21 April 2023

Super Hercules dan Modernisasi Alutsista TNI AU Besar-besaran (1)

21 April 2023

C-130J-30 TNI AU dengan nomor A-1339 (photo : Lockheed Martin)

REPUBLIKA.CO.ID, Pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 resmi mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin (6/3/2023) sekitar pukul 13.04 WIB. Pesawat angkut militer bermesin turboprop ini disambut dengan water salute, yang menjadi tradisi penghormatan dalam dunia penerbangan.

Momen bersejarah ini menjadi penanda datangnya satu dari lima unit pesawat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang memesan dari Lockheed Martin Aerospace, Georgia, Amerika Serikat (AS). TNI AU melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan) memang membeli lima unit pesawat C-130J Super Hercules yang datang secara bertahap, sebagai program peremajaan pesawat angkut kelas berat.

Uniknya, pesawat diterbangkan langsung dari Pangkalan Dobbins di Marietta, Georgia, AS menuju Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma. Pesawat melintasi Samudra Pasifik dengan singgah di pangkalan militer negeri Paman Sam untuk istirahat sekaligus mengisi bahan bakar di Honolulu, Kwajalein, dan Guam, hingga mendarat dengan mulus dan selamat di Lanud Halim Perdanakusuma.

Penghuni Skadron Udara (Skadud) 31/Angkut Berat tersebut secara total menempuh jarak sekitar 18 ribu kilometer selama 34 jam. Selain dikemudikan pilot Lockheed Martin yang bertanggung jawab melakukan supervisi keamanan penerbangan, ikut pula dua penerbang TNI AU, yakni Letkol Pnb Anjoe Manik dan Letkol Pnb Alfonsus beserta satu teknisi Kapten Tek Janar.

Dua pilot pesawat angkut tersebut memang dikirim TNI AU untuk mendapatkan pendidikan langsung di AS. Selain mereka, adapula Mayor Pnb Chandra, Mayor Pnb Ulung, Mayor Pnb Galuh, dan Mayor Pnb Aleg beserta beberapa teknisi yang sudah pulang ke Tanah Air. Total ada 48 personel, baik pilot, teknisi, maupun kru TNI AU yang belajar langsung di pabrikan Lockheed Martin. Aktivitas belajar mereka sempat pula diunggah di akun Instagram @militer.udara.

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Madya (Marsdya) Agustinus Gustaf Brugman menjelaskan, kedatangan pesawat Hercules seri terbaru untuk menggantikan pesawat lama yang sudah waktunya purnatugas. Sehingga, datangnya Super Hercules sekaligus untuk program peremajaan pesawat angkut TNI AU.

C-130H nomor A-1315 oleh GMF sudah mempunyai Center Wing Box baru (photo : Bill Campbell)

Dia memaparkan beberapa keunggulan pesawat C-130J-30 Super Hercules yang bakal memperkuat (Skadud) 31/Angkut Berat Lanud Halim Perdanakusuma tersebut. "Avionik pesawat sudah terintegrasi dan engine lebih efisien. Sehingga bisa terbang lebih jauh kecepatannya juga lebih bagus," kata Gustaf kala menyambut hadirnya pesawat kargo terbaru TNI AU ini.

Dua hari berselang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kesempatan menyaksikan langsung penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 dan C-130H Hercules A-1315 yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. RI 1 pun sampai duduk di kokpit untuk merasakan sensasi perbedaan Super Hercules dengan pesawat Hercules lama.

Setelah itu, Jokowi senang dan menyimpulkan jika kehadiran pesawat Hercules tipe terbaru yang sangat cocok untuk dioperasikan di Indonesia sebagai negara kepulauan. "Karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam," jelasnya di Lanud Halim Perdanakusuma pada Rabu (8/3/2023).

Dia menerangkan, pemerintah memesan lima unit pesawat Super Hercules untuk memperkuat armada TNI AU. Adapun jadwal empat unit lainnya diperkirakan tiba di Indonesia pada Juni, Juli, dan Oktober 2023, serta Januari 2024. "Yang kita pesan ada lima, lima pesawat yang datang ke negara kita," ungkap Jokowi.

Jika C-130J-30 Super Hercules benar-benar pesawat baru maka C-130H Hercules A-1315 baru selesai menjalani tahapan MRO (maintenance, repair, and overhaul) di Hanggar PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF), Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang. Dengan proses perawatan dan upgrade fasilitas terbaru maka pesawat pesawat C-130H Hercules berwarna loreng hijau bisa dioperasikan TNI AU hingga 20 tahun ke depan.

Menhan Prabowo Subianto menyampaikan rasa bangganya karena teknisi di dalam negeri bisa sukses melakukan perbaikan dan overhoul berat pesawat C-130H Hercules. Selain dilakukan penggantian center wing box, juga dilakukan pemasangan teknologi avionik terbaru dan beberapa item struktur pesawat.

Kemhan telah memesan 2 pesawat A400M baru (photo : Airbus)

Dengan kemampuan seperti itu maka pesawat C-130J-30 Super Hercules nantinya bakal menjalani perawatan di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh harus mengirim ke AS. Kondisi itu juga merupakan salah satu pencapaian peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam perawatan pesawat angkut militer.

"MRO-nya, maintenance, repair, overhaul akan di Indonesia dilaksanakan. Sebagaimana pesawat yang kedua ini sudah dilaksanakan di Indonesia semua. Ini termasuk overhaul berat pergantian center wing box ini sangat sulit, pertama kali kita lakukan di Indonesia," ucap Prabowo.

Datangnya pesawat C-130J Super Hercules juga menjadi babak baru penanda bagi TNI AU dalam mengoperasikan pesawat angkut dengan teknologi modern yang serba digital. Kehadiran pesawat transport berwarna abu-abu tersebut tidak menambah armada baru bagi Skadud 31/Angkut Berat Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Hal itu lantaran pimpinan TNI AU sebelumnya sudah mempensiunkan pesawat C-130 B Hercules A-1312 yang merupakan penghuni Skadud 31/Angkut Berat di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Pesawat yang memperkuat Skadud 32 Lanud Abdulrachman Saleh harus mengakhiri tugas setelah berdinas selama 47 tahun.

Jasa pesawat C-130 Hercules sudah tidak terhitung lagi dalam mendukung berbagai operasi yang dilakukan militer maupun penugasan dari pemerintah. KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo menjelaskan, pesawat Hercules tipe B yang dipensiunkan sudah menempuh 45 ribu jam terbang dan resmi memperkuat TNI AU sejak 1975.

"Selama 47 tahun pengabdian, A-1312 banyak berperan untuk mendukung berbagai operasi, di seluruh penjuru pelosok Tanah Air, dengan aman dan selamat. Pesawat Hercules A-1312 telah berperan besar memperkuat Skadud 31 dan Skadud 32, menjelajahi angkasa Indonesia lebih dari puluhan ribu jam terbang," ujar Fadjar saat secara resmi mempensiunkan pesawat Hercules di Hanggar Lanud Abdulrachman Saleh.

Pesawat A400M baru yang dipesan mempunyai kemampuan air refueling (photo : Airbus)

Pertama di Asia Tenggara

Super Hercules memang dapat diandalkan untuk mendukung operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP) di berbagai wilayah Indonesia. Yang membuat Fadjar semakin bangga, Indonesia adalah negara di kawasan ASEAN yang pertama mengoperasikan pesawat C-130 J Super Hercules.

Selain lebih efisien dalam penerbangan, bahan bakar, daya jangkau, hingga jumlah kru yang mengoperasikan, sambung dia, pun dengan pemeliharaanya lebih mudah. "Di regional ini hanya baru Indonesia, di Asia Tenggara baru Indonesia," kata Fadjar.

Sementara itu, Lockheed Martin Corporation percaya, kedatangan Super Hercules C-130J-30 bakal meningkatkan kemampuan TNI AU. "C-130J-30 menawarkan peningkatan kapasitas kargo, kecepatan, jangkauan, tenaga, kinerja, dan biaya operasi yang lebih rendah dibandingkan C-130 lama untuk mendukung berbagai persyaratan misi selama beberapa dekade mendatang," demikian pernyataan resmi perseroan.

Tidak berhenti sampai di situ, TNI AU juga direncakan untuk membeli pesawat kargo berat lain berjenis Airbus A400M Atlas. Pesawat angkut berjuluk Si Jumbo ini memang sudah dipesan dua unit pada tahap awal. Tentu saja, karena proses perakitan membuat pengiriman pesawat angkut yang lebih besar daripada C-130 J Super Hercules ini membuat kedatangannya diperkirakan paling cepat pada 2026.

Kabar itu juga sudah dikonfirmasi akun Twitter Airbus Defence and Space (ADS), yang mengumumkan Indonesia sebagai negara ke-10 yang bakal mengoperasikan Airbus A400M Atlas. Head of Military Air Systems ADS, Jean Brice Dummont membenarkan jika kontrak pembelian dua unit dari Indonesia sudah efektif dan bisa mulai proses perakitan.

Di sela acara Trade Media Briefing 2022 di Madrid, Spanyol, Senin (12/12/2022), Dummont menyebutkan, Indonesia juga membuka opsi pembelian tambahan menjadi empat unit Airbus A400M Atlas. Menhan Prabowo menambahkan, alasan pentingnya TNI AU diperkuat Airbus A400M Atlas, meski sudah memiliki Super Hercules.

"Selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting untuk misi bantuan manusia dan tanggap bencana," katanya di laman resmi Kemenhan. Prabowo menilai, pesawat A400M Atlas sangat bisa diandalkan untuk pengangkutan taktis dan pengiriman personel dan barang untuk pendaratan di berbagai medan, khususnya wilayah bencana.

92 komentar:

  1. HURRRAAAAAAY..ASET BARU LAGI..HATI HATI KERAJAAN ZIMBABWE KEPANASAN GAES ..


    WKWKWKWKKWKWKKWWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  2. MANTAP...JET PEJUANG BARU,PESAWAT TRANSPORT BARU,FREGATE BARU,TANK BARU.....SEMENTRA KERAJAAN SEBELAH CUKUP TELAN AIR LIUR SAJA.....MISKIN



    WKWKWKKKWKWKWKWKWKWKWKWKKKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  3. MALON BARU SHOPING HERCULES BARU TAHUN 2045.....KESIAN,NI AKIBAT DOMPET BOCOR,TAK DE DUIT



    WKWKWKWWKWWKKWWKKWKWKWWKWKKKWKWKWKKWKKKWKWKWK

    BalasHapus
  4. TNI AU makin Besar, Kuat dan Canggih 👍🙂

    BalasHapus
  5. Shoping terus ya.
    Ibarat MALON menggonggong disini, TNI terus dapat aset baru.

    BalasHapus
  6. Bagaimana...? HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.... tau tau gaji dan Sewa kenderaan di IKN NUNGGAK BAYARAN berbulan bulan ya guys..... Hahahahahha...

    5 buah C130J NGUTANG
    2 buah A400M NGUTANG

    BalasHapus
  7. Kereta cepat saja sudah masuk JEBAKAN HUTANG CHINA.... Malah hingga NGEMIS ke CHINA Minta bunga HUTANG di kurangkan....

    Lawaknya China Desak HUTANG di jamin dengan APBN.... HAHAHAHAHHA

    BalasHapus
  8. Parah..... HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG... HAHAHAHHAA

    RAFALE - NGUTANG
    KFX - NUNGGAK BAYARAN
    C130J - NGUTANG
    A400M - NGUTANG

    BalasHapus
  9. Bukan shoping terus.... Tapi HUTANG terussss... HAHHAHAHA

    BalasHapus
  10. Lagi lawak mentri kewangan nya...

    Baru saja tarik HUTANG Rp 224 T tak lama lepas tu MEMBUAL konon APBN Surplus.... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  11. Contoh Nyata HUTANG kereta cepat..... Bakal membebankan rakyat konoha puluhan tahun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. NEGARA BAJET CIPUT tolong diam, minggir kat BUCU KATIL..!

      Hapus
  12. Horee shoping berlanjut,
    Manakala sebelah berkhidmat sampai 2040

    Hhhhaha

    BalasHapus
  13. Mang kenapa lon kita punya kereta cepat,iri bilang boss kita punya pertma di Asean

    Wkwkkw

    BalasHapus
  14. Setelah Malaysia, Tesla Buka Pabrik di China! RI Kapan?


    Jakarta, CNBC Indonesia - Tesla tengah gencar membangun kantor hingga pabrik di beberapa negara mulai dari Malaysia dan yang terbaru China.

    Akhir pekan lalu, Elon Musk mengungkapkan rencana untuk membangun pabrik baterai baru selama kunjungannya ke Shanghai.

    Ia mengatakan pabrik tersebut bertujuan untuk memproduksi 10.000 Megapack per tahun untuk dijual ke seluruh dunia, dilaporkan kantor berita resmi China, Xinhua.

    Megapack adalah baterai yang sangat besar untuk membantu menstabilkan jaringan energi dan dapat menyimpan daya yang cukup untuk memasok sekitar 3.600 rumah selama satu jam.

    BalasHapus
  15. Sebelah berita nya tuh cancel alias batal membual wkwk

    Indonesia shoping berlanjut

    BalasHapus
  16. TESLA buka pubrik kilang bateri di china guys... INDON..? HAhahhahaha

    BalasHapus
  17. Kesian INDON... MAKIN PARAH guys investor saja makin menjauh.... HAHHAHAHAHA

    BalasHapus
  18. Ingat lon kita nyusul A400 pesan 2 opsi 4 lagi
    Wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pun HUTANG... Ngutang lagi.... HHAHAHAHHA
      Beli sikit sikit ya... Hahahahha

      Hapus
  19. Hibur diri ya lon,elak topik teros hahaha
    Mau bhs hutang we don't care lon

    BalasHapus
  20. Bye bye lon,
    Malon makin tertinggal
    Wkwk

    BalasHapus
  21. Geng INDON klaim konon MALAYSIA banyak HUTANG... ANEHNYA kerajaan MALAYSIA Beri gratis jalan tol sepanjang hari raya...

    Di INDON bila pemerintah INDON yang geng INDON klaim hutangnya sikit mau beri gratis jalan tol ke rakyat ya...? HHAHAHAHA

    NGEPRANK dan membual sesama INDON boleh la...

    BalasHapus
  22. 5 unit C130 J brand new + 2 A400
    Banyakk gak lon wkwkw

    BalasHapus
  23. ....hare gene masih ada malon KOPLAK LOW IQ. yang NEGATIF FRAMING TERHADAP INDONESIA...


    HAHAHAHAHAHHAA.....GAGAL TOTAL NICH YEEEEEE....

    BalasHapus
  24. Apa yang gratis di INDON diberi sama pemerintah INDON...?

    NOL... Hahahahahha

    BalasHapus
  25. 82% lon.gdp malon
    Otak 1CC wkwkkw

    BalasHapus
  26. Kesian..... Ada gratis jalan tol DI INDON.... Jalan tol didalam MIMPI nah itu gratis... Hahhahaah

    BalasHapus
  27. Malaysia Gratiskan Tarif Tol Empat Hari Selama Libur Lebaran 2023


    TEMPO.CO, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengumumkan pembebasan tarif tol selama empat hari untuk menyambut Lebaran 2023. Tarif tol gratis dimulai pada 19-21 April 2023 dan pada 24 April 2023.

    "Ini akan mencakup 33 jalan tol dan semua kelas kendaraan," kata Anwar di Putrajaya, Malaysia, Selasa

    BalasHapus
  28. ...loon malooonn KOPLAK KOQ DIPELIHARA .....HAHAHAHA...

    TUCH HUTANG SEWA TANAH 2013 2023 KEPADA AHLI WARIS SULTAN SULU APAKAH SUDAH DIBAYAR LUNAS ???

    US$ 15 BIILION = US$ 15,000 MILLION

    ATAU

    US$ 15 MILIAR = US$ 15,000 JUTA

    GAKA PERCAYA loooon? Baca noch yang satu ini:

    https://www.voaindonesia.com/a/setelah-menang-15-miliar-di-arbitrase-ahli-waris-sultan-sulu-siap-sita-properti-malaysia-di-paris-/6993011.html

    BalasHapus
  29. Sungguh memalukan menyebut besar-besaran .....

    Apa yang besar-bsaran ? Apalagi jia dibandigkan dengan program modenisasi yang kami FPDA lakan (utamanya oleh Singapore dan Australia)... dan semakin tidak jelasnya pengadaan senjata lainnya...

    Artikel tersebut lebih bersifat Lebih Indah Kabar daripadafaktany.....Hehehehe

    Teruslah bermimpi....

    Bualan besar-besaran iyupun juga terbantahkan dengan dibatalkannya FREMM, F15EX,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pun NGUTANG bro.... Harap tak masuk jebakan HUTANG seperti JEBAKAN HUTANG KERETA CEPAT.... Hahahhahaha

      Hapus
    2. Fpda wkwkw
      Kok nego sama China Maslah LCS
      Goblok literasi kurang luas
      Fpda sekumpulan negara2 pengecut

      Hapus
  30. HORRAY....SEMAKIN BANYAK malon malon LOW IQ KEPANASAN SAMBIL LONCAT LONCAT DI FORUM DS....

    HAHAHAHAHAHAHAHAHA....TAPI malon SELALU GAGAL FRAMING!

    BalasHapus
  31. Malon Inferior ....masih berharap fpda yg sudah tidak relefan....ATM sudah lemah dan tidak dianggap oleh negara² SEA...wkwkwkwkw

    BalasHapus
  32. Kesian... Negara besar tapi HUTANG.. HUTANG.. HUTANG...

    Malah rakyatnya mulai bising PEMERINTAH NGUTANG MAKIN TAK MASUK AKAL... HAHHAHAHA

    BalasHapus
  33. Noch diataas ada malon yang SELALU BANGGA BANGGAKAN FPDA UNTUK TUTUPI KELEMAHAN DAN KEKERDILAN malon sebagai anggota beban opersional bagi FPDA.

    Itu artinya MALU AKUI KEKEURANGAN DIRI DENGAN SIBUKKAN PAMERKAN KEKUATAN LAIN YANG BELUM TENTU BELA malon....


    Kasih BUKTI FAKTA BAHWA FPDA BERANI USIR CHINA DARI BPA yang sudah hadir di wilayah kedaulatan malon hampir 1 tahun ???

    BalasHapus
  34. Teruskan àja lon,makin dengki makin kita kuat sementara negara malon cuma mampu sewa,klo gak ya batal.
    Di sengketa LCS aja malon sampai ajak nego sama china,member fpda takluk sama china.
    Fpda gak ada power sama cina
    Memble
    😅😅😅😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuat...? HAHAHHAHHA

      Pejuang OPM kirim salam... HHAHAHHAHA

      6 TEWAS
      9 DITAWAN
      21 HILANG

      Hapus
    2. Sulu kirim salam,silahkan lawan sulu lon wkwk

      Hapus
  35. FPDA
    Masih eksis kah lon?
    Australia,inggris krim senjata ke ukraina terus malon sbg member terkaya kuat kirim apa ? NASI LEMAK
    LoL 😆😆😆😆

    BalasHapus
  36. Kuat...? Mau ketawa takut dosa.... HAHHAHAHAH

    BalasHapus
  37. Malon diayam2kan sulu hahaha
    Kemana fpda lon
    Babu inggris

    BalasHapus
  38. Ehh...Ngaku2 Fpda
    Kedaulatan kok nego sama Cina
    Kemana fpda kenapa tidak bantu?
    🤣🤣

    BalasHapus
  39. Apa pasukan Elite...? Lah yang di lawan hanya pejuang yang pakai panah dan sedikit senjata hasil Rampasan ya guys... HAHHAHAHAHA

    BalasHapus
  40. Aset aja masih sewa sok2an aja lon hina indonesia hahhaa
    Next industri militer dlm negeri indonesia terus berkembang,

    BalasHapus
  41. AtM eksesais di sungai tewas hanyut

    Wkwkkw

    BalasHapus
  42. Lawan sulu aja pake jet MKM,yg dibom phon pisang semua

    LoL🤣

    BalasHapus
  43. Rampasan kkb saat ambush pos TNI AD kmrn

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02SJp2GSBsdyFXtuGrLbd9cbPqRRKxSV6vGHbiHKXE4diapCeDrmGqpP5pLBMQRqnul&id=100071552496909

    Ngeri jg yak? Amunisi glm pun dpt org tuh

    BalasHapus
  44. Kalau tengok jaran eh jiran sebelah...sedih. aset semua usang, ngemis pun di tolak. Tak ada yg mau ajak latihan. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  45. Indonesia = NEGO = HASIL
    malon = NEGO = CANCEL

    kah kah kah kah

    BalasHapus
  46. BIARLAH GEMPUR MENGGONGGONG, TNI SHOPING TERUS ..... HAHAHAHA

    BalasHapus
  47. Guys apa gratis yang pemerintah beri ke rakyat..... MEMBUAL konon hutangnya sikit... Masa sama rakyat pemerintah mau berkira kan guys.... HAHAHAHAHHA....

    BalasHapus
  48. Masa negara banyak HUTANG kononnya 82% masih mampu memberi banyak subsidi dan gratis ke rakyat.... HAHAHHAHAHA

    BalasHapus
  49. Sorry guys MALAYSIA lebih maju dan makmur dari konoha yang penuh korupsi dan kuat NGUTANG /NUNGGAK BAYARAN.... Hahahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha ha hutang 82% GDP ngaku makmur. Ha ha ha ha...... Halu

      Hapus
  50. Guys.... Gaji pegawai dan SEWA kenderaan IKN bila mau dibayar ya....? HAHAHAHAHHA

    BalasHapus
  51. Wah...ada warga KERAjaan kejang2 lihat modernisasi militer TNI. Yg aset pada usang tepi jamban sikit lah

    BalasHapus
  52. Kesian... Pemodenan apa.... Menambah HUTANG adalah..... HAHAHHAHAHA

    Akibat tak mampu ya HUTANG terus.... Lepas tu NGEPRANK konon NGUTANG tak bebankan kewangan negara.... HAHAHHAHAA

    BalasHapus
  53. Malah ketahuan pemerintah INDON... NUNGGAK BAYARAN... Jelas tiada wang guys.... HAHAHHAHA

    1. Gaji pegawai IKN NUNGGAK berbulan bulan
    2. NUNGGAK BAYARAN kenderaan SEWA di IKN
    3. NUNGGAK BAYARAN HUTANG Pengusaha migor

    BalasHapus
  54. Kasian. Hanya bisa menggonggong disini. Tapi tak mengubah fakta apapun. Utang sebelah makin meroket. Shoping pun tak ada. Membual pun tak membuat alat perang usang jadi baru. Sombong pun hanya jadi bahan LAWAK. kaduan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian... Yang MEROKET tu JEBAKAN HUTANG nya ya... HHAHAHAHA

      Hapus
    2. 2023 MYR17,74 Milliar = Selected Cancelled
      2022 MYR16,14 Miliar = Selected Not Yet Ordered
      😂LEASE LEASE LEASE😂

      Hapus
  55. Duh, Pekerja IKN Merasa Tertipu Karena Hanya Dibayar Rp 80 Ribu


    Pekerja proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) dikabarkan kini banyak yang pulang kampung karena merasa tertipu.

    Pasalnya mereka hanya mendapat Rp 80 ribu per hari.

