02 Februari 2019

KASAU Sampaikan Alutsista TNI AU Capai 44 Persen, Modernisasi Terus Dilakukan

02 Februari 2019


Pesawat Sukhoi TNI AU (photo : Merdeka)

Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabes TNI AU) menggelar Rapat Pimpinan TNI AU, di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kepada media, usai Rapim, Jumat sore (1/2/2019), Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, Rapim TNI AU ini sebagai kelanjutan dari Rapat Pimpinan Kemhan yang dilaksanakan beberapa pekan yang lalu, kemudian dilanjutkan Rapim TNI-Polri, dan diterjemahkan dalam Rapat Pimpinan TNI AU.

Kasau mengatakan Rapim ini dihadiri oleh seluruh Panglima Kosek, Pangkohanudnas, Komandan Komando Utama (Kotama) maupun Komandan Satuan dari mulai Komandan Lanud, Komandan Skuadron, dan Komandan Wing hingga tingkat satuan bawah dihadirkan.

“Dengan harapan semua bisa memahami dan bisa mengevaluasi kegiatan tahun 2018 dan memahami betul apa yang akan dilaksanakan pada 2019. Fokus 2019, jelas akan kita tuntaskan permasalahan-permasalahan yang sempat tertinggal pada 2018 dan melaksanakan program kerja rutin di tahun 2019,” terang Kasau.

“Khusus di bidang pengadaan, kita mengacu pada pembangunan MEF yang mana (alutsista) TNI AU baru tercapai 44 persen dari 100 persen pada tahun 2024. Yang seharusnya di akhir 2019 nanti, MEF kita akan tercapai 66-67 persen. Kenapa demikian? Karena pengadaan ada beberapa yang masih berjalan, masih proses di Kemhan. Namun demikian, saya optimistis komitmen saya untuk mempercepat pengadaan alutsista ini. Kita tahu pengadaan alutsista tidak bisa sekarang proses, sekarang kontrak dan sekarang datang. Tidak seperrti itu. Khususnya pesawat, rudal, butuh waktu 2-3 tahun,” bebernya.

Menurutnya, alutsista TNI AU yang ditandatangani pada tahun ini, baru bisa datang sekitar tahun 2021-2022. Jadi, kata Kasau, pada akhirnya TNI AU optimistis pada tahun 2024 alutsista TNI AU sesuai MEF ini akan tercapai.

“Hanya (alutsista) ini tertunda saja, karena prosesnya yang terlambat. Komitmen saya dari awal untuk mempercepat semua ini, bahwa proses pengadaan di TNI AU sudah selesai. Sekarang kita serahkan kepada Kemhan dan prosesnya sekarang berada di Kemhan. Kami sekarang hanya bisa berkoordinasi agar mempercepat proses pengadaan itu,” jelas Kasau.

Tugas-tugas TNI AU

“Hal yang menjadi tugas kami, membangun satuan-satuan baru sebagai tindak lanjut pembangunan Koopsau III sedang berjalan semuanya. Contohnya, di wilayah timur kita membangun Skuadron-33 Hercules di Makassar. Insya Allah akan kita resmikan di triwulan kedua 2019 ini. Demikian juga Skuadron 27 di Biak, kita akan segera resmikan. Lanud di Timur akan kita resmikan, seperti di Wamena, Saumlaki. Koopsau III juga sedang berjalan, Mako sudah selesai dan infrastruktur lainnya pada akhir tahun ini bisa selesai,” tambahnya.

Ia mengatakan, dii bidang kemampuan, TNI AU terus menigkatkan kemampuannya. Kasau menekankan, dengan tuntutan tugas di tahun ini, kesiapan pesawat untuk antisipasi bencana haruslah diutamakan.


Rencana kedatangan alutsitsa 2019 (photo : military buzz)

“Sudah saya perintahkan ke bagian pemeliharaan minimal kesiapan Hercules setiap saat minimal 12 unit. Kita tidak tahu bencana (terjadi) kapan, tapi yang jelas, kita harus siap. Belajar dari tahun yang lalu, kesiapan hercules sangat dibutuhkan. Pesawat CN paling tidak, siap lima unit, CN295 dan CN235, wing empat. Pasukan seperti Paskhas juga harus siap, kemudian lanud-lanud harus siap mendukung bantuan kemanusiaan bila terjadi bencana,” ujarnya.

Di bidang operasi untuk perang, Kasau melanjutkan, fokus tahun ini TNI AU ingin meningkatkan operasi malam hari. Dimana operasi siang hari sudah dilakukan, namun untuk operasi malam hari ditekankan bisa melakukan intersepsi malam, kemudian penyerangan baik bom, roket, dilakukan di malam hari.

“Saya akan latihkan di tahun ini, sehingga di akhir tahun 2019 atau di akhir Renstra ketiga ini diharapkan kemampuan TNI AU sudah utuh, baik di siang hari, maupun malam hari, bantuan kemanusiaan kita sudah siap. Harapan saya seperti itu. Insya Allah kita bisa wujudkan,” ucap Kasau.

Su-35 dan pesawat Amfibi

Soal pesawat Sukhoi Su-35 yang akan dibeli dari Russia, Kasau memastikan bahwa kedatangan burung besi dari beruang merah itu tidak datang tahun 2019 ini.

“Jadi, (soal) Su-35, saat saya dilantik menjadi Kasau saya terus push ke Kemhan seperti yang disampaikan kepada Menhan, sudah ditandatangani. Saat ini prosesnya di Kemhan. Proses di TNI AU sudah selesai. Memang yang saya tahu tiap tahun datang secara bertahap, satu tahun setelah efektif kontrak,” ujarnya.

Kasau mengungkapkan, pembangunan MEF 44 persen belum termasuk Sukhoi. Hitungan 44 persen MEF itu adalah tentang alutsista yang sudah datang. Menurutnya, pesawat Sukhoi, pesawat Amphibius sebanyak enam pesawat yang bisa mendarat di laut, sungai dan danau. Kepentingan utamanya pesawat itu selain untuk kepentingan operasi militer seperti pengintaian, SAR, juga untuk pemadam kebakaran bila terjadi karhutla yang selalu terjadi.

“Mudah-mudaham pada tahun depan sudah ada secara bertahap. Kemudian, heli Caracal sebanyak delapan unit tambah 3 unit lagi, jadi sebelas unit, itu sudah ditandatangani kontraknya itu dengan PTDI, Cassa sembilan pesawat, dan radar sebanyak enam unit dan persenjataan dan radar T-50 yang belum lengkap,” tuturnya.

Dengan kekuatan MEF 44 persen itu, sementara kondisi geopolitik dan geostrategis Asia Pasifik apakah akan menyulitkan operasi TNI AU? Menurutnya, hal itulah yang harus kita pandai-pandai mengaturnya. Sekarang ini pesawat yang ada, pesawat F-16 yang sedang di upgrade agar betul-betul diefektifkan dalam menghadapi situasi yang berkembang, demikian juga Sukhoi, T-50 dipasang radar agar bisa melakukan counter.

“Anggarannya sudah ada, tinggal prosesnya saja. Kalau kita bisa percepat, maka akan percepat establih-nya TNI AU,” demikian dikatakan Kasau.

