16 Desember 2021

Dislitbangad-Pindad Uji Coba Prototipe Senapan Sniper Kaliber 20 MM Anti Materiel

16 Desember 2021

Uji coba prototipe senapan sniper kaliber 20 mm Anti Materiel (all photos : DislitbangAD)

JAKARTA, tniad.mil.id – Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) uji coba Prototipe Senapan Sniper Kaliber 20 mm Anti Materiel hasil kegiatan Litbanghan Dislitbangad kerja sama dengan PT Pindad (Persero)di Lapangan Tembak Pussenarmed Batujajar Bandung Barat, Rabu (15/9/2021).

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, selaku Kagiat mengatakan bahwa Uji coba Prototipe Senapan Sniper Kaliber 20 mm Anti Materiel hasil kegiatan Litbanghan Dislitbangad bekerja sama dengan PT. Pindad (Persero) merupakan Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel yang digunakan untuk menembak sasaran yang relatif jauh dengan hasil bidikan yang akurat serta hasil perkenaan yang dapat melumpuhkan/menghancurkan sasaran.

Adapun pembuatan prototipe ini berlatar belakang dari ide pemikiran untuk menciptakan suatu senapan khusus yg dapat melumpuhkan maupun menghancurkan alat perang musuh sasaran darat seperti Ranpur dan Rantis dan sasaran udara yaitu pesawat udara sayap tetap. Pada tahun 2018 Dislitbangad bekerja sama dengan PT. Pindad melalui program Litbanghan telah berhasil membuat Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dan pada tahun 2021 dilaksanakan uji coba guna mendapatkan sertifikasi agar dapat dijadikan informasi pengembangan selanjutnya. Dalam uji coba Prototipe Senapan Sniper Kaliber 20 mm Anti Materiel hasil kegiatan Litbanghan Dislitbangad hendaknya disesuaikan dengan Standar Spesifikasi Teknis (SST) Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel hasil Litbanghan yang telah ditentukan di mana dalam persyaratan umum, Standar Spesifikasi Teknis (SST) Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel ini hendaknya mempedomani pelaksanaan uji coba/sertifikasi saat ini.

”Guna mendapatkan materiel yang berkualitas, maka Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel ini harus memenuhi persyaratan umum yang meliputi syarat (kaidah) ilpengtek. Aspek yang harus dipertimbangkan dalam persyaratan umum adalah aspek ekonomi, tingkat teknologi yang digunakan, kemampuan dukungan industri dalam negeri dan kemampuan dukungan logistik nasional. Kendati persyaratan tersebut bersifat kualitatif, namun dalam penilaiannya dalam bentuk angka (kuantitatif) yang telah ditentukan batas-batasnya secara jelas dan harus dijadikan salah satu dasar pertimbangan dalam menganalisa hasil uji coba Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel tersebut. Adapun aspek yang menjadi persyaratan umum adalah : Materiel/komponen yang digunakan dalam kegiatan pembuatan ataupun Rancang Bangun Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel hasil Litbanghan ini berasal dari dalam negeri, memiliki nilai ekonomis yang tinggi baik dalam rangka pengadaan maupun selama penggunaan. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel selama pengoperasionalannya memiliki nilai yang lebih tinggi (ekonomis) dibandingkan dengan harga pada saat pengadaannya, memiliki teknologi yang tinggi/maju. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel harus merupakan produk terbaru dengan menggunakan teknologi yang terbaru/tidak ketinggalan jaman, mudah dalam dukungan dan pengadaan materiel. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dalam proses pengadaan suku cadangnya harus dapat terpenuhi sampai dengan habis masa pakainya (Life of Time), memiliki usia pakai yang relatif lama. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel harus dapat digunakan minimal selama 10 tahun,“ ujarnya dengan penuh semangat dan inspiratif.


Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa yang perlu menjadi pertimbangan dalam persyaratan taktis terhadap syarat syarat teknis Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel meliputi aspek intelijen, di mana unsur keamanan dan kerahasiaan harus dipertimbangkan, dari aspek operasional, unsur penggunaan, mobilisasi, dan pemeliharaannya harus mudah karena orientasi penggunaan Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel ini adalah untuk satuan khusus. Selain itu aspek personel, unsur kenyamanan dan keamanan bagi prajurit pengguna juga harus diutamakan termasuk dari aspek logistik unsur pembekalan dan pendistribusiannya, sehingga yang menjadi persyaratan taktisnya adalah memiliki ketelitian tembak tinggi.

”Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dapat memberikan akurasi penembakan yang baik, tahan terhadap pengaruh lingkungan. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitarnya, mudah dalam pembawaan, pemeliharaan dan pelayanan. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dapat dengan mudah digunakan oleh prajurit baik dalam pembawaan, pemeliharaan dan saat dioperasionalkan tahan terhadap goncangan. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dapat menahan goncangan terbatas saat bergerak dan akibat adanya benturan ringan saat pembawaan, mudah saat bongkar pasang tanpa alat khusus. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dapat dibongkar pasang tanpa menggunakan alat khusus, aman dalam penggunaan. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel dapat memberikan keamanan pada saat dioperasionalkan oleh prajurit, Memiliki jarak efektif relatif jauh. Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel masih dapat menembak sasaran dengan tepat dengan memakai alat bidik optik yang melekat padanya,” pungkasnya.


Dalam uji coba Prototipe Senapan Sniper Kaliber 20 mm Anti Materiel hasil kegiatan Litbanghan Dislitbangad, Tim Uji Mayor Cpl Edi Suwarno menjelaskan pelaksanaan pengujian dengan aspek-aspek sebagai berikut, pertama, materi uji aspek konstruksi dan perlangkapan merupakan persyaratan rancang bangun Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel seperti berat, dimensi, tipe dan lain-lain. Kedua, materi uji aspek kemampuan, merupakan persyaratan yang menggambarkan nilai guna materiel tersebut pada saat digunakan untuk melaksanakan tugas pokok satuan. Ketiga, materi uji aspek Kelancaran Kerja merupakan persyaratan yang berkaitan dengan tidak berfungsinya penggunaan Prototipe Senapan Sniper Kal. 20 mm Anti Materiel baik dalam kondisi normal maupun kondisi ekstrim seperti tahan terhadap pengaruh cuaca dan medan serta daya tahan pada penggunaan terus-menerus maupun perlakuan kasar terbatas. Keempat Materi uji Aspek Insani, merupakan persyaratan yang berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan terhadap personel pengguna pada saat materiel dibawa mobilitas maupun dioperasionalkan.

Hadir dalam Uji Coba Prototipe Senapan Sniper Kaliber 20 mm Anti Materiel hasil kegiatan Litbanghan Dislitbangad antara lain Paban III/Litbangasro Srenaad, Paban IV/Binsisops Sopsad, Kasubditbinsiapsat dan Alutsista Sdirsen Pussenif Kodiklatad, Kapal Kopassus, Kasubditbinjat Optronik Sdircab Puspalad, Kadislaikad, Kaliti Dislitbangad, Pa Ahli Matut Dislitbangad, Kasubdismat Dislitbangad, Kalab Dislitbangad dan Mitra Kerja Indhan terkait dari PT. Pindad (Persero).

(DislibangAD)

57 komentar:

  1. Pertamax


    Vita Lendir Berapi Senapang Alien

    BalasHapus
  2. Waaah....
    Lagi hebat Vita berapi...

    Wakakakakakakakk

    BalasHapus
  3. EMANGNYA SEBELAH 🀭🀭🀭

    BalasHapus
  4. KL tak pernah sembang kalo cuma semacam ini, rileks aja, tak pernah ramai riuh, tak pernah membanggakan...


    (karena emang tak pernah bisa bikin)

    Wakakakakakkkkkkkkak

    BalasHapus
  5. Anti material hemm bisa jebol HMaV tarantaula gak yaπŸ•·πŸ•·πŸ•·

    BalasHapus
  6. Klo KL sebelah jago buat Kondom Unisex peluru cairπŸ˜ƒπŸ˜

    BalasHapus
  7. Ribuan kapal cina masuk Beting ali malon diam saja, ayam sayur

    Malon senang dikontolin umngok bangla n cino

    Kahkahkah

    BalasHapus
  8. Stride sdg buat prototype senapan 120 mm

    BalasHapus
  9. Vita Berapi untuk perang Saudara kat Planet Namex antara Piccolo vs Dende


    Jiahahahahahhahahha

    BalasHapus
  10. Bila banyak tupai mati gelak di kalimantan adalah tanda tanda ATM menginvasi dengan Vita Lendir Berapi

    BalasHapus
  11. Ciew...Ciew...Ciew...Ciew...Duar..Duar


    Bunyi Vita Lendir Berapi Pasukan Thanos


    BalasHapus
  12. Dislitbangad-Pindad Uji Coba Prototipe Senapan Sniper Kaliber 20 MM Anti Materiel

    --------------------

    20 mm..gde amat!
    nembak apc si GEMPI bolong donk,
    apalagi nembak orang, jejer 10..sundel bolong donk haha!♻♻♻
    buat nembak si LeMeS bisa auto tenggelem yak haha!✅✅✅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempita max cuma tahan 14,5 mm om pal.

      Kena 20mm ya jebol... Wkkwkwwkkkkk

      Hapus
    2. owh bukan mleleh om tupz, kiraiin pk bahan alumunium haha!♻♻♻

      Hapus
  13. Gempurwira

    Tahniah Tentera Udara Filipina.
    Mereka kini mengoperasikan helikopter penggempur ATAK buatan Turki.

    Buat masa ini, kita masih menunggu helikopter MD350G dan harapnya sempat tiba bila Tentera Sulu datang menyeberang ke Sabah.

    Bak kata pepatah, biar lambat asalkan selamat.
    Warga GW, jangan buat posting bukan-bukan.

    Malon halu heli kecik, heli kecik dah terbang di alam ghoib

    Kahkahkah

    Sign 2016 mana barangnya guys

    Kahkahkah

    BalasHapus
  14. VITA BERAPI lbh hebat bisa keluarkan api beneranπŸ˜€πŸ˜ƒπŸ’₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
  15. woow.. uji prototipe..

    berarti aseli buatan anak bangsa..
    RI gitu loh

    BalasHapus
  16. Heli Ogos kapan datangnya?
    Kesian blm datang juga...
    sekali-kali pengen lihat jiran bahagia walaupun punya heli sebesar kinder joy

    BalasHapus
  17. HELI TELUR di tembak pake senjata sniper 20 mm ini kira2 jadi.apa y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya berubah jadi heli telur ceplok...WKWKWKWK πŸ˜πŸ˜πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    2. Pakai SPR 2 pasti rontok, apalagi pakai ini πŸ™‚

      Hapus
    3. aseli ngakak guwe haha!✅✅✅

      Hapus
  18. Ini cukup untuk menghancurkan tank perisai malay tak perlu pakai rudal anti tank karna Indonesia tw tank perisai malon hanya gunakan besi rongsok ambil dari sampah mobil🀣🀣

    BalasHapus
  19. Manakala geng malon hanya bisa BUAL DAN LAWAK guyss...BWHAA...HAHAHA...HA

    BalasHapus
  20. Balai litbang TNI AD semakin giat lakukan pengembangan produk sesuai kebutuhan TNI AD,,kalau bikin senapan PT.PINDAD memang wokey!πŸ‘πŸ˜Ž

    Yang belum ok boleh main kat PT.PINDAD

    BalasHapus
  21. Klo di pke buat bolongin PENDEKAR kyk'e berlebihan deh,, klo Tank pendekar cukup di pentungin ama satpam komplek aja dah pada penyok,,πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™Š

    BalasHapus
  22. https://www.grid.id/read/04878007/vb-berapi-lp06-senapan-berdesain-buruk-dan-konyol-buatan-malaysia-yang-jadi-olok-olokkan-dunia?page=all


    Peluru Vita lendir berapi bisa pusing pusing bumi sebelum menembus sasaran dubur

    BalasHapus
  23. Yang bina Rifle berdesain aneh tepi sikit Wkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  24. Msh kalah seram dg senapan vita berapi api....1 proyektil peluru yg d tembakkan bisa nembus 50 tank yg berjajar





    TAPI BO ONG xaxaxqxxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  25. Vita berapi itu rancangan orang Rusia yang tinggal di Negeri Malon, namanya Viktar....mentang mentang orang Rusia diminta desain padahal Profesinya tukang mainan anak anak...naaah khan kena PRANK deh...desainnya menggetarkan jagad Alutsista Internasional...WKWKWKWK πŸ˜πŸ˜πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  26. Balasan
    1. Gempork lagi "ngoroki knalpote" mas.....Ben lantas suarane jarene 😷

      Hapus
  27. Type 31 / Inspiration-class frigate main specifications:

    Displacement 5,700 tons
    Length 138.7 m (455 ft 1 in)
    Installed power
    4 × Rolls Royce/MTU 20V 8000 M71 (8.2 MW) diesel engines
    4 × Rolls Royce/MTU 16V 2000 M41B (900 kW) generators
    Propulsion CODAD configuration, two shafts
    Speed 28+ knots
    Endurance 9,000 nautical miles
    Complement 80 to 100 sailors (accommodation for up to 160)

    Type 31/Inspiration-class frigate weapons systems:

    TACTICOS combat management system
    12x VLS for CAMM/Sea Ceptor surface to air missiles
    1x 57mm (Bofors 57Mk3) main gun
    2x 40mm (Bofors 40Mk4) secondary guns
    Hangar and flight deck for a Wildcat or Merlin helicopter

    --------------------

    konfigurasi AH-140 britis gaesz,
    dikita senjata ama sensor bisa beruba,
    tp cms sama, soalnya arrowhead 140 kerjasama 3 konsorsium yak. thales, babkok ama bmt.

    nah buat heli paling cuco merlin alias AWEWE101 yaaa, wildket kekecilan, uda ada panther yg gedean sesuai nama haha!✅✅✅

    babkok britis aje baruw potong besi 23 september 2021,
    target launching kapal pertama 2023,
    target selesai pesanan 5 bijik 2028,

    moga2 pt pal gak lama lagi nyusul,
    kalo kalo babkok prediksi 2023, mungkin kapal pertama dr pt pal jgk sama gaesz
    kapal kedual kelar 2026

    jadi kleian siap2 hepi hepi gaesz, 2 taon lagi gak lama kok..KAPAL PERKASA kita hadeeeerrr...

    yg kesian LCS jiran kesayangan sebelah..2025!
    itu pon CACAT kerna SALAH FOTONG, langsung 6 bijik pulak haha!⛔⛔⛔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal


      Kalau liat spek dari pt.pal kayaknya AH-140 kita lebih garang senjatanya...

      32xVLS LR-SAM.
      24xVLS MR-SAM.
      16xVLS LACM.
      2x CIWS.
      2x AUTOCANNON.
      1x main guns 76mm
      6x LIGHT TORPEDO.


      si LeCeS malon bakalan minder ketemu ama AH-140 kita nanti

      Hapus
    2. Inget ya......AH-140, bukan FREMM, apalagi MONAMI 😏

      Hapus
    3. Tapi sebelah juga masih nyaman di lorong mimpi nak kapal MRSS yang tak kunjung wujud, ktinggalan dgn Myanmar dan Philipina


      Ngoahahahahahaaa πŸ˜€

      Hapus
    4. klo senjata ama sensor emang beda om acno, kan uda guwe tulis diatas.

      perannya beda,

      AH-140 britis utk GPF-general purpose frigat
      -gak pake HM sonar, tapi ada torpedo loncer haha!❎❎❎
      -kebalik ama daring, ada sonar, torpedonya loncernya gak ada haha!❎❎❎
      2 kelas ini ngandelin heli asw.

      klo type 26 ini baruw dediketit ASW andelan britis dimasa depan buat gantiin type 23

      gak tau britis bedaiin gt.

      ---
      dikita
      AH-140-INDO katanya sich buat AAW
      konfigurasinya beda ama britis,
      pake HMS kyk iver aseli.

      Hapus
    5. kombatan

      klasifikasi britis,
      destroyer/type 45
      frigat ASW/type 26
      frigat GPF/type 31
      OPV

      klasifikasi osi
      destoyer hobart
      frigat hunter
      OPV

      klasifikasi kita donk rame haha!♻♻♻
      -AH-140-INDO
      -VS
      -REM
      -Bung TOMO
      -SIGMA
      -fatailah
      -parchim
      -OPV-kelas baruw
      -KCR

      banyak euyyy
      ini blom FREMM-INDO, mogami haha!♻♻♻

      mungkin dimasa depan,

      buat kombatan

      AH140-INDO-AAW
      FREMM-INDO-ASW
      GPF-MOGAMI

      KORVET
      REM+bung TOMO+SIGMA
      OPV-kelas baruw
      KCR

      mayan bekurang kan haha!✅✅✅

      Hapus
    6. wah ktinggalan maistrale haha!❇❇❇
      doi gabung FREMM-INDO tnang gaesz

      Hapus
    7. si BALON KONENG KL ituw ktemu KCR aja minder om acno...lahh takde rudal kuo, tulisan doank barangnya NOL haha!⛔⛔⛔

      Hapus
  28. Tuuuuh...PUSPENERBAL ditawari untuk beli DRONE COPTER LX-300 ( 2 rotor ) buatan General Dinamics....kalau negara punya uang memang banyak didatangi produsen Alutsista menawarkan produk....kalau tetangga sebelah ditawari juga ngak yaaa ? πŸ™‚

    BalasHapus
  29. Katanya bisa dipersenjatai, mungkin pakai rudal LMM buatan THALES πŸ™‚

    BalasHapus
  30. KESIAAAN...

    Unknown20 Februari 2021 15.33
    Sejujur aku kate
    Tak tau nak kata apa. Apak aku pencen th 84 sekarang umur apak aku 78 th.
    FAC FAC itu semasa dia dalam pengkhidmatan.
    Ni kalo aku bagi tau apak aku cem mana dia mau pandang.
    Dah pasti sedih dia tu
    Cem mana anak muda mau masok tentara
    Takutlah dia lihat besi burok macem tu.
    Nak retrofit mrk bilang pun
    Cem mana retrofit umur sdh sm dgn apak aku.
    RMN mahu beli baru
    Sayangkan duit tiada
    Yang ada malah orang merepek kat sini
    Merepeklah sama mentri
    Mintalah tambahan bajet
    Ni bukan masa malaysia berjaya th 2000

    Azizul Rahim
    firstly cuba kita teropong poket kewangan negara.
    ada ker dananya atau setakad sembang sahaja.
    hari ini pun kita boleh nampak ekonomi kita bukannya berada dlm keadaan selesa.. nak beli vaksin covid pun terpaksa pinjam duit tabung pencen.

    Azizul Rahim
    sembang melayu.. patutler la nie asset ATM kita hebat hebat 🀣🀣🀣
    jiran dah guna apache. kita masih lagi kial kial dengan MD 530g 🀣🀣🀣
    itu kira sembang orang kaya ler tu..

    BalasHapus
  31. Gempita yang mudah Rosak dan kurang berkualitas pon tembus kalo pakai ini.

    BalasHapus
  32. Sanggup sekali menembus lapisan armor gempita yg masih stanag 1, apalagi lapisan armor Adnan


    Woiii apa ini....:

    Asraf Weld
    Sebagai krew 8x8 av8 gempita, aku rase kualti fnss pada av8 gempita x bagus, sblm diliver ke army pn beratus2 kerosakan berlaku, selepas diliver pn setiap bln sentiasa ade kerosakan

    Mohd Firdaus MU
    Asraf Weld Betul boss org yg bawak bnda nie je tahu..abg aku pun 19md mek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bwahahahaaaa gempita hanya menang penampilan, sosoknya bongsor, belum pernah uji ledakan dgn Periuk api πŸ”₯

      Hapus
  33. Jadi kembang api di udara πŸ˜€

    BalasHapus
  34. "VITA BIRAHI HOME MADE MALON"

    SANGAT MENAKUTKAN JIRAN

    BalasHapus
  35. Malon..malon..mana hizir malon tak tembak pake 20mm..modar gak ya..??

    BalasHapus