07 Maret 2018

Natuna Dilengkapi Pangkalan Kapal Selam

07 Maret 2018

Dermaga kapal selam diperlukan di pangkalan terdepan (photo : Indomiliter)

Keamanan Laut Natuna Dilengkapi Pangkalan Kapal Selam

batampos.co.id – Komandan Lanal Ranai, Letkol Laut (P) Harry Setiawan mengatakan, kekuatan keamanan laut Natuna Utara sudah dijamin kuat guna menjaga wilayah perbatasan laut. Kekuatan TNI AL di Natuna katanya, saat ini sudah didukung infrastrukur pertahanan laut. Diantaranya Markas Lanal, Kompi Komposit TNI AL, Posal-posal hingga pelabuhan sandar KRI, pelabuhan pendaratan pasukan serta pelabuhan pangkalan kapal selam.

Selain itu, TNI AL di Natuna sudah dilengkapi sejumlah armada perang untuk kekuatan tempur laut. Diantaranya tiga unit Kapal Angkatan Laut (KAL), tiga unit kapal perang KRI secara rutin beroperasi diperairan ZEE Indonesia. Bahkan akan didukung pasukan gabungan dari seluruh satuan TNI AL (komposit) sekitar 205 personel, plus prajurit Lanal.

“Kekuatan ini cukup untuk membuat perairan Natuna disegani,” ungkap Danlanal Ranai disela Courtesy Call (Silaturrahim) bersama sejumlah wartawan di KRI Abdul Halim Perdana Kusuma (AHP) 355, Sabtu (3/3).

Letkol Harry mengaku, meski sudah didukung infrastrukur, TNI AL tengah mempersiapkan penambahan kekuatan armada pertahanan di perairan Natuna. Dengan menambah satu unit lagi KAL dan satu KRI yang bersiaga di laut Natuna Utara.

“Saat ini tiga KRI rutin patroli, tapi kami mengusulkan tambahan. Empat KRI harus melakukan patroli menjaga perbatasan laut Natuna Utara,” ujar Danlanal.

Salah satu KRI yang berpatroli di laut Natuna adalah KRI AHF 355. Kapal tersebut memiliki kualifikasi lebih, dapat mendeteksi pergerakan didasar laut dan permukaan laut.

Komandan KRI AHP 355, Letkol Laut (P) Tunggul mengatakan, tugas patroli di laut perbatasan Natuna Utara tidak hanya menyangkut ancaman-ancaman kedaulatan. Namun seluruh tindak kriminal di laut. Baik penyeludupan narkoba, ilegal fishing hingga perompakan.

“Sejauh ini situasi laut Natuna Utara aman, tidak terdeteksi ancaman dan pergerakan baik permukaan, kolong maupun dasar laut,” ujar Tunggul.

(BatamPos)

72 komentar:

  1. Mantap... disebar dari timur ke barat. Btw Destroyer gimana kabarnya, jadi bikin ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh di Indomil lagi pd bahas DZP, clue kah..? Hwihihi..

      Btw KRI AHP lagi di Natuna nih critanya, si mbah yang perkasa.. :)

      Sementara KRI REM sekarang lagi di perbatasan Tim Les.. good job.

      Nah, si lontong lagi nyilem dimana yaa..? Ssst... :)

      Hapus
    2. destroyer/heavy fregat tetap lanjut bung.. kandidat terkuat De Zeven Provincinen dan Iver Huitfeldt. Kan sudah ada anggarannya $780 juta dollar untuk 2 unit. Kalau saya mending Iver Huitfeldt 6 unit untuk menggantikan 6 unit fregat van spijk. 2 unit dibangun di Denmark dan 4 Unit di Indonesia. semoga saja.. hhha

      Hapus
    3. Hehehehe

      Untuk kelas Light Fregat PKR Sigma Class infonya sih yg sudah dibuat 2 unit yg aktif, tapi ada tambahan 4 unit yang sedang dibuat sekarang.
      Ini kalau mengutip statement Kasal Laksamana Ade Supandi thn 2015 lalu
      "”Kita juga sudah memasukkan tambahan empat. Karena itu, kita mengharapkan tidak berubah secara signifikan secara jumlah, tetapi kualitas. Jadi enam kapal ini, dua sudah dimulai, empat kita masukan dalam revisi MEF,” katanya.

      Mengingat selama ini modul TOT Damen dan PAL dalam membuat Sigma dengan 4 modul di PAL dan 2 modul di Belanda kemudian 6 modul ini disatukan di Indonesia, apakah next 4 PKR Sigma ini pakai cara yg sama atau seluruh modulnya dikerjakan di PT.PAL ? Saya gak tahu kabar selanjutnya.

      Mengenai Destroyer Class, dari yang saya baca Iver Class sepertinya paling reliable apalagi tawaran TOT nya saya baca paling bagus sekaligus paling ekonomis harganya. Tapi melihat PAL sudah terbiasa bekerja dengan Damen, saya berpikiran sepertinya bila AKAN membuat Destroyer Class pastilah Damen yang ada kans untuk diambil. PKR Sigma dgn panjang 105 dan lebar 14 meter mungkin bisa jadi akan "dimelarkan" menjadi 140 mtr dan lebar 20 meter bobot 5,000 Ton maybe ? Hehehehe
      Dan bila makin intens dengan Belanda, rasanya negara ini akan sekalian menjual 100 Leopard Tanknya ke Indonesia, seperti kita tahu sejak Belanda meolak menjual ke Indonesia dan Indonesia malah mendapat Leopard dari German langsung, banyak partai politik di Belanda yang menyesalkan terjadinya pembelian tsb, karena German yg mengambil keuntungan disaat Belanda masih berkutat di HAM, info nya bila Indonesia menawar Leopard lagi (sempet ada kabar tahun ini mau cari tambahan 100 Leopard) akan langsung disahkan DPR nya Belanda. Hihihihihi

      Bagi saya sih alutsista apapun gak masalah yang penting bisa untuk mengganti alutsista tua yg masih dipakai hingga kini.

      Kan sesuai arahan pak Menhan tahun 2015 lalu : "Jadi, yang lama diganti barang-barangnya. Laut yang usianya 40 tahun, udara 30 tahun. Nggak ada nambah nambah, cukuplah. Sudah kuat kita ini,” ujarnya di Markas Besar TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Hahahahahaha

      Hapus
    4. cerita ketertarikan TNI dengan destroyer/heavy fregat saat tragedi Air Asia yg jatuh di selat karimata tahun 2015. Saat itu destroyer Amerika tetap bisa melaut mencari korban walaupun cuaca sangat buruk.. sedangkan di kita KRI Ahmad yani class tidak ada yg sanggup menghadapi sea stage 6.

      Hapus
    5. Mungkin sudah terlalu tua ya bung KRI Ahmad Yani ? Hehehe..
      Tahun ini atau tahun depan katanya mau pensiun bung nunggu PKR Sigma yang 4 unit jadi.

      Hapus
    6. @bagaz amrie

      Itumah rumor dari lapak "IM" bro...

      Alasan sebenarnya bukan itu, tapi agak sedikit ilmiah...ada teknologinya

      Hapus
    7. @supetstar

      Ntar ane replai komen dari om Super...cuma ini lagi tanggung je

      Hapus
    8. Indonesia sedang bermain cantik lagi om smili. Apapun yang kepilih DZP atau Iver sudah mantaf x itu. 22 nya sama2 CODAD sesuai kemauan TNI-AL. Sama2 punya penciuman dan taring yang diatas rata2 negara ASEAN. Semoga segera terwujud.

      Hapus
    9. @rahmad dany

      Sori om dany, ini ngereply komen bang bagaz :"cerita ketertarikan TNI dengan destroyer/heavy fregat saat tragedi Air Asia yg jatuh di selat karimata tahun 2015. Saat itu destroyer Amerika tetap bisa melaut mencari korban walaupun cuaca sangat buruk.. sedangkan di kita KRI Ahmad yani class tidak ada yg sanggup menghadapi sea stage 6."

      Hapus
    10. DZP, kira2 pensiun 2028. enakan yg mana kalo ada opsi sekennya om smilikity. marenan kan om pili sisa, klas karel doorman.
      klu guwe pili Lafayette taon 2013 pinsiun doi, masi lengkap 5 haha!😆😆😆

      bkn gak mampu, kri 355 mungkin cari amanlah om, ituw kan sedang gelombang geal geol, susa jg nangkepin objek yg ngambang, objek mala bisa rusak ketabrak kri 355 haha!😉😉😉 kudu pake rhib buat ngangkut objek, tp susa kerna cuaca burok kan.
      eh pesawat rusia jg gak bs terbang, bkn gak mampu, tp ngambilnya ntar ombak 6 meteran kan gak maen2.

      kalo destro amrik dkk yg masi melaut, bisa jd mrk jg gak ngapa2in jg, males pulang ke base, kan jau, paling ngambang doank x haha!😊😊😊

      cuman yg guwe liat kemampuan heli mrk yg bagus di cuaca buruk, jd tugas2 pencaharian lbh cepat & efektip dari kapalnya haha!😉😉😉

      Hapus
    11. @ Om Bagas,maap setahu saya KRI Yos Sudarso sewaktu evakuasi air Asia bersama KRI Banjarmasin,yg paling sering melaut,bahkan di cuaca buruk,selain kapal2 tonnase besar dr luar negeri,
      "Kesulitannya adalah kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Gelombang di daerah operasi antara 3-4 meter," kata Ketua Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo saat jumpa pers di Kantor Basarnas, Jakarta, Kamis 1 Januari 2015.

      Soelistyo menuturkan, kondisi cuaca tersebut akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Meski begitu, kondisi ini tak membuat nyali timnya menjadi ciut dalam melakukan operasi evakuasi penumpang QZ8501 tersebut.

      "Saya dan seluruh tim masih akan berhadapan dengan cuaca seperti ini setidaknya sampai tanggal 4 Januari," ujar Soelistyo.

      Dia menggambarkan proses evakuasi jenazah dari KRI Yos Sudarso. Saat itu kondisi cuaca dalam kondisi yang tidak bersabahat. Sehingga helikopter tidak dapat mendarat di geladak kapal tersebut.

      Petikan kata di atas sedikit banyak membuktikan klo Ahmad Yani class masih sanggup menghadapi cuaca yg di atas sea stage 5 ( 1 sea stage = 1,25meter )...
      Sementara PD saat proses evakuasi tinggi ombak sekita 3-4meter...
      Maap klo salah,itu berdasarkan petikan berita diataas

      Hapus
    12. Infonya malah yg nemu black box duluan mas marinir kita..

      http://news.liputan6.com/read/2161138/gigih-temukan-airasia-penyelam-tni-dipuji-pasukan-elite-as

      Hapus
    13. http://liputanislam.com/indonesiana/tentara-amerika-geleng-gelang-menyaksikan-kehebatan-pasukan-katak-tni-al/

      Bakul angkat ???

      Hapus
    14. Sadis... satu tabung dipake gantian dua penyelam gara2 keasikan nyelem 😅😅😅😅😅

      https://m.merdeka.com/peristiwa/ini-pengakuan-penyelam-denjaka-tni-al-yang-disebut-gila-us-navy.html

      Hapus
    15. Iya bang super,tapi dari kesatuan Denjaka TNI AL,yg anggotanya berasal dr korp Marinir,TNI mengerahkan semua kemampuan,khusus nya TNI AL klo ga salah menurunkan team dr Kopaska,Taifib,Denjaka dan Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada RI Kawasan Timur (atau Dislambair Koarmatim)...
      Iya bang sampe ad yg nyaris keracunan Krn kemasukan nyelem



      Itu dr yg saya baca...

      Hapus
    16. @rian

      Betul bang...bukan KRI kita yg gak sanggup mengarungi ombak besar/angin kencang (oleng kanan-kiri hingga 30 derajat atau angin kecepatan hingga 50 knot), tapi heli&kaprang milik AL belum ada yg dilengkapi dg "teknologi" untuk memandu heli approach ke geladak kapal menyesuaikan dg olengnya kanan-kiri akibat ombak besar, selanjutnya begitu heli sudah menyentuh geladak kapal...segera/secepatnya ada semacam kaitan/hook/harpoon untuk mengkaitkan heli dg geladak shg tidak akan bergeser/tergelincir akibat olengnya geladak kapal.

      Apabila kapal memiliki hangar, selanjutnya heli bisa dipandu untuk masuk kedalam hangar dg alat mekanis-elektrik..seperti menuntun sapi masuk kekandangnya.

      Sebenarnya KRI Bung Tomo class sudah memiliki fasilitas ini, tapi sayang heli-heli kita belum dilengkapi dg alat tsb...cirinya, silahkan diamati helipad pd geladak Bung Tomo class ada lingkaran yg berlubang-lubang seperti saringan santan. Itulah lubang untuk cantelan hook dari perut helikopter

      Hapus
  2. Dermaga kapal yg bisa nyelam.. bukan seperti jiran punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bettry tak ada power pun tak boleh menyelam terpaksa dihantar kosel ix ix ix warty pun tak ada terpaksa tambah dana kasihan betul macam kena bohong dengan kosel itu ix ix ix

      Hapus
    2. Masa baterai kurang tenaga larinya tak bisa nyelem aneh di mana logikay, jadi kalo mobil kurang tenaga gak bisa jalan gitu ???? Aduuh kaya pasukan cebong aja omongany gak nyambung

      Hapus
    3. Tipikal malon ya kayak gitu sdh dari sononya otaknya kecik seperti beruk...
      kehkehkeh....

      Hapus
    4. Mahairi nih cuma boleh troll sahaje Wkwkwk...apapun di cakap walaupun troll Wkwkwk

      Hapus
    5. Mat lampir seperti mobil kalau bettry sudah tak ada power Tak Boleh bergerak ok, jadi bettry harus ditukar, Kasihan bettry baru tak ada warranty Terpaksa tambah dana untuk menyelam Ix ix ix Itu kebenaran yg berlaku di indonesia itu

      Hapus
    6. Mahairi@ ada link tak nagapasa tak boleh selam,kl tak de link jgn meracau kerja ko Wkwkwk...kl aq ada link scorpene tak boleh selam Wkwkwk

      Hapus
    7. jangan lupa pasang kabel utk caj sekali ye...takut hilang power..maklumla pake powerbank..kah kah kah....

      Hapus
    8. Mat lampir kalau tak bettry macam mana nak hidup engine kapal selam pakai apa mat lampir, bettry seperti adalah kuasa untuk hidup engine kapal selam dan alatan eletonik ok Terima aje kebenaran ini kapal selam kamu kurang power down sebab kuasa tak cukup ok, kapal selam kamu pun tak boleh menyelam ok, bettry waranty tak ada terpaksa Terpaksa tambah dana macam kena bohong sama kosel itu,

      mat lampir kamu cepat percaya buat apa jenderal angkatan laut kamu cakap, hakikat sebenarnya bettry kuasa eletik mampu hidup enjine kapal selam kebenaran kamu kena terima Ok

      Kami terima kapal dulu tak boleh menyelam sementara tapi kapal selam kami ada waranty dari dcns itu Dcns telah betul masalah berlaku pada kami ini Kami sehingga boleh menyelam balik ok..

      Kapal selam kamu tak ada waranty terpaksa tambah dana itu lebih memalukan ok, kerusakan itu bukan dibuat oleh tni Jadi sepatulnya kosel kena betulkan balik kapal selam itu secara percuma tapi kena tipu dengan kosel kasihan ok

      Hapus
    9. http://www.beritasatu.com/hankam/461151-menhan-kapal-selam-tidak-rusak-tapi-kurang-baterai.html

      Hapus
    10. @Maha....tolong baca link tsb baik2 yg intinya sbb:
      1. Kapal selam indonesia bateray kurang bertenaga, bateray ini dipakai saat menyelam saja dimana gunanya mesin disel dimatikan saat menyelam guna menjamin silent pergerakan kapal.
      2. Korea Selatan telah mengganti Bateray tsb free, tanpa ada tambahan biaya.

      Kenapa Baterai lemah? karena baterai yg dipakai adalah untuk suhu laut daerah korea (dingin) ternyata tidak cocok untuk suhu laut daerah Indonesia (panas) sehingga pihak korea harus mengganti bateray tsb

      Hapus
    11. Korea Selatan termasuk negara yg menjaga image, makanya industri mereka sangat maju karena kedisiplinan mereka bahkan etos kerja mereka sudah bisa menyaingi Jepan, eropa dan USA...makanya Indonesia berguru ke Korea karena mau berbagi ilmu, beda dg Jepang dan USA, pelit hal tsb....malah saya blm melihat Malaysia berguru kemana selain British...sedang Indonesia mau belajar selain di Korsel juga ke Belanda, Jerman dan Turki

      Hapus
    12. Ix ix ix kamu ingat seperti plak alatan eletik terpaksa ikut standar sebuah negara untuk pakai alatan eletik Itu goblock Itu ok.

      Macam ini ia mesir pakai kapal selam jenis sama type 209 Sama seperti indonesia ,kapal selam mesir Cuaca laut dipadang pasir Ok cuma dia buat di germen ok, JOGLO YOGYA jawab soalan nya jangan cuba goblock warga mu itu..

      Cuaca tak jadi masalah lo Semua alatan senjata mesti uji dalam perbagai cuaca kalau mahu jual senjata itu, malah Mana2 pembuat senjata akan pun uji senjata di padang pasir dan cuaca salju, ok

      Masalanya Macam mana kalau kapal selam kamu ditugaskan kosel kalau gak ada alasan cuaca Salju gak boleh pakai alasanya ok..

      Engine dimatikan Ketika menyelam Alasan saya terima Kalau nak naik keatas pakai apa pak kalau nak hidup engine kembali pakai apa pak ,sila jawab soalan mudah ini, kalau power down gak bisa hidup power enjine pada kapal selam itu

      Satu saya tanya kenapa minta dana sedangkan kapal selam nya ada waranty ok sila jawab ok?

      Jadi kamu senang goblock ok Media kamu itu sendiri

      Hapus
    13. Kapal selam jiran setaraf corvete class

      Hapus
    14. Mahairi@ mn linknya minta dana Wkwkwk...kl nagapasa tak boleh selam dah pasti jadi trending topic dunia,ini tak de satupun media dunia yg hantar berita nagapasa tak boleh selam,ada ko tengok berita nagapasa tak boleh selam di Janes,di navy recognation,di CNN atau di media dunia lain,kalo berita dari cakap ko yg hoax dan troll siapa yg percaya lon Wkwkwk

      Hapus
    15. Kapal selam jiran downgrade sudah, tak boleh selam

      Hapus
    16. MAHATITIT baterai kasel kita boleh gk ada power tp kasel kita msh bisa menyelam... bhahahahah

      Hapus
    17. pantas kapal selam nya tak bisa menyelam orang duit ny di korupsi hahahahaha

      https://internasional.kompas.com/read/2017/08/03/18180981/najib-razak-diduga-terkait-suap-pembelian-kapal-selam-perancis

      Hapus
    18. Battery di gunakan saat kasel menyelam untuk waktu yang di tentukan ok, disaat battery sudah mulai low power kasel terpaksa naik kepermukaan untuk me charge battery dengan engine diesel ok, seperti itu cara kerjanya kasel deasel electric @mahat ok, bukan berarti kasel nagasapa tak boleh selam ok, karna kelemahan nya kurang tenaga pada battery jadi kasel terpaksa harus turun naik untuk mengisi ulang daya battery dan sekarang battery kasel nagasapa sudah di change di korsel dengan daya yang lebih besar ok, jadi tak de masalah lagi dengan battery ok, yang jadi masalah cara berfikir otak kau ok, yang bengap dan terlalu pandir dalam menganalisa masalah ok.. Cek kasel banana boat kau yabg tak boleh selam ok..

      Hapus
  3. Natuna yang dihadapi china...jangan gunakan produk china disana...sudah tahu antidotnya

    BalasHapus
  4. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Saya ingin berbagi cerita kisah sukses saya disini. Perkenalkan nama saya ABDUL ROCHMAN JUNAIDY asal kediri seorang mantan TKI dulu kerja di MALAYSIA selama 7 tahun lamanya. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kpd IBU SITI FADILAH berkat postingan beliau di salah satu website saya bisa kenal PAK H.CAHYONO ternyata beliau guru spiritual yang sering membantu orang melalui Nomer Togel 3D/4D/5D/6D, Uang Gaib, Pelet Dan Pelaris. Berkat bantuan PAK H.CAHYONO melalui pemasangan nomer togel 6D Nya alhamdulillah saya menang RM,427.000 selama 3 kali pemasangan. saya tidak menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan PAK H.CAHYONO, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna saya telpon dari google untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Baik burukNya hanya tuhan yang tahu apa boleh buat kondisi keuangan sudah tidak memungkinkan. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi PAK H.CAHYONO di nomer 085213737273 / +6285213737273 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari PAK H.CAHYONO dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti saya. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat kpd saudara...





    Wassalam...




    BalasHapus
  5. Statement komandan LANAL bikin para fansboy militer tenang , laut natuna utara di jamin kuat sekarang, emang alutsista apa aja yg di tumpuk di natuna sekarang, jadi inget pernyataan salah satu petinggi TNI AL tidak perlu kita kerahkan alutsista ke tengah laut cukup kita dari sini luncurkan senjata yg mampu menghantam sasaran target sejauh 400 km , senjata apa itu ya ???? Inget bastion p jadinya xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pasti senjata dari rusia om, es papat satus. kehkehkeh.. .

      #ngayaldotcok

      Hapus
    2. Mas Doni,
      Yg jelas di Natuna alutsistanya bakal dikomposit habis & tier-1 semua...

      Radar aja mo dikasih Verna NG..

      Jadi show room barang mewah tuu Natuna.. :D

      Hweihihihi...

      Hapus
    3. Pokoknya jangan barang china saja...yang dihadapi china masalahnya

      Hapus
    4. Barang china untuk hadapi malon ja bro...

      Hapus
  6. kesian malaysie kapal selam tak comel...songlap

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam satu powerbank... kapal pertama indon pake powerbank..kah kah kah

      Hapus
    2. Salam budget kecik dibagi 5 dan salam shopping tunggu masa 20 thn lg Wkwkwk

      Hapus
    3. kapal selam malaysia sudah bisa menyelamkahh

      Hapus
    4. Kapal selam malasnya. Dah jd surface combatant ship mas eko aji

      Hapus
  7. Assalamualaikum wr wb. Saya Sangat berterimah kasih kepada Aky Mankubono berkat semua bantuan yg diberikan saya sdh buka usaha dan memiliki beberapa Restoran ternama di Surabaya mengatakan ”Aky Mankubono Saya dulu seperti orang gila, bahkan hendak bunuh diri, usaha saya ditipu sahabat karib dan membawa lari semua uang saya. Saya pun harus menanggung hutang supplier dari usaha kontraktor yang dibawa lari teman saya. Kesana kemari minta bantuan gak ada yang nolong. Bahkan saya sudah keliling Indonesia untuk mendapatkan atau mencari pinjaman dan dana gaib, tapi untung di ujung keputus asa’an saya bertemu dgn Aky Mankubono yang dikenalkan oleh adik ipar saya, akhirnya bliau menawarkan bantuan Dana Gaib tanpa tumbal/resiko diawal ataupun akhir dan dari golongan putih.setelah persyaratanya dilengkapi dan ritual selesai, MENGEJUTKAN !!!, saya mendapatkan dana gaib sebesar 700 jt dihadapan saya. jika mau bukti atau hbu no 0852 0333 3887  ATU KILK DISIINI 2D 3D 4D 5D 6D
    SAYA//INI KISAH NYATA TERIMA KASIH

    BalasHapus
  8. Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    BalasHapus
  9. dan malaysie nak tambah submarine kena tunggu 20thn lgi ..xixi
    Mrca dan MPa dah gagal pulak ..xixi
    Blom smue pesawat Malysie kena masalah dgn sparepart ..xixi
    Teruk sgt malaysie nihh, mengaku kye tapi mengharap hibat pesawat saudi dan helly bruney ..xixi
    Jom jual je sabat kat Sulu ..wakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...setakat nih mereka nak harap dapat hibah hornet dari kuwait dan p3 orion dari jepun bro

      Hapus
  10. Mrca telah dinyatakan Di tunda hingga tahun 2020 bgi memberi laluan perolehan pesawat mpa yg mungkin akan diumumkan semasa atau selepas dsa nanti.

    Manakala mslh sparepart adalah dari oem sndiri yg mengalami kelewatan. Justeru pihak tudm tidak bisa berbuat apa2. Oleh kerana itu pemilihan mrca akan dtng cenderung kepada eu atau us. Malaysia hanya akan mengoperasikan pesawat2 russia pada kuantiti yg sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..

      Untuk nextnya sepertinya MRCA akan beralih ke EU atau US. Sebetulnya MRCA jangan hanya melihat Thypoon dan Rafale.. ada F15 yg rasanya sudah semakin strong sekarang. Untuk akuisisi F35 sebagai platform MRCA rasanya masih jauh karena di Amerika sendiri hasil baca2 kesiapan tempur F35 hanya 50 persen plus keterbatasan spareparts.

      Tahap awal selepas pemilu.. concern aja buat menambah squadron Hornet supaya genap 16 atau 18 unit.

      Meski di amerika ada info sebagian Hornet akan discrap untuk diambil sparepartnya... karena keterbatasan sparepart tetapi teknologi terbaru Super Hornet (bukan Classic Hornet) infonya akan dibuat teknologi semi stealth dgn mengganti bahan komposit, cat dan conformal tank dan liftimenya bisa diperpanjang sampai 2030 - 2035.

      Both Hornet dan Super Hornet bisa menjadi pertimbangan sebelum program MRCA sesungguhnya.. yg rasanya baru akan realisasi di thn 2025 - 2030 dan saat itu mungkin terknologi F35 sudah mulai settled.

      Hapus
    2. jadi binung guwe?haha!😇😇😇
      mo tanya donk om, ciyus ini. bbrp bulan lalu bukannya programnya diganti LCA?

      guwe rasa opsi nambah nets lbh ok, bisa lgs tune in bukan?

      Hapus
    3. LCA program lain dan bukan mrca. LCA mungkin jdi jika US jadi membeli pesawat latihan Korea. Kerana malaysia lebih selesa jika penggunaan jet tersebut diguna lebih meluas. Terutama jika us yg membeli krn mereka memberi dgn kuantiti yg besar dan tempoh contract yg lama, mungkin soal saprepart tidak menjadi mslh. Namun Saat ini masih tiada berita juga.

      Sebetulnya malaysia mengambil Keterbatasan Dana ini sebagai 1 peluang juga. Utk menunggu pesawat2 gen5 betul2 matang. Sekiranya 2020 malaysia sedia memulakan program mrca. Dan memilih utk membeli gen5 Keputusan mungkin akan diketahui Menjelang 2021 atau pada tahun yg sama jika memilih Kandidat sedia ada

      Hapus
    4. Harta aku@ link bos link, jangan banyak cakap

      Hapus
    5. Malon tukang ngarang bebas.. . cakap gede budget kecik...
      Jom songlap lon... kehkehkeh.. .

      Hapus
    6. Harta nih bila di hantar link indonesia dia tak percaya dan troll,bila di hantar link dari pada UMNO baru dia percaya Wkwkwk

      Hapus
    7. oh begitchu, okeh oceh aja dech 👌👌👌

      Hapus
    8. Link apa yg dimaksudkan?

      Hapus
    9. Mungkin link ini yg dimaksudkan

      https://jakartagreater.com/indonesia-malaysia-dan-sukhoi-t-50-pak-fa/

      http://indo-defense.blogspot.my/2013/11/analisa-indonesia-malaysia-dan-sukhoi-t.html?m=1

      Utk LCA tiada link yg bisa disahkan namun is kuat diperbincangkan sekiranya us akan membeli pesawat LCA tersebut

      https://lockheedmartin.com/us/products/t50A.html


      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. Mslh sparepart dari rusia telah bnyk dibahaskan

      https://jakartagreater.com/susahnya-berurusan-dengan-rusia/

      Malahan ia telah menjadi tajuk global bagi Angkatan India

      https://www.defensenews.com/air/2017/03/22/india-s-sukhoi-fleet-faces-problems-despite-russian-spare-parts-deal/

      Atas Faktor malaysia pernah memakai mig dan menghadapi kesulitan yg sama pada sukhoi. sbb itu penggandaan pesawat tersebut tidak berada didalam top list pemilihan mrca. Tetapi sekiranya sukhoi dpt memperbaiki reputasi After Sales mungkin akan menjadi antara top candidate semula

      Hapus
  11. aku ni bukan apa... aku jadi keliru dgn MAT REMPIT... dia ni orang seberang atau budak sini yang acah2 NKRI...ke MACAI PH....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ari nih tampaknya budak UMNO lah yg suka kacau malaysia dan indonesia

      Hapus


  12. Halo.
    Saya adalah Bapak Rahel Cohran seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh. seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

    BalasHapus
  13. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus