01 Februari 2018

Bermasalah di Sistem Senjata, F-35 AU Australia Belum Siap Tempur

01 Februari 2018


RAAF F-35 Lightning II (photo : Aus DoD)

CANBERRA, KOMPAS.com - AU Australia menghadapi masalah dengan jet-jet tempur F-35 Lightning II yang dipesannya dari Amerika Serikat.

Pesawat-pesawat canggih itu dinyatakan tidak siap tempur karena tidak bisa menembak sasaran dengan tepat.

Sejumlah laporan awal menyebut, saat ini tim teknis sedang memeriksa masalah di pesawat tersebut mulai dari mekanisme penguncian sasaran hingga ke perangkat lunaknya.

Menurut harian The Australian, pemerintah Negeri Kanguru telah membeli 100 buah pesawat F-35 Lightning II dari perusahaan Lockheed Martin dengan biaya total 17 miliar dolar AS atau sekitar Rp 227 triliun.

Masalah ini terungkap dalam laporan tahunan Direktur Evaluasi dan Tes Operasional Kemenhan AS yang dirilis awal tahun ini.

Laporan itu menyebut uji coba pesawat-pesawat canggih itu, yang amat penting untuk kesiapan tempurnya, kemungkinan akan ditunda.


RAAF F-35 Lightning II (photo : RAAF)

Meski jet-jet itu sudah lulus ujian struktur dan daya tahan, tetapi laporan tersebut mengatakan, masih diperlukan serangkaian uji coba.

Sejumlah uji coba itu misalnya kemampuan operasional, sistem perangkat lunak, integrasi senjata hingga kerapuhan balistik.

Lebih jauh, laporan itu memperingatkan bahwa F-35 Lightning II masih memiliki 213 kelemahan yang belum bisa diatasi, termasuk dalam sistem persenjataan.

Kelemahan dalam sistem persenjataan ini termasuk "error" dalam memperkirakan jarak sasaran, tidak ada konfirmasi kordinat sasaran tembak, serta masalah dalam sistem penguncian sasaran elektro-optik.

Pada Februari tahun lalu, ditemukan masalah antara posisi helm dengan garis pandang pilot. Meski bisa diatasi , masalah ini membuat pengiriman jet-jet tempur itu tertunda.

Laporan tersebut menambahkan, masalah lain adalah terkait sistem penguncian sasaran yang bergerak.

Dalam demonstrasi, akibat masalah ini pilot tak bisa memastikan kordinat sasaran karena persenjataan pesawat ini mengarah ke sasaran yang salah.


RAAF F-35 Lightning II (photo : Mick Clarke)

Masalah lain adalah terkait keselamatan pilot saat dia harus melontarkan diri dari kokpit di saat darurat.

Sebab, pilot dengan bobot tubuh di bawah yang ditetapkan tak bisa menerbangkan pesawat ini karena helm yang berat dikhawatirkan bisa mengakibatkan cedera fatal saat mereka harus melontarkan diri.

Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata Australia mengatakan, sudah mengetahui laporan tersebut tetapi dia tetap yakin jet-jet tempur canggih itu bisa digunakan tepat pada waktunya.

"Dua pesawat F-35 pertama akan berbasis permanen di Australia mulai Desember tahun ini," ujar sang juru bicara seperti dikutip harian The Australian.

Seluruh jet pesanan AU Australia itu diharapkan sudah bisa dioperasikan pada 2023. 

(Kompas)

32 komentar:

  1. Bikinan mbah-nya fifhter aja masih ada problem, apalagi bikinan anak kemarin sore... :D

    Tapi mungkin level 'canggih-nya' si mbah beda ama level 'canggih-nya' anak kemarin sore...

    Xixixixi... ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak kemarin sore kan anak anak zaman now.. isinya nekat alias bonek.

      Hapus
    2. Betul mas,
      Nekat aja sรจrรจt gini apalagi gak nekat...xixixi..

      Banyak doa & aminin aja daaah.. :)

      Hapus
    3. nahhh.. kalau si anak kemarin sore ga pernah mencoba "membikin", selamanya dia tidak akan pernah naik kelas.

      maju terus IFX !!!

      Hapus
  2. f35 itu sangat lemah manuver dogfight..,,,jadi cara mengalahkan ya pesawat harus punya stok flare yg banyak...kalau rudal f35 sudah habis,.,,dikejar pake kanon aja juga koit....dengan f16 aja kalah secara manuver...,makanya kalau ada pesawat biasa yg bisa diatas 2,5 mach habis dah f35

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dilawan pake sutuc bijimana bro...??

      Hapus
    2. Di kanon menang sutuc laah..
      Menangan B-25 jadul juga kok..

      F-35 cuma sebiji kanon doang..
      Sutuc 2 kanon, B-25 jangan ditanya...

      Hwekekekeek... :D

      Hapus
  3. Benar kan F 35 tuh masih banyak masalah...Oleb sebab itu singapore aja masih pantau belum cocok untuk di beli...Kalau kita lebih baik beli Su 57 aja daripada beli F 35..hehhehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. mrk blum siyap pindah sistem lg, negrinya om ben lagi bokek om tupez, maren kan abis nambah pespur baru mesin 2 ama apgred radar2 palkon haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      garasi uda gak cukup masa mo buat parkir tingkat haha! apalagi, jumlah pespur mrk aja uda melebihi area terbang buat jet tempur supersonik haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“
      artinya, kudu jual ato hibah dolo.

      diluar faktor diatas, kbutuhan akan pespur model bgini buat apaan yak, dari kita uda kliatan tanpa radar jugak haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰
      tp kalo dari basis mrk di luar pulau laen critanyo. wah kudu py s300 & s400 & nassams yg banyak kita om, pasang di batam ama bintan langsung diyem tuch haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
    2. kalo kita ifx dulu dech dibnerin, modelnya uda cakep om haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      mnurut guwe, pespur steatlh lama2 tergantikan ama pespur yg bisa teleport haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ& tanpa supir eh pilot haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
    3. f35 tu barang stealth om palu..Di asean belum ada..klu sing beli,pasti mereka dituduh menyebabkan ketidak seimbangan kawasan...jaDi mereka tunggu tniau beli su35 dulu. baru mereka gak dipersalahkan...

      klu om Ben maunya cepet..katanya bisa buat ngintip janda..gak bakal ketahuan..tapi klu sampai ketahuan..tuh janda tetep gak bisa berbuat apa2 juga..pasrah aja dirudal..hahahaha

      Hapus
    4. huss hhhusss sensorrr..sseensoorrr 21 taon keatas ini, ngeriiih haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  4. Kalau baca2 di website luar beberapa problem F35 adalah :

    - Single Engine.. gak paham juga korelasinya kalau melihat F16 pun single engine tapi tetap kuat dorongan enginenya. Case single engine ini pula yang menyebabkan kemampuan F35 tidak akan pernah bisa menyamai F22 Raptor

    - F35 dibuat atas kompromi bersama2 antara angkatan udara dan laut amerika, selepas memiliki F22 AU sudah memiliki pesawat superioritas udara, F35 dijadikan pesawat multirole dengan desain yg mengakomodir kemampuan serangan darat dan udara (mirip case kenapa beda hasil manuvernya antara SU27, SU30, SU24, SU35 padahal base hampir sama).

    - Senjata di teluk internal meski menjadi point penting dikemampuan stealth tetapi ikut mempengaruhi aerodynamic secara keseluruhan dan tidak selincah SU35 yang masih menggunankan slim type desain meski senjatanya ada diluar dan tidak stealth.

    - Makanya para pakar pesawat sudah mewanti wanti jangan sampai SU35 bisa melewati hadangan BVR sistem dari F35, karena bila SU35 sanggup lolos dari strategi utama F35 (BVR) maka akan masuk perangkap WVR dan DogFight yang diatas kertas dan hasil simulasi jauh lebih unggul SU35 daripada F35. Coba saat dogfight jarak dekat, pilot SU35 tinggal lock, push button, dan wussh... missile release.. bandingkan dengan F35, saat pilot ngelock, push button, gak bisa langsung wushh... tapi jeda sekian detik nunggu internal bay nya kebuka... kan rudal2nya gak ada yang ditaruh disayap ?... :-)

    Makanya summarynya untuk saat ini, sampai suatu saat SU35 bisa mendeteksi kehadiran stealth radarnya (kira2 3 - 5 thn kedepan mungkin semua pesawat stealth akan bisa kedetect) :

    - SU35 vs F35 in BVR mode, SU35 Nightmare
    - SU35 vs F35 in WVR mode, F35 Nightmare
    - SU35 vs F35 in Close Dogfight, F35 Worst Nightmare

    :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau F35 vs Sutuc saya malah kesian pilot F35nya mas..

      Menang ora onok seng dibanggain, Kalah isine ora ketulungan nganti tujuh turunan.. hahahahaha

      Nek Pilot Sutuc malah Easy Going dan nothing to loose, makanya saya ngejagoin Sutuc kalau ketemu sama F35, soale bawanya lepas gak deg deg an kayak pilot F35, pake F35 banyakan setres dan beban tinggi moralnya jadi gak konsen dogfightnya wakakakakaka

      Hapus
    2. Hwakakakak...

      Kalo sutuc kena AAM, pilot bail out, balik pangkalan malah bangga yo mas, ditanggap crito karo kancane...

      Xixixixi..

      Hapus
    3. Ya mas Sutuc kena AAM F35 bisa jadi bahan obrolan sambil ngopi2, nah kalau F35 yang kena canon dari Sutuc, begitu balik ke pangkalan pilot F35 nya langsung bikin surat Resign pengunduran diri materai enam ribu mas..

      Alasane... gak kuat alamat bakalan dibully temen2nya seumur hidup...
      hahahahahaha

      Hapus
    4. enjin satu supaya mengurangi sinyal panas & hemat bbm.

      dan kyknya blom perna ada mesin kembar yg bisa vtol yak, pdhl kalo dibikin pd proyek ini, maka dana selangit ituw terbayar lunas buat pendonornya haha! ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰ kalo cmn mesin satu uda dari guwe blom nongol mereka uda punya teknologinya haha!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    5. Yup F35B ngambil teknologi lawas punya Rusia Yak series mas.. lupa angkanya..
      Berhubung Rusia krismon akhirnya blueprintnya pindah ke Amerika, makanya mirip.

      Tapi Amerika kena karmanya mas..
      saat F16nya dibikin project Lavi dengan Israel gak diterusin data blurprintnya bocor ke China yang bukan project J10 hahahaha sukurr..

      Hapus
    6. Klo ga salah YAK -141 Om S...klo ga salah loh om...

      Hapus
    7. kadang sengaja dibocor2in, biar ntar pentagon ada "proyek baru", kan bosen amrik slalu didepan kalo urusan angkasa begini. gepnya kejauhan om super๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰.
      banyangken urusan stealth mrk uda katam dari 90an, ampe skr negara laen ada sich tp blom pede loncing2nya haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
    8. Kalo setahu saya fungsi F35 hanyalah "SNIPER"..jadi sebagai fire supporte..dia akan memanfaatkan Stealth nya..kalo ifantrinya ada 2.mungkin pake pespur fighter pada umumnya,atau pakai F22,kalo perlu cukup F16 sebagai bumpernya..jadi mengapa F35 cukup di single engine..dan minim dogfight..tahu2 ada lock,tembak sebagai tambahan salvo..gitu kerja teamnya..

      Hapus
    9. Siap mas, thanks tambahan infonya.

      Makanya banyak analis barat yang bilang F15, SU30 sudah bisa menghajar F35 saat dogfight, mereka menyandingkan kemampuan F35 saat dogfight dengan sekelas F16 saja mas.

      Hapus
    10. Saya pilih Sutuc yg menang lawan F 35..sutuc terbang low level diantara rimbunnya hutan belantara..bisa stealth jg sutucnya...lalu F 35 kecarian sutuc ikut terbang low level..kemudian di hajar canon sutuc...klepek2 F 35...wkkkwkkkkk

      Hapus
  5. Yak Ini lah alasan utamanya kenapa AS meradang Turki beli S400, ternyata akan berpengaruh terhadap F35nya :

    "Washington protes karena sistem pertahanan canggih Rusia itu bisa membongkar rahasia kecanggihan pesawat-pesawat jet tempur siluman AS yang dioperasikan Ankara. Jika itu terjadi, maka keuntungan besar akan diperoleh militer Rusia"

    http://militermeter.com/amerika-ancam-turki-jika-beli-sistem-rudal-s-400-rusia/

    Emang US gak bakalan seneng kalau Rusia jadi cepet pinter... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ampe s400 bisa menekuk f35, proyek 1,5 trilyun dollar kan jadi basi om super. opa trumpet bisa kena fentung negara2 donor proyek pespur simulan eeh siluman ini haha!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Hapus
    2. Hehehehe...

      Seperti yg saya pernah singgung karena China memiliki pesawat stealth sudah pasti development radarnya akan dituning maksimal untuk dapat mendeteksi pesawat stealth miliknya sendiri dan hasilnya sudah keliatan.

      Dari laporan intelejen amerika infonya pesawat KJ-600 dan radar SLC-7 China sudah berhasil mendeteksi F22 dan F35 dari jauh, artinya istilah pesawat Stealth suatu saat akan tidak berlaku lagi karena semua negara suatu saat akan memiliki radar anti stealth.. its only a matter of time... :-)

      So.. percuma kan beli pesawat stealth ? wakakakakakaka

      Hapus
    3. Nah,Vote sutuc lah 5 skuadron.

      Ntar lagi Embraer diakuisisi Boeing tuh..masadepan cerah.

      Hihihi...

      Hapus
    4. Pesawat kitiran emang yahut yo bro...
      Sutuc kui multirole iso digawe ngintip janda mandi loh...
      keh keh keh...

      Hapus
    5. crita ttg tukino yg bikin pentagon luluh ama pesawat baling2 bamboo haha!๐Ÿค ๐Ÿค ๐Ÿค 

      https://motherboard.vice.com/en_us/article/8qxzyv/low-and-slow

      Hapus
  6. ada yg lebih ganas dibanding supertucano....p mustang

    BalasHapus