14 Juni 2023

Selamat Datang Pesawat Terbaru TNI AU Boeing 737-800NG A-7309, Sudah Mendarat di Surabaya

14 Juni 2023

Pesawat Boeing 737-800NG (Next Generation) yang akan menyandang nomor A-7309 (photo : Wilbert Tana)

MYLESAT.COM – TNI AU kembali mendapat pesawat baru untuk menambah kekuatan armada pesawat angkut. Sebuah pesawat Boeing 737-800NG (Next Generation) yang dibeli Kementerian Pertahanan, telah mendarat di Surabaya kemarin sore (10/06/2023) untuk selanjutnya melaksanakan inspeksi. Pesawat terlaris buatan Boeing ini akan memperkuat Skadron Udara 17, Lanud Halim Perdanakusuma.

Menurut informasi yang mylesat.com peroleh, B737-800NG dengan registrasi N658AD memulai penerbangan feri (ferry flight) dari Johannesburg, Afrika Selatan ke Indonesia pada 7 Juni 2023. Selama penerbangannya, pesawat menggunakan callsign Astro58.

Pesawat berangkat dari Johannesburg OR Tambo International Airport di Afrika Selatan pada pukul 11.18 siang dan mendarat di Bandara Seychelles pada pukul 5.53 sore. Total penerbangan selama 4 jam 35 menit. Bandara Seychelles berada di Kota Victoria, yang menjadi ibukota Republik Seychelles yaitu sebuah negara pulau yang berada di tengah Samudera Hindia.

Dua hari kemudian, 9 Juni 2023, N658AD melanjutkan penerbangan ke Bandara Male Velanda di Maldives. Penerbangan berlangsung selama 3 jam 10 menit. Besok paginya, pesawat memulai penerbangan terakhir untuk memasuki wilayah Indonesia. Pesawat akhirnya mendarat di Bandara Kualanamu, Medan pada Sabtu siang (10/06/2023) pukul 13.35 WIB setelah terbang selama 3 jam 57 menit.

Pesawat Boeing 737-800NG (Next Generation) calon A-7309 saat mendarat di bandara Kualanamu, Medan (photo : Eduardo K. Purba)

Penerbangan dari Afrika Selatan ke Surabaya dilakukan oleh pilot Astro Jet, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman pesawat dan berkantor pusat di Amerika Serikat. Mereka adalah Capt Gema Merdeka Goeyardi dan Capt. Deddy Nugroho beserta tiga kru lainnya.

Perusahaan ini juga yang mendapat order menerbangkan beberapa pesawat pesanan Lion Air ke Indonesia. Beberapa waktu lalu, Astro Jet juga yang menerbangkan pesawat Boeing 737-800NG VP-BQY milik Polri dari Republik Ceko ke Indonesia. Selanjutnya pesawat ini diberi registrasi P-7301 dan dioperasikan oleh Direktorat Polisi Udara Baharkam Polri.

Di akun Instagram @flyastrojet, Astro Jet menuliskan bahwa Astro Jet, LLC dengan bangga mempersiapkan penerbangan skyventure dari Johannesburg ke Surabaya. Kami akan menerbangkan Boeing 737NG N658AD yang indah dari Johannesburg-Seychelles-Maladewa-Medan dan kemudian Surabaya.

Di akun ini juga terlihat bahwa N658AD sudah dilabur dengan corak (livery) warna abu-abu dengan garis tipis merah putih di bagian tengah badan pesawat. Corak ini sudah dipakaikan TNI AU pada pesawat Dassault Falcon 7X dan 8X milik Skadron Udara 17.

Pesawat Boeing 737-800NG (Next Generation) calon A-7309 saat refuel di bandara Kualanamu, Medan (photo : Mylesat)

Dari penelusuran di planespotters.net diketahui bahwa N658AD awalnya dioperasikan oleh Comair Limited, sebuah maskapai penerbangan berbasis di Afrika Selatan yang mengoperasikan layanan terjadwal pada rute domestik sebagai pemegang waralaba British Airways (anggota afiliasi dari aliansi maskapai penerbangan Oneworld).

Perusahaan ini juga beroperasi sebagai maskapai bertarif rendah dengan merk Kulula. Basis utamanya adalah Bandara Internasional OR Tambo, Johannesburg. Di bawah bendera Comair dan Kulula, pesawat ini diberi registrasi ZS-ZWF.

Comair menerima B737-800NG ZS-ZWF pada Oktober 2015. Namun pada Mei 2022, pesawat ini sudah terdaftar atas nama TVPX Trust Services yang berbasis di AS dengan registrasi N658AD. Dengan melihat riwayatnya ini maka bisa dihitung bahwa usia pesawat saat ini 7 tahun 8 bulan.

TVPX Trust Services menyediakan layanan perwalian pemilik FAA yang disesuaikan untuk pemilik pesawat, termasuk individu dan bisnis yang tidak memenuhi syarat sebagai warga negara AS untuk tujuan pendaftaran FAA di bawah aturan kewarganegaraan FAA yang kompleks.

Kokpit Boeing 737-800NG (Next Generation) calon A-7309 saat diterbangkan dari Afrika Selatan ke Indonesia (photo : Astrojet)

Setelah refuel, B737-800NG dengan registrasi N658AD ini terbang menuju Surabaya dan mendarat Bandara Juanda pada Sabtu sore pukul 18.20. Dengan beralihnya kepemilikan N658AD ke Pemerintah Indonesia, untuk selanjutnya pesawat ini menyandang tail number A-7309 di Skadron 17.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa pesawat baru ini akan mendukung penerbangan TNI AU dalam menjalankan tugas pokoknya. “Untuk mendukung penerbangan VIP seperti halnya pesawat B737-400/500 yang sudah dioperasikan selama ini,” kata Marsekal Fadjar.

Tentu, karena kapasitas angkutnya yang besar serta jarak tempuh yang lebih jauh, A-7309 ini akan lebih efektif dalam memberikan dukungan angkutan udara pada situasi emerjensi. Katakanlah evakuasi masyarakat sipil (civic mission) dari suatu lokasi ke tempat lain, baik di dalam negeri maupun dari luar negeri.

Seperti kita ketahui, selama ini TNI AU mengandalkan B737 classis dalam melaksanakan civic mission. Seperti evakuasi warga dari daerah bencana atau membawa pulang WNI (warga negara Indonesia) dari daerah konflik ke tanah air. Misi terakhir adalah evakuasi WNI dari Afghanistan dan Sudan.

Pesawat Boeing 737-800NG (Next Generation) calon A-7309 saat tiba di Merpati Maintenance Facility, Surabaya (photo : Mylesat)

Menurut Marsekal Fadjar, A-7309 akan menjalani inspeksi pasca kedatangan di Merpati Maintenance Facility (MMF) di Surabaya. Termasuk penataan dan pemasangan interior pesawat.

Terkait livery yang digunakan A-7309, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa corak ini akan dijadikan standar pesawat yang dioperasikan Skadron Udara 17. “Akan kita jadikan standar, dan kita ternyata lebih dulu dari C-40 Clipper US Marines,” ungkap Marsekal Fadjar bangga. Bulan lalu, Marinir AS menerima dua C-40A yang dibeli dan kemudian dikonversi dari dua pesawat Boeing 737-700NG bekas airline.

B737-800 adalah varian paling banyak diproduksi Boeing dari varian Next Generation, pesawat jet berbadan sempit dengan dua mesin CFM56 produksi CFM International. Keluarga NG memiliki empat varian, yaitu -600, -700, -800, dan -900 dengan kapasitas tempat duduk antara 108 dan 215 penumpang. Pesaing utama 737NG adalah keluarga Airbus A320. Hampir 5.000 pesawat B737-800 sipil dikirimkan antara 1998 dan 2019.

Pesawat ini memiliki “kelebihan” dalam segala hal dari kakaknya varian classic yang sekarang diteruskannya. Sayap didesain lebih besar, bentang sayap lebih lebar, kapasitas bahan bakar lebih besar, bobot lepas landas maksimum (MTOW) lebih tinggi serta jangkauan lebih jauh.

Pesawat ini memiliki dua mesin seri CFM International CFM56-7, glass cockpit, dan konfigurasi interior yang telah ditingkatkan dan didesain ulang.

81 komentar:

  1. Geng PISANG makin tersakiti = SELECTED CANCELLED wkwkwkk

    BalasHapus
  2. Aser baru lagi
    Selamat datang dan selamat pagi.

    Salam bucu katil untuk geng gorila malon

    BalasHapus
  3. Geng Sewa IQ Beruk makin Kerasukan

    BalasHapus
  4. sementara IQ beruk di hina MH-370 tiada pernah mendarat 100 kali oleh pelawak singapure

    https://www.hmetro.com.my/global/amerika-utara/2023/06/977128/sudah-lakukan-lebih-seratus-kali

    BalasHapus
  5. ASSET BARU TNI AU....

    INI KEREN BANGEETTSS....

    BalasHapus
  6. Waaaaah....Buzzer Rusli akan NGAMUUK sejadi jadinya 🤬🤬🤬 dan KERASUKAAN 👹👹👹 akibat KEDENGKIAAN 👺👺👺 yang mendalam 😁😄😆

    BalasHapus
  7. alhamdulillah mantab.... Shopping terus tiada henti...

    ORANG KAYA....

    BalasHapus
  8. Merpati tinggal Maintenance Facility-nya saja?

    BalasHapus
  9. Salam 3x ditolak Emir Quwait
    Salam no sale of hornet to Malon

    Salam Mirage 2000-5, salam Rafale, Salam IF-X, Salam F15 EX-Id, salam Boeing 737-800NG A-7309

    Salam bucu katil dan salam tanam sayur for negara miskin Malon

    Ngiahahahaha

    BalasHapus
  10. Kemarin berita 12 jet tempur Mirage 2000-5 dari Qatar akan dikirim...

    Lepas ini ada berita lagi Pesawat Terbaru TNI AU Boeing 737-800NG A-7309, Sudah Mendarat di Surabaya... Mantab..

    Pasti geng BERUK MALON makin NGAMUK- NGAMUK guys...HAHAHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apache standoff missile ikut dikirim/gak ya?

      Kan simulatornya ikut..

      Hahaaaaa

      Hapus
    2. Tunggu berita menhan serahkan 2 heli overvaul

      Hapus
  11. Jadi total 737 series TNI AU sekarang berapa?
    Belum ntar kalo Wedgetail & Poseidon datang....

    ups..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wedgetail ada harapan?😮

      Hapus
    2. Mas bro, 5 tahun lalu siapa yang mengira Rafael & Miras yang datang

      Pun begitu pas Heli Apache

      Ahahahaaiy

      Hapus
    3. Masih ada lah harapan Wedgetail..kan blm di tentukan pesawat AEW&C

      Hapus
  12. malayCHIA mana suaranyaaaaa....😆🤣....

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Tinggal tunggu kontrak nih peswat eye the sky AEW nya

    BalasHapus
  15. Sip lah,hrusnya ambil 2 unit ya tpi gpp next tambah 1 lagi.

    '"...A-7309 ini akan lebih efektif dalam memberikan dukungan angkutan udara pada situasi emerjensi. Katakanlah evakuasi masyarakat sipil (civic mission) dari suatu lokasi ke tempat lain, baik di dalam negeri maupun dari luar negeri"".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat gantiin 737-200 yg pindah ke Skadron 5, memang hanya perlu satu.

      Hapus
  16. Denger citer F-18 hornet ex Australia nak dihibahkan ke Ukraina ngoahahaha...kesian gank GORILLA longor sebelah tak dianggap penting sama Australia padahal satu gank FPDA ngoahahaha

    BalasHapus
  17. Asooyyyy jet bowing ghoib ini tiba” datang tanpa basa basi haha!🎃🎃🎃

    BalasHapus
  18. 1 bowing 737
    2 falkon x

    aset tambah terrruussszzzz makin banyak haha!🤗🤗🤗

    ditunggu mrtt dan aewc hore haha!👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pswt awewe nya kira kira jenis apa om mau di ambil?

      Hapus
    2. Om pal

      Dengar kabar katanya pesawat aew&c mau ditambah jumlah orderannya?? 🤔🤔

      Hapus
    3. NKRI 🇲🇨 sih kalau ingin punya AWEWE ngak cukup 2 unit lho, 2 unit belum memenuhi kebutuhan ideal 🙂

      Hapus
    4. Butuh 3 atau 4 unit awewe buat jangkau cover wilayah RI yg luas dan gede

      Hapus
    5. apapun jenisnya awewenya yg fenting punyak dolo gaesz haha!😬😬😬
      yg fenting palformnya punya daya jangkau jauh, enduran lama dan kecepatan..jd hrs jet

      klo ditanya butuh brp, yaa banyak, idealnya tiap kowilhan ada 2-4 bijik
      tapi kerna benda ini mehong yaa dikasi 2 trima aja dolo haha!📡📡📡

      Hapus
  19. NKRI 🇲🇨 sebagai TIM ELIT SHOPING MAHAL sedang menunggu kedatangan belanjaan yang sudah dipesan, sudah terbukti berdatangan secara bertahap, ini jauh berbeda dengan negara tetangga GORILLA MALAYA yang bagian dari TIM SULIT SHOPING MURAHAN yang cukup bangga dengan shoping MORTAR dan SENAPAN SERBU ( Murahan ) 🙂

    BalasHapus
  20. Helikopter CARACAL untuk TNI AU sedang ditunggu kedatangannya dslam waktu dekat 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada 5 unit di PT.DI
      3 sudah di cat loreng
      2 lagi belum...masih uji coba terbang.

      Hapus
  21. Ini yang aset TNI AU loooh, selanjutnya mari kita tunggu bersama kedatangan aset TNI AD dan TNI AL 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata kunci :
      Menanti yang pasti datang

      Hwahaaaha
      Berbanding penantian sebelah tuu..
      Menanti elder brotherNYA menggasak EEZ...

      Ngeri guys..

      Hapus
    2. Menantikan Bora Khan,..biar ketar ketur sebelah 😁

      Hapus
  22. BEKAS LAGI , KOK JADI BEGINI YA NKRI ,
    BISA² NYA DIISI BARANG² BEKAS TERLEBIH TNI JANGGAL SEKALI INI TERLEBIH DENGAN SUAR TIDAK AKAN BELI BARANG BEKAS & ANGGARAN JUMBO , NYANGKUT DIMANA UANG NKRI APBN NYA , BERSELIWERAN CARI ADVISER BARANG BEKAS , APA ²AN DPR 4I KOMISI 1 INI ATAUPUN BANGGAR BISA BUAT NKRI TIDAK WAJAR BEGINI SEPERTI ORANG MISKIN LIHAT BARANG BEKAS SEGALA DI BELI BARANG MURAHAN BEKAS SEPERTINYA JIKA TIDAK TERLACAK SEPERTI AW 101 DISEBUT BARANG PABRIKAN APA MASIH ADA KENDALI DARI JARINGAN AGUS SUPRIATNA ATAU DIA SEBENARNYA KACUNG DARI ORANG DEPHAN ATAU JARINGAN BARANG BEKAS DEPHAN YANG ADA SETELAH 2014 , BISA RUGI NKRI ,BUKAN ALUTSISTA UTAMA LAGI YANG DI BELI TAPI MEWAH²AN VVIP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 737-800 punya commonality tinggi dengan 737 BBJ2 kita sekarang. Suku cadang lebih banyak dari seri MAX yg dulu suka jatuh sendiri. Sayangnya sudah tidak di produksi, kecuali versi militer. Punya Polri saja eks-Rusia.

      Hapus
    2. knp gak boleh bekas?
      knp gak bole awewe101 mantan indihe yg dibatalin?

      eh om tsotau perna baca berita gak,
      ostrali yg bajet pertahanannya 3x kita ajah beli pesawat erbas bekas dikonversi jadi pesawat VVIP/MRTT
      bahkan amrik pun beli bowing 747-8 jumbo jet bekas untuk pesawat presiden air force one
      kocaknya itu pesawat aselinya untuk transaero rusia haha!🤣🤣🤣

      nich luh baca biar finteran
      https://simpleflying.com/new-boing-747-8-air-force-1-latest/

      dan satu lagi, ituw jiran diseblah bukan hanya bekas tp SEWA pesawat utk VVIP haha!😂😂😂

      Hapus
    3. Australian taxpayers forked out more than $17,000 on repairs for Scott Morrison's VIP jet 'Shark One' in the last year.

      The Qantas A330 plane cost $250million to convert into an Air Force One-style sky base and is named after Mr Morrison's beloved NRL team the Cronulla Sharks.
      The plane is a previous Qantas and Jetstar commercial A330, which was bought in 2015 by Airbus and modified into a KC-30A freighter and air-to-air refueller
      https://www.dailymail.co.uk/news/article-9170177/amp/Scott-Morrisons-250M-VIP-jet-Shark-One-cost-Australian-taxpayers-17-600-repairs-year.html
      ——————

      naaach yg ini link berita ostrali, guwe bawaiin khusus buat luh baca trus inget ampe metong om tsotau haha!😋😋😋

      bekas kan...baca baek” haha!😆😆😆

      kerenan awewe101 fresh dari pabrik...cuman dipinjem sekali haha!😊😊😊

      Hapus
    4. SEMUA BEKAS & BEKAS DARI DENGAN DIATUR BROKER BARANG BEKAS TERLIHAT JELAS JUGA JARINGANNYA SAMBIL MENOMOR DUAKAN PEMENUHAN MEF UNTUK PENGADAAN ALUTSISTA UTAMA & SIBUK BELI BARANG BEKAS & BEKAS UNTUK VVIP SEMUA JELAS ,PADAHAL SEHARUSNYA TAMBAHAN KASEL SAJA OTW MENUJU 8 UNIT & 2024 ATAU 2025 JADI 12 UNIT SEPERTI RENCANA AWAL DI JAMAN ANGGARAN MINIM, TAPU MAMPU DI PROYEKSIKAN BAHWA DGN SKEMA ITI 2024 NKRI MEF 12 KASEL TERPENUHI ,TIDAK CUMA JUALAN POLEMIK SEPERTI TUKANG OBAT SAMBIL CURI UANG ANGGARAN ALUTSISTA SEDIKIT DEMI SEDIKIT.

      Hapus
    5. perna baca gak om, MEF uda ALM. haha!🤭🤭🤭
      skrg jadi Kekuatan Pokok(EF)

      uda baca kan super pawer amrik, ostrali pake lho aset bekas...

      awewe101 ituw bukan barang murahan, amrik aja kepengen tp gak sanggup haha!🤑🤑🤑

      dan jangan lupa jaman MEF 1, menhan kesayangan luh akusisi kapal Nahkoda Ragam bekas yg brokernya jerman...hayo mo apa haha!🤣🤣🤣
      dan ituw belom tank m113 & leo, pake mata luh ituw baruw ato seken haha!🤪🤪🤪
      uda dech om tsotau gak bisa jawab..akibat darting & lemah literasi haha!😆😆😆

      Hapus
    6. Kalau lu punya duit melimpah nggak perlu beli bekas... Tapi kalau dana terbatas apa boleh buat.

      Beli baru juga tidak bisa langsung tersedia 1 hari selesai.

      Jadi orang itu bersyukur masih mampu beli barang bekas... masih banyak yg mau beli barang bekas aja nggak mampu.

      Dasar SOK TAU..!!

      Hapus
    7. Kimak kali kaw, tseto...
      Macam kaw ini bagusnya masuk dalam hutan sawit hidup sendiri sama kendik hutan..!
      Baru kaw dapat semua yg kaw mau, itupun klau tak mati kesepian..🤣

      Hapus
  23. LUCU & SANGAT MENJIJIKAN PENGADAAN MIRAGE INI DITUJUKAN MENGGANTI SU 27 & 30 YANG MENURUT PRABOWO ATAU DEPHAN MENUA PADAHAL USIA PRODUKSI MIRAGE QATAR INI LEBIH TUA DARI SU 27 & SU 30 NKRI YANG DATANG DIATAS TAHUN 2007.
    ALASAN YANG DI ADA² OLEH DEPHAN UNTUK PESAWAT BEKAS JUGA OLEH PRABOWO SANGAT MENGGELIKAN DPR RI HARUS TAHU JELAS ALASAN BADUT INI TERLEBIH KOMISI 1 TIDAK BISA LAKUKAN PENIPUAN TERBUKA KARENA ALASAN PRIBADI TIDAK SENANG PRODUK TERTENTU KEMUDIAN DI FITNAH SEPIHAK JUGA KARENA TIDAK SUKA KE MENHAN YANG MENGADAKAN PESAWAT SU 30 & SU 27 JELAS TERLIHAT SEKALI KEMUDIAN MEMBUAT BERITA BOHONG KE DPR RI JUGA PUBLIK UNTUK FITNAH & DAPAT KEUNTUNGAN FINANCIAL.

    SKEMA PEMBELIANNYA JUGA TIDAK JELAS BROKERNYA ADA DI UAE KENALAN PRIBADI PRABOWO BUKAN BROKER PEMERINTAH NKRI BROKER PRANCIS BEKAS AU PRANCIS KENALAN PRABOWO DI UEA YANG JADI BROKER KE QATAR PRANCIS SEDANG KEUANGAN DIATUR PRODUSEN PANDUR , JADI MAKIN JELAS ADA HUBUNGAN PRIBADI & KEUNTUNGAN YANG DARI PANDUR KE PRIBADI ATAU ANGKATAN DARAT DARI PENGADAAN INI SERTA NKRI ATAU BUMN RI TIDAK TERLIBAT CUMA SUBIANTO YANG RIBUT SEPERTINYA FALCON JUGA SEPERTI INI PROSESNYA & DENGAN KEJI BUAT KEBOHONGAN MENGENAI SU 27 & SU 30 SECARA SEPIHSK DENGAN POTENSU AKAN MENYINGKIRKAN SU 30 & SU 27 DENGAN NIAT BURUK PADA NKRI OLEH JARINGAN TNI AD ATAU PRABOWO SECARA PRIBADI DIBAWAH KENDALI ATAU DIKTE 0ERUSAHAN PRODUSEN OANDUR JUGA VAB ATAU YANG DI SEMBUNYIKAN DI PINDAD PRODUKNYA UNTUK DINGKIRKANNPRODUK ADLI INDONESIA , INI TRANSAKSI BONEKA PASTI ADA KEUNTUNGAN TERSELUBUNG & SECARA SENGAJA MENJEBAK DENGAN PERUSAHAN PRODUSEN PANDUR SETELAH KEJANGGALAN PEMBELIAN PER UNIT 10 JT US BELUM DI UNGKAP & PROPERTY ISRAELNYA OLEH TNI AD ATAU MENHAN RYACUDU & MEMAKSA MENJIJIKAN MENJEBAK UNTUK DIKTE NKRI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wong namanya Indo mana mungkin bisa berubah. Kalo emang dari lahirnya ato awalnya udah kaya gitu. Dah mendarah daging cara Indo kerja. Pasrah aja. Pokoknya gaya dulu org dari luar negeri aja udah bilang walau populasi paling gede di ASEAN tapi ekonominya kalah ana negara yg lebih kecil.

      https://youtu.be/OSclOhOWGe8

      Listen at 4:30 sampe ke minute 4:40

      Susah maju kalo masih cara pemikirannya nga berubah.

      Hapus

    2. NDONE BOZZEY !!

      Hapus
    3. Pler lah kaw ...
      Kaw buat saja sendiri, terbangin sendiri, jual sendiri..!
      Banyak kali gaya kaw, kek paling hebat dan harus sesuai apa yg kaw mau..
      Oiii mending kaw masuk parak sawit sana, mendodos..!!

      Hapus
  24. Lebih lucu klo anggap sucad su 27 30 akan masih tersedia readystok utk kedepannya jangka pendek atau panjang akibat perang rus-uk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produsen banyak, ada India dan China kalau suku cadang Vietnam saja dapat lisensi. Kita saja bisa produksi beberapa part.

      Setahuku satu2nya pembuat suku cadang yg tutup hanya yg di Ukraina.

      Kalau MiG-29, itu urusan lain lagi.

      Hapus
    2. Beli parts non Rusia tanpa approval Rusia aman yaa?

      Kasarannya, kita kedepan pakai Sukhoi tapi gak akan pakai orang Rusia lagi buat urusan maintenance..

      😁

      Lha mereka sibuk perang gitu..😁😂

      Hapus
    3. eiittt jgn lufa belarusia om irs haha!😊😊😊

      klo soal sucad sperti guwe tulis maren justru amrik yg bemasalah dgn monopoli suplayer sucad bertahun”
      harga naik mencekik..kiraiin rosoborong yg ribet sperti kata om kukuruyuk diseblah, ternyata amrik lebih parah haha!🥴🥴🥴

      makanya f-16 gurun kita dulu lama banget datangnya, itung sendiri dsca 2011, kelar 2018..
      7 taon cuy...uda mirip jadwal beli baruw haha!😄😄😄
      katanya gratis, tp liat nilai kontraknya, lbh mahal dr golden eagle baruw haha!😋😋😋
      lama dan harga naik makanya heli” amrik kita tau sendiri nasibnya


      Hapus
    4. bbrp saat dulu ada poto sucad/komponen falkon yg masyuk dari yurop, kmungkinan simpenan dan ada bekas jugak..
      spertinya buat falkon emlu ato emg buat falkon lain yg rusak haha!🤭🤭🤭
      bisnis sucad menggiurkan makanya klo beli pesawat apapun klo bisa ikutan produksi komponen sucad, apalagi shopping skrg ngerih nilainya haha!🥶🥶🥶

      Hapus
    5. Barang Soviet agak unik. Sempat berita Rusia cari suku cadang T-72, itu saya curiga karena sebagian besar pembuatnya di negara NATO. Jadi stoknya langsung menipis.

      Untuk keluarga Flanker ada di Ukraina dan Belarus. Negara *stan lain kurang tahu, tergantung suplier Irkutz siapa. India dapat lisensi, Vietnam juga. Kalau China kurang tahu legal atau tidak.

      Dari ketiga pabrik keluarga Flanker di Rusia, pemilik IPnya beda2. Pembuat suku cadang juga disebar di seluruh Uni Soviet. Tujuannya redundency.

      Dulu kita beli part dari Ukraina, tidak ada masalah dengan Rusia.

      Hapus
    6. dikawasan pengguna esyu termasyuk banyak ada viet, myanmar, kita dan tetangga kesayangan, ini artinya ESYU jawara di asean saat ini.
      klo mereka bisa jaga kesiapan masing” esyu hrsnya disini bisa jugak donk ahh haha!😎😎😎

      klo guwe liat masalah pembayaran yg hrs sedikit dimodifikasi..
      sucad ituw datang ktika duit ituw ada💰 tinggal masalah waktuw ajah haha!😬😬😬

      Hapus
    7. om irs..guwe rasa ruski tentuw bisa menyediakan sucad esyu asal ituw pespur sesuai standar pabrikan,
      yg masalah adalah ketika ada modif khusus sperti seblah, lha yg bikin komponen bkn ruski kok haha!🤭🤭🤭

      ttg kita beli parts dr yukrein tak ada masalah dgn ruski?
      keknya mrk sempat protes sich wkt ituw. makanya kita belok ke belarus haha!😊😊😊
      ada bbrp komponen yg masi ama yukrein emg jd masalah, tp ini kembali soal diplomasi...
      barusan opa menhan ktmu dutabesar ruski, mnurut brita itu pt len ada kerjasama taktikal data link dgn ruski, artinya smua masi ok” ajah haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    8. Sucad Sukhoi itu skrng di prioritaskan buat dalam negeri Rusia...
      Cuma bukan berarti negara pengguna Sukhoi nggak bisa beli.

      Yg jadi masalah transaksi pembayaran internasional indo pakai sistem barat. Swift
      Yg jelas 2 menerapkan sanksi.

      Mungkin ke depan akan lancar kalau kita gabung dengan BRICS & membuat sistem pembayaran sendiri.

      Tapi orang indo pasti punya jalan keluar solusi nya..kita Uda paham cari celah2 yg bisa dimanfaatkan.

      Hapus
  25. Yg ghoib dan senyap mulai berdatangan guys, beda dengan ghoibnya sebelah bikin Gemporkwaria makin kerasukan wk.wk.wk.

    BalasHapus
  26. Ternyata Pesawat Boeing BEKAS guys... HHAHAHAHAHA

    cat semula je.... Dan klaim baru... HHAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon beli barang bekas pun tak mampu apalagi beli barang baru, last2 SEWA ngoahahaha

      Hapus
    2. HAHAHAHAHA...RAJA SEWA DUNIA Datang,...MISKIN , KASTA BUDAK ,BANYAK BUAL...

      BETOL2 BANGLAYSIA Bangsat ..!!🤪😜

      Hapus
    3. Klaim kami adalah aset baru, bukan barang baru. Paham bedanya? Patilah tak paham karena ente memang bahlol. Pahamnya hanya hutang orang saja hutang sendiri tak disadari.

      Hapus
  27. pesawat VVIP PM KL jugak bekas, SEWA lagi haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  28. lha emang nyata aset baruw kita BELI syuurrr haha!😎😎😎

    lha VVIP PM bbj seblah uda bekas SEWA lagi haha!😂😆😆


    BalasHapus
  29. But the budget did not outline any strategic plans or new asset procurements.....
    Instead, Anwar vowed to clean up the Southeast Asian nation’s notoriously murky defence procurement processes, promising to cut out the middlemen who soak up state money....
    🔥MIDDLEMAN MENYERAP UANG NEGARA🔥

    BalasHapus
  30. Si kismin babu British beruk bucu katil makin meleleh air matanya.....😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  31. “Saya Sudah Hubungi Pihak Kuwait” – Menhan
    https://defencesecurityasia.com/tudm-kuwait-hishammuddin-terpakai/
    —————

    eh dijawab EMIR
    ⛔️NO SALE HORNET FOR KL⛔️ haha🤣😆🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk mengobati kerinduan, si kismin babu British beruk bucu katil akan dihibahkan hornet Kuwait sebanyak 2 squadron.....dlm bentuk foto....😂🙄🙄🙄

      Hapus
    2. ntuw pun poto kopi kali yak haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  32. catat!!! kata upinipin MALON tu miskin..miskin...miskin 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  33. Jelas Anwar, kelewatan hampir satu jam itu akibat kerosakan pesawat rasminya. "Sebelum itu saya nak minta maaf, Perdana Menteri tak harus lewat, hari ini saya lambat sebab pesawat rasmi PM rosak.
    🔥ROSAK = NO MAINTENANCE🔥

    BalasHapus
  34. seblah hobi sewa:
    dr pake BBJ-700 ternyata sewa dr maskapai MA,
    N1785B Boeing Company
    9M-BBJ Malaysia Airlines
    M53-01 Malaysia - Air Force

    https://www.jetphotos.com/info/737NG-29274
    ---------------
    2018 dijual
    2-SGSG gainjet ireland
    VP-BTV Private Boeing 737-700 BBJ 2022
    ======

    pesawat kedua: airbus A319-100 ACJ,

    9M-NAA Jet Premier One
    9M-NAA Federal Government of Malaysia op by Jet Premier One

    VIP seblah uda bekas..sewa pulak dari operator jet premier one haha!😵‍💫😵‍💫😵‍💫
    https://www.planespotters.net/airframe/airbus-a319-100-9m-naa-federal-government-of-malaysia/en4089#google_vignette



    BalasHapus
  35. NG? wingtip model gtu bkn nya MAX

    BalasHapus
    Balasan
    1. wingtip model begitu dipake hampir semua pesawat komersil baru karena bisa mengurangi drag hambatan udara yg berdampak pada penghematan bahan bakar. jadi wingtip model melengkung gitu bukan cuma buat gaya2an atau ciri tipe pesawat tertentu.

      Hapus
    2. nyooihh wing tip model gt namanya "Blended split" om airod,

      737-NG- seri 600-700-800-900 diproduksi dari 1997-2020
      737-max masuk 2017-skrg

      bowing 737-800NG milik tni-au yg baruw ini buatan 2015 pake wingtip model "blended split" sperti MAX. ituw hasil retrofit seblomnya ya pake "blended winglet" standar NG

      ZS-ZWF registrasi awal
      N658AD registrasi amrik
      A-7309 regisrasi tni au

      ini poto hasil perubahaannya
      awalnya
      https://www.planespotters.net/photo/647029/zs-zwf-kululacom-boeing-737-8ldwl

      ganti wingtip
      https://www.planespotters.net/photo/936310/zs-zwf-kululacom-boeing-737-8ldwl

      ada lagi bowing 737-800NG - umur 14 tahunan pake wing tip model "blended split"

      awalnya:G-FDZS
      https://www.planespotters.net/photo/202237/g-fdzs-thomson-airways-boeing-737-8k5wl

      gantinya:
      https://www.planespotters.net/photo/1349263/g-fdzs-tui-airways-boeing-737-8k5wl

      hasil retrofit ini katanya utk efisiensi

      klo P-8 yg berbasis NG pake model Raked winglet

      semoga membantuw om haha!🙂🙂🙂

      Hapus