10 Maret 2023

Menhan Prabowo Harap 27 dari 41 Kapal Perang TNI AL yang Dimodernisasi Rampung Akhir Tahun Ini

10 Maret 2023

Armada TNI AL (photo : ATNews)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berharap 27 dari 41 kapal perang TNI AL yang saat ini tengah dimodernisasi bisa rampung akhir tahun 2023 ini.

Ia berharap kapal-kapal perang tersebut siap paling cepat tanggal 5 Oktober 2023 dan paling lambat pada saat peringatan Hari Armada pada 5 Desember 2023.

Hal tersebut disampaikannya usai menerima Wing Kehormatan Penerbang TNI AU setelah menjajal terbang menggunakan pesawat F-16 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Rabu (8/3/2023).

"Insya Allah akhir tahun, saya berharap tanggal 5 Oktober paling lambat Hari Armada 5 Desember kita sudah siap 27 kapal perang yang sudah dimodernisasi," kata Prabowo.

"Kita sedang modernisasi 41 kapal perang, tapi Desember ini Insya Allah akan siap 27. Jadi ya, kita lihat nanti mudah-mudahan akan tambah terus kesiapan kita," sambung dia.

Prabowo mengatakan salah satu program prioritas Kementerian Pertahanan adalah terkait dengan kapal selam, fregat, hingga kapal cepat untuk Angkatan Laut.

"Ya, rencana kapal selam juga untuk Angkatan Laut, Fregat, kapal cepat, kapal peluru kendali, ini sangat prioritas juga," kata dia.

Diberitakan sebelumnya Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta pada Selasa (3/1/2022).

Pertemuan tersebut merupakan kali pertama bagi Ali bertamu secara resmi kepada Prabowo sejak dilantik sebagai KSAL oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2022.

Sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah terkait penguatan TNI Angkatan Laut.

Untuk itu, Prabowo menegaskan komitmennya untuk berupaya melakukan penguatan kepada TNI Angkatan Laut.

“Kemhan senantiasa berupaya untuk penguatan TNI matra laut,” kata Prabowo dalam Press Release Tim Media Prabowo Subianto pada Selasa (3/1/2023).

Kepada Prabowo, Ali menjabarkan visinya untuk membangun kekuatan angkatan laut yang profesional, modern, dan tangguh guna mencapai kesiapsiagaan yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas Angkatan Laut yang dipercayakan oleh negara.

Selain itu, Ali menegaskan dirinya akan meneruskan kebijakan pejabat sebelumnya dengan berpedoman pada kebijakan umum pertahanan negara yang diselenggarakan secara umum dan serentak oleh Kemhan serta Mabes TNI dan telah disahkan oleh pemerintah pusat.

Ali juga menyampaikan dukungan atas upaya Prabowo dalam pemenuhan kebutuhan akan alutsista.


Kemhan saat ini tengah menjalankan perbaikan untuk 41 kapal TNI AL dan meningkatkan kemampuannya sehingga siap tempur. 

Hal tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia.

Program tersebut nantinya akan mencakup kapal-kapal perang TNI AL jenis Fast Patrol Boat (FPB)-57 Class, korvet Parchim Class, korvet Fatahillah Class, Kapal Cepat Rudal (KCR) Class, korvet Sigma Class, dan korvet Bung Tomo Class.

158 komentar:

  1. Jangan seperti sebelah. Mangkrakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mangkrak
      Emang niatnya buat MONUMEN KAPAL

      MONUMEN yang mengingatkan bahwa orang MALON GOBLOK semua

      Hapus
  2. https://www.airspace-review.com/2023/03/10/harian-prancis-la-tribune-indonesia-telah-membayar-uang-muka-untuk-tambahan-18-rafale/

    BalasHapus
  3. https://m.kumparan.com/kumparannews/eks-pm-malaysia-muhyiddin-yassin-didakwa-atas-korupsi-dan-pencucian-uang-1zzAvYg6xcj

    BalasHapus
  4. Upgrade 41 kaprang semua dilakukan di PT.PaL yq

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. B2 bomber halimunan om?
      gak kesian warganyet ntar pada ngungsi ke Vanuatuw haha!🚀🚀🚀

      Hapus
  6. Setelah atas PENERAWANGAN dan PERHITUNGAN maka sepertinya pesawat AWACS untuk TNI AU dari tipe GLOBALEYE ( SAAB ) dan kandidat selanjutnya E-7A WEDGTAIL 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat teman 42 rafale dan 48 kf21 om@garuda perkasa

      Hapus
    2. Iya betul.....teman mereka musti berkualitas 🙂

      Hapus
    3. Dpt Globaleye oke,E7 juga boleh yg pnting kita punya eye in the sky,krn user sndri gak ada request spek untuk AEw

      Hapus
  7. Refit/retrofit kapal besar2an
    kita Siap Tempur gaesz haha!🚀🚀🚀

    eeittt sebla mo nebeng gaaa?

    BalasHapus
  8. Harian Prancis La Tribune: Indonesia telah membayar uang muka untuk tambahan 18 Rafale
    March 10, 2023 / by Author RNS
    Rafale-F3R-AAE
    AAE
    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Berita baik bertubi-tubi datang dalam proses pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista), termasuk akuisisi jet tempur Rafale dari Prancis.

    Setelah mengamankan pengadaan enam Rafale kelompok pertama, kini Jakarta diberitakan harian Prancis La Tribune telah melakukan pembayaran uang muka untuk pengadaan 18 jet tempur Rafale buatan Dassault batch kedua.

    “Ini adalah kabar baik bagi Dassault Aviation, yang menyajikan hasil tahunan 2022 pada hari Kamis ini. Menurut sumber yang sesuai, Indonesia telah mengeluarkan anggaran untuk mengakuisisi 18 Rafale baru, setelah enam Rafale pertama mulai berlaku pada tahun 2022 (sekitar 1,3 miliar dolar),” tulis La Tribune, kemarin.

    Disoroti bahwa Indonesia pada Februari 2022, telah menandatangani pengadaan 42 Rafale yang penandatanganannya dilaksanakan di Jakarta.

    Ditambahkan pula bahwa Indonesia juga bersiap untuk mendapatkan 12 Mirage 2000-5 dari Qatar.


    KERA'JAAN SEMEN'ANJINK SEMAKIN TERTINGGAL JAUH..GENK LGBT SEMAKIN MENANGIS DAN PINGIN GANTUNG DIRI DI MENARA PETRONAS, EH LUPA KL MENARA PETRONAS SDH JD MILIK SULTAN SULU🤭🤣

    BalasHapus
  9. F50 yg masih "AKAN", bukan tandingan Rafale kita guuuys🤣🤣🤣

    BalasHapus
  10. Dan yang perlu dicatat bahwa kapal perang garda depan semua akan dilengkapi Peluru Kendali SSM 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati² om ada yg mendek² melakukan kunjungan ke PT.PAL, setelah ngemis² minta Proyek ke PT.DI🤭🤣

      Hapus

  11. "Ya, rencana kapal selam juga untuk Angkatan Laut, Fregat, kapal cepat, kapal peluru kendali, ini sangat prioritas juga," kata dia.
    ——————

    Asooyyyu SHOPPING LAGIIIIiii Tiadaaa Hentiiiii haha!🤑🤑🤑

    Warganyet jiran kesayangankuh mangap gaesz kesian haha!😩😩😩

    Timfukin fisankkk haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  12. OH MY GOD
    41 ARMADA , LEBIH & MENGUNTUNGKAN GANTI BARU ,
    PARCHIM CLASS KAPAL EX EAST GERMANY , KAPAN PENSIUNNYA PRESIDENT HABIEBIENYA JUGA SUDAH WAFAT KAPAL JAMAN BELIAU MASIH MENTERI.
    SEKARANG PT DI SAJA SUDAH BUAT JET TEMPUR , PT PAL SUDAH BISA BUAT SUB MARINE & LHP (LANDING HELI PLATFORM) SERTA EXPORT KAPAL BESAR ,SELAIN SUDAH MAMPU BUAT KORVET MANDIRI , TAPI INI DIPAKSA DI MODERNISASI, NGERI MAN 41 ARMADA TUA, SEBELUM KABINET SEKARANG SAJA KITA SUDAH BUAT PROGRAM KORVET & LIGHT FRIGATE UNTUK CANIBAL KAPAL² INI OLEH PRODUCT PT PAL , AGAR DIPENSIUN.
    SELAIN ITU BISA BAWA SU 27 30 BARU , SEKARANG DIRUSAK HANYA MODERNISASI PADAHAL WAKTU ITU UANG SEDIKIT ,TAPI BANYAK BUKTIKAN MAMPU BELI & BUAT TIDAK BANYAK MINTA UANG TAPI HILANG & HANYA MAMPU MODERNISASI , MISKIN SANGAT JIKA HAL SEPERTI INI NGAKALI ANGGARAN DEPHAN BANYAK MINTA TAMBAHAN BUKTI TIDAK JELAS & MENGANAK TIRIKAN BUMNS YANG TELAH JELAS MAMPU ATASI KEBUTUHAN ALUTSISTA.
    INI CUMA TRIK AKAL² SEOLAH MAMPU PADAHAL MENCONTEK REFURBISH KABINET SEBELUMNYA TAPI TIDAK DILAKUKAN PADA KAPAL TUA SEPERTI INI TERMASUK REFURBISH DI EROPA SEKALIPUN.
    BAHAYA JANGAN SAMPAI NKRI & BANGSA INDONESIA ADA DLM JEBAKAN ANGGARAN NAIK TAPI DIMANFAATKAN U TUK TIDAK SEMESTINYA SEPERTI KASUS AW 101 & SATELIT SEKARANG ATAU LAINNYA.
    BAHAYA INI KOMISI 1 DPR RI & BAPENAS RI BISA² DITIPU SEPERTI AW 101 HELI BEKAS 2 NEGARA DI NOTA PEMBELIAN DISEBUT BARU & HARGANYA DI MARK UP BANYAK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KALAU SIGMA , BUNG TOMO ATAU KCR ITU WAJAR KARENA RELATIF MASIH BARU , TAPI SISANYA SEPERTI PARCHIM DSB BAIKNYA DIGANTI DONG !

      Hapus
    2. Si sok tau ini kek expert saja di bidang perencanaan pertahanan...🤪

      Hapus
    3. Wkwkkwwkkwk bung kalo nunggu kapal baru bisa bertahun2 datang 1-2 kapal....remodernisasi untuk menambal kekuatan armada AL selagi kapal kapal baru mulai dibuat! Jadi ya kaga seperti beli rokok di warung bung...bayar trus bisa ngebul!! Paham ya....yg penting anggaran yg dikasih ada hasilnya daripada anggaran udah cair barangnya pun berupa cairan alias lenyap.....

      Hapus
    4. Maunya juga baru...
      Anggaran terbatas memang semua untuk AL aja...masih ada AU & AL.
      Mikirrrrr....

      Hapus
    5. Kalo langsung pensiun dan pesan baru itu seluruh kru awak kapal mo dikemanain goblokkk!!! Loe pingin mereka nganggur kayak skuadron 14

      Hapus
    6. Tstow ente kaya tahu aja daleman AL..wong tahu banyak aja masih merasa kurang kok daftar belanjaan dan pengerjaan kaprang nya. Wkwkwk


      #fanboy koplak

      Hapus
  13. untuk Tetangga yang KEHILANGAN ASET SAMPAI 200 TRILIUN untuk proyek F50 mesti ditinjau kembali karena membebani keuangan negara yang sedang bangkrut 🙂

    BalasHapus
  14. Hati² Guuuys ada yg mendek² melakukan kunjungan ke PT.PAL, setelah ngemis² minta Proyek ke PT.DI🤭🤣

    BalasHapus
  15. Untuk menyelamatkan keuangan negara MALON mesti ada proyek pengadaan senjata yang di CANCELED atau bisa dihapus saja 🙂

    BalasHapus
  16. Lihaaaat.....nanti Shoping Malon banyak CANCELED deeeeh 😁😄😆😛

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun 2022 anggaran RM 16 Milliar cuma beli RPG dan mortir om@garuda perkasa ... tahun 2023 cuma RM 17 Milliar pasti sama wkwkwk

      Hapus
    2. Beli cangkul sm sekop buat atm berladang Om @Pemburu

      Hapus
  17. 18+6=24! Pespur Lebih banyak dr seblah prasaan haha!🤣🤣🤣

    2 aewc apalagi ini uda 2x lipat harga calon FA-50 KL klo jadi tp, mnurutkuh gagal haha!😂😂😂

    PM10 sebut, KL hanya mampu bayar faedah bukan Utang haha!🙃🙃🙃

    2023=KL NO⛔️SHOPPiNG...jgn mewek yaakk haha!🤧🤧🤧

    BalasHapus
  18. Kalo ada malon datangi PT.PAL minta order subcontract...TOLAK AJA PROPOSAL malon BRENGSEK LICIK PICIK MUNAFIK TERHADAP INDONESIA....

    BIARKAN UANG RAKYAT INDONESIA KEMBALI BERMANFAAT UNTUK RAKYAT INDONESIA....INDONESIA PUNYA SHIPSYARD NASIONAL DAN SWASTA NASIONAL....KASIHKAN ORDER SUBCONTRACT UNTUK SHIPSYARD NASIONAL INDONESIA....

    BERDAYAKAN INDUSTRI PERKAPALAN NASIONAL INDONESIA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yg subkontrak bikin kapal aja gak bisa! Bikin sup ayam baru bisa tu jg kbanyakan micin

      Hapus
    2. Subkontrak opo bikin kapal aja gak bisa! Klebihan malon itu cm 1 gde omong tbal muka

      Hapus
  19. INGATLAH SELALU KEJAHATAN kerajaan malon terhadap INDONESIA KIRIM TERORIS PENGEBOM BERBAGAI KOTA DI INDONESIA YANG MENGORBANKAN RAKYAT INDONESIA TAK BERSALAH.

    INGATLAH KIRIMAN malon TERORIS PENGEBOM RAKYAT INDONESIA:
    1. DR. Azahari
    2. Noordin M. Top

    Itu KEJAHATAN SISTEMATIS kerajaan malon TERHADAP INDONESIA.

    BalasHapus
  20. INDONESIA DARURAT KAPAL TIPE DESTROYER

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nope.....lebih baik bikin fregat rasa destroyer wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Darurat rudal balistik sih om..biar ttg selatan segan sama kita hehe

      Hapus
  21. FA-50GF ini setara dengan jet tempur ringan TA-50 Block 10 sedangkan FA-50PL adalah varian yang ditingkatkan menjadi Block 20.

    Peralatan pengisian bahan bakar di udara, radar active electronically scanned phased array (AESA), tangki bahan bakar eksternal, dan head-mounted display (HMD) akan diterapkan pada FA-50PL.
    https://www.airspace-review.com/2023/03/10/kai-perkenalkan-jet-tempur-serang-ringan-fa-50gf-pesanan-polandia/

    ——————-

    tuh tulisan pendapat guwe yg kemaren ttg fa-50 polandia se-frekuensi ama om rbs haha!👍👍👍

    FA-50GF itu masih blok 10
    FA-50PL blok 20 tp ntar mulai produksi 2025..kenapa? kerna nunggu radar aesa ama disain AAR yg blum selesai & diketauan tipenya

    nach klo ada warganyet yg ngarep dapet FA-50 sama dgn polandia ituw sangat mustahil haha!🤣🤣🤣

    kenapa?produksi punya polandia aja 2 tahun lagi itu 36 bijik, bisa tambah lagi bila mereka puas dgn kontrak I haha!👏👏👏

    klo KL mao yg cepet yg tersedia blok 10 non aesa jgk haha!😉😉😉

    btw maren guwe tulis jugak, soal radar phantom strike eh blom ada ijin ekspor ke negara laen, hanya utk pesawat buatan amrik kyk f-5 haha!🤣🤣🤣

    sedjak kapan amrik kasi teknologi radar aesanya ke produk asing?gak ada...
    boramae aja bikin sendiri haha!👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabarnya nanti T50i akan dikembalikan fungsi sebagai Tempur sergap sehingga T50i tidak hanya untuk latih, rencananya T50i akan diupgrade setingkat F50, ngak tau blok berapa 🙂

      Hapus
    2. Msih tunggu radar jenis apa yg dipake T50I nnti

      Hapus
    3. TS? gak lah ntar gak ada pespur latih sewa kyk KL donk haha!🤫🤫🤫

      T-50i=>TA-50i, uda chukup
      LCA=> hawk, 15 taon lg pensiun, matra udara ganti pake REDHAWK haha!💪💪💪
      dijamin KL, KECELE LAGGGIIIiiii.... haha!😆😆😆

      klo F-50 ituw fighter 1 kursi, tp blom dibuat om,
      F/A-50=dobel korsi, sperti milik filipin ituw LCA

      polandia punyak pesawat latih/Trainer leonardo MB-346,
      FA/50GF/PL hanya utk LCA

      KL nich yg aneh, pesawat latih gak ada, pesawat lca ntar lagi tamat haha!🤪🤪🤪
      mao fa-50 tp gak punyak tipe trainer....makanya HALU haha!😴😴😴

      Hapus
    4. Iya.....dan KSAU katakan bahwa semua pesawat tempur TNI AU akan diganti menggunakan radar AESA 🙂

      Hapus
    5. Pilihan radar buat T-50i Golden Eagle TNI AU, antara ELM-2032 atau AN/APG-67
      Mana yg nnti bakal di adopsi

      Hapus
  22. Progres OPV90 sudah tahap mana ni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aug 2021 udah potong baja, Nov 2022 mulai bentuk konstruksi kapalnya, perkiraan konstruksi biasanya 7-10 bulan, jadi sebelum 2024 harusnya sudah launching.

      Hapus
    2. Setidaknya udah keliatan spt apa bentuk kapal opv 90
      (Penasaran)

      Hapus
    3. Ada bentuknya tapi art bisa dilihat di noahtushipyard.com, kalo realnya paling lagi bagian dasar hullnya

      Hapus
  23. https://www.kompas.id/baca/polhuk/2023/03/09/produsen-scorpene-rangkul-perusahaan-indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ada yg mau nikung naval group senggol aja,kecuali yg nikung si Rossi
      😁

      Hapus
  24. Jdi lp deh sma pengadaan rudal pesisir anti kapal.mungkin indonesia bisa ikutin langkah Qatar.

    https://www.indomiliter.com/qatar-resmikan-sistem-rudal-anti-kapal-pesisir-kombinasi-exocet-mm40-block-3-dan-marte-er/

    BalasHapus
  25. Hari ini Mayan ada 3 kabar bgus
    2 pesawat AeW sudah dpt anggaran
    18 rafale batch 2 sudah bayar uang muka.
    Naval Group sudah gedor gedor pintu masuk PAL
    Ahahayy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diam-diam 18 MRCA Rafale di bayar ..... Sebelah koar-koar FA 50 ehhh budget masih di bahas dewan rakyat om @gugus depan

      Hapus
    2. Bahas Wang kopi kali 🤭😋

      Hapus
  26. Jumat, 10 Maret 2023
    Produsen Kapal Selam Scorpene Rangkul Perusahaan Indonesia
    ⚓️ Perusahaan-perusahaan Perancis membuka kemungkinan kerja sama dengan perusahaan Indonesia. Hal ini perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin.
    PT PAL menunjukkan kemampuannya membangun kapal selam dalam seminar industri pertahanan Indonesia-Perancis, di Jakarta, Rabu (8/3/2023). [EDNA CAROLINE PATTISINA]

    Naval Group yang merupakan produsen kapal selam Scorpene mengajak sebanyak mungkin industri lokal Indonesia untuk bekerja sama. Mereka menargetkan 85 persen dari komponen kapal selam itu berasal dari perusahaan Indonesia.

    Hal ini disampaikan Direktur Kerja Sama Internasional dan Ofset Naval Group Claire Legaz dalam presentasinya di acara Bilateral Defense and Security Industry Seminar, di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

    Menurut Claire, Naval Group menawarkan dua kapal selam Scorpene kepada Pemerintah Indonesia. Saat ini, telah ada pembicaraan intensif dengan PT PAL terkait transfer of know how kepada PT PAL.

    Selain dengan PT PAL, Claire mengajak keterlibatan industri Indonesia yang lain. Tujuannya agar ada peningkatan konten lokal, ofset, serta imbal dagang. Sesuai dengan UU Industri Pertahanan, pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) mensyaratkan ada 85 persen yang berasal dari imbal dagang, kandungan lokal, dan ofset.

    ”Kerja sama ini bisa menguatkan juga perusahaan lokal Indonesia agar bisa mencapai kedaulatan,” katanya.

    Claire mengatakan, jika Indonesia jadi membeli Scorpene, pembangunan kapal selam akan dilakukan di galangan kapal PT PAL di Surabaya.


    NYANYIAN KODE LG AJA🤣🤣🤣..JD INGET ADA KS YG GK BS NYELAM..ITU KS APA TAE NGAMBANG AJA KERJANYA..KS NYA HOROR PULA DIGENTAYANGIN HANTU PELACUR NYA NAJIB!!!!

    BalasHapus
  27. Kesian.... Kapal perangnya kebanyakannya sudah tua ya... Hahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. 58 Peratus Kapal TLDM “Jauh Lebih Tua” Dari HTMS Sukhotai, Mari Berdoa
      Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) meminta seluruh rakyat Malaysia berdoa agar insiden yang menimpa kapal korvet Thailand, HTMS Sukhotai itu tidak terjadi kepada TLDM memandangkan 58 peratus daripada kapal-kapal TLDM jauh lebih berusia daripada kapal Thailand yang malang itu.
      BERITAINTERNATIONALMALAYSIA
      By Admin On Dec 21, 2022
      tldm
      (kredit TLDM)
      0 2,074
      Share
      (DEFENCE SECURITY ASIA) – Kira-kira 58 peratus daripada kapal-kapal milik Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) berusia jauh lebih tua daripada kapal korvet kelas-Ratanakosin Tentera Laut Diraja Thailand “HTMS Sukhotai” yang tenggelam di Teluk Siam beberapa hari lepas akibat cuaca buruk.

      Sehubungan dengan itu, TLDM memohon seluruh rakyat Malaysia supaya mendoakan agar insiden yang malang itu tidak menimpa kapal-kapal milik TLDM yang jauh lebih “tua” berbanding HTMS Sukhotai yang berusia 36 tahun.

      “Memandangkan 58 peratus daripada kapal-kapal TLDM berusia jauh lebih tua daripada HTMS SUKHOTHAI, marilah kita seluruh rakyat Malaysia mendoakan agar perkara serupa tidak akan menimpa kapal-kapal kita.” menurut TLDM dalam satu kenyataan yang disiarkan menerusi akaun media sosialnya hari ini.

      TLDM berkata, tanpa apa-apa tindakan drastik dari kerajaan dalam menangani isu bajet pertahanan dan isu keusangan aset-aset kita, masalah kapal-kapal yang berusia akan terus membelenggu TLDM untuk jangka waktu yang panjang.

      Hapus
    2. Punya kamu juga sama beruk ,sayang siberuk kapalnya mau diperbaiki takda duit , dikorupsi si udin hhhhhh

      Hapus
  28. Servis kapal pun jangan jangan NGUTANG... HAHHAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang LCS Bayar Lunas bwahaha..utang juga woi...

      Hapus
  29. Tu kapal selam Korea 3 tahun NUNGGAK BAYARAN.... Hahahhahaa

    Bayar woiiiii.....

    BalasHapus
  30. Kapal perang tua tapi masih punya gigi Taring yg tajam...kalau tldm kapal yang terbaru pon belum cecah air dan OMPONG. Kapal selam dari Korea sudah di gannti dengan kasel Scorpene/U214...yg pasti jauh lebih canggih dari kasel Perdana mentri class....wkwkwk malon makin jauh tertinggal

    BalasHapus
  31. GEMPURWIRA10 Maret 2023 pukul 19.27
    Kesian.... Kapal perangnya kebanyakannya sudah tua ya... Hahahhaha


    58 Peratus Kapal TLDM “Jauh Lebih Tua” Dari HTMS Sukhotai, Mari Berdoa
    Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) meminta seluruh rakyat Malaysia berdoa agar insiden yang menimpa kapal korvet Thailand, HTMS Sukhotai itu tidak terjadi kepada TLDM memandangkan 58 peratus daripada kapal-kapal TLDM jauh lebih berusia daripada kapal Thailand yang malang itu.
    BERITAINTERNATIONALMALAYSIA
    By Admin On Dec 21, 2022
    tldm
    (kredit TLDM)
    0 2,074
    Share
    (DEFENCE SECURITY ASIA) – Kira-kira 58 peratus daripada kapal-kapal milik Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) berusia jauh lebih tua daripada kapal korvet kelas-Ratanakosin Tentera Laut Diraja Thailand “HTMS Sukhotai” yang tenggelam di Teluk Siam beberapa hari lepas akibat cuaca buruk.

    Sehubungan dengan itu, TLDM memohon seluruh rakyat Malaysia supaya mendoakan agar insiden yang malang itu tidak menimpa kapal-kapal milik TLDM yang jauh lebih “tua” berbanding HTMS Sukhotai yang berusia 36 tahun.

    “Memandangkan 58 peratus daripada kapal-kapal TLDM berusia jauh lebih tua daripada HTMS SUKHOTHAI, marilah kita seluruh rakyat Malaysia mendoakan agar perkara serupa tidak akan menimpa kapal-kapal kita.” menurut TLDM dalam satu kenyataan yang disiarkan menerusi akaun media sosialnya hari ini.

    TLDM berkata, tanpa apa-apa tindakan drastik dari kerajaan dalam menangani isu bajet pertahanan dan isu keusangan aset-aset kita, masalah kapal-kapal yang berusia akan terus membelenggu TLDM untuk jangka waktu yang panjang.

    BalasHapus
  32. GEMPURWIRA10 Maret 2023 pukul 19.27
    Kesian.... Kapal perangnya kebanyakannya sudah tua ya... Hahahhaha


    58 Peratus Kapal TLDM “Jauh Lebih Tua” Dari HTMS Sukhotai, Mari Berdoa
    Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) meminta seluruh rakyat Malaysia berdoa agar insiden yang menimpa kapal korvet Thailand, HTMS Sukhotai itu tidak terjadi kepada TLDM memandangkan 58 peratus daripada kapal-kapal TLDM jauh lebih berusia daripada kapal Thailand yang malang itu.
    BERITAINTERNATIONALMALAYSIA
    By Admin On Dec 21, 2022
    tldm
    (kredit TLDM)
    0 2,074
    Share
    (DEFENCE SECURITY ASIA) – Kira-kira 58 peratus daripada kapal-kapal milik Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) berusia jauh lebih tua daripada kapal korvet kelas-Ratanakosin Tentera Laut Diraja Thailand “HTMS Sukhotai” yang tenggelam di Teluk Siam beberapa hari lepas akibat cuaca buruk.

    Sehubungan dengan itu, TLDM memohon seluruh rakyat Malaysia supaya mendoakan agar insiden yang malang itu tidak menimpa kapal-kapal milik TLDM yang jauh lebih “tua” berbanding HTMS Sukhotai yang berusia 36 tahun.

    “Memandangkan 58 peratus daripada kapal-kapal TLDM berusia jauh lebih tua daripada HTMS SUKHOTHAI, marilah kita seluruh rakyat Malaysia mendoakan agar perkara serupa tidak akan menimpa kapal-kapal kita.” menurut TLDM dalam satu kenyataan yang disiarkan menerusi akaun media sosialnya hari ini.

    TLDM berkata, tanpa apa-apa tindakan drastik dari kerajaan dalam menangani isu bajet pertahanan dan isu keusangan aset-aset kita, masalah kapal-kapal yang berusia akan terus membelenggu TLDM untuk jangka waktu yang panjang

    BalasHapus
  33. RAFALEMALON = OMONG DOANG tak de bukti

    RAFALE INDONESIA = REAL nyata dibeli

    BalasHapus
  34. TLDM berkata, tanpa apa-apa tindakan drastik dari kerajaan dalam menangani isu bajet pertahanan dan isu keusangan aset-aset kita, masalah kapal-kapal yang berusia akan terus membelenggu TLDM untuk jangka waktu yang panjang.


    JANGKA WAKTU YG PANJANG =>SAMPAI BANG JAMIL MAMPUUUUS KEH🤣🤣🤣

    BalasHapus
  35. HIDUP SULU
    HIDUP SULU
    HIDUP SULU
    HIDUP SULU

    BalasHapus
  36. Ya ampun ternyata pilot Susi Air masih dalam tawaran pejuang OPM...

    Mana kononnya Tentera ke 13 terkuat di alam GHOIB tu... Hahahahaha

    Masa dibuli sama pejuang OPM..? Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana yang katanya paling jaguh di alam ghoib, lawan SULU saja aset tersita

      Mhoahahahahaha

      Hapus
  37. TLDM berkata, tanpa apa-apa tindakan drastik dari kerajaan dalam menangani isu bajet pertahanan dan isu keusangan aset-aset kita, masalah kapal-kapal yang berusia akan terus membelenggu TLDM untuk jangka waktu yang panjang.


    JANGKA WAKTU YG PANJANG => SAMPAI BANG JAMIL MAMPUUUUS KEH🤣🤣🤣

    BalasHapus
  38. Kalahkan pejuang OPM saja GAGAL... Aneh boleh masuk ranking ke 13....

    Tak pasti pengiraan kekuatannya dimana..? Hahhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. JGN LUPA BAYAR SEWA TANAH KE SULU YA.. NEGARA ATAW KONTRAKAN?

      Hapus
  39. LCS pesan 6 gagal
    Turun ke 5 masi gagal jgk gagal
    last last TAMAT⛔️ haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  40. Jayalah Selalu KeSULTANAN SULU..Kalian memang Hebat!!!

    BalasHapus
  41. Hahahaha..... Kesian dimalukan sama pejuang OPM...

    BalasHapus
  42. DASSAULT RAFALE INDONESIA ITU NYATA DAN FAKTA.

    DASSAULT RAFALE malon itu sebatas alamat website doang ....tak punya uang beli baru apalagi beli bekas.
    HAHAHAHAHAHAHA....

    BalasHapus
  43. Malah pejuang OPM tu hanya bersenjata sederhana dan kurang terlatih masih mampu buli Tentera lawan... Hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah pejuang Sulu tidak pakai senjata bisa ambil aset Malon

      Hahahahaha

      Hapus
  44. wahai babi babi dr malaysia-njing, trus lah iri dengki dgn indonesia..
    wkwkwk saya suka itu..
    #kami Lebih hebat malaynjing..

    BalasHapus
  45. lha BPA aja hilang
    kok masi ada yg percaya KL ada haha!😂😂😂

    BalasHapus
  46. Malon malooon.... Buat gelak je !!!
    Hahahahaha

    BalasHapus
  47. Ahli Waris Sultan Sulu BERHASIL RAMPAS HARTA malon USD 15 MILYAR......

    HAHAHAHAHA....WHAT an idiot kingdom of malon failed against heir of Sultan Sulu.....

    WKWKWKWKWKWKWK.....

    BalasHapus
  48. Zaft berkata:7 Mac 2023 pada 4:51 PTG
    Bukan peguam tetapi nampaknya penyederhanaan istilah undang-undang itu mungkin serupa dengan apa yang tok mat beritahu parlimen

    1) Pelanggar mahu wang kerana mereka & pampasan untuk membatalkan LOA mereka yang kerajaan terdahulu & semasa nampaknya bersetuju

    2) mereka mahukan imuniti daripada pendakwaan yang MINDEF katakan mereka tidak dapat berikan kerana ia adalah skop kerja SPRM.

    Masalah terbesar untuk menyelesaikan LCS adalah mungkin wang. BNS tidak ada wang, ibu bapanya tidak ada wang malah ibu bapanya sesat membuat & pergi persendirian.

    Kemungkinan MOF akan mengambil pendekatan penyelamat sebelum ini yang mereka lakukan dengan Tabung haji & mengambil aset tidak berbayar daripada Boustead meninggalkan LTAT hanya dengan syarikat yang menguntungkan untuk melindungi pelabur LTAT.

    Azlan berkata:7 Mac 2023 pada 5:05 PTG
    Sungguh cockup.

    Persoalannya ialah siapa yang akan bertanggungjawab [mereka di sebalik kegagalan NGOPV tidak pernah dipertanggungjawabkan]? Adakah mereka yang telah didakwa benar-benar bertanggungjawab atau ada tangan tersembunyi? Bilakah kita akan jujur ​​dengan diri kita sendiri dan mengakui bahawa keseluruhan cockup ini berlaku kerana sistem membolehkannya dan bukan kerana perubahan dalam reka bentuk; BNS atau sebab lain orang datang dengan. Melainkan atau sehingga sistem itu dirombak, ia akan menjadi kes sejarah berulang.

    Semalam di Parlimen seorang ahli parlimen pembangkang menggesa penubuhan badan bukan partisan untuk mengawasi perolehan. Saya ingin melihat sesuatu seperti FMV atau ARMSCOR; entiti pemerolehan bukan partisan yang terdiri daripada kakitangan MAF, MOF; serta dari agensi/kementerian lain. Bukan untuk memilih apa-apa seperti yang dicadangkan Zaft tetapi untuk mengawasi dan meneliti perolehan; untuk memastikan kami mendapat nilai terbaik untuk wang dan untuk memastikan kontrak yang diberikan itu mematuhi kewajipan kontrak.

    Ahli Parlimen pembangkang itu juga meminta syarikat tempatan yang mempunyai kepakaran itu dipertimbangkan berbanding syarikat asing. Denda pada dasarnya tetapi apabila syarikat yang salah dianugerahkan kontrak; apabila kerajaan mempunyai sedikit kesinambungan dan tidak boleh komited; apabila kita tidak mempunyai skala ekonomi; dan lain-lain; apa yang kelihatan hebat pada dasarnya boleh menjadi bencana dalam realiti.

    joe berkata:7 Mac 2023 pada 5:06 PTG
    2 anak syarikat mengalami kerugian, Boustead Holdings lebih baik kaya tunai atau LTAT akan menghadapi masalah besar.

    "sebarang kenyataan ... adalah optimistik secara tidak bertanggungjawab"
    Begitu juga dengan semua ahli politik kita dari kedua-dua belah pihak. Orang ramai tidak peduli untuk meminta mereka bertanggungjawab dan kita juga tidak boleh menuntut menteri kerana tidak menepati kata-kata mereka.


    THE POWER OF UMNO DAN ORANG TENGAH JALUR GEMILANG..DARUL SONGLAP🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  49. Hanya dengan KERTAS DAN BALLPOINT.....itu AHLI WARIS SULTAN SULU BERHASIL.KALAHKAN MUTLAK malon senilai USD 15 MILYAR UNTUK MASA 2013-2022.

    Asset malon di Luksemburg dirampas Sultan Sulu
    Asset malon di Perancis dirampas Sultan Sulu
    Asset malon di Belanda dirampas Sultan Sulu

    What a joke, right ?

    WKWKWKWKWKWKWKWKWK....

    BalasHapus
  50. Adakah Indonesia Kini Berkongsi Sempadan Maritim Dengan China?

    https://defencesecurityasia.com/china-sempadan-maritim-indonesia-yudomargono/
    —————————-

    Lha kamuh nanyak???

    10 tahun BPA dan ZEE yg patroli disituw CCG dan PLAN
    malah dianggap ELDER BRaDeR sm KL haha!🤣🤣🤣
    yaudah bner ganti pemilik haha!🥴🥴🥴

    BalasHapus
  51. Hutang 85% dr GDP wkwkwkkkkk🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  52. Hore🚶🏃🤸 prototype kf/if -21 no 03 & 04 borame sukses terbang malam .

    BalasHapus
  53. Sulu msih slow ,dgn menagih uang sewa tanah bisa jadi Sulu nnti diam2 bangun kekuatan dan byk beli senjata,blm sokongan dri pinoy klo mereekaa bersedia.
    Sulu siap buat bangkrut Malon.

    BalasHapus
  54. malon selalu bilang FPDA adalah paling luat di wilayah asia pasifik....

    Tuch....Beting Ali udah diduduki China 316 HARI .....kenapa FPDA diam aja padahal itu wilayah kedaulatn malon.....apalagi malon ? BESAR BUAL DOANG......HAHAHHAHAHA

    BalasHapus
  55. Kenapa lon panaas ya sedih ya
    Rafale real bukan GOIB kyk sebelah

    BalasHapus
  56. 2013 tahun dimana KL di invasi 2x
    Timur- pejuang sulu
    Barat- abg besar/elder brader

    10 tahun dijajah dan dibuli...5 difens pawa diem aja tuch..lemah haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  57. Ha ..ha .ha.... Ada warga KERAjaan miskin yg panas... Ha ha ha.... Kasihan tidak mampu shoping2 tapi hutang terus tambah. Poor malon

    BalasHapus
  58. Byr wwouiii uang sewa tanah ke Sulu
    Hahahas

    BalasHapus
  59. Apa yang tak di HUTANG sama INDON....
    Ayoh sebut...?

    Dari kapal, pesawat hingga servis... Semua di HUTANG.. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. NEGARA MASIH NGONTRAK SM SULU AJA PK NGOMINGIN UTANG JIRAN... UTANG SENDIRI AJA DAH SELEHER HAHAHAH LAWAK

      Hapus
  60. FA-50 sudah di materai kan kah kah kah.... ? Malon hanya bia membual

    BalasHapus
  61. Cerdaslah beli alutsista pake pinjaman lunak, yg lebih murah biayanya dari menerbitkan sukuk atau bond.
    Gempur bener2 low IQ, gini saja gak paham ..... bisanya MEMBUAL hahahaha

    BalasHapus
  62. INDONESIA DAPAT ALUTSISTA KUALITAS PREMIUM...DAPAT FASILITAS KREDIT EKSPOR LAGI DARI NEGARA SAHABAT....KEREN KAN....


    malon HANYA DAPAT BUAL BESAR TANPA REALISASI KARENA TAK PUNYA UANG......TAK ADA LENDER YANG MAU KASIH HUTANG malon....

    BalasHapus
  63. ....malon terbitkan SUKUK / ISLAMIC BOND....TAPI TAK LAKU...TAK ADA INVESTOR MAU BELI SUKUK malon.....

    HAHAHAHAHAHA.......

    BalasHapus
  64. Kasian sebelah guys, mau narik pinjaman LN untuk shoping eh kena semprit OVER LIMIT ..... terpaksa deh kredit lewat perusahaan lokal, harga jadi muahal hehehe

    BalasHapus
  65. Korea Selatan Rilis Foto Jet Tempur Ringan FA-50 Pesanan Polandia, Dilengkapi “Kanopi Palsu”

    Pesanan dari KERAjaan kok gak pernah disebut ya. Ha ha ha ha
    Apakah korsel akan kena prank malon ????

    BalasHapus
  66. 10 tahun tak bayar uang SEWA SABAH, KL kena denda $15 milyar haha!😆😆😆

    artinya dunia mengakui hak Sultan Sulu atas Sabah....
    gak lama lagi nich gaesz Sabah milik ahli waris bakal kembali ke pemiliknya haha!🙃🙃🙃

    sedangkan BPA diambil ABG besar tak ada perlawanan

    KL lemah dimana mana KALAH LAGIIIIiiiiiiiii..... kesian haha!🤧🤧🤧

    BalasHapus
  67. Hayuh guys coba sebut sebelah tuh belanja apa? 😂😂😂, dengar kabar hutang"nya cuma jadi eg og 💩💩💩, malah mantan PM nya juara korup, lepas tuh malah kena denda wang sewa iya kah 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  68. Si MISKIN... GAK SHOPING saja NGUTANG SAMPAI > 80% GDP... HAHAHAHA

    BalasHapus
  69. Tapi LAKU KERAS OBLIGASI INDONESIA DARIPADA obligasi malon, right ?

    KENAPA? Karena investor yang beli obligasi INDONESIA itu CERDAS DALAM PUTUSAN BERINVESTASI PRODUCT KEUANGAN DUNIA.

    HAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  70. Sebelah tuh di bodohi PM nya manggut" je 😂😂, wang di korup lepas tuh di kasih bualan belanja pesawat pejuang ,SPH yavuz, UAV anka gitu je dah sorak sorai padahal zooonk 🤣🤣

    BalasHapus
  71. kita sich Rajin bayar UTANG, turun terus hore haha!👏👏👏

    sedangkan KL, PM10 sebut hanya mampu bayar faedah(bunga) bukan Utang....
    pantesan Utang jiran naik RM. 1500trilyun/$336 bilyun dolar
    alamak 82%
    2023 terus nambah haha!😩😩😩

    uda pasti NO⛔️SHOPPING haha!😋😋😋


    BalasHapus
  72. Hampir di sita ya lon
    Hahhaha..makanya cepet bayar uang sewa tanah
    Malon ini semua serba sewa
    🤣🤣🤣

    https://www.reuters.com/world/asia-pacific/after-15-bln-award-sultans-heirs-target-malaysian-properties-paris-2023-03-07/

    BalasHapus
  73. ....malon kan TERKENAL LOW IQ DI FORUM DS.......

    HAHAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  74. Sebelah hutang dah 82% GDP eeeh malah di korup sama PM nya 😂😂😂

    BalasHapus
  75. Darmin? Ituw menteri jaman kapan? Wah link jebot gaesz haha!🤣🤣🤣

    kesian warganyet penyembah link jadule haha!😆😆😆

    BalasHapus
  76. Aset di luar negeri habis di sikat ama pejuang sulu, yang anehnya pejuang sulu tak punya tentara hanya modal air liur je sebelah dah hilang semua aset 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  77. Faktanya sebelah tuh hutangnya 82% GDP 😂😂😂

    BalasHapus
  78. sekarang tahun 2023
    utang RI turun
    utang KL naik terus dari 2018-2022
    Pinjam Jepun buat bayar Utang kacauuu haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  79. Awas! DPD Ingatkan Bunga Utang Sudah Naik Dua Kali Lipat jadi Rp405 Triliun Tahun Ini


    JAKARTA - Wakil Ketua Komite IV DPD RI Sukriyanto mengingatkan pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk terus meningkatkan pengelolaan keuangan negara secara bijak dan cermat. Menurut Sukriyanto, salah satu yang menjadi sorotan DPD adalah soal pengelolaan utang negara.

    Dalam catatannya, besaran utang pemerintah terus melonjak dari tahun ke tahun. Hal itu kemudian dikhawatirkan bakal membebani APBN karena masih harus menanggung beban bunga yang ikut meningkat.

    “Rasio pembiayaan bunga utang pemerintah terhadap total belanja pemerintah pusat menunjukan tren peningkatan pada APBN 2022,” ujarnya saat menggelar rapat kerja dengan Menkeu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta hari ini Senin, 24 Januari.

    Sukriyanto mengungkapkan, bahwa pada periode 2022 pembayaran bunga utang pemerintah ditargetkan sebesar Rp405,86 triliun atau 20,87 persen dari total belanja pemerintah pusat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hutang sudah lebih dari 82% dari GDP artinya bentar lagi malon bangkrut ya

      Hapus
  80. Parahh malon punya hutang byk sama Sulu,klo gak dibayar aset2 di luar negeri akan di sita lon.
    Bayar ..bayar woii wkwk

    KUALA LUMPUR, March 7 (Reuters) - French bailiffs attempted to enforce a seizure order on three Paris properties owned by the Malaysian government in a case linked to a $15 billion court award to descendants of a former sultan, according to the heirs' lawyers and court documents seen by Reuters

    BalasHapus
  81. Klo pinoy sokong sulu,kerajaan pasti ketar ketir tuh
    Bayar lon uang sewa nya
    Hahahha...😅😝🤪😜

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Sebelah bual LMS batch 2 buatan turki, manakala pihak turki tak ada konfirm sebelah pesan LMS 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  84. warganyet KL9 Maret 2023 pukul 20.51

    Mau tanya memang TESLA sudah buka showroom di INDON..? HAHHAHAHAHA

    Jangan kan showroom... Bayang TESLA pun tiada DI INDON... HAHAHAH JA
    -------------------------

    lha kamuh nanyak??
    uda berhari2 dicela disini gak sadar haha!🤪🤪🤪
    sila baca:
    https://defense-studies.blogspot.com/2023/03/noa-for-long-range-maritime-patrol.html
    ================

    lha kesian gaesz di KL ternyata gak ada SHOWROOM/DEALER yang jual mobil TESLA haha!🤪🤪🤪
    disini kita uda lamaaaaa...

    ✅Prestige Motorcars uda lama masukin tesla ke RI,
    hadir di showroom elit lengkap layanan servis dsb.

    mobil tesla uda biasa lalu lalang di kota2 kita haha!🤣🤣🤣

    tengok nich:

    x0x0x0x0x0x0x0x

    Sudah Bawa Tesla ke Indonesia, Prestige Motorcars Mau Jadi Pusat Mobil Listrik RI
    https://oto.detik.com/mobil/d-5503099/sudah-bawa-tesla-ke-indonesia-prestige-motorcars-mau-jadi-pusat-mobil-listrik-ri

    BalasHapus
  85. Ya ampun SI TOLOL... itu hanya wakil/dealer Tesla...

    Ini PIHAK TESLA masuk MALAYSIA woooooiiii....

    Masa WAKIL/DEALER sama YANG MEMANG TESLA Tak mampu beza kan..?

    Ohhh terlupa level IQ mereka kedua terendah di ASEAN... Hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gemporkwaria lupa, dua bangsa KERA yang negaranya NGEMIS minta ke bangsa Maju sebelah buatbdi kirim GURU agar KERA2 MALON bisa belajar...

      Tapi TETAP SAPAH POTONG !!! NGOAAHAHAHAHA

      Hapus
  86. Baru Wang muka saja sudah HUTANG... belum bayar penuh nya lagi... Pasti HUTANG...

    Nah kalau servis pesawatnya... HUTANG lagi.... Hahhahahaha

    HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG... Kesian

    BalasHapus
  87. Memang nya Tesla bisa lobi kuwait beli hornet lon
    Wkwkkw..LOL
    Kalah debat kalah argument.

    Mau tesla kek,sulu terus tagih hutang sewwa lon 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  88. Tanya lon tesla itu produksi peswat apa kapal perang
    Wkwkwk
    Tolol 😂😂

    BalasHapus
  89. masa di jiran KL gak ada showroom tesla gaesz???

    emang orang KL gak punyak mobil tesla?

    disini sultan andara raffi ahmad borong beli 5 tesla ringan banget gaesz, tesla uda lamaaaa lho...

    RAFFI AHMAD NGGAK MAU KALAH, LANGSUNG BELI 5 MOBIL TESLA TERBARU.. ANDRE KALAH TELAK
    https://www.youtube.com/watch?v=qOIiYK90xTU

    wahh bner2 KL negeri MISQUEEN gaesz, masa gak ada SHOWROOM/DEALER jualan TESLA haha!🤣🤣🤣

    bner2...
    BEDA LEVEL=BEDA KASTA

    BalasHapus
  90. Woiiii Lon bayar hutang nya ke SULU
    Semua serba sewa
    Wkwkwkkw
    🤣🤣🤣😍

    https://www.reuters.com/world/asia-pacific/after-15-bln-award-sultans-heirs-target-malaysian-properties-paris-2023-03-07/

    BalasHapus
  91. eiitttt ada warganyet yg tensi naik
    FANAASSssssss haha!🔥🔥🔥
    pertanda KALAH LAGIIiiiiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling lagi pake gincu mau beli fa 50 pake SST : Suka Sulit Teman

      Hapus
    2. nyooiihh kirimin ambulans lengkap P3K dan fisank om haha!🍌🍌🍌

      Hapus
    3. u ganti i..wewww ngeraiii om pemburu haha!🥶🥶🥶

      Hapus
  92. Horewe asyikk 24 rafale sudah di amankan.tinggal 18 lagi.

    Yg cepat akan tinggalkan yg lambat macam siput wkwkw

    BalasHapus
  93. nich lagiiiii...dimasa Pandemi orang kita mach kaya2
    borong tesla
    borong lambo uhuyyy haha!😀😀😀

    seblah LOKDON 8 bulan, pantesa Oon gaesz haha!🤣🤣🤣

    ---------
    ANDRE BELI MOBIL TESLA DAN LAMBORGHINI RUDY SALIM, RAFFI NGGAK TERIMA MAU BELI JUGA
    https://www.youtube.com/watch?v=rFX4pK7E0Mc

    BalasHapus
  94. showroom PRESTIGE MOTOR mach lengkap semua impian warganyet KL ada disini,

    tesla demenan menteri KL, ada disini
    mobil/kereta terbang menteri KL, ada jugak disini

    banyangin gaesz, kereta terbang EHANG 216 gagal di tempel stiker KL, hadir di showroom sini,

    masa di KL gak ada tesla ama kereta terbang?

    oh iyak seblah LOKDON 8 bulan, pantesan Oon gaesz haha!🤣🤣🤣

    nich showroom kita maaahh toppp...

    2 menteri KL kalah ama juragan SHOWROOM PRESTIGE MOTOR gaesz...

    tempat para Sultan SHOPPING haha!💰💰💰

    kesian jiran gak adaaa...MISQUEENN kantri..
    maklum 82% UTANG haha!😵‍💫😵‍💫😵‍💫

    ---------------------
    MOBIL HELIKOPTER INI HARGANYA MERESAHKAN‼️
    https://www.youtube.com/watch?v=bRxZliF-6Vg

    BalasHapus
  95. Beli aset pun kerajaan Malon terpaksa hutang hutang 82% GDP, itupun aset murah wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  96. Malon nak beli Fa 50 Wang muka blm dibayar cari hutang dulu , paling miskiin sekawasan

    BalasHapus
  97. mao beli mobil tesla? eh kereta tesla

    disini kita bole beli tesla lewat toko onlenshop PRESTIGE MOTOR, suda sangat lamaaa haha!🤑🤑🤑
    https://www.tokopedia.com/teslabyprestigemotorcars

    lha KL, masa menteri ngemis mas elon buka showroom...kesian amat emang orang KL gak punyak duit buka showroom? haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  98. tesla ituw pake suplay batre dari panasonic jepang.
    kalo mao lobi pabrik batre boil, yak ke jepang ini. toyota pun ada kolaborasi dgn panasonic.

    yg bahaya klo panasonic bikin boil sendiri, ituw mas elon bisa apa, makanya hrs bikin sendiri kan, dimana lagi klo gak disini haha!😵‍💫😵‍💫😵‍💫

    apalagi CATL & LG chem uda masyuk investasi milyaran dolar ke RI...haha!💰💰💰

    bedalah ama showroom/dealer doank..disini uda ada, kesian di KL gak ada haha!🤫🤫🤫

    BalasHapus
  99. KL mana ada pabrik batre untuk EV seperti kita gaesz haha!😉😉😉

    kalo perluw kita bikin pesawat dron UCAV ato loitering pake tenaga batre nanti gaesz...NGERIIIHHHH silent kiler haha!🥶🥶🥶

    2023 jiran KL NO⛔ SHOPPING yaqeen haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  100. YA AMPYUUN.. MS MALON TERUS DI BULLY SULU.. SEMUA ASET MALON DILUAR NEGERI DISITA SULU WAKAKAKAKAK

    BalasHapus
  101. Aku tuh sebenernya penasaran liat expresi wajah beruk malon....melihat brta perkembanga militer NKRI.....

    BalasHapus
  102. BTW MALAYSIA ITU NEGARA APA KONTRAKAN? KOK TANAHNYA MASIH NYEWA SM SULU YA??? KESIAAAN

    BalasHapus
  103. ✅rafale tambah
    ✅41 kapal refit + retrofit,

    kapal f-2000 kri usman harun ntar punyak sensor radar & cms mirip kri rem, mantap haha!💪💪💪

    kapal damen korvet diponegoro smua apgred pake radar baruw, cms jugak hore haha!👍👍👍

    lha KL masi aja mikirin LCS, yg uda pasti TAMAT haha!⛔⛔⛔

    BalasHapus
  104. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230310150003-4-420675/tampangnya-angker-kapal-perang-hantu-laut-diborong-prabowo

    BalasHapus
  105. Perbandingan negara MISKIN TOLOL IDIOT MALAYSEWA 🇲🇾

    -LCS...... GHOIB
    -LMS BATCH 1......... LOW QUALITY.
    -LMS BATCH 2......... GHOIB.
    -LCA...... GOVERNMENT NO RESPON.
    -SPH.... BUBAR.
    -MRCA..... ZERO.
    -MRAD.... KOSONG.
    -NSM..... GHOIB.
    -BOFORS MK3...... GHOIB.
    -KAPAL PERANG TUAN, USANG.
    -MISSILE EXPIRED.

    VS


    INDONESIA TIM ELITE SHOPPING.

    -RAFALE..... 42 UNIT.
    -C130J-30..... 5 UNIT.
    -T/TA50i...... 6 UNIT.
    -HISAR MRAD.
    -BORA BALISTIK MISSILE.
    -AH140 FRIGATE.... 2 UNIT
    DLL


    BalasHapus
  106. Pesawat tempur pesanan Prabowo dikatakan sedang di upgrade, berarti tunggu saja kehadirannya 🙂

    BalasHapus
  107. "...kandidat yang selama ini telah dipertimbangkan sebagai pilihan AEW&C yang ideal untuk Indonesia, dengan terakhir mengerucut pada jenis Saab 2000 Erieye dari Swedia, Airbus C-295 AEW&C dan Boeing 737 AEW&C Wedgetail.."

    ====
    Gimana caranya agar dapat Wedgetail...😁😁

    BalasHapus