01 Februari 2019

Kemhan Resmikan Sarana dan Prasarana Prototipe Spherical Powder Propelan

01 Februari 2019


Proses pembuatan Propelan (image : Roxel)

Subang, Rabu (30/01/2019). Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati menyaksikan peresmian Sarana dan Prasarana Prototipe Spherical Powder Propelan PT Dahana (Persero). Acara dihadiri oleh Sekjen Kemhan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media BUMN Bapak Fajar Harry Sampurno, Direktur Utama PT Dahana Bapak Budi Antono, Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Sekda Bapak Iwa Karniwa, Ses Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. Agus Rustandi, M.Eng.Sc., MMDS., Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Ahmad Saefudin, SE., MM. Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, SE., ST., M.SI (Han), para pejabat di lingkungan Kemhan, Pemda dan unsur Muspida Kabupaten Subang serta undangan.

Dalam kesempatan pertama Kabalitbang Kemhan menyampaikan laporan kesiapan peresmian peresmian fasilitas sarana dan prasarana Spherical Powder, dan dilanjutkan sambutan Sekjen Kemhan. Dalam sambutannya Sekjen Kemhan menyampaikan Spherical powder propelan merupakan bahan energetic yang digunakan sebagai bahan pendorong khususnya untuk munisi kaliber kecil (MKK). kebutuhan untuk spherical powder propelan per tahunnya rata-rata sebesar 600 ton dan pemenuhan kebutuhan tersebut diharapkan dapat di supply dari pembangunan pabrik spherical powder propelan.

Dalam mewujudkan kemandirian di bidang propelan sebagai salah satu program nasional industri pertahanan’ diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan dan perlu kita pikirkan bersama untuk langkah selanjutnya dengan tetap melaksanakan kerjasama antar instansi terkait. Seluruh stakeholders yang terdiri dari industri bidang pertahanan, lembaga litbang, perguruan tinggi dan pengguna harus bisa bekerjasama dengan dukungan dana baik secara mandiri maupun dari pemerintah.

Setelah memberikan sambutan Sekjen Kemhan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja meresmikan Sarana dan Prasarana Prototipe Spherical Powder Propelan diawali dengan pemotongan pita dilanjutkan penandatanganan batu prasasti yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan. Perlu diketahui bahwa prototipe Spherical Powder Propelan ini adalah hasil penelitian dan pengembangan Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Sumdahan.

(Kemhan)

109 komentar:

  1. He,he..kok sepi..padahal untuk industrialpertahanan..Ini Paling dasar..Dan belum Ada di Asia tenggara lain yg sampai segini..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada broooooo.. di malons sudah ada namanya powder dadah... 😂😂😂😂 powder dadah bahkan sudah mendoniaa.. xixixi..

      Hapus
    2. Hwehehe..
      R-Han series bakal lancar jaya.

      😎👍

      Hapus
    3. Maklum disini banyak "pejuang IFX" yg dininabobokkan oleh mimpi instant membuat pespur scr mandiri....sementara kalo disuruh mengamati proses alih teknologi yg benar, fokus, step demi step dari dasarnya dan memang makan waktu, liyeur-lelet kata mereka 🤷

      Hapus
    4. F-35 tereliminasi di Jerman..😒
      Paling yang menang Thypoon..😑

      Hapus
    5. Naaah kelihatan belum dibaca kan 😹😹😹...langsung impiannya melambung kemana-mana 👇

      ".....spherical powder propelan merupakan bahan energetic yang digunakan sebagai bahan pendorong khususnya untuk munisi kaliber kecil (MKK)."

      Hapus
    6. bialinnggg lingg haha!🤣🤣🤣
      yaiyalah, disain IFX masa depannya lebih cerah utk 50 taon kedepan. masi byk wkt buat utak atiknye. masa mao ngandalin disain tuwir, maleza layauw haha!😜😜😜
      skrg sich kliatannya enak buat nikmatin pespur berkanard, tp nanti taon 2040an-keatas wahh, kesian yg abege2 kita, mao selfi kok bekgraunnye sama ama jaman kakeknye haha!🤣🤣🤣
      upps ituw kalo kakeknya olang thai lho om smilikity haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    7. Beli pespur gen 4 atau 4.5 sih dikit aja.. Su35 11 unit dan Viper 16 unit buat ngisi gap sampai 2030. Jangan spent banyak2 diarea ini.. duitnya dikumpulin buat beli Gen 5. Biar nanti gak kebanting sama tetangga atas bawah.. 😊

      Hapus
    8. Serbuk dadah made in malon lebih menggerunkan satu kawasan. Bahkan sudah eksproot seluruh dunia, tak boleh heboh pun

      Hapus
    9. Omaegot,Omaegot...powder dadah made in malon di guna untuk letupkan altantuya wkwkwk

      Hapus
    10. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. bwahahhahahaa... kalau Indonesia memproduksi powder propelan bahan bakar amunisi atau roket, rudal dan sejenisnya..

    Kalau malons bangga dengan pusat produksi powder dadah kelas dunia yg sudah diekspor ke penjuru dunia.. xixixiixixii.. dan dunia mengakui itu.. 😅😅😅😅😅😅😅😅 MALONS LOW IQ setaraf South Sudan.. kahkahkah..

    BalasHapus
  3. malaysia dah ada pon macam nie 50 tahun lalu

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. mancing mania beruk malon ah..🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  5. Beware!!! Low IQ Malaydogsial must be jealous 😁

    Kih kih kih

    BalasHapus
  6. POWDER DADAH....😱😱😱😱😱😱😱


    Zombi malonte

    BalasHapus
  7. Busyeeeeett...bikin langsung 2.. 😲😲. Padahal sudah pesan 2 unit. Kalau tahun 2019 tanda tangan kontrak baru.. berarti 2025 kemungkinan Amerika sudah memiliki 4 kapal induk baru kelas Ford.. Rusia bangun 1 saja keteteran, China tahun segitu baru belajar membuat Kapal induk dengan peluncur catapault.. ckckckck...


    https://www.jejaktapak.com/2019/02/01/us-navy-tandatangani-kontrak-pembelian-2-kapal-induk-senilai-rp208-triliun/

    BalasHapus
  8. smilinghari21231 Januari 2019 20.34
    "Sementara, tantangan untuk PT Dirgantara Indonesia (Persero) sendiri adalah mission system yang dapat beroperasi, kanibalisasi sparepart, durasi waktu servis yang lebih panjang, serta lifecycle sparepart yang lebih panjang"

    Itu ☝️ maksutnya gimana seh 🙆🙆🙆

    BalasHapus
    Balasan

    Choko Poliplant1 Februari 2019 07.37
    Maksudnya itu, bukan mengganti yg baru tp mencopot de yg lain, duraai waktu servis yg lama itu problemnya. Tp itu wajar utk sebuah industri yg sedang berkembang.

    Justru yg msh jd tanda tanya, kok mau menurunkan cost sharing tp minta HAKI yg lEbih besar dan agak herannya lg meminta transfer of technology yang lebih menguntungkan Indonesia. Kalo menurut hitung2 bisnis, dng cost sharing yg kecil maka akan dpt bagian yg kecil pula.
    Hanya saja Indonesia berani menurunkan nilai cost sharing dan meminta lebih di HAKI dan TOT kemungkinan berkaitan dng kerjasama perdagangan senjata kedua negara. Kontribusi Indonedia yg besar dlm pembelian produk alutsista korsel selama inilah nilai tawarnya.
    Atau nilai pemotongan itu digunakan utk kontribusi kerjasama pengadaan kasel selanjutnya yg dr korsel.?


    smilinghari2121 Februari 2019 10.45
    https://jakartagreater.com/transfer-teknologi-kapal-selam-changbogo/

    Hapus

    smilinghari2121 Februari 2019 10.48
    https://jakartagreater.com/licensed-country-makelar-teknologi-%e2%89%a0-transfer-teknologi/

    Hapus

    smilinghari2121 Februari 2019 10.53
    https://www.gd.com/our-business/information-systems-technology/mission-systems

    Hapus

    smilinghari2121 Februari 2019 10.55
    https://www.sncorp.com/who-we-are/business-areas/ims/

    Hapus

    smilinghari2121 Februari 2019 10.55
    https://www.baesystems.com/en/product/mission-systems

    BalasHapus
    Balasan
    1. "..Itu ☝️ maksutnya gimana seh 🙆🙆🙆.."

      ======
      Mas'e ingat CN demonstrator yang mo pake kanon Skyhawk..? 😁

      Hapus
    2. Yup,
      Diantaranya proyek KS, itu jangka panjang, bisa jadi nilai tawar kuat.
      Yang mengekor beli Golden Eagle juga lumayan..😁
      Yang non Hankam, pabrik Hyundai dah masuk sini..😁

      Ane salut, berani ngeyel.
      Kalo ga diperhitungkan, mana mau delegasinya dateng kemari.

      😁

      Hapus
  9. Hhmm bener2 seperti kata Mr Smili..disini lebih ngelihatin yg heboh2..bikin pesawat, Kapal, panser..

    Padahal dg pabrik Ini..Indonesia bener2 bisa independent dlm produksi munisi sampai 12.5mm (0.5 call)..
    Biar pindad sdh bikin munisi Ini dari lama..tapi propellant masih import.

    Yg plg penting..mulai nguasai tehnologi propellant dg lebih baik. Lapan blm bisa naikin besaran roketnya krn blm kuasai propellants tech dg baik...masih uji coba..

    Ngusain tech propellant sebenarnya sama pentingnya dg kuasain Tech Aerospace lho..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pabrik masuk target utama yg harus dihancurin kalo kejadian perang, jadiiiii....😇😇😇

      #nyalainsumbu

      Hapus
    2. Yoi mas Antek,

      Dengan demikian kekuatan amunisi kita tidak terdeteksi.

      Kita butuh banyak lho amunisi kecil ini.

      Buat TNI aja amunisi untuk 500 ribuan anggota.

      Belum buat Polisi kita yang 800 ribuan orang.

      Belum lagi untuk Bakamla, KPLP, KKP,BNN, KPK, dsb.

      Hapus
  10. Sorry out of topic :

    Bakamla ke depannya akan jadi Indonesian Coast Guard berstandar internasional yang bersifat paramiliter.

    Selain kapal2 yang dibikin khusus untuk Bakamla, ada kemungkinan kapal2 patroli seukuran 40 meter atau lebih besar milik instansi2 sipil lain yang juga bergerak di laut seperti kapal2 milik polairud, kkp, kplp, bea cukai, semua kapal yang seukuran 40 meter atau lebih besar itu akan digabungkan ke bakamla (ganti cet dari kapal patroli polri, kapal patroli kkp, kapal patroli bc, kapal patroli kplp).

    Kapal2 lain yg berukuran lebih kecil dari 40 meter tetap jadi milik instansi tersebut, karena hanya akan dipatroli di dalam batas 12 nm dari pantai.

    Jika sudah berganti cat bakamla, kapal2 yg berukuran panjang 40 meter atau lebih ini akan dengan leluasa berlayar di luar dari batas 12 nm hingga 200 nm dari pantai.

    Dengan demikian pada tahun 2024, akan ada banyak kapal yang ditugaskan ke Bakamla.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kapalku yg panjang 5 meter gak akan dialihkan ke bakamla ya Ntung...hehehe

      Hapus
    2. 5 meter kui dudu kapal...

      Kui ukuran gethek...

      Hapus
    3. Wuahahhaha...
      Ciye...ciye...ciye....akur niye...cb om ntung,kecup keningnya om choko...wakakakka

      Hapus
    4. Ogaaah, bau bangke !!!

      😖😖😖

      Hapus
    5. Ci-cie 😂😂😂...kalo udah bosen dibilang "bau bangke", jahat juga ternyata master ini ☝️

      Hapus
    6. Di sorakin baru bilang bau bangke.. Tapi kalau dibalik pintu bilang "sayang"

      Hapus
    7. Setuju om @ngitung...jadi penjaga di laut hanya ada dua bakamla dan bea cukai, untuk kplp dilebur ke bakamla dibentuk organisasi keselamatan laut di bakamla dan untuk polisi air menjadi penindakan hukum...kalau kkp mending di hapus saja dan anggaran untuk membuat kapal patroli bisa diserahkan ke bakamla. Untuk TNI-AL bisa jadi penjaga ZEE dan kalau bisa main di luar

      Hapus
  11. Baca berita di blog sebelah delegasi Spanyol nemuin opa RR di Indonesia dengan salah satu misi mengembangkan kerjasama pertahanan salah satunya mengenai A400M dan C295. Apa mereka mau kasih blueprint C295 yaa supaya dibuat diIndonesia menjadi code CN resmi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baca sekilas di website asingnya :


      Design and development

      The C-295 is manufactured and assembled in the Airbus Military facilities in the San Pablo Airport, in Seville, Spain. It is a development of the Spanish – Indonesiantransport aircraft CASA/IPTN CN-235, but with a stretched fuselage, 50% more payload capability and new Pratt & Whitney Canada PW127G turboprop engines. The C-295 made its maiden flight in 1998. The first order came from the Spanish Air Force.


      Hapus
    2. Artinya CN235 lahir lebih dulu di tahun 1983 kemudian Spanyol mengembangkan sendiri C295 dari basic CN235.

      https://id.m.wikipedia.org/wiki/CN-235

      Dan ini tentang C295 yg baru test flight di thn 1997

      https://wikivisually.com/wiki/EADS_CASA_C-295

      Hapus
    3. Tahun 1983 itu ane baru lahir, dan mas smiling baru masuk SMA..

      😇

      Hapus
    4. Fitnah ☝️....pembunuhan karakter !!!

      Hapus
    5. Salah mas @PS.. seingetku mas @Smiling thn 1983 itu udah ngadain acara ngunduh mantu nikahin anak bungsunya..

      😁😁😁😁

      Hapus
    6. Sarumpaet aja gak gitu amat 😭😭😭

      Hapus
    7. Lho berarti mas Super ini besannya mas Smili to ?

      Oalah padha2 tuwane ki.

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Om hary kuwi angkatan 84... 😀 😀 Secara tidak langsung pernah bilang. Soal nya pengemar Tintin dan Ria Jenaka

      Hapus
  12. "Udah pada pernah tau ttg hal ini 👇
    belum ya....terutama @bayu anjasmara 🤷. Lalu dg IFX bagaimana 🙆"

    >>>Direktur Utama PT PAL Indonesia M. Firmansyah Arifin mengatakan program transfer of technology (ToT) kapal selam Korea Selatan ke Indonesia cenderung merugikan kepentingan nasional. Setelah mempelajari klausul kontraknya, Firmansyah melihat program ToT itu lebih menekankan pada learning by seeing, bukan learning by doing. Lebih parah lagi pihak Daewoo mempersyaratkan tenaga ahli yang dikirim ke Korea Selatan harus berusia kurang dari 30 tahun dan proses alih teknologi berlangsung by site seeing. Persyaratan seperti ini menyulitkan proses alih teknologi.



    Akibatnya, tenaga ahli Indonesia yang dikirm ke Korea Selatan sebatas melihat proses pembuatan tanpa terjun langsung mempelajari teknologinya. Skema kerja sama seperti ini, menurut dia, lebih menguntungkan Korea ketimbang Indonesia. “Memang kami harus mencuri teknologinya karena Korea dulu juga mengambil teknologi dari Jerman,” kata Firmansyah usai menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

    Daewoo Shipbuilding Marine Engineering co. Ltd, sekedar memberikan gambar kapal selam. Padahal, mempelajari rekayasa teknologi kapal selam tidak cukup dengan melihat gambar.<<<

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Terutama pada bagian yg ini 👇👇👇"

      >>>Firmansyah yakin Korea Selatan tidak akan memberikan ilmu secara tulus kepada Indonesia. Dia juga mengaku kesal dengan campur tangan orang-orang yang sebetulnya tidak paham dengan teknis pembuatan kapal selam. Padahal, seorang tenaga ahli harus mempunyai jam terbang, intelegensia tinggi, dan kecakapan. “Kalau tidak, ke sana hanya jadi wisatawan saja. Yang dikirim bukan pure dari industri galangan saja, tapi harus disisipi orang perguruan tinggi,” kata Firmansyah.<<<

      Hapus
    2. >>> Dia juga mengaku kesal dengan campur tangan orang-orang yang sebetulnya tidak paham dengan teknis pembuatan kapal selam. Padahal, seorang tenaga ahli harus mempunyai jam terbang, intelegensia tinggi, dan kecakapan <<<

      Hapus
    3. Naah..
      Jadi paham kan kenapa KS ke-4 balik ke sono...gak full disini..😇

      Hapus
    4. Harus berusia kurang dari 30 tahun ?

      Gubraaaaakkk!

      Usia segitu masih mudah dikibulin.

      Hapus
    5. Ilmu dan pengalaman masih terbatas ☝️

      Hapus
    6. Kalo pake ukuran di PT.DI...seorang insinyur baru bisa dikategorikan "berpengalaman" setelah menekuni minimal 5 tahun masa kerja dan menangani beberapa jenis project ☝️.

      Lha kalo usia dibawah 30....utk ukuran sarjana teknik, mungkin ybs baru 1-3 tahun masa kerja dg pengalaman terbatas ☝️

      Hapus
    7. Nek saiki kan lulus e umur 22 tahun. Nek saka ITS sarjana teknik perkapalan rata2 umur 22-23th. Kuwi wae termasuk wis angkatan sepuh

      Hapus
    8. Yo yen njur kerjo neng industri perkapalan...yen milih kerjo neng bank rak cotho 🙆

      Hapus
    9. cie..cieee..penggiringan opini lagi haha!🤣🤣🤣
      om smiling criwis dech kyk emak2 arisan haha!😁😁😁

      lha masa pake standar lulus om smilikitir, wah gaswat ntar haha!😅😅😅
      dulu umur brp om pas lulus, 27-30? gpp yg ptg lulus yak, ga di do haha!😛😛😛

      anak kuliah kan yg standar normalnya ituw kan lulus s1 umur 20-22.
      klo sempet ambil s2 yach ntar lulus masi umur 23-25thn.
      kalo kul s2 sambil kerja bisa kebayangkan, pengalamannye makin sip.

      yg dapet kesempatan dikirim ituw kan yg py ipeka bagus2, ato lepel jenius cem presiden habibie. masa mao kirim yg lepel mepet tinta rotring??? bisa oleng ituw pesawat ato kapalnye om haha!😜😜😜

      lagi pula budaya kerja di perusahaan koryo ituw mirip jepun. mrk lbh suka karyawan2 muda yg gila kerja. drpd yg kriput yg byk tingkah, trus tenggo haha!😆😆😆

      knp muda? yg muda ituw lbh seger menyerap ilmu, blum py banyak pikiran tunggakan bon2 cicilan haha!😂😂😂
      dan satu lagi yg muda biasanya lebih byk yg sehat haha!😉😉😉

      proyek cem kapal selam atopun pesawat tempur ituw kan jangka panjang punyak. bisa diatas >20-40thn tahun kedepan. cem proyek kasel osi, 2030-2050 mek

      bgmn ente kalo jd bos di perusahaan penerbangan ato perkapalan brani gak investasi ke karyawan yg punya umur uda banyak???
      misalnya 40-50 tahun, kontribusi apa yg bisa diharepin? blum selesai proyek uda pensiun ato sakit2 trus ko'it kale haha!🤔🤔🤔
      kalo yg muda, nanti pada masa ke-emasan mrk, masi bisa mentransfer ilmu ke yg lebih muda dijamannya, tentuw seblom mrk dibajak perusahaan laen haha!😇😇😇

      Hapus
    10. proyek pespur & kasel bkn utk sesaat ato perproyek.

      skema proyek kasel kita jelas ituw, kalo mao tot kasel pertama pake acara belajar sambil bekerja, ituw sama dengan grecokin haha!😅😅😅
      knp cuman liat2 dolo? ada byk faktor: budaya kerja & bahasa & tulisan uda beda. mrk kerja industri dikejar skedul, kalo pake acara ngajarin ditempat, begh lamaaaa haha!😆😆😆

      Hapus
    11. ada tuch veloger koryo, nampilin org kita yg lg ngelmu kasel di dsme kata dubes, bner muda bingit. muke2 milenial cem om antiembalgo haha!😱😱😱

      ttg yg muda lagi: tugas mrk mereplika, apapun yg ada dikoryo dari budaya kerja, bahasa, ilmu pengetahuan & tehnik.
      gunanya diharepin biar kedepannya kompak dan selaras antara di koryo = indo.

      apalagi buat progran kfx/ifx. kalo uda beda hal2 kecil gini, ruyam urusan haha!😛😛😛
      liat aja ketika pak habibie kerja kul & kerja di zerman, maka etos kerjanya ama bahasanye pake was wes woss haha!😅😅😅
      trus pas bikin fete pon kena transper goib ituw wass wess wosss haha!😉😉😉

      maka nanti urusan kasel ame pespur, jadii anyeong haseiyo..
      trus dabroyeu utra buat urusan ruskiyah haha!😋😋😋

      Hapus
    12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    13. BTW itu kan berita tahun 2013..
      learning by doing sudah dilakukan di PT PAL pada KS 405 kan..

      Hapus
    14. ama atu lg yg pst om smiling gak bisa jawab haha!

      yg merugikan kepentingan nasional ituw model2 mantan dirut pal ituw sendiri yg tersangkut urusan KPK haha!😎😎😎

      bner kan yg kriput2 gt mach bonnya numpuk & laif stailnya tinggi haha!😆😆😆

      beda ama muda paling ngebon warteg ame gaya hidup paling bioskup ama dugem doank paling haha!😆😆😆

      Hapus
    15. nyoih om pbm, tp kapan nyemplungnya nech uda 3 bulan, bang thoyib kburu kewong lagee haha!🎎🎎🎎

      Hapus
    16. Waduh ngga tau om pal.. akhir oktober tahun kemaren harusnya, apa ketutup sama berita gempa palu.😑

      Hapus
    17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Berarti kapalku yg panjang 5 meter gak akan dialihkan ke bakamla ya Ntung...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap2 Tom En Jerry nih mau molaaaaiii neh.. 😁😁😁

      Hapus
    2. "Kapal dalam bahasa jawa artinya kuda...kuda panjangnya sampai 5 m 😱😱😱. Ooooh...kuda limosin mungkin 🤷"

      https://kamuslengkap.com/kamus/jawa-indonesia/arti-kata/kapal

      Hapus
    3. (nyiapin fanta & popcorn + gedein volume)..😁😂

      Hapus
    4. Ora usah manas manasi si Ntung kang smiling, mengko bacah e mberot. Mengko aku ora ono kancane nggo dagelan....hehehe
      Aku ora nduwe limosin, seng ono nggur ndokasin tok.

      Hapus
    5. Kakinya si Choko itu kapalen tapi kakinya kok njeber sampai 5 meter ya ?

      Astaga!

      Waduuh rupanya si Choko ini masuk pada turunan big foot aka yeti.

      Hapus
    6. "Bigfoot aka yeti 🤔....omaegot, baru telapak kakinya aja udah segede itu 😱😱😱"

      https://youtu.be/PwRcy0d5xFg

      Hapus
    7. Kata Tintin, Yeti disebut Yeh Teh oleh orang Tibet..

      (cerita dari oom saya) 😇

      Hapus
    8. Tapi kan yeti yg ada dikomik tintin gag segede "yeti" yg difilm dokumenter tsb ☝️

      Hapus
    9. Wah, iya tooh..?
      Ternyata mas smiling lebih tau.

      Maklum, saat oom ane bercerita, ane masih TK...😇

      Hapus
    10. Saya kan cuma bandingin cerita yg di.komik vs di video dukomenter ☝️ ttg mahluk yeti yg besoarrrr dan serem itu 😂😂😂

      Hapus
    11. Bulunya lebat pula...diwut-diwut
      😱😱😱

      Hapus
    12. Sopo mas?
      Yuk Yeti taah..? Byuuh😶

      Hapus
    13. Kapal maksute kuda..Nek pedang setan,dalam bahasa jawa maksute keturunan setan..artine..mak'e,bapake,bojone,anak'e setan kabeh...

      hua hua hua...

      #curutsetanhatipanas
      #indonsembangbabipunbolehterbang

      Hapus
    14. Njir.. beruk malaydogsial seekor ini dendam banget kayanya 😁

      #Berukmalaydogsialbabipunbisadisodomi

      Hapus
    15. Lah hamba setan Iki yo si indo di telan bumi, terus meliaro sifat iri lan dengki. Wah terkenal ya BHS Jawa di Malaysia, berarti infiltrasi budaya Jawa ke Malays sukses😁

      Hapus
    16. Waktu dwikora banyak orang jawa sudah masuk ke malaysial....om, orang tua mereka menunggu untuk membumi hanguskan malaysialan tapi anaknya menjadi anak durhaka

      Hapus
  14. busyeeeeett.. ini kaki, tangan, sampai muka sebelah hancur terkena ranjau darat masih hidup.. 😲😲.. salut buat personel US ARMY yg memberi pertolongan pertama, walaupun panik tetap tenang.. 👍👍👍👍👍👍👏👏

    Peringatan : yg punya jantung lemah sebaiknya tidak menonton.. ! 😊😊

    https://m.youtube.com/watch?v=GlN1qDoTAp4&t=78s

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. mending nonton ini mas agak ringan.. kontak tembak tentara Malaysia.. eeehhh Denmark maksudnya dengan Taliban.. 😁😁😁

      https://m.youtube.com/watch?v=JVihVeZtQds

      Hapus
  15. And their he goes, Indons also announce to improve their current flagship TONG-TONG engine from 400HP to 600HP Piston type.

    Kih kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. This is picture rusted tong tong malaydogsial ships 😁

      http://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2018/10/1st-700x525.jpg

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Beruk yg satu ini itu2 sahaje cakapnya dari dulu,kebanyakan di sodomi mahathir nih jubornya unknown wkwkwk

      Hapus
    3. No wonder for malaydogsial LOW IQ 😁

      Hapus
    4. KD Maharogol it's rusted and garbage ship. Using engine tong-tong and made it from plastic

      Hapus
  16. ...taruh disini ach, pingin tau gimana REAKSI fansboy barat...kemarin Su-35 Flanker E yang membuat F-18 menjadi MANGSA yang sangat empuk

    https://jakartagreater.com/manuver-berbahaya-su-27-paksa-f-15-pergi/

    ...wadawww






















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  17. ...taruh disini ach, pingin tau gimana REAKSI fansboy barat...kemarin Su-35 Flanker E yang membuat F-18 menjadi MANGSA yang sangat empuk

    https://jakartagreater.com/manuver-berbahaya-su-27-paksa-f-15-pergi/

    ...wadawww






















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  18. South Korea plans to eventually obtain 120 twin-engined KFX fighters, and 20% programme partner Indonesia 80. The ambitious aircraft will be more advanced than conventional types such as the F-16 but less so than the F-35.

    Enough said!!

    BalasHapus
  19. https://www.janes.com/article/86093/indonesia-selects-62-m-vessel-from-abeking-rasmussen-for-mcmv-replacement

    Kok belum masuk nih disini..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dari 2 tahun lalu pas di gelaran internasional "maritime security....(kira2 gitu namanya)" dihotel shangrilla, pt.pal udah mempresentasikan rencana kerja TOT kapal MCM buatan "AR" (lengkap dg keterangan gambar) ini yg kalo di indomiliter sempat disebut sbg buatan Lurssen ☝️

      Hapus
    2. Tantangan terbesarnya adalah ttg teknik pengelasan material "non magnetik" yg menjadi bahan hull kapal MCM racikan "AR" ini 🤔

      Hapus
    3. ...wach keduluan sama KACUNG BARAT nich



















      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    4. @mas antek

      "Hal ini (ttg kapal mcm buatan AR pernah dibahas di indomiliter, oleh oknum ini ��"

      Bu Koni 12/09/2017
      @admin

      Menyambung komen pak@mashuri pd artikel ttg MCM sebelumnya, agaknya ada yang lupa disebutkan ttg kapal ini.

      Baik kapal tipe: 332, 343, mhv-54 maupun tipe yang dioperasikan RTN adl hasil kerjasama antara Abeking&Rasmussen dg Lurssen.



      Bagaimana bentuk kerjasama atau pembagian kerja antara 2 perush ini saya tidak paham.

      Dikutip dari “Platform design it’s: A&R perfecting swath and small ships platform”…A&R sendiri kurang beken sbg pembuat kapal2 utk AL tapi perusahaan ini mempunyai spesialisasi dalam mendesain&membangun kapal MCM dari bahan baja non-magnetik, dan jerman adalah satu2nya negara didunia yang memproduksi kapal MCM dr bahan baja non-magnetik.

      Lalu bagaimana dg kerjasama antara A&R dan Lurssen…jika Lurssen juga punya skill utk membangun kapal dr bahan baja non-magnetik, tentunya ia bisa berjalan sendiri toh reputasi sbg produsen kapal AL sudah dikenal luas?

      Dari artikel tsb&browsing ke situs Lurssen, disebutkan bhw Lurssen memiliki skill dan pengalaman yang cukup banyak sbg kontraktor utama dalam pengintegrasian sistim pada kapal2 AL, spt: CMS, sensor&enjata, propulsi, elektrikal maupun peralatan bantu.

      Asusmsi saya (mungkin bisa dielaborasi lebih lanjut), A&R yang menyediakan platform dr bahan baja non-magnetik, sedangkan Lurssen dg kecakapan dan pengalamannya dlm membangun berbagai tipe kapal AL (non MCM) mengintegrasikan sistim2 yang disebut diatas (cms, sensor&senjata, propulsi, elektrikal dll…sekaligus utk memperoleh akses pemasaran yang lebih luas dg nama besar Lurssen.

      Bahkan dalam merancang platform MCM generasi baru utk AL Jerman (sbg pengganti frankenthal), A&R kembali lg berkolaborasi dg Lurssen, mendesain platform Swath/katamaran dr material non-magnetik steel yang diberi kode MJ-2000…bahkan sejak 2004/2005 mereka sdh menguji (termasuk shock test) thd platform ini dg hasil yang baik.
      Cari Cepat Info Alutsista






      Hapus
    5. Menurut wasap yg dikirim oleh oknum narasumber diatas (bu koni)....RTN yg dimaksut adalah Turkish Navy, jadi itu typo aja 🤷

      Hapus
  20. "Coba mak paet ambil paket oplas yg ini 👇, mungkin nasibnya ga perlu berakhir di penjara lantaran amat dani bakal kepincut dibuatnya 😱😱😱"

    https://m.detik.com/wolipop/foto-beauty/d-4410341/foto-wajah-baru-nita-thalia-setelah-operasi-plastik-yang-habiskan-rp-1-m?tag_from=wpm_cb_mospopular_list&_ga=2.90806170.1051048061.1546427807-168538625.1527690559

    BalasHapus
  21. "Mirip helinya 👇 @mail 😹😹😹"

    https://mobile.twitter.com/Gyllensporre

    BalasHapus
  22. Penawaran untuk semua individu

    Anda mencari sejumlah besar untuk merevitalisasi perusahaan Anda atau Anda mencari pinjaman untuk membeli rumah Anda.
    Kami dapat menyediakan Anda dengan pinjaman ini.

    E-mail: info@creditfinance-bank.com
    Rolandgadner@outlook.de
    Nomor WhatsApp: +33784505888
    Situs web: https://creditfinance-bank.com

    BalasHapus
  23. "Tanpa izin saya berani mendakwa kita malas. Kita lebih suka serah kerja kepada orang lain. Hari ini kita dapati ramai orang asing datang bekerja di negara kita. Kenapa? Kerana kita tidak sanggup bekerja. Pergilah ke tempat kerja dan kita tidak akan bertemu dengan pekerja kita.Ya, memang kerja itu berat. Mungkin kotor dan berbahaya. Kita cuma cari kerja yang ringan, dikilang berhawa dingin. Tetapi disitu pun daya keluaran atau produktiviti kita rendah”
    - Tun Dr Mahathir Mohamad -

    BalasHapus
  24. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus