16 Juni 2020

KSAU Stop Pengoperasian Pesawat Hawk Hingga Investigasi Tuntas

16 Juni 2020


Pesawat Hawk 200 dari Skadron Udara 12 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru (photo : Lanud RSn)


KEPALA Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan akan menghentikan sementara aktivitas penerbangan Hawk yang memperkuat Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru selama proses investigasi itu pula. 

"Setelah kejadian ini, saya perintahkan untuk stop flying (terbang) dulu. Saya tidak nyatakan ini grounded, kita stop dulu pengoperasiannya untuk melaksanakan proses investigasi," ujarnya.

Sesaat sebelum jatuh, Lettu Pnb Aprianto Ismail, pilot tunggal pesawat itu sempat melaporkan terjadi keganjilan pada bagian mesin. Kemudian, lampu indikator peringatan juga menyala yang mengindikasikan adanya kerusakan bagian mesin. 

Selain itu, pilot juga sempat merasakan adanya suara ledakan pada bagian mesin hingga mesin pesawat buatan Inggris itu benar-benar kehilangan daya hingga terhempas dan jatuh menimpa rumah warga. 

Lokasi jatuhnya pesawat, lanjut jenderal bintang empat itu, berada sekitar dua kilometer dari ujung landasan. Pesawat juga diketahui berada 500 kaki ketika kehilangan tenaga dan jatuh menimpa rumah warga. 

Beruntung, rumah warga yang hancur akibat tertimpa badan burung besi itu dalam keadaan kosong. Fadjar juga memastikan kondisi pilot dalam keadaan baik dan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. 

"Penerbang melaporkan terjadi keanehan di mesin. Ada suara aneh diikuti lampu peringatan menyala ketika terjadi sesuatu tidak benar di mesin. Mesin kemudian kehilangan tenaga atau lost power. Namun pada saat itu komunikasi masih normal dan pilot memutuskan untuk eject dengan kursi pelontar," urainya. (Media Indonesia)


Helikopter Mi-17 TNI AD (photo : MDC Aviation)

DPR Desak Audit Seluruh Alutsista TNI

BELUM lama Heli angkut militer jenis MI-17 jatuh di Kendal, Jawa Tengah, kini  pesawat latih tempur jenis Hawk 200 di Pekanbaru, Riau. Beruntung pilot pesawat tempur berhasil menyelamatkan diri. 

Menanggapi hal ini, anggota komisi I DPR, Willy Aditya, mendesak Kementerian Pertahanan untuk melakukan audit terhadap alutsista yang dimiliki TNI. Hal ini penting dilakukan sebagai bagian dari penguatan sistem pertahanan nasional.

Willy menjelaskan anggaran pertahanan dalam APBN dalam beberapa tahun kebelakang selalu menempati salah satu yang tertinggi. Walau demikian anggaran ini harus berbagi dengan banyak lembaga. Karena itu dia menegaskan audit sistem pertahanan dapat menjadi dasar bagi DPR untuk menyetujui pertambahan anggaran untuk penyediaan alutsista. 

“Saya rasa DPR akan menyetujui penambahan anggaran alutsista jika audit komprehensif dilakukan termasuk hasil investigasi terhadap sejumlah kecelakaan alutsista. Jadi anggaran yang dikeluarkan itu akan punya dasar yang kuat,” ucapnya. 

Legislator dari dapil Jatim XI ini menegaskan terhadap sejumlah insiden kecelakaan pesawat dan heli latih, Kementerian Pertahanan dan lembaga profesional independent perlu melakukan audit investigatif. Menurutnya, menemukan penyebab jatuhnya pesawat dan heli ini penting agar dapat ditindakluti terhadap pesawat dan heli sejenis yang masih dimiliki. 

“Kita masih memiliki banyak Hawk 200 dan Mi-17 yang masih operasional. Maka menemukan penyebab kecelakaan sangat penting dan mendesak. Kalau perlu di grounded dahulu pesawat dan heli dari jenis yang mengalami kecelakaan sampai ada kepastian penyebabnya,” katanya. 

Willy menegaskan DPR akan mendukung Kemenhan dan TNI apabila diperlukan untuk meminta pertanggungjawaban dari pabrikan. Dia menilai, jika didalam investigasi yang dilakukan Kementerian Pertahanan dan TNI ditemukan adanya cacat pabrikan atau kegagalan fungsi dari pabrikan. 

“Kita punya perjanjian dengan negara pabrikan pesawat dan heli yang digunakan TNI, maka kalau ditemukan masalah dari sisi pabrikan, kita bisa mendesak pemerinta untuk meminta pertanggunjawaban pabrikan. Ini penting untuk mendudukan posisi Indonesia sebagai konsumen kritis terhadap produk yang dihasilkan pabrikan. Kalau mereka tidak mau bertanggung jawab ya diganti saja dengan produsen yang lebih bertanggung jawab,” pungkasnya.


(Media Indonesia)

289 komentar:

  1. Balasan
    1. 😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

      Hapus
  2. POOR MRO !!

    😀😀😀
    🔴🔴🔴

    BalasHapus
  3. CRASH INCIDENT IN JUST A WEEK.

    1. MI-17


    2. HAWK 200


    3. WHATS NEXT???



    😀😀😀
    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3. WHATS NEXT???

      ===> your brain crash.

      LoL
      😂😂😂

      Hapus
    2. MKM
      Hornet
      MB 339
      PC7...semuanya ga bakalan jatuh.

      Karena emang ga terbang lagi.

      Yang jatuh hanya pilotnya, yang abis latian eject kat hanggar.

      😂😂😂

      Hapus
    3. Nuri Malon baru beli thn 67 di tahun 69 dah crash 🤣🤣

      Hapus
    4. Jatuhnya pesawat dalam waktu berdekatan adalah bukti yang X boleh dibantah bahwa bukan saja buroknya MRO .. tetapi juga bukti masalah mentality akibat kebodohan dan keterbelakangan minda yang sekarang menyebabkan pesawat-pesawat TNI-AU menjadi "peti mati" bagi awaknya ...So ... No doubt that Indon is one of the highest risk place for aviation .. both ..civil and military ..

      Hapus
    5. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
    6. Bagaimana malon mau jatuh pesawat hanya di hanggar karena tak ada minyak dan sparepart 😁

      Hapus
  4. 😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😂😂😂



    😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Nuri Malon raja terhempas 🤣🤣

      Hapus
    3. Inilah keutamaan kita kini, ia­itu untuk menyelesaikan ma­salah hutang ini,” katanya dengan menambah kegagalan berbuat demikian boleh membawa kepada risiko negara menjadi bankrap.
      Kita masih boleh bertahan wa­laupun menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman. 

      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913

      Beruk malon selalu berlagak kaya nyatanya 95% bumiputera malon itu miskin tegar 😁

      http://www.sinarharian.com.my/mobile/nasional/95-peratus-miskin-adalah-bumiputera-1.759260


      Wakikikik

      Hapus
  5. SHAME 😀😀😀😀😀😀😀


    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. 80% aka 22 Nuri dari 28 Nuri yg di beli adalah rekod kemalangan paling teruk di dunia 🤣🤣

      Hapus
    3. Tahun 1988 rekor rmaf :
      Dalam masa 1 tahun 4 bijik A4 Skyhawk malon terhempas

      Hapus
  6. Kos perawatan di potong...malah dituduh cacat pabrikan pula.... aneh...??? wkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooo bisa baca tak artikel d atas???? Nih🍌🍌🍌🍌🍌😁😁😁😁😁😁😁

      Hapus
    2. 80% aka 22 Nuri dari 28 biji bisa terhempas membuktikan malon tak reti maintenance Nuri dan Malon defisit anggaran 🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Jangan berpikir membaca saja sdh tidak bisa bagaimana mau mengerti










      Oh iya si gempur waria raja troll

      Hapus
    4. 22 nuri lapu terhempas tenyata ini alasannya 😁👇

      Inilah keutamaan kita kini, ia­itu untuk menyelesaikan ma­salah hutang ini,” katanya dengan menambah kegagalan berbuat demikian boleh membawa kepada risiko negara menjadi bankrap.
      Kita masih boleh bertahan wa­laupun menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman. 

      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913



      Wakikikik

      Hapus
  7. Mi-17 baru jatuh beberapa minggu lepas...ni jatuh pula Hawk.... kos perawatan di cantas sebenarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Case 80% aka 22 biji dari 28 Nuri Malon terhempas adalah rekod terburuk dunia 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Minta daftar pesawat n heli malonte d babar ya? Jangan ahhh ntar nangis nih lon,🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😁😁😁😁😁😁😁😁😁

      Hapus
    3. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  8. DPR soal Insiden Heli Jatuh: Tambah Biaya Perawatan Alutsista

    Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menambah biaya perawatan dan pemeliharaan alat utama sistem pertahanan atau alutsista.

    Permintaan ini Kharis sampaikan menyikapi insiden helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat (AD) di Kendal, Jawa Tengah dan menewaskan empat orang pada Sabtu (6/6).

    Ia meminta Hadi memastikan insiden serupa tidak terulang lagi di hari mendatang.


    "Saya mohon kepada Panglima TNI mengingat rentan dan pentingnya Alutsista TNI agar menambahkan biaya pemeliharaan dan perawatan alutsista jangan sampai ada yg kurang sedikitpun dan semoga tidak ada kecelakaan lagi ke depan" kata Kharis saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (8/6).


    linknya
    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200608133316-32-511007/dpr-soal-insiden-heli-jatuh-tambah-biaya-perawatan-alutsista?utm_source=facebook&utm_medium=oa&utm_content=cnnindonesia&utm_campaign=cmssocmed&fbclid=IwAR1Dysh4B8pDm1T9MI4LBw_HApQkwJXZHyYUlWi4cbPz6DWM2wP60TJRpmc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hawk Malon tinggal 5 ekor lg kerana banyak yg dah terhempas : www.hmetro.com.my/kronologi hawk 1996-2006/17-06-2017

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  9. di minta tambah biaya perawatan tu apa maknanya...??? takan INDON masih tak jelas...wkwkwkwkkwkwkw

    Kasihan dah la jenis tak bayar WANG MUKA... dengan TUNGGAK HUTANG...malah perawatan dipotong....wkkwkwkwkwkkw


    lepas tu sembang SHOPING konon....wkwkwkwkwkkwkw


    INI SEMUA POYO....wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya perawatan hawk Malon Ciput sehingga hawk Malon tinggal 5 ekor lg...www.hmetro.com.my/kronologi hawk 1996-2006/17-06-2017 🤣🤣

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  10. Sebelumnya, Komisi I menyetujui anggaran yang diajukan untuk membeli satelit komunikasi militer dari Airbus Defence and Space. Menurut rencana, pengadaan dilakukan dalam waktu lima tahun dengan biaya Rp 11 triliun. Dalam APBN 2016-2017, telah dianggarkan sekitar Rp 1,3 triliun untuk uang muka pembelian satelit tersebut. Namun, menurut informasi yang diterima Kompas, Airbus Defence and Space menyatakan, kontrak dibatalkan karena Indonesia tak kunjung bayar uang muka.


    Satelit saja tak bayar wang muka....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada satelit BRI sbg satelit militer TNI,Malon panas dan koyak 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwkwkw.... wang muka saja tidak dibayar hingga didenda.... wkwkwkwkwkwkwkw MISKIN...

      Hapus
    3. Indonesia ada satelit BRI 🤣🤣

      Hapus
    4. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  11. Kapal selam pun tak bayar wang mula lagi....wkwkwkwkwk

    Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering adalah perusahaan pertahanan lain yang dipengaruhi oleh ketidakpastian dari Indonesia.

    Meskipun Indonesia telah memesan pembelian senilai $ 1 miliar kepada DSME untuk memproduksi tiga kapal selam 1.400 ton pada bulan April tahun lalu, pembayaran uang muka masih belum diterima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...gempurgila tak paham English language,katanya anak sekolahan 🤣🤣...tuh project CBG Batch dah lunas,jadi yg tahun lalu itu adalah CBG batch II lon,sign sahaje belum,konon pula ko nak sebar hoax Indonesia tak nak bayar CBG 🤣🤣

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  12. Selepas 80 % aka 22 dari 28 Nuri Malon terhempas adalah rekod kemalangan paling teruk di dunia,kini pun hawk Malon tinggal 5 ekor kerana dah banyak hawk malon yg terhempas,linknya ada 🤣🤣

    BalasHapus
  13. Lalai Bayar Sewa Satelit, Indonesia Didenda Rp 278 Miliar

    Niat hati ingin punya pertahanan yang kuat, apa daya Indonesia malah tak mampu bayar satelit untuk mendukungnya.

    Indonesia dilaporkan harus membayar uang senilai USD 20 juta kepada Avanti, perusahaan operator satelit asal Inggris. Hal tersebut dikarenakan pemerintah lalai dalam melakukan pembayaran pada satelit komunikasi yang dipinjamnya kepada Avanti.

    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk.... INDON LAWAK

    yang tu pun tak bayar lagi mau sembang IVER dan RAFALE....wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg panas dan koyak 🤣🤣

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  14. Jika ditarik mundur ke belakang, Indonesia melalui Kementerian Pertahanan meminjam satelit Artemis milik Avanti pada November 2016 lalu. Peminjaman tersebut dilakukan untuk mencegah hilangnya hak spektrum L-band pada 123 derajat sebelah timur orbit Bumi. Sebelumnya, posisi tersebut diisi oleh Garuda-1, satelit Tanah Air berusia 15 tahun yang sudah tidak beroperasi sejak 2015.

    Terkait dengan kegiatan peminjaman satelit itu, Indonesia setuju untuk membayar Avanti sebesar USD 30 juta. Uang tersebut digunakan untuk relokasi serta penggunaan satelit Artemis. Akar masalah muncul saat pemerintah berhenti membayar setelah hanya memberikan Avanti uang senilai USD 13,2 juta, tak sampai setengah dari perjanjian antara keduanya.



    TAK BAYAR....kena denda.....wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg panas dan koyak 🤣🤣

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  15. NEGARA BESAR DUNIA PENDUDUK 270 JUTA, CUMA PAKAI HAWK TUA & F16 HIBAH 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha MIG29 dan hawk Malon tak tua keh 🤣🤣

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
    3. Konon grade A beli heli tempur apache saja tak mampu, beli meriam Sph saja tak mampu, beli kapal lhd seperti pinoy saja tak mampu

      negara asean pertama kali beli skyhawk tua bekas 88 bijik hanya datang 47 bijik beruk malon raja songlap 😁

      Wakikikik

      Hapus
  16. Kasihan.... rupanya memang perangai SUKA TAK BAYAR WANG MUKA....wkwkkwkwkwkwkwk MEMALUKAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muka tebal konon gred A 😁

      Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Poor malaydogsial 😁

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  17. Pasca tidak membayar selama berbulan-bulan, Avanti pun membawa pihak Kemenhan untuk menempuh jalur arbitrase pada Agustus tahun lalu. Kemudian, sekitar dua bulan setelahnya, karena Indonesia tak kunjung melunasi utangnya, Avanti menyetop Artemis, yang sudah berusia 16 tahu, dalam mengorbit Bumi.

    Kemudian, yang terbaru, panel arbitrator Inggris Raya meminta pihak Kemenhan untuk membayar uang senilai USD 20 juta kepada Avanti. 31 Juli menjadi batas akhir bagi lembaga tersebut untuk melunasi utangnya, sebagaimana detikINET kutip dari Spacenews, Minggu (10/6/2018).

    Pertanyaannya adalah, mengapa Indonesia melalui Kemenhan tidak melanjutkan pembayaran terkait dengan peminjaman satelit kepada Avanti. Jawabannya adalah lembaga tersebut mengaku tidak memiliki uang untuk melunasi utangnya.



    linknya
    https://inet.detik.com/telecommunication/d-4062120/lalai-bayar-sewa-satelit-indonesia-didenda-rp-278-miliar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon panas dan koyak 🤣🤣

      Hapus
    2. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200611133540-4-164644/tas-mewah-dirusak-polisi-istri-eks-pm-malaysia-minta-ganti

      Hapus
    3. 👆👆👆 potong buget polis lah om buat ganti tas rosmah yg rosak tu

      Hapus
    4. Pur bayar pur 😁

      Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Hapus
    5. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  18. Lon,malu sikitlah sama bangla yg beli 8 ekor Apache 🤣🤣

    BalasHapus
  19. Pertanyaannya adalah, mengapa Indonesia melalui Kemenhan tidak melanjutkan pembayaran terkait dengan peminjaman satelit kepada Avanti. Jawabannya adalah lembaga tersebut mengaku tidak memiliki uang untuk melunasi utangnya.





    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkw...... TERANG LAGI BERSULUH.... Masih mau tegakkan benang yang basah...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👆👆👆 potong buget polis lah om buat ganti tas rosmah yg rosak tu

      Hapus
    2. Pur pikirkan ini pur ini dari negara ko 😁👇

      Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Hapus
    3. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  20. Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering adalah perusahaan pertahanan lain yang dipengaruhi oleh ketidakpastian dari Indonesia.

    Meskipun Indonesia telah memesan pembelian senilai $ 1 miliar kepada DSME untuk memproduksi tiga kapal selam 1.400 ton pada bulan April tahun lalu, pembayaran uang muka masih belum diterima.



    Lalalalalalalalal.....wkwkwkwkwkwkwkwkwk LAWAK SANGAT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon miskin tak tau malu korea pun kena prank 😁

      South Korean shipyard Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) announced in a statement Monday that it has obtained an order from the Royal Malaysian Navy to build six Missile Surface Corvettes (MSC). According to the statement, three vessels will be built and assembled in South Korea starting from January 2018 while the rest will be block built in South Korea and assembled in Malaysia with DSME's cooperation.

      https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/year-2014-news/november-2014-navy-naval-forces-maritime-industry-technology-security-global-news/2199-dsme-signs-contract-to-deliver-6-missile-surface-corvettes-msc-to-royal-malaysian-navy.html

      Wakikikik

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  21. Philippines ada heli attack cobra
    Thailand ada heli attack viper
    Vietnam ada heli attack Mi-35
    Singapura ada heli attack Apache
    Indonesia ada heli attack Apache & Mi-35

    Meanwhile our neoghbour sembang mendunia ada heli attack Nuri aki2 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruj Malon hanya bisa melancap tengok asean punya attack heli 😁

      Kih kih kih

      Hapus
  22. Indonesia bertanggung jawab atas 20 persen biaya pembangunan, atau 1,8 triliun won. Namun, Indonesia telah menunda pembayarannya akhir-akhir ini, dengan sejumlah 500,2 miliar won (sekitar $ 405,35 juta) yang jatuh tempo pada bulan April lalu.

    “Biasanya, kontrak pertahanan antara perusahaan pertahanan dan militer melibatkan jaminan. Namun, proyek KF-X tidak melibatkan jaminan karena merupakan proyek pengembangan bersama berdasarkan nota kesepahaman, bukan kontrak pertahanan. Indonesia seharusnya membayar bagiannya setiap tahun,” kata seorang pejabat militer Korea Selatan.


    Program KFX pun INDON TUNGGAK hingga kena tendang.....wkwkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200611133540-4-164644/tas-mewah-dirusak-polisi-istri-eks-pm-malaysia-minta-ganti

      Hapus
    2. Kasian korea selatan di prank malon miskin 😁

      South Korean shipyard Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) announced in a statement Monday that it has obtained an order from the Royal Malaysian Navy to build six Missile Surface Corvettes (MSC). According to the statement, three vessels will be built and assembled in South Korea starting from January 2018 while the rest will be block built in South Korea and assembled in Malaysia with DSME's cooperation.

      https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/year-2014-news/november-2014-navy-naval-forces-maritime-industry-technology-security-global-news/2199-dsme-signs-contract-to-deliver-6-missile-surface-corvettes-msc-to-royal-malaysian-navy.html

      Dah sign contrak Jadi barang goib yang tak pernah ada 😁

      Hapus
    3. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  23. Yg jadi pertanyaan knp Nuri Malon bisa terhempas 80% dan hawk malon tinggal 5 ekor ? Jawabnya malon tidak reti dan tak de skill MRO asetnya dan jg malon defisit Kewangan 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  24. Bila nak rasuah dgn selesa dan tak nak kena hukum datanglah ke malon raja rasuah ganas dunia 🤣🤣

    BalasHapus
  25. negara besar tapi tak bayar wang muka....wkwkwkwkkwkwkwkw

    Memalukan ASEAN sungguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon bayar tunggakan MD530 & Paladin keh 🤣🤣

      Hapus
    2. Bayar hutang china lon konon grade A 😁

      Hapus
  26. memang muka tak malu ye TUNGGAK BAYARAN....??? Maruah mana...??? wkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar tas rosak tuch...
      Jangan lupa ye...

      Hapus
    2. Bikin malu asean 😁👇

      Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Hapus
    3. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  27. Indonesia bertanggung jawab atas 20 persen biaya pembangunan, atau 1,8 triliun won. Namun, Indonesia telah menunda pembayarannya akhir-akhir ini, dengan sejumlah 500,2 miliar won (sekitar $ 405,35 juta) yang jatuh tempo pada bulan April lalu.

    “Biasanya, kontrak pertahanan antara perusahaan pertahanan dan militer melibatkan jaminan. Namun, proyek KF-X tidak melibatkan jaminan karena merupakan proyek pengembangan bersama berdasarkan nota kesepahaman, bukan kontrak pertahanan. Indonesia seharusnya membayar bagiannya setiap tahun,” kata seorang pejabat militer Korea Selatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prank malon paling memalukan 😁👇

      South Korean shipyard Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) announced in a statement Monday that it has obtained an order from the Royal Malaysian Navy to build six Missile Surface Corvettes (MSC). According to the statement, three vessels will be built and assembled in South Korea starting from January 2018 while the rest will be block built in South Korea and assembled in Malaysia with DSME's cooperation.

      https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/year-2014-news/november-2014-navy-naval-forces-maritime-industry-technology-security-global-news/2199-dsme-signs-contract-to-deliver-6-missile-surface-corvettes-msc-to-royal-malaysian-navy.html

      Hapus
    2. Kenapa malon tdk ada berita pesawat dan heli jatuh karena tdk ada budget BBM jadi ngga bisa terbang dan sebagian besar pesawat mereka sdh expired dan grounded pula

      Hapus
  28. Malon tolak bayar tunggakan MD530 & Paladin 🤣🤣

    BalasHapus
  29. Baca tu berapa INDON tunggak dengan korea....wkwkwkwkkwkwk

    Bukan baru dah bertahun di tunggak ye....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bahasa inggris tak pur 😁👇

      South Korean shipyard Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) announced in a statement Monday that it has obtained an order from the Royal Malaysian Navy to build six Missile Surface Corvettes (MSC). According to the statement, three vessels will be built and assembled in South Korea starting from January 2018 while the rest will be block built in South Korea and assembled in Malaysia with DSME's cooperation.

      https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/year-2014-news/november-2014-navy-naval-forces-maritime-industry-technology-security-global-news/2199-dsme-signs-contract-to-deliver-6-missile-surface-corvettes-msc-to-royal-malaysian-navy.html

      Hapus
  30. Pasca tidak membayar selama berbulan-bulan, Avanti pun membawa pihak Kemenhan untuk menempuh jalur arbitrase pada Agustus tahun lalu. Kemudian, sekitar dua bulan setelahnya, karena Indonesia tak kunjung melunasi utangnya, Avanti menyetop Artemis, yang sudah berusia 16 tahu, dalam mengorbit Bumi.

    Kemudian, yang terbaru, panel arbitrator Inggris Raya meminta pihak Kemenhan untuk membayar uang senilai USD 20 juta kepada Avanti. 31 Juli menjadi batas akhir bagi lembaga tersebut untuk melunasi utangnya, sebagaimana detikINET kutip dari Spacenews, Minggu (10/6/2018).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Hapus
  31. Malon jg menolak bayar hutang Rp 4500 triliun kpd cina,ada link sahihnya 🤣🤣

    BalasHapus
  32. Satelit pun sama tak bayar hingga pihak sana bawa INDON ke mahkamah untuk tuntut bayaran....MEMALUKAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar Hutang petronas lon konon kaya grade A 😁

      Hapus
  33. Jaksa Malon tak de hati prank 30 juta beruk Malon dgn membebaskan Najib 🤣🤣

    BalasHapus
  34. Wkwkwkwkwkkwkw.... Banyak negara di PRANK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon prank china tapi china balas prank malon yang tak bisa bayar hutang 😁


      Wakikikik

      Hapus
  35. Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering adalah perusahaan pertahanan lain yang dipengaruhi oleh ketidakpastian dari Indonesia.

    Meskipun Indonesia telah memesan pembelian senilai $ 1 miliar kepada DSME untuk memproduksi tiga kapal selam 1.400 ton pada bulan April tahun lalu, pembayaran uang muka masih belum diterima.

    “Angkatan Laut Indonesia belum membayar uang muka,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian korea selatan di prank malon 😁

      South Korean shipyard Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) announced in a statement Monday that it has obtained an order from the Royal Malaysian Navy to build six Missile Surface Corvettes (MSC). According to the statement, three vessels will be built and assembled in South Korea starting from January 2018 while the rest will be block built in South Korea and assembled in Malaysia with DSME's cooperation.

      https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/year-2014-news/november-2014-navy-naval-forces-maritime-industry-technology-security-global-news/2199-dsme-signs-contract-to-deliver-6-missile-surface-corvettes-msc-to-royal-malaysian-navy.html

      Hapus
  36. Muhyiddin pun cem tuh prank 30 juta beruk malon dgn memberikan bantuan covid-19 dgn hutang 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  37. Kapal selam...wang muka saja belum dibayar....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. DMSE korea di prank malon sudah sign kontrak bisa batal.. belum lagi amerika di prank malon meriam hibah dan little bird tak mampu bayar 😁

      Hapus
  38. Malon raja rasuah ganas dunia 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  39. Konon katanya Malon kaya tapi bo'ong 🤣🤣

    BalasHapus
  40. Lalai Bayar Sewa Satelit, Indonesia Didenda Rp 278 Miliar......Wkwkwkwkwkkwkwkw


    LALAI BAYAR BRO.....Ingat ni macam beli kerupuk ke.... wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon grade A tapi Hutang petronas pun tak mampu bayar dengan pgn indonesia 😁

      Hapus
  41. Konon katanya malon pandai tapi bo'ong 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  42. Kasihan..... SIGN bukan bermaksud boleh TUNGGAK bayaran dan LARI DARI BAYAR WANG MUKA.....wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum sign pun knp mesti bayar lon 🤣🤣

      Hapus
    2. Mat rempit tengok ini malon dah sign kontrak tapi tak mampu bayar.. kasihan korea di prank malon 😁👇

      South Korean shipyard Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) announced in a statement Monday that it has obtained an order from the Royal Malaysian Navy to build six Missile Surface Corvettes (MSC). According to the statement, three vessels will be built and assembled in South Korea starting from January 2018 while the rest will be block built in South Korea and assembled in Malaysia with DSME's cooperation.

      https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/year-2014-news/november-2014-navy-naval-forces-maritime-industry-technology-security-global-news/2199-dsme-signs-contract-to-deliver-6-missile-surface-corvettes-msc-to-royal-malaysian-navy.html

      Hapus
  43. Malon katanya tak nak beli weapon dari cina,alasannya tak de quality but fact malon beli 4 LMS dari Wuhan Cina dgn hutang 25 tahun 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  44. kaitan pula dengan Grounded Heli baru Mi-17 dan HAWK adalah masalah kewangan... akibatnya kos perawatan dipotong untuk cover kos aset lain....

    KASIHAN INDON....wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 22 Nuri terhempas tuh bkn masalah Kewangan tak,kos perawatan Malon kena cut 🤣🤣

      Hapus
    2. Mat rempit Itu Rekord tak terkalahkan oleh malon 22 nuri terhempas 😁

      Hapus
  45. Malon dah sign MD530 dan bayar 35% DPnya tapi sisa cicilannya tak dibayar Malon,tuh namanya dah sign tapi Malon tak nak bayar tunggakannya 🤣🤣

    BalasHapus
  46. Lalai Bayar Sewa Satelit, Indonesia Didenda Rp 278 Miliar



    wkwkwkkwkwkwkwk....kos SEWA je pun tak mampu bayar...wkwkwkkwkwkwkwkwk INI MISKIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miskin tegar 😁

      Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Hapus
  47. Salam rank Malon 44 dibawah Myanmar 🤣🤣

    BalasHapus
  48. KASIHAN..... miskinnya tahap melampau....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa yg miskin kok bisa d rank 16 GFP ya lon????

      Hapus
    2. Konon kaya grade A tapi miskin tegar 😁

      Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Hapus
  49. Kemudian, yang terbaru, panel arbitrator Inggris Raya meminta pihak Kemenhan untuk membayar uang senilai USD 20 juta kepada Avanti. 31 Juli menjadi batas akhir bagi lembaga tersebut untuk melunasi utangnya.




    wkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwk.... gunalah 11.000 trilion tu tunggu apa lagi....wkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa berita lama,ngapain harus sewa kalau sdh ada BRISat lon???? Xaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Hapus
  50. TUNGGAK HUTANG..... TAK BAYAR WANG MUKA.... tu je le kerjanya....wkwkwkwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian korea dah sign kontrak ternyata malon miskin tak mampu bayar 😁

      Hapus
    2. Spt PM negara mana ya??? Yg menolak bayar hutang ke cina xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  51. Indonesia sempat dilaporkan harus membayar uang denda USD 20 juta atau senilai Rp 278 miliar kepada Avanti, perusahaan operator satelit asal Inggris.

    Hal tersebut dikarenakan pemerintah dianggap lalai dalam melakukan pembayaran pada satelit komunikasi yang dipinjamnya kepada Avanti.

    Setelah berita itu diturunkan, baru beberapa hari kemudian Kementerian Pertahanan memberikan respons konfirmasi atas berita yang bersumber dari situs Spacenews.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa lupa itu hal biasa,tp kalau menutupi aib spt kasus hawk second 88 biji dr amrik itu gmn lon????? Malu ya utk d ungkap xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  52. LALAI BAYAR BRO.....wkwkwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petronas kena abitrase internasional karena tak mampu bayar hutang pgn indonesia 😁

      Hapus
    2. Lalai n lupa bisa d maklumi, tp kalau menolak membayar hutang ke cina itu apa namanya lon?????xaxaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  53. Pertanyaannya adalah, mengapa Indonesia melalui Kemenhan tidak melanjutkan pembayaran terkait dengan peminjaman satelit kepada Avanti. Jawabannya adalah lembaga tersebut mengaku tidak memiliki uang untuk melunasi utangnya.



    TAKDE WANG BRO.......wkwkwkwkwkkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon miskin kenapa petronas tak mampu bayar hutang.. kenapa malon tak mampu bayar hutang china 😁

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa hoax xaxaxaxaxaxaxa sdh d bayarlah lon, jangan d bandingkan spt malonte yg menolak bayar hutang ke cina xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  54. Pertanyaannya adalah, mengapa Indonesia melalui Kemenhan tidak melanjutkan pembayaran terkait dengan peminjaman satelit kepada Avanti. Jawabannya adalah lembaga tersebut mengaku tidak memiliki uang untuk melunasi utangnya.



    TAKDE WANG BRO.......wkwkwkwkwkkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa malon tak mampu bayar hutang china.. kenapa petronas tak mampu bayar hutang pgn indonesia 😁

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa hoax xaxaxaxaxaxaxa sdh d bayarlah lon,nah sekarang kapan hutang malonte ke cina d bayar???????? Xaxaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  55. Kasihan INDON...Kos perawatan dipotong...

    KFX TUNGGAK HUTANG...

    Sewa satelit pun TAK BAYAR WANG MUKA hingga kena denda USD20 juta

    malah kes terbaru kapal selam korea pun rupanya tak dibayar lagi wang muka...wahhhhhh PARAH begini....wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan korea di prank malon kapal dah sign kontrak di batalkan 😁

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa panas n irilah tu krn tak d ajak jv bikin pesawat tempur, yg d ajak justru Indonesia, yg kata para beruks malonte negara miskin n terbelakang???? Xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  56. Balasan
    1. Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Poor malaydogsial 😁

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa iri ya lon ternyata negara yg kau kata poor bisa masuk anggota G20 xaxaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  57. KASIHAN.....

    kos perawatan patutnya jangan dipotong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kasihan tak de wang sampai nuri 22 terhempas masih di pakai 😁

      Inilah keutamaan kita kini, ia­itu untuk menyelesaikan ma­salah hutang ini,” katanya dengan menambah kegagalan berbuat demikian boleh membawa kepada risiko negara menjadi bankrap.
      Kita masih boleh bertahan wa­laupun menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman. 

      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913

      Hapus
    2. Bro.... umur heli NURI dengan HAWK dan Mi-17 INDON tu jauh bro.....wkwkwkkwkwkwkwkw

      HAWK dan heli Mi17 INDON kira baru lagi.....wkwkkwkwkwkkw

      Hapus
    3. Hawk malon baru beli setahun jatuh 2 bijik belum lagi

      Belum lagi 22 nuri terhempas itu rekord dunia 😁

      Hapus
    4. Kasihan bahkan pesawat baru spt mig29,mkm n hoeny sdh pada grounded, tak mampu beli avturkah meskipun eceran??? Atau memang sdh tak mampu merawat???? Kasihan......xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  58. Bro berita pasal hutang petronas tu tahun 2018 bro...sekarang dah 2020....Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    Dah bayar bro....wkwkwkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang pun tak mampu bayar 😁


      Poor malon 😁

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa hoax lagi xaxaxaxaxaxaxa ntar d hantar link kalau petronas mau d ajukan ke abritase internasional gmn lon??? Malu ya....tipikal punya hutang tp g mau bayar xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  59. Kasihan..... INDON... SHOPING katanya..... tapi penuh dengan kes TUNGGAKAN HUTANG dan TAK BAYAR WANG MUKA....wkwkwkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan malon tak mampu shoping karena malon disita china 😁

      Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Poor malaydogsial 😁

      Hapus
    2. Iri ya lon krn kaget barusan Indonesia kedatangan astros batch 2, yg sign kontraknyapun tak d publish, tiba2 saja datang barangnya, pasti shock berat lah tu xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  60. Sepertinya ada bau2 pembaharuan pesawat skala besar 😁 kira2 pengganti hawk nanti apa ya

    BalasHapus
  61. Pertanyaannya adalah, mengapa Indonesia melalui Kemenhan tidak melanjutkan pembayaran terkait dengan peminjaman satelit kepada Avanti. Jawabannya adalah lembaga tersebut mengaku tidak memiliki uang untuk melunasi utangnya.


    INDON Mengaku TAKDE wang bro.... baca tu....wkwkwkkwkwkww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengapa hutang china dan petronas tak mampu bayar😁

      Malon bangkraps di prank najib ke 😁

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa hoax lagi xaxaxaxaxaxaxa sdh d bayarlah lon, tak macam korang yg elak bayar hutang kat cina tu xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  62. WANG TAKDE BRO...INDON sendiri yang mengaku kes satelit....wkwkkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengapa hutang china dan petronas tak mampu bayar😁

      Lalu hutang lagi kat jepun 😁

      Poor malon

      Wakikikik

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa hoax lagi xaxaxaxaxaxaxa sdh d bayarlah lon, tak macam korang yg elak bayar hutang kat cina tu xaxaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  63. Niat hati ingin punya pertahanan yang kuat, apa daya Indonesia malah tak mampu bayar satelit untuk mendukungnya.

    Indonesia dilaporkan harus membayar uang senilai USD 20 juta kepada Avanti, perusahaan operator satelit asal Inggris. Hal tersebut dikarenakan pemerintah lalai dalam melakukan pembayaran pada satelit komunikasi yang dipinjamnya kepada Avanti.



    WKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWK.... TUNGGAK...TUNGGAK.....dan TUNGGAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar lon bayar konon grade A 😁

      Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Hapus
    2. Lon bayar hutang 4500 triliun sama china klo tdk gempur waria akan jadi lonte china dan malon menjadi provinsi china xixixixixixi

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxaxaxa hoax lagi xaxaxaxaxaxaxa sdh d bayarlah lon,tak macam korang yg elak bayar hutang kat xina tu xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxa hoax lagi xaxaxaxaxaxaxa sdh d bayarlah lon, tak macam korang yg elak bayar hutang kat cina tu xaxaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  64. Trully idiot Asia


    Malazing 🐩🐩🐩

    BalasHapus
  65. kalau kamu kata masih berhutang Bro bagi saya berita hutang Petronas dengan INDON yang terkini...tahun 2020...

    Jika adalah....wkwkwkkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pur pikirkan ini pur belum lagi hutang china yg tak mamapu malon bayar 😁

      Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Wakikikikik

      Hapus
    2. Boleh beza tak bro 2018 dengan 2020.....wkwkwkwkwkwkwkw


      SALAM TUNGGAK HUTANG KFX dan kapal selam....wkwkwkwkkwkwkw

      Hapus
    3. Belum lunas pur.. hutang malon ke china china juga blm bayar lalu hutang lagi kat jepun

      Parah memang malon pur 😁

      Hapus
  66. Lalai Bayar Sewa Satelit, Indonesia Didenda Rp 278 Miliar


    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkw....LALAI BAYAR bro....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pur pikirkan ini pur belum lagi hutang china yg tak mamapu malon bayar 😁

      Memalukan Petronas HUTANG 32 Juta Dollar AS ke PGN INDONESIA kalau tak bayar di ancam ke arbitrase. 😁👇

      Sebelumnya PGN mengancam akan membawa Petronas ke arbitrase karena tak kunjung melunasi utang sebesar 32,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 434,7 milar (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Utang ini terkait dengan gas yang disalurkan lewat pipa PT Kalimantan Jawa Gas -yang 80 persen sahamnya dimiliki PGN- di bawah kuota yang disepakati.

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/094100326/petronas-disebut-siap-bayar-utang-jutaan-dollar-as-ke-pgn

      Wakikikikik

      Hapus
  67. kes LALAI BAYAR..

    1. Satelit sewa
    2. KFX
    3. Kapal selam korea


    LALAI BAYAR....wkwkwkwkwkkwkwkw!

    BalasHapus
    Balasan

    1. Kasihan malon pur tak mampu shoping karena malon disita china, belum lagi hutang kat jepun 😁


      Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Petronas masih ada tunggakan pur ke pgn indonesia

      Poor malaydogsial 😁

      Hapus
    2. Kesian gempurgila tak paham English 🤣🤣

      Hapus
  68. Kini, belajar dari kesalahan tersebut, ada baiknya Kemenhan mulai menyiapkan uangnya mulai dari sekarang. Hal tersebut dikarenakan Indonesia berpotensi untuk kehilangan jatah satelit L-Band.


    HAHAHAHAHAHAHAHAHHA...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lebih bahaya pur karena akan malon disita china 😁

      Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Poor malaydogsial 😁

      Hapus
    2. Lon bayar hutang 4500 triliun sama china klo tdk gempur waria akan jadi lonte china dan malon menjadi provinsi china xixixixixixi



      HATI2 NUR DAFINAH AKA GEMPUR WARIA BISA JADI PELACUR ORANG TIONGKOK NANTI XIXIXIXIXI

      Hapus
    3. Bayar hutang ke cina dulu lon baru ko sembang 🤣🤣

      Hapus
  69. Balasan

    1. Kasihan malon tak mampu shoping karena malon disita china 😁

      Malaysial Dikontrol China gara gara Tak Lunasi Utang, PM Mahathir :

      https://m.tribunnews.com/internasional/2019/03/19/malaysia-dikontrol-china-gegara-tak-lunasi-utang-pm-mahathir-negara-anda-akan-dikontrol-mereka

      Poor malaydogsial 😁

      Hapus
    2. Panas la tuh.. .xixxixixi nih lon makan🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒

      Hapus
    3. Malon miskin raja hutang dunia 🤣🤣

      Hapus
  70. na siapkan UANGnya dulu....wkwkwkwkwkwkwkwkwkw

    JANGAN ASYIK TUNGGAK DAN TAK BAYAR WANG MUKANNYA...Nampak MISKIN GITU......wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lon bayar hutang 4500 triliun sama china klo tdk gempur waria akan jadi lonte china dan malon menjadi provinsi china xixixixixixi



      HATI2 NUR DAFINAH AKA GEMPUR WARIA BISA JADI PELACUR ORANG TIONGKOK NANTI XIXIXIXIXI

      Hapus
    2. Siapkan Wang guna bayar hutang ke cina lon 🤣🤣

      Hapus
  71. Trully idiot Asia

    Malayazing 🐖🐖🐖🐖🐖

    BalasHapus
  72. Lon bayar hutang 4500 triliun sama china klo tdk gempur waria akan jadi lonte china dan malon menjadi provinsi china xixixixixixi

    BalasHapus
  73. Lon bayar hutang 4500 triliun sama china klo tdk gempur waria akan jadi lonte china dan malon menjadi provinsi china xixixixixixi



    HATI2 NUR DAFINAH AKA GEMPUR WARIA BISA JADI PELACUR ORANG TIONGKOK NANTI XIXIXIXIXI

    BalasHapus
  74. Lon bayar hutang 4500 triliun sama china klo tdk gempur waria akan jadi lonte china dan malon menjadi provinsi china xixixixixixi



    HATI2 NUR DAFINAH AKA GEMPUR WARIA BISA JADI PELACUR ORANG TIONGKOK NANTI XIXIXIXIXI

    BalasHapus
  75. BIARLAH LALAI BAYAR TAPI ALATAN BARU DATANG TARUS... KALAU BISA TAK USAH BAYAR. PASTI GRADE A TAMBAH IRI. UANG TETAP UTUH TAPI ALATAN MILITERY BARU DATANG TERUS.

    BalasHapus
  76. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/aNrQEZVK-cek-fakta-malaysia-tak-mau-membayar-utang-kepada-tiongkok-rp4500-triliun

    BalasHapus