    Kabar ini pun ditanggapi oleh Sekretaris Badan Otorita IKN, Jaka Santos Adiwijaya.

    Ia mengakui, memang ada kasus terkait ketenagakerjaan dalam pembangunan IKN.

    BalasHapus
  56. HAHAHHAHA... satu lagi projek INDON yang bakal MANGKRAK selepas kereta cepat, Food estate dan Bandara Kertajadi

    BalasHapus
  57. Paaannnaaassssllaahhh tuh KFX/IFX on going tanpa hambatan yg berarti, hercules terbaru lancar n sdh datang, dan A400 sdh perakitan xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan negara pasir berdengung sebelah SELECTED BUT NOT YET ORDERED....kaji ulang...ghoib...last...last SCRAB!!!! xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  58. Kesian... Si miskin baru NGUTANG A400M dia punya MEMBUAL bikin seram guys....HAHAHAHHA

    MALAYSIA sudah lama pakai 4 buah A400M woiiii... HAHHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 buah tapi TAK TERBANG 😝

      MINYAK TAK SANGGUP BELI

      MISKIN ! 82% GDP HUTANG cecah BANGKRUT
      LCS CECAH TANAH 12 TAHUN..

      MALONSEWA NEGARA MENYEDIHKAN !

      Hapus
  59. Kesian terpaksa NGUTANG baru lah merasa C130J dan A400M...HAHAHHAHHA

    Itu pun yang bakal diperas buat bayar HUTANG ya rakyat.... Kesian.....

    Pemerintahnya tidak memikirkan kebajikan rakyatnya...

    BalasHapus

  60. Kabar Gembira, Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Ini Gratis
    https://www.cnbcindonesia.com/news/20230401071223-4-426376/kabar-gembira-mudik-lebaran-lewat-jalan-tol-ini-gratis/amp
    ————-
    lha tol kita jugak gratis knp seblah ribut yak..pengen yaa haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  61. eiitt uda lossss...waktunya lepas bersopan ria haha!🥳🥳🥳

    naik kapal KM dobonsolo jugak gratis,
    negerinya warganyet mana ada..
    tunjuk sini klo ada guwe kasi fisank haha!🍌🍌🍌

    https://hubla.dephub.go.id/home/post/read/13991/mudik-gratis-sepeda-motor-dengan-kapal-dibuka-hari-ini-yuk-cek-persyaratannya

    BalasHapus

  62. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali melepas kegiatan mudik gratis menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia atau KRI Banjarmasin-592 di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.
    https://www.youtube.com/watch?v=ZYPUkpdnfKk
    ----------

    mudik gratis naik kapal perang LPD...

    wahh ini lagi 1000.000% blom perna kejadian di negeri para warganyet gaesz...
    abis gimana yak, jiran gak punyak LPD..kesian kismin haha!😂😂😂

    BalasHapus
  63. ini blom mudik naik bus dan truk buat skalian angkut motor semuanya free haha!👍👍👍

    negara kecil macam jiran mana sanggup...
    utangnya bukan menggunung lagi, tp seluas lcs yg disikat elder brader haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  64. Tahun 2023 ini, program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan menawarkan kuota sebanyak 80.792 orang dan 16.340 sepeda motor untuk melakukan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman.

    Program tersebut meliputi moda transportasi darat dengan total kapasitas 24.072 orang yang akan diangkut menggunakan 585 unit bus dan 900 unit sepeda motor yang diangkut dengan 30 truk.

    https://nasional.tempo.co/read/1717188/daftar-instansi-yang-sediakan-mudik-gratis-2023-
    beserta-kuotanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini baruw 1 kementerian, ada banyak kementeriaan pasti ada transportasi gratis haha!✌️✌️✌️

      apalagi pemerintah daerah, pasti siapin banyak bus gratis...

      KL mana sanggup, negara kecil tp utang sangat banyak haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  65. 4 buah tapi TAK TERBANG 😝

    MINYAK TAK SANGGUP BELI

    MISKIN ! 82% GDP HUTANG cecah BANGKRUT
    LCS CECAH TANAH 12 TAHUN..

    MALONSEWA NEGARA MENYEDIHKAN !

    BalasHapus
  66. 4 sisa MKM tapi TAK TERBANG 😝

    MINYAK TAK SANGGUP BELI

    MISKIN ! 82% GDP HUTANG cecah BANGKRUT
    LCS CECAH TANAH 12 TAHUN..

    MALONSEWA NEGARA MENYEDIHKAN !

    BalasHapus
  67. lha KL beli aset apapun pasti utang ke lender...
    liat aja sejak kapan bayar cash lunas, sini tunjuk bukti, uda pasti bayar berperingkat alias nyicil ke lender pasti kena bunga tuch haha!🤣🤣🤣
    mana ada bayar nyicil tanpa faedah haha!🥴🥴🥴

    ingat nyicil sama aja dengan utang haha!😆😆😆

    heli kecik bayar dp, sisanya nyicil
    kapal darat lcs nyicil, kurang rm.3bn
    kapal damen opv nyicil, kurang rm.200 jt



    BalasHapus
  68. seblah jawaranya mangkrak dan kensel
    HSR kensel wajib bayar denda ke adenya negeri singa haha!😂😂😂
    SPH caesar 20 taon kensel terussszzz
    SPH m109 kensel
    MRSS kensel
    MCS kabuurrr
    MRCA kensel
    MPA kensel
    ATGW kensel


    BalasHapus
  69. Pada sekitar area Stadion Utama GBK, Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) serta PT Pertamina (Persero) memberangkatkan hingga total ribuan peserta mudik secara gratis.

    https://kabar24.bisnis.com/read/20230419/15/1648433/puluhan-bus-mudik-gratis-lebaran-2023-bumn-berangkat-dari-gbk-hari-ini
    ---------------

    eiitt bus gratis lagi dari kementerian bumn,
    jiran kementerian KL mana ada, mobil menteri aja sewa vellfire..pertanda susahhh gaesz kesian haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  70. skedar inpo...pabrik batere EV raksasa nomor wahid CATL & LGcem resmi masyuk RI..investasi $9.8 bn + $6bn
    https://kumparan.com/kumparanbisnis/bahlil-pabrik-baterai-kendaraan-listrik-catl-dan-lg-mulai-dibangun-tahun-ini-1zd4NWSZDLS

    setelah guwe baca2 ternyata tesla ke rrc ituw gandeng CATL haha!😅😅😅
    https://katadata.co.id/happyfajrian/berita/643364811cc43/tesla-gandeng-catl-bangun-pabrik-di-cina-khusus-produksi-baterai

    klo CATL aja uda bikin pabrik disini, otomatis tesla bakal beli jugak kok,
    kenapa warganyet repot?..kesian gak punyak pabrik EV yaaa...KL..KALAH LAAGGIIIiiiii haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kalo cuma bayar bunga tidak bayar hutang tanda kebanyakan hutang .... KL = kebanyakan lender om@palu gada

      Hapus
  71. balik ke ASET militer..mana SHOPPING SOPING KL bertahun2 SEPI haha!😶‍🌫️😶‍🌫️😶‍🌫️
    aset kita gaesz datang teruszz
    tiap tahun
    tiap bulan
    tiap minggu

    tiada henti,
    yaa makloum TIM ELIT SHOPPING SOPING tiada henti haha!🥳🥳🥳
    bajet besar bukan tandingan negeri bajet kecil diseblah gaesz haha!😄😄😄
    BEDA LEVEL:BEDA KASTA

    BalasHapus
  72. IRI , DENGKI, FRUSTASI dan KOYAK...!!

    Hanya itu yg bisa di perbuat GemPORKwira dan kloningan nya di Blog tetangganya yang selalu SHOPPING ALUTSISTA MUTAKHIR.

    BalasHapus
  73. 2023 MYR17,74 Milliar = Selected Cancelled
    2022 MYR16,14 Miliar = Selected Not Yet Ordered
    😂LEASE LEASE LEASE😂

    BalasHapus