09 November 2017

Masuki RI, KRI Bima Suci Singgah di Padang

09 November 2017


KRI Bima Suci (photos : JPNN)

Padang jadi daerah pengenalan KRI Bima Suci

Padang (ANTARA News) - Kota Padang, Sumatera Barat, mendapatkan keistimewaan karena menjadi daerah tempat dikenalkannya kapal perang baru milik Indonesia yaitu KRI Bima Suci.

"Direncanakan KRI Bima Suci akan merapat di Dermaga Teluk Bayur Padang, pada 8 November 2017 nanti," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang Mayo Laut (T) M Ridwan di Padang, Kamis.

Ia mengatakan kapal perang yang akan menggantikan kapal legendaris KRI Dewaruci itu akan bersandar di Padang selama tiga hari 8-11 November 2017.

Saat ini KRI Bima Suci di Padang itu dalam proses penyeberangannya dari negara pembuat yaitu Spanyol ke Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) juga dijadwalkan hadir di Padang untuk penyambutan KRI tersebut.



Selain itu juga akan digelar sejumlah kegiatan seperti Open Ship agar masyarakat umum bisa mengenal dan mengetahui kapal, kemudian kunjungan kapal oleh beberapa sekolah di Padang yang akan ditunjuk TNI AL.

Direncanakan juga digelar parade drum band di dalam kota, serta upacara tabur bunga di laut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Berdasarkan catatan Antara, KRI Bima Suci merupakan kapal layar latih pengganti kapal legendaris KRI Dewa Ruci yang sudah beroperasi sejak 1953. 

KRI Bima Suci adalah kapal layar buatan perusahaan kapal ternama Spanyol yang berlokasi di Kota Vigo, Freire Shipyard. Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini, memiliki ukuran panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas.

Kapal Kelas Bark (Barque) tiga tiang tersebut memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut.

Keistimewaan KRI Bima Suci terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar, hingga alat komunikasi dan data digitalnya.

(Antara)

5 komentar:

  1. kasian malaysia tak de kapal classic mewah macam nie

    BalasHapus
  2. abis dr padang lanzuttt open ship jakarta donk yach 👍👍👍

    om daru mao poto2 tuch di ujung ala DiCaprio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis itu langsung diaplod ke yutup sama oom Daru mas.. judule "Tetanus"

      Hapus
    2. haha! lg #tt, tetanus songlap euy😂😂😂
      bs aje nich om super

      Hapus
  3. welcome home...beautiful ship
    good job TNI

    BalasHapus