18 Juni 2023

Usai Qatar, Menhan Prabowo Negosiasi dengan UAE Beli Jet Tempur 2000-9

18 Juni 2023

Pesawat tempur Mirage 2000-9 UAE (photo : Alex Maras)

Bandung - Kementerian Pertahanan (Kemhan) berencana untuk membeli Mirage 2000-9 milik United Arab Emirates (UAE). Rencana ini diungkap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto setelah pihaknya berhasil membeli 12 pesawat jet Mirage 2000-5 bekas Qatar.

 Prabowo mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan negosiasi dengan UAE untuk membeli pesawat jet tempur Mirage 2000-9 itu. Kata Prabowo, pembelian pesawat ini bertujuan untuk mengisi kekosongan pesawat tempur Indonesia yang sudah berumur tua. 

"Kita lagi nego juga dengan Emirates, mereka punya juga Mirage 2000-9. Ini lagi kita nego juga mudah-mudahan kita bisa mengakuisisi ini untuk menjaga sekarang sampai lima tahun sampai pesawat-pesawat kita yang baru full ada di kita," ujar Prabowo di Bandung, Jumat, 16 Juni 2023.

Selain Emirates, Prabowo juga menyebut program kerja sama dan negosiasi di bidang pertahanan terus dilakukan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Turki dan Korea Selatan. 

Konfigurasi persenjataan pesawat tempur Mirage 2000 (photo : Bobdenard57)

"Kita ada program sama Korea, KFX, juga sedang nego dengan Amerika, F15 dan sedang nego serta menjajaki kerja sama dengan PT DI dengan Turki mengembangkan juga pesawat generasi kelima dengan Korea generasi 4.5," tuturnya. 

Sebelumnya diberitakan, Indonesia membeli 12 pesawat jet Mirage 2000-5 bekas pemakaian Qatar. Meski bekas, pesawat jet tersebut dipastikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dapat dipakai sampai 20 tahun ke depan.

Hal itu ditegaskan Prabowo lantaran pesawat jet Mirage 2000-5 itu jam gerbangnya masih sedikit. Terlebih, Qatar merupakan negara kecil.  

"Mirage ini cukup canggih dan walaupun dikatakan bekas, tapi Qatar adalah negara yang sangat kecil. Jadi flying hours-nya masih sedikit. Jadi masih bisa kita pakai mungkin minimal 15 tahun, 20 tahun lagi," kata Prabowo kepada wartawan di Bandung, Kamis, 15 Juni 2023.
  
Konfigurasi persenjataan pesawat tempur Mirage 2000 (photo : MBDA)

Tak hanya itu, Prabowo menyebut pesawat Mirage juga paling potensial dibeli saat ini. Sebab, untuk pengadaan pesawat baru seperti Dassault Rafale dan F-15 Super Eagle itu membutuhkan waktu delivery yang cukup lama.  

Sehingga, pembelian pesawat bekas dinilai menjadi langkah yang tepat. Adapun pesawat Rafale pertama itu diperkirakan akan terlaksana pada Januari 2026 mendatang. Sedangkan untuk pesawat F-15 masih dalam proses pembahasan Letter of Offer and Acceptance oleh Pemerintah Amerika Serikat dengan skema FMS (Foreign Military Sales). 

"Ya jadi sebagaimana diketahui kita harus bangun kekuatan pertahanan kita, diterent kita, kekuatan penangkal, dan saat ini banyak sekali pesawat kita yang sudah tua dan harus kita refurbished. Kita sedang perbaiki," kata Prabowo. 

"Dan kita akan beli pesawat-pesawat yang baru, modern, sudah kita kontrak, sudah kita pesen Rafale dari Perancis. Tapi kita tanda tangan baru berapa minggu yang lalu, beberapa bulan (yang lalu), datangnya nanti yang pertama itu 3 tahun lagi, paling cepat. Dengan itu, kita lihat yang potensial adalah Mirage 2000-5," pungkasnya.

199 komentar:

  1. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
    MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
    KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
    🔥MODAL BACOT DOANG🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah emang udah nga dapet nga ada duit nga dapet izin pale kecuali buat parade ngapain Malaysia berusaha dapetin F-18 yg bodoh itu mikit Malaysia masih keras pala mau dapetin F-18 IT DON'T MAKE SENSE. Rawat mahal pake mahal ngapain Keke mau F-18 kan yg bego loe pada. Pake otak dunk sebego2nya Malaysia masa sihmau ambil barang yg mereka nga mampu rawat??? 🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️

      That's why Malaysia pindah ke pesawat murah yah silakan ngejek mereka tapi mereka sadar tau diri kalo miskin ngapain beli mahal2 buat gaya?

      Stop copy and paste it's getting old kaya loe NGA bisa bales gempur dengan reply yg lebih berkualiti.

      Hapus
    2. Wkwkwkwk DM = demen menyepong

      Hapus
    3. Prabowo juga menyebut program kerja sama dan negosiasi di bidang pertahanan terus dilakukan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Turki dan Korea Selatan.
      "Kita ada program sama Korea, KFX, juga sedang nego dengan Amerika, F15 dan sedang nego serta menjajaki kerja sama dengan PT DI dengan Turki mengembangkan juga pesawat generasi kelima dengan Korea generasi 4.5," tuturnya.
      🔥BERUK KEPANASAN TOLOL🔥

      Hapus
  2. Prabowo juga menyebut program kerja sama dan negosiasi di bidang pertahanan terus dilakukan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Turki dan Korea Selatan.
    "Kita ada program sama Korea, KFX, juga sedang nego dengan Amerika, F15 dan sedang nego serta menjajaki kerja sama dengan PT DI dengan Turki mengembangkan juga pesawat generasi kelima dengan Korea generasi 4.5," tuturnya.
    🔥BERUK KEPANASAN TOLOL🔥

    BalasHapus
  3. Lanjutkan Pak Menhan INDONESIA....NETIZEN INDONESIA MENDUKUNG !

    Pak....sekalian jalan ama F15J ex-Japan 2-3 skadron ya Pak sebelum F15 Super Eagle menjadi Kontrak Efektif .

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Prabowo sedang mengurangi ketergantungan dengan alutsista Made in US, makanya beralih ke Perancis

      Hapus
    2. Unknown18 Juni 2023 pukul 08.32
      pak Prabowo sedang mengurangi ketergantungan dengan alutsista Made in US, makanya beralih ke Perancis

      10000000% benar!!!!!! Masa masih mau dibegoin ama Amrik lagi belajar dunk dari kesalahan masa lalu.

      Hapus
  4. Malay beli f50 cuman 18 biji senengnya minta ampun sampe guling² itu pun kalo gak prank, cuaksss miskin cuman mampu beli jet tempur ringan,
    Tanam sayur banyak² lepas tu jual, boleh beli kampas rem jet wkwkwk

    BalasHapus
  5. Antiklimaks terbitnya ARTIKEL DIATAS SEKALIN MEMBANTING PROPAGANDA malon mahawangsa yang selalu komentar malon kerjasama dengan turkiye, dengan korea, dan lain lain.

    FAKTANYA ADALAH JUSTRU INDONESIA YANG BEKERJASAMA DENGAN NEGARA SAHABAT INDONESIA UNTUK RISET DAN PENGEMBANGAN SERTA PRODUKSI DAN MARKETING UNTUK JET FIGHTER GEN. 4.5 DAN GEN.5

    "Kita ada program sama Korea, KFX, juga sedang nego dengan Amerika, F15 dan sedang nego serta menjajaki kerja sama dengan PT DI dengan Turki mengembangkan juga pesawat generasi kelima dengan Korea generasi 4.5," tuturnya".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa kerja sama ama lebih banyak negara lain lebih bagus bisa buat Indo lebih maju Dan mandiri. Asal NGA di korupsi aja. Kita semua tahu org indo itu banyak yg bandel.

      Hapus
  6. Tuuuh kaaan......Menhan Prabowo akuisisi MIRAGE 2000-9 dari UEA 🙂......lebih oke tuh, semoga lancar 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda tanggung kalau cuma punya 12 unit..ya harus di tambah lagi biar mengamankan sparepart ke depan.

      Hapus
    2. Tupez 0118 Juni 2023 pukul 10.30
      Uda tanggung kalau cuma punya 12 unit..ya harus di tambah lagi biar mengamankan sparepart ke depan.

      Bener kalo banyak bisa dipake lebih lama mungkin bisa lebih dari 20 thn

      Hapus
    3. Bisa buat gantiin seluruh Hawk kalau ambil dari Qatar. Kalau setiap kali mereka terima Rafale, kita terima Mirage lumayan juga.

      Hapus
  7. Cukup manuk akal sih flying hours msih rendah karena manv qatar sama uea negara wialayah kecil,paling muter2 nya di situ2 aja 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata2 yg akan dikirim Mirage 2000-5 Qatar baru 1800 jam terbang

      Maximum jam terbang Mirage 2000
      Di angka 7500 jam terbang.

      Iya masih lumayan bisa terbang lama.

      Hapus
    2. Si Bugar18 Juni 2023 pukul 08.29
      Cukup manuk akal sih flying hours msih rendah karena manv qatar sama uea negara wialayah kecil,paling muter2 nya di situ2 aja 😀

      Asal nga kemahalan aja. Kalo iya yah pasti ada org yg cari untung sendiri. Tawar terus!!!

      Hapus
  8. Prabowo juga menyebut program kerja sama dan negosiasi di bidang pertahanan terus dilakukan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Turki dan Korea Selatan.
    "Kita ada program sama Korea, KFX, juga sedang nego dengan Amerika, F15 dan sedang nego serta menjajaki kerja sama dengan PT DI dengan Turki mengembangkan juga pesawat generasi kelima dengan Korea generasi 4.5," tuturnya.
    🔥SENGGOL DONG .... CUAAXSS🔥

    BalasHapus
  9. Makin mantap sambil tunggu pesawat yg baru dan gress langsung dari pabrik di terima. Aset terus berdatangan baik produk import maupun buatan dalam negeri. Lanjutkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iriyanto18 Juni 2023 pukul 08.35
      Makin mantap sambil tunggu pesawat yg baru dan gress langsung dari pabrik di terima. Aset terus berdatangan baik produk import maupun buatan dalam negeri. Lanjutkan

      Kayanya ini rencana setelah mulai setelah Indo dihina ama Lockheed Martin mereka bilang indo nga punya rencana yg pasti ato yg kuat buat modernisasi AU Indo. Jadi yah udah pesawat lama dan baru dan juga mulai bikini sendiri. Cina juga dulu masih beli dari Russia Dan Israel tapi mereka pelan2 pelajari Dan reverse engineering biar bisa mandiri.

      Hapus
  10. Mamang wowo gda obat spesies khas semenanjung mulai menggeliat melilit perut dan bulu kuduk nya berak d celana,,,lalu d makan oleh koloni nya sndiri mmpi basah d bwah awan mendung hutang yng menggunung

    BalasHapus
  11. Seandainya pak Prabowo menjabat menhan sejak awal pemerintahan Jokowi, seperti apa bayangkan modernisasi TNI kita, pasti sudah belanja besar besaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. andin18 Juni 2023 pukul 08.35
      Seandainya pak Prabowo menjabat menhan sejak awal pemerintahan Jokowi, seperti apa bayangkan modernisasi TNI kita, pasti sudah belanja besar besaran

      Mungkin juga timing. Kalo Indo belom selesai urusin masalah korupsi Indo punya harta pendapatan negara masih bocor sini sana. Sekarang mungkin udah di tambel lobang2nya baru lebih berani upgrade AU nya

      Hapus
  12. Nampaknya malon dah terhubung dengan Kuwait untuk memperolehi 33 hornet Kuwait kata gempork ngoahahaha


    https://defense-studies.blogspot.com/2023/06/kuwait-pilih-upgrade-tudm-boleh-ucapkan.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngemis maksa... minta gratis+ dikirim free ongkir.

      Mau kirim 100x surat juga nggak bakal di kasih.

      Coba kirim surat 1x minat & akan beli hornet second pasti langsung di ACC Kuwait.

      Hapus
  13. Poin nya adalah KITA BELI, bukan seperti KERAjaan beruk minta sedekah akias gretong.

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Saya baru dari Turki dan sudah lapor presiden, saran saya ke presiden kita ikut development TF-X yaitu pesawat tempur Generasi ke-5 Turki. Itu sasaran kita ke situ,” ujarnya saat memberikan sambutan di Kopasgat.

      Hapus
  15. Hmmmm Mirage 2000-9 ex.UAE (full digital cokpit)....malingCHIA 4x kirim surat ke emir Kuwai tidak dibalas..🤭🤭🤭 tetap F-18 tersikit didunia...😄🤣

    BalasHapus
  16. Kabarnya sih MIRAGE-9 dari UEA itu ada versi PENGINTAI, ngak tau apa akan diakuisisi juga, lumayan kaaan bisa intai para Beruk Malon sedang makan pisang sebelum dikandangkan 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intip avionik nya mirage 2000,

      https://www.facebook.com/groups/183021936698489/permalink/774408624226481/?app=fbl

      Hapus
    2. Iya tuh......kalau MIRAGE 2000-5 udah glass cocpit dan MIRAGE 2000-9 itu versi eksport untuk MIRAGE 2000 MK2 yang lebih canggih 🙂

      Hapus
  17. Taifun austria gak skalian ama
    Hornet Kuwait jangan” buat kita tuch gaesz 12 bijik yg fenting punyak lebih banyak dr seblah yg 8 haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.instagram.com/p/Ctjw-yrPSj4/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


      7000 UNIT TACTICAL ARMORED VEHICLE bahkan diminta sampai 10.000 unit

      7000 UNIT OM PAL

      Hapus
    2. nyoihhh uda nonton di vidio opa menhan pas lg dibandung maren, nyari yg bisa bikin jam lokal jugak tuch haha!👏👏👏

      Hapus
    3. Tipun itu batal krn austria dpt upgrade besar2an kan ya

      Hapus
    4. eurofighter taifun batal karena bekas dan pilih rafale om haha!😬😬😬

      Hapus
    5. palu gada18 Juni 2023 pukul 08.43
      Taifun austria gak skalian ama
      Hornet Kuwait jangan” buat kita tuch gaesz 12 bijik yg fenting punyak lebih banyak dr seblah yg 8 haha!🤣🤣🤣

      Bukannya Euro fighter kemahalan buat upgrade?? Ada di YouTube tuh kenapa banyak negara pemakai EF udah mulai cari pesawat baru produksinya mahal sekali. Lupa frame ato sayap nya composite material jadi lama dan susah buatnya. Makanya Indo lari ke perancis. Simple semua in house nga perlu minta izin ini ono unu ene ana.

      Hapus
  18. https://www.instagram.com/p/Ctjw-yrPSj4/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


    7000 UNIT TACTICAL ARMORED VEHICLE bahkan diminta sampai 10.000 unit


    LANGSUNG 7000 GUYS... YANG SEWA HELI 3 BIJI TUH TELAH SIKIT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoooii.....beli MAUNG sebanyak 7000 dan rencananya ditambah sampai 10,000 unit lagi 🙂

      Hapus
    2. Itungan nya tiap matra TNi bakal rata dapat semua tuh Maung versi baru untuk Ranops

      Hapus
    3. Itu Maung kalau beli 10.000 unit nanti mesinnya dipastikan bisa buat sendiri 🙂

      Hapus
    4. Iya betul......10.000 unit untuk tiap Matra TNI

      Hapus
    5. MAUNG itu kan ada versi lapis baja, harapannya diakuisisi juga 🙂

      Hapus
    6. Jip2 lama kia nya boleh gak di jual ke sipil. Lumayan bisa liwat banjir 1 meter

      Hapus
    7. Nah soal jip yg punya marinir jenis KiA ceper itu harus diganti,

      Hapus
    8. Sip dah buatan dalem negeri pula moga2 bisa tambah maju keep upgrading and improving!!!

      Hapus
  19. BEKAS lagi.... ORANG TENGAH lagi... HHAHAHHAHAHA...... MANTAP...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang senang ghoib dan cancel silahkan kerasukan...buat bahan gelak.

      Hapus
    2. Orang tengah scorpene tuh siapa ngoahahaha

      Hapus
  20. Eh upin ipin nongol. Pasangan guy nya mana ?

    BalasHapus
  21. TERLALU TIDAK JELAS DENGAN TENDENSI MEMAKSA SQUADRON PRANCIS MENENUHI SQUADRON TEMPUR NKRI SANGAT JELAS SEKALI ADA TARGET YANG DIAMBISIKAN DI CAPAI MENURUT PANDANGAN SUBJEKTIF PRIBADI.
    SEHARUSNYA TETAP KONSISTEN MENGGARAP PROJECT PESAWAT TEMPUR INDIGENOUS INDONESIA IF 21 🇮🇩 DENGAN KOREA SELATAN DENGAN PRIORITAS TINGGI TERMASUK KELANJUTANNYA IF 21 🇮🇩 GENERASI 5 DENGAN KOREA SELATAN AGAR JELAS BASIS TECHNOLOGYNYA TIDAK MENCLA MENCLE SEHINGGA INDUSTRI PESAWAT TEMPUR MUTAKHIR NKRI TIDAK JELAS FONDASINYA DENGAN TURKEY DSB ITU GAMBARKAN BAHWA ADA SIKAP KUAT OPOSISI PADA PROJECT INDIGENOUS NKRI DI IF 21 🇮🇩 DENGAN TURKEY PUN ITU HANYA PEMBELI BUKAN PEMBUAT ATAU PENGEMBANG & INDUSTRI SEPERTI DIKETAHUI TURKEY SUDAH BERJALAN PROGRAMNYA & GENERASINYA SESUAI RENCANA SAMA GENERASINYA DENGAN IF 21 🇮🇩 INDIGENOUS INDONESIAN FIGHTER.
    SIKAPNYA TERLALU KEKANAK KANAKAN TIDAK DEWASA BAPPENAS RI & DPR RI HARUS LURUSKAN INI JUGA TIDAK MENGETAHUI BENAR MENGENAI TFX & LAINNYA.
    MENGENAI MIRAGE 9 JADI PERTANYAAN BESAR SETELAH UAE HENDAK GANTI PESAWAT DENGAN RAFALE JUGA SEHINGGA PADANGANNYA ANEH KETIKA NEGARA TIMUR TENGAH MELEPAS MIRAGE TAPI SUBIANTO MEMAKSA MENGAKUISISI SELAIN JELAS LINI PRODUKSINYA SUDAH DITUTUP 100 % INI ARTINYA MEMPERSULIT NEGARA INDONESIA SANGAT MEMPERSULIT NKRI HANYA PAKSAKAN AMBISI SAJA SAMBIL HENDAK TIDAK PERDULIKAN PROJECT INDIGENOUS RI DI IF 21 🇮🇩 YANG SEHARUSNYA JADI TULANG PUNGGUNG KEMANDIRIAN BANGSA RI DALAM PENCAPAIAN TECHNOLOGY PESAWAT GENERASI SELANJUTNYA DARI IF 21 🇮🇩 YANG SUDAH JELAS BASIS INDUSTRI & TECHNOLOGYNYA.
    PEMBOROSAN INI JUGA JELAS ANGGARAN TIDAK MEMBERI PORSI UNTUK RISET & DUKUNGAN PENDANAAN UNTUK KEMAJUAN TECHNOLOGY KEDIRGANTARAAN RI ATAU ALUTSISTA LAIN AGAR INDONESIA MANDIRI DALAM ALUTSISTA, SELAIN ADA HAL JANGGAL ALIRAN DANA DIARAHKAN KE QATAR & UAE UNTUK BARANG BEKAS DENGAN KEMUNGKINAN MENGGUNAKAN BROKER SAMA SEBAGAI LOBBY ATAU ADA ALIRAN DANA KHUSUS JUGA SERTA TIDAK TERLIHAT ITIKAD BAIK UNTUK MEMAJUKAN RISET & PENGEMBANGAN BAGI KEMAJUAN TECHNOLOGY INDIGENOUS NKRI TETAPI LEBIH INSTANT & TIDAK BERI BENEFIT PADA NEGARA JUGA KEMAJUAN SCIENCE & TECHNOLOGY INDONESIA.
    BUDGET YANG AKAN DI PRESENTASIKAN TERLALU MEMBERATKAN TANPA ADA BENEFIT KE NKRI.
    SUBIANTO JUGA TIDAK MEMAHAMI & TAHU BEBERAPA TAHUN SETELAH INI KEKUATAN TECHNOLOGY ALUTSISTA AKAN BERUBAH LAGU & MIRAGE DSB AKAN ADA DI LEVEL CUMA JADI MANGSA LAWAN SAJA , SEHINGGA SANGAT PREMATURE & TIDAK DEWASA PEMIKIRANNYA.
    BAHKAN PEMBELIAN BARANG BEKAS SEKARANG TIDAK LEBIH BERMANFAAT JIKA DIBANDING MEMBELI VIPER BLOCK 70 ATAU GRIPEN E SWEDIA.
    BAPPENAS RI & DPR RI HARUS KENDALIKAN & TINJAU SEMUA HAL TIDAK JELAS DARI MAUNYA SUBIANTO INI , SERTA MEMBERI PRIORITAS JELAS UNTUK KEMAJUAN TECHNOLOGY & INDUSTRI YANG SUDAH JELAS BASIS NYA SEBAGAI PRODUCT INDIGENOUS RI SEPERTI IF 21 🇮🇩 JUGA BENEFITNYA KE APBN & MASA DEPAN TECHNOLOGY ALUTSISTA UNTUK KEMANDIRIAN BANGSA DALAM ALUTSISTA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending lu cuci muka, ngopi, gosok gigi, trus tidur lagi...

      Hapus
  22. Intinya...kita beli loh pork, bukan ngemis2 sepwrti KERAjaan malon siak. Mungkin kalau Kerajaan mau beli dari kuwait mungkin akan dijual cum kan malon minta gratisan. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  23. Jelas yang dijual oleh QATAR adalah MIRAGE 2000 5 yang TERTUA dalam jenisnya guys.... HHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih muda dari F18 D beruk ha ha ha ha

      Hapus
    2. Lebih muda dari MKM rongsokan malon ngoahahaha

      Hapus
    3. Mig 29 dan Aermachi MB339 CM malon lebih muda dan sudah jadi rongsokan ....jadi usang.... wkwkwkwkwk maklum tak ada kepakaran rawat pesawat...

      Hapus
    4. GEMPURWIRA18 Juni 2023 pukul 09.10
      Jelas yang dijual oleh QATAR adalah MIRAGE 2000 5 yang TERTUA dalam jenisnya guys.... HHAHAHAHAH

      Kadang mobil tua lebih bagus semua bugsnya ato error2nya udah dibetulin. Liat aja tuh F-35 emang baru tapi lebih sering fi grounded ama Korea Jepang even USAF Dan USN juga grounded pesawat yg baru.

      Hapus
    5. Lebih muda dari tun mahathir bro

      Hapus
  24. Kita Gak kayak sebelah sampai ngemis2 kirim surat cinta 3x...tapi di Prank sultan Emir

    Kihkihkh

    BalasHapus
  25. Guys.... Mau HUTANG apa lagi ya....NGUTANG terus barang BEKAS ni... Malah BANGGA... ANEH.. HAHAHHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prabowo juga menyebut program kerja sama dan negosiasi di bidang pertahanan terus dilakukan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Turki dan Korea Selatan.
      "Kita ada program sama Korea, KFX, juga sedang nego dengan Amerika, F15 dan sedang nego serta menjajaki kerja sama dengan PT DI dengan Turki mengembangkan juga pesawat generasi kelima dengan Korea generasi 4.5," tuturnya.
      🔥BERUK KEPANASAN TOLOL🔥

      Hapus
    2. Lha LCS mangkrak, LMS ompong,OPV berenang miring bukan dari hutang ya pork ngoahahaha

      Hapus
    3. Malon mah dah beda kasta jauh tertinggal urusan Sabah dan Sarawak biar diserahkan Pinoy buat merebutnya TNI cukup perkuat penjagaan diperbatasan darat laut dan udara. Serta blokade laut natuna utara.Mabuhay Pinoy.

      Hapus
  26. Lah kesian ni guys beli barang BEKAS dengan HUTANG..... HAHHAHAHA

    Aneh rakyatnya teriak teriak bantah tapi tak di peduli... HHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gank GORILLA longor sebelah kerasukan karna tak diberi hornet bekas Kuwait ngoahahaha

      Hapus
  27. Ohhhh... Lagi mau HUTANG FMS F15.... Mau tanya HUTANG HUTANG ni kelak yang Menanggung PRABOWO atau rakyat YA..? Tanya saja.. HHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS mangkrak, OPV berenang miring dan LMS ompong bukan dari hutang ya pork ngoahahaha

      Hapus
  28. Guys.... Ini yang rundingan Rahsia perusahaan CEKO lagi ya..? HAHAHAHAHHA...

    Tunggu naik pengganti Jokowi kita akan dapat berita berita bagus dengan pembelian pembelian aneh ini... HHAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih aneh itu pembangunan LCS MAHARAJA LELE ...udah korup...mangkrak dilanjutkan lagi...udah ganti PM GAK ADA YG DITAHAN CUKUP BAYAR WANG HASIL KORUPSI...PENJAHAT NYA BEBAS MELENGGANG ..HUKUM DI MALAYSIA LEMAH...

      Hapus
  29. Utang kita jadi ASET
    Utang KL jadi AMPAS gaesz haha!🤣🤣🤣
    Tamat masuk poket MALING haha!😆😆😆

    BalasHapus
  30. Geng GORILLA ni ada ada saja... HHAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengki lah tuh ngoahahaha

      Hapus
    2. Beruk yg tolol makin kerasukan guys hampir.... kepanasan gak ada berita bermutu ttg Malon.

      Hapus

  31. heli blekhok SEWA
    heli awewe139 SEWA
    heli latih a355 SEWA
    motor bmw SEWA
    mobil velfire SEWA
    pesawat jet latih SEWA kanada
    pesawat VVIP SEWA Premier One

    lama” jd angkatan bersenjata SEWA nich haha!😄😄😄
    lender mana lender....

    BalasHapus
  32. Negara pengguna hornet tersikit di dunia cuma melon 8 biji,kesusahan cari tambahan armada,sampai harus ngemis2 ke emir kuwaiti tapi yg terjadi tak satupun surat di respon...kehkehkeh
    Saran aja lon,coba ngemis2 hornet ke Ausie sana kan sesama FPdA abang adik 😃saling tulong menulong sebelum armada hornet di kirim ke Ukraina.
    Jom jom😀😃

    https://www.airspace-review.com/2023/06/06/ukraina-berkemungkinan-mendapatkan-41-f-a-18-hornet-dari-australia/

    BalasHapus
  33. HUTANG dapat ASET klaim si GORILLA... HAHAHAHAHA

    Patutlah mereka mudah DI PRANK... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang mana lebih besar lon,hutang Indonesia apa hutang malon ngoahahaha

      Hapus
    2. Hutang dapat aset mangkrak dan karatan tambah miring juga yak ampun.

      Hapus
    3. Hutang dapat aset mangkrak wang songlap ditambah aset belum jadi dah dikurangi, yg cecah air langsung miring.ampun lon

      Hapus
  34. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
    MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
    KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
    🔥BERUK MODAL BACOT DOANG🔥

    BalasHapus
  35. Guys cara pembelian MIRAGE RONGSOKAN Saja aneh pakai perusahaan Ceko sebagai orang tengah..... Rahsia pula perundingannya...

    Masa pemerintah INDON tak mampu lakukannya sendiri..? Nah ini yang dipertanyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting Indonesia shopping bukan cem malon kuat MEMBUAL tapi tin kosong melompong tiada bukti realiti ngoahahaha

      Hapus

  36. Bandung - Kereta Api Cepat Jakarta Bandung terus melakukan uji coba. Yang terbaru, kecepatan kereta itu sudah menembus 300 kilometer per jam!

    Baca artikel detikTravel, "Diuji Coba, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Tembus 300 Km per Jam!"
    https://travel.detik.com/travel-news/d-6777687/diuji-coba-kereta-api-cepat-jakarta-bandung-tembus-300-km-per-jam
    —————-

    Tembusss 300!! Km gaesz
    Maksumal bisa 385km !!!

    HST kita yg pertama se ASEAN kencang haha!🚄🚄🚄

    MAHAL haha!💰💰💰

    sementara jiran jadi AMPAS akibat KENSEL LAGI haha!😆😆😆
    Bayar denda $100 juta dolar tanpa hasil haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  37. JiAHAHAHA.....ada GORILLA MALAYA sok tau sehingga terlihat BODOH dengan katakan MIRAGE 2000-5 versi Tertua, kalau versi atau pertama itu MIRAGE 2000 C yang diluncukan tahun 1982 silam......JIAHAHAHAHA.....SALAH BESAR YAAAA 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  38. Prabowo juga menyebut program kerja sama dan negosiasi di bidang pertahanan terus dilakukan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Turki dan Korea Selatan.
    "Kita ada program sama Korea, KFX, juga sedang nego dengan Amerika, F15 dan sedang nego serta menjajaki kerja sama dengan PT DI dengan Turki mengembangkan juga pesawat generasi kelima dengan Korea generasi 4.5," tuturnya.
    🔥BERUK KEPANASAN = BERUK MODAL BACOT🔥

    BalasHapus
  39. Hihihii yg suratny di tolak Kuwait mohon tepi sikit,sila merenung kat tandas jgn lupa bawa tisue😋😋

    BalasHapus
  40. Negara jiran shoping Aset baru.... INDON malah makin mundur ni guys... HHAHAHHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha Malon nak beli hornet bekas Kuwait tapi tak diberi tuh apa ngoahahaha

      Hapus
    2. Betul tim elit juga shopping aset baru. Tim sulit cukup kerasukan dan komen sembang dan bual saja. Ujungnya sewa aset bekas dan cancel.bikin kesel yah.

      Hapus
    3. Tak papa dari pada sewa lebih sakit lagi minta barang bekas 4 kl di tolak kuwaiy

      Hapus
  41. Sewa heli kok shoping

    Melon punya

    BalasHapus
  42. Versi TERTUA itu MIRAGE 2000 C dan MIRAGE 2000-5 itu versi Eksport yang sudah canggih 🙂

    BalasHapus

  43. warganyet KL tak faham gaesz konsep kelola utang yang baik dan benar haha!🤓🤓🤓

    yang baik & benar adalah:
    aset datang dulu, bayar belakangan sperti kita hore haha!👍👍👍

    sementara disebelah:
    NYICIL = bayar berperingkat
    NYICIL = Utang yg tertunda haha!😬😬😬
    semua bunga/faedah/interest + wang kupi masyuk jadi satu paket penjualan

    tapi aset tak ada alias zonk seperti lcs ghoib gaesz haha!🤫🤣🤫
    orang tengah=lender gaesz senang haha!😅😂😅

    BalasHapus
  44. MALAYSIA
    18 BUAH FA-50 BLOCK 20 - BARU
    THAI
    3 GRIPEN - BARU

    INDON.. HAHAHAHAHA
    12 MIRAGE RONGSOKAN TERTUA DALAM JENISNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halunisasi Si Miskin kuat NGUTANG ngoahahaha

      GEMPURWIRA18 Juni 2023 pukul 09.23
      MALAYSIA
      18 BUAH FA-50 BLOCK 20 - BARU
      THAI
      3 GRIPEN - BARU

      INDON.. HAHAHAHAHA
      12 MIRAGE RONGSOKAN TERTUA DALAM JENISNYA

      Hapus
    2. pura2 lupa sama RAFALE YA LON WAKAKAKAKAKAK

      Hapus
    3. Malon senang aset ghoib guys tim elit aset real.

      Hapus
    4. Gak usah banyak cakap nanti juga dipermalukan Data SIPRI.

      Hapus
  45. Kemunduran..
    Pura2 dungu aja lon.strees ya
    Shoping elit borong Rafale sama F15ex LOA itu apa lon.
    Kalimat mana yg nytakan melon shoping pake cash hayu geng beruk miskin IQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk gempur mah gak usah dipercaya komen bualnya, cukup dijadikan bahan gelak, Makin kerasukan makin lucu lawakannya.

      Hapus

  46. Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Pesawat F/A-18 Hornet Milik Kuwait

    Kerja-kerja penyelenggaraan dan naiktaraf pesawat Hornet Kuwait itu berkemungkinan membawa maksud bahawa negara Timur Tengah itu belum lagi bersedia untuk "berpisah" dengan pesawat-pesawat Hornet miliknya sama ada kepada Malaysia
    ———

    kata" sakti EMIR Kuwait buat KL si pemburu rongsokan hornet haha!😜😜😜

    ⛔No Sale of Hornets to Malaysia -- Kuwait⛔

    ⛔No Sale of Hornets to Malaysia -- Kuwait⛔

    ⛔No Sale of Hornets to Malaysia -- Kuwait⛔

    3 x bersurat minat hornet kuwait gagal total
    Say gutbai si ehem haha!🍆🍆🍆

    BalasHapus
  47. Negara kaya itu adalah BARANG BARU MAUPUN BARANG BEKAS bisa saja dibeli......maklum punya DUIIIT 💰💰

    BalasHapus
  48. Shoping baru
    Rafale 42 unit
    F15ex LOA progress

    Lupa lon wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lihat list shopping indonesia beruk Malon dipastikan banyak yg kejang kejang guys.

      Hapus
  49. MALOOON yang TOLOL rupanya lupa ya.....pembelian Mirage adalah persiapan untuk KEHADIRAN 42 UNIT RAFALE.....pesawat mahal tuuuuh 🙂

    BalasHapus
  50. Hehehehe.... X terbanahkan ....

    https://www.youtube.com/watch?v=O5DuM9QPAGI

    SONTAK HEBOH, PT PAL INDONESIA DI PUJA DI INDONESIA DICAP BURUK OLEH JEPANG GEGARA INI..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih burok buat kapal caacat design siapa lagi klo bukan Boustedr🤭😃

      Hapus
    2. Itukan kata YouTubers ngoahahaha bukan kata pejabat Jepun ngoahahaha

      Hapus
    3. Nah ginikan lengkap, upin ipin pasangan guy malon sudah nongol.

      Hapus
    4. Eeee....si pembual munafik mahamangsa hadir. Mana gambar PTM-6? Jangan bilang rahsia! Memang bualan semata kan? kan? kaaaan?

      Hapus
  51. Tiada negara lagi yg bagi hornet seken kepada melonesia..wkwkkw

    Australia juga gak mau kasih..kasihn sungguh melon

    BalasHapus
  52. Mau bandingkan RAFALE dengan FA-50 ?......yang betul saja, beda kelas, beda kualitas dan beda harga tuuuh🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda Kasta bro... negara dunia ke 3 lawan Negara G20 beda lah...

      Hapus
  53. Dunia akan tertawa kalau malon katakan RAFALE kelasnya dibawah FA-50 blok 20.......JIAHAHAHAHA 😁😄😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat beruk Gempur kan dunia nya sudah terbalik...makanya gempur hobby yg ghoib. Hebat sewa dari pada beli. Parah.

      Hapus
  54. Shoping elit indo
    Rafale 42 biji
    F15ex Estimasi 10-12unit progres LoA
    C130J
    A400
    Rudal Khan Bora
    Trisula ADS Hisar varian
    Msih byk lgi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan disebut semua niat shoppingnya nanti ada yg kejang dan game over loh. Gak da gempuwaria gak ada komen lucu bahan gelak. Setiap komen kerasukan Gempork kan dinanti warga DS. Wk.wk.wk.

      Hapus
  55. Halunisasi Si Miskin kuat NGUTANG,tiada bukti realiti sign kontrak efektif pembelian dan bukti realiti bayar uang muka ngoahahaha

    GEMPURWIRA18 Juni 2023 pukul 09.23
    MALAYSIA
    18 BUAH FA-50 BLOCK 20 - BARU
    THAI
    3 GRIPEN - BARU

    INDON.. HAHAHAHAHA
    12 MIRAGE RONGSOKAN TERTUA DALAM JENISNYA

    BalasHapus
  56. HIIIIIH.....ngaku kaya tapi bayar FA-50 blok 20 dengan setengah TUNAI dan setengah pakai MINYAK SAWIT BUSUK 😁😄😄🙂

    BalasHapus
  57. FA50 kontrak efektif kapan? Pesawat beli Bru proses 4 Thun
    Jdi 2026 terima Rafale ,2027 Indonesia sudah ada Rafale terbang sana sini,KFX ifx sudah mulai produksi.

    BalasHapus
  58. MALOOON beli pesawat Tempur ringan yang murah pakai pembayaran TUNAI dan MINYAK SAWIT ?.....itu tandanya apa ?.......ada tanda kEMISKINAAAN 🙂

    BalasHapus
  59. Sosok Di Balik Penjualan Misterius Pesawat Mirage Qatar ke Indonesia

    https://www.youtube.com/watch?v=h0no4MTLKWM

    TNI-AU ternyata mnolak pembelian pesawat usang rongsokan Mirage 2000-5 ... tetapi dibeli juga ...

    Inilah alasannya....Ada udang dibalik batu dibalik pembelian Mirage2000-5 dari Qatar ini ....

    Siapakah makelar itu ? Ternyata berkat hubungan baik sang makelar asal Brazil dengan Prabowo Subianto sendiri .... Scheme Win Win ..

    Maklumilah ... Prabowo perlu banyak wang untuk pencalunannya mnjadi presiden Indon di tahun 2024 nanti ... Hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ipin, upin mana ? Kok nongol satu2 nggak barengan ? Sebagai guy malon harusnya selalu bergandengan tangan dong

      Hapus
    2. Pagi ini elo udah hisap DADAH ?.....siap BERHALUSINASI ?.....😁🙂

      Hapus
    3. Kenapa ausie gak mau bantu hibahkan hornet ke melonesi cing?katanya member fpda saling bantu,kok malah Ukraina di bantu😅

      Hapus
    4. Tak ada disebutpun makelar dari Brazil ngoahahaha, reka2 cerita je kerja ko lon ngoahahaha

      Hapus
    5. Dari Brazil.....mau tanding bola disini ?.....bukannya Argentina ? 🙂

      Hapus
    6. Brasil? Ronaldinho,cafu,rivaldo,ato kaka

      Hapus
  60. Ada Malon HALU yang katakan USA dan CHINA takut dengan MALAS'IYAAA 🇲🇾

    BalasHapus
  61. Mogami, China Bongkar Kehebatan Fregat Buatan Jepang Itu, Berbahaya!
    Albert Alausath
    Rabu, 14 Juni 2023 | 18:39 WIB
    Mogamis Class Jepang diwaspadai oleh China
    Mogamis Class Jepang diwaspadai oleh China

    ZONAJAKARTA.com - Isu Mogami akan segera menjadi milik Indonesia menjadi perbincangan hangat belakangan ini.

    Mogami class merupakan kapal fregat terbaik buatan Jepang saat ini.

    Fregat ini beroperasi di bawah Angkatan Laut Kekaisaran Kepang, dan akan segera menjadi salah satu milik Indonesia.

    Isu soal kesepakatan Indonesia untuk membeli Mogami Jepang ini, tampaknya juga menarik perhatian China.

    Menganggapnya sebagai sebuah ancaman yang patut diwaspadai oleh China.

    Shao Yoanglng, pakar militer China menulis soal pekembangan TNI AL yang membuatnya menjadi ancaman saat ini.

    Dikutip Zona Jakarta dari 163.com, menulis membocorkan soal rencana jangka panjang Indonesia.

    Dalam buku putihnya, Indonesia disebut-sebut mengincar armada angkatan laut 274 kapal, 10 skuadron tempur, dan 12 kapal selam diesel-listrik baru tahun 2024.

    Tak hanya itu, kehadirian Mogami Class ke Indonesia disebut-sebut juga sebagai ancaman nyata.

    Para petinggi TNI Angkatan Laut juga sangat menyadari hal ini, dan tahun 2021 bisa dibilang sebagai tahun panen mereka.

    Pada Maret 2021, mereka menandatangani perjanjian dengan Jepang untuk mengimpor 8 fregat kelas "Mogami" Jepang.

    Isu tersebut berhembus kencang, setelah belakangan ini Indonesia positif akan membeli Mogami Jepang.

    BalasHapus
  62. Negara jiran shoping Aset baru.... MALON malah makin mundur ni guys... SEWA HELI SIPIL BEKAS .... HHAHAHHAHA

    BalasHapus
  63. Pork,dari mana jalannya MKM dan hornet malon lebih muda berbanding Mirage-2000 ngoahahaha...MKM dibuat tahun 90-an,hornet dibuat tahun 80-an lebih muda berbanding mirage-2000 dibuat tahun 2000-an ngoahahaha...otak GORILLA longor sebelah kalo dah dengki suka meracau ngoahahaha 😀😂


    GEMPURWIRA18 Juni 2023 pukul 09.10
    Jelas yang dijual oleh QATAR adalah MIRAGE 2000 5 yang TERTUA dalam jenisnya guys.... HHAHAHAHAH

    BalasHapus
  64. Agak curiga sama Pak Prabowo, dia kan orang militer, bisa aja ini Mirage malah dipakai buat luncurin senjata nuklir. Gila sih kalau diduet sama 42 Rafale bisa 54 Nuklir.

    BalasHapus
  65. Gempur dan Supremo duet kerasukan hahahaha

    BalasHapus
  66. Iya juga yaaaa.....negara Jiran yang lain beli aset baru tapi hanya MALON yang MENYEWA aset militer 🙂

    BalasHapus
  67. Gank GORILLA longor sebelah jilat ludah sendiri ngoahahaha...jejak digital ada guys ngoahahaha 😂😀...
    Yang suka hornet bekas Kuwait tuh siapa ya ngoahahaha 😂😀😀



    GEMPURWIRA18 Juni 2023 pukul 09.07
    BEKAS lagi.... ORANG TENGAH lagi... HHAHAHHAHAHA...... MANTAP..



    GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
    MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
    KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
    🔥BERUK MODAL BACOT DOANG🔥

    BalasHapus
  68. Dimaklumin aja Buzzers UMNO / Bangsa KERA'JAAN IQ JONGKOK aka idiot semua om @MR

    BalasHapus
  69. Rudal maut yg bisa dibawa Mirage 2000

    2× AM.39 Exocet
    2× AS-30L laser guided missile
    1× ASMP tactical nuclear cruise missile

    Gak bahaya ta bawa nuklir😆

    BalasHapus
  70. Pembelian Jet Tempur F-15 Gunakan Skema FMS
    indonesiadefense.com
    nst
    Sabtu, 17 Juni 2023 | 17:01 WIB
    Jet Tempur F-15
    Jet Tempur F-15. (Foto: Air Combat Command)
    Jakarta, IDM – Usai Indonesia memastikan kedatangan jet tempur Mirage 2000-5 dari Qatar, Kementerian Pertahanan juga memberikan pernyataan terkait proses kontrak pesawat F-15.

    “Masih dalam tahap pembahasan Letter of Offer and Acceptance oleh pemerintah Amerika Serikat (pembelian pesawat dengan skema FMS atau foreign military sales),” tulis Kemhan RI dalam rilisnya.

    FMS sendiri merupakan program dari pemerintah Amerika terkait bantuan keamanan bagi negara-negara yang diizinkan oleh mereka untuk membeli sistem persenjataan, menjalin kerja sama militer, pendidikan, dan pelatihan dengan AS di bawah Arm Export Control Act (AECA) atau Akta Kendali Ekspor Persenjataan.

    Baca Juga: Tradisi Satuan Penerimaan Warga Baru Kikav 8 Divif 2 Kostrad

    Melalui FMS, pemerintah AS dan pemerintah mitra akan melaksanakan kesepakatan antarpemerintahan melalui mekanisme surat penawaran dan persetujuan (Letter of Offer and Acceptance/LOA).

    Selain itu, menteri luar negeri Amerika Serikat yang menentukan negara yang bisa menerima FMS ini dan menteri pertahanan yang melaksanakan programnya. FMS bisa dibiayai oleh dana negara penerima ataupun dana dari pemerintah AS.

    Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Menteri Pertahanan Prabowo memang aktif menjalankan diplomasi pertahanannya ke negeri Paman Sam. Ini sebagai bagian dari upaya penguatan hubungan diplomasi antarnegara, kerja sama bidang pertahanan, hingga pendidikan militer.

    Terakhir, Menhan Prabowo bertemu Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin saat keduanya menghadiri forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue, Singapura, pada 2 Juni lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BerProses om @SB..kita Transparan urutan² dijabarkan dijelaskan, gk ky sebelah Bual, akan & kaji sampai bang jamil maaampuuuuuuuuus..ujung²nya menguap bhuahahaaa🤣🤣🤣

      Hapus
  71. Malon mana mampu beli pesawat bekas, dimana mana di tolak , beli Baharu sahaja hanya akan akan akan, fa 50 barter sawit , miskiiin wkwkwkwkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  72. Beza Kasta

    Indo Beli , berbanding Malon Ngemis

    BalasHapus
  73. Indo refale, f15 ex, Boramae , mirage, manakala Malon hornet prank , wkwkwk wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  74. Semoga program akuisisi F15 ID berlangsung lancar 🙂

    BalasHapus
  75. Seperti Baru guys, mampu bully seluruh armada su30MKM sisa 4 ekor, hornet tersikit, dan hawk Lapook

    BalasHapus
  76. https://www.youtube.com/shorts/FFb60eO5NZ0

    Korupsi ... Korupsi Lagi ...

    Proyek tol MBZ yang berupa hibah dari UAE trnyata dikorupsi oleh Indon ....

    Haibat betol perilaku korupsi di Indon ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1MBD & Kuwait Finance tuk LCS kemana Duitnya Tol..hutang sampai 85% dr GDP kemana Jg duit Kontol!
      Apa kabar mahatir yg gk mau bayar Hutang & apa kabar Nazib Rosmah..orang kl tololnya akut 7 turunan pasti begini wkwkwkkkk🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Alhamdulillah,pelakon rasuahnya ditangkap dan di siasat berbanding kes rasuah scorpene pelakonnya masih bebas dan hidup makmur sampai sekarang ngoahahaha


      https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.youtube.com/watch%3Fv%3D3R4ky-BucDI&ved=2ahUKEwjmgYut78v_AhWc1jgGHSwmCQE4ChC3AnoECAYQAg&usg=AOvVaw1n3oKKxUUfhSnlqsFqiLD3

      Hapus
  77. HAHAHAHAHA.....malon malon KOPLAK LOW IQ udah pada muncul di Forum DS....

    Tetap lakukan Negative Framing terhadap INDONESIA karena IRI DENGKI SAKIT HATI INDONESIA LAKUKAN PROCUREMENT PENGUATAN 3 MATRA TNI MENUJU ESSENTIAL FORCE.

    BalasHapus
  78. Indo FMS BrandNew..Malon FMS SEWA Heli Bekas ( cm 4biji Pula )..bagaikan LANGIT ( INDO ) & SPITANK TAI ( MALON )

    BalasHapus
  79. Jiran ketar ketir dengan pesawat RONGSOKAN versi NGUTANG... HHAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa bawa rudal taktis nuklir sama am39 Exocet 😅😃

      Hapus
  80. HHAHAHAHHA.... Kesian fikir logik la... Aset RONGSOKAN pun NGUTANG...

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
      MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
      KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
      🔥MODAL BACOT DOANG🔥

      Hapus
    2. Gank GORILLA longor sebelah jilat ludah sendiri ngoahahaha...jejak digital ada guys ngoahahaha 😂😀...
      Yang suka hornet bekas Kuwait tuh siapa ya ngoahahaha 😂😀😀



      GEMPURWIRA18 Juni 2023 pukul 09.07
      BEKAS lagi.... ORANG TENGAH lagi... HHAHAHHAHAHA...... MANTAP..



      GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
      MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
      KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
      🔥BERUK MODAL BACOT DOANG🔥

      Hapus
  81. Indo FMS BrandNew..Malon FMS SEWA Heli Bekas ( cm 4biji Pula )..bagaikan LANGIT ( INDO ) & SPITANK TAI ( MALON )..kasian Fikir Logic la..

    BalasHapus
  82. Kesian rakyat di PRANK saja percaya... HHAHHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
      MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
      KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
      🔥BERUK MODAL BACOT🔥

      Hapus
    2. Indo FMS BrandNew..Malon FMS SEWA Heli Bekas ( cm 4biji Pula )..bagaikan LANGIT ( INDO ) & SPITANK TAI ( MALON )..kasian Fikir Logic la Rus

      Hapus
    3. Kok dibilang prank pork,barangnya ada ,yang prank tuh cem malon dah sign MOU,sign LOI,sign LOA,dah test drive tapi last2 cancel ngoahahaha

      Hapus
    4. Pembelian dari prosesnya jelas dan diberitakan sampai kedatangan aset serahterimapun ada beritanya gak ghoib kayak berita seteru sebelah.maharaja prank dan spesialis sewa and cancel.

      Hapus
  83. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
    MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
    KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
    🔥BERUK MODAL BACOT🔥

    BalasHapus
  84. Guys... Memang kalau ahli G20 Tu aset RONGSOKAN pun hanya mampu NGUTANG..? HHAHHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33 = Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...
      MENTERI PERTAHANAN = Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
      KENYATAANNYA = Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait
      🔥BERUK MODAL BACOT🔥

      Hapus
    2. Singapore negara kayapun beli leopard bekas,terus ko bilang leopard Singapore tuh rongsokan ngoahahaha...yang rongsokan tuh PT-91 Malon beli baharu tapi Poland sebagai negara pengeluarpun tak nak menggunakannya ngoahahaha

      Hapus
  85. Kasihan ya upin ipin, gagal dapat F18 kuwait, terpaksa f18 malon tersikit di dunia akan di grounded. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  86. Indo FMS BrandNew..Malon FMS SEWA Heli Bekas ( cm 4biji Pula )..bagaikan LANGIT ( INDO ) & SPITANK TAI ( MALON )..kasian Fikir Logic la

    BalasHapus
  87. Ada yg coba mengalihkan fakta surat ngemis hornet 3 x ditolak..

    Malu banget guys.

    BalasHapus
  88. Upin ipin takut buka berita ini. Ha ha ha ha..

    Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait

    Gagal maning...gagal maning. Makanya beli jangan ngemis terosss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada tuh beruk Gempork nongol di berita yg up Kuwait akan upgrade F.18. Kayaknya masih punya kemaluan dah Gempork.

      Hapus
  89. Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait ....
    Kegagalan Anwar untuk bertemu putera mahkota Mohammed bukanlah kegagalan diplomatik pertama yang dialami oleh seorang pemimpin Malaysia sejak beberapa tahun kebelakangan ini....
    🔥3x NGEMIS DITOLAK KUWAIT = DICUEKIN ARAB SAUDI🔥

    BalasHapus
  90. apalagi versi aset SEWA siapa takut ketawa iyak haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  91. Pm malyu aset KL tua di lima haha!😂😂😂

    BalasHapus
  92. The REAL KING OF PRANK tuh MALON sendiri ngoahahaha....sudah RFI,sudah sign MOU,sudah sign LOA,sudah sign LOI,sudah test drive last2 cancel tak jadi dibeli contoh SPH CAESAR France,korvet buatan Korea,SPH Yavuz turki,rafale france ngoahahaha


    GEMPURWIRA18 Juni 2023 pukul 10.25
    Kesian rakyat di PRANK saja percaya... HHAHHAHAHA

    BalasHapus
  93. PM Mahathir puji Indonesia lebih maju berbanding malon,Ini yang cakap PM malon sendiri ya bukan cakap YouTubers ngoahahaha 😂😀



    https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.youtube.com/watch%3Fv%3DwOmZ94yzGIQ&ved=2ahUKEwi6za2X9Mv_AhUXwjgGHaBIBpsQo7QBegQICRAG&usg=AOvVaw0j_RFfEKE_Sir8vT2fYAkl

    BalasHapus

  94. Mirage 2000-5 sudah menggunakan glass cockpit...sementara F-18 tersikit didunia masih menggunakan analog (pakai jarum) dan belum di upgrade ke aussie...😄🤣😄🤣

    ://defense-studies.blogspot.com/2023/06/kuwait-pilih-upgrade-tudm-boleh-ucapkan.html?m=1

    BalasHapus
  95. Judul ini yg gak mau dibaca upin ipin..

    Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait

    Ha ha ha ha ha

    BalasHapus
  96. Tupez 0118 Juni 2023 pukul 10.28
    Ada yg coba mengalihkan fakta surat ngemis hornet 3 x ditolak..

    Malu banget guys.

    Yg ngak tahu malu tuh yg copy paste berita lama. Malaysia udah belajar dari kesalahan mereka beli barang amrik ngak boleh nembak kecuali minta izin. Makanya Gempur tawain loe pada karena ngak bisa move on and start new beginning. Capek tahu baca yg sama melulu kaya loe pada ngaj bisa afa topik lain yg bisa didiskusi. Sorry yah ini dari third party or third point of view you guys look sad cuman bisa use same old news or excuses kalo diingetin untuk liat negara sendiri punya kesalahan malah coba cari kesalahan org lain we call that childish. Tolong yah grow up mikir lebih mateng coba cari solusi biar negara sendiri nga bisa di bully ama Amrik liat Singapore pinter jilat pantat Amerika jadi apa juga dapet dan mereka nga sombong ato kucilin negara lain.

    BalasHapus
  97. Lah..ada kata udah d beli..ternyata lgi dlm nego sama negara negara arab...berita nye mendunia udah beli...🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah....ada kata udah terhubung ke Kuwait ternyata di tolak oleh Kuwait.....😅😅😅😅😅

      Hapus
    2. Jangan sama versi sudah dibeli versi Malon,kalo versi malon sudah dibeli dari zaman Jepun sampai Bang Jamil mampus pun habukpun tak ada ngoahahaha

      Hapus
  98. Kencang sekali pak Prabowo 🫡
    Sat set gak pake lama

    BalasHapus