17 Maret 2018

Panglima TNI Konfirmasi Pembelian Drone CH-4 Rainbow Buatan China

17 Maret 2018

Drone CH-4B (photo : SCMP)

Alasan Marsekal Hadi Pilih Drone Buatan China Ketimbang Israel

Jakarta - Di tengah anggaran yang terbatas, pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI tetap dituntut melaksanakan tugas dan kewajibannya secara mumpuni. Saat menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan, Marsekal Hadi Tjahjanto punya siasat tersendiri, antara lain menghindari pembelian alutsista dari para calo. Dengan demikian, pembelian alutsista benar-benar berorientasi pada kebutuhan bukan kepentingan yang mungkin lebih berorientasi pada profit.

Salah satu contoh kemandirian memilih berdasarkan kebutuhan adalah pesawat nirawak alias drone. Indonesia pernah menggunakan produk Israel, negara yang paling menguasai teknologi drone. Tapi sampai sekarang negara itu tak mau melepas kendali pengoperasian pesawat-pesawat tersebut. Akhirnya, Hadi memilih drone buatan dalam negeri dan China.

"Alasannya, hanya China yang tak membatasi pemanfaatan drone produksi mereka, siapa pun boleh membeli teknologi maksimal yang mereka hasilkan," kata Hadi dalam buku Anak Sersan Jadi Panglima yang diluncurkan, Jumat (16/3/2018).

Pertimbangan lainnya adalah soal harga, dan kemampuan yang sudah terbukti dalam peperangan di kawasan Timur Tengah. Selain itu, produk drone yang ditawarkan ke Indonesia, Rainbow CH-4, mampu terbang selama 40 jam dengan area pengawasan yang bisa diperluas berkali lipat jika pesawat dihubungkan dengan satelit milik BRI.

"Rainbow CH-4 punya bentang sayap sepanjang 18 meter, besarnya hampir sama dengan Sukhoi. Drone ini yang paling banyak diminati dan kenyang dengan pengalaman tempur. Di Irak, misalnya, sukses menggunakan drone yang bentuknya menyerupai MQ-9 Reaper dan MQ-1 Predator itu untuk memerangi ISIS," papar Hadi dalam buku yang ditulis teman masa SMA, Eddy Suprapto.

Dengan tubuhnya yang bongsor, CH-4 sanggup membawa beban maksimal 250-345 kilogram, dan bahan bakar 165 kg. Ketinggian terbang maksimalnya 8.000 meter dan jarak jelajah maksilam sekitar 250 km, serta mampu menembak dari jarak 5.000 meter.


Dengan kualifikasi seperti itu, Hadi membayangkan tugas patrol perbatasan dan patrol laut untuk mencegah penyelundupan, terorisme, atau illegal fishing bisa dilakukan dengan lebih efektif, aman, dan murah ketimbang menggunakan pesawat berawak.

Kebijakannya dalam menentukan alutsista semacam itu tentu terus dibawanya ketika menjadi KSAU sejak 18 Januari 2017, dan makin kukuh setelah dirinya menjadi Panglima TNI sejak 8 Desember 2018.

Masalah pembelian Alutsista cuma sekelumit dari isi buku ini. Eddy yang berlatar belakang sebagai wartawan juga mengulas lika-liku kehidupan Hadi Tjahjanto di masa kecil, hingga mencapai karier tertinggi di militer sebagai Panglima TNI.

Hadi, alumnus Akademi Angkatan Udara 1986, meniti karier dengan tidak mulus. Meski pernah mengikuti pendidikan staf di Prancis, di lingkungan TNI, Hadi justru pernah diremehkan, dipandang sebelah mata, dipinggirkan, dan jarang diberi kepercayaan untuk memegang peran strategis. Bahkan, Hadi pernah digosipkan sebagai penerbang yang gagal.

"Saya berharap, kisah perjalanan hidup Panglima TNI ini menjadi motivasi terutama untuk menghadapi situasi kesulitan ekonomi dan mengingatkan untuk tidak meremehkan orang lain," kata Eddy dalam acara yang dihadiri Kolonel Wahyu Tjahjadi, adik Hadi Tjahjanto, dan pengamat militer Jaleswari Pramodhawardhani.

86 komentar:

  1. asal ntar jangan dipake perang di SCS aja pak, bisa jadi senjata makan tuan tuh UCAV. Bisa tembak anak buah bapak sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada indonesia pilih drone isreal cepat rusak itu lebih baik beli drone china yg berjaya melawan terro isis iraq itu,Kalau drone isreal ramai akan bilang indonesia akan cinta Banggat sayang sama sodom isreal Kiss2 sama isreal itu ix ix ix

      Drone isreal menang bermasalah apabila turkey pakai dulu dua mereka gak ada kualiti sehinggakan terpaksa turkey Hantar balik sehinggakan isreal gak Menhatar balik drone horan milik trukey itu, malah isreal mencuri teknologi opik milik turkey Yg pasang oleh turkey.. Turkey sendiri berjaya menanbah baik kualiti drone milik isreal Itu...

      Sepatutnya indonesia belajar macam mana india menperbodohkan isreal itu dimana India menbodoh isreal tapi india pintar Bermain politik sama isreal gak mahu beli atgm isreal sehinggakan Satanyahu isreal terpaksa pujuk india menbeli senjata mereka satanyahu takut malu dan terlepas tendar senjata sama india sampaikan isreal sanggup bagi murah senjata dan tot sama india...

      Anda semua harus belajar macam mana india pintar mainkan isreal itu, saya haren indonesia senang aje bodohkan sama isreal itu, apabila ia mahu menjual senjata milik isreal itu

      Hapus
    2. u dont even knows, how to operate uav/ucav sir MM.
      you are NATO: no actions talk only..lols

      Hapus
    3. MM Israel refused to release the source code to us and China gave it to us. That is the MAIN reason the chinese drone got chosen. The wgole ISIS thing is just cherry on top but not the main reason. Can't you read? Stupid malay.

      Hapus
    4. Read the atical who is stupid Ok you or i GerhardA
      Atical Indonesian do not want to buy isreal weapons and are choose Chinese drone weapons..
      I say you so stuppid ok dont Read atical ok

      I say problum isreal drone ok and isreal try stuppid all indonesia tni ok, see history isreal Try stuppid indonesia tni sell damaged weapons

      Isreal want sell weapon but sell down great Dont give
      source code To Fire missile and come base use source code tni they are not stupid use manual control come base ok, isreal can no stupid people In world sell wepons all Dont have they source code Fire missile and auto automatic software Control drone ok

      Hapus
    5. MoronMalay Can you not fucking read? "Alasannya, hanya China yang tak membatasi pemanfaatan drone produksi mereka, siapa pun boleh membeli teknologi maksimal yang mereka hasilkan". The article literally said that. Idiot.

      From China we get the maximum capabilites of the tech, from Israel no. From China you get the source code so you can exploit the full capability of the drones, i.e. turn it into UCAV etc. From Israel no.

      WHY BUY SOMETHING THAT ISN'T AS FLEXIBLE TO LEARN FROM WHEN YOU WANT TO BUY IT TO LEARN HOW TO MAKE MORE YOURSELF IN THE FIRST PLACE YOU FUCKING MORON?

      The Defence Minister has already said this: "(Negara) mana pun pasti beli (untuk) dia bedah, dia pelajari. Kita juga beli saja sedikit satu atau dua, kemudian kita pelajari" That shows everything Indonesia buys is bought to be studied as well.

      The problem is not that Israel is trying to fool Indonesia by selling downgraded weapons or whatever you said in your fucking broken english. The problem is buying israeli drones means we can't study it because they won't let us to. China allows us to do so, so we buy from them. Plus chinese drones are cheaper and quite capable.

      Fucking learn to read you moron. And fix your fucking english. You write like some primitive moron who is trying to write english for the first time, so he just writes what he thinks he heard. IDIOT.

      Hapus

    6. "Drone israel cepat rusak"

      See? Now you know their brain capacity..
      i thougth they are military enthusiast, but they just an "uneducated human". poor you.. :)

      Hahaha. :))

      Hapus
    7. Awas mas @Bagus nanti kamu bakal dapet jawaban ketus "Please dont Follow Mix (*) " dari beliau 😀😀😀

      *tolong gak usah ikut campur

      Hapus
    8. bujeet ada 2 senior forum kitah turun gunung.

      blom tau om gerhard doi, yg model om antiembalgo cara ngeja tulisan, bisa ditelen idop2 tar luh om mahat batuw haha!😋😋😋

      Hapus
    9. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk dadah semenanjung seminggu ini gak bisa tidur pules. Panas hati tidak berkesudahan kalo main ke blog sini kih kih kih

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  3. Value for money di kelasnya, semoga lengkap ama rudalnya.

    BalasHapus
  4. sebenarnya aku tau kelemahan ucav ini....tapi diem aja ahhhh.,,,yg penting banyak mainan lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu mau pancing si melon sial kah kah.. ??😁😁

      Hapus
    2. kelemahaannya gak bisa mata2in al*xi*, map gpsnya lgs ngeblok yak om daru haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Geblek bener mas hahahahaha kan udah ditutup mas tempat prost al*xi* itu hihihi... dosa mas tempat2 begitu harus ditutup secepatnya jangan dibiarkan 😅😅

      Hapus
    4. Yupp...memang benar, harus ditutup secepatnya biar nggak terlihat dimata umum kan, hhh

      Hapus
    5. Wakakakakakaka 😂😂😂😂😂

      Hapus
    6. "Indonesia pernah menggunakan produk Israel, negara yang paling menguasai teknologi drone. Tapi sampai sekarang negara itu tak mau melepas kendali pengoperasian pesawat-pesawat tersebut."
      Sekarang jelas sapa yang munafik kan... :)
      Rupanya kawalan UAV pun israel yang buat..habis rakyat indon yang ramai buat apa ye?..hahahhahah

      Hapus
    7. Dein@ kl malon rame buat dadah sahaje Wkwkwk

      Hapus
    8. Berita jadul 4 thn lalu... sudah tertulis di media lokal ada UAV 😁

      Israel merupakan salah satu negara dengan tingkat kemajuan teknologi terbaik di Dunia. Banyak dari perusahaan besar dunia memiliki investasi besar-besaran di Israel untuk bagian penelitian dan pengembangan. Diantaranya adalah 3M, Alcatel-Lucent, AOL, AMD, Apple, Applied Materials, AT&T, Autodesk, Barclays, BMC Software, Broadcom, ChemChina, Citigroup, Cisco, Dassault Systèmes, Dell, ebay, EMC, General Electric, General Motors, Google, HP, Huawei, IBM, ICAP, Intel, John Deere, Johnson & Johnson, LG, McAfee, Microsoft, Motorola, Oracle, Nestlé, paypai, Philips, Polycom, Qualcomm, Samsung, SanDisk, SAP, Sears, Siemens, Software AG, Sun Pharmaceutical, Syngenta, Tata Group, Texas Instruments, Xerox, dan Yahoo.

      Selain beberapa perusahaan raksasa dunia dari Amerika, Jerman, China, Korea, dan India. Selain itu, Negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik serta berseberangan dengan politik luar negeri pemerintah Israel juga sering membeli produk mereka, Seperti Negara - Negara Arab dan Indonesia yang pernah membeli alutsista diantaranya Pesawat A4 SkyHawk, Senapan Uzi, Senapan Galil, dan UAV.

      Hapus
    9. "bukan pernah". tepatnya masih menggunakan uav yg tak bole dibeli tetangga sebelah alias negara muh om deindeng haha!😜😜😜

      nanti kalo om super bawa lagi soalan total bisnis isroil ke indo & negara muh om deindeng, banyakan manah jika dibandingin.
      bisa copot jantung luh akibat kemunapiqkan si sapiq piq haha!😆😆😆

      kemarin uav isroil, tni pake buat operasi di papua, 100% berhasil bok, ada tuch dokumentasinya sliweran di yutub om deindeng haha!😉😉😉

      kita beli senjata, gak peduli dari mana...yg penting no.1 dan harus menang, begitu doktrin militernya.

      buat UCAV/Dron tempur, tak semua negara menjual senjata strategis ini.
      sama seperti BOM P100Live,250 & 500 yg kleian kepingin bingit, tapi "NO" katanya kemhan kami haha!👍👍👍

      rrc yg salah satu yg brani melepas maenan tipe ucav ke kami tanpa syarat.

      kalo reaper/predator & globalhawk dijual amrik pon, bisa jadi dibeli oleh panglima tertinggi kami, yipppiii haha!👍👍👍
      tapi soalannya beberapa negara pemilik teknologi UCAV ato dron tempur tersebut membatasi daerah operasi senjata strategis produksi mereka.

      kalo om deindeng perna maen dron umum, kalo perna pasti ngerti, itu dron kalo di blok map gpsnya oleh manufaktur, gak bakalan bisa masuk2 ke koordinat slain yg ada di map.

      kalo di indo skrg, khususnya jakarta ada batasan daera yg bole bebas maen dron umum, utk tempat tertentu sperti fasilitas umum, bundaran HI, instansi militer, istana secara otomatis dron gak bisa diarahkan kesana.

      utk bisa menerbangkan dron, dilokasi terlarang tersebut hrs minta manufaktur agar membuka blokade map gps, nah pihak manufaktur pon harus dapat ijin dolo dari kepolisian, baru dech bisa lenggang kangkung di HI haha!🤣🤣🤣

      kalo ada dron umum yg lolos tanpa ijin, akibatnya di tembak pake dron gun, trus kena sita haha!😉😉😉

      Hapus
    10. nah dari situ pengertian guwe buat kata2 dibawah ini.

      "isroil tidak mau melepas kendali pengoperasian pesawat"


      pertanyaannya adalah kenapa ada batasan pengendalian?🤔🤔🤔
      soalnya dgn satelit, uav bisa dituntun lintas perbatasan buat mata2 negara laen kyk negaramuh, soalnya gak punya pertahanan udara cem nasams kan, aman euy haha!🤣🤣🤣
      apalagi sing, paling tatut di tengok2, padahal sapa jugak mao matai2 negeri yg ada spyder & iron dome, cukup pake teropong jg kliataan om ben disebrang lagi ngupils haha!🤣🤣🤣

      mnurut guwe mereka (isroil) memperbolekan uav produksi mereka dipake bebas utk kepentingan dalam negeri kami.
      tapi utk global tak bole sembarangan, kerna akan memicu kontroversi, kayak amrik aja dolo maen masuk ke iran trus kena DOR, hasilnya jadi wuling..eh wing long deng ama rainbow haha!😇😇😇

      jadi bahaya kalo sampe uav ditembak jatuh ke negara tetangga, yg py hanud cem sing tapi haha!😜😜😜

      nah kalo turki punya kita gak tau dech apakah ada perjanjian macem2 jg?
      tp guwe rasa smuanya sama. ada batasan tertentu. bisa saja ucav dr negri panda ini dipake buat patroli natuna, kan bahaya kalo ada kita tembak kapal cg rrc haha!😙😙😙
      pasti ada dech tombol tiba2 macet, masa pmp, pren makan pren bos haha!👻👻👻

      konon ucav rrc, bakal kami oprek jugak. bisa kebayang ini ucav bisa lintas batas antar negara, mana bisa nenteng rudal & bom lagi, parahh haha!😅😅😅

      Hapus
  5. Mantap Banyakin ucav nya pasti keren buat patroli perbatasan

    BalasHapus
  6. yang bener wing loong ato CH 4 sih?? itu 2 prod yg berbeda lho klo ga salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih indon ditipu Israel.

      Hapus
    2. Ngk usah bingung mending nonton ini... https://m.youtube.com/watch?v=B6xxyzQRbgA

      Hapus
    3. Ngk usah bingung mending nonton ini... https://m.youtube.com/watch?v=B6xxyzQRbgA

      Hapus
    4. Yg sedih malon tak de UCAV hihi

      Hapus
    5. Ga usah bingung, udah bener ini Wing Loong CH-4 Rainbow, di youtube ane udah tulis dari 3 minggu yang lalu --> https://youtu.be/P4pFsWLWA1k

      Hapus
    6. Sedih malon belanja cuma 4 lembar sipri comel

      Hapus
  7. mantaaapp.. jika dihubungkan satelit BRIsat bisa 1,5 hari ngk pulang2 tuh.. hihihi.. Jadi jika drone ini bertugas di papua, cukup dikendalikan dari pontianak tidak perlu pusat komando ikut ke papua. Seperti predator/reaper saat beroprasi di Afghanistan dan Irak yg dikendalikan langsung dari daratan Amerika.. 😱😱😱.

    Namun tetap dibutuhkan pangkalan aju sebagai tempat pemeriksaan dan pendaratan drone sementara. Seperti Reaper/Predator yg berpangkalan di Incilrik, Turki.. Kalau di Papua bisa di Biak/Merauke/Timika/Jayapura.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ampe kita diperbolehkan punya predator/reaper ama amrik, artinya showroom kita makin lengkap om bagaz haha!😛😛😛

      Hapus
  8. Itu maksudnya drone buatan isroil yg d beli tni tidak bisa bebas d gunakan (isroil tidak mau melepas kendali pengoperasian pesawat...)
    Gagal paham ane.
    Kamsudnya gmn seh.,sopir drone orang isroil ape gmn, tolong pencerahannya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane rasa source code'nya..sama beli system IT, ada vendor yg mau buka source code..ada yg ngk mau..kalo source code dibuka..user (TNI dalam hal ini), bisa modifikasi parameter operasional..nah kalo tdk dibuka source code'nya..maka tiap ada perubahan parameter operasional, harus enhanced system dari produsen di Israel sebagai system holder.

      Ini perkiraan lho..

      Hapus
    2. Maksutnya...israel maunya memonopoli jualan paket lengkapnya, meliputi jasa satelit gps, satcom, datalink, sensor dan persenjataan.

      Lantaran paket lengkap tsb dimiliki semuanya oleh israel...alias urusan dagang yg didukung oleh penguasaan teknologi

      Hapus
    3. that's means we cannot turned our israeli uav into ucav capabilites.

      As i know, all of our uav are just for surveillance not combat.

      if tni au wants more capabilites then should take ucav. i think they dont have ucav?or exporting ucav. correct me if im wrong.
      and only few ucav sellers in this world's.

      u guys take break and play some youtube channel

      the world now afraid, that commercials drones will be use for attacking bomb. this toys become very dangerous weapons. and im very concerned about this matter.

      Hapus
    4. In terms of conflict State vs Insurgents/ terrorists, UAV and UCAV has become more economics yet lethals nowadays.

      But for State vs State conflicts diz might take 10 or 20 years from now inline UCAV usages.

      Hapus
    5. i think they already did, i mean US..lol

      Hapus
    6. Tak ada source code Indonesia tak bisa tembak rudai dan gak boleh guna automatik control jika drone dalam keadaan masalah taknikal Untuk kawalan manual,atau indonesia mahu ubah upgreat software dalam drone

      Jadi isreal cuba menperbodohkan tni dengan menjual down great, saya ucap syabas Pada indonesia gak beli drone isreal gak mahu bagi source code, itu baru pintar tahu tentang senjata,

      Hapus
    7. bobby senyum you save Want world, save you Can not yourself in war Because in terro world ok

      I say stuppid human rights west ok use sodom Is human right,isreal Kill pelestine people drone Missile use is human right ok ,..

      You can not sell down great drone dont Have missile Olny say is humen right ok..

      Go sodom humen Right ok, in Muslim dont need sodom humen right Buy aipac ok..

      Hapus
    8. Bingung aku moco coro enggresmu mas... aku pancene bodo tapi tetep iso sithik2 moco ambe nulis boso enggres..

      Iku mangsute Down Great opo Down Grade mas ??... aku moco tulisanmu komen neng nduwur peng pindo malah langsung sawan mas... mumet ndasku

      😁😁😁😁😁

      Hapus
    9. Otak 1cc mahatai mah udah ngga heran.. kih kih kih

      Hapus
    10. Udah di shoot pakai ATGM sama GerhardA@, masih aja ngeyel pakai bhs Inggris nggak jelas....😬
      Diartikel lain, CO2 dibilang Oxygen....
      Tak doakan MM jadi PM Malaysia berikutnya....😆

      Hapus
    11. panji sucipto Lain kali kamu belajar betul ia perkara ini dah belajar di smp ..Tak akan saya mahu terangkan sama kamu itu Mesin Co2 menghasilkan oksigen dan memisankan karbon dioksida diSimpan , masin oksigen Bilang Mesin co2 , oksigen masukkan kedalam tank pakai ke rumah sakit itu Tank Itu o2 ok

      Co2 =Carbon dioxide + oksigen bahasa inggris oxygen ,dalam air dapat Carbon dioxide c=o=c co2 2 carbon dioxide dan 1 oxygen

      Jika dalam kapal selam tempat tertutup dah tentu manusia hembus carbon dioxide dan habiskan oksigen dalam kapal selam jika mesin co2 tak berfunsi Pasti akan mendapat keracunan udara dalamnya Sehinggakan kamu tak bernafas ok

      Saya cakap oksigen senang fahami Walau terdapat karbon dan oksigen dalam co2 senang difahami ok.

      didalam mesin co2 Proses pemisanan carbon dioxide menjadi oksigen dan memisahkan karbon, karbon dikapal selam biasa akan dibuang dan akan sedut oleh manusia ok

      Lain sebelum cakap orang lain tanya pada diri kamu sendiri ok

      Itu telah belajar smp dulu jadi mat lampir gak cukup sekolah ok sama oleh itu kamu harus ajar mat lampir Macam mana ikan ambil oksigen buang karbon dioksida dilaut ajak mat lampir pergi kesekolah Smp balik ok .

      Kalau diangkasa dan bawah lautan oksigen dan karbon dioksida Perlukan untuk pembakaran, kalau tak ada karbon dioksida susuh mahu hidup sebuah mesin dan api

      Hapus
    12. @boby senyum

      Rasanya bukan soal itu bro...

      Menkonversi uav menjadi ucav hanyalah salah satu masalah dihilirnya saja, karena toh israel sudah mengekspor drone bunuh diri (harop&harpy) ke india, cina dan bbrp negara pecahan sovyet.

      Dalam pengoperasian drone dg kemapuan NLOS/Non-Line of Sight perlu dukungan 3 hal : sistim gps anti jamming (untuk akurasi bernavigasi), satcom dan sistim datalink (untuk keamanan transmisi data).

      Ketika menggunakan produk drone buatan isreal dg spesifikasi NLOS, menurutku hambatannya adalah :

      1. Israel mewajibkan menggunakan seluruh aset pendukung buatan mereka dari gps anti jamming hingga datalink....atau justru yg sebaliknya, isreal belum mengijinkan akses sistim gps anti jamming milik mereka !!!
      2. Sementara AU tidak yakin sepenuhnya menyerahkan keamanan datanya pd aset yg dimiliki israel.
      3.Konon, saat ini AU dalam proses mendapatkan ijin penggunaan Link-16 standar NATO...namun hingga sekarang
      prosesnya masih berjalan, jadi AU enggak punya alternatif lain ketika berurusan dg israel dalam hal ini.
      4. Cina adalah alternatif lain diluar israel yg memberi kebebasan bg konsumen dalam hal diatas...tentu saja dg harga yg lebih terjangkau

      Hapus
    13. Hadew, calon PM satu itu berasa semua orong bodoh, kecuali dirinya sendiri..
      Udah jelas-jelas nggak bisa mbedain down grade sama down great, tapi merasa Einstein....😤
      Dijawabpun nggak guna. Lebih berguna diskusi sama Gempur & Shed.

      Hapus
    14. kan uda dibilang om panji, doi 11,12 ama om antiembalgo, tercatat cuman sekali keduanya bertemu. coba debat..wahh puyenk para warjager haha!🤣🤣🤣
      pepet terus om, ntar jugak kabur cem tentra delay haha!🤔🤔🤔

      tapi lucu nich emang disana ada smp yach? haha!🤔🤔🤔

      Hapus
  9. Satu hal lagi yg saya prediksi bakal berimbas pada naiknya penjualan alutsista dari China dan Rusia.. masalah kurs Dollar.

    Saya gak ngerti metode pembeliannya yg jelas efek pidato gubernur FED (Bank America) yg siap menaikkan suku bunga dollar tahun ini 3 x sampai akhir 2018 berimbas pada penguatan dollar. Di seluruh Asean, Asia bahkan Dunia semua mata uang terkoreksi melemah thd USD.

    Efek terdekatnya jelas.. bila ada rencana pengadaan alutsista dari negeri2 barat (Amerika terutama) pasti akan terganggu atau minimal dipending atau dipindahkan kepada pasokan dari negara lain.

    Banyak analis yg bilang tahun ini memang amerika seakan untung dan maju padahal yg paling untung adalah spekulan dollar. Kuatnya Dollar kepada mata uang negara lain bagaikan meninggalkan bom waktu, produk2 yg dihasilkan oleh Amerika tahun depan diprediksi tidak akan laku terjual karena mahal dan imbasnya tahun depan ekonomi Amerika ada kemungkinan collap

    Phillipina pun minggu kemarin sudah ikrar keluar dari ICC (badan ratifikasi HAM dunia yg disponsori negara2 eropa dan amerika) terkait aktifitas pembersihan gembong narkoba.

    Ditunjang China yg sanggup menjual produk alutsista dgn harga termurah, tidak pelit TOT plus pinjaman hutang yg sangat2 ringan (ada yg 50 thn), saya prediksi tahun ini sampai tahun depan akan lebih banyak lagi alutsista negara2 Asean yg etalasenya berasal dari China maupun Rusia.

    'Just Thought

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hak asasi hanya untuk barat dan negara sodom, kami dah lama tahu permain mereka itu, cuba sumbat ngo Pelobby hak asasi dengan wang diam mereka ini, sebab itu aipac Isreal suka sumbat mereka ini dengan wang,

      Lupa bagi tahu kamu pilipina merupakan tempat cia dan gengstar seluruh dunia cari makan Guna narkoba dan tentu hak asasi barat akan ambil peluang guna ngo ham untuk minta simpati dunia tapi sayang dunia pun tak suka pada Pejual narkoba

      Di malaysia dulu banyak tankap penjual narkoba berwarga asing terutama ada antara mereka kerjasama dengan gengstar Tempatan Kami hukum mati mereka tak berani lagi datang ke malaysia,taktik sekarang mereka guna orang afrika dan guna orang malaysia untuk seludup masuk narkoba kami tahu mereka dari sendikit antara bangsa,

      Saya juga rasa Aneh kenapa kerajaan indonesia melepaskan warga Australia jual dadah di indonesia itu dulu, mereka itu sedikit antarabangsa penjual narkoba dunia ini, kebanyakan penjual narkoba adalah gengstar antara bangsa dan agen asing jual Mendapat wang bagi biari projek terro mereka..

      Taktik terbaru mereka ini Cia dengan kerjasama mossad menjual narkoba made in afganistan pada barat dan negara arab untuk projek Terro mereka di negara2 arab timur tengah

      Hapus
    2. Dear MM,
      i know you are a troller, but too obvious and dumb to be a good troller. Maybe you are the dumbest. :)

      But.. Hey! don't be sad..
      here.. i have a beginner guides "How to be a good troller" for you and your kind.. from "there"
      https://www.wikihow.com/Be-a-Troll


      your welcome :)

      Hapus
    3. Ha...ha....ha...
      Bagus, menggelikannya, dia selalu merasa seperti Einstein...
      Aku tak berdoa aja supaya dia jadi PM berikutnya...

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Pak RR bilang :
    "(Negara) mana pun pasti beli (untuk) dia bedah, dia pelajari. Kita juga beli saja sedikit satu atau dua, kemudian kita pelajari," ujar Ryamizard

    https://www.google.co.id/amp/s/nasional.tempo.co/amp/894885/ryamizard-ryacudu-beli-drone-cina-untuk-dibedah-dan-dipelajari


    Oke beli drone sebagian untuk dipelajari.

    Tetapi pembelian alutsista China di jaman ini bukan hanya drone saja, KCR 40 dan 60 kita untuk persenjataan juga bakal pakai alutsista buatan Cina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah rudal C705 menyusul seri HQ9 kayane mas.. *perkiraan saya doang sih.. hehehehe

      Hapus
    2. Tahun ini atau tahun depan rasanya barang2 China ini prediksi sy yg bakalan masuk etalase TNI. Dapet TOT brow.. menang TOT, murah dan pinjaman lunak...😊

      Rudal :

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/HQ-9

      Tank Amphibi :

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/Type_05_amphibious_fighting_vehicle


      8x8 :

      https://www.armyrecognition.com/january_2017_global_defense_security_army_news_industry/chinese_marine_corps_equipped_with_the_ztl-11_8x8_amphibious_105mm_assault_gun_vehicle_11501174.html

      Attack Heli Z10 dan Z19 untuk melanjutkan TOT Heli Gandiwa :

      https://www.popsci.com/latest-in-chinas-new-helicopter-plans

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Alih-alih Z19, pembelian Apache akan dilanjutkan paling tidak 8 unit lagi untuk menjaga perbatasan.

      Panjang perbatasan darat kita 3300 km. Combat range Apache 480 km. Jika 480 km itu dikurangi 30 km untuk cadangan bbm maka 480 - 30 = 450 km.

      Jika 450 km ke kanan dan 450 km maka diameternya 450 x 2 = 900 km

      3300 / 900 = 3,6 dibulatkan 4 posisi.

      Jika 1 posisi = 1 flight = 4 unit, maka 4 posisi = 4 x 4 unit = 16 unit

      Jadi minimal dibutuhkan 16 apache untuk jaga perbatasan darat.

      Sekarang sudah datang 3 unit, akan datang 5 unit, jadi yang akan dibeli minimal 16 - (3+5) = 8 unit lagi.

      Lain soal jika mau hantam separatis di daerah timur, maka wing loong dan z19 buatan china atau kamov rusia adalah jawabannya.

      Hapus
    5. im not good in mathematics and tactical.

      but using apache to watch our borders its very expensive sir. not only the chopper but the operating cost.

      i just made comment in our fennec sections. yes i like this little helos, maybe this type assault helis we need more to guard our borders.
      can carries some heavy weapon alson soldiers.
      just like tni ad did in sumatera also kalimantan utara.
      combine with ucav, this fennec would hold strength our eastern borders. imho

      Hapus
    6. Tenane HQ9 brooooo...😀

      Hapus
    7. Mas @ Voltus.. namanya juga prediksi mas.. bisa meleset bisa jadi realiti hehehehe

      Saya sih melihat dan baca tanda2 "alam" saja mas :

      - Indonesia yg ngebet pengen punya Long Range Missiles
      - Indonesia mungkin bisa atau diperbolehkan membeli S300 (HQ-9 kalau baca di wiki adalah kloningan dari S300 Rusia), tetapi efek nya pasti jelas.. Aus dan Sing pasti gerah.. apalagi US paling gak suka sama suksesnya Rusia jual barang ke Indonesia
      - Kedekatan China - Indonesia dalam study dan pengadaan rudal C7 dan C8 series
      - Harga termurah, Proyek TOT, Pinjaman dana militer dan jangka waktu yg panjang dari China
      - Sanksi dari US bila membeli barang2 dari Rusia
      - Media yg bagus bagi Perluasan pengaruh China utk merayu Asean dalam melawan hegemoni dan dominasi US
      - Indonesia sdg tdk dalam status konflik dgn China.. bahkan China sudah mengakui Natuna adalah bagian dari Indonesia
      - Rujukan panglima TNI saat meluncurkan buku kemarin bahwa Indonesia akan condong membeli alutsista China

      Time will tell mas.. nanti sama2 kita lihat prediksi ini 😀

      Hapus
  12. 40 hours, wow nice. oke we can shoot drugs/weapons smugglers, insurgent from above night/daylight lols.
    btw what type of weapons this ucav can carried?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Since diz is China basic platform, I suppose to think dat their weapons not far away from their origin manufacture, China.

      As far as I know she has some options to put beneath her wings but i am point out diz two kinda missiles dat probably macth in term of fire control and ability to carry terms.

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/HJ-10

      And

      http://dailycaller.com/2017/02/03/chinas-got-a-new-weapon-to-rival-americas-hellfire-in-the-war-on-terrorism/

      Some military Analyst said diz two have a code name called by american military as Chinese Hellfires.. 😊😊😊

      We'll see...

      Hapus
    2. Buat konflik ringan, guided bom lebih murah dan cukup menyelesaikan urusan.

      Hapus
    3. i've read your link and found that all weapon are used for air-to-ground missile.

      seems only AR-1, It is a missile specifically designed to be carried for ucav. w/ 10 kilo warhead, bigger 1 kilo from hellfire. we should tot this one i guess..lols

      YC-200 is guided bombs, can be carried too, more cheap indeed. or maybe someday we can integrated with our own bombs.

      hey i couldnt found air to air missiles. so that means this ucav only use for inside patrol, not an attacking air units such as uav/ucav or heli.

      well hope someday this ucav unit could be armed with it, and even flares. to protect itself against enemy units.

      Hapus
    4. China Air To Air missiles thought still under development bro.. some says its "clone" from combination of russian and israeli missiles. The named it PL10.

      First launched in 2015 and probably gonna make the first selling worlwide debuts somewhere around 2018 - 2019.

      While in the past we (i did) felt sceptical on chinese warfares, experiences has told us dat its only a matter of time before anythings in the world will only made by two sources.. whether its made by God or made in China. 😊

      https://warontherocks.com/2018/02/not-fathers-plaaf-chinas-push-develop-domestic-air-air-missiles/

      Hapus
  13. Indonesia perlu beli banyak stone, masing2 lanal dan lantamal serta pos TNI A.L serta dimasing2 armada barat, tengah, pusat dan timur, serta dimasjng2 pos perbatasan diadakan stone yang dipersenjatai dan dilengkapi radar serta perangkat peperangan elektronika juga jammer dan anti jammer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stone?

      Rolling Stone, or Stone Temple Pilots?

      Cool bro.. :)

      Hapus
    2. Terima kasih mas woof woof dan pedang setan. Kesalahan ketik karena harus maksud saya drone tapi karena aplikasi ketiknya kalau nggak ditungguin jadinya stone dari drone.

      Hapus
    3. Wah mas @PS tahu juga grup STP ?
      Ketahuan umurnya kamu mas bukan anak jaman now 😅😅😅

      Semenjak split up dan vocalistnya pindah ke grup Velvet Revolver bareng Slash dan Duff Mc Kagan eks "Pestol Karo Kembang" semakin redup auranya mas...

      Dats why saya pindah seneng dengerin Via Vallen bareng bro Gempur sekarang.. hehehehe

      Hapus
    4. Hwihihi...
      Sungkan ane mas super, ndelik maneh aaaah....

      #sluruup..

      Hapus
    5. Om joko hapeee nya buang aja beli yg baru....😥

      Hapus
  14. Hahaha saking cemunguty itu drone di kata stone

    BalasHapus
  15. Setelah itu dimasing2 armada itu ada skuadron utk pesawat tempur kelas berat misal F35 atau T 50 Pak FA, pesawat tempur kelas menengah Su 35, F 16V, Thypoon, IFX, kemudian pesawat tempur kelas ringan Tejas, FA 50, super tucano, sebagai lapis ketiga

    BalasHapus
  16. kenapa gak pilih ch5 sekalian aja? harga selisih dikit aja

    BalasHapus
  17. halah bilang saja mau dipreteli kan sama kyk kabar burung pembelian apc china WZ-551 dulu buat pengembangan anoa 6x6

    BalasHapus
    Balasan
    1. WZ-551 itu hibah bro...bukan beli dan sekarang penggunanya kesatuan di cilodong

      Hapus
    2. tontaipur kan, hore emjing khan haha!😝😝😝

      Hapus
  18. Kerjaaaaaaaa mas...sontoloyo

    BalasHapus
  19. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    sepakbola

    BalasHapus