22 Maret 2018

KRI Arun-903 Sekarang Dalam Posisi Normal

22 Maret 2018


KRI Arun 903 (photo : Portal Komando)

PK,.Surabaya - KRI Arun-903 dengan komandan KRI Letkol Laut (P) Victor Padamean Y. Siagian, S.T., kembali dalam posisi normal setelah sebelumnya sempat miring beberapa derajat. Penyebab miringnya kapal tangker tersebut menurut Komanda KRI terjadi saat proses pengisian bahan bakar. 

Kronologis kejadian dimulai pada hari Senin tanggal 19 Maret 2018 sebelumnya melaksanakan pengisian bahan bakar KRI dr. Soeharso-990 dengan jumlah 2.248 ton dan kapal posisi miring kiri 0,5 derajat kemudian dibalast ke kanan menggunakan air tawar dan HSD dari tangki 3 dan 4 (wing kiri) ke tangki 3 dan 4 (wing kanan) menggunakan klep, mengalir secara alami dari pukul 07.00 s.d. 07.05 perubahan posisi kapal miring ke kanan 1 derajat dari posisi semula. Posisi ini masih semu karena KRI Arun disandarai KRI dr. Soeharso-990 dan posisi klep sudah tertutup semua.


KRI Arun 903 (photo : balinewsnetwork)

Pada pukul 08.00 pengisian KRI SHS dimulai dengan mengambil tangki 3 wing kanan sampai dengan pukul 13.31 kapal tetap miring kanan 0,5 derajat dan pada saat itu KRI SHS masih menempel di lambung kanan KRI Arun. Selanjutnya pada pukul 15.30 KRI SHS lepas dari lambung kanan KRI Arun, posisi kapal mulai terjadi penambahan kemiringan sampai dengan lebih dari 10 derajat miring kanan. 

Melihat kondisi kapal yang miring tersebut Komandan KRI Arun dan seluruh ABK melakukan penanggulangan secepatnya dengan memperkuat tali-tali di dermaga agar kapal tidak bertambah miring. Untuk menghidari terputusnya aliran listrik, ABK menghidupkan DG (Diesel Generator) VII untuk mengganti aliran darat ke kapal. Kemudian untuk mengimbangi muatan kapal, dilakukan dengan menyalakan pompa balast. Untuk menahan kemiringsn kapal, komandan kapal berkoordinasi dengan Staf Operasi Koarmatim untuk bantuan kapal tunda. Langkah lainnya yang dilakukan dengan cara memindahkan muatan air tawar dari tanki 1 (wing kanan) ke tanki 1 (wing kiri).


KRI dr Soeharso 990 (photo : tribunnews)

Kemudian untuk mengembalikan posisi semula dilakukan dengan memindahkan muatan solar dari tanki 3 (wing kanan) ke 3 (wing kiri), namun penanggulangan belum berhasil karena kondisi laut yang surut dan kapal posisi duduk di lumpur. Pada pukul 19.00, posisi kapal masih miring kanan 10 derajat. Pada pukul 20.00 kemiringan kapal berkurang menjadi 8,8 derajat, kemudian pukul 21.00 menjadi 7,2 derajat. Proses transfer HSD dilanjutkan dengan pengisian dari tanki 2 dan 3 kanan menuju tangki kiri. Pada pukul 22.00 kemiringan kapal berkurang menjadi 6,5 derajat dan pada pukul 23.00, secara berangsur posisi kapal 3,5 derajat. 

Pemindahan HSD dari tanki kanan ke kiri terus dilakukan sampai kapal dalam kondisi miring 2,5 derajat pengisian tanki 2 dan 3 kanan di hentikan, dilanjutkan pengisian dari wing water balast lambung kiri KRI buritan sampai dengan kondisi kemiringan kapal 1 derajat pada pukul 00.00 dan 0,5 derajat pada pukul 01.00 WIB. Upaya yang dilakukan komandan KRI Arun dan seluruh anggotanya membuahkan hasil dan pada hari Selasa pagi, KRI Arun dalam posisi 0 derajat atau posisi normal. Dari peristiwa ini tidak menimbulkan kerugian baik materiel maupun personel.

(Portal Komando)

38 komentar:

  1. Kl berita di media propaganda UMNO kapal nih dah dikata tenggelam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi berita media propaganda cem ni lah yg lebih dipercaya mahairi,tentara kabur,Dein Aloy,scan,hartaku,shed,Gem ect Wkwkwk

      Hapus
    2. Otak malon takde isi. Tiap hari makan bullshit media umno kah kah kah

      Hapus
    3. kesian kamu... boleh saja kami troll kejadian ini namun apakan daya kami bukan seperti anda... menjadikan kemalangan sebagai benda gurauan...

      bersimpati dengan kejadian tersebut...

      Hapus
    4. Maaf pak berita malaysia tak keluar berita2 camni...low class.. kami tau pun dari media kamu juga.. skrg baru tau kapal.buruk kan.. udah la tu sembang melangit sangat.. skrg tgk kebumi pulak.. ni nak kata apa.. mesti kipas atau enjin kena curi kan..keh keh keh

      Hapus
    5. GW@ awak memang tak troll,tp ko lihat kawan ko satu kampung dibawah nih qualitynya cem troller sejati Wkwkwk

      Hapus
    6. Dein@ kl ada otak cuba ko guna lon,kapal nih tak de hubungannya dgn kapal burok Wkwkwk...baca dulu lon baru cakap,ini artikel pun tak di baca tapi dah cakap sembang Wkwkwk...di indonesia tak pernah ada hilang kipas dan engine,tapi di negara ko tuh...Wkwkwk

      Hapus
    7. Alah lon malon forum militer Chauvanist Malon selalu bikin hoax dan berita menghibur diri tentang alutsista indonesia karena dengki.. Malon harus selalu jaguh.. tak terima kenyataan Jiran nya lebih maju wkwkwkwk

      Hapus
    8. Mat rempit..kat atas tu jelas nama loe yg start troll..skrg loe tuduh org lain yg start... dasar indon kontol betul la loe ni.. 😆😆😆😆😆 betul la kata belanda.. aku tinggal sebhagian rakyat indon utk kalian tengok kebodohannya dibelakang hari... 😆😆😆😆

      Hapus
    9. Indon destroyer..loe tgk forum militer kami mana ada nak troll benda camni..

      Hapus
    10. Dein,aq cakap betul media ko penuh bual dan propaganda,knp pula ko yg panas hati lon Wkwkwk...Kl bodoh manalah kami boleh eksport weapon,kl malon katanya makan sekolah tp tak de satupun yg boleh di eksport,jd siapa bodoh ruk

      Eleh ini beruk tak pernah cermin Wkwkwk..berita jet generasi 6 tuh cem mn,gempita tuh binaan malon cem mn,itu bkn troll dan hoax namanya lon

      Hapus
    11. Truntuk #dein bod*h nya pnya budak bla korang x nak suka ngan forum indonesia apsal korang tiap hri komen kat sini
      Ngra korang x da keh blog yg buat kau bersrepah..
      Korang masuk kat rumah orang mesti jaga lah sifat ko tu
      Bila korang x kuat x payah lah kau orang komen kat sini
      Macam ni lah tipikal malaysia nih
      Mrasa sllu diorang yg trdpan
      Oelehhh bod*ttt

      Hapus
    12. Ucok@ biasalah Dein tuh bang sukanya nyampah di blog indonesia,kerana di negaranya tak de kebebasan mengeluarkan pendapat makanya dia suka nyampah kemari

      Hapus
    13. Tengok page FB provokator MMP MDR lon korang selalu provoke para malon dungu untuk membenci Indonesia dengan berita hoax dan menghibur diri.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    14. Ucok harahap alias indon bodo... ramai juga troller indon masuk fb malaysia macam indon destroyer tu.. cer tanya dia kenapa..???? Indon destroyer
      ..habis forume nindan jakarta greater banyak berita2 provokasi caman tu.. tak nak ambil kira.. takan loe boleh maki org tapi orgtak boleh maki kamu.. udah2 la.duk jadi budak2 belanda tu... sentap...😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    15. Dein@ mn bukti admin jakarta greater provokasi dan burok2an negara ko tuh beruk,kl admin MMP ko si gagak tuh pernah hantar artikel jelekkan indonesia

      Hapus
    16. Fitnah lah Artikel Jakarta greater beberapa tahun terakhir hanya berita biasa2 saja tak ada provokasi apapun.. tapi tengok page MMP dan MDR Malon BENGAP yang selalu melancap Tan dengki dengan Indonesia wakikikikik

      Hapus
    17. Dein bod*tttttt.. Bod*h nya pxa budak forumer korang lah yang x da faedah...dimana mana tmpat x boleh pke u..
      U ada tngok x apasal ini boleh belaku
      Krang punya pasal lah tu bodat
      Ko tngok stiap ada brita militer kat indonesia asik korang nak mnyampah je
      Korang buat lah kat ngara jaguh kau tuhh
      Biar orang tipikal cam ko nih bisa komen..
      Opppssss... Negara korang kan x boleh kluarkan pndapat.!!!
      Hidup korang kan sllu di kekang sma si nazis botakk

      Hapus
    18. Dein bod*tttttt.. Bod*h nya pxa budak forumer korang lah yang x da faedah...dimana mana tmpat x boleh pke u..
      U ada tngok x apasal ini boleh belaku
      Krang punya pasal lah tu bodat
      Ko tngok stiap ada brita militer kat indonesia asik korang nak mnyampah je
      Korang buat lah kat ngara jaguh kau tuhh
      Biar orang tipikal cam ko nih bisa komen..
      Opppssss... Negara korang kan x boleh kluarkan pndapat.!!!
      Hidup korang kan sllu di kekang sma si nazis botakk

      Hapus
    19. Apapun indon tetap bodo... salah sendiri pun masih nak pusing2.. cam celaka je kan.. 😆

      Hapus
    20. Mat rempit aku pun cakap benar yg kri klewang terbakar masa lauch...kenapa ko sentap lak... 😆😆😆😆

      Hapus
  2. itu tlong di ralat bung admin foto yg paling bawah

    udah mbah2 masih aja diajak maen ngisi yg masih muda

    BalasHapus
  3. Ralat foto no 3 bukan KRI Arun 903 melainkan KRI Dr Soeharso 990

    BalasHapus
  4. Lihat kapal BCM saya malah membayangkan kelak TNI AL melakukan ekspedisi ke kutub selatan. Dengan armada 2 BCM, 2 LPD, 2 Heavy fregat,2 KRI REM class, 2 KRI Bung tomo class. Kalau dilihat di Peta tinggal lurus saja dari selatan pulau jawa.. haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas BA,
      Spek mereka gak Icebreaker looh.. :D

      Kalo BCM baru New Zealand ntar punya spek begituan..:)

      Hapus
    2. kapalnya ngk usah merapat ke daratan kutubnya om.. tawaf saja keliling benua Antartika. haha..

      kalau pengen menjelajahi daratannya tinggal lepas LCU 4 unit atau Hovercraft bawa kendraan hugland, marinir, dan peneliti. Kita bangun pangkalan disana deh.. haha..

      Hapus
    3. Seperti benua Australia yg sekarang dikuasai orang dari Eropa, seharusnya bangsa nusantara seperti kita yg menguasai karena kedekatan geografi.

      Bayangkan armada majapahit bisa sampai ke madagaskar Afrika..! Masak yg jaraknya hanya beberapa ratus km di selatan jawa mereka tidak pernah singgah kesitu.?? saya curiga armada Majapahit pernah mendarat ke benua Autralia namun tanahnya yg gersang membuat mereka balik kanan. kahkahkah.. #dapat wangsit dari mana saya ini.?? 😅😅

      Hapus
    4. suku bajo dari sulawesi udah nyampek di abad 16 daratan australia buat nyari teripang dan berdagang sama aborigin dekat darwin.
      namun bukan berarti kita bisa asal klaim dari faktor historis seenaknya seperti ular naga di utara

      Hapus
  5. https://m.youtube.com/watch?v=tvhEihFVwWM

    BalasHapus
  6. berita tentang kejadian...

    Kapal Tanker KRI Arun 903 Kandas Di Dermaga Ujung

    http://www.indomiliter.com/kapal-tanker-kri-arun-903-kandas-di-dermaga-ujung/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak cik GW,
      Berita selanjutnya dari sumber yg sama, posisi kapal sudah normal kembali.

      Sudah saatnya pensiun karena sudah ada calon penggantinya.

      Hapus
    2. Dan penggantinya dibina ditempatan dengan desain tempatan pulak.. .

      Hapus
  7. "KRI Arun dalam posisi 0 derajat atau posisi normal."

    klo begetoh lanjut lagi mimik cyucyunya gich haha!👍👍👍


    gitu aja yg refottt kok tetangga imfor haha!😆😆😆

    BalasHapus
  8. Kesian kapal buruk nak tenggelam.. 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak tenggelam dah normal kembali.. Malon kapal besar 9000 ton bakar jadi abu tak bisa ganti wakikikikkk

      Hapus
    2. Tunggu masa nak tenggelam je tu.. jadi la cam bot komando tu... org suruh muat 31 org.... indon pergi letak 60 org... nak pergi mana tuuuu... kalau askar ramai sgt ronda naik kapal persiaran je la... kan senang.. hahahahha

      Hapus
    3. kami kan py banyak kmc komando wuee, dan terus meneruuss banguunn haha!👍👍👍

      salam shopping soping 3 MATRA tempur se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Thailand buat Filipina, Xlalu shoping bersama okeh oceh 👌👌👌

      Hapus