforts, he’s argued the concentration of advanced manufacturing in Asia and Taiwan is a strategic risk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woow... USD7.0 billion itu sama dengan RM 28.0 billin ... Very huge kerana sama dengan IDR 105 Trilion ...

      Pasti Jokowi kan X nyaman tidurnya ketika mendengan kabar ini ... Tetapi itu akibatnya ketika kemampuan sumber daya Indon jauh tertinggal dari Malaysia ... Hal ini terjelas terliha i comment-comment bodoh sombong banyak kita temua di forum ini + belum lagi berita-berita PRANK dan Bualan yang masih saja dibanggakan-banggakan sebagai prestasi dan karya Anak Bangsa ...Hehehehe

      Hapus
    2. T0P 5?

      Katakan itu pada kapal Mangkrak LCS?
      Explane to mee
      How come

      Hapus
    3. Negara kaya misok iri dengki sg malon yg miskin. Yg ada kita iba dg malon

      Hapus
  108. Hanya Malon guys lautnya diceroboh kapal China setiap hari selama dua tahun , TLDM kerjanya tidur saja wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe ... Lupa diri jika laut negaranya juga diceroboh China . bahkan China bernai keluarkan Warning Letter agar Indon pergi jauh-jauh dari laut di sekitar Natuna ...

      Hapus
    2. Warning letter indo tak takut tetap beraktivity di Natuna , lha Malon usir China saja takut wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    3. 2 tahun TLDM dimana itu , apa memang sudah di kasih China laut malon wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Warning letter..hahha

      Wilayah kita sndri? Kita aja diam cina protes.

      Hapus
  109. Terus aetelah keluarkan warning letter tindakan china apa ?
    Ha..ha..ha...ha....

    BalasHapus
  110. Kembali ke laptop...
    Kapan heli ciput versi sipil malon datang ? DP sudah dibayar kah ? Kebanyakan drama
    Ha..ha...ha ...

    BalasHapus
  111. Bodohnya Indon ini ... Warning Leer itu adalah langkah awal dai China untuk menegaskan kembali wilayahnya ... Jika X dihiraukan oleh Indon .. baru China oleh menegaskan hak wilayahnya dengan cara tindakan fisik atau ketenteraan ....

    Jika kami saja tahu dan paham bahwa Indon itu adalah AYAM SAYUR Penakut dan Mulut Besar saja ..... Apalgi China pasti memandang Indon sebagai Anjing Pondan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bodohnya malon....
      China aja tidak.menindak lanjuti. Hanya malon miskin aja yg iri dengki yg bahas...ha..ha..ha..

      Hapus
    2. Sementara hishamuddin memandang China sbagai elder brader..

      FPDA pon πŸ’”πŸ˜‚

      Hapus
    3. Wkwwk parasit satu ni ngomong apa ya🀣🀣

      Hapus
    4. Percuma Member FPDA nyatanya udah ikut PLA malon

      Wkkwkw ayam sayur teriak ayam sayur πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Kalau anjing pondan iti yg penakut yang bilang china elder brother malon tolol... Kalau Indonesia ya dilawan wong kita punya tentara bukan kaleng kaleng, dan negara Aukus, Jepang Korea Selatan, Turki, Rusia, India pasti bantu... Dan China bukan bodoh bisa bisa Investasi nya di Indonesia hilang kalau kalah perang.... Sekali lagi yang bodoh yaa kamu malon.... Tolol bego.... Otak 1cc....

      Hapus
    6. Faktanya..Bomber Cina pusing2 di wilayah malaysia tp kok diam aja malon katanya punya member FPDA trus kerjaan FPDa apa cong "Unkonwn"?
      Minimal serang kek rame2 cina.

      Diam aja fpda macam Sayur LodehπŸ˜…

      Hapus
  112. Protes Kapal Masuk ZEE, Malaysia Panggil Duta Besar China

    Contoh negara miskin...hanya teriak2 tanpa makna. Maklum hanya punya gunboat made in china...ha..ha..ha...

    BalasHapus
  113. The real anjing pondan kah ni ? 🐢

    (DEFENCE SECURITY ASIA) – Kapal-kapal milik kerajaan China bukan sahaja sewenang-wenangnya telah menceroboh perairan Malaysia tetapi mereka turut melakukan gangguan kapal-kapal offshore milik syarikat tempatan yang beroperasi di lapangan minyak dan gas milik PETRONAS di Laut China Selatan.

    Sebuah badan bukan kerajaan, Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) yang berpengkalan di Washington berkata, gangguan oleh kapal-kapal milik kerajaan China terhadap kapal-kapal Malaysia berlaku “hampir setiap hari selama dua tahun.”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan malon tidak dpt berbuat. Karena hanya punya gunboat masein china

      Hapus
    2. sarapan tiap hari ktemu ccg ampe roboh haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  114. Toh buktinya malon jdi member PLa dikasih kapal murah meriah LMS ompong

    πŸ˜‚

    BalasHapus
  115. Wilayah Malon , wilayah China juga guys wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  116. Malon dikasih kapal busuk mase in china..ha..ha..ha

    BalasHapus
  117. Ngaku2 koar2 TOP 5 University

    Lah bikin kapal tinggal ikutin blueprint aja sampai skrng belum jadi.

    Jadi kapal tapi bergerak di darat.
    Hebat Malon ni salutπŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    BalasHapus
  118. TUDM tak berani scramble pesawat China, TLDM tak berani usir kapal China , itu Tentara AYAM SAYUR semua guys , wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  119. TLDM ayam sayur, tidak berani usir china... Hanya kirim nota protes dan tidak dianggap oleh china..
    Sedihnya malon

    BalasHapus
  120. Malon mau usir china si zee sg kapal buatan china..ha..ha...
    Malon pintar lawak

    BalasHapus
  121. Kapal pengawal pantai China (CCG) mengekalkan keberadaannya secara berterusan di perairan yang dituntut Malaysia berhampiran Beting Patinggi Ali atau disebutnya sebagai Luconia Shoals pada tahun ini.

    TLDM ayam sayurrrr

    BalasHapus
  122. teringat PT KOMALA INDONESIA

    KL SEWA HELI Mi-8 dari kita, artinya KL paling kismin donk di kawasan haha!🀣🀣🀣

    logika kl kan bgt...

    BalasHapus
  123. Kapal pengawal pantai China dikesan di Beting Patinggi Ali

    Malon mau usir pakai apa

    BalasHapus
  124. Akhirnya Malon gagal mendapatkan hornet ex Kuwait. Kesiaaaan


    Ngoahahahahahaaa πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari simana lagi ya. Coba ke H.Sukri bandar besi bekaa di priok

      Hapus
  125. "...pada tahun 2012, RTAF telah memesan total 12 unit H225M di bawah program modernisasi armadanya.

    AU Thailand mulai menerima perdana H225M pada tahun 2015..

    RTAF diwartakan telah menerima tambahan empat unit helikopter H225M Caracal (aka – EC-725 Super Cougar). Dengan penambahan ini, armada RTAF kini mengoperasikan 12 unit helikopter H225M sesuai dengan program modernisasi armada yang tengah dijalankan.."

    ====

    Baca LON..

    RTAF sign 12 Caracal dari 2012, baru tahun ini komplit beroperasi penuh.

    Bandingkan dengan RI :
    "..tahun 2019, Kementerian Pertahanan RI telah resmi mengorder lagi delapan unit H225M Caracal, yang rencananya akan diserahkan mulai tahun 2023.."

    =====

    Penganti NURI? Sewa!!

    Wakakakkkkakakakkkakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dahh biarin ajah..
      lahh maren guwe angkat link singapur pesan 16 bijik dari taon 2016 aja,
      baru 2021 ini dikirim..
      tetep gak berasa doi haha!🀣🀣🀣

      makanya kite smua GASPOL HELI O-GHOST
      KL KENSEL LAGIIIIIIiiiii haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  126. Pilit 6 th itu latihan atau tidor si arizona...ha..ha

    BalasHapus
  127. “Kita sentiasa melakukan bantahan (terhadap China). Saya sudah tidak lagi mengira bilangan nota bantahan yang telah kita hantar kepada China.”

    kata Menteri Luar Malaysia itu dalam satu webinar anjuran Foreign Policy Community di Jakarta baru-baru ini dan dipetik oleh versi online South China Morning Post.

    Pertanyaan.. apakah dubes china terpaksa gunakan nota2 tersebut akibat kehabisan tisu toilet ?

    πŸ˜‚

    BalasHapus
  128. MABUHAY PINOY, SABAH IS YOURS πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus