17 Maret 2018

Indonesia Ajak ASEAN Patroli di Wilayah Sengketa Laut China Selatan

17 Maret 2018


Indonesia mengajak negara-negara ASEAN melakukan patroli maritim hingga 200 mil laut kawasan yang menghadap Laut China Selatan (photo : berita dunia)

SYDNEY - Indonesia melobi negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk melakukan patroli maritim di perairan sengketa di Laut China Selatan. Hampir seluruh kawasan laut itu telah diklaim oleh China.

Ajakan patroli maritim itu disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia Ryamizard Ryacudu, di Sydney, pada hari Jumat (16/3/2018). Tujuan patroli maritim ini untuk memperbaiki kondisi keamanan kawasan.

Indonesia menegaskan bukan negara yang terlibat sengketa kawasan Laut China Selatan. Namun, fakta bahwa Indonesia dan China pernah "bentrok" terkait hak penangkapan ikan di sekitar Kepulauan Natuna dan memperluas kehadiran militernya di sana.

Menhan Ryamizard bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi sedang melakukan pembicaraan dengan Menlu Australia Julie Bishop dan Menhan Marise Payne di  Sydney. Mereka berkumpul menjelang KTT khusus ASEAN-Australia.

Australia menjadi tuan rumah forum tersebut meski bukan anggota ASEAN. canberra  berusaha memperketat hubungan politik dan perdagangan dengan ASEAN di tengah meningkatnya pengaruh China.

"Untuk Laut China Selatan, saya dekati rekan-rekan—Menhan ASEAN—sehingga setiap negara yang menghadapi patroli Laut CHina Selatan mencapai 200 mil laut, sekitar 230 kilometer," kata Ryamizard kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers bersama.

Indonesia, kata Ryamizard, fokus pada tiga wilayah yakni, Laut Sulu, Selat Malaka dan lautan di sekitar pantai Thailand. Indonesia telah menjalin kerja sama dengan  Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja dan Filipina untuk mengamankan ketiga wilayah tersebut.

"Jika kita melihat (perbatasan) dari Vietnam ke Indonesia dan ke Filipina, kita dapat melihat bahwa kita telah mengamankan hampir setengah dari Laut China Selatan (di kawasan), kita sudah berpatroli," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Kawasan yang hampir seluruhnya diklaim China ini merupakan jalur perdagangan penting dunia dan diyakini mengandung sejumlah besar minyak dan gas alam. Beijing bertindak cepat dengan mereklamasi kawasan sengketa dan menjadikan sebagian wilayah yang dibangun menjadi pangkalan militer.

Langkah China telah membuat negara-negara ASEAN yang terlibat sengketa merasa iri.

Bulan lalu, Beijing bahkan mengerahkan pesawat jet tempur Su-35 untuk patroli di atas kawasan sengketa.

(SindoNews)

113 komentar:

  1. Lah gimana sih nih Menhan satu..kalau mau frontal dg China..ngapain masih beli brg KW ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. laah kan ini masih diwilayah ASEAN sendiri. bukan menantang china secara frontal cuma menegaskan kedaulatan atas ZEE. Lain cerita kalau patroli itu mendekati pulau2 buatan china di LCS seperti yg dilakukan AS. kalau respon china beda ya itu hak mereka, yg penting patroli yg diusulkan menhan tidak melanggar hukum internasional.

      Hapus
    2. Yup, memastikan pagar masing-masing tetap kokoh dengan cara ngawasin dari halaman sendiri.
      Menunjukkan ke mereka kalo wilayah kita dijagain.

      Hapus
    3. He,he..you guys nangkep ngk sih pola pikir RRC..siapa yg berani patroli di LCS..dimata mereka sama aja mau frontal.

      Ente bisa bilang ini masih diwilayah Asean..he,he remember in PRC/RRC mind, all south china sea belong to them..

      Politik ini kelihatan lah dari pola pikir 50cent army di Internet..ini yg dijual ke domestik mereka..dimata mereka..kalau mau temenan dg China..maka harus akuin semua claim China dan nurut..

      So..ngadain patroli secara bersamaan sebagai satu Asean di LCS, itu dimata China sdh ngajak frontal..terlepas secara diplomatik bilang apa..

      Hapus
    4. Emang berani apa China sama ASEAN..??? Memusuhi ASEAN sama juga kehilangan sekutu/teman/sahabat di kawasan. Lihat posisi China sudah dikepung dari timur, tenggara, Selatan. Masih untung ya ASEAN sampai saat ini masih netral.. coba bayangkan Jika ASEAN jatuh ke tangan barat seperti NATO.!! bisa jadi "BONSAI" tuh china.

      Hapus
    5. Ya, bagus. Mari bersatu utk menghadapi imperialisme cina

      Hapus
    6. Ha,ha..bagaz..China sudah ngebelah Asean..kan ngak akan ada tuh satu Asean ngadapin China. Yg belum masuk kubu China seperti Myanmar dan Kamboja..harus milih ikut China atau Frontal ke China..ngak ada jalan tengah..

      Hapus
    7. @antek barat

      Dilihat dari sudut pandang mana dulu ni bro, klo pola pikir RRC yang dimaksud dilihat dari forumer/50cent army, ngapain dipikirin. Buang tenaga aja

      Selama kita mengikuti hukum laut internasional, mau kita nari bugil diatas kapal juga RRC cuek selama masih diwilayah sendiri, inikan niatnya mau buat patroli bersama di laut natuna kaya yang udah-udah di laut sulu & selat malaka.

      Urusan senjata kayanya ga ngaruh deh kita sama kebijakan politik di LCS.

      Hapus
    8. Jadi menurut mas Antek barat ini kita jangan beli drone dari cina dan jangan menggalang kejuatan Asean?
      Lalu menurut pandangan sameyan baiknya gimana?
      Drone itu kan dipakai bbrapa tahun jam terbangnya abis, nanti beli dari negara lain lagi atau buatan sendiri sudah mengudara bagus. Urusan LCS ini puanjang banget. Kita harus pandai memanfaatkan setiap peluang yg ada.
      Harus mampu memproyeksikan kekuatan kedaerah terdekat (Natuna) biar tetangga ngerti, nih sudah segini kemampuan kita.
      Salah-2 -> diam diartikan menyerah? kan berabe?
      Buktinya dengan banyak menenggelamkan kapal ikan gelap, sekarang populasi penangkapan gelap sangat berkurang.
      Cina gak lagi se-enak udelnya mengawal nelayannya. Kan?

      Hapus
  2. Nampak nya China sudah jadi ancaman pada negara2 ASEAN.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyknya ente gagal pertamax dech om beng2 haha!😎😎😎
      cobaaa lagee cmunguddd ccmunguudd

      Hapus
  4. itu politik bro... kalian nampak bingung... saya biasa saja...
    hehehe...😂😂

    BalasHapus
  5. Jawapan mudah Jangan terperangkap mainan amerika dan china itu, Asean sepatut Kena bersatu padu jaga laut china selatan itu.
    China buat letak tentera laut china selatan sebab mereka takut apa belaku pada japan dan nazi germen sehinggakan tercetusnya perang dunia kedua sekatan laut dan darat berlaku sekali lagi china bukan bodoh mereka tahu Sejarah Belaku di perang dunia kedua dulu .

    BalasHapus
  6. Yg menjadi ancaman sebenarnya amerika menghasut asean berperang sama china, satu perkara jangan ganggu perdagang laut di laut china selatan Jika amerika dan china mahu berperang Mereka perang sesama sendiri ok, china anggap amerika sebagai ancaman jadi buat apa kita mahu ikut cakap amerika itu, kedua2 negara china dan amerika adalah ancaman sebenar di laut china selatan..

    Sepatut asean menjaga keamanan di laut china tampa campur tangan amerika dan china itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jngan banyak cakap dan sok jaguh disini kamu.. ratusan nelayan china mendekati 80 mil wilayah Sabah saja askar hentak2 bumi kalian tak berani usik. Dan satu lagi.. negaramu yg dipimpin PM Najib sekarang terlalu bergantung kepada China, hutang sudah ratusan miliar dollar kpda china sehingga kalian menggadaikan tanah di Johor, Pahang, pulau penang. Ibaratnya kalian sekarang sudah ditawan oleh China, berani menantang frontal china berarti siap2 kolaps ekonomi negaramu.

      Hapus
    2. mungkin dia bagian dari ziganwu ato wumao yg ronda di sosmed bung lihat saja bgaimana dia juga melecehkan mahathir yg juga anti kuminis china

      Hapus
    3. Hahaha...maha,maha...dah jelas2 cina ambil ikanmu,ko tuh tetap gk nyambung

      Hapus
    4. Jangan2 mahataik satu ini produk china mainland..

      Hapus
    5. si MALASia tak berani usir sendiri nelayan China, lalu ajak² Indonesia buat usir nelayan China...
      modusnya persatuan ASEAN

      Hapus
    6. Puak sodom mula cucuk dibontot mereka ix ix ix, kami ketawa apabila ketua puak sodom menyodom warga indonesia Tahun 1998 dulu ix ix ix..
      Jadi Warga sodam jangan cuba hasut warga indonesia kasihan mereka ini, sudah2 itu ketua puak sodam cucuk bontot salah seorang warga Indonesia ini

      Anda tahukan siapa mereka fikirkah?

      Hapus
    7. Mahairi@ tampaknya budak nih mabuk ketum kerana makan dari cukai judi Wkwkwk

      Hapus
    8. Ajak bincang elok pun x bole terima... mcm mane. Bile troll ckp kaki troll. Sape la yg tak bole move on lagi nie.... tepuk dahi aku

      Hapus
    9. Eleh,lagak n gaya ko tak pernah troll,di kasi link pun tetap troll,lon2...

      Hapus
    10. Skrng Maha dh bincang elok. So ape mslh lagi mat.... Kamu yg nk Troll tak habis2

      Hapus
    11. Yang punya kes sodomi itu mantan menteri malon wakikikikik

      Hapus
    12. sikit2 langsung pembunuhan 1998
      dasar otak robot kuminis nurut saja apa kata humas partai kuminis dimana negara ini telah membunuh 3.5 juta chino indonesian dan 400 ribu lagi di tahun 1998.

      Hapus
  7. Yang jadi ancaman sebenarnya bagi NKRI yaitu beruk malon yg suka geser2 patok perbatasan punya negara lain..makanya beli cermin yg besar,lalu benturkan kepala kamu ke cermin...kah kah kah

    BalasHapus
  8. sulit ini..kayak singapura itu pasti gak mau....karena keterikatan psycology serumpun dengan mainland

    BalasHapus
    Balasan
    1. singapur aja latihan perang ama taiwan, ampe nitip apc disono. trus taiwan ribut ama mainlan..
      smua jg tao apc negerinya om ben perna ditahan di hk, coba jawab knp?

      kalo om daru gak bisa, siap2 guwe fentung haha!🔨🔨🔨

      Hapus
    2. He,he..Little red dot justru yg plg khawatir sama China dari seluruh Asean..

      Hapus
  9. Hati2 dengan malasya. Tak dapat di percaya. Sejarah sudah buktikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bro,malasnya tuh musang berbulu domba

      Hapus
    2. Dengan penjajah pun dia bersekutu.. jangan lupakan sejarah..

      Hapus
    3. Musang berbulu ayam itu mat lampir hasil dari puak sodom ok disodom oleh ketua sodom ix ix ix ..

      Mat lampir lupa anda.. anda itu masuk bakul angkat diri sendiri ok Ix ix ix..

      Lupa bilang kamu semua malaysia dah lama berkutu dari zaman dinasti ming lagi ok

      Hapus
    4. Tampaknya budak mahairi mabuk ketum kerana sering makan wang cukai judi Wkwkwk

      Hapus
    5. Malaysia tidak bole dipercaya. Tp saaat pembentukan malaysia masih muda sudah ada tentera dtng menyerang. Menyebar fitnah mengikut Fährmann komunis. Siapa yg tidak bole percaya sbnrnya. Umpama anak mudah baru lahir sudah mau dibuli oleh orng besar. Siap sepatutnya yg tidak bole dipercayai

      Hapus
    6. Udah saya mau bedamai je lah ma jiran sebelah.. tak ikut hina menghina lagi.. peace je lah

      Hapus
    7. Kesan sok jaguh malon itu selalu terlihat di forumer nya.. padahal Saat Komunis menyerang malon yang baru merdeka nyatanya britsh lah yang in action.. umpama anak baru lahir sudah di bully orang besar itu adalah Indonesia sudah berhadapan dengan Jepang untuk merebut senjata nya.. menghadapi britsh, Belanda, pemberontakan komunis.. lalu pemberontakan lokal yang di dukung Amerika.. coba bandingkan dengan malon..

      Malon tak bisa di percaya karena saat Indonesia sedang kesusahan dia malah menusuk dari belakang.. saat peristiwa Ambalat pesawat kecil & dan heli Malon selalu sengaja terbang melewati lintas batas.. para prajurit penjaga Indonesia sudah sangat geregetan untuk menembak tapi mereka tetap harus disiplin untuk mengikuti perintah atasan.. tapi setelah Indonesia kuat dengan program belanja Alutsista besar2an malon2 songong itu tak berani lagi kih kih kih

      Hapus
    8. Sampai kangen dengan kata-kata, "Angkat kaki masuk bakul sendiri"
      He...he...he....

      Hapus
    9. ketok nemen nek kowe wumao mahatair
      ayo selanjut nya apa intervensi politik dlm negeri malaysia kah?
      chankoro kuminis memang harus di nanking-kan kembali oleh dai nippon

      Hapus
  10. Selamat Hari Raya Nyepi buat forumer DS yg merayakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya, selamat Hari Raya Nyepi temans dimanapun berada.

      eniwei, 1x24 jam gak bole ngapa2in om, bsk baru dijawab haha!🤝🤝🤝

      aduww jadi rinduw bali & lombok, ntar dech abis musim ujan yak pren, 🤗🤗🤗

      Hapus
  11. menhan itu pake bahasa politis buat nenangin skaligus anggota asean yg bertikai langsung. kita kan engga ada urusan.

    tuan ruma jg gak terlibat lgs di lcs, cuman yg diutara ituw gosipnya mo pasang pangkalan militer di tetangga baru kita haha!makanya marinir amrik nongkrong di darwin haha!osi usil sich berasa deputi polisi duniya amrik. pdhl hansip haha!🤣🤣🤣

    ati2 kasel nuklir disekeliling osi haha!😚😚😚

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetangga baru kita timles ya bung.?? Memang tahun kedepan ada kemungkinan timles mengizinkan China mendirikan pangkalan disitu. Sebab sekarang pengusaha china sudah banyak masuk dan ikut membangun timles. Kita tau sendiri cara2 china menaklukkan suatu bangsa yakni dengan pertolongan ekonomi terlebih dahulu. Tpi untuk sekarang mengingat militer mereka yg lemah dan masih bergantung 60% kepada Indonesia untuk kebutuhan pokok, jadi timles masih segan dan meminta izin dulu kepada Indoonesia. Dan jawaban kita adalah TIDAK.

      Hapus
    2. nyoi om bagaz, kalo guwe sich biarin aja ada naga di negerinya om xanana, langsung masuk pintu depannya osi haha!😋😋😋
      habis osi usil melulu ama kitah haha!😅😅😅

      kalo guwe baca sejarah, kita seperti ditusuk dari belakang ama pren sendiri. setelah kita bebasin rakyat timor timur dari pengaruh komunis malah kita dimusuhin balik. padahal di jaman pak presiden soeharto, pemimpin mereka om xanana kita tahan dan dapat perlakuan ckp baek. coba lihat di timur tengah, berapa pemimpin metong dengan keji.

      guwe curiga, ada sesuatu diluar masalah pelenyapan komunis, itu tuch yg di bor2, habis perang vietnam pada bokek sekutu soalnye haha!🤑🤑🤑

      sekutu pon pecah, terlihat dari paman sam berbeda pendapat dgn kerajaan lilis dan hansip2nya haha!😙😙😙
      konon pespur hibah dari osi gak bole dipake dlm operasi seroja. lah tau gitu ngapaen kita trima, ngabis2 bbm aje haha!😉😉😉
      jadi harus nunggu beberapa tahun setelah ov bronco amrik siyap pake ama tni au. kmudian masuk f5 tiger & a4 skyhawk setelah perang usai.

      niat osi uda ketauan, tamak jugak makanya skrg sengketa belasan tahun ama tetangga. tp denger2 uda mo capai kesepakatan, mungkin takut juga ama si naga, yg uda cs ama om xanana haha!😋😋😋

      Hapus
  12. Breaking News..

    Australia minta diangkat sebagai anggota ASEAN... alasannya karena ingun merangkul negeri di utara Australia dan tidak ingin bermusuhan dengan negeri ini. Persiapan mendapatkan teman2 untuk menghadapi China kah ? 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satunya itu bung.. haha.. Namun ada alasan lain yakni wacana Australia menjadi negara Republik seperti Indonesia. PM Australia sekarang kan pro dengan sistem negara Republik lepas dari sistem monarki Inggris. Namun di Australia juga ada organisasi yg masih loyal dengan sistem monarki inggris. Tpi mayoritas masyarakat Australia menginginkan mereka menjadi negara Republik sperti Indonesia, Amerika, China. Kabarnya menunggu ratu Elizabeth lengser dari jabatannya..

      Hapus
    2. Dan pak Joko sdh wellcome... so apabkata dunia...? ?
      Kalo aku sih yes...
      kehkehkeh...

      Hapus
    3. Kamu ingat senang ke nak jadi Republik Ix ix ix, lihat apa berlaku di wilayan kurdis Iraq dulu

      Lihat apa belaku pada timur timur dulu kena mendapat persetujuan memorandum seluruh rakyat Timur2 dan disokong negara jiran barulah negara itu boleh merdeka,

      Kalau ikut undang2 sekarang indonesia belum merdeka lagi sebab tak mendapat sokongan negara jiran Kalau dari segi undang2 ada pada zaman sekarang indonesia belum merdeka Fakta undang2 ada zaman sekarang,

      Australia penah cadang kan mendapat memorandum Pada rakyatnya tapi gagal dan tak mendapat sokongan ahli palimen ok sebab itu gagal, asutralia penah juga cuba mendapat sokong dari negara jiran tapi gagal ok,

      Hapus
    4. Mahataik.. makanya kamu jngn kebanyakan onani supaya otakmu tidak stres.. kau kata "sebenarnya indonesia blm merdeka karena tidak mendpatkan sokongan jirannya".?? kahkahkah.. ngkak baca ini.

      Pada tahun 1945 hanya negara Autralia dan Thailand yg sudah wujud, sedangkan Malonsial masih menjadi babu yahudi Inggris. sebenarnya negara boneka malonsial ditumbuhkan inggris setelah inggris membentuk negara boneka Israel yg mencuri tanah palestine. Betul kata agung suwandaru.. jika negaramu sudah merdeka, boleh tak kau tunjuk Letter of Indendence sebagai bukti kalau malasyaa sudah merdeka seperti Amerika dan Indonesia..??

      http://4.bp.blogspot.com/_PbaJl16c3VI/SBzSbU7I79I/AAAAAAAAAXM/XFIyslypRMs/s400/changing+of+guards.jpg

      Kalau sudah merdeka tak kanlah askar bersarong kau masih jadi anjing penjaga Buckingham..!! haha.. lawaakk.. lawaaak.. beruk satu ni.

      Hapus
    5. Mahataik baca ini baik2..!!! http://4.bp.blogspot.com/_PbaJl16c3VI/SBzSbU7I79I/AAAAAAAAAXM/XFIyslypRMs/s400/changing+of+guards.jpg

      Hanya malonsial yg sekarang masih bangga jdi babu Elizabeth.. 😅😅.

      Hapus
    6. Dan satu lagi.. semua forumer disini juga sudah tau kalau tulisan kamu itu hoax semua. Dulu kamu pernah berkata kalau helikopter panther TNI hanya ada 2 yg pakai radar, saya tahu karena saya kenal orang dalam Eurocopter.. kahkahkah.. daru sini saja sudah terlihat stresnya kamu.. 😅😅

      setelah keluar List belanja militer Indonesia kamu sembunyi ke bilik termenung tak berani menampakkan batang hidungnya.. Mentality malon..😆😆😅

      Hapus
    7. Mahairi @ kl malaysia dah merdeka knp harus jaga istana buckingham,apa tak budak namanya jg jika jaga istana ratu elizabeth

      Hapus
    8. Bagaz@ mahairi,Dein,paul,tentara kabur,scan,Gem,harta,Aloy dll tuh semua budak2 suka troll dan iri bro,wong waras ngalah aja bro

      Hapus
    9. Mat rempit rasenya dh beritahu pasal istana Buckingham. Dan bukan malaysia sja yg pernah kesana. Skrng mau troll psal itu pula. Terus mau tuduh aku troll lagi? Klu Kamu ckp kitorng Tirol Tp Kamu menghalalkan cara sawan terus mcm mane. Kamu sndiri menghalalkan diri Kamu utk troll kami terus. Kamu mala ikat yg mana. Maha td dh komen elok2 Tp Kamu troll terus siapa yg kaki troll tu

      Hapus
    10. Kamu faham tak apa maksud undang2 zaman sekarang Jawapan undang2 zaman sekarang kena ada sokongan rakyat, kesepakatan negara jiran dan lain negara iktiraf indonesia Merdeka itu tak ada pada indonesia jadi belum Indonesia merdeka ok "Itu undang2 digunakan pada zaman sekarang ok

      polemik merdeka tak boleh dipakai pada zaman sekarang Ok, kami tahu amerika negara pertama dunia guna polemik merdeka Ketika itu Mana ada pbb ditubuhkan ok undang2 Pbb pun tak ada, indonesia bernasib baik boleh guna polemik merdeka pada zaman dua bulan Pertubuhan bangsa2 bersatu pbb ditubuhkan Jadi undang2 pun tak ada, jadi kalau undang2 zaman sekarang indonesia belum merdeka ok Sebab guna polemik merdeka yg tak boleh digunakan pada zaman kini ok

      Hapus
    11. @ maha

      Can u just speak english bro? Aku tak pandai bahasa melayu, daripada kita salah paham nantinya?

      Contoh : aku tak paham maksudmu..
      1. Undang-undang jaman sekarang...???
      2. Kesepakatan negara jiran tentang indonesia belum merdeka....????
      3. Polemik merdeka...???

      Hapus
    12. Bkn masalah negara mn sahaje yg ikut jaga istana Wkwkwk...indonesia mn pernah jaga istana kerajaan belanda Wkwkwk

      Hapus
    13. lihat sejarah polemik merdeka indonesia Hanya sumpah permuda dibuat oleh ketua Pemuda aje belum minta persetujuan rakyat dan ketua suku kaum Termasuk raja2 di indonesia memorandum tandatangan merdeka Untuk serang japang dan belanda itu..

      Buat polemik Merdeka pun di buat ketika japang mahu bagi merdeka asalkan indonesia mahu kerjasama sama japang bagi dan jual sumber asal pada japang Gak pun berperang sama japang dan belanda Sebelum 1945 itu

      Maksud polemik =perang dan bermusuhan.. makna indonesia bukan merdeka guna polemik tapi merdeka atasi simpati japang

      Mana surat sokongan kamu merdeka di iktiraf merdeka guna polemik tak ada akan ,hanya guna kan belanda merdeka beri tahu kamu itu indonesia mereka 1949 bukan nya 1945 jika kamu mahu guna polemik merdeka 1945 sori gak indonesia ada kamu berperang sama japang Jadi indonesia gak bisa guna polemik merdeka ok, indonesia menang kerena dalam belanda punya macam2 masalah dengan musnah Bandar belanda di euro Lepas nazi serang belanda dengan hutang yg banyak pada belanda, terbabit laut ribut bandaraya belanda Kemusnah besar dibelanda

      Kami merdeka guna kebijaksana kami tahu situasi di euro selepas british tak mampu menbayar gaji tenteranya dan para pegawai mereka, hutang british amat tinggi Selepas perang dunia kedua. kami Gunakan wang kami kutip dari rakyat beli kerajaan britsh dengan wang supaya bagi kami merdeka, itu cara baik untuk elak perang dan Pembunuhan, merdeka cara pintar dan berpomasi baik untuk merdeka, cuba lihat india pun guna cara sama, india pun perang british untuk merdeka Secara aman , indian penah tapi gagal mereka guna nak guna perang sebab segala perberontakan dipatahkan oleh british,..

      Lihat apa india jaga istana Inggris adakah hina ok tak malah mereka belajar cara tatasusilah tentera menjaga istana, cara hormati menjaga istana inggris, tatasusilah tentera menjaga istana inggris antara terbaik dunia kami belajar, malah amerika pun penah hantar tenteranya belajar menjaga istana di inggris Kerana mahu belajar jaga istana inggris ok

      Hapus
    14. Yang terpenting tercatat dalam sejarah bahwa Indonesia merdeka tahun 1945 itu di akui dunia.. dunia pun tau Indonesia berperang melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan seperti bangsa2 besar pemberani di dunia ini.. bukan macam Malon yang merdeka hasil sedekah penjajah bahkan rela jaga istana penjajah kih kih kih

      Hapus
  13. Dari seluruh Asean..Myanmar dan Kamboja itu udah dibeli sama China..Vietnam yg plg frontal sama China..terus diikuti oleh Little Red Dot yg terus beli alutsista dan naruh dimana-mana termasuk di Taiwan, Australia, US dan skrg lagi nego dg New Zealand..krn sdh khawatir dg pola pikir China.

    Dimata RRC..ngk ada tuh yg jalan ditengah..mereka sdh indroktrin pila pikir rakyatnya dg bilang tempatnya RRC itu adalah dominasi Asia seperti jaman kekaisaran China dulu..
    Siapa yg di Asia ngk nurut sama mereka..maka berarti Frontal dg mereka..

    Jadi siap2 aja lah untuk nurut sama China atau frontal sama China..krn China sendiri yg makin ngebuat tdk ada jalan tengah bagi negara2 Asean..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asean sdh dipecah ama china, pengaruh china semakin kuat dan sepertinya masih ada lagi yg jadi sekutu china. Kira2 siapa ya..???

      Hapus
    2. Thailand, sekutu US tapi pake barang China.. ;)

      Hapus
    3. rrc gak musuhan dengan negara sekitar, tapi sengketa iyah haha!

      kalo musuhan, mana mungkin amrik, eropa, timur tengah, korsel dan jepun brani investasi gila2an dlm 20 tahun trakhir.

      tepat 1 tahun lalu mega deal saudi & rrc.
      https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170413180807-92-207463/investasi-raja-salman-ke-china-10-kali-lipat-indonesia

      amrik punya hutang ke rrc & jepun, Rp 32.000 Triliun ! weww
      tp rrc punya hutang jg, 230%gdp gilaakk, lagi beli klub bola melulu sich haha!😋😋😋

      jadi selama kfc, pizza hut, mcd ampe ipon dari amrik hadir disono.
      lalu toyota, honda, LG, samsung dsb hadir jg disana.
      ancaman peperangan itu sangat kecil kemungkinannya. yg mo nyerang emang mao ilang duit. raja salman jg bakal marah kalo sumber duwitnye diotak-atik haha!😉😉😉

      tp kalo soal sengketa LCS. biasalah inglis jg bersengketa ama tetangganya di eropa, tp gak perang hanya senggol2an di laut haha!🤠🤠🤠

      tapi kalo soal pulau, argentina uda merasakan mamak ratu marah haha!👸👸👸

      nah skrg mereka yg terlibat lcs, mao perang buat apa? tanah urukan itu? bujeettt pusink pala berbie bok haha!😋😋😋

      Hapus
    4. itu tanah urukan jgn dianggap sembarangan punya strategis taktis itu utk melindungi jalur perdagangan mereka bisa saja jika terdesak opsi penempatan nuklir akan terjadi yg akan mengancam negara2 asean yg belum kowtow ke kuminis china.
      kemungkinan perang simetris masih jauh, kita masuk tahap perang perdagangan yg sudah di dengungkan Om trump yg bikin panas para korporasi globalis yg sudah untung berkali2 lipat lewat pemindahan produksinya ke china, salah kuminis chino sendiri juga sudah dkasih akses perdagangan penuh ke pasar negara barat malah mereka sendiri yg proteksionis pake lagak jadi curut nyari keuntungan lewat2 celah hukum di negara2 barat dan pake nyolot2 nasionalisme rakyat china segala biar partai cccp aman dari unjuk rasa tiananmen lagi,
      paling 2 perang proksi lagi terutama filipina dan malaysia utk kawasan maritim asean yg situasi politik dalam negerinya mudah dintervensi asing.
      klo kita cukup pake resep lama dari Mamarika wong banyak yg masih doyan.
      "Oseng-Oseng McCarthyism"

      Hapus
    5. PRC not need an island to launch its nuclear weapon. they already have 5 Ballistic missile submarines.
      thats why we are procure more ssk submarines & Nassams.

      Hapus
    6. bukan taktis bung namun lebih pada gertakan diplomasi mutual assured destruction sama dgn rusia di kaliningrad

      NASAM ora onok kanggone opo mane tuku siji indil2 buat anti Misil balistik MIRV wong SAM jarak menengah
      paling tidak butuh sistem selevel Thaad
      lagipula pulau jawa sangat rentan dngn terutama kota2 besarnya Jakarta,surabaya Bandung yg jadi roda utama penggerak ekonomi finansialnya
      mohon juga diperhatikan bahwa china juga mengembang salted nuclear warhead dimana radiasi warhead nuklirnya lebih diutamakan daripada ledakan nuklirnya utk melumpuhkan ketahanan pangan suatu negara.

      Hapus
  14. Akhirnya saya menemukan setitik jawaban atas pertanyaan seputar bentuk kerjasama licensed Pars Gempita yg saya sendiripun bingung dgn status Sipri yg mencantunkan Malaysia mengimport Pars sejumlah 257 unit. Jujur saya sampai sekarang masih berpikiran semua local products seperti halnya Indonesia memproduksi Anoa. Apa yg berbeda dengan status Gempita vs Anoa vs Sanca.

    Barusan saya coba cari sumber ilmu ke Deftechnya langsung sekedar ingin tahu model kerjasama licensed apa yg diambil oleh Malaysia kepada mitranya Turkey.

    Saya menenumkan statement ini :

    Development

    In June 2011, the Turkish Company FNSS signed a ‘letter of offer and acceptance’ by DRB-Hicom Defence Technologies (DefTech) for the design, development and manufacture of the vehicles. 

    The AV8 vehicle selected by the Malaysian military was based on the FNSS-designed Pars 8×8 multi-purpose, multi-mission, wheeled armoured vehicle. The contract included technology transfer arrangements to Deftech and logistics support for the Malaysian army, positioning the vehicle and its 12 variants to become Malaysia’s first indigenous family of 8×8 armoured wheeled vehicle.

    In April 2012, DefTech and FNSS presented the first scale model of the AV8 at the international defence exhibition, Defence Services Asia 2012 in Kuala Lumpur. Malaysia’s DefTech will be the principal assembly agent, and its engineers will work with Nurol holding subsidiary FNSS to customise the vehicles for Malaysian requirements and equipment. South Africa’s Denel will reportedly build a 2-man turret for the APC, while Sapura-Thales was expected to become the systems integrator. The first prototype of the AV8 was presented in March 2013 to the public during the 80th Army Day anniversary celebration in Port Dickson, Negeri Sembilan.


    Baca kalimat "Principal Assembly Agent" kira2 maknanya bagaimana ya ?
    Kalau di Indonesia Assembly adalah menggabungkan bbrp parts menjadi satu kesatuan utuh. Apakah Turkey mengimport semua bagian Pars termasuk body2 bajanya, mesin dan ban secara utuh kemudian dirangkai di Malaysia ?

    Saya tidak tahu.. ada pandangan teman teman ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya apa dengan barang-barang Eurocopter yg di rakit PT DI?

      Kalo CN-235/212 beda lho yaa..

      :D

      Hapus
    2. guwe dari semalam uda nanya ke pasukan bodrek disebelah, ampe skrg gak dijawab haha!🤣🤣🤣

      anoa & cn235 gak ada di sipri, kerna barang kita sendiri ato kerjasama dalam rancang bangun yg benar2 baru, bukan ambil model/turunan barang yg uda ada.
      secara status anoa aseli kite & cn235 itu "kerjasama", ada dokumennya.

      diweb ttg pesawat, tertulis jelas "kerjasama" casa rancang bangun kopkit & IPTN rancang bangun bagian buntutnye.

      kelak harimo item pun sama ama model cn235.

      kalo bushmaster, lpd, sigma itu betul kita tot & lisensi. makanya tercantum di sipri bkn supri haha!😆😆😆

      https://defense-studies.blogspot.com/2018/03/sipri-impor-alutsista-malaysia-2017.html

      pada ngaciirrr mrk, malah ngejer om super disebelah, guwe heran,awalnya gimana sich jd pnasaran haha!😇😇😇

      Hapus
    3. kalo heli kugar, panther dll itu 100% impor. makanya ada di sipri om pedang, dan babehnya om smili"supri" pon ngomel mlolo haha!😝😝😝

      masa heli2 pesenan cem panther, kugar uda dipejeng di markas erbas, uda tes terbang, tiba2 dikirim kesini ckd, pake lama lagi ngrakitnye. pdhl aw basarnas cpet bner dirakit di sanggar pelita prasaan gak nyampe berbulan2, ada tuch contohnya di yutub haha!😜😜😜
      kalo awewe kesayangan jg gt, mewah lagi pake pesawat ngangkutnya, tp cepet ngrakitnya, sambil diplester koneng tp, siyaaall haha!😤😤😤

      aplg soal c295, guwe baru baca maren:

      https://defense-studies.blogspot.com/2016/08/pemasaran-c-295-ke-asean-kontrak-pt-di.html

      kocak yach, pak said didu bilang:
      "saya juga waktu itu ikut jalan ke enam negara ASEAN untuk menawarkan C-295, kok malah belinya ke Spanyol," kata Said."

      itu baru bbrp tahun ini, lah awalnya dulu wamenhan pak Sjafrie muter2 bantu jual. ternyata sama, belinya langsung kesono haha!🤣🤣🤣

      ini sich pejabat baru tau kalo mereka habis2in duwit negara buat promosi gratis erbas haha!😆😆😆

      tebak siapa yg kecipratan fee marketingnya. kalo pejabat sich enggala, soalnya mrk kecele bok ama yg di banndung haha!😋😋😋

      ini ada komentar om antiembalgo lucu bingit, tp lojiklah..tumben haha!😂😂😂
      "pantesan pt DI gak maju maju .. makan dana hibah triliunan dari rakyat hasil nya hanya jadi broker calok AIR BUS . "

      tp itu dolo, kalo skrg guwe optimis, ama bos barunya. banyakan jual produk sendiri, hidop cn235 lebih mantap haha!👍👍👍

      Hapus
    4. Anda pasti ke begitu mas?jika maksud alutsista yg dicatatkan di sipri bermakna alutsista import ngapain klewang pun turut tercatat di sipri?bukankah kapal itu buatan indonesia?ia berbalik kpd tingkat teknologi atau tot yg diterima sesebuah negara..jika sesebuah negara sanggup belanja lebih lebih la mereka dpt.. jika kamu lebih menyelusuri ttg program gempita dan lcs maharajalela dimalaysia kamu akan mendapati ia berbeza dgn program pkr sigma dan kaplan tank di indonesia..gempita dan maharajalela sememangnya menggunakan design yg sedia ada dr luar (seperti anoa drpd vab perancis) tp seluruh hull dan bodynya dibina dr awal di malaysia from scratch,from a dan bukan diimport drpd blok2 besar seperti pkr sigma dan hull kaplan dr belanda dan turkey..hehe..Jika anda yakin dgn statement anda ini bermakna anda mengiktiraf yg klewang itu buatan luar negeri..hehe..sekadar pandangan

      Hapus
    5. Palu# biasanya mahairi n harta yg ngotot troll bila cn235 bkn hasil kerjasama dgn spain dan anoa adalah lisen dari france,mereka berdua sering di hantar linkpun tetap gk dibaca om

      Hapus
    6. Tentara@ sering2 banyak baca pakcik biar paham,cem mn Bousted nak boleh bina hill bila steel cutting pun tak de,marhalim n gagak sahaje kata bila hull gowind ko tuh di bina di luar malaysia,nak aq hantar link tak biar ko paham

      Hapus
    7. Kamu yakin alat steel cutting tiada?habis tu mengapa steel cutting Maharajalela class yg seterusnya dilakukan di malaysia?tak perlu sy ulas..kamu dan yg lain2 tahu bahawa Maharajalela class tidak seperti proyek PKR Sigma dimana hull Maharajalela class sememangnya dibangun dr awal di dalam malaysia cuma kamu agk segan ingin mengaku bila ada beberapa perkara tetangga berada di atas kan mat rempit..hehe

      Ok..berbalik kpd topik perbincangan asal kita..jika sy tanya Makassar/Tarlac class buatan mana apa akan kamu jawab?adakah buatan Korsel?sudah tentu 100% forumer Indonesia akan jawab buatan Indonesia terutamanya Tarlac class Philipine..cuba kamu telusuri dr awal proyek Makassar class yg kemudiannya menjadi improved Tarlac class..asalnya kapal ini buatan Korsel,di design oleh Korsel lalu dibina didalam negeri oleh PT PAL selepas kapal yg ketiga..berbeza dgn proyek PKR Sigma dan Kaplan dimana Indonesia perlu mengimport blok2 besar dr Belanda dan Turkey utk membinanya tp utk Makassar/Tarlac class Indonesia bisa membinanya 100% dlm negeri tanpa perlu mengimport blok2 besar dr Korsel lalu mengecopnya sbg binaan anak tempatan..yah seperti itu la proyek AV8 Gempita dan Maharajalela class Malaysia..asal menggunakan design sedia ada dr Turkey dan Perancis tp hull nya dibina dr scratch dlm Malaysia utk yg seterusnya..jika kamu menidakkannya maksudnya kamu juga menidakkan yg Makasar/Tarlac class adalah buatan Indonesia..
      sekadar pandangan sy :)

      Hapus
    8. Analoginya mudah:

      Proyek AV 8 Gempita dan Maharajalela class Malaysia sama sepertinya proyek Makassar class Indonesia.

      Bukan sekadar rakitan biasa tp 100% hull dibina dr dlm negeri cuma teknologi sensitif saja diimport.

      Hapus
    9. Sbb itu sy sentiasa igt satu cadangan seorang forumer dr Indonesia dahulu..yah..mngkin dia seorg yg realistis..katanya..

      Contohi Malaysia dlm beberapa perkara seperti keinginan dan kesanggupan utk mendapatkan tot..sanggup membayar lebih utk mendapatkan tot yg sebenar dan bukan sekadar merakit biasa..

      Sbb itu kebiasaannya proyek militer Malaysia seperti AV8 Gempita dan Maharajalela class selalunya berkos tinggi sehingga pernah ada forumer Indonesia yg mengatakan Gempita seharga MBT Abrams..hasilnya kami tidak hanya merakit biasa..hehe

      Hapus
    10. Yup betul biaya TOT lebih mahal daripada sekedar beli. Melihat besarnya nilai Pengadaan Gempita saya berkeyakinan tidak hanya sekedar assembling.

      Hapus
    11. kata siapa anoa disain vab?
      uda brp kali guwe bilang beda, bentuknya, afa ferlu guwe kirim lagi poto2 bedanya, dari setir pengemudi & gunner pod beda tong.
      masi keras kepala jugak...guwe fentung nich 🔨🔨🔨haha!🤣🤣🤣

      dan pekerjaan rumah luh dari semalam mana? ada gak di sipri anoa ama cn235, hmmn?

      klewang emang disain lomo, NZ. walo dibangun oleh pt lundin om tentra delay, masa gak tau haha!😆😆😆
      itu urusan PT Lundin & lomo sebagai patner.

      nah, makanya guwe uda tulis diatas diatas tuw, makanya rajin2 membaca!haha!🤣🤣🤣

      "kalo bushmaster(sanca), LPD, sigma betul kita tot & lisensi. makanya tercantum di sipri bkn supri haha!😆😆😆"

      kalo blom ada di duniya, bner2 baru cem harimo item/kaplan MT, cn 235, anoa pasti gak ada di SIPRI apalagi:
      komodo,
      KRI LST bintuni 520,
      KRI Tarakan,
      KN Tanjung Datu,
      KMC komando
      KCR 60m
      KCR 40m
      PC 40m
      PC 28m
      SSV Tarlac
      dan badak tambah bingung luh nyarinya haha!🤣🤣🤣

      dan sebentar lagi N219 haha!😍😍😍

      Hapus
    12. sedangkan proyek KD Maharajalela & gempita kleian, menurut pendapatkuh, biarpun dibuat 100%
      di tanah kalian, mau ganti nama segala. dalam duniya internasional, tetap saja dianggap lisensi. begitcu om tentra delay, jgn marah yach haha!😇😇😇

      sama seperti nanti sigma kami yg ke 3 rencana 100% dibuat disini dan kapal selam CBG kami buat di indonesia 100% pon tetap dianggap lisensi tong haha!😙😙😙
      lihat saja guwe uda tulis LPD jugak begitu.

      tapi berbeda dengan SSV Tarlac, gak bakal ada tulisan korea selatan di sipri filipina haha!👍👍👍
      dan pasti masuk sipri bukan supri haha!😅😅😅

      Hapus
    13. Tentara@ udah bodoh,tak pernah baca,merepet lg Wkwkwk...ko nih korban media propaganda UMNO yg senantiasa percaya pada pemerintah selalu Wkwkwk

      Bila tak pernah baca jgn hoax dan merepet pakcik,aq explain sama ko oke : 4 LPD itu adalah hasil TOT indonesia dgn korsel di mana 2 di bina di korsel dan 2 di bina di PT PAL Indonesia,selepas dah dpt ilmu dari TOT tuh indonesia mengembangkan sendiri design yg beza dgn LPD hasil TOT sehingga menghasilkan 2 SSV yg di eksport ke philippines,2 SSV Tarlac class nih adalah murni pure design engineer2 indonesia tanpa bantuan engineer korsel...6 PKR adalah hasil TOT dgn belanda,dimana di dalam perjanjian PKR I 2 modul di bina di belanda,4 modul di bina di indonesia,PKR II,5 modul di bina di indonesia,1 modul di bina di belanda,terus PKR III sampe PKR VI nantinya semua modul akan di bina di indonesia,kami tak de kata PKR 100% buatan indonesia,kami hanya kata PKR adalah hasil TOT dgn belanda,ok...medium tank tuh adalah hasil kerjasama PINDAD dgn FNSS Turkey,ratusan engineer indonesia dan Turkey bekerjasama membina dan merancang sehingga menghasilkan prototype I yaitu tank harimau hitam di mana tank ini sedang di test thermal dgn kondisi alam indonesia dan test uji ledak,selama proses pengujian harimau hitam nih di kilang PT PINDAD Indonesia sekarang ini jg sedang merancang dan membuat prototype ke II dari medium tank ini,bila prototype ke II ini selesai maka akan di test bersama dgn engineer Turkey,ok jadi mana kami guna design Turkey kerana indonesia dan Turkey bersama2 bekerja bina prototype ini

      Itukan kata media ko yg kata seterusnya steel cutting di malaysia,SIPRI baru hantar berita malaysia beli langsung 257 gempita dari Turkey dan 6 gowind beli langsung dari france,pasal hull2 gowind ko nampak semua di kilang Bousted itu adalah kamuflase sahaje,Pembohongan public..hull2 gowind ko di bina di france dan di belanda,setelah hull ko tuh dah jadi baru dihantarlah ke kilang bousted untuk di welding,dicat habis tuh diberi stiker buatan tempatan Wkwkwk...logika cem mana kilang bousted ko bina hull kl tak de steel cutting,bisa plat baja kapal tuh dibengkokkan pake gigi ko tuh Wkwkwk

      Hapus
    14. yach begitulah om pit, guwe bakal kluarin pada saat yg tepat, kerna bakal berguna bukan hanya buat kita, tapi seluruh dunia yg mao belajar dan menghargai pendapat org. bukan dikasi cuman diem, kabur, pura2 lupa, trus kambuh lagi penyakitnye haiizz sleketep yg model gini haha!😎😎😎

      eniwei trims buat pencerahaannya sipri bukan supri, guwe jadi mengerti sekarang haha!👍👍👍

      Hapus
    15. dan harimo item alias kaplan mt takkan ada di sipri buat kita om pit haha!😊😊😊
      kerna pindad & fnss adalah:
      "Jointly designed and developed by FNSS and PT PINDAD "

      "mereka membuat tank yg murni bner2 gak ada sblomnya di duniya"

      "sama halnya dengan cn235"
      https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_equipment_of_the_Turkish_Land_Forces

      dan duniya internasional mengakui itu haha!👍👍👍

      Hapus
    16. Tentara@ sila baca kl ko tak percaya Bousted cuma welding n painting sahaje Wkwkwk :

      1)www.malaysiadefence.com/walk like an egyption/26-06-2016

      2)www.malaysiamilitarypower.blogspot.co.id/kapal halimun tentara laut diraja malaysia gowind frigate status progress/29-11-2015...(setelah pemotongan besi dilaksanakan,kits besi yg telah dipotong mengikuti lukisan kejuteraan yg diluluskan akan dihantar ke malaysia untuk di welding menjadi blok2)

      Hapus
    17. makanya guwe tawarin 2 bijik aja antara anoa & cn 235 di sipri uda kliyengan dia om pit haha!😊😊😊

      apalagi dari komodo ampe ssv tarlac, terbang keliling mars blom tentu dapat haha!😋😋😋

      eh lupa ada lagi bom2 p100,250,500,bt250,bt250,rudal petir, uav wulung dan sebagainya produksi dalam negeri kita juga gak bakalan ada, apalagi senjata ss-2 begh, keliling galaksi aja kalo niat tetep 0, tul gak om pit haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    18. Palu gada@ sepertinya percuma sahaje dan buang2 waktu menjelaskan pada tentara ini om,di kasi link dan penjelasan yg panjang lebar tetap aja gk dibaca om,nanti2pun om tentara,Gem,mahairi,Dein,scan,Aloy,hartaku,paul akan hantar cakap CN235 bkn buatan indonesia tp buatan spanyol,anoa adalah design dan lisen dari france,harimau hitam buatan Turkey,PKR ompong,bung tomo cacat produksi dll...mereka semua suka troll dan suka cakap hoax kerana mereka sebenarnya iri dan dengki melihat indonesia banyak kemajuan dalam bina senjata om

      Hapus
    19. bisa jadi om pit, oleh kerna ituw om pit takkan terlupakan 1 negara mereka haha!🤣🤣🤣

      blom lagi permata parade:

      P6-ATAV & P2

      https://3.bp.blogspot.com/-ZqprwBWEXP4/T7I1C826Y5I/AAAAAAAAJ3c/kW-ApVCPBXA/s1600/P2+Comando+94n.jpg

      http://2.bp.blogspot.com/-x0843YvWWSk/WeI99mPrrHI/AAAAAAAASvs/YUgrm5znwDoEJA4QP0i6YcoXZddDUJzxACK4BGAYYCw/s1600/20171015_08.jpg

      takkan ada di SIPRI bkn SUPRI babehnya om smilikity haha!🖖🖖🖖

      Hapus
    20. om palu jngan lupa juga peluru leopard, peluru Ceasar, peluru BMP3 juga sudah bisa kita peoduksi. La wong pejabat2 Australia sampai rakyatnya saja pada sadar, kelak Indonesia menjadi negara maju dan kuat. Jiran utara kita ini kok blm sadar2 juga ya..???

      Hapus
    21. jgn lufa, klo scantut ntu paspor sini cuman lagi ditahan majikannya disemenanjung, kabur kesono gegara ditilang polisi gak pake helem doank marah masa haha!👻👻👻

      Hapus
    22. Tapi kalau di army recognition ada kalimat ini bro... meski tetap dibilang Malaysia assembling tetapi ada kalimat by contrast yg artinya berbeda dgn yg dilakukan negara Oman saat membeli Pars 8x8. Jadi memang Malaysia ada effort lebih besar dari sekedar membeli. Kalau tidak salah biaya Gempita 257 unit ini menghabiskan dana $ 2.2 Billion sebuah dana yg sangat besar.. bandingkan dengan Egypt yg TOT pembuatan 500 unit tank M1 Abrams yg habis $ 3.2 Billion, artinya pasti dalam pembuatan Gempita ada TOT yg besar karena nilainya sangat luar biasa besarnya.

      Ini nukilan kalimatnya :

      FIRST OMANI PARS III 8X8 DELIVERED

      The first PARS III Wheeled Armoured Vehicle (WAV) was delivered to the Royal Army of Oman (RAO)

       

      The Malaysian programme, based on the PARS II, covers a total of 257 8x8 vehicles. Local company DRB-HICoM DefTech acts as the principal assembly agent and works with FNSS to customise the vehicles for the Malaysian requirements. By contrast, all the RAO’s vehicles will be manufactured at FNSS facilities in Ankara. The 172 PARS III WAVs include 145 8x8 in eight variants and 27 6x6 vehicles in five variants. The 145 8x8s include 72 in APC/IFV-25 configuration, 12 120mm Armoured Mortar Vehicles (AMV), eight ARVs, six AEVs and one Armoured Training Vehicle (ATV) variant.

      Bandingkan kalimat saat FNSS mwmproduksi untuk Oman dikilang Turki. Ada perbedaan mendasar sepertinya.. any thoughts ?

      Hapus
    23. Menurut logik saya hampir tidak mungkin Malaysia dengan angka sebesar itu $ 2.2 Billion hanya mendapatkan project Assembling.

      Kata Assembling disini saya berkeyakinan bukan sekedar melakukan pekerjaan dasar seperti las dan memasang baut sahaja tetapi bisa jadi perangkat elektronika dan sistem kontrol turret senjata nya ikut dijadikan bagian dari TOT Turkey - Malaysia.

      Hapus
    24. Project tu besar dan Kita beli licence. Body sume made in malaysia. Engine aku tak sure rase batch 1 still Import. Fnss dan Deftech sama2 jadi contractor utk bangun dan bina mengikut spec malaysia. Justeru Klu ckp Import memng. La Kita beli dari dorng siap blue print Tp bina body, psng & untergrabe weapon sume local dan jv ber sama OEM. Beberapa batch pertama memng assemble kat Turku. Dan orng kita kesana skali joint develop gempita. Tak silap kuantiti dlm 12 buah. Lagi pun masa tu malaysia kilang tgh Upgrade. Sume perlu dibuat turki sampai la kenderaan siap ikut spec tros bina Dimalaysia. Sbb malaysia perlu belajar Di negara asl is itu turki

      Hapus
    25. Bro @Harta.. apakah ada info pembuatan Gempita atau Videonya saat di fabrikasi ? Buat bahan diskusi bersama. Saya searching susah sekali mendapatkannya.

      Btw Gempita ini salah satu ranpur 8x8 terbaik diasean selain Terrex. Ini ada video yg cukup bagus saat saya mencari video produksi gempita yg masih belum ketemu.

      https://youtu.be/oMp6Ra2r7Pc

      Bisa dibandingkan dengan mudahnya saya mendapatkan video proses pembuatan Anoa di awal thn 2014 lalu. Anoa sendiri awal produksi do tahun 2008.. menurut direkturnya sejak 6 thn sudah dihasilkan 300 unit dan thn 2014 akan bertambah 40 unit. Estimasi akhir thn 2014 adalah 340 unit (belum termasuk yg dipakai di PBB).. dengan kapasitas produksi setahun rata2 40 unit berarti produksi terpasang sampai 2017 mungkin sekitar hampir 500 unit.

      https://youtu.be/qfijDOfdXow

      Bila ada video pembuatan Gempita boleh dishare disini bro untuk bahan menambah pengetahuan. Thx

      Hapus
    26. Mangaku aje lah ia mat lampir kamu pun pakai steel cutting pkr di belanda ok Kerana tak mampu potong semua baja besi Pkr ada itu di indonesia walau pun hanya menbina dua dulu ,Satu pkr terpaksa potong di belanda Pada mulanya dan Satu lagi di indonesia setelah siap potong baja di belanda, kami mengaku pakai mesin steel cutting dari belanda tak ada Berbohong seperti kamu itu Mat lapir masuk bakul angkat diri sendiri, ini bererti indonesia masih tak mampu penuhi baja potongan kedua dua kapal Pkr steel cutting baja di Indonesia itu

      Kami ada alasan tak pakai steel cutting ada dekat malaysia ini

      Hapus
    27. Terpaksa potong di belanda..? Dengar ya mahatai budak tak pernah sekolah.. jika Implementasi ToT(transfer of tehnology) itu memang mengharuskan ada nya module pkr yang di bangun di belanda.. bayangkan hanya 2 module yang di buat Belanda, sedangkan sisa 5 module lagi di buat di Indonesia..bandingkan dengan malon yang semua steel cutting untuk lcs di lakukan di luar negeri tapi sok jaguh buatan tempatan..
      Wakikiikikik

      Hapus
    28. Bro Maha ini benar2 Lucu hehehe

      Kalau sudah bisa cutting steel sampai 5 kenapa yg 2 harus diluar negeri bro logikanya ? 2 modul tadi harus dikerjakan di belanda sebagai bagian dari kesepakatan TOT. Coba lihat diyoutube modul apa yg dikerjakan di Belanda ? Seingat saya modul di area control room yg Indonesia bbrp tahun lalu belum berpengalaman, tetapi disyaratkan tahun2 berikutnya modul ini juga akan dikerjakan seluruhnya di Indonesia.

      Bukan karena tidak bisa cutting steel bro... hadeehhh 😧😧😧😩

      Hapus
    29. Raden Eddy Martadinata dibangun menggunakan proses modular kolaboratif beroperasi secara simultan pada Damen Schelde Naval Shipyard (DSNs) di Belanda dan galangan kapal PT PAL. Kapal ini terdiri dari enam modul, dan untuk Raden Eddy Martadinata empat dibangun di PT PAL sementara dua modul lain – pembangkit listrik dan jembatan & pusat komando – dibangun dan sepenuhnya diuji di DSNs sebelum dikirim untuk perakitan akhir di PT PAL.

      Proses ini membawa banyak manfaat lainnya, termasuk memungkinkan Damen untuk membangun kapal kualitas terbaik di mana saja di dunia. Ini juga merupakan cara terbaik bagi Damen untuk memenuhi kewajiban kontrak kepada Kementerian Pertahanan Indonesia untuk memberikan program pengetahuan dan transfer teknologi yang luas. Hal tersebut memiliki tujuan eksplisit mendirikan pusat keahlian pembuatan kapal angkatan laut di galangan kapal PT PAL.

      ---------------

      Betul yg saya katakan 2 modul lain yg belum dikuasai Indonesia saat itu adalah modul pembangkit daya dan modul control room. PKR ke dua pun sama skema TOT nya.

      Untuk ketiga keempat dan seterusnya modul akan secara luas dikerjakan di Indonesia bila hasil TOT sudah smooth dan capability tercapai. Karena memang itu tujuan akhirnya, semua modul dikerjakan di Indonesia

      Hapus
    30. Mahairi@ Cem mana ko sekarang,dah bengap keh Wkwkwk...kl indonesia tak de steel cutting manalah modul boleh di bina di indonesia dan manalah indonesia boleh eksport SSV ke philippines Wkwkwk...

      Hapus
    31. Superstar# sampe kiamat pun mana ada video pembuatan gowind tuh di kilang Bousted wong gempita nih di beli langsung dari Turkey

      Hapus
    32. Gempita tu mahal kerana songlap

      Hapus
    33. Warbyazah@betull tuh songlap najib botak ... Yng suka ngebodohi rakyat nya sndri dngan umno kesayangan nya. Haaa

      Hapus
    34. https://youtu.be/MteUNZec_-g

      Hapus
    35. bisa jadi om super, pengadaan anoa yg tiap tahun produksi terus, mana tercatat di sipri bukan supri haha!😉😉😉
      jangan lufa pindad jg produksi komodo, apc pendobrak 4x4. jumlahnya jg gak ketauan

      https://www.youtube.com/watch?v=90cpsmIloPc

      guwe gak perna liat markaz pt pindad kosong, slalu produksi terus nonstop tiap tahun, tanpa bisa dilacak sipri bukan supri haha!😁😁😁

      kalo yg ini apaan yak? baru liat, mirip2 komodo, tp bukan..hmmn

      https://2.bp.blogspot.com/-ebcNEYrC43w/UKICSwdHpDI/AAAAAAAAT5A/sPal-bn8DWU/s1600/Rantis_Defense+Studies.JPG

      nah yg ini lagi ditawarken, kira2 jadi gak yak
      https://4.bp.blogspot.com/-e1M5cHBK4-g/UKICaD890MI/AAAAAAAAT5Q/1Hbz5iEPyQE/s1600/Acmat+VLRA_Defense+Studies.JPG

      Hapus
    36. mana om tentra delay katanya gempi uda bikin 257 bijik lengkap, di sipri bukan supri laen critanya wueekkk haha!😜😜😜

      Hapus
  15. Bandar togel SGP online merupakan bandar terpercaya | bandar darat dan online yang sudah memiliki jutaaan member yang ikut bergabung dan mendapatkan potongan terbesar yang ada di website kami winning303, ayuk jangan di tunggu untuk mendapatkan potongan terbesar dari https://pasartaruhan.club/klik4d

    BalasHapus
  16. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    sepakbola

    BalasHapus
  17. Kualitas artikel kamu bagus gan.. aku suka baca artikel kamu.. seperti artikel ini
    https://peduliayam.com/2019/06/15/manfaat-buah-mahkota-dewa-untuk-ayam-laga/

    BalasHapus