13 Maret 2020

HMAS Arunta Tests Missile System After Upgrade

13 Maret 2020


HMAS Arunta conducted missile test after upgrade (all photos : Aus DoD)

Following a 20-month upgrade, Royal Australian Navy warship HMAS Arunta has fired its first Evolved Sea Sparrow Missile (ESSM) off the coast of Western Australia. 

The ESSM is a surface-to-air weapon that uses radar homing guidance to counter fast-moving anti-ship missiles, forming part of Arunta’s air defence capability.

The Anzac Class Frigate is the first of her class to undergo the Anzac Midlife Capability Assurance Program (AMCAP) upgrade at Henderson, Western Australia as part of Australia’s Warship Asset Management Agreement (WAMA) Alliance.

Minister for Defence, Senator the Hon Linda Reynolds CSC said the missile firing is an important part of testing the ship’s upgraded capabilities.



“This successful missile firing demonstrates the success of the AMCAP upgrade, which enhances the frigate’s self-protection, communications, and command and control capability,” Minister Reynolds said.

“It’s also testament to the WAMA Alliance, a partnership between the Australian Government, BAE Systems, SAAB Australia and Naval Ship Management Australia.

“AMCAP is part of this Government’s $1.2 billion ANZAC Class sustainment program with Australian Defence Industry, which directly employs more than 140 workers while providing ongoing opportunities for small businesses in Henderson.”



Homeported at HMAS Stirling in Western Australia, Arunta is a long-range frigate capable of air defence, surface and undersea warfare, surveillance, reconnaissance and interdiction.

She is one of seven Anzac Class Frigates progressively undergoing AMCAP upgrades, with HMAS Warramunga’s upgrade currently underway. 

“These upgrades will ensure the frigates remain one of the most advanced in the world, until the Hunter Class frigates enter service,” Minister Reynolds said.

(Aus DoD)

65 komentar:

  1. Balasan
    1. Mantep tho mbah rudale... 😁

      Hapus
    2. Ojo dirasani wonge mengko jebus mrene maneh

      Hapus
    3. Mas @gono... salah sampean.

      Kudune.
      "mantep toh Mba ayu rudale aku"

      Hapus
    4. Bar malam jumatan,. isuk podo latah cerito rudal kabehh😆🤣

      Hapus
  2. https://detik.com/news/berita/d-4937041/bicara-industri-pertahanan-wamenhan-harusnya-tak-rugi

    Khusus PT PAL diberi tugas untuk menggarap dua kapal fregat senilai 720 juta USD atau sekitar Rp 11 triliun dalam lima tahun ke depan.

    Proyek ini bekerja sama dengan Denmark untuk transfer teknologi, dan dikerjakan sepenuhnya di galangan kapal PT PAL di Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktanya iver jadi diakuisisi Indonesia

      Horeee 🙌🙌🙌🙌

      Hapus
    2. kayaknya jadi iver nih...
      berita komplitnya ni....

      Jakarta -

      Mengembangkan industri pertahanan menjadi tugas utama Wahyu Sakti Trenggono sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Dia yang dijuluki 'Juragan Menara' harus membenahi setidaknya tiga industri pertahanan strategis yakni PT Pindad (Perindustrian TNI Angkatan Darat), PT PAL (Penataran Angkatan Laut), dan PT Dirgantara Indonesia (DI).

      Dalam tiga bulan pertama sebagai wakil menteri, dia tak cuma mempelajari sejumlah undang-undang terkait sebagai pijakan, juga menemukenali berbagai permasalahan di ketiga perusahaan tersebut.

      "Saya tiga bulan pertama itu ketika diberi tugas oleh beliau (Jokowi) langsung belajar menyeluruh seperti kuliah 16 SKS," kata Trenggono kepada Tim Blak-blakan detik.com.
      Dari kajiannya, alumnus Teknik Industri Institut Teknologi Bandung itu optimistis ketiga industri pertahanan tersebut dapat berkembang lebih maju. Syaratnya, antara lain dukungan penuh dari pemerintah, memodernisasi alat produksi, dan meningkatkan kapasitas manajemen di dalamnya.

      Sebagai bentuk dukungan pemerintah, kata lelaki kelahiran Semarang, 3 November 1962 tersebut, berbagai sarana angkutan udara TNI ke depan akan menggunakan produk PT DI. Khusus PT PAL diberi tugas untuk menggarap dua kapal fregat senilai 720 juta USD atau sekitar Rp 11 triliun dalam lima tahun ke depan.

      Proyek ini bekerja sama dengan Denmark untuk transfer teknologi, dan dikerjakan sepenuhnya di galangan kapal PT PAL di Surabaya.

      "PAL ini seharusnya menjadi perusahaan perkapalan nasional yang paling hebat di kawasan. Nah, harusnya gak ada cerita dia rugi itu, gak ada. Kalau sampai dia rugi pasti ada salah manajemen," kata Trenggono.

      https://news.detik.com/berita/d-4937041/bicara-industri-pertahanan-wamenhan-harusnya-tak-rugi?_ga=2.248795908.2019326314.1582520205-1189415440.1581309857

      Hapus
    3. Ini yg kita inginkan. Jangan setengah2 kalo memang mo mandiri.Dukungan pemerintah sangat penting. Tapi jangan sampe dikotori oleh "uang kopi" dan "tampal stiker".

      Lanjutken!

      Hapus
    4. Jadi dalam 5 thn kedepan cuma ada tambahan 2 frigat ? Dikit amat ini. Indonesia harus memiliki minimal 8-12 frigat sekelas Iver. Kalau hanya sampai 2-6 itu kurang. Tapi destroyer juga penting tapi ini masih long term pastinya..

      Hapus
    5. Yes iver come home 😂😂😂👍

      Hapus
    6. FIX IVER DIBANGUN DI DALAM NEGERI SERATUS PERATUS PECEREN 😁😁😁😁😁😋😋😋😋 akhirnyaa wkwkwk

      Hapus
    7. Akhirnya Iver yang dipilih 👏👏👏👏👏👏👏👏👏

      Hapus
  3. Alamaaak!!!. Apakah artinya iver telah dipinang? Dibikin di pt pal plus Tot, siapa yg kagak mau!
    Bungkuzzz....2 bang!
    😉😉😉

    BalasHapus
  4. Dengan meneer kumpeni naga2nya juga bisa deal nih, 2 pkr. Dua jenis kapal pkr dan iver di ToT kan ke pt pal dlm waktu yg bersamaan,apakah mungkin utk pt pal? Jika ia, amazing!👍👍

    BalasHapus
  5. Semoga yg di Marthadinata di coba pas LatGab.

    BalasHapus
  6. US bikin terobosan nyeleneh guys.. pasang anti ship missiles diatas JLTV sistem autonomous Dan bisa dideploy kemana mana dengan mudah dan cepat.

    https://news.usni.org/2020/03/11/marines-will-field-portfolio-of-jltv-mounted-anti-ship-weapons-in-the-pacific

    Mirip case Kita pasang MLRS yg diiket diatas kapal perang KRI dulu yaa ? Ide nya harus kreatif 😁

    Tank Boat aja idenya ngagetin yg lain karena cukup punya potensi besar.. Iran saja saat ini yg paling ditakuti justru serangan cepat dari ratusan boat2 kecil yg bawa wangi senapan mesin dan RPG 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iron dome jga pernah di coba di atas kapal...

      Hapus
  7. Following a 20-month upgrade, Royal Australian Navy warship HMAS Arunta has fired its first Evolved Sea Sparrow Missile (ESSM) off the coast of Western Australia.

    ----------------------

    wuiih pake apgred mahal amir yak, $ 1.2 milyar
    bagi lapan = $ 120 juta/kafal, begh manteb👍👍👍

    tp syg buat kafal frigat kombatan utama berbobot 3600 ton produksi taon 90-2000-an, senjatanya kurang nendang dibanding py adik tirinya...eiitt tentuw bkn adik tiri yg ntuw, yg atunya lagi haha!🤣🤣🤣

    buat rudal hanud, vls cmn 8 bijik terpasang diatas hanggar.
    artinya kafal2 kombatan kita dach menang mayan nich gaesz haha!😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik haram malon king of bla bla bla 😂😂😂

      Hapus
    2. Memangnya dianggap adik?
      😀😀😀
      Kalo dianggap adik, horny dah mampir kesana guys 😀😀😀

      Lebih pantes dianggap pesuruh 😋

      Hapus
    3. lhaaa kuciwaa haha!😱😱😱

      Hapus
  8. Su-35 batalllllll..........

    https://www.jejaktapak.com/2020/03/13/indonesia-dilaporkan-batal-beli-su-35-sempat-minta-f-35-ke-amerika/

    Pemerintah Indonesia dilaporkan membatalkan pembelian jet tempur Su-35 dari Rusia karena ada tekanan berat dari pemerintah Amerika Serikat.

    Surat kabar Bloomberg melaporkan selain Su-35 Amerika juga menekan Indonesia untuk tidak membeli kapal perang dari China.
    “Indonesia baru-baru ini memutuskan untuk tidak bergerak maju dengan rencana untuk membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 dengan harga sekitar US$ 1,1 miliar,” tulis Bloomberg Kamis 12 Maret 2020 mengutip pejabat yang mengetahui masalah tersebut dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena rincian diskusi tetap rahasia.

    Pada Februari lalu pejabat itu mengatakan, Amerika juga menekan Indonesia untuk meninggalkan pembicaraan dengan China untuk mendapatkan beberapa kapal patroli angkatan laut dengan sekitar US$ 200 juta.

    “Langkah untuk mengesampingkan kesepakatan itu terjadi setelah para pejabat Amerika menjelaskan bahwa Indonesia dapat menghadapi sanksi karena berurusan dengan Rusia,” kata pejabat itu sebagaimana dikutip Bloomberg.

    Pemerintahan Presiden Joko Widodo juga khawatir Amerika akan mengambil tindakan hukuman terhadap perdagangan jika itu berlanjut dengan kesepakatan China, kata pejabat itu.
    ......................................

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya asu ya tetap asu carane 🤔🙄

      Hapus
    2. Terserahlah, aku manut Pak Jokowi 😊

      Hapus
    3. Urong rejekine 😌😌😌... Siapa tau dpt viper plus 🦅 bekas masih layak. Di tambah bonus rudal untuk isian iver🤫🤫🤫

      Hapus
    4. "🏃💨💨💨.....kamongko sejatine, uwong kuwi aku 🙊🙊🙊"

      >>>.....mengutip pejabat yang mengetahui masalah tersebut dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena rincian diskusi tetap rahasia.<<<

      Hapus
    5. haha... Seharusnya kita tanya balik ke AS.. kompensasinya apa jika kita membatalkan akuisisi SU-35..?? 😂😂😅.

      F-15 ok.. F-35 juga oke bolehlah SU-35 batal.. wkwkwkkwkwk..

      Hapus
    6. Mending f-15 e om kompensasinya Nek berita ini bener bukan howaks, hehe 🙄😅

      Hapus
    7. sekelas Blomberg mosok ngehoax om mbut..?? 😂😂😂😂

      Hapus
    8. Jangan mau di didikte US lah..

      Cobain deh tahun ini kita beli banyak produk Rusia dan China saja yg lebih murah biar US panik kehilangan calon Alliance.

      Masih pada anti sama produk ex negara komunis dan negara komunis kalau negara yg katanya pro demokrasi malah pake sistem sanksi2 begini ?

      Pilih kita bisnis dan berteman sama negara ex komunis (Asung), negara komunis (Aseng) atau jadi konco kentel negara liberal (Asing) tapi sistem bisnisnya gak fair? 🤪

      Hapus
    9. Bilangin ke UES kalo Su-35 batal bisa kasih F-15X / F-35 ga? 😛

      Hapus
    10. Viet dan indihe kok ga kena caatsa ya...? Shakti juga 😁.

      Hapus
    11. India counter pak... Dia beli apache chinuk sama blekok.

      Kita bisa lolos juga kalau Viper jadi deal.

      Hapus
    12. Belum fix itu om beritanya.
      Seumpama kalau su35 dibatalin, harusnya bmp dan bTf juga dibatalin tho.

      Ya moga" cuma gosip

      Hapus
    13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    14. Hmm... jalan terbaik emang buat sendiri

      Kabar kfx/ifx gimana kelanjutannya boz?
      Mungkin para suhu Ada yang tau?

      Hapus
    15. IF-X masih nego lagi sama KorSel soalnya kita mau lebih dari sekedar tukang jahit.

      Hapus
  9. Ada kabar terbaru seorang menteri Brazil positif COVID-19 setelah bertemu ngkong onal... 😲😲.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om donal ketularan juga om bagaz? Waduh... XI jin ping ndak punya lawan perang dagang lagi dong?

      Hapus
    2. Staffnya om donal sdh ada yg di karantina (2 hari lalu)

      Hapus
    3. What ??? Om Jambul Kuning dah terpapar corona 😁😁

      Hapus
    4. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200313085249-4-144559/istri-pm-kanada-justin-trudeau-positif-corona

      Hapus
    5. haha.. beritanya masih simpang siur om IM.. Tpi menteri Brazil yg positif iti benar adanya.

      Ngeri nih Virus COVID-19 nyerangnya paru2.. Tuh paru2 saat di Rontgen terlihat rusak bolong2 dimakan si virus.. 😱😱😱

      Hapus
    6. Pelatih Arsenal michael Arteta juga positif mbah gon.. haha..

      Hapus
    7. Kalah Mbah Gono kayane antibodi nya kuat mas buat ngadepin Corona. Problem penyakitnya Mbah Gono cuma satu mas.. bendino kena gejala "Nguyuh Anyang - Anyangen" Goro Goro Kakehan polah pecicilan Ket isuk nganti bengi.

      🏃🏃🏃🏃🏃🏃🏃

      Hapus
    8. Jare sopo? 😁😁😁🤣🤣🤣

      Hapus
  10. Batal karena ditekan?.Tidak cukup bagus kedengarannya di telinga.

    Asu mulai memainkan kartunya.Posisi Nonblok jadi dilema.Beli senjata Ruski dilarang,beli semua senjata ke Asu rawan embargo,Tidak punya senjata modern akan jadi bulan2 bulanan negara maju.Sementara industri pertahanan dlm negeri masih perlu belajar banyak.

    Pilihannya,belanja ke negara maju yg tdk ada tekanan dan rawan embargo! Hmmm...������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli ke China aja...

      Amerika masih lebih benci Rusia ketimbang China soalnya.

      Tapi nanti dikomplen pak liang yaa ??? Hmmm mosok kita lebih prefer pro orang bule sih timbang pro China ? Perasaan dari dulu kita malah paling lama dijajah orang bule 🤪😁

      Hapus
    2. kalau yg terbang2 kecuali drone.. pliiss jangan ke China om super.!! Nyawa pilot lebih berharga.. 😂😂😂😅.

      Makanya kemarin pak bowo ke prancis.. Hahaa..

      Hapus
    3. Pilih yg Lebih Betel pulpen bro Rafale ato viper.
      Rafale untuk counter f35 ausie, singo.
      Viper untuk conter naga

      Hapus
    4. Kalo mau belanja alutsista ke China, belanja naval gun norinco 630 saja, pasang di kcr dan kapal opv kita.

      Hapus
    5. Kalo mau beli dari China?
      Henpon aja bagus2....
      😋

      Hapus
  11. Jika alutsista kita akhirnya beli ke Asu.Kira2, kapankah waktu yg tepat bagi Asu tuk kembali menjatuhkan embargo suku cadang senjata thdp Indonesia?

    Clue:
    (NKRI punya bom waktu yg jika meledak maka Asu+musang2 berbulu domba akan serentak menekan RI)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar dan yg lebih lethal embargo ekonomi mereka ke kita 🙄🤔

      Hapus
  12. Kalau batal su35 tak masalah krn asal bisa dpt gantinya F15x gt atau f16 V 36 unit plus senjatanya
    Su 30 bisa tambah lagi nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo batal ama ruski, sapa mo bayar denda pemutusan kontraknye om bala haha!🤓🤓🤓

      blom lagi sapa yg mo ganti kontrak kilang rosneft 16 milyar dolar ituw haha!😜😜😜


      kalo amrik bisa kasi gratis smuanya pespur yg ditawarin kekita ama ganti kilang minyak ama ganti kerugian imateril ruski mach gpp om, lah ini nyuru2 doank..trus kita disuru bayar pake dolar gt haha!🤠🤠🤠

      maren aja hak istimewa kite uda dicabut, pemerasan namanya haha!😅😅😅

      gak mungkin, yakkk jalan terus ESYU uda kontrak haha!😷😷😷

      Hapus
  13. ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
    menangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D

    BalasHapus