29 April 2024

HUT ke-2, Defend ID berambisi ungguli ST Engineering Singapura

29 April 2024

Sebanyak 17 perusahaan pertahanan asal Asia dan Oceania masuk dalam TOP 100 Defense Companies tahun 2023, ST Engineering saat ini menempati peringkat ke-45 (image: DefenseNews)

Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN bidang pertahanan Defense Industry Indonesia (Defend ID) berambisi mampu mengungguli salah satu perusahaan pertahanan terbesar di Asia asal Singapura, ST Engineering, pada tahun 2026.

Direktur Umum Defend ID yang juga Direktur Umum PT Len Industri Bobby Rasyidin menyatakan  optimistis holding yang dipimpinnya dapat terus bertumbuh bahkan sampai menjadi bagian dari Top 40 Global Defense Industry pada 2034.

"Tahun lalu, kami itu sudah nomor 70-an. Itu kami sudah dekat dengan ST Engineering. Jadi, ST Engineering itu perusahaan Singapura yang memang mereka salah satu yang terbesar di Asia. Insyaallah dalam dua tahun ke depan, 2025, 2026, kami akan melewati ST Engineering," kata Bobby Rasyidin saat jumpa pers di sela acara peringatan HUT ke-2 Defend ID di Kantor Pusat PT Pindad (Persero) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Defend ID, holding BUMN bidang pertahanan, mencakup PT Len Industri sebagai perusahaan induk yang membawahi PT Pindad (Persero), PT PAL Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, dan PT Dahana. Holding itu diresmikan Presiden Joko Widodo pada 20 April 2022.

"Kami sudah membuat roadmap sampai 2034 untuk menjadi nomor 40 dunia. Ya kira-kira sekelas dengan perusahaan Turki, seperti Aselsan, Havelsan, kemudian Rocketsan," kata Bobby.

Demi mewujudkan ambisi itu, Bobby menyebut ada dua tantangan yang harus dihadapi Defend ID, yaitu menguasai teknologi tinggi dan membangun sumber daya manusia.

Dia menekankan Defend ID merupakan industri pertahanan yang berbasis pada teknologi tinggi.

Dengan memakai Laporan Keuangan konsolidasian untuk tahun 2022, posisi Defend ID dengan pendapatan Rp19,72 triliun (atau 1,263 mio usd pada kurs Rp 15.606,00) berada di Peringkat 73 dari TOP 100 (image: DefenseNews)

"Teknologi tinggi ini kaitannya ada dua, yaitu bagaimana penguasaan teknologinya dan yang kedua adalah bagaimana pembangunan manusianya. Tantangannya di situ yang paling berat," katanya.

Oleh karena itu, masing-masing perusahaan yang ada dalam holding Defend ID pun aktif menjajaki kemitraan dengan industri pertahanan asing yang saat ini ternama dan unggul dalam penguasaan teknologi.

"Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan realisasi joint venture dengan Thales. Sementara PT PAL dua minggu yang lalu berkontrak dengan Naval Group, dan kami harap mereka menjadi strategic partner dengan Naval Group," tambah Bobby.

Thales dan Naval Group merupakan dua perusahaan Prancis yang saat ini menjajaki kerja sama dengan Indonesia.

Thales dan PT Len Industri saat ini bekerja sama membuat radar ground controlled interception (GCI) yang perakitan tahap akhirnya dilaksanakan di Len Technopark, Subang, Jawa Barat.

Sementara itu, Naval Group dan PT PAL Indonesia akan bekerja sama membangun kapal selam generasi terbaru Scorpene Evolved di galangan kapal PT PAL di Surabaya, Jawa Timur.

Kemudian, Bobby juga menyinggung kerja sama Pindad dan FNSS Turki terutama dalam pembuatan tank Harimau.

"Begitu juga dengan PT DI, kami harapkan kami akan revive (memberikan suntikan energi, red) lagi partnership kami dengan Airbus. Kemudian, PT DI ini kami harapkan juga punya engineering produk teknologi ke depan," kata Bobby.

Defend ID merayakan HUT ke-2 secara terpusat di Bandung, Sabtu, dengan menghadirkan ragam acara hiburan, penampilan musik, bazar kuliner, dan pernak-pernik.

Tidak hanya itu, Defend ID dalam rangkaian acara HUT-nya juga menggelar bakti sosial dan turnamen olahraga.

"Pelaksanaan HUT tahun ini sebagai wujud kolaborasi di antara anggota Defend ID. Ini tercermin dari peran aktif direksi hingga ke karyawan di seluruh entitas," kata Wakil Direktur Utama PT Pindad Syaifuddin, yang bertugas sebagai Ketua Panitia HUT ke-2 Defend ID, saat puncak perayaan HUT di Bandung.

Dalam acara itu, seluruh direktur utama yang tergabung dalam holding Defend ID hadir. Selain Bobby, ada juga Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, Direktur Utama PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod, dan Direktur Utama PT Dahana Wildan Widarman.

58 komentar:

  1. Balasan
    1. Defend id bikin pcb dulu biar besar, habis itu chip, tingkat pertama kegenggam

      Hapus
  2. yg fenting diatas bns haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. LUNAS pasti teratas oom...
      Dah bisa bikin UFO darat ..πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
    2. uda pake balon koneng 3 bijik bukannya terbang, ufo tetap maunya di darat mulu yak..hepi dia haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  3. 2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    ===========
    😝2053-2018 = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus
  4. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -
    TIDAK BAYAR HUTANG = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ===
    SEWA HELI Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM)
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA MOTOR The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA BOAT sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA PESAWAT ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39
    SEWA 4x4 Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula.
    ===
    RETIRED MIG29 Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them.
    RETIRED MB339CM the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded
    RETIRED SCORPION Scorpions to be retired. The Army has recommended that it’s fleet of Scorpion light tanks be retired due to the high cost of maintenance and obsolescence issues.
    RETIRED CONDOR Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
    RETIRED SIBMAS = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
    RETIRED V150 = . It was used by the Malaysian Army in Second Malayan Emergency (now retired)
    ===
    PESAWAT SAWIT On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    KAPAL SELAM SAWIT Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
    TANK SAWIT KARET Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
    ===
    MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    DISCONTINUING THE PRODUCTION According to Hisham, this decision raises questions because the Polish original equipment manufacturer Bumar Laberdy has stopped producing spare parts for Twardy.discontinuing the production of some main MBT components.
    2025 F18 STOP PRODUCTION stop production of the F/A-18 Super Hornet in late 2025 after delivering the last of the fighter jets,.
    LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  5. Harusnya DefendID bisa diatas ST Engineering...minimal semua pembelian Alutsista Darat, Laut dan Udara dibeli dari konsorsium DefendID...

    BalasHapus
    Balasan
    1. logika aja tante, banyakan die duit shoppingnye gimane mo diatas cuy? haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Kan 2-3 tahun lg duit shopingnya dah banyakan kita...belum order dari langganan dari Asean dan Afrika.. πŸ˜„πŸ‘

      Hapus
    3. kan ente sendiri bilang harusnye..artinye kan skr, gak pake nunggu akan yg ntah nyata ato prenk haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    4. Lhaaaah gimana ceritanya bos πŸ€”

      ST engineering tu sukses mengekspor produk rancang bangun sendiri dan jadi pusat MRO serta training dikawasan Asia tenggara

      Sementara kita masih sebatas net-importer......πŸ™„

      Nilai ekspor CN dan LPD mah, marginnya masih terbilang kecil

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Kita harus cepat cari lisensi kerja sama perusahaan luar yang mau tot Manpads,RPG ini alutsista standard yang sudah harus di kuasai oleh Pindad... kalau R&D dari awal wah lama banget sampai sekarang masih riset & prototipe.

      Chasis truk & truk standar militer. terlihat biasa tapi di butuhkan 3 matra.

      Hapus
    8. Setau sy produk2 militer canggih singapur itu slalu kerja sama dgn negara lain terutama eropa

      Hapus
    9. @waipois

      Sing sudah mengekspor korvet rancang bangun sendiri ke UEA, mereka membuat CMS sendiri utk fregat mereka, merancang bangun sendiri OPV, fregat multipurpose, bahkan mengkostomisasi U-218

      Blum lagi rancang bangun alutsista darat yg sudah sukses diekspor kemana-mana

      Rancang bangun inilah yg mahal harganya ☝️

      Hapus
  6. Gempork maharaja bual, silahkan ngamuk.wk.wk.wk

    BalasHapus
  7. Paling hebar ranking BNS MALON no 1 di DUNIA ALAM GHOIB... Hahahaha


    Heli saja bisa SALAH POTONG hingga BERTABRAKAN di UDARA... Wkwkwk

    BalasHapus
  8. Dassault=rafale+falkon-8x
    Thales=13 radar gm400 alpha
    Naval Group=Scorpene Evolved
    —————
    dlm renstra 2020-2024 prancis cuan banyak,
    uda dapet sebanyak ini pasukin sohib prencis, tetep aja ngegas pengen anuw-ituw...
    buat renstra nex incar frigat ama tambah kasel..
    yg kocak denger ksal pengen masyukin kasel dr negara laen, tiba2 pasukin bikin narasi tambah 2 skorpeng lg biar teotenya sempurna haha!😜😜😜
    lah dl katanya 2 aja cukup dpt teote 100%, jiaah masi kureng yaa misikonye haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹


    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa biasa om Pal, kalau istilah orang jawa kemarok a.k.a serakah xaxaxaxaxaxaxaxa perancis baru sadar kalau INDONESIA ternyata sultan, jadinya d tawarin lg dah xaxaxaxaxxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. ktagihan gt yak om haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      klo kaselnye dihargai normal mungkin bs dipertimbangken krn kita kejar kuntiti...lah ini dua em om...kaum mendang mending demo haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Aji mumpung France lagi di atas angin kapan lagi ya kan... wkkkwkk

      Hapus
    4. iya sich om tupz, tp kasian belum lama kontrak eh matra punya keinginan akusisi kasel lain, kesannya gak puas ato yaqeen dgn proyek skorpeng nv+pal...
      makanya tim horenya ngamuk ada pesaing baruw..takut hilang muka trus mulai maksa gt haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    5. Ya wajar om pal user butuh banyak & cepat.... sementara scorpene evolved varian baru yang belum teruji...jadi user bukan kurang puas tapi antisipasi apabila takut kejadian seperti changbogo pihak pabrikan lepas tanggung jawab.

      Hapus
    6. AL kejar kekuatan Kapal selam min 12 unit... 4+2 = 6 unit
      Masih kurang 6 unit lagi... hahahaha

      Hapus
    7. nyoiih belum teruji ituw betul om tupz, makanya tukang cuit ama pasukin hore prencisnye biar brasa karma....
      slama ini kan mereka tuding nagapasa klas adalah lab,
      skrg giliran ploduk mereka disebut gt mau trima gak haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹
      naa problemnya pengadaan baruw disebut bintang 4 kita dr negara laen tak lama stla kontrak...aneh kan, harusnya klo yaqeen pesan dr negeri NG sendiri, yaa inilah memperkuat kesan ragu ituw haha!😎😎😎

      Hapus
    8. PS: kasel chang bogo/type 209 dibuat aseli pabrikan jerman.
      kasel yg kita akusisi adalah dsme impruv type 209/nagapasa klas dr koryo

      tim hore prencis sebut kasel nagapasa tak berlisensi eiittt salah, emang kita beli nagapasa klas bkn cbg haha!😬😬😬
      jd gak ada urusan ama pabrikan tkms jerman..
      buktinya mesin mtu dan printilan SAH dpt ijin ekspor dr pemerintah jerman

      sama halnya dengan LPD tarlac klas, ituw bukan LPD makassar buatan koryo
      kalo mao dibilang LPD tak berlisensi koryo, wah guwe fentungin sini haha!πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨
      bgt logikanya kira2 gaeszz haha!😊😊😊

      Hapus
    9. Betul om pal Nagapasa class kita itu bukan Cbg standar korea... bisa di bilang Cbg improved.. karena isi dalamnya jauh berbeda dengan punya korea alias custom.

      Hapus
  9. HAH...?
    KD GANAS...?
    πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  10. bakar menyan dolo ahh biar si tukang NGAMUKπŸ”₯ nongol
    semakin warganyet fanasssss..pertanda makin dekat shopping kita gaesz..fremm, ex, p8, awacs mari masyuk haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane tambahin pisang buat pelengkap om Pal, g afdol lho 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus

    2. INI OM PAL

      MALON TAK PERNAH SCRAMBLE PESAWAT NEGARA LAIN..YANG SAYA TAHU.... PESAWAT MALON KENA SCRAMBLE OLEH F-16 SINGAPORE DIATAS LANGIT JOHOR

      Hapus
    3. 🍌oiyak lufa, jebakan mongki om haha!😬😬😬

      Hapus
    4. jiran ada skrambel...tp bgitu hawk dilangit eh ktemu 16 formasi pesawat raksasa elder brader...mala dada dadagg haha!🀣🀣🀣
      harusnya di forcedown gt kek toh bkn pespur

      Hapus
  11. MALON TAK PERNAH SCRAMBLE PESAWAT NEGARA LAIN..YANG SAYA TAHU.... PESAWAT MALON KENA SCRAMBLE OLEH F-16 SINGAPORE DIATAS LANGIT JOHOR

    LAWAK KALI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupakan Herky malon kena scramble Falcon kita diatas Natuna...🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  12. Waaaaaw....dengar dengar TNI AL ditawari kapal perusak berkualitas AEGIS buatan Spanyol nih.....ambil ngak yaaa πŸ€”πŸ™‚

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kalau kapal Destroyer F110 ALVARO DE BAZAN berkualitas AEGIS diakuisisi TNI AL tentu kapal LEKIU CLASS sudah jadi AYAM SAYUR πŸ”πŸ”πŸ”πŸ‘ŽπŸ‘Ž banget πŸ™‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal vs sistem itu beda halaman Mase......kapal bisa dibeli tapi aegisnya belum kentu ☝️

      Hapus
    2. Iya yaaa....kamu betul juga, kalau USA ngak kasih, ngak bisa punya AEGIS yaa πŸ™‚

      Hapus
    3. Salah satu ciri militer yg modern itu yg mengandung kata "common" dalam sistim persenjataan.....common disini darikata commonality.....yg lebih mudah diucapkan daripada diterapkan

      Karena common berkaitan erat dg logisitik ☝️

      Ada kata bijak : Logistik tidak bisa memenangkan pertempuran, tapi tanpa logistik kita tidak bisa bertempur ☝️

      Hapus
  15. Sepanjang BUMN dikempeng terus pake PMN.....jamin dah ga bakal maju-maju ☝️

    Daftar PMN πŸ‘‡ yg udah digelontorkan sepanjang masa ......πŸ™†πŸ»

    https://youtu.be/5uI_atQBxoc?si=Q12uYo_ke8Zl8gSN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Opomaneh yen doyane ngempeng STW, nambah protein ora, jelase protein dheweke sing kalong...

      πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ🀣🀣🀣

      Hapus
    2. ST Eng usaha nya berkembang lantaran desain produksi nya layak ekspor.... sementara disini pengembangan nya malah utk mendongkrak popularitas tokoh terkentu....ya jalan ditempat deh πŸ˜₯

      Hapus
    3. Dijlentrehke bulat-bulat...🫣πŸ€ͺ🀣

      Hapus
  16. KONGSI YA , NEGARA LAIN PER PART 5UMBUH MASING² SEPERTI PRA HOLDING JADI KEREN TERLIHAT .

    BalasHapus
  17. Saya bacakan Mantra pengundang JIN dan setandan pisang untuk memanggil GORILLA MALAYA dari peraduannya sekarang untuk MEMBUAAL dan NGAMUUK di DS nih πŸ™‚

    BalasHapus
  18. Guys mau nanya, apa bener Freem gak jadi diambil karena mo di ganti ma destroyer bonifaz class ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengadaan / Renstra (rencana strategi) tahun 2023/2024 di hold utk pengadaan FREEM.
      Tapi untuk Renstra tahun 2024/2025 jadwal untuk FREEM kembali dibuka

      Hapus
    2. Untuk destroyer dan LHD kemungkinan di Renstra 2026/2027 atau 2027/2028.
      Karena rencana Destro dan LHD desainnya diambil dr pengembangan PT.PAL dibantu oleh galangan kapal asing.

      Mungkin brother disini ada yg lebih mengetahui infonya, silahkan tambahin i formasinya

      Hapus
    3. Beda kelas... Fregat & Destroyer.
      Selama Fregat Merah putih belum jadi & diserahkan
      Beli Fregat FREEM kemungkinan tetap di beli.

      Hapus
  19. tukang NGAMUklkπŸ”₯ dipersilakan masyuk haha!😬😬😬
    tebarrrr 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus