14 Februari 2019

Kemendag Ajukan 16 Komoditas untuk Dibarter Sukhoi

15 Februari 2019

Pesawat Sukhoi Su-35 (all photos : Sputnik)

Pesawat Sukhoi Dibarter Kopi dan Karet, Rusia Tak Kunjung Setuju

TEMPO.CO, Jakarta - Realisasi pembelian pesawat tempur Sukhoi SU-35 terancam terlambat lantaran daftar komoditas imbal beli yang diajukan Indonesia belum kunjung disetujui oleh Rusia.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, saat ini Kemendag telah menyampaikan daftar komoditas imbal beli Sukhoi SU-35 dari RI kepada Rusia.

Dia menyebutkan, setidaknya ada 16 komoditas yang diajukan sebagai komoditas barter dengan Rusia, di antaranya berupa minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya, karet, biskuit, dan kopi.

“Kami sudah ajukan daftar komoditas dan draf tata kerja kelompok kepada pihak Rusia. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian dari Rusia apakah mereka menerima komoditas yang kita ajukan apa tidak?” ujarnya Rabu, 13 Februari 2019.

Oke melanjutkan, dalam kerja sama dagang tersebut, Rusia diwajibkan untuk membeli komoditas asal Indonesia sebesar 50 persen dari nilai pembelian Sukhoi tersebut. Dia mengatakan, total nilai pembelian untuk 11 unit alat tempur tersebut sejumlah US$ 1,14 miliar di mana kontribusi dari imbal beli mencapai US$ 570 juta.

Menurutnya, selama ini Pemerintah RI terus menunggu kesediaan dari Rusia terkait dengan komoditas yang ditawarkan itu. Dia mengklaim, komoditas yang diajukan oleh Indonesia telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar di Rusia.

Adapun, pada tahun lalu, Indonesia sempat mengajukan 20 komoditas yang akan dipertukarkan dengan Rusia. Namun, beberapa komoditas yang diajukan ditolak oleh Rusia lantaran telah diproduksi oleh Rusia. Dia menyebutkan, salah satu komoditas yang diajukan Indonesia tetapi ditolak oleh Rusia adalah seragam militer.

Sementara itu, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Pertahanan Totok Sugiharto mengatakan, kontrak pembelian seharusnya sudah efektif pada Agustus 2018, sehingga dua dari 11 pesawat yang dipesan pemerintah bisa masuk Indonesia pada tahun ini.

Namun, lanjutnya, dengan masih terjadinya proses pembahasan mengenai komoditas yang dijadikan imbal dagang antara Indonesia dengan Rusia, target tersebut terancam molor.

“Urusan mengenai spesifikasi pesawat sudah selesai di kami. Kalau di Kementerian Perdagangan (Kemendag) sampai saat ini masih tertahan dalam hal kesepakatan komoditas yang dijadikan imbal beli, maka besar kemungkinan Sukhoi yang kami pesan terlambat datang,” katanya Rabu, 13 Februari 2019.


Kedatangan pesawat Su-35

Dia mengatakan, proses pembelian Sukhoi masih cukup panjang. Menurut Totok apabila kesepakatan kesepakatan mengenai komoditas imbal beli antara Rusia dan Kemendag RI telah terjadi, proses selanjutnya adalah penetapan transaksi antarnegara oleh Kementerian Keuangan RI.

Apabila transaksi kedua negara berjalan lancar, pesawat tempur dengan spesifikasi persenjataan lengkap (full combat) tersebut akan datang secara bertahap, yakni kloter pertama dua pesawat, lalu kloter kedua empat pesawat dan kloter ketiga lima pesawat.

Pengiriman kloter pertama itu, ditargetkan dapat dilakukan pada Agustus 2019 atau sebelum hari ulang tahun Tentaran Negara Indonesia (TNI) pada 5 Oktober.

“Untuk itu saat ini kami sedang menunggu perkembangan terbaru dari Kemendag. Kami harapkan segera selesai proses transaksinya supaya pesawat baru itu bisa segera kami gunakan untuk meremajakan armada kami yang lama,” katanya.

Dia menambahkan, kesepakatan awap pembelian 11 Sukhoi dengan skema imbal beli itu ditanda tangani ole kedua negara pada Februari 2018 lalu.

Hal itu tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rusia yakni Rostec dengan BUMN Indonesia PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero).

Terpisah, pengamat militer Al Araf mengatakan, keterlambatan tersebut seharusnya tidak terjadi jika sejak awal perjanjian kerja sama dagang kedua negara telah disiapkan secara detil. Dia mengatakan, Indonesia terlihat tidak siap ketika menyiapkan komoditas yang dijadikan imbal beli.

“Kalau sejak awal sudah siap, transaksi bisa berjalan cepat. Kami paham, imbal beli ini bentuk transaksi yang pertama kali dilakukan Indonesia, tetapi seharusnya disiapkan secara matang terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia mengatakan, keterlambatan itu akan menghambat proses peremajaan peralatan tempur udara Indonesia. Padahal, sedianya, Sukhoi SU-35 tersebut dijadikan pengganti bagi pesawat pendahulunya dengan fungsi hampir serupa yakni F-5 Tiger.

Sementara itu, Ketua Komite Tetap Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Handito Joewono mengatakan, niat awal dari transaksi berbentuk imbal beli tersebut cukup baik. Pasalnya, skema tersebut akan menguntungkan bagi kedua negara.

“Bagi kita skema ini akan membantu Indonesia membuka pasar ekspor ke Rusia dengan lebih mudah. Paling tidak, kesepakatan ini bisa menjadi awal bagi Indonesia mempersempit defisit neraca perdagangan dengan Rusia,” ujarnya.

Hanya saja, dia berharap perdagangan kedua negara tidak hanya berhenti pada transaksi Sukhoi SU-35 tersebut. Sebab, menurut dia, Rusia adalah pasar potensial RI yang harus terus dijaga dan dikembangkan.

(Tempo)

143 komentar:

  1. SINERGI ANTAR KEMENTERIAN LAMBAN... KEPUTUSAN LAMBAN.. KELEMAHAN DALAM NEGOSIASI TAWAR-MENAWAR... RENCANA DAN PROGRAM PENGADAAN SU 35 SELAMA 10 TAHUN GATOL (GAGAL TOTAL)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli alat perang kita memang ribet karena amanah UU. Kl defisit perdagangan besar kamu teriak teriak lagi. Serba susah kan

      Hapus
    2. kalo gatot mach, gak jadi kontrak keles haha!😬😬😬

      lagian kok pada brisik amat, sbnernya apa sich masalahnye hom pim pah? haha!🧐🧐🧐

      f-5 tiger dl proyeksinya pensiunnya 2020 buat yg program sabca. notis skuadron tiger gak smua diapgred kan. jumlah yg operasional pon tak banyak.

      kalo cuman mao ganti tiger doank, uda lebih dr 10 taon laluw beritanya bergema haha!😋😋😋

      lalu direspon dgn masuknya 24 bijik f-16 refurbis dr "anak menteng" haha!🤝🤝🤝
      ini proyek dulu(lagi)ktnya buat ganti tiger. malahan bonus 1 skuadron dgn dibukanya skuadron 16. dan skuadron 3 yg awalnya 10 bijik f-16 makin gemuk dgn tambahan f-16 c/d.
      bole dikata, uda gak usa kwatir khan haha!😎😎😎

      Hapus
    3. @paul bagio.. Lumayan lah masih ada negosiasi daripada bisanya minta brosur...

      Hapus
    4. kerna tni ituw gak bisa ditebak alias unik.
      nyatanya skuadron 14 tetap dipertahanken, pespur yg dipilih adalah sukhoi 35 nan jaya haha!💪💪💪
      sekali lagi masuknya pespur ini, mempertebal barisan pespur kitaaaa hore haha!💪💪💪

      2 ato 3 tahun laluw pendapat diatas uda guwe tulis sich disini, dikala dosen sebelah andalan om smiling cs. beredar disini, sang pengendara "kegelepan"😎 haha!🧐🧐🧐

      jaman ituw sama aje, sang dosen bahas soal keterlambatan pemilihan pespur baruw ame akibatnye bla..bla..blaaa..

      jurus guwe sich apanya yg mao ditunggu, lah tiap tahun masyuk, nape repot2 amat haha!😅😅😅

      klo proses pembelian mundur ampe 2020 pon gak masalah, kerna masa tugas tiger apgretan masi ada, masi dpt bonus pulak dr amrik haha!😎😎😎

      makanya disebelah beliau nulis, sambil diplintir alias di modif.
      bahwa sebenernya, emang gak perlu kontrak baruw, soalnya doi makin seneng. kalo mundur 2023 keatas, maenannya uda siyap berkompetisi ama sukhoi 35 haha!🤣🤣🤣

      kalo kontrak dipaksakan dibawah 2020, uda dipastikan jagoannya keok haha!😜😜😜
      dan ituw terbukti haha!🤣🤣🤣

      jgn lufa ini baruw taon 2019 lho om tralala trilili haha!😆😆😆

      Hapus
    5. dan sebenernya ada proyek..ituw tuch tp aaachh malyu aachh, rajia sich...biar ompol "akan" makin kefanasann haha!🤒🤒🤒

      Hapus
    6. Palu,

      Yang masuk itu bukan hanya 24 unit F16 refurbish lho, tapi kita dikasih pula tambahan 4 unit blok 25 c/d plus 2 unit blok 15.

      Jadi sebenarnya yang masuk itu 30 unit F16 (walau katanya 4+2 = 6 unit itu dipreteli untuk spare part tapi bisa dirakit pula jadi pesawat utuh khan ?)

      Sedangkan F5 tiger itu sebelumnya hanya dioperasikan 4-7 unit saja lalu digrounded semua.

      Jadi jika 7 unit F5 tiger yang tadinya jalan diganti 7 unit F16.

      Impas khan ?

      30 - 7 = 23

      Ditambah 10 F16 OCU


      23 + 10 = 33

      Dikurangi 2 (1 terbakar dan 1 lagi tergelincir).

      33 - 2 = 31

      16 ditaruh di RSN

      31 - 16 = 15

      Di fotonya mbak Sasandrie hanya ada 15 unit F16 di skuadron 3 Madiun.

      https://www.instagram.com/p/BtLSKL5FPUY/?hl=id

      Coba you hitung deh hidung F16nya.

      Hapus
    7. f-16 a/b=10
      refurbis(aktip)=24
      cadangan(non aktip)=
      1 tl
      1 kejungkir, upps haha!🤫🤫🤫

      10+24-1-1=32
      tahun ini ktnya yg kejungkir selesai diserpis, artinya bs dpt 33 bijik lg yak om woof2?

      saat ini aktif total 2 skudron(16 bijik + 1)

      bner gak itungan guwe nich maste haha!😎😎😎

      Hapus
    8. yak bner 15 bijik, yg satu masuk bengkel..kan lg copot mesin ituw kan om woof2 haha!🤓🤓🤓

      betewe, guwe perna ktemu lgs mbak sandri ntuw, dl hobinya nonton pespur diluar pager halim katanya, skrg jd org "dalem" wuiiih!haha😍😍😍

      Hapus
    9. beda bgt yaa ama om smiling uda puluhan taon maenin pespur kok cuman jd daleman doank, waks kabuuurrrr haha!😳😳😳

      Hapus
    10. Jadi sebenernya jumlah F 16 TNI AU berapa yach ? 😂😂😂

      ternyata udah lumayan modern to pesawat TNI AU itu

      Hapus
  2. yohohoho.. lancar jaya...!!

    Astros oohh astros.. haha

    https://lancerdefense.com/2019/02/14/tni-laksanakan-kunjungan-ke-pabrik-avibras-photo/

    3 KS lagi brooo..kahkah..

    https://lancerdefense.com/2019/02/14/indonesia-memasuki-tahap-akhir-negosiasi-untuk-kontrak-tiga-kapal-selam-lainnya-dengan-dsme/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto kunjungan pejabat TNI ke Avibras.. tuh dibelakang ada truk dengan loreng TNI AD.. apakah itu milik TNI kah..?? haha.. kan kemarin ada berita tahun ini akan datang 1 baterai MLRS ASTROS atau 6 unit peluncur.. xixixi..

      https://lancerdefense.files.wordpress.com/2019/02/tni-melaksanakan-kunjungan-ke-pabrik-avibras-sao-jose-dos-campos-sao-paulo-brazil-selasa-12022019-3.jpg?w=474

      Hapus
    2. jiaaahhh setres lagi, astross tetangga kesayangan kalah banyak ame kalah baruw haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Udah gitu kita peluru astrosnya dapat pula yang range-nya 300 km.

      Bisa tuh itu peluru nyebrang selat Malaka ke KL langsung menuju rumah Unknown.

      Hapus
    4. Poor malaydogsial always jealous 😁

      Kih kih kih

      Hapus
  3. lanjooot terus gan..!! haha..

    https://lancerdefense.com/2019/02/14/upacara-pemotongan-the-bulk-head-pertama-jet-tempur-kf-x-photo/

    BalasHapus
  4. Kayanya..krupuk ikan sudah di keluarkan dari daftar produk yg akan di barter dgn sukhoi..bagus lah klu indon sudah sadar...om putin alergic sama krupuk indon...


    wkwkwkwww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muka gak tau malu puak indon ni,miskin tp mau beli juga senjata,akhirnya memilih skema bater dan kredit ekspor

      Hapus
    2. Lebih baik pake barter pedagang krupuk, kopi, petani sawit bisa hidup sejahtera dari pada malon sok beli cash tp tak de wang 10 tahun program beli pesawat tak de realisasi hutang tambah banyak. You see where is an idiot? Malon thruly idiot asia

      Hapus
    3. Siapa keh yang barter pula dengan sawit untuk MKM ? Dan memaksa untuk ikut mission kat luar angkasa? Dan pada akhirnya 18 = 4 sahaja karena miskin takde wang nak beli spare parts kanibal Sukhoi? Bicth up lon, aku rasa kau harus banyak membaca sejarah.. Tapi aku tau jika media malon sangat dikekang oleh kerajaan sebab tu perss di malon tak independent dalam menyampaikan berita.. Tidak boleh kehebatan negara lain yang dapat membuat stroke hati malon di publish maka dari tu inilah hasil propaganda pemerintah malon.. Kita lihat saja sabah dan sarawak pada akhirnya sadar jika selama ini mereka ditipu malon. Dan sekali lagi ya, SEJARAH MENCATAT Jika Setiap wilayah yang melepaskan diri dari NKRI menjadi miskin seperti Timor Leste yang pada akhirnya Australia mengusik kehidupan negara nya sebagai timbal balik membantu kemerdekaannya, dan Timor Leste pun meminta tolong ke China untuk mengurangi pengaruh Australia dan jadilah digadaikan China negara Timor Leste same with malon. Sedangkan sejarah mencatat jika ada yang melepaskan diri dari persekutuan malon menjadi lebih kaya (rich) macam Singapore dan Brunei, berarti dapat disimpulkan jika menjadi bagian dari malon merupakan kutukan. Dan saya mendukung penuh sabah dan sarawak untuk merdeka dari malaydumb!!!

      Hapus
    4. Apahal Malaydogsial miskin pon barter sukhoi pakai sawit 😁

      Hapus
  5. Breaking News!

    Another sad story for Indon after plastic kfx!








    Kikikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiran countries buy airplanes and submarines poor Malaydogsial just buy a small boat tong tong engine 😁

      Kih kih kih

      Hapus
  6. Better feed you poor people that starvation rather than buy this aircraft in first place

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia buy Sukhoi Su35
      Poor malaydogsial low IQ jealous, because only buy a small boat tong tong engine for fear jellyfish 😁


      Kih kih kih

      Hapus
  7. sila koar koar ruk.. bebas gak ada yg bales... 😁

    BalasHapus
  8. ingin menghina KAMI sampai begadang larut malam.... oh kesian kalian malon malon dongo...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. @paul..tak apalah, kalau Godwin class malon cem mana?

      Hapus
    2. bodo nanan...😁

      yang penting beli dan nyata barangnya.... daripada cuma bisa hayal.... oh sakitnya..😁😁

      Hapus
  9. Malingsial terus menghibur diri.
    Dengan bangganya menjadi budak british.
    Woi...malon sadar ga klo kau blm merdeka....???
    .
    Kah kah kah....
    Tengok dulu pemimpin kau udh tua kau paksa kerja.
    .
    Udah berapa coin yg kau dpt...??
    🤣🤣🤣🤣🤣


    BalasHapus
    Balasan
    1. SATU LAGI PROJEK AKAN POOR INDON!

      Hapus
    2. Ini yg pasti dan bukan akan....WTF 999years as british's slave xaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌 hail Malon gedibal!!!!!!!! Sekali Malon gedibal tetaplah gedibal xaxaxaxaxaxa....

      Hapus
    3. Poor malaydogsial AKAN project 😁

      MRCA Cancel
      LCA Cancel
      MPA cancel
      MRSS Cancel
      Little bird tak jelas

      So.. 😁

      Hapus
  10. ...@ Malon Ditelan Rosmah

    lumayan juga, ente ngelawaknya...lanjutkan BERUK ONTOHOD





















    ...Xixixixixixixixi :D

    BalasHapus
  11. memang dibuat begitu sehingga negeri luar ngertinya indonesia memiliki kekurangan dana untuk membeli jet pejuang.
    padahal kalau dipaksakan membayar hard cash pun bisa dengan mengurangi anggaran departemen yang lain. tapi imbasnya besar.
    1. malon bisa mati kerana jealous.
    2. malon bisa mati kerana takot di invasi indonesia singapura dan filipina.

    ya inilah namanya low profile aja.
    biar gak kelihatan sombong gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. by the way malon sebenarnya tidak ada nama JET PEJUANG karena bangsa malon tidak pernah BERJUANG. kalau nama JET SONGLAP boleh lah 😸 😸

      Hapus
    2. SATU LAGI PROJEK AKAN-AKAN KEBANGGAAN POOR INDON! WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKA

      Hapus
    3. husss ompol pagi2 uda minta jatah, nich guwe berih sono mojok dipinggiran gih haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    4. Haa... Baguslah jet songlap MKM

      Hapus
    5. Poor malaydogsial AKAN project 😁

      MRCA Cancel
      LCA Cancel
      MPA cancel
      MRSS Cancel
      Little bird tak jelas


      Hapus
  12. Kalau rusia tak mau dengan list yg kita ajukan,..
    Ya suruh dia yg buat list produk barter yg mereka mau,..

    Kok gitu aja repot ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mau imbal dagang kita bang bukan rusia

      Hapus
    2. Paparin semua produk barter yg kita punya,

      Biar rusia sendiri pilih list mana yg dia mau..bukan kita yg nyodorin daftar list yg udh kita pilih

      Hapus
    3. ROKOK GUDANG GARAM? MUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

      Hapus
    4. leh uga tuch, tumben lempeng ompol. nich guwe kasi bonus haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    5. Cie...baggio ternyata penggemar rokok GG bikinan siapa bagio? tembakau dr mana bagio?

      Hapus
    6. Poor malaydogsial always songlap 😁

      Hapus
  13. Malon kontol pada keluar...pada lupa kalo sukhoi mereka juga tukeran sawit...dasar kontol

    BalasHapus
  14. mahkluk2 jktgr seperti huha dan yg juga lagi nyamar disini mending di tugaskan ke jawa diberikan penataran latihan jadi biduan pantura, bisa jadi opsi komoditas imbal dagang, siapa tahu Rusia mau, kan lumayan tuh bisa orkesan saban malem minggu di pabrik Komsomolsk disawer pake rubel meski rubelnya paling2 dianyam jadi tiker. hwihihihi

    BalasHapus
  15. Tuh khan siapa yang bikin gara2?

    Rusia.

    Mereka itu gak minat ngasih offset / transfer teknologi / MRO / imbal beli / yg lainnya.

    Bandingin dengan US, mereka selalu ngasih offset dalam bentuk MRO, hibah, imbal beli, lisensi, latihan bersama dengan biaya mereka, pendidikan di Amrik sono misal di West Point, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amrik? coba imbal dagang kasi contohnye om woof2 haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    2. sama kyk disebelah guwe tulis semalem, amrik, koryo ampe meneer blande kalo kita kasi imbal dagang kira2 gmn tanggepannya.
      kan ada tuch proyek kasel, ifx ame heli. guwe mao liat hasilnya.
      kalo meneer kita dikasi tempe, dodol uda biasa apalgi tauco=tawaran ngaco, begh lanjutken meneer haha!😝😝😝

      Hapus
    3. Tuh jaman pak habibie masih menristek, ada imbal beli.

      Beli 1 skuadron isi 12 unit f16 diberi imbalan bikin produksi ratusan sirip F16 yang total nilainya 1,5 skuadron. Itu kata pak habibie waktu diwawancara pieter f gontha, dulu ada videonya di youtube.

      Hapus
    4. Koryo imbalannya kasih kita kran untuk memasukkan TKI ke sono. Devisa bisa balik ke sini.

      Hapus
    5. itukan taktik diplomasi mereka sendiri bung

      kira2 menurut bung sendiri apa yg sebenarnya mereka inginkan? perubahan arah kebijakan luar negeri indo sendiri atau gimna ?menilik pembelian alutsista india dari rusia

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. hmmn yg guwe dimaksud pembayaran via imbal dagang atas alutsista om woof2, kalo yg laen2 ituw uda jamak inponya haha!😊😊😊

      soalnya guwe liat ada yg gak adil disini haha!🧐🧐🧐

      contoh aje, disebelah om barat blng beli viper ajah. nach problemnya LM mao trima gak imbal dagang cem skema sukhoi haha!🧐🧐🧐

      maren pesen sniper ATP ama wapres amrik mike pence aja, gak kedengeran tuch pembayaran via imbal dagang pake krufuk haha!🙄🙄🙄

      mungkinkah amrik trima imbal dagang bayar pake krufuk, temfe ama asinan bogor tea haha!👏👏👏

      Hapus
    8. Si Sukhoi itu gak mau ngasih offset dalam bentuk MRO, lisensi, dll.

      Jadi kita minta imbal beli sebagai ganti offsetnya.

      Sebaliknya LM walau imbal beli berupa sirip dulu pernah mau, sekarang LM mau untuk kasih kita offset, salah satu jenisnya ya hibah itu beserta MRO-nya serta jenis offset lainnya.

      Sniper pod itu kecil sih nilainya, skema offset gantinya pun juga kecil nilainya.

      Hapus
    9. Amrik mau tuh udang kita. Dulu waktu saya masih aktif di transportasi saya sering bantu tuh delivery prawn kita ke Amrik, shrimp paste (pasta udang / terasi) kita Amrik mau terima juga.

      Hapus
    10. yep, ituw jugak inpo jamak om woof2.

      nach, perna guwe tulis harusnya kita bisa todong boeing buat dapat teote apakek, sebab selain beli apache, perusahaan2 kita ada borong pesawat mereka, jumlahnya pon rekor dunia ampe saat ini haha!😆😆😆

      eh ternyata sejak 2012 ada yg dulua, anggota eks dewan kasi inpo, "boeing kita todong buat offset disini".
      ternyata satu selera ma guwe ntuw dubes haha!😄😄😄

      alhasil sang fete kebagian bikin.
      tapi gak di ekspos gde2an, gak tau tuch, mungkin sang fete kan berasa milik yg onoh upss haha!🤭🤭🤭

      https://defense-studies.blogspot.com/2012/05/akhirnya-boeing-beri-offset-kepada.html#comment-form

      Hapus
    11. nach, ntar kan mao ada pengadaan heli apache baruw tuch, mari kita liat kira2 ada imbal dagang & offset lg gak?

      guwe pengen denger ada gak tuch sodoran udang om woof2 haha!🦐🦐🦐

      tp setau guwe, peraturan di kemendaglah yg melarang imbal dagang dlm bentuk blom jadi ato mentah om woof2 haha!🤨🤨🤨

      kemendag maunya barang ekspor jadi dari sini. guwe sich se7 aje.

      namun ini yg bikin masalah ama ruski, soalnya imbal dagang kita jaman dulu ama sekarang persyratannya berbeda haha!😋😋😋

      Hapus
    12. dan guwe yakin persyaratan model begini, akan menghambat proses pembelian alutsista manapun & kepada negara manapun.
      soalnya dalam bentuk jadi, tentuw bakal dapet penolakan jika mereka pon uda punya sendiri. iyalah, tiap negara kan melindunngi industri dalam negerinya begithcu haha!😅😅😅

      Hapus
    13. pasti fans sukhoi mania ato bukan fans sukhoi mania akan menyalahkan kemendag nantinya.

      padahal itu peraturan uda lama dibuat. seblom menterinya jadi menteri uda ada keles haha!🤣🤣🤣

      bila menterinya meluluskan barang mentah jadi barang imbal dagang, seperti udang bahkan karet, bisa diomelin anggota dewan terhormat bukan? haha!😇😇😇

      sedangkan bila sodoran barang2 utk dibarter jika tak disetujui oleh pihak penjual, dengan alasan barang melindungi barang industri dalam negeri, bisa saja terjadi. kerna mereka juga ogah difentungin anggota dewan moskow yg galak2 jugak haha!😠😠😠

      Hapus
    14. Yoi mas Palu.

      Yang berhubungan dengan daya angkat vertikal itu ya ?

      Hehehehe

      Ngomong2 target jumlah pesawat AURI (segala jenis) kita khan 344 unit sedangkan sekarang hanya ada 267 unit yang sudah datang, jadi tinggal 344 - 267 = 77 unit.

      Jadi tinggal 77 unit lagi yang belum tiba.

      Nah sekarang kita hitung yuk 77 unit ini apa saja.

      Su-35 11 biji

      77 - 11 = 66

      Caracal kemarin order 8 biji tapi ditambah lagi 3 biji jadi total 11 biji.

      66 - 11 = 55

      KT-1B waktu itu pesan 12 biji tapi belum pada datang.

      55 - 12 = 43 biji

      Herky baru 5 biji.

      43 - 5 = 38 biji

      CL-415 6 biji.

      38 - 6 = 32 biji.

      MRTT 2 biji

      32 - 2 = 30 biji.

      Tinggal 30 biji ini, AEW&C berapa biji ya ?

      Hitung 2 biji ya.

      30 - 2 = 28.

      Tinggal 28 biji dari target jumlah pesawat.

      Apakah 28 biji ini untuk Viper, ataukah Viper akan dibeli lebih daripada 28 biji ?

      😎😎😎😎

      Hapus
    15. dan pasti! menteri kita menolak dituding lamban, kerna beliau menjalankan amanat undang-undang, sunggu dilema khan haha!🤭🤭🤭

      oleh kerna ituw industri kita jugak harus bisa menunjukan perbedaan dgn produk yg ada disana. kalo menyodorkan barang jadi disana juga ada = aja bo'ong haha!😂😂😂

      guwe sich pgn nyaranin, mungkin destinasi wisata bisa jd alat barter. kebayang kan bila bule2 ruski ke biak trus lanjut ke raja ampat dateng pake bomber lagi haha!😇😇😇

      Hapus
    16. Eh sekarang ada produk ekspor udang yang udah ditepungin lho, jadi tinggal digoreng aja.

      Ada juga produk ekspor shrimp paste (terasi) yang sudah dalam kemasan.

      Ada lagi tuh produk ekspor kerupuk udang dari sidoarjo udah dikemas yang tinggal digoreng dan nanti kerupuknya melar jadi gede.

      Ada lagi tuh produk dalam negeri yang bisa diekspor daging keong dalam kaleng merek escargot udah dibumbui, tinggal dibuka kalengnya, isinya ditumpahin ke kuali dan diangetin sebentar.

      Semua produk di atas udah kucoba dan enaaak enaak.

      Hapus
    17. kalo liat kebutuhan pesawat intai mpa aja masi byk om woof2, penerbal aja butuh 24 bijik baruw dtg 5 haha!😆😆😆
      tni-au, guwe lupa baru 2 ato 3 bijik tak hmmn haha!🤔🤔🤔

      yg guwe heran bajet kita hampir rp.120T tahun 2017, kmana smua yak? guwe yaqeen antara tahun 2016 & 2017 byk kontrak shopping soping yg ditutupi dan jumlahnya pst gila2an om woof haha!🤑🤑🤑

      teringat ucapan eks ksad 2018 gak shopping-soping artinya dipolin smua kali yak 2016-2017.
      soalnya jarang2 ada APBN-P tahun berikutnya. dan pada proyeksi tahun ini ada alutsista hampir ghoib bakal masyuk haha!👻👻👻

      Hapus
    18. ituw jg masalah om woof2, walo dikita uda bisa bikin barang jadinya, kalo yg sono juga punyak, alamat mikir2 panjang, anggota dewan sono kan pasti melindungi industri dalam negeri sendiri haha!😉😉😉

      kcuali..nich kcualinya om woof2, dikirimnya tanpa label merk trus pake packing standar mereka. gunanya ampe sono tinggal tempel stiker, cem tetangga kesayangankuh haha!🤪🤪🤪
      dan uda pasti harganya dipatok lbh murah dr barang sono ama mrk, biasalah pajak senatore. tinggal disini aja mao gak ditekan kan..haha!😋😋😋

      betewe om woof2 endut yach, apa aja ditelen, awas karet jgn om haha!😉😉😉

      Hapus
    19. Nah itu, dikemas standar mereka, tanpa merek. Atau dimereki berdasar merek mereka lalu dikirim ke mereka, mereka tinggal ambil untung selisihnya.

      Jangankan makanan, sepatu, jaket produksi kita pun bermerek mereka seperti Adidas, Nike, dll.

      Mereka order ke kita, kita produksi, kita branding berdasar merek mereka, lalu mereka sensor dulu pilih yang bagus2 trus ekspor deh ke sono.

      Hapus
    20. Bukan hanya 2016, 2017...

      Tapi juga 2015 ada 40 Triliun khusus untuk alutsista.

      Xixixi

      Anehnya lagi Pak Yuyu bilang pada akhir 2019 nanti yang tadinya 44,4% akan jadi 66-67%.

      Jadi itu pasti pembelian di 2015-2017 toh ?

      Hapus
    21. nyoih woof2 bingungin emg, pdhl yg masyuk cuman 2 nc212, 1 c295 ama 1 herki dr osi, masa 3 bijik bisa loncat 20% kyknya gak mungking bingit yak haha!🤨🤨🤨

      jangan2 sblom hut tni, bakal ada serprais bneran nich haha!🛸🛸🛸

      Hapus
  16. HAHAHAHAHAHAHAHAHA..... KEROPOK POOR INDON REJECTED BY RUSSIA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poor malaydogsial AKAN project 😁

      MRCA Cancel
      LCA Cancel
      MPA cancel
      MRSS Cancel
      Little bird tak jelas

      Hapus
  17. Konon...katanya beruk malon Su 30 MKM mau diupgrade melebihi Su 35

    Konon...

    #UrbanLegendSemenanjung
    #FantasiBeruk
    #RFIcollector
    #SudahBiasaPakaiPesawatCanggih
    #Cuma4NakBolehTerbang
    #Tejas4Malaysia
    #BudgetCiput
    #AlutsistaSonglap

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu2 pespur gen 4++ yg diakui pabrikannya cuman sukhoi 35, yg laennya tempel stiker om arga haha!🛸🛸🛸

      Hapus
  18. ADUSSS! POOR INDON ! SUKA KENTOT-KENTOT! TIAP-TIAP HARI MAKAN TEMPE BUSUK!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. MRCA:
      Akan Thypoon.
      Akan Rafale.
      Akan....PTM-6.

      LCA:
      Akan Tejas.
      Akan JF-17.
      Akan F/A-50.

      Perahu :
      Akan MRSS.
      Akan LMS.
      Akan NGPV.

      MPA :
      Akan CN-235.
      Akan ATR-72

      UAV :
      Akan Anka.
      Akan Sea Guardian.

      Heli :
      Akan Litle bird.
      Akan Puma bekas.

      Askar darat :
      Akan Paladin.
      Akan MBT Altay.
      Akan Howitzer 105mm.

      Akan kumpol koin.......

      Hapus
    2. Najib kentat kentot wanita sampai di bom c4.. Subsidi BR1M di hapus malaydogsial miskin makan kangkung 😁

      Hapus
  19. BWHAAAAAHAHAHAHAHAHA


    BARTER OF COMMODITIES??????



    INDONS BEGGAR AND POOR!






    BWHAHAHAHAHAJA

    BalasHapus
    Balasan
    1. "One of the things Malaysia did select was that the US$900 also included SOME PERCENTAGE OF BARTER which couldn't be done with a western aircraft."

      https://www.quora.com/How-good-is-the-Su-30MKM-Flanker-in-the-Malaysian-Air-Force-and-is-the-force-happy-with-the-use-If-yes-then-why-doesn’t-Malaysia-buy-more-What-is-preventing-Malaysia-from-buying-more-What-is-your-opinion-and-view-on-this


      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. jelas lah, Russia ga mau
      udah belinya barter, maksa maksa nitip astronot pula.
      untung untungan Russiah mau.

      mana belinya cuma 18 bijik pula,

      biasa lah. beruk semenanjung itu bak "semut disebrang lautan tampak, gajah dipelupuk mata tak da nampak"


      Hapus
    3. OMG sukhoi poor malaydogsial Barter with palm oil 😁

      Kih kih kih

      Hapus
  20. IDIOT INDONS POOR NO MONEY TO PURCHASE REAL JETS ALL THEY HAVE IS TO BARTER AND EXCHANGE OF PALM OIL!







    BWHAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. "One of the things Malaysia did select was that the US$900 also included SOME PERCENTAGE OF BARTER which couldn't be done with a western aircraft."

      https://www.quora.com/How-good-is-the-Su-30MKM-Flanker-in-the-Malaysian-Air-Force-and-is-the-force-happy-with-the-use-If-yes-then-why-doesn’t-Malaysia-buy-more-What-is-preventing-Malaysia-from-buying-more-What-is-your-opinion-and-view-on-this

      Hapus
    2. OMG sukhoi poor malaydogsial Barter with palm oil 😁

      shameful

      Kih kih kih

      Hapus
  21. SEND YOUR FEMALE INDONS SLAVES TO CLEAN THE RUSSIANS HUMAN WASTE IN ORDER FOR YOU TO HAVE A DESCENT JETS.

    POOR INDONS!

    IDIOT INDONS!

    LOW IQ INDONS!


    TALKATIVE!



    400 MILLION POPULATION NEXT TO INDIA AND CHINA! PIG PEOPLE! PRODUCE BABY PIG PEOPLE!






    BWHAHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. "One of the things Malaysia did select was that the US$900 also included SOME PERCENTAGE OF BARTER which couldn't be done with a western aircraft."

      https://www.quora.com/How-good-is-the-Su-30MKM-Flanker-in-the-Malaysian-Air-Force-and-is-the-force-happy-with-the-use-If-yes-then-why-doesn’t-Malaysia-buy-more-What-is-preventing-Malaysia-from-buying-more-What-is-your-opinion-and-view-on-this


      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. OMG sukhoi poor malaydogsial Barter with palm oil 😁

      shameful

      Kih kih kih

      Hapus
  22. What happened to this IDIOT INDONS???
    Are they Crazy people?
    What kind of IQ does this IDIOT INDONS have???



    Laugh


    BWHAHAHhH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poor Low IQ malaydogsial always jealous.. but They sukhoi Barter with palm oil 😁

      Shameful malaydogsial low IQ

      Kih kih kih

      Hapus
  23. Barter of Commodities to purchase real Jets????

    Very funny for this ,POOR IDIOT INDONS.



    BWHAHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. "One of the things Malaysia did select was that the US$900 also included SOME PERCENTAGE OF BARTER which couldn't be done with a western aircraft."

      https://www.quora.com/How-good-is-the-Su-30MKM-Flanker-in-the-Malaysian-Air-Force-and-is-the-force-happy-with-the-use-If-yes-then-why-doesn’t-Malaysia-buy-more-What-is-preventing-Malaysia-from-buying-more-What-is-your-opinion-and-view-on-this


      😂😂😂😂😂😂
      IDIOT MALASSHIT 🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. OMG sukhoi poor malaydogsial Barter with palm oil 😁

      shameful

      Kih kih kih

      Hapus
  24. Just Use medieval method in fighting enemy like USING SNAKES AS WEAPONS.




    BWHAHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. "One of the things Malaysia did select was that the US$900 also included SOME PERCENTAGE OF BARTER which couldn't be done with a western aircraft."

      https://www.quora.com/How-good-is-the-Su-30MKM-Flanker-in-the-Malaysian-Air-Force-and-is-the-force-happy-with-the-use-If-yes-then-why-doesn’t-Malaysia-buy-more-What-is-preventing-Malaysia-from-buying-more-What-is-your-opinion-and-view-on-this


      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Low IQ malaydogsial army tactic bomb women with C4 😁

      Hapus
  25. Uk didnt invite malaysia to joint gen 6 fighter program because they have not enough capabilities.even to train as pilot they eject their pilot at hanggar

    BalasHapus
  26. Barter trade tempe ditukar sama SU35

    BalasHapus
  27. Namanya juga latihan koordinasi antar kementrian dlm hal imbal dagang,pastinya perlu bbrp tahap, kelambatan spt itu biasa , yg perlu digaris bawahi ini juga sbg sarana percepatan utk membuka pasar rusia...

    BalasHapus
  28. Utang udah seleher bos...mau bayar pakek apa ??

    BalasHapus
  29. Ya udah dibayar separuh aja dulu, yg penting ada perjanjian hitam di atas putih bahwa rusia harus harus memilih komoditi indonesia yg mereka inginkan sebagai barter,,,kalau nunggu harus tuntas komoditinya posisi tawar indonesia pasti sulit dan hanya membuang buang energi dan waktu, kalau sudah dibayar separuh dan ada perjanjian hitam di atas putih bahwa separuhnya dibayar lewat komoditi imbal dagang posisi rusia mau tidak mau mempercepat pemilihan komoditi yg mereka mau,,,gpp dilunasin separuhnya, yg penting ada perjanjian hitam diatas putih bahwa sisanya dibayar lewat imbal dagang 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibayar dulu separuhnya ?

      Kalo hanya dikirim 5 biji gimana ?

      Mau kejebak gitu ?

      Penentuan jenis komoditi dulu diselesaikan secara hitam putih, baru bayar separo.

      Hapus
    2. Eh emang bayar asal bayar, ya ada hitam diatas putih yg mengikat bahwa rusia wajib memgambil komoditi indonesia untuk sisa pembayaran, menentukan komoditi apa yg diinginkan rusia itu gk cukup sebulan dua bulan sebab pihak rusia harus mencari perusahan yg negara mereka yg siap menampung komoditi yg diambil dr indonesia,,,aku yakin rusia gk bakal ingkar sebab indonesia adalah salah satu negara yg banyak membeli prodak alutsista buatan rusia.

      Hapus
    3. Dibayar separuhnya sembari memberi ruang bagi rusia untuk menentukan jenis komoditinya, ini sudah pakai sistem barter malah sok curigaan sama rusia' udah belinya sedikit malah terlalu banyak permintaan.

      Hapus
    4. Emang gak niat beli om.. Pak Menhan cuma pengen lihat salju jalan2 ke Rusia,

      Hapus
  30. Kan budget pengganti f5 tiger emang ada, trus kenapa harus nunggu pembahasan imbal dagang tuntas baru dibayar separuhnya,,,bayar dulu separuhnya baru serahkan bola panas pada rusia, yg penting ada perjanjian hitam di atas putih bahwa sisa pembayarannya melalui imbal dagang 🤔😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khan udah dijelaskan diatas, jika dibayar separuh lalu yang dikirim hanya 5 unit gmn. Lagian ini strategi meredam ambisi US buat ngeblok perdagangan dengan Ruski. Sabar aja bro. Kali aja yang dtg bukan 11 unit tapi 11 sq. Hehe

      Hapus
  31. prediksi pengamat dadakan jarang meleset urusan belli senjata beda dengan import beras gula garam dalam semalam langsung kelar untung nya pat gulipat triliun rupiah . bukan mendahului 2 bulan lagi sudah mau bubaran lupakan kita tunggu rezim baru pasti ada perubahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. eiitt om antiembalgo djilemet bner, ampe lari ke politec sgala haha!😆😆😆

      barter ituw tak mudah di jaman now, masalahnya skrg berhadapan dgn undang2 yg melarang ekspor barang mentah cem karet mentah dsb.
      nach kalo jaman beli sukhoi pertama x kita emg berhasil pake skema imbal dagang cem tetangga kesayangan haha!😏😏😏
      setelah ituw sukhoi berikutnya kita beda, pake pembayaran normal alias duwit haha!😏😏😏

      Hapus
    2. Bukan sulit tapi di sengaja di persulit oleh antek asing broo .

      Hapus
    3. Berubah gimana maksud kau. Jadi kodok maksudnya. Klaw ngoceh itu mikir pake otak. Zangan fake fantat. Asal kau tau lelet karena amanat undang2. Suruhlah zunzungan kau ubah Undang2nya.

      Hapus
  32. Expected sama Akan nyamalon hampir sama mas PalGad.

    tak pernah terwujud,

    coba kasih link soal pengadaan MKM mereka.

    ya walaupun mereka ga bakal mau ngakuin kenyataan sih

    BalasHapus
  33. kata opa mat sabu, ekspor TKM om rully haha!😆😆😆
    yg muda2 tp, klo yg bau tane kyk ompol mah paspornya lgs disegel haha!😆😆😆

    BalasHapus
  34. Kecoh la. Dulu sept 2018 sampai 2 bijik. Ni apa crita barter trade smpi ke sudah tak agree2 lagi. Woi ko igt diorg nak sgt makan biskut ko tu. Tula jgn nk condemn negara org lain. Cermin diri skit pls. Herherher

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting tak cancel macam project MRCA ko malon bangang 😁

      Hapus
  35. Selamat pagi para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kaliian semua bonus terbaru yang kami miliki yaitu PROMO NEW MEMBER 10% yang akan kami berikan kepada kalian semua, jadi untuk kalian semua yang mau mendapatkan bonus yang kami berikan dan ingin mencoba untuk bermain diagen kami kalian bisa langsung daftarkan diri kalian sekarang juga dan rasakan bonus dan kemenangan yang kalian dapatkan hanya bersama kami AGENS128.

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus
  36. ayo kunjungi segera website kami agen betting terpercaya dengan pelayanan terbaiknya 24 jam tidak ada stop
    buruan dan kita juga menyediakan banyak game seperti berikut yang bisa dimainkan melalui ovo dan juga go-pay

    SABUNG AYAM LIVE [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » BOLATANGKAS
    » TEXAS POKER
    » POKER ONLINE
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus