20 Maret 2018

Pangarmatim Serahkan Kapal Perang ke Setiap Lantamal di Kawasan Timur

20 Maret 2018


Kapal-kapal patroli Koarmatim (photo : CNN)

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono memimpin upacara acara serah terima jabatan Komandan Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VI Makassar.

Acara sertijab ini dilaksanakan di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Senin (19/3/2018).

Komandan Lantamal VI Makassar diserahterimakan dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yusup kepada Kolonel Laut Dwi Sulaksono.

Sertijab juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis unsur KRI dari Aslog Pangarmatim, Kolonel Laut (T) Teguh Sugiono kepada Aslog Danlantamal VI Makassar Letkol Laut (T) Sidik Wahono sebagai perwakilan seluruh Lantamal jajaran Koarmatim.

Penyerahan KRI ini menyusul pemisahan komando kapal-kapal Satrol kepada 14 Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal dari Komando Kawasan Armada (Koarmada).

Pangarmatim Laksda Didik Setiyono mengatakan, kapal-kapal perang TNI AL yang dulunya satuan kapal patroli Koarmada, sekarang menjadi satuan kapal patroli Lantamal.

"Sekarang sudah ada Perkasal baru, jadi kapal-kapal yang tadinya menjadi satuan kapal patroli di Koarmada, baik itu armada barat maupun timur, sekarang kapal-kapal patroli diserahkan ke setiap Lantamal," jelasnya.

"Di Lantamal itu juga ada satuan kapal patroli, di sini ada dansat untuk patroli di wilayah kerjanya masing-masing," kata dia.

Laksamana bintang dua ini menjelaskan, ada 29 kapal yang diserahkan ke Lantamal di Indonesia.

"Jumlahnya tidak sama setiap Lantamal, ada dapat satu ada juga dua, bergantung tingkat kerawanan wilayah itu," pungkasnya.

(TribunNews)

27 komentar:

  1. Ketika KRI mulai banyak, maka KRI mulai fokus utk ronda zona-zona tertentu yg selama ini jadi "lubang" yg mudah ditembus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami, disini mencoba datang dan menawarkan sedikit bantuan kecil kepada anda sekalian, kami tidak pernah menyarankan anda untuk berhutang atau berbisnis pada makhluk gaib, semua adalah terserah anda dan keputusan ada di tangan anda, manis-pahitnya hidup adalah cerita dunia yang bersifat temporer, namun adakalanya anda dalam situasi yang sangat terdesak sehingga membuat anda menjadi gelap mata untuk kesana-kemari mencari pinjaman dana demi melunasi hutang anda atau hal lain. Sekali lagi, dalam hal ini, kami hanya menawarkan sebuah solusi, tidak memaksa, mengajak ataupun menyuruh anda. karena kami sangat terimakasih kepada AKI SOLEH yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya karna AKI SOLEH membantu saya melalui uang gaib bagi anda yang ingin di bantu hubungi AKI SOLEH DI (_0823_1333_6747_) ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya untuk lebih jelasnya buka saja blog AKI "B U T U H U A N G G A I B"

      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA) 
      No WA Aki : 082313336747




      Hapus
  2. asik akhirnya kaveleri laut baru siap tebar pesona di 14 lantamal kita haha!🤗🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR-KABUR:

      "Pemerintah RI Ancam Stop Impor Pesawat dari Eropa, Ada Apa?"

      "Lantaran hasil sawit asal Indonesia terkena kampanye hitam di Uni Eropa, Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla menegaskan bahwa bila Eropa menghentikan impor sawit Indonesia, pemerintah RI pun mengancam akan menyetop impor pesawat dari Eropa."

      ini maksudnya eropa mana yak, kalo rusia termasuk eropa ato bukan yak..SU-35 aman kan!😎😎😎

      atlas siyap2 nich. kalo kapal perang ada pengaruhnya gak yach?🙄🙄🙄

      Hapus
    2. Dari rusia tidak masalah dengan cpo kelapa sawit , mereka tetap impor cpo dari indonesia dan tidak akan ikut embargo seperti yg di lakukan eropa barat

      Hapus
    3. Indonesia dan Malaysia harus berani sama2 ngancam balik yurop nih mas karena dua negara ini penghasil sawit terbesar dunia.

      A400M yurop bukan sih ? 😀😀😀

      Hapus
    4. A400 mah yurop banget..

      Hmmm Ini ada kabar kabur juga tentang perjanjian kerja sama industri pertahanan dengan britsh yang Dateng kemaren.. isu nya sih tentang pesawat tempur typoon.. BTW Indonesia minat ga ya typoon trenceh 1 yang mo di pensiun britsh karena ga ada duit kih kih kih

      Hapus
    5. wes ojo nyeleneh2 lah
      f-16v saja maentenis dan latihan lumyan gampang dan lebih murah

      Hapus
    6. Kalo ga jadi A400 bisa ganti Herky J atau Il-76MD...

      Hwihihi...(kompor)

      Hapus
    7. Aku sih yang mana aja...pokolnya ada tambahan alutsista...tapi secara kebiasaan dan maintenance tni au herky j layak diambil

      Hapus
    8. Garuda mo ambil banyak A330 tuh, berani berpaling ke Boeing semua..?

      Ane rasa pukulan balik kita lebih telak kalo mereka berani embargo sawit... hwihihi.. :)

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. A350 XWB juga om. Malah kabarnya yang super long range seri 1000. Mau trans pasifik lagi kah.

      Hapus
    11. Wuiih...
      Saatnya buktikan, berani ancam balik ambil Boeing..

      Pak dhe lagi getol besarin eksport/imbal dagang kan?

      Hapus
    12. Hajar lah..

      Time To Act... kita serang balik..
      Beli Herky aja beres...

      BTW, pernah baca A400M katanya masih belum reliable ya ?
      AU Jerman sempet grounded armada A400Mnya karena mesinnya mati satu saat diudara, padahal baru beli.

      Any info ?

      Hapus
  3. harusnya dengan punya 200 industri galangan kapal...tni harusnya bisa banget ngetrol produksi kcr 60 banyak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngatrol keles, kalo ngetrol mah om daruuu haha!😷😷😷

      Hapus
    2. Boa kelas yang dijadiin Patrol Vessel mau dipensiunin. Padahal cakep juga tuh buat ngejer penyelundup dan pencuri. Paling punya speed toh

      Hapus
  4. Ada ga sih rencana tni kedepan buat miliki konsep "anti acces" gan?
    Jepang sudah mulai jalanin sistem ini terutama d pulau2 sengketa.
    Kan bagus buat pertahanan d pangkalan aju macam natuna, biak dll.
    Sementara landbase asm yg sdh matang dimiliki rosia, swedia, prancis

    BalasHapus
    Balasan
    1. anti acces gimana.. la wong kapal kita kecil2 gitu..?? Kalau jepang ngk heran.. kapalnya segede gaban semua. Lagian laut kita ini luas sedangkan kapal kombatan kita terbatas mau nutupnya gimna.??

      Saya masih ingat saat 2 destroyer Arleigh burke AS mengunjungi Bali dengan dalih berlibur. Dan TNI AL pun mengerahkan 2 KCR kalau tidak salah untuk menjaga. Ini yg menjaga siapa yg dijaga siapa..?? xixi.. masak yg dijaga lebih gede badannya..?? 😅😅

      Hapus
    2. destroyer pun kalah sama speedboat yg di improvisasi jadi vbied pernah tuh di yaman awal 2000an
      bahkan peralatan navigasinya yg selevel aegis pun bisa dihack biar gak bisa menerawang kapal kargo lewat
      isunya sih

      Hapus
    3. Anti acces kamsudnya gini mas...
      Plafon asm versi peluncur darat... Biasa mobile pake truk, contoh sistem rosia ada Ball, trus ada bastion aka yakhont versi darat. Fungsinya sebagai begal jika ada serbuan amfibi atau kapal al musuh mendekati zee qt dluar kekuatan kapal al.
      Buat pertahana pantai lah... Biasa buat pos2 strategis.

      Ada kepikiran g buat ginian seperti jepang kan menyebar sistem ini d pulau2 konflik.

      Hapus
    4. tnang om bagaz, di atas emang kcr, dibawahnya ada kilo. yg biasa parkir di brunei ituloh haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Sistem ini kan bagus dan murah tanpa perlu plafon kapal pembawa yg mahal.

      Biasa d taruh d titik strategis macam selat karimata antara kalimantan dan sulawrsi... Sistemnya d sebar 1 d kalimantan dan 1 d sulawesi persisi d pintu masuk selat.

      D natuna dan biak jg bs pake siatem begini.

      Imho

      Hapus
    6. Yakin lebih murah daripada kapal? Selat kita banyak loh. Pulau kita juga banyak yg kecil2. Ditaruh di truk tapi akhirnya kalau mau dipindahin tetap harus pakai kapal laut atau pesawat udara.

      Coba lihat perang dunia kedua, defense pasang pada satu pulau, tinggal dihindari saja. Sedangkan pada kapal, agak susah untuk memastikan kapal tersebut ada dimana.

      Mumpung sempat nyebut Jepang, garis terdepan mereka juga JMSDF dan JASDF. Artinya prioritas tetap pada kapal laut dan pesawat udara.

      Hapus
  5. Lho... ternyata dah pernah sowan ke Iver tho ?

    Wah dah nyiapin $ 780 Mil nih ?
    Jadi gak ya ?

    https://www.militer.or.id/309/delegasi-tni-al-kembali-kunjungi-iver-huitfeldt-class-di-denmark/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Looo...kok sy ga d ajak.

      Hihihihihihi

      Hapus