15 Desember 2021

Penggunaan Pesawat Yak-130 di Angkatan Udara Vietnam

15 Desember 2021

Yak-130 Angkatan Udara Vietnam, Phòng Không - Không Quân (photo : Ann Quann)

Halaman Sina China menerbitkan berita luar biasa: Angkatan Udara Vietnam membuka jalan untuk bersiap menerima pesawat tempur generasi ke-5 dengan membeli pesawat latih canggih buatan Rusia.

Menurut kesepakatan yang ditandatangani kedua negara pada akhir 2019, Vietnam memesan 12 pesawat Yak-130 dari Rusia, dengan total nilai kontrak $350 juta, rata-rata masing-masing lebih dari $29 juta. Lantas mengapa Vietnam dilengkapi dengan pesawat latih canggih Yak-130?

Dibandingkan dengan jenis lain dari pesawat pelatihan pilot militer dari jenis yang sama, yang dikembangkan di negara lain saat ini, Yak-130 dapat dianggap sebagai pendahulu yang "terhormat"; bahkan bisa dikatakan sebagai trainer generasi keempat terdepan di dunia.


Pada akhir 1980-an, dengan diperkenalkannya pesawat tempur generasi keempat modern seperti Su-27 dan MiG-29, Angkatan Udara dan Pertahanan Udara Soviet masih menggunakan pesawat latih L-39 Albatross buatan Cekoslowakia.

Dari perspektif teknis, L-39 tidak dapat memenuhi persyaratan pelatihan pilot pesawat tempur generasi baru.

Karena alasan inilah Uni Soviet memutuskan untuk mengembangkan generasi baru pesawat latih canggih yang sepenuhnya melampaui L-39 Albatross dan dapat langsung dihubungkan dengan pelatihan pilot pesawat tempur generasi keempat dunia.


Saat ini, 5 negara termasuk Belarusia, Aljazair, Bangladesh, Laos dan Myanmar telah membeli dan melengkapi pesawat latih Yak-130. Vietnam adalah negara ke-6 yang menggunakan pesawat jenis ini. Saat ini total pesanan ekspor telah mencapai 68 unit; dan jumlah Yak-130 yang beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia melebihi 110.

Kebutuhan aktual Angkatan Udara Vietnam

Bagi Angkatan Udara Vietnam, alasan paling mendesak untuk membeli pesawat latih Yak-130 Rusia adalah untuk menggantikan L-39 Albatross lama buatan Cekoslowakia. Pesawat latih L-39 Albatross mulai dioperasikan oleh Angkatan Udara Vietnam pada 1980-an dan telah beroperasi selama hampir 40 tahun.

Selain itu, kemampuan operasional L-39 Albatross juga sulit untuk memenuhi persyaratan pelatihan pesawat tempur generasi ke-4 Angkatan Udara Vietnam saat ini dan yang akan datang, sehingga 12 Yak-130 akan digunakan untuk melatih pilot militer sebelum beralih ke pesawat tempur inti. termasuk 11 Su-27P/SK/UBK dan 35 Su-30MK2.


Pesawat latih Yak-130 pada awalnya dirancang untuk memenuhi persyaratan pelatihan pesawat generasi keempat buatan Rusia.

Selain itu, Yak-130 juga dapat memenuhi persyaratan pelatihan pesawat tempur generasi ke-5 buatan Rusia, seperti Su-57 Felon dan S-75 Checkmate yang baru diumumkan, dan jet tempur siluman lainnya.

Oleh karena itu, menurut dunia luar bahwa Angkatan Udara Vietnam mungkin sedang mempersiapkan pembelian pesawat tempur generasi kelima yang diproduksi oleh Rusia di masa depan.

Namun, mempertimbangkan anggaran pengadaan Vietnam saat ini, media China berpikir bahwa mereka tidak mampu membeli jet tempur Su-57E (versi ekspor Su-57) dari Rusia dengan harga yang sangat tinggi.


Menurut kontrak pengadaan yang ditandatangani antara Rusia dan Aljazair, nilai total 12 Su-57E mencapai $2 miliar, rata-rata masing-masing $140 juta, yang merupakan harga "impian" untuk negara dengan anggaran pertahanan yang relatif terbatas seperti Vietnam.

Pesawat tempur Su-30MK2 yang termahal saat ini dari Angkatan Udara Vietnam memiliki harga satuan hanya 50 juta USD. Sedangkan Su-75 Checkmate terbaru, seperti yang disampaikan Sukhoi, hanya 25 hingga 30 juta USD/unit; dan jika harga sebenarnya tidak melebihi 80 juta USD/unit, kemungkinan Vietnam akan membeli satu hingga dua skuadron (12-24 unit) pesawat Su-75.

Untuk misi apa Angkatan Udara Vietnam menggunakan Yak-130?

Selain digunakan untuk melatih pilot, pesawat latih Yak-130 sejak awal telah mampu melakukan pertempuran udara, serangan darat dan serangan laut, yang dapat melengkapi kekuatan dukungan tembakan jarak dekat Angkatan Udara Vietnam.

Setelah membebaskan Vietnam Selatan dan menyatukan kembali negara itu pada tahun 1975, Vietnam menyita sejumlah besar pesawat tempur dan helikopter bersenjata buatan Amerika, dan membawa sejumlah besar dari mereka ke unit tempur negara itu.



Di antara rampasan perang, ada pesawat tempur ringan F-5 buatan AS dan pesawat serang ringan A-37, yang menjadi model pesawat tempur utama yang digunakan Angkatan Udara Vietnam untuk memberikan dukungan tembakan jarak dekat saat itu.

Namun karena sumber suku cadang telah habis dan tidak dapat diisi ulang, pesawat tempur buatan Amerika tersebut tereliminasi dari layanan operasional, saat ini Angkatan Udara Vietnam hanya dapat mengandalkan sejumlah pesawat pengebom terbatas Su-22, untuk melakukan tugas operasi di atas.

Sekarang, dengan diperkenalkannya pesawat latih Yak-130 ke dalam layanan, kinerja tempurnya dapat sepenuhnya mengambil peran sebagai pesawat serangan dukungan udara jarak dekat.

Pesawat ini memiliki hingga 9 titik cantelan eksternal, termasuk 2 titik di ujung sayap, 6 titik di bawah sayap, dan 1 titik di bawah perut. Cantelan di ujung sayap dapat menampung pod  peperangan elektronik atau rudal udara-ke-udara pertempuran jarak dekat. 


Cantelan di bawah sayap dapat menampung tangki bahan bakar tambahan, rudal udara-ke-udara, roket, bom berpemandu dan senjata serta peralatan lainnya. Meriam tunggal 30mm atau ganda 23mm juga dapat dipasang.

Pesawat latih Yak-130 dapat membawa hingga 3 senjata dari semua jenis, meskipun tidak sebanding dengan pesawat serang profesional seperti Su-25 dan A-10, tetapi juga cukup mengesankan.

Selain itu, pesawat latih Yak-130 juga disesuaikan untuk lapangan terbang dengan kondisi buruk, di mana saluran masuk udara utama dapat ditutup saat lepas landas dan mendarat; Pada saat ini, udara masuk disuplai oleh saluran masuk udara tambahan atas, untuk mencegah debu, pasir, dan batu tersedot ke dalam mesin.

Saat ini, struktur pesawat latih canggih lainnya di dunia tidak menerapkan desain unik ini sama sekali. Berkat asupan udara ekstra ini, memungkinkan Yak-130 untuk melakukan misi tempur sebagai pesawat serang ringan, lepas landas dari landasan udara berupa lapangan dalam kondisi perang nyata.

206 komentar:

  1. Ok lagi dari F16 USANG ZAMAN 1984 kan guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok lagi dari F18 usang gak pernah di upgrade... Wakakakakakakaka

      Hapus
    2. F-16 dengan uprade 750 juta dollar jadi macam baru malon miskin mana mampu..

      Beda deng case mig dan mb339 di tangan malon miskin harus pensiun dini..

      Keh keh keh

      Hapus
    3. Sudah baca update OPV Malaysia dari Om Marhalim belum Pur??😝

      Hapus
    4. https://www.indomiliter.com/bukan-cuma-buat-pesawat-embraer-juga-produksi-radar-intai-hanud-3d-saber-m200-vigilante/

      Hapus
  2. Unknown20 Februari 2021 15.33

    Sejujur aku kate
    Tak tau nak kata apa. Apak aku pencen th 84 sekarang umur apak aku 78 th.
    FAC FAC itu semasa dia dalam pengkhidmatan.
    Ni kalo aku bagi tau apak aku cem mana dia mau pandang.
    Dah pasti sedih dia tu
    Cem mana anak muda mau masok tentara
    Takutlah dia lihat besi burok macem tu.
    Nak retrofit mrk bilang pun
    Cem mana retrofit umur sdh sm dgn apak aku.
    RMN mahu beli baru
    Sayangkan duit tiada
    Yang ada malah orang merepek kat sini
    Merepeklah sama mentri
    Mintalah tambahan bajet
    Ni bukan masa malaysia berjaya th 2000

    CURHATAN EX TENTERA LAUT YANG JUJUR DAN TERBUKA, GA SEPERTI MALONERS DI SINI

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sementara yang sebelah masih diloring mimpi nak pesawat LCA, apalagi pesawat MRCA, tunggu tahun 2045,

    NGOAHAHAHAHAHAAA 😀

    BalasHapus
  5. TUNGGULAH 18 TAHUN LAGI, WKWKWKWK....


    TUDM Terus Guna Su-30MKM, F/A-18D Hornet 15 Hingga 20 Tahun Lagi

    maka sebarang usaha untuk melihat TUDM dibarisi dengan pesawat-pesawat pejuang MRCA yang baru tidak akan berlaku dalam jangka masa terdekat ini.

    Panglima TUDM Jen Tan Sri Ackbal Abdul Samad yang mengesahkan perkara itu berkata, pesawat-pesawat pejuang TUDM itu akan menjalani proses penyelenggaran khusus dan dinaiktaraf supaya ia mampu beroperasi dengan berkesan sehingga tahun 2035 dan 2040.

    Sekurang-kurangnya diantara 15 tahun hingga 20 tahun lagi sebelum kita melihat pesawat-pesawat MRCA (multi-role combat aircraft) yang baru memasuki perkhidmatan TUDM.

    Kenyataan daripada Panglima TUDM itu adalah petanda jelas bahawa peminat-peminat pertahanan negara perlu menunggu lebih lama lagi sebelum kita memperolehi pesawat-pesawat pejuang MRCA generasi terkini.


    – DEFENCE SECURITY ASIA



    Ngoahahahahahaaa yang syabar ya beb....😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. CAPCUS-55 ituw nyata..yaach 35 taon lagi dach shopping soping, kalo KL masi ada tp haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  6. Balasan
    1. Kedekut bajet maintenance dan sparepart, tau ga karena mereka sudah misqueen dana bajet pertahanan yang ciput 😀

      Hapus
  7. F-5 E/ F grounded

    MiG-29N grounded

    MB 339 CM grounded

    Hawk calon terdekat akan grounded


    sampai detik ini belum ada pengganti sebab takde wang, miskin kedekut 😁😁😁

    BalasHapus
  8. MKM grounded terbesar bahkan di dunia, mereka cakap SU-30 itu produk cacat mudah rusak, perasaan hampir semua pesawat yang ada kat malon rusak semua bahkan engine pun kena songlap heibat jiran ni lawak la kah... kah... kah....

    BalasHapus
  9. Tolong jawab pertanyaan aku nih dulu


    1.kenape MB-339CM yg masih muda belia tuh GROUNDED/PENSIUN dini....????


    2.kenape EMKAEM tejaguh dunia akhirat tuh cuma 4 yg ready to fly n yg NO. 2 kok BODY CRACK...???


    3.kenape MIG-29 GROUNDED ABADI alias kekal pensiun...???


    Tolong NYETizen MALON yg suangat jenius JAWAB...


    BABI PELACUR GEMPURWIRA jawab pertanyaan aku tuh SETAN LONTE

    BalasHapus
  10. Azizul Rahim
    firstly cuba kita teropong poket kewangan negara.
    ada ker dananya atau setakad sembang sahaja.
    hari ini pun kita boleh nampak ekonomi kita bukannya berada dlm keadaan selesa.. nak beli vaksin covid pun terpaksa pinjam duit tabung pencen.

    Azizul Rahim
    sembang melayu.. patutler la nie asset ATM kita hebat hebat 🤣🤣🤣
    jiran dah guna apache. kita masih lagi kial kial dengan MD 530g 🤣🤣🤣
    itu kira sembang orang kaya ler tu..



    Kehkehkeh

    BalasHapus
  11. Malon mendonia dengan kebodohannya, pesawat rosak mereka cakap barang low kualiti, padahal maintenance pon tak mampu salahkan negara pembuatnya lawak kebodohan geng beruk malon ni kah... kah... kah....

    BalasHapus
  12. MARI BERWISATA KE LONDON LIHAT BUDAK BRITISH

    Mizan Qistina Bangga lah tu jadi pak pacak istana tuan putih setelah 52 tahun "merdeka" (pada ketika tu). Negara merdeka mana yang sanggup jadi pak pacak istana bekas penjajah mereka? Malaysia je...merdeka apa namanya tu? Tak sedar lagi ke? UMNO dah jatuh pun masih tak sedar...tu lah orang kita, Melayu, dah kena tipu hidup mati sampai ke cucu-cicit semua dah kena brainwash

    Mizan Qistina Ni apa citer? Jadi pak pacak istana Queen Elizabeth
    https:

    //www.youtube.com/watch?v=eybZBOm6P4

    https://www.youtube.com/watch?v=dnvNWy4VQtI

    https://www.youtube.com/watch?v=oVr52xOMRJU&t=7s

    https://www.youtube.com/watch?v=jZqJ2Ys9zhQ


    SATPAM DAN OFFICE BOY ISTANA BUCKINGHAM


    ngoahahahahahaaa 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dunia sudah meninggalkan abad pertengahan, Malon masih saja nyaman di situ berdamping mesra dengan tuan British bersihin tinja ,ompol dan makein Pampers junjungannya


      Ngoahahahahahaaa 😀

      Hapus
  13. wuuuiihhh BARUW lagi...

    TIM ELIT slaluw yg TERDEPAN gaesz haha!🤑🤑🤑

    gak usa pake EREFAI
    gak usa pake TENDER TENDERAAAANNN

    nguyen ada duwit lgs bayar,

    GPL: gak pake lama cem KL haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tender LCA katanya di perpanjang guna nego Wang kopi yg paling besar dalam perolehan pesawat LCA Baharu.

      Hapus
    2. ahhh benarkah...
      delay ape lama lama
      KL KENSEL LAGIIIiiiii om but haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  14. F16 usang zaman 1984 tu berapa puluh tahun lagi mau terus dipakai....

    Malah baru pasang IFF itu pun pasang 1....1.....1......1......1... Sudah cukup buat geng PEMBUAL sangat BANGGA... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  15. US tak mahu pakai kerana F16 sudah terlalu tua tahun 1984...

    Ya di sedekah ke negara yang sanggup menerima pesawat terbang mereka.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upgrade 750 juta jadi haibat tak macam malon miskin mig 29 masih baru pon di grounded dan tak ada penganti

      Hapus
  16. F16 tua zaman 1984 pun geng PEMBUAL sudah klaim kononnya jiran ketar ketir.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geng beruk miskin pasti kepanasan tengok upgrade F-16 bisa mencapai 750 juta.. Mig beruk konon masih muda tapi pensiun dini karena ketololan beruk

      Hapus
  17. Saat ini, 5 negara termasuk Belarusia, Aljazair, Bangladesh, Laos dan Myanmar telah membeli dan melengkapi pesawat latih Yak-130. Vietnam adalah negara ke-6 yang menggunakan pesawat jenis ini. Saat ini total pesanan ekspor telah mencapai 68 unit; dan jumlah Yak-130 yang beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia melebihi 110.

    ----------------

    vietnam nomor 6 sbg pengguna yak-130

    sementara KL, kami warganet DS senang dan menduking 1000% KL jd pelanggan pertama TEJAS hore haha!👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau tejas murah Tetep malon takde wang

      Hapus
    2. tejas murah bagi indihe om,
      tapi mahal buat KL haha!⛔⛔⛔

      JOM SEWA..SEDAPPPP

      Hapus
    3. Murah dari mana...?

      MasalhnYa yg d tawarkan ke malonyet kn versi monky...harga vanila...uhuy...malon d kacangin sm bangla dekil.


      😁

      Hapus
  18. Malon aja ngemis hornet kuwait.... Sayang gak dikasih.... Terus sembang hadewww. Miskin belagu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. f-16 klasik yg dibeli rumania mahal2..
      f-18 klasik yg dibeli kanada mahal2

      eh KL, ngarep gratisan,
      keknya delegasi KL uda ditimfukin fisank �� ama emir kuwait maren om, hilang britanya haha!⛔⛔⛔

      Hapus
  19. kata siapa amrik gak pake F-16 C/D bekas satuan ANG yg dikirim buat hibahan?
    mana buktinya???

    lah ANG(air national guard) pon masi pake haha!������

    sedangkan f-18 HORNET pyk KL gak dipake lagi ama amrik kesian haha!������

    BalasHapus
  20. kata siapa amrik gak pake F-16 C/D bekas satuan ANG yg dikirim buat hibahan?
    mana buktinya???

    lah ANG(air national guard) pon masi pake, aktiv dinas haha!✅✅✅

    sedangkan f-18 HORNET pyk KL gak dipake lagi ama amrik kesian haha!❎❎❎

    BalasHapus
  21. KL ajah takut sama THAILEN,

    f-16 thailen buatan tahun 1982,
    aktif hore haha!✅✅✅

    BalasHapus
  22. Menurut global fire power KL punya 10 frigat,tapi frigat nya kok banyak yang tak nampak yah?ada yang tahukah disini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 Frigate TLDM sudah pada GROUNDED, sebab budget ciput mendung memanjang.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. 6 uda pasti HALU...gaesz..
      1 diantaranya jadi kapal DARAT 50% haha!❎❎❎
      sisanya AMPAS doank haha!⛔⛔⛔

      2 lagi dari baruw blom SLEP/MLU..
      kebayang dalemannya masi analog smua ama enjin batuk2 terusz tuch haha!❎❎❎

      makanya gak perna ke timur tengah guna bantu PBB kyk sigma dan bung tomo haha!❎❎❎

      Hapus
    3. Tapi masih ditulis terus yah oom?biar dikira punya banyak 🤭

      Hapus
    4. Malon miskin cuma punya 2 fregat usang

      Hapus
    5. eiittt ada satuw lagi yg usang gaesz,
      KD HANG TUAH..frigat tertua KL yg sangat jarang disebut WARGANYET KL haha!⛔⛔⛔

      soalnya ini kapal lebih tua dari kelas VS kita haha!⛔⛔⛔

      omfong berat,
      kalo lcs kapal musium darat,
      frigat ini kapal musium laut bneran haha!⛔⛔⛔

      dan lagi ini frigat uda bekas ternyata tangan ke-3 gaesz kesian KL haha!❎❎❎

      Hapus
  23. Hornet kuwait usabg pun di tunggu geng beruk

    BalasHapus
  24. mbut reng15 Desember 2021 13.55
    TUNGGULAH 18 TAHUN LAGI, WKWKWKWK....


    TUDM Terus Guna Su-30MKM, F/A-18D Hornet 15 Hingga 20 Tahun Lagi

    maka sebarang usaha untuk melihat TUDM dibarisi dengan pesawat-pesawat pejuang MRCA yang baru tidak akan berlaku dalam jangka masa terdekat ini.

    Panglima TUDM Jen Tan Sri Ackbal Abdul Samad yang mengesahkan perkara itu berkata, pesawat-pesawat pejuang TUDM itu akan menjalani proses penyelenggaran khusus dan dinaiktaraf supaya ia mampu beroperasi dengan berkesan sehingga tahun 2035 dan 2040.

    Sekurang-kurangnya diantara 15 tahun hingga 20 tahun lagi sebelum kita melihat pesawat-pesawat MRCA (multi-role combat aircraft) yang baru memasuki perkhidmatan TUDM.

    Kenyataan daripada Panglima TUDM itu adalah petanda jelas bahawa peminat-peminat pertahanan negara perlu menunggu lebih lama lagi sebelum kita memperolehi pesawat-pesawat pejuang MRCA generasi terkini.


    – DEFENCE SECURITY ASIA



    Ngoahahahahahaaa yang syabar ya beb....😁

    BalasHapus
  25. Geng beruk miskin pasti kepanasan tengok upgrade F-16 bisa mencapai 750 juta.. Mig beruk konon masih muda tapi pensiun dini karena ketololan beruk

    BalasHapus
  26. Kalau Indo punya 7 dan ada wujudnya semua.KL saya tak habis pikir🤔

    BalasHapus
  27. Upgrade 750 juta jadi haibat tak macam malon miskin mig 29 masih baru pon di grounded dan tak ada penganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa benar Indo punya Mig 29 oom? soalnya rame banget waktu dubes Rusia Mig 29 🇮🇩

      Hapus
    2. Kasel Kilo Improved juga isunya Indo punya

      Hapus
  28. Seranai Perolehan Pesawat tempur LCA negara negara asean:
    Indonesia: T-50 real datang
    Thailand: T-50 real datang
    Philipine : FA-50 real datang
    Singapore : Airmachi M346 real datang
    Mynmar: Yak 130 real datang
    Vietnam: Yak 130 real datang
    Laos : Yak 130 real datang
    Kamboja: FTC 2000 real datang
    Malon miskin: konon tender ada yg klaim beli tapi last last senyap

    Timor leste pun tertawa kerana punya kawan senasib..

    Keh keh keh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau Brunei Darussalam jadi beli T50,KL jadi tambah meringis

      Hapus
    2. Dengan Kamboja dan laos aja malon kalah

      Hapus
  29. Tudm Malon miskin akan guna layang layang

    BalasHapus
  30. Biar tua f 16 terawat wooii... Bkn cem sebelah, ga punya duit ngemis2 ke kuwait,cm kuat cakap je kat sini... 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diskusi kg bisa, bisanya cuma ngetroll je...

      Hapus
    2. Hornet Kuwait kabarnya ditawar Tunisia oom.

      Hapus
    3. Kalau menurut saya sih mending dijual ke Tunisia daripada dihibahkan ke KL

      Hapus
    4. Oooh jelaslah, KL baru teruk, takde wang, maka nya bajet pertahanan RMK 12 Ciput...

      Hapus
  31. Dalam sejarah di asean ini.. Malon miskin adalah pengguna pesawat jet bekas pertama di asean

    BalasHapus
    Balasan
    1. A4 Sky Hawk yang dari 88 jadi 44 itukan oom?

      Hapus
    2. Paling pertama ya F86 dari ausie.. Yang kedua bener a4 dari 88 di songlap jadi hanya 44

      Hapus
    3. Sim salabim abrakadabra 88 jadi 44....


      Keh keh keh....😁

      Hapus
  32. Sian malon.. Dari 28 Jet Tempur Hanya 4 Bisa Terbang

    https://international.sindonews.com/beritaamp/1327299/40/malaysia-dari-28-jet-tempur-buatan-rusia-hanya-4-bisa-terbang

    BalasHapus
  33. Payload Yak130 hanya 3000 kg masih kalah dengan TA50/FA50 yang payloadnya 3740 kg. Tapi jarak tempuh masih menang Yak130 (2546 km) daripada TA/FA50 (1851 km).

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuman beda dikit,

      tangki golden eagle mungkin lebih kecil.
      supaya kapasitas angkut lebih besar
      klo pake drop tank beres om woof2 haha!✅✅✅

      coba bandingin speed,
      t-50 djelas supersonik haha!✅✅✅
      mitten yg sodaraan ame mb-346 itali ini, gak bakal bisa ngejer golden eagle, mesin 2x lebih gde haha!✅✅✅

      Hapus
  34. BPS: Neraca Dagang November Surplus USD 3,51 Miliar
    https://www.cnbcindonesia.com/news/20211215113258-8-299433/bps-neraca-dagang-november-surplus-usd-351-miliar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaspol! Ekspor RI Sudah Balik ke Masa Sebelum Covid Datang
      https://www.cnbcindonesia.com/news/20211215135047-4-299502/gaspol-ekspor-ri-sudah-balik-ke-masa-sebelum-covid-datang

      Hapus
    2. kita uda suplus terussszzz.
      eh disebelah masi minus..kesian gaesz haha!⛔⛔⛔

      akibat lokdon fisank

      Hapus
    3. Plus sawit kalah bersaing dengan sawit RI

      Hapus
  35. GEMPURWIRA 15 Desember 2021 14.38
    F16 tua zaman 1984 pun geng PEMBUAL sudah klaim kononnya jiran ketar ketir.... Wkwkkwkwkwkw


    TUA TAPI ISI DALAM HARUS... BODY BARU LAGI,jam terbang diubah jadi 0 jadi semuanya baru... Terus COCKPIT udah 3D LARGEST COMPUTER DIGUNAKAN DISPLAY.misi terbang baru RADAR,RWR,IRWS,MAWS,RADAR DESIGNATOR BARU... ENGIBER PAKAI VERSI BARU... KURSI LONTAR/EJJECT BARUW... BIAYA UPGRADE 750 JUTA USD untuk 23 jet, jadi sebiji dapat biaya upgrade +30 juta dollar...


    TAPI ADA SATU NEGARA NGAKU KAYA n GREADO A,MAMPU MAINTENANCE DALAM NEGRI EH JET MASUH MUDA BELIA ALAIS 12 TAHUN BARU BERTUGAS DAH GRAOUNDED....? Hadeh macam mana pula negara TOLOL itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kena PHP upgrade dari Australia lagi tu Malon


      Awokwokwok.....😁

      Hapus
  36. Ingat pesawat pejuang, ingat pesawat pejuang Malon grounded terbanyak sekawasan guys wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  37. TH Heavy in A Pickle - Malaysian Defence
    https://www.malaysiandefence.com/th-heavy-in-a-pickle/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bursa announced the decision to delist THHE on December 1, this year. So what is this go to do with Malaysian Defence? Even if you have a slight interest in Malaysian Defence you will know that THHE is the builder for Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA/APMM) three OPVs. It was building the three ships under the THHE/Destini JV which broke up earlier this year. The JV got the contract to build the three OPVs in 2017 and until now none of the ships have been launched. It must be noted that the Pakistani Navy has commissioned two corvettes, a slightly larger version of the MMEA’s OPV, in 2020. Contracts for both ships were also signed in 2017.

      Hapus
    2. Memang Malon jaguh bina kapal mangkrak guys wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    3. damen opv pon DELAY...

      syarikat destini kontraktor heli kecik dan damen opv

      asyiiikkk DELAY LAGIIII..

      JOM KL KENSEL LAGGGGIIiiiiiiiii AMBYARRRR gaesz haha!⛔⛔⛔

      Hapus
    4. Wang kopi sudah di bayar, barang belum jadi....


      Awokwokwok 😁👍

      Hapus
  38. JOM jiran KL cuman pyk esyu 4 bijik bisa terbang ntuw pun

    buatan tahun 2003...LAMA
    pesawaat TUWA dah 18 tahun
    gak perna apgred, kesian haha!⛔⛔⛔

    BalasHapus
  39. SI MISQUEEN VERSI KESIAN Kalah Lagi DENGAN PHILIPINA


    Filipina Terima T129 “ATAK”, Malaysia Punya MD530G Bila Mau Sampai?


    (DEFENCE SECURITY ASIA) – Sedang Malaysia masih bermain teka-teki tentang tarikh sebenar penghantaran enam buah helikopter penyerang ringan MD530G, negara jiran kita Filipina akan menerima helikopter penyerang T-129 “ATAK” yang pertamanya daripada enam buah dipesan pada bulan depan.


    Filipina memesan enam buah helikopter T-129 “ATAK” daripada Turkish Aerospace Industries (TAI) pada 2018 manakala Malaysia memesan enam buah helikopter MD530G daripada syarikat Amerika Syarikat, MD Helicopters pada 2016.
    Sudah hampir lima tahun sejak kita menandatangani perjanjian pembelian enam buah helikopter ringan itu, tetapi kita masih menunggu kelibatnya di Malaysia.
    Filipina yang memesan helikopter itu pada 2018 dengan nilai US$280 juta (RM1.1 bilion) pun sudah pun memperolehi barangnya, manakala kita masih lagi berteka-teki bila helikopter MD530G itu akan mendarat di Malaysia.

    Panglima Tentera Udara Filipina Lt Jen Allen Trio Paredes mengesahkan bahawa ia akan menerima helikopter T129 ATAK itu pada bulan depan, disusuli oleh kelima-lima buah helikopter penyerang itu kemudiannya.

    Manila akan menjadi negara eksport pertama bagi helikopter T129 ATAK itu.

    Proses penghantaran helikopter penyerang T129 Atak ke Filipina itu berjalan lancar selepas Washington meluluskan lesen eksport kepada Turki untuk menjual helikopter yang menggunakan enjin buatan Amerika Syarikat dan Britain itu kepada Manila.

    Enjin helikopter berkenaan “LHTEC T800-4A” dibina oleh syarikat usahasama antara firma Amerika Syarikat, Honeywell dan Rolls-Royce oleh British.


    Malaysia pada mulanya dijangka menerima helikopter MD530G itu pada 2017-2018 tetapi tertangguh beberapa kali disebabkan isu-isu teknikal yang tidak didedahkan.
    Pada September lalu, Panglima Angkatan Tentera Jeneral Tan Sri Affendi Buang berkata, enam buah helikopter MD-530G bakal digunakan oleh Pasukan Udara Tentera Darat (PUTD) sedang menjalani proses “Pre-Delivery Inspection” (PDI) di Amerika Syarikat sebelum aset terbaru ATM itu dihantar pulang ke Malaysia pada akhir tahun ini.
    “Berdasarkan kepada kontrak perolehan, semua pesawat helikopter terbabit dijangka sampai ke Malaysia pada akhir tahun ini,” kata beliau sambil menambah, bahawa proses PDI adalah untuk memastikan aspek teknikal dan spesifikasi helikopter berkenaan dipatuhi sepenuhnya oleh pihak pembuat.



    Ia juga untuk membolehkan pengoperasian helikopter MD-530G oleh PUTD berjalan dengan lancar.

    Ok lah, untuk menyedapkan hati, kita masih adalah lebih sebulan sebelum tempoh “akhir tahun ini” itu berakhir sebelum kita melangkah ke tahun baru.

    So masih ada sebulan untuk helikopter MD530G itu untuk tiba di Malaysia sebagaimana disebut oleh PAT dan MINDEF.


    Kementerian Pertahanan menandatangani perjanjian bernilai RM321 juta pada 2016 untuk memperolehi enam buah helikopter MD-530G.
    Sementara itu Panglima Angkatan Tentera juga berkata pihaknya telah menghantar lapan orang juruterbang dan sembilan juruteknik ke MD Helicopters untuk menjalani latihan komprehensif bagi membolehkan mereka mengendalikan helikopter berkenaan.
    Latihan komprehensif itu dilakukan di ibu pejabat MD Helicopters di Arizona bermula pada 24 April hingga 13 Ogos lepas.

    Helicopter MD530G light scout attack ini boleh dilengkapi dengan TALON laser guided rocket untuk menangani ancaman kenderaan armor.

    Selain itu ia juga boleh dilengkapi dengan mesingan 12.7mm dan Dillon Aero 7.62mm mini Gatling gun serta pelbagai lagi sensor dan alatan avionic moden.

    Helikopter ini boleh terbang selaju diantara 240km hingga 280 km sejam sejauh 430km dan selama dua jam setengah penerbangan.


    — DEFENCE SECURITY ASIA


    KOHKOHKOHKOH.....BUKAN HOAX DAN TERBUKTIKAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua serba DELAY,

      ini hasil dikerjaain intel RRC
      ato emang KL 1cc om jewa haha!⛔⛔⛔

      Hapus
  40. GEMPURWIRA 15 Desember 2021 14.38
    F16 tua zaman 1984 pun geng PEMBUAL sudah klaim kononnya jiran ketar ketir.... Wkwkkwkwkwkw


    TUA TAPI ISI DALAM BARUW... BODY BARU LAGI,jam terbang diubah jadi 0 jadi semuanya baru... Terus COCKPIT udah 3D LARGEST COMPUTER HUD DISPLAY.misi terbang baru RADAR,RWR,IRWS,MAWS,RADAR DESIGNATOR BARU... ENGINE PAKAI VERSI BARU... KURSI LONTAR/EJJECT BARUW... BIAYA UPGRADE 750 JUTA USD untuk 23 jet, jadi sebiji dapat biaya upgrade +30 juta dollar...


    TAPI ADA SATU NEGARA NGAKU KAYA n GREADO A,MAMPU MAINTENANCE DALAM NEGRI EH JET MASUH MUDA BELIA ALAIS 12 TAHUN BARU BERTUGAS DAH GRAOUNDED....? Hadeh macam mana pula negara TOLOL itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upgrade 750 juta ya mantap.. Beda ama negara muflis yang beli 6 heli kecik dah 6 tahun ngga datang2


      Seluruh pesawat menjalani upgrading dan refurbished rangka serta sistem avionic dan persenjataan di Ogden Air Logistics Center yang berada di Hill AFB, Odgen, Utah. Rangka pesawat diperkuat, jaringan kabel dan elektronik baru dipasang, semua sistem lama direkondisi menjadi baru dan system baru ditambahkan agar pesawat lahir kembali siap menjadi pesawat baru dengan kemampuan jauh lebih hebat dari saat kelahirannya," kata Hadi.

      Sebetulnya pesawat F-16 C/D 52ID F-16 berdasarkan F-16 C/D Block 25 yang memiliki bentuk fisik dan berat kotor maksimum serta tipe mesin yang sama dengan pesawat F-16 Block 15 A/B OCU yang kita miliki.

      Memang pesawat F-16 C/D Block 52 dengan daya dorong lebih besar mampu mengangkut senjata lebih berat dan bisa terbang lebih jauh. Namun dalam close combat atau pertempuran udara jarak pendek maka pesawat F-16 TNI AU memiliki kelincahan yang lebih baik dari F-16 Block 52.

      Sehingga untuk urusan pertempuran udara dengan rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder P-4/L/M dan IRIS-T (NATO) serta rudal jarak sedang AIM-120 AMRAAM-C jelas pesawat F-16 C/D 52ID TNI AU tidak kalah dengan pesawat F-16 C/D Block 50/52.

      Untuk serangan permukaan darat dan perairan Pesawat F-16 ID juga mampu menggotong persenjataan kanon 20 mm, bomb standar MK 81/82/83/84, Laser Guided Bomb, JDAM (GPS Bomb), rudal AGM-65 Maverick, rudal AGM-84 Harpoon (anti kapal), rudal AGM-88 HARM (anti radar).

      Pesawat ini juga mampu menggunakan navigation dan targeting pod untuk operasi malam hari serta missi Supression Of Enemy Air Defence (SEAD) menghancurkan pertahanan udara musuh. Improved Data Modem memungkinkan penerbang melakukan komunikasi tanpa suara hanya menggunakan komunikasi data dengan pesawat lain dan radar darat, radar laut atau radar terbang.

      TNI AU mengklaim upgrade Pesawat F-16 C/D 52ID tidak main-main karena mengejar kemampuan setara dengan Block 52. Di antaranya memasang Mission Computer MMC- 7000A versi M-5 yang dipakai Block 52+, Improved Data Modem Link 16 Block-52, Embedded GPS INS (EGI) block-52 yang menggabungkan fungsi GPS dan INS.

      Selain itu AN/ALQ-213 Electronic Warfare Management System, ALR-69 Class IV Radar Warning Receiver, ALE-47 Countermeasures Dispenser Set untuk melepaskan Chaff/Flare. Sementara radar AN/APG-68 (V) diupgrade agar meningkat kemampuannya.

      Pesawat F-16 C/D 52ID TNI AU menjalani program The Common Configuration Implementation Program (CCIP) seperti yang dilakukan pada pesawat F-16 CD Blok 40/42 USAF agar meningkat menjadi standar Blok-50/52. Semua pesawat F-16 C/D 52ID TNI AU juga menjalani modifikasi struktur rangka pesawat dengan program Falcon STAR (Structural Augmentation Roadmap) sehingga umur rangka pesawat menjadi lebih dari 10.000 jam.


      https://m.merdeka.com/peristiwa/ini-kehebatan-pesawat-f-16-cd-k-52-id-yang-akan-perkuat-tni-au.html

      Hapus
  41. ESYU-57 ama 75 bakal masyuk vietnam gak lama lagi...MANTAB!

    sedangkan KL masiiii ajah tenderin LCA, kesian setelah mrca 11 taon hilang brita...
    ahh KL gaya doank, ada DUWIT kah? haha!⛔⛔⛔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tender lca last last pon senyap

      Hapus
    2. sama cem pesawat MPA...setaon sudah...lewat cari pintuw kaburrrr..eskeppp haha!⛔⛔⛔

      Hapus
    3. Masih banyak lagi om pal.. semua alatan di tender malon last last pon senyap

      Hapus
    4. nyooooiii..gaya doank, cicilannya banyak ajah sok2an tender haha!⛔⛔⛔

      Hapus
  42. KL aja SEWA HELI MURAH dan versi lama
    Mi-8 ama PT KOMALA INDONESIA


    artinya KL bner kismin se-kawasan gaesz haha!⛔⛔⛔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon pun negara sewa dari britsh selama 999 tahun

      Hapus
  43. mana pespur MRCA KL sedjak 2009 GHOIBBBB yaa? haha!⛔⛔⛔

    mana korvet MCS KL sedjak 2016 kontrak DSME koryo..GHOIB jugak haha!⛔⛔⛔

    apalagi skyhok KL yg katanya bayar parkir terusz di amrik...GHOIB jugak haha!⛔⛔⛔

    KL emang KAAABUURRRR LAARRRIIIIIiiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting salam bermain teka teki kedatangan heli Ciput cuma mirip heli militer...


      Ngoahahahahahaaa...lawak 😀😀😀

      Hapus
    2. heli MDG-530 blok 1, LAMA

      napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,


      napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,


      napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,


      napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,

      dan HELI TERLAMA produksinya,
      2016-2021= NOL haha!⛔⛔⛔

      Hapus
  44. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5856382/pesawat-terbang-yang-dibuat-pria-lamongan-dibeli-pemerintah-ceko?tag_from=wpm_nhl_21

    BalasHapus
  45. Balasan
    1. Nunggu cukai rokok naik 😁

      Hapus
    2. Gagal paham saya, kenapa di buat sulit prosesnya

      Hapus
    3. gagal paham guwe, nape om iskondor lenyap bagai ditelan bumi haha!⛔⛔⛔

      ada yg tau doi kemenong

      Hapus
  46. https://garudamiliter.blogspot.com/2021/12/pindad-tandatangani-perjanjian-dengan.html

    BalasHapus
  47. DEFENCE SECURITY ASIA) – Sedang Malaysia masih bermain teka-teki tentang tarikh sebenar penghantaran enam buah helikopter penyerang ringan MD530G, negara jiran kita Filipina akan menerima helikopter penyerang T-129 “ATAK” yang pertamanya daripada enam buah dipesan pada bulan depan.

    Filipina memesan enam buah helikopter T-129 “ATAK” daripada Turkish Aerospace Industries (TAI) pada 2018 manakala Malaysia memesan enam buah helikopter MD530G daripada syarikat Amerika Syarikat, MD Helicopters pada 2016.

    Sudah hampir lima tahun sejak kita menandatangani perjanjian pembelian enam buah helikopter ringan itu, tetapi kita masih menunggu kelibatnya di Malaysia.
    Filipina yang memesan helikopter itu pada 2018 dengan nilai US$280 juta (RM1.1 bilion) pun sudah pun memperolehi barangnya, manakala kita masih lagi berteka-teki bila helikopter MD530G itu akan mendarat di Malaysia.



    KL : Kalah Lagi, Malaysia masih bermain teka-teki


    Ngoahahahahahaaa....😁

    BalasHapus
  48. Naah di malay defence

    Opv fatimah didelay lagi cecah airnya.
    Saya sih awam kenapa setiap malay merakit kapal sendiri kok pasti DELAY.

    Ternyata cukup rumit juga
    Dimulai dr tender dimenangkan oleh syarikat yg tidak berkompeten.
    Senjatanya cuma nenang tender tok. Hampir minim kemampuan baik finansial maupun pengalaman.

    Setelah kontrak berjalan, syarikat pemenang menggandeng beberapa syarikat lainnya.
    Jika gagal...hak tender dijual ke syarikat lainnya. Seperti kasus tender md530 dr pemenang tender halaman optima dijual ke destini.
    Jika merasa mampu melaksanakan tender segera syarikat ini menggandeng lembaga finansial.
    Seperti THHE atau LTAT atau bank luar negeri.

    Kenapa kok begitu...krn pemerintah malay tidak melakukan pembayaran yg cukup didepan sehingga syarikat pemenang tender harus memenuhi kebutuhannya sendiri.

    Yg terjadi malah tambah kacau, karena setelah pencairan dr pemerintah dananya malah disunat oleh politisi. Sehingga syarikat pembuat kapal tertekan pelunasan hutang kepada bank garansi.
    Bahkan ada yg kapalnya kena sita bank garansi (kasus teguh samudra).

    Kasus di opv fatimah kemungkinan sama kasusnya dengan kasus teguh samudra. Dimana THHE dinilai tdk dapat membiayai lagi proyek opv. Sehingga dilarang listing menarik dana dari masyarakat lewat bursa.

    Bagaimana selanjutnya...ya buka ulang saja sinetron training ship teguh dan gagah samudra.

    Begitulah budaya di malay. Asal bisa bikin "papan nama sdn bhd" terus punya beking jendral ato politisi langsung bisa ikut tender pemerintah.
    Nggak peduli gagal, yg penting rekening penuuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena mereka lemah otak dan kepakaran bikin kapal maritim, baiknya bikin bot kayu sajalah 😀

      Hapus
  49. https://www.cnbcindonesia.com/news/20211215153748-4-299553/ekspor-ri-ke-malaysia-melonjak-di-november-2021-apa-saja

    BalasHapus
  50. perbandingan

    rumania kluar duwit $ 46-50 mil/juta dolar per bijik
    buat 17 f-16 AM/BM non iff bird slicer dari portugal dan amrik.
    pespur buatan tahun 1983

    ama f-16 C/D blok 52ID iff non bird slicer
    dari amrik

    biaya total apgred FALCON STAR+EMLU $ 750 juta dolar ato sekitar
    $ 31 juta dolar per bijik hore haha!✅✅✅

    rumania dapet f-16 klasik

    dan kita pun dapet f-16 c/d generasi terbaruw lebih muda dari py rumania
    yg spesial kita dapat pespur terbanyak yg pernah amrik "HIBAH" dalam sedjarah dunia haha!✅✅✅

    dan smua pespur gurun buatan tahun 1985-86,
    bukan 1984 cem WARGANYET KL sebut ituw, kesian haha!⛔⛔⛔

    ini bukti datanya

    f-16 C buatan tahun 1985
    https://www.f-16.net/aircraft-database/F-16/airframe-profile/1460/

    f-16 C buatan tahun 1986
    https://www.f-16.net/aircraft-database/F-16/airframe-profile/1773/

    WARGANYET KL pun CEMBURU

    WARGANYET KL pun IRI

    lagian dikasi SPH gratis sok nolak haha!⛔⛔⛔

    KL KERE aja mo gaya haha!⛔⛔⛔

    KL KALAAAHH LAGIIiii haha!⛔⛔⛔

    BalasHapus
  51. heli MDG-530 blok 1, LAMA

    napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,


    napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,


    napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,


    napas pendek ENDURAN HELI TERPENDEK DIKAWASAN cuman 40 menit,

    dan HELI TERLAMA produksinya,
    2016-2021= NOL haha!⛔⛔⛔

    BalasHapus
  52. Malon miskin cuma pandai melancap

    BalasHapus
  53. Malons otaknya terletak dikepala penis mereka BWHAA...HAHAHA...HA

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣😂😂🤣😂🤣😂😂🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  54. https://www.republika.co.id/berita/r45nyw409/arti-kedatangan-blinken-usai-indonesia-diam-digertak-china-di-natuna

    BalasHapus
  55. Yak 130 ni kalau jumpa F16 usang tahun 1984 memang terang terang MENANG.... WKWKKWKWKWKW

    MUDA JUMPA TUA.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti malon miskin yak 130 ngga mampu beli apa lagi upgarde 750 juta

      Hapus
  56. Si KL ni sebenarnya gak BODOH, hanya IRI DENGKI jee..plus sakit hatinya.

    Wakakakakakakakk

    Sakit hati kalah SHOOPING ama Pinoy tuu..

    LoL

    BalasHapus
  57. Wkwkkwkwkwkw.... Masa mau iri sama F16 tahun 1984....

    Apa ni woiiii..... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iri lah beli heli atack aja sama lca ngga mampu apalagi upgrade 750 juta.. Mig saja pancen dini akibat malon makin miskin

      Hapus
  58. 1 YAK 130 boleh kalahkan 4 F16 USANG zaman 1984...wkwkkwkwkwkw

    Malah ketahuan baru pasang IFF..... Itu pun pasang 1....1....1.....1....1....1...wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 F-16 upgrade mampu hancurkan TUDM yang pesawatnya hanya mampu terbang 4 bijik


      Keh keh keh

      Hapus
    2. Pesawat tua tu mampu lagi ke terbang lama di udara...? Wkwkwkkwwkwk

      Hapus
    3. Pesawat upgarde 750 juta canggih lah.. 4 ketul pesawat tudm malon miskin bisa musnah dengan mudah


      Keh keh keh

      Hapus
  59. Yak 130 gelak je.. Seperti tak percaya F16 TAHUN 1984 Masih terbang.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak 130 gelak je seperti tak percaya mig 29 grounded semua karena Malon tak de Wang wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. Gelak tudm malon miskin hanya 4 bijik pesawat yang mampu terbang pinoy saja dapat memusnahkan TUDM malon miskin



      Keh keh keh

      Hapus
  60. Karena iri dengki sakit hati ama shoopingnya Pinoy, si KL jadi pening tuu..

    Wakakakakakakaka

    Aduuh..gawat, malu nii awak, KL kalah shooping ama Pinoy..sial.

    Wakakakkkkk

    BalasHapus
  61. Pesawat tua tu mampu lagi ke terbang lama di udara...? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawat TUDM hanya 4 bijik yang mampu terbang tu pun enjin meletop.. F-16 tni au dengan mudah buat malon miskin tercirit cirit

      Hapus
  62. F16 tertua dia ASEAN... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon Air force paling miskin di asean hanya 4 ketul pesawat yg terbang


      Keh keh keh

      Hapus
  63. Aermachi pension, mig 29 grounded, lawak wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  64. Boleh bertaruh, pasti korvet KL lebih dulu jadi dibanding KD LCS si MANGKRAK.

    Heli ATAK Pinoy lebih dulu datang dari si 40 miniiiitttzss

    Wakakakakkakkaka

    Malu tuuu..

    LoL

    BalasHapus
  65. Pesawat tua nak lawan pesawat muda adoiii..... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamak malon miskin hanya 4 pesawat yg terbang seluruh asean pun gelak

      Keh keh keh

      Hapus
  66. Si kapal MANGKRAK Asean guys...

    Tebak milik siapa?

    Aib tuu..wakakakakakakk

    BalasHapus
  67. Wkwkkwkwkw..... Heli MD530G siap...

    Heli EC725 sign 2019 mana guys.... Salah koordinat ya penghantaran.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 2016 heli kecik murahan tak siap2. EC 725 tni dah ready kat ptdi malon miskin makin kepanasan



      Keh keh keh

      Hapus
  68. Su35 pun rasanya salah koordinat penghantaran... Nah dihantar ke alam GHOIB... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Su35 blm contrack tak macam heli kecik murahan dan maharogol yang jadi besi buruk.. Kapal paling goib sedunia


      Keh keh keh

      Hapus
  69. Anakala konon negara kaya tapi pesawat pejuang banyak grounded guys TUDM tentara Aneh wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  70. F16 TERTUA di ASEAN.... Tahun 1984 yang US pun sudah tak pakai buang di padang pasir...wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon miskin Angkatan udara paling ayam di asean hanya 4 ketul yg mampu terbang seluruh asean pun gelak


      Keh keh keh

      Hapus
  71. Heli Kecik MD versi sipil sign2016 mana nih , siap versi foto, cakap saja kalau tak punya wang wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  72. Ehhh.. Apa pula 6 heli MD530G sudah siap malah sudah diuji terbang oleh pilot MALAYSIA...

    8 HELI EC725 SIGN 2019 mana..? Masa 1 pun tak siap siap lagi... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon heli kecik murahan ogost datang tapi sampai akhir tahun tak datang datang miskin benar malon..

      Tengok ec725 dah siap di ptdi malon miskin makin kepanasan


      Keh keh keh

      Hapus
    2. Ha ha ha siap versi foto, maknanya tetap tak datang, beli 6 biji dramanya seperti beli 60 biji lawak wkwkwk ATM tak bisa

      Hapus
  73. Malon negara jaguh PRANK, gempur raja haluu wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  74. Wkwkkwkwkw.... Geng PEMBUAL kata su35nya belum kontrak.. Tapi kemhan sudah kata su35nya sampai masa HUT 2019 FULL COMBAT katanya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembual konon heli murahan datang ogost datang.. Maharogol konon 2017 dah lauching tapi launching jadi kapal besi buruk

      Keh keh keh

      Hapus
  75. Kasihan di sedekah F16 usang tahun 1984.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa terbang berbanding sebelah tak bisa maitenance grounded , pensiun wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. Nalon miskin harap Sedekah kuwait tak da modal tengok F-16 upgrade 750 juta malon miskin mana mampu

      Keh keh keh

      Hapus
  76. 8 heli EC725 sign 2019 salah koordinat penghantaran mungkin kan guys... Wkwkkwkwkwkw

    Seperti tiang tiang kereta cepat yang salah koordinat.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ec725 dah siap di pt di sedangkan heli kecik 6 bijik konon kirim 2016 samapi akhir 2021 pon tak datang datang kasian

      Project kereta kllc malon hutang kat china sampai jual negara


      Keh keh keh

      Hapus
  77. Panas dingin..

    5 hari lagi..

    Malon akan disalip kesekian kalinya by Pinoy.. 😂

    & ini akan benar2 nyelekit.. 🤣

    Dua dari enam helikopter serang T129 ATAK pesanan Filipina akan diserahkan pada 20 Desember 2021 oleh Turkish Aerospace.

    Sementara dua lainnya akan diserahkan pada 2022 dan dua unit terakhir akan diserahkan di tahun 2023.

    Filipina memesan enam heli T129 ATAK untuk memperkuat angkatan udaranya.

    https://www.instagram.com/p/CXdrjJTJImf/?utm_medium=copy_link

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logik geng INDON ada heli penggempur terus klaim kuat...

      Lah yang ada Apache je takut jumpa dengan pejuang OPM.... Wkwkkwkwkwkw

      Malah belum apa apa 4 GROUNDED... MUANTAB... WKWKKWKWKWKW

      Hapus
    2. Malon ketakutan sulu dan pinoy.. Tapi beli atack heli murahan pon tak mampu


      Keh keh keh

      Hapus
  78. F16 TERTUA DI ASEAN.... MUANTAB.. WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tertua tetap mantap lah , mig 29 terteruk kan? Wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. Kagak capek apa lu gempur ?? Lu pengangguran ye ? Nge troll mulu 🗿

      Hapus
    3. Gempur muncul kerana dapat WiFi gratisan wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    4. Tudm malon airforce paling ayam di asean hanya 4 pesawat tua yang boleh terbang

      Hapus
  79. Ada apache pun belum jumpa pejuang OPM sudah GROUNDED... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulu datang malon miskin tak ada atack heli malon makin ketakutan

      Keh keh keh

      Hapus
  80. Ada pesawat pejuang Malon tak berani scramble pesawat china wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  81. Belum jumpa pejuang OPM... 4 Apache GROUNDED.... Wkwkkwkwkwkw

    Digelak PEJUANG OPM je.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking ayamnya TUDM malon pesawat Singapura ceroboh ruang udara Pasir Gudang dengan bebas

      https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2021/10/877667/siasat-pesawat-singapura-ceroboh-ruang-udara-pasir-gudang

      Keh keh keh

      Hapus
  82. Saking ayamnya TUDM malon pesawat Singapura ceroboh ruang udara Pasir Gudang dengan bebas

    https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2021/10/877667/siasat-pesawat-singapura-ceroboh-ruang-udara-pasir-gudang

    Keh keh keh

    BalasHapus
  83. Kata geng PEMBUAL ada heli penggempur kuat... Lah pejuang OPM operasi terus tu woiiii...

    Malah Tentera lawan minta di rangkul pejuang OPM... Lah.... Apa ni woiiiii... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulu dengan mudah ceroboh malon ayam karena hanya punya 4 ketul pesawat tua yg terbang

      Keh keh keh

      Hapus
  84. Seluruh asean pon gelak.. Pantas sulu dengan mudah kalah kan malon miskin

    Keh keh keh

    BalasHapus
  85. Ada heli penggempur.... Tapi tak berfungsi.. Pejuang OPM operasi terus woiii... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian malon di ayam ayam kan sulu karena tak punya attack heli dan hanya 4 pesawat usang yg terbang

      Keh keh keh

      Hapus
  86. Pinoy pun gelak malon miskin tak mampu beli pesawat lca, real heli attack dan meriam sph

    BalasHapus
  87. Wkwkwkkwkw..... Akibat ketakutan minta rangkul sama pejuang OPM...? Lah apa ni woiii... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon makin ketakutan karena sulu akan di bantu pinoy yang punya attack heli untuk rebut sabah..

      Keh keh keh

      Hapus
  88. Ada sph pun pejuang OPM operasi terus..... Wkwkkwkwkwkw

    MEMBUAL je geng sebelah.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulu siap rebut sabah malon miskin makin ketakutan karena tak punya sph dan attack heli
      Keh keh keh

      Hapus
  89. Masa minta di rangkul dengan pejuang OPM.... Aneh...? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulu dan pinoy siap rebut sabah dari malon miskin yang hanya punya 4 pesawat yg terbang dan tak punya attack heli


      Keh keh keh

      Hapus
  90. Malon miskin yg tak punya SPH dan attack heli makin ketakutan dengan sulu & pinoy

    BalasHapus
  91. Contoh lemahnya malon sampai di ayam ayam kan singapura


    Jet Pejuang Singapura Ceroboh Malaysia 2,508 Kali

    https://www.mstar.com.my/lokal/semasa/2011/06/21/jet-pejuang-singapura-ceroboh-malaysia-2508-kali---ahmad-zahid


    Keh keh keh

    BalasHapus
  92. Beruk malon selalu kabur tercirit cirit tengok kenyataan negaranya


    Keh keh keh

    BalasHapus
  93. Malon ketakutan minta bantuan mom ely untuk bantu lawan pengganas sulu lawak la malon ni, lebih baik lepaskan sabah dan Sarawak yang di peras malon, brunei dan singapor bisa kaya karena keluar dari malon, sumber kekayaan alam sabah dan sarawak di ambik hanya untuk di gunakan subsidi babi putra yang idiot tak ada otak dan pemalas kah... kah... kah....

    BalasHapus
  94. malon masih puasa beli pesawat ????

    BalasHapus
  95. apakah tahun depan masih tidak ada belanja militer lon ?
    gimana perasaan lu pork ?

    BalasHapus
  96. heli ciput malon pun thn depan masih belum jelas

    BalasHapus
  97. malon bingung, mau lawan suku sulu pakai bambu runcing

    BalasHapus
  98. tak ada pesawat, tak ada amunisi... lawan pakai apa pork ?

    BalasHapus
  99. Contoh ayamnya malon kapal sampan pun dengan mudah ceroboh malon



    https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200612120447-106-512590/kapal-pembawa-ratusan-rohingya-masuki-perairan-malaysia


    Keh keh keh

    BalasHapus
  100. Aduuhh.. serba DITANGGUHKAN.. apa dosa kerajaan mu pork.. 😂

    I have been told that the first MMEA OPV – Tun Fatimah – is ready to be launched at any time. However the ship cannot be launched until JV buy out is officially completed. Therefore it is unlikely that the ship will be delivered to the MMEA this February as stated in the revised contract.

    https://www.malaysiandefence.com/th-heavy-in-a-pickle/

    BalasHapus
  101. tahun depan jangan update foto heli ciput ppork, ganti foto dg F22

    BalasHapus
  102. biar kerenan dikit pork. biar terlihat seperti orang kaya

    BalasHapus
  103. mending malon gabung dg china, sabah serawak biar merdeka. mungkin kalau gabung dg china malon bisa lebih maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon miskin tak mampu bayar hutang kat china.. Seluruh aset dan negara malon disita china

      Hapus