(TangOL)

172 komentar:

  1. yg penting su-35 masyuk
    yg penting rudal amraam masyuk
    yg penting rudal 9x masyuk
    yg penting NASAMS masyuk
    yg penting APACHE masyuk
    yg penting LPD masyuk
    yg penting mistral atlas masyuk
    yg penting uda bayar cicilan IFX, proyek lancar jaya lagiiiiii haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    anyeong haseiyoooo haha!🍻🍻🍻

    salam dari ruskiyahh haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Ompal,86 ganti...break,break

      Hapus
    2. yoi bro pal akan tapi datang daripada negara terjaguh sealam semesta dunia akhirat, akan akan akan akan dan akan kikikikiki onani otak tiada berpisah
      tidak akan pernah lupa penghinaan anjing anjing malon tahun 2000, jangan pernah melupakan sejarah malondog adalah bangsa yg paling busuk hatinya menusuk dari belakang disaat kita lemah

      malondogshit senang digondolin umngok

      kikikikikiki

      kikikikikiki

      Hapus
    3. brik...briikk..dabroyeu utra om pit & om kepin haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    4. gak kuku kalo yg gituan om daus, tp sapa tau dimasa nanti yak, mimpi bs jd kenyataan. hidup shopping soping 3 matra tempur haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    5. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Pencapaian 44 % itu sebagian besar dari pemerintahan sebelumnya, untuk yang sekarang blm ada prestasinya, suka 35 aja blm jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. naacch ini dia enyak digoyang2..Artinya situ tau donk siapa yg lambat sebnernyah sampe barangnya ajah telat masyuk sebagian besar dipemerintahan slanzutnye...haha!🀣🀣🀣

      kalo pola pikir cem ini, wahh bumi kebalik bkn datar lagi haha!πŸ„πŸ„πŸ„

      Hapus
    2. Dari target 66-67% baru tercapai 44%, apakah itu suatu prestasi? pakai akal sehat jangan anti kritik

      Hapus
    3. sbnernya uda guwe tulis dr bbrp pekan kmrin. mungkin situ gak baca om ndar, mungkin situ anggep sepele, tak masalah haha!🍼🍼🍼

      mnurut menhan pur, pola em-e-ep(mef-red) tidak bisa dimulai dari 0 sama sekali.
      masi ada kebutuhan alutsista dari dari renstra(rencana strategis) seblumnya 2005-2009 yg belum terpenuhi akan masuk di tahun anggaran berjalan selanjutnya sampai program tuntas.

      hal ini bisa terjadi terutama utk impor alutsista yg menggunakan KE(kredit ekspor). hambatan bisa brupa birokrasi, geopolitik dsb.

      dan begitu pula kebutuhan yg belum terpenuhi ato selesai dlm jangka waktu diatas tahun akan terus dipenuhi utk renstra selanjutnya.

      nach teringat markaz "Armabar pondok dayung yg makan waktu 13 tahun" haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—
      dan markaz kapal selam, lanal palu yg mulai 2012 baru diresmikan panglima tahun 2017, dan itu pon blom total selesai masi butuh 1 renstra lagi buat tahap slanzutnya. soalnya jalan trans sulawesi masi lewat depan pelabuhan yg kemarin hancur diterjang tsunami...jd teringat sedihh dech😭😭😭

      Hapus
    4. Saya paham pengadaan alutsista ada yang multiyears tidak selesai 1 tahun, yg sy maksud dari target yg telah ditetapkan 66-67% baru tercapai 44%, jauh itu, kl misalnya selisih nya dibawah 5 % gue masih acungin jempol. Contoh salah 1 kasus di atas su 35, yg ditarget datang 2019 ternyata egk terealisasi kn. Dan alutsista lain misalnya 3 kapal selam yg kabarnya ditarget kontrak akhir tahun 2018 jg meleset.

      Hapus
    5. nach renstra adalah program TNI yg sudah lama ada dan dikai. bukan milik pemerintah/rejim tertentu.

      tugas pemerintah tersebut menyediakan dana dan turut serta membantu, menyiapkan, memfasilitasi tni agar mencapai sasaran program yg ingin dipenuhi sesuai dgn perolehan dana yg didapat.
      dan hal ini akan terus menerus berlanjut pada program lain setelah MEF haha!😊😊😊

      Hapus
    6. artinya pemahaman ente salah om ndar haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      pak menhan dari jaman ke jaman aja uda nulis seperti diatas. semua target shopping soping tni, yg tidak terpenuhi dalam 1 masa renstra mef, akan terus dipenuhi pada mef ato renstra slanjutnya, apapun namanya. dengan melihat kemampuan pemerintah & geopolitik haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    7. Yg bilang su-35 gk terlealisasi di 2019 siapa??? Eh tong tahun 2019 baru aja masuk, lah berani bener ente main klaim su-35 bakalan pasti gk datang di tahun ini,,,paraaahhh πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

      Hapus
    8. dan om ndar sendiri uda sebut, pengadaan skrg setengah dr rejim seblomnya. slanjutnya menyebut multiyear ato nyicil bhs org kite haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      lah kalo nyicil, kira2 sapa yg nyedot dana blanja pemerintahan slanjutnya om ndar? ente bisa liat sendiri kan brp banyak, berapa besar cicilan yg harus dibayar, dan tahun berapa alutsista ituw pada dateng haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    9. Renstra memang bukan milik pemerintahan/rezim tertentu om, tp pemerintah adalah eksekutif yg tugasnya mengeksekusi kebijakan yg telah di buat, disini sy hanya bilang realisasi nya jauh dr target yg trlah ditentukan,

      Kalau dana lain lagi itu ada di DPR selaku legislatif

      Hapus
    10. @situngkir
      Baca paragraf 13 yaa om, bkn sy yg mengatakan

      Hapus
    11. soal seperti ini sebenernya uda guwe jawab dari 2 tahun laluw disini. guwe sich gak ada urusan ama rejim tertentuw.
      tp kadang ada persoalan yg harus diluruskan dgn paham akal sehat, begithchu haha!😊😊😊

      makanya guwe sempat rilis daftar belanjaan untuk rejim saat ini kalo ada yg ingat. dan guwe mampu keluarin lagi ituw daptar berikut fakta dan link2 yg menyertai haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      padahal awalnya ituw data guwe bikin "Chukup" ambil dari sorting daftar shopping soping kita yg datang, mao pesen dari jaman menhan seblomnya ampe yg skrg...buat ngadepin pasukan tetangga kesayangan haha!😜😜😜

      katanya kita takde shopping, padahal bertubi2 datengkan alutsista tiap taonnya haha!🀣🀣🀣

      harusnya kita semua bersenang2 toh haha!🀠🀠🀠

      Hapus
    12. Yaa mau dibilang byk shopping jg gpp om,, sy hny mengomentari artikel di atas, 66-67%% dgn 44% jauh lho selisihnya

      Hapus
    13. Berarti kan cuman isu, pemerintah aja belum kasih statemen tp udah banyak isu berseleweran,,,intinya semua upaya direlisasikan tahun ini tp yg namanya sistem barter itu tidak semudah seperti membayar dengan uang sebab ada kendala di penentuan komoditinya.

      Hapus
    14. ngapaen berantem antar sesama warga negara. kritik mmg bole, tp menjawab kritik bole khan haha!🀠🀠🀠

      dulu sampe sempet guwe bilang akibat dana2 banyak kesedot buat cicilan sana sini..bisa2 shopping soping slanjutnya dibuat diakhir pemerintah saat ini donk. toh nanti dicap asalnya dari mereka, bukan dipemerintahan slanjutnya(kalo tak lanjut lho) haha!🀣🀣🀣

      liat aja mike pence dateng kesini 2 tahun laluw ngapaen?
      tanda tangan kontrak kan hampir $10 bilyun.
      diantaranya ada alutsista yg katanya uda dibeli jaman rejim dahulu, tp kok tanda tangan lagi tuch haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    15. "Yaa mau dibilang byk shopping jg gpp om,, sy hny mengomentari artikel di atas, 66-67%% dgn 44% jauh lho selisihnya"

      lah ksau uda ngemenk, soalnya barangnya ada yg lg dibuat ato proses, gt aja kok repot haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      lagian soal pembelian barang impor, tentuw ada birokrasi yg harus dijalani, seperti ke amrik itu butuh persetujuan pemerintah & senat. mrk pon butuh 1 tahun buat ngelulusin apache kita di tahun 2012.
      pdhl kite uda ngincer dr em-e-ep awal.
      sedangkan kontraknya mundur setahun lagi. kerna lg "nanghodong hepeng" haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      keterlambatan, ini hal yg biasa, seperti kt pak menhan pur, birokrasi KE jg panjang.
      tp setau guwe apache baru di bikin tahun 2015.
      nach ini dibikin setelah 2 tahun kontrak. gak tau dech apa lamban di proses KE ato emg daptar antrean di pabrik yg panjang haha!😊😊😊
      tp akhirnya smua dateng kan taon lalu, jd ngapaen sich pada brisik haha!😝😝😝

      Hapus
    16. kalo soal beli pespur cem su-35. buat guwe pribadi yg ptg uda kontrak.
      sama kyk apache diatas, tp sapa yg brani bilang birokrasi pembelian apache aman2 aje haha!🀠🀠🀠
      bisa diitung, dari awal renstra I kelar hampir diujung renstra ke 2, alias 8 tahun. pdhl cmn 8 bijik haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      kalo uda bgini sapa yg bayar hayoooww haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      selain birokrasi, KE, dan laen2..saat ini pembelian impor ituw wajib kena teote ditambah sistem pembayaran imbal dagang hal ini Chukup ngrepotin tp perluw.

      habis gimana lagi negara sedang susah, sama disaat jaman rejim seblomnya. perna juga mengalami susah duwit, kalo liat di media ada tuch waktu bayar kas bonnya jatuh tempo saat ini setelah 10 taon, kira2 sapa yg kena bayar haha!πŸ’°πŸ’°πŸ’°

      tp sudahlah ngemenk kyk gini gak habis2.
      yg penting diri kita masing2, harus trima keadaan.

      guwe sich ngerti kita harus hemat devisa negara.
      makanya shopping soping alutsista banyakan buat pabrikan lokal.
      dan seperti ditulis pak menhan pur, pembelian alutsista akan terus dilanjutkan, sampe target terpenuhi dimasa yg akan datang haha!πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

      buat guwe, awewe101 tercantik sekawasan pasti akan dtg lagi, entah di mef ato slanjutnya. soalnya uda masuk renstra bok dr kapan tao haha!😍😍😍

      Hapus
    17. @situngkir
      Kasau yg bilang dibilang isuπŸ˜„

      Hapus
    18. Mana statemen kasau yg bilang gk ada uang???? πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

      Hapus
    19. memang ada selisih om ndar tapi pencapaian alutsista sudah jauh lebih baik dan sesuai rencana ya walaupun ada yg telat , daripada tetangga terjaguh napsu kuda tenaga tikus, udah miskin cakap sembang, sebagai orang awam saya mendoakan yg terbaik untuk kemajuan bangsa siapa pun pemimpinnya, sesama anak bangsa jangan saling ribut, pilihan boleh beda tapi hati tetap dingin, katong semua basudara

      Hapus
    20. memang ada selisih om ndar tapi pencapaian alutsista sudah jauh lebih baik dan sesuai rencana ya walaupun ada yg telat , daripada tetangga terjaguh napsu kuda tenaga tikus, udah miskin cakap sembang, sebagai orang awam saya mendoakan yg terbaik untuk kemajuan bangsa siapa pun pemimpinnya, sesama anak bangsa jangan saling ribut, pilihan boleh beda tapi hati tetap dingin, katong semua basudara

      Hapus
    21. @iskandar

      Yang hebat itu sby....bukan prabowo, jadi jangan kebolak ya 🀷

      Hapus
    22. @situngkir
      Yang bilang kasau ga punya uang siapa?🀣🀣
      Itu dibaca artikel nya

      Hapus
    23. @smili
      Semua hebat, sy hanya komentar masalah target n realisasinya jauh

      Hapus
    24. @kevin
      Saya ga ribut jg sih, yg bilang target baru terealisasi itu kasau bkn aku, tentunya dia sendiri,

      Hapus
    25. Yang namanya pembenci, akal sehat dan bukti ga bakalan dilihat. Masih aja ada yang bandingin prestasi yang dulu dan sekarang.

      Orang tipe muscle brain kaya begini mah cuma pentingin barang apa yang masuk. Gimana sulit prosesnya ga dipentingin. Or jangan² dia emang salah satu slave pasukan kardus, yang selalu nyari kesalahan selama ini. Entahlah, hanya dia dan tuhan yang tahu πŸ™ˆπŸ™‰πŸ™Š

      Hapus
    26. Om cm liat kapan mulai di di sah kan UUD industri pertahanan ?
      Perlambatan penerimaan Alutsista ,karena salah satunya setiap pembelian senjata dr luar negeri wajib d sertai transfer teknologi....tujuannya biar kedepannya kita bs mandiri dlm pembuatan alutsista.

      Kendalanya ga semua negara bs ngasih ToT yg sesuai dng amanat undang2...hal ini kalau terjadi bakalaan bikin negosiasi berlarut2...antara kita dan pihak penjual...ini sih menurut saya salah satu faktor perlambatan penerimaan dan pembelian alutsista...

      Maap analisis gembel...maklum cm tamatan SD. Hahahaha

      Hapus
    27. Menurut oponi pribadi saya sih, MEF 1 prioritas TNI AD.
      MEF 2 prioritas TNI AL.
      MEF 3 priorutas TNI AU.

      Klo masih ada aja yang membandingkan, buang jauh jauh deh otak politik praktis kalian. Ga capek apa jadi pembenci sejak 2014???

      Hapus
  3. 2014-2019 memang kayaknya sepi alutsista gahar. Su35 aja masig gak jelas, duit DP nya aja entah gimana beritanya ribut soal imbal dagang doang. Pantes aja cuma baru 44% padahal udah diakhir masa MEF II.
    Sorry ya gw ngasih nilai rezim ini raport merah soal pertahanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tong.. lu kgk baca apa berita sblmnya.. tinggal proses imbal dagang tong.. klw duit ada..

      Rezim dr mana tong pemerintah skrg? Lu kebanyakan micin jd otak lu soak..

      Lu kira indonesia kyk singapore? Wilayah kecil dan masyarakat sedikit.. klw indonesia? Lu bs mikir kan..

      Lbh parah mana saat pemerintahaan soeharto ama skrg tong? Zaman soeharto itu baru rezim.. lu tw kgk rezim itu apa? Jgn asal nyablak aja klw koloni 02.. PENIPU DAN PENYEBAR HOAX..

      Lu bilang rezim karena kriminalisasi ulama? Imam besar FPI dan Habib bahar smith mau di penjarakan? KAU LIHAT BACOT MEREKA GMN.. menghina.. menghujat.. caci maki..klwrkan kata kata binatang.. KAYAK GT HABIB? CUIHH..CUIHH..CUIH..

      Nabi Muhammad aja GAK PERNAH CONTOHIN KYK GT.. Paham kau sampah??

      Jd mau kau biarkan manusia 2 sampah itu bebas berkeliaran? Haa? kalau misalnya klrga kau di hina,dicaci maki.. kau marah gk?

      Apa kau gk merasa terharu saudara kita di papua sudah diberi jalan yang bagus dan BBM satu harga speerti kyk di jawa dan sumatera dan sulawesi dan kalimantan... itu kata kau rezim pemerintahan ini?

      Kau aja klw jalan berlubang 1 bulan aja pasti udah uring uringan.. tapi kau gk merasakan gmn saudara kita di papua sana jalan yg masih tanah..

      Jgn kau katakan pemerintahan skrg rezim lg..

      Kau pendukung prabohong? 100% gk akan menang capres kau itu.. PAHAM..

      Hapus
    2. Siapa bilang duitnya kagak ada???
      Lah dikasih duit dp tp jenis komiditi imbal dagang yg dipilih belum tuntas ya sama aja tetep masalah,,,justru rezim inilah segala sesuatunya tentang pemilihan alutsista lebih terukur dan terencana, bukannya asal beli tp ujung beli barang bekas,,,dasar antek2 wowo pisikopat, entar lg kepala loe dilepar hp ame wowo gendeng

      Hapus
    3. Emang otaknya antek wowo itu pengen serba instan πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    4. Sudah sangat jelas faktanya rezim Jokowi manajemen anggarannya kacau. Jangan membela rezim Jokowi. Pokoknya 2019 ganti presiden.

      Hapus
    5. Manajemen mana yg kacau??? Teriak kacau harus bisa jelaskan dong, jangan teriak kacau tp oon kagak bisa jelaskan,,,seuatu prestasi yg belum ada tandingnya disaat ngebut di infrastruktur tp masih mampu memenuhin kebutuhan alutsista, buka matamu lebar2 dan jangan main fitnah bila otak masih oon

      Hapus
    6. kacau kan versi bani kampret IQ 200 SEPOHON.. laaaahh gimana ngk kacau tuh otak kebalik.?? referensinya saja orang stres kek Rocky gerung.. kahkahkah..

      Ditambah junjungannya praboker yg gemar menipu membodohi pengikutnya yg memang sudah dibawah standar otaknya.. xixixi.. Orang waras haram hukunya milih jenderal pecatan kek praboker.. ngurus rumah tangga gagal, ngurus anak satu ngk becus malah bangga jadi kaum HOMO di Amerika serikat..

      Hapus
    7. LAMBAN. keburu F35 utara Selatan berdatangan. (Siluman bersliweran)

      Hapus
    8. Lamban??? Emangnya pengadaan alutsista seperti main sulap,,,su-35 china aja berapa tahun terlealisasi???

      Hapus
    9. Ga usah terlalu pake F-35 sebagai patokan. Sejak dulu (sebelum pada mendadak jadi expert soal alutsista) keunggulan teknologi pertahanan udah dimiliki "utara" dan "selatan" karena kemampuan ekonomi dan keberpihakan terhadap pihak tertentu.

      Butuh lebih dari sekedar MEF 1-3 kalo bisa sejajar dengan mereka. Ingat MEF itu cuma kebutuhan minimal pertahanan aja. Itupun mesti ditunjang kemampuan ekonomi yg stabil dan kontinyu.

      Jangan karena baru tau F-35/Su-35 lalu mencak-mencak karena dianggap ketinggalan.
      Lah gimana jaman dulu, tetangga selatan make Mirage III trs disini cuma dapet Sabre hibahan mereka?

      Relax lah. Semua butuh dukungan dan usaha kerja keras yang luar biasa.

      Hapus
    10. Budi@ nah seperti anda ini yg positif tanpa embel2 politik,,,kalau kita berani jujur yg dilakukan pemerintah saat ini masih yg terbaik dr pemerintahan2 sebelumnya' kasihan orang dah sungguh2 kerja masih aja difitnah.

      Hapus
    11. Makanya kita harus sadar kemampuan kita.. kemhan sudah aja meminta anggaran sekitar 200 trilyun ke DPR tapi yang disetujui hanya kisaran 100 trilyun saja padahal kementrian pertahanan jadi peringkat no 2 penerima anggaran terbanyak di tahun apbn 2019.

      Pembangunan insfrastruktur kemungkinan punya potensi untuk meningkatkan ekonomi kita menjadi lebih baik tentu arahnya ke peningkatan devisa negara yang tentu arahnya berguna untuk peningkatan sektor pertahanan dan sektor ekonomi masyarakat. Saya rasa itu merupakan jalan tengah yang terbaik untuk sekarang ini.

      Hapus
    12. Wadow forum diisi antek antek politik, makanya pikirannya sliweran.

      yang ndukung, ngatain sudah prestasi. yang mo jadi, ngatain kegagalan.

      sampai sampai nuntut Alutsista gahar buat dateng cepet", alesan tetangga makek Alutsista gagar(minta Jin 76 saja biar cepet)

      hihihi, mbok ya inget.
      sejak berdiri Indonesia sudah ga di sukai sama mereka,(lha jalelas lah, bapak tetangga kita kan si british) dan ga sedikit pula indonesi dulu berbuat ulah

      nylonong boy key aussie, sama ngebom sing.


      jadi harap bersabar ya antek" politik, atau silakan anda jadi menhan saja. lumayan loh ikut pelatihan militer dulu, terus jadi menhan di umuran 50 tahun
      hihihi

      Hapus
  4. Cem mn dgn jiran sebelah,dari thn 2009 dalam MRCAnya dah bising sangat nak beli typhoon,nak beli rafale,nak beli heli tiger tapi sampai sekarang tak de wujud...wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan negara on Rempit. Itu mAh kampung malon

      Hapus
    2. Gimana malaydogsial mau beli pesawat.. beli sparepartnya saja tak mampu πŸ˜‚

      Kih kih kih

      Hapus
  5. lihat di tabel gambar.. Tahun ini akan datang 1 baterai MLRS ASTROS atau 6 unit peluncur.. xixiixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal ASTROS batch ke-2 ini tidak ada berita tanda kontrak lhooo.. senyap2 je.. 😁😁

      Hapus
    2. kata ksad pak mul, 2018 gak shopping soping, tiba2 dtg taon ini artinya shopping soping minimal 2016/2017 digaspol yak, wah jgn2 leo masyuk lg taon depan nich haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      sunyi senyap gini yg bahaya om bagaz haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      ada yg tau gak TA 2018 masyuknya apa aja..haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘
      m109 aja tiba2 masyuk, pasti byk lg tuch yg senyap sedap haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    3. yooooiii om pal.. mungkin kebijakan kita.. supaya jiran2 ngk pada curiga berlebihan dengan Indonesia kalau penambahannya ujug2 ada.. xixi..

      Semakin yakin kalau 6 unit kapal perang(4 korvet SIGMA,2 PKR) yg sekarang sedang dibuat di belanda bakal memperkuat TNI AL.. haha.. πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    4. Palu,

      Leopard memang mau masuk lagi.

      http://defense-studies.blogspot.com/2017/04/ksad-tni-ad-akan-membeli-tambahan-tank.html?m=1

      Kontrak sekitar tahun 2017.

      Hapus
    5. Wow astros nambah lagi nih
      😁 awas malaydogsial jealous..

      Hapus
    6. lho Tung, seriusan tu tank segede gaban mo dibeli lagi ?
      apa sisa kontrak kemaren belum dikirim semua ?

      katanya dari pihak user tank nya terlalu bongsor ?

      Hapus
  6. Mak mak ooh mah mak....
    Ote otenya sdh gosong sdh gak enak lagi.
    Bilang aja terus terang gak mau beli sukro krn produk mang putin.
    Gak usah bertele tele....
    Tentara itu tegas !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. om trump dah kasih lampu ijo buat dapetin viper.. jadi pancingan sebelumnya jd di lupain karna dah gak ada gunanya...😁😁😁

      Hapus
    2. Viper juga sdh gak minat om.
      Karena lini produksi F16 Viper LM akan dipindahkan ke india.

      Tau sendirilah kualitas india seperti apa.

      Ingat kasus negara polandia yang cancel beli F16 Viper krn mereka tau lini produksi pesawat tsb akan dipindahlan ke india

      Hapus
    3. oh gitu ya...berarti bener dong kabar kita lebih prefer buat beli f35....😁😁😁

      Hapus
    4. Buat keseimbangan kawasan gak papalah F35 di akuisisi TNIAU.

      Karena stock order F35 berlebih. Ini dikarenakan jerman dan inggris tidak mau menambah stok F35 lagi buat angkatan udara mereka.

      Hehehehe

      Hapus
    5. Mustahil blok barat mau kasih F35. Sengaja mamarika maunya negara ini lemah d bawah singapura. Karena Kita negara mayoritas Muslim yg Jadi momok menakutkan buat mereka. Kalau Kita kuat. Turkey aja bs d buat lemah.

      Hapus
    6. Nu kasep@ why not USA jual F35 ke indonesia bro,USA mengandalkan indonesia di LCS,jd untuk menghadapi kekuatan cina di LCS bisa saja USA kasi izin jual F35nya kpd indonesia,kl mengandalkan malon atau pinoy di LCS gk mungkin bro,tau kan gimana malon itu

      Hapus
  7. Rezim emak emak....
    Kebutuhan Aseng didahulukan
    Kebutuhan tentara dinomerduakan
    Operasional tentara dipersulit, nyawa prajurit dipertaruhkan
    Ulama di kriminalisasi
    Biaya haji dicatut buat bayar si aseng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang, gua nyesel milih lu orang 5 taon lalu buat mimpin.
      Jadinya tuh baca berita diatas. Jadi terlambat semua!!!
      Alasannya karena nega nego jadinya si naga yg dipilih
      Bukannya memperjuangkan warga lokal malah berjuang demi si aseng.
      Aseng dipilih jadi pemimpin ibukota. Akhirnya berkoar koar menista agama saya
      Next gua gak mau pilih salah orang lagi.
      Gua bebas mau milih siapa aja yang menurut gue benar.

      Benar menurut akidah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. jiaaaaahh ternyata essen doko ikut juga jamaah kampret monaslimin.. kahkahkah.. praboker master of hoax kok dibela.. mending kau tobat sebelum terlambat..

      Lihat noohh banyak oengikutnya tersangkut kasus hukum karena tukang bikin hoax..yg rerakhir Ahmad dani.. xixiixi..

      Hapus
    5. Hehehehehehe
      Mancing suasana aja bung.
      Mumpung hari sabtu libur gak ada gawe

      🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Si praboker mus.h gue sejak era reformasi.

      Coba pilpres besok jgn ada 2 kandidat jadiin 3 kandidat. Yg ke 3 itu gua pilih.
      Ini krn hanya 2 kandidat gua pilih absteins sj gak gua pilih dua2nya
      🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    7. lah.... jangan terlalu terpolarisasi lah... biarkan mereka bebas berpendapat... malon dungu aja bebas ngoceh di marih...... 😁

      yg penting gak keluar dr topix....😁😁😁

      Hapus
    8. Nah itu dia.
      Sengaja gua pancing gua kasih umpan
      Biar pada keluar pendapat mereka

      Hehehehe

      Yg penting tetap tenang dan jangan rasis

      Hapus
    9. wkwkwkwk, jasik meh kepancing aku mas essen.


      Hapus
  8. Gpp sedikit telat, yg penting segala sesuatunya terencana sesuai dengan kebutuhan TNI AU dan pada batas waktu semua target TNI AU bisa tercapai,,,masih ada 6 tahun lg tuk merampungkan target πŸ˜‰πŸ˜Š

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Nah itu dia bung
      Bukan fitnah dan belum tentu juga benar
      Dilema!!!

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
  10. Woiii!

    Yang protes kenapa AURI masih 44%.

    NASAMS ditandatangani tahun 2017, datang tahun 2021.
    Oerlikon 11 fire unit ditandatangani tahun lalu, datang 2021-2022.
    Herky tahun ini tanda tangan.
    Amfibi tahun ini tanda tangan.
    Tuh Caracal ditambah dari tadinya pemberitaan 8 unit ditambah 3 unit, jadi pesannya 11 unit.
    A400 itu urusan kementerian BUMN.
    Alutsista lain yang belum terdeteksi jenis dan kapan tandatangannya tapi nanti tahu2 datang.

    Yang ditandatangani pada 2015-2019 bakal datang di 2019-2023.

    Soal Sukhoi itu nanti2 saja, lha wong suppliernya nggak minat imbal beli, juga nggak minat offset.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian tandatangannya pun telat
      🀣🀣🀣🀣
      udah tau proses buat alutsista udara itu susah dan butuh waktu lama.

      Kasian TNI-AU selalu dianak tirikan

      Hapus
    2. we want fighters... we want fighters ...... we want fighters


      πŸ˜²πŸ˜²πŸ˜²πŸ˜²πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ—―πŸ—―πŸ—―

      Hapus
    3. Bodo amat siapa pemimpinnya yg penting

      we want fighters... we want fighters ...... we want fighters


      πŸ˜²πŸ˜²πŸ˜²πŸ˜²πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ—―πŸ—―πŸ—―

      Hapus
    4. More fighters ?

      Nanti tahun 2020 tandatangan kontrak untuk puluhan fighters, sekitar 48-60an unit lah. Bisa jadi ada opsi lebih dari itu.

      Ingat itu yang kunjungan pejabat kita disambut dentuman meriam 21 kali.

      Hapus
    5. More Fighters?
      btw proposan 48 viper itu beneran apa guyonan sih, Tung ?
      kok wow banget langsung mau ngadain 4 lusin fighter

      Hapus
  11. Adakah presiden sebelumnya di indonesia yg mampu ngebut di infrastruktur tp masih mampu memenuhin kebutuhan alutsista????
    Ya cuman jokowi,,,jd gk usah nyebar fitnah bila mata kagak bisa melek dan otak masih oon πŸ˜‰πŸ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mau gmn lg bro.. mmg klw para koloni 02 tdk bisa nyerang.. bs HoAx aja.. kita maklumin aja deh..

      Hapus
  12. https://youtu.be/8adxZZ_jLhM

    Do'a kyai Moen untuk kemenangan Prabowo, langsung ketika jokowi disampingnya dan disaksikan orang banyak.

    Sudah sangat banyak bukti kacaunya anggaran jaman jokowi. Dari jalan 500 milyar perkilometer, akses TKA yg berlebihan, ingkar janji، ..dll.

    Ingkar janji adalah tanda2 orang munafik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingkar janji yg mana tong???
      Jelaskan dong,,,kalau ingkar janji tu liat jakarta saat ini kacau banjir sana sini,,,dasar somplak, main fitnah tp otak masih oon πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

      Hapus
    2. bwahahhahahaa.. bani kampret dungunya kebangetan.... video editan disebar.. lihatin juga dong video lengakpnya mpreeett...!!! πŸ˜…πŸ˜…

      Data dari mana ituu..??? haha.. orang dungu kek Rocky gerung kok dipuja2.. kasihan tuh otak mungil jadi tidak bisa berkembang.. bwhahahahahhaa..

      ciri2 Orang munafik itu.. bilangnya anak santri tapi sholawatan ngk becus, wudlu amburadul, Disuruh tes baca al-quran pura2 budeg dan buta, Katanya islam tapi nari2 sambil mabuk saat merayakan natal bersama keluarganya.. orang kek gini mau dipilih..?? najis mugholadzoh.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Sbenarnya masih banyak keburukan praboker yg saya simpan.. kalau kau lanjuut ya saya siap lanjuuttt.. kahkah...

      Hapus
    3. Halaaah....
      Si itu juga tidak punya prestasi.
      Mosok gunung himalaya dibawa bawa buat kampanye.
      Norak loe...

      Hapus
    4. Dungauan juga anda bung dari pada rocky gerung fanatik berlebihan bisa membunuh mu jadi inget lagunya quenn

      Hapus
    5. @sam amat oke

      Kalo dipikir lagi, ada benarnya kalo rezim sekarang lamban dalam memenuhi MEF...nggak seperti diera rezim sby 🀷

      Kalo gitu gimana kalo kita angkat lagi sby sbg presiden periode 2019~2024....Kalo prabowo mah gak jelas, gak ga ada rekam jejaknya πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    6. ojo ngono mas hari, sampean ngko di cegat ndek dalan loh. eling rondo sisih kerjoan mas, eling πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  13. Waduh...gw dimarahin cebong mari. Gw cuma bicara sesuai berita aja ya...nih gw kasih linknya kalo DP su-35 belon ada. Jgn marahin gw ya....kalo salah tinggal betulin aja.

    https://www.google.com/amp/s/lancerdefense.com/2019/01/26/realisasi-pembayaran-pesawat-tempur-sukhoi-su-35-terhambat/amp/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg kasih statemen siapa??? Ente harus belajar lg bedain yg mana berita isu dan yg mana berita resmi statemen pemerintah,,,ane jg bisa bikin artikel isu kok tp kagak pasti benar atau tidaknya πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

      Hapus
    2. Ya situ baca aja..disitu kan yg bilang menhan sendiri kalo pembayaran terhambat

      Hapus
    3. yaaaaahhh maklum lah kau dibully habis mpreeett.. soalnya disini orang2 waras anti pemuja tukang hoax kek praboker.. mending kau bully malons malah didukung.. kalau kampanyekan praboker yg tidak punya prestasi disini.. yaa siap2 dibully habis kau.. bwahhahaha..

      Hapus
    4. Gw kasih link lainnya biar gak pada stress.

      "Menhan mengakui pembelian 11 unit pesawat tempur Sukhoi (SU-35) dengan sistem imbal beli komoditas pertanian, masih terhambat pembayaran dari Kementerian Keuangan.'

      https://www.google.com/amp/wartakota.tribunnews.com/amp/2019/01/17/pembelian-sukhoi-terhambat-indonesia-bakal-beli-drone-militer-dari-cina-dan-portugal

      Hapus
    5. @AK
      Sabar bro, emg sulit memberikan pencerahan kpd yg sdh terlanjur fanatik

      Hapus
  14. Hayoooo.. Jgn bwa2 politik😎😎,.. Mumet mengko

    BalasHapus
  15. Ngemeng ngemeng berita tsb diatas...

    Laporan, harapan atau curhatan KASAU ke pemerintahan ya???

    BalasHapus
  16. Kasih aja beritanya kalo pembayaran DP SU-35 udah selesai kan beres gak usah pake marah.....gw suka kok kalo memang udah beres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembeyaran imbal dagang ya belum tuntas, masa kita harus paksa2 rusia harus mau ambil komoditi itu dan ini, dan kita jg gk mau kalau komoditi yg dipilih rusia harganya terlalu jauh dr harga pasaran,,,intinya dp itu pasti ada sebab emang ada budgetnya.

      Hapus
    2. Situ kan termasuk gak percaya kalo DP belon ada. Sama gw juga gak percaya. Tapi kasus gak ada duit terjadi di sewa satelit dan pembayaran iuran KFX.

      Makamya gw mau kritis. Gw pake berita bukan opini pribadi ya.
      Gw demen sama su-35 makanya gw kecewa kalo keluar statement menhan sendiri seperti itu.

      Hapus
    3. Intinya menhan tidak ada mengeluarkan statemen tidak ada dp, kalau belum tuntas pembahasan komoditi untuk apa bayar dp' itu sama aja jebak diri sendiri.

      Hapus
    4. Coba situ terangkan disini biar gw ngerti. Statement menhan bilang proses imbal dagang terhambat pembayaran dari kemenkeu.
      Biar gak jadi seperti kasus mana duluan ayam atau telor?

      Kalo jadi kasus ayam atau telor ya udah bakal gak ada kejelasan sampai kapanpun.

      Hapus
    5. Gini loh ada dilema kalau kita mau in bayar dp deluan sebelum tuntas pembahasaan imbal dagang pasti kita akan terjebak untuk menurutin harga komoditi yg sesuai keinginan rusia, kalau harga komoditinya jauh dibawah pasaran ya kita pasti rugi' kalau dp sudah kita beri mau gk mau kita harus nurutin harga yg diinginkan rusia terhadap komoditi kita, jd intinya inilah yg dihindarkan pemerintah terutama menteri perdagangan dan keuangan' isu dp adalah tekanan agar dp segera dibayar tanpa perhitungan yg matang, apakah anda mau terjebak dengan perangkap ini???? Aku sangat mengagumi su-35 tp kalau sampai merugikan indonesia gk usah jd pun no problem.

      Hapus
    6. Eh semprul yg ngelamain itu pihak Russia, duit uda ada di Menkeu tapi ditahan karena Russia blom nentuin juga komoditasnya, Kalau bayar duluan terus Russia ogah milih komoditasnya gimana??, emang bisa balik tuh duit yg udah dibayarin???

      Mau ga mau kalo duit udah masuk ya harus bayar 100% tanpa imbal beli, meskipun Russia dengan alibinya ga butuh komoditasnya sekarang, wong TOT aja ogah, masa imbal beli ogah juga padahal 50 50

      Hapus
    7. Kalau anda gk percaya aku pengagum su-35 boleh tanya tu om smilling gimana aku habis2an bela su-35,,,tp aku tetep dukung apa pun kebijakan pemerintah meski ujungnya batal membeli su-35, kalau bikin indonesia terjebak kerugian buat apa dibeli.

      Hapus
    8. @anak kolong

      Kalo dipikir lagi, ada benarnya kalo rezim sekarang lamban dalam memenuhi MEF...nggak seperti diera rezim sby 🀷

      Kalo gitu gimana kalo kita angkat lagi sby sbg presiden periode 2019~2024....Kalo prabowo mah gak jelas, gak ga ada rekam jejaknya πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    9. @raden..

      Gk usah pesimis gt bro.. napa sih harus pesimis gt???

      Ini negara kau.. kau harus dukung..percaya dan niat yg baik..

      Tdk ada yg rugi klw TNI kita dah buat keputusan untuk lindungi NKRI..

      Hapus
    10. Kita merdeka dgn bambu runcing bro bs kita merdeka.. gw harap lu ngerti..

      Hapus
    11. Aku tidak pesimis dan aku yakin su-35 akan datang dibulan agustus, masalah su-35 hanya selisih paham/belum ada kecocokan di harga komoditi, indonesia menganggap harga komoditi yg diinginkan rusia terlalu murah, ujung2nya 75% dibayar pakai uang dan hanya 25% yg dibayar melalui imbal dagang.

      Hapus
  17. Banyak nama baru yg cm mau masukin issue pilpres disini...ra asyik ra keren...nek aku mending ngajar malon kalo disini...nyoto dudu bolomu !!

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. MRCA Cancel
      LCA Cancel
      MPA cancel
      Little bird tak jelas
      Lebih miris lagi kata Mat Sabu: Only 4 Out of 28 Fighter Jets At RMAF Can Fly Due to Poor Maintenance 😁
      https://www.worldofbuzz.com/mat-sabu-only-4-out-of-28-fighter-jets-at-rmaf-can-fly-due-to-poor-maintenance/

      Malaysial menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman. πŸ˜‚
      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913

      Poor malaydogsial

      Kih kih kih

      Hapus
    2. One more.. Cutting budged dah itu pun masih di bagi 5 😁

      Poor malaydogsial

      Hapus
    3. Cap Cay Tahun 2050 kikikiki

      Malon senang digondolin umngok

      Kikikiki

      Kikikiki

      Hapus
    4. Breaking news..!!!

      Malon people ramai curi pokok jiran kat sempadan nak bertahan hidup. maklum hutang negara mencercah 86 peratus. PM malon yg renta pon sampai mengemis ke jepon mohon bantu hutang yang menggunung... kerajaan bangkrap lagi mendunia melaju sampai grade A konon. askar tak de kepakaran. inventory weapon paling teruk sekawasan. sumber menteri pertahanan mat sabu. mkm bertahan hanya 4 ekor je... mengaku superior melayu.. Penghapusan Icerd diberlakukan bertahap beruk malon pon ramai bergaduh... serawak sabah mintakan berpisah karna malu diperintah malay semenanjung rasuah.... oh teruk nian ko lon...😁😁

      Hapus
  19. YOUR TONG-TONG 400HP PISTON TYPE ENGINE IS 100% already.



    KAH KAH KAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. This is picture rusted malaydogsial ships use tong tong enggine 😁

      http://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2018/10/1st-700x525.jpg

      Kih kih kih

      Hapus
    2. LIKE YOURS... USED TONG-TONG 400HP PISTON TYPE AT MAHALENONG

      Malon senang digondolin Umngok

      Kikikikiki

      Hapus
    3. Breaking news..!!!

      Malon people ramai curi pokok jiran kat sempadan nak bertahan hidup. maklum hutang negara mencercah 86 peratus. PM malon yg renta pon sampai mengemis ke jepon mohon bantu hutang yang menggunung... kerajaan bangkrap lagi mendunia melaju sampai grade A konon. askar tak de kepakaran. inventory weapon paling teruk sekawasan. sumber menteri pertahanan mat sabu. mkm bertahan hanya 4 ekor je... mengaku superior melayu.. Penghapusan Icerd diberlakukan bertahap beruk malon pon ramai bergaduh... serawak sabah mintakan berpisah karna malu diperintah malay semenanjung rasuah.... oh teruk nian ko lon...😁😁

      Hapus
  20. Pespur Gen 4.5 Asean & Oceana

    1. F15SG Strike Eagle(RSAF)

    2. F18 Super Hornet(RAAF)

    3. Saab Jas 39 Gripen(RTAF)

    4. Su30 MKM(RMAF)

    5. Kerupukikan35 Super Gurih(TNI indon)
    ***Note : belum bayar & belum tau..

    Curut mana curut ?? ahahahahaha...



    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak bila Su-30MKM setaraf jet pejuang generasi 4,5 idiot...jgn melancap sahaje kerja ko tuh lon wkwkwk

      Hapus
    2. TUDM chek list

      Missile :expired

      Sparepart :tak tersedia

      Pesawat : usang banyak yang phase out tapi tak ada penganti

      Enjin pesawat: hilang di curi

      Readines: hanya 4 pesawat

      Skill pilots: eject kat hanggar

      #Malonclaim
      #sembangbabipunbolehterbang

      😁😁

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Lagi malondogshit onani otak,hanya 4 ekor su30 yg bisa terbang cakap sembang

      Malon senang digondolin umngok

      Kikikiki

      Hapus
    4. Breaking news..!!!

      Malon people ramai curi pokok jiran kat sempadan nak bertahan hidup. maklum hutang negara mencercah 86 peratus. PM malon yg renta pon sampai mengemis ke jepon mohon bantu hutang yang menggunung... kerajaan bangkrap lagi mendunia melaju sampai grade A konon. askar tak de kepakaran. inventory weapon paling teruk sekawasan. sumber menteri pertahanan mat sabu. mkm bertahan hanya 4 ekor je... mengaku superior melayu.. Penghapusan Icerd diberlakukan bertahap beruk malon pon ramai bergaduh... serawak sabah mintakan berpisah karna malu diperintah malay semenanjung rasuah.... oh teruk nian ko lon...😁😁

      Hapus
  21. Kalimat ini

    "Sekarang ini pesawat yang ada, pesawat F-16 yang sedang di upgrade agar betul-betul diefektifkan dalam menghadapi situasi yang berkembang, demikian juga Sukhoi, T-50 dipasang radar agar bisa melakukan counter."

    T50 dan sukhoi baru nak dipasang radar?

    Maksudnya selama ini sukhoi indon tiada radar?

    Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. otak kau tu memang bebal lon,ada tanda koma nya kau tak bisa baca,sukhoi masih upgrade di belarus,kalau t50 udah sign kontrak radar,kalau negara kau tak shoping lebih baik jadi penonton aja kikikiki

      Hapus
    2. syhhhhh....jangan kuat bro..

      indon tengah panas hati tu..

      Hapus
    3. Jelas Ini lebih bikin panas 😁

      MRCA Cancel
      LCA Cancel
      MPA cancel
      Mrss cancel
      Little bird tak jelas

      Lebih miris lagi kata Mat Sabu: Only 4 Out of 28 Fighter Jets At RMAF Can Fly Due to Poor Maintenance 😁
      https://www.worldofbuzz.com/mat-sabu-only-4-out-of-28-fighter-jets-at-rmaf-can-fly-due-to-poor-maintenance/

      Malaysial menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman.

      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913

      Kih kih kih

      Hapus
    4. wajahku tu selalu tersenyum lon,buat pa nak panas hati dengan negara bangrap,aku hanya cuci otak kau supaya tak bebal kikikiki

      Hapus
    5. Namanya juga malaydogsial delusionalnya sudah dalam tingkat akut 😁

      Bahkan sembang babi pun bisa terbang 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    6. Beruk malondogshit kepanasan

      Negara akan akan akan Dan akan

      Malon senang digondolin umngok

      Kikikikikiki

      Hapus
    7. Breaking news..!!!

      Malon people ramai curi pokok jiran kat sempadan nak bertahan hidup. maklum hutang negara mencercah 86 peratus. PM malon yg renta pon sampai mengemis ke jepon mohon bantu hutang yang menggunung... kerajaan bangkrap lagi mendunia melaju sampai grade A konon. askar tak de kepakaran. inventory weapon paling teruk sekawasan. sumber menteri pertahanan mat sabu. mkm bertahan hanya 4 ekor je... mengaku superior melayu.. Penghapusan Icerd diberlakukan bertahap beruk malon pon ramai bergaduh... serawak sabah mintakan berpisah karna malu diperintah malay semenanjung rasuah.... oh teruk nian ko lon...😁😁

      Hapus
    8. Emang udah beli apaan lu lon..lms aja utang 25 tahun ke china πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  22. Ada ada je beruk malon mengkritik namun dia sendiri tak de prestasi.

    BalasHapus
  23. Kasian Malon idtb banyak mimpi basah dengan pantat manusia homo. Program mrca ujungnya downgrade ke LCA, pilih tejas, jf-17 or fa-50 ? Non sense karena takda Wang tuk beli. Realistis pilih pesawat RC aja tuk malasy. salam dan tinggal sejarah pesawat pejuang Rafale, thypoon juga hornet hibahan kuwait, kahkahkahπŸ˜€

    BalasHapus
  24. Terus terang, gak masuk akal banget kalo pake alasan belum bayar DP 50% karena takut pihak Rusia bakal gak komitmen untuk imbal dagang akhirnya RI kejebak. Itu kan bisa diatasi bikin klausa perjanjian bagi pihak yang tidak komitmen akan dikenakan sanksi tambahan selain harus mengembalikan uang DP. Memang Rusia bakal semudah itu juga mau disebut pihak yang engga punya komitmen? Lha, masa gara2 Su-35 cuma 11 biji aja Rusia mau kehilangan muka?

    Pihak Rusia udah pernah lho pake praktek imbal dagang dengan malaysia untuk Mig29. Ada rekam jejaknya.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bilang rusia tidak punya komitmen siapa???? Strategi Menjatuhkan harga komoditi bukan bagian dr komitmen, wajar aja kalau rusia ingin menekan harga komoditinya sebab negara mana pun atau siapa pun pasti ingin harga yg murah untuk barang yg diinginkan, begitu jg indonesia mempunyai hak untuk berhati hati untuk tidak langsung membayar dp sebelum benar2 tuntas kamoditi yg diinginkan rusia sesuai nilai pasarannya, rusia tidak akan menahan dp tp yg namanya dp dimana pun kagak bisa ditarik lg bila sudah dibayarkan' dan bila dp dibayarkan sebelum tuntas masalah penentuan komoditinya yg menjadi barter akan merugikan posisi tawar indonesia dalam menetapkan harga komoditi yg menjadi pilihan rusia,,,kalau ente gk paham jg dengan penjelasanku ini berarti dah parah bener konslet otak ente tong 😊

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Tadi mau dijawab tapi ya udah lah gw nyerah aja.

      Hapus
  25. Gue melihat setelah SBY turun dr istana rezim Jokowi semacam TK da hati buat melanjutkan penguatan Alutsista atau mef..
    Pejabat pemerintah Jokowi pun hanya menebar angin segar penuh kepalsuan..akan bangun ini akan bangun itu tp mana???
    Hampir semua alutsista yg berdatangan skrg adlh hasil kerja era SBY..
    Pemerintah Jokowi CMA menebar angin segar penuh kepalsuan..
    Mereka mencipta alasan dengan berbagai klise,
    Kita tdk punya musuh lah dlm 15 tahun ke depan,itu kata menhan ,,entah gimana cara pikir menhan kita ini,,belajarlah dr Ambalat,,musuh tdk akan menunggu kita pesan alutsista sampai jadi dan di kirim ke indo baru mereka mw perang,,ingat Singapore sbntr LG akan memiliki f 35 dan berbagai persenjataan cggih yg pastinya mereka g maen2 dlm mempertahankan harga diri..lihat jg Vietnam,s300,rudal moskit,dan byk lagi alutsista mumpuni,blm lagi bilang tetangga kita Australia yg sedikit congkat,
    Dan alasan satu lagi beli pesawat g kaya beli mobil..rasanya SDH sakit telinga mendengar alasan itu..saya rasa semua faham beli pesawat membutuhkan waktu utk perakita..semua org faham itu,kalo kita analisa dengan waktu yg telah di habiskn oleh pemerintah dlm mengadakan suatu produk alutsista seperti Sukhoi itu udh kebangetan lama,utk ukuran yg konon di katakan bajet SDH ada,atau hanya akan Jokowi biar bunga dr bajet tersebut bisa di gunakan utk bangun tol..bangun tol g salah,tetapi mengabaikan pertahan adlh sebuah kesilapan yg fatal..
    Kalo kita perhatikan sepertinya rezim Jokowi ingin memboyong sekalian pabriknya Sukhoi yaitu irkut corporatio BKN sebelas biji yg ingin di beli..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwwkw.. apa gunanya perjanjian internasional bro? Indonesia hdp bkn kmrn. Tapi sudah lama.. KAA sapa yang pny inisiatif digalakan? Indonesia atau negara lain? Diadakan pertama x dimana KAA? Indonesia atau negara lain?

      Emg ada salah pernyataan kemenhan itu? Alutsista tetap di utamakan tapi klw lihat kondisi alam diseluruh dunia, emg kgk ada terkena bencana alam?

      Bwt LPD atau LST itu kan ada 2 fungsi.. perang dan non perang.. apa lg kita negara kepulauan.. jd kita bisa kirim bantuan ke saudara kita yg kena terdampak bencana.. trus salahnya pernyataan kemenhan itu dmn?

      Para TNI dan Polri kita 24 jam siaga bro..

      Ingat bro.. klw negara kita diserang.. lu kira gk ada yg bantu? Ingat lohh kita ni NEGARA NON-BLOK..

      Jgn berpikirann picik gt bro.. skrg gw tny..

      Contoh.. klw didaerah lu hutan smwnya.. trus lu mau bangun rumah bkn pakai kayu tapi semen..

      Apa mau para tukang bangunan mau ngerjain rumah kau? Angkat semen,batu,pasir,besi.. trus tdk ada lampu.. bs mereka kerjainnya?

      Makanya itu tong.. awalnya itu adalah INFRASTRUKTUR JALAN..KALAU JALAN ADA PEMBANGUNAN DIWILAYAH BERKEMBANG..PAHAM KAU?

      jadi jgn bilang presiden tdk ada bangun infrastruktur..

      JALAN ADALAH UTAMA UNTUK MEMBANGUN PEREKONOMIAN BANGSA..

      Hapus
    2. bettol ..b..be..b..bettol pak jokowi cs gapusin doang belli su 35 malah di persulit biang keladi antek bank dunia sri mulyani jadi mentri pencetak hutang terbesar di dunia broo

      Hapus
  26. Breaking news..!!!

    Malon people ramai curi pokok jiran kat sempadan nak bertahan hidup. maklum hutang negara mencercah 86 peratus. PM malon yg renta pon sampai mengemis ke jepon mohon bantu hutang yang menggunung... kerajaan bangkrap lagi mendunia melaju sampai grade A konon. askar tak de kepakaran. inventory weapon paling teruk sekawasan. sumber menteri pertahanan mat sabu. mkm bertahan hanya 4 ekor je... mengaku superior melayu.. Penghapusan Icerd diberlakukan bertahap beruk malon pon ramai bergaduh... serawak sabah mintakan berpisah karna malu diperintah malay semenanjung rasuah.... oh teruk nian ko lon...😁😁

    BalasHapus
  27. sudah hampir 5 tahun berkuasa belli pistol pun tidak bisa nya gapusin doang

    BalasHapus
  28. Pada ngomongin rezim segala, emangnya pd diangkat jd apa sih kalian semua klo mereka berkuasa. Fiangkat jd tai semua yg ada. Omong tai kalian semua. Gak usah bahas rezim.
    Paling enak bahas tebak2an alutsista apalagi yg akan datang dan dibeli tahun ini serta tahun depan. Biar gak pada ribut politik aja. Macam sdh bener aja ngomongnya. Dasar tai.....hahaha...pisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumben elu rada waras.

      Sudah minum obat ya ?

      Hapus
    2. more fighters and light destro yg pasti lah...😁😁

      Hapus
  29. Adakah 44% termasuk AKAN Su-30 dan AKAN KFX? wakakakakakakakakakakakakakakakakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Better than poor malaydogsial only 0% 😁

      Kih kih kih

      Hapus
  30. Penawaran untuk semua individu

    Anda mencari sejumlah besar untuk merevitalisasi perusahaan Anda atau Anda mencari pinjaman untuk membeli rumah Anda.
    Kami dapat menyediakan Anda dengan pinjaman ini.

    E-mail: info@creditfinance-bank.com
    Rolandgadner@outlook.de
    Nomor WhatsApp: +33784505888
    Situs web: https://creditfinance-bank.com

    BalasHapus
  31. "Tanpa izin saya berani mendakwa kita malas. Kita lebih suka serah kerja kepada orang lain. Hari ini kita dapati ramai orang asing datang bekerja di negara kita. Kenapa? Kerana kita tidak sanggup bekerja. Pergilah ke tempat kerja dan kita tidak akan bertemu dengan pekerja kita.Ya, memang kerja itu berat. Mungkin kotor dan berbahaya. Kita cuma cari kerja yang ringan, dikilang berhawa dingin. Tetapi disitu pun daya keluaran atau produktiviti kita rendah”
    - Tun Dr Mahathir Mohamad -

    BalasHapus
  32. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  33. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  34. Halo,
    Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda memerlukan uang mendesak untuk penggunaan pribadi, apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda pernah ditipu sebelumnya dan masih butuh uang? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu. Cari lagi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga 2% rendah dan terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami aman, asli, dan 100% dijamin dan dijamin. Tertarik, hubungi saya sekarang melalui email; (marielagonzalezloan@gmail.com)

    BalasHapus
  35. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  37. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    BalasHapus
  38. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  39. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkena

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinyalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    BalasHapus
  40. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  41. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  42. Halo,
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik.
    hubungi saya untuk informasi lebih lanjut:
    (helenahernandez432@gmail.com)

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Bunga Rendah 2%, kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda.
    Silakan hubungi saya untuk informasi lebih lanjut:
    (helenahernandez432@gmail.com)

    Salam,
    Nyonya HELENA HERNANDEZ
    (helenahernandez432@gmail.com).

    BalasHapus
  43. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus