19 April 2020

6 Panser Anoa Tiba di Kikav Komodo Ksatria Anuraga NTT

19 April 2020 

Panser Anoa 6x6 yang sampai Kikav Komodo Ksatria Anuraga/KKA pada malam hari (photo : NTT Online)

Perkuat Pertahanan Negara, 6 Panser Anoa Tiba di Kompi Kavaleri di Belu Perbatasan RI-RDTL

Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 6 (enam) unit kendaraan tempur alutsista jenis Panser Anoa ditempatkan di Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga Kodam IX/Udayana di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anugara Kodam Udayana berlokasi di wilayah Kodim 1605/Belu tepatnya di Desa Derok Faturene, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu berbatasan dengan bekas Provinsi ke-27 Timor-Timur (Timor Leste).

Enam unit Panser Anoa produksi PT. Pindad ini tiba di Kompi Kavaleri pada Sabtu tanggal 18 April 2020 malam setelah menempuh perjalan darat dari Kupang diangkut menggunakan truk tronton dengan pengawalan dari Anggota Satlantas.

Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho saat dihubungi media menuturkan, penempatan enam unit Anoa merupakan bagian dari pengembangan kekuatan pertanahan TNI Angkatan Darat (AD) di wilayah perbatasan Negara.

Wilayah Nusa Tenggara Timur secara total diproyeksikan mempunyai 18 panser Anoa yang dilakukan secara bertahap (photo : Antara)

Kabupaten Belu, Malaka dan TTU daerah di wilayah Timor Barat- Indonesia berbatasan dengan eks Provinsi ke-27 Timor-Timur (sekarang Timor Leste) dan Australia mendapat perhatian serius memperkuat pertahanan perbatasan negara.

“Betul, 6 unit Anoa sudah ada di Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga Kodam IX/Udayana di Desa Derok Faturene Kabupaten Belu,” terang dia saat dihubungi media, Senin (20/4/2020).

Dikatakan bahwa, penempatan kendaraan perang tersebut di wilayah perbatasan negara sebagai penunjang pengamanan sekaligus memperkuat keamanan wilayah di perbatasan RI-RDTL.

Dandim Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho didampingi Pemerintah Desa setempat (Sekdes) serta tokoh agama menerima kedatangan enam unit kendaraan tempur Anoa secara adat dan doa sebelum masuk ke markas kompi Kavaleri.

(NTT Online)

1 komentar:

  1. Panser Anoa harus segera inovasi produk dan teknologi nya seperti Panser MOWAG Piranha 5, Panser Patria AMV dan Panser Centauro II.

    BalasHapus