07 Maret 2020

Indonesia dan Turki Sepakat Kembangkan APC Roda Rantai dan Amfibi

07 Maret 2020


Hull tank medium Harimau akan dikembangkan menjadi APC roda rantai (photo : defence.pk)

Indonesia dan Turki kembangkan jenis baru medium tank

Perusahaan milik pemerintah Indonesia di bidang pertahanan, Pindad, dan Perusahaan Turki FNSS akan kembali melakukan kerja sama pengembangan alat utama sistem pertahanan (Alutsista).

Vice President Inovasi PT Pindad Windu Paramata mengatakan setelah sukses membuat medium tank, kedua perusahaan milik Indonesia dan Turki itu akan kembali bekerja sama mengembangkan jenis baru Harimau Medium Tank atau Kaplan MT, berupa kendaraan angkut personel dan tank amfibi.

Selain itu, Pindad dan FNSS akan melengkapi kendaraan itu dengan Unmaned Turret atau senjata khusus tank dengan kaliber 30 mm.

"Jadi turret 30 mm tanpa awak, berupa remote control weapon system yang digunakan untuk perlindungan atau menyerang kendaraan ataupun pertahanan musuh," kata Windu, kepada Anadolu Agency.

Diharapkan pada tahun ini Pindad rampung membuat desain senjata itu.


Platform kendaraan amfibi juga ZAHA pernah ditawarkan oleh FNSS (photo : EDR Magz)

"Jadi skemanya hampir sama dengan pengembangan prototipe tank medium, dimana FNSS dengan pindad melakukan pertukaran informasi, pertukaran proses design kerja sehingga kita mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dari pengguna di Indonesia," tambah dia.

Sebelumnya, Pindad Indonesia dan FNSS Turki sepakat menandatangani kerja sama pembuatan purwarupa medium tank pada 2015 lalu. Perancangan tank ini dimulai Februari 2016.

Setelah selesai diproduksi di Turki, medium tank ini diberi nama Kaplan MT.

Kaplan MT sempat dikirim ke Indonesia dan dipamerkan pada hari ulang tahun TNI 5 Oktober 2017 lalu di Cilegon, Banten.

Indonesia pun memberi nama Harimau Medium Tank.

Tank ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

(AA)

136 komentar:

  1. Balasan
    1. selamat, monggo sowan kemukus.
      untuk mengambil doorprize

      Hapus
    2. ini nyampe gak tidur tiga hari loh nyari posisi pertamaks

      Hapus
    3. Pindad semakin ke hadapan


      Deftech masuk jamban

      Hapus
    4. hullnya pasangin turret jaguar ebrc mantap juga tuh

      Hapus
    5. Mungkin mo pake turret 30mm sama kayak Pandur, "buatan Brazil"..πŸ˜‡

      Hapus
    6. render modelnya agak konyol sih untuk yg APC harimau, malah keg Ascod , ada punuknya gitu

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Awasbada tai dibawah πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Hapus
  4. Bravo. Bangun terus industri pertahanan NKRI, siapkan kekuatan militer TNI untuk membebaskan kaum muslimin Uyghur di Xinjiang dari penjajahan dan penindasan negara 🐷 Aseng komunis. Hancurkan dan musnahkan Cina Komunis.
    Kaum 🐷 Aseng yang numpang hidup di NKRI silahkan ngomel-ngomel sambil mewek😜πŸ€ͺ😜πŸ€ͺ😜πŸ€ͺ😜πŸ€ͺ

    Kecuali Chinese Muslim, mereka adalah saudaraku πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msh pke hp china aj brisik.

      Hapus
    2. Liang tai robek,
      smartphone yg loe pake aja masih buatan china, alat dapur emak loe yg dipake aja masih buatan china, perhiasan imitasi yg dipake lonte kamu dirumah aja buatan china.

      Ngomel ngomel gak karuan loe.

      Untung loe jauh, kalau dekat sudah gue gibas loe

      Hapus
    3. Seksiteng babi malon pukimak πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      Hapus
    4. LIANG TAI SENG, saya dukung anda!!!! Banyak yang sok sok nasionalis, lebay n drama bangad di sini. Satu orang bikin banyak akun, Unk nyerang khususnya etnik Melayu. Kemungkinan besar ini anak2 cina lokal, mereka dapet panggung disini. Yang mereka sasar dan hina adalah etnik Melayu dan kaum pribumi secara umum bukan hanya Melayu Malaysia saja, ini substansi dari semua postingan mereka disini. kebencian kepada etnik Melayu sudah demikian kental dan hidup serta terpelihara dalam alam bawah sadar mereka, sesuatu yg sangat khas Cina dan ini adalah kesadaran yg sudah berlangsung berbilang abad. Ini juga terkait erat dengan kebijakan kolonialisme di masa lalu. Pernyataan Bung Hatta tentang cina lokal sangat menarik untuk di cermati. Ada baiknya postingan2 yang ada di forum ini di screenshot lalu dishare di forum-forum Melayu Indonesia seperti di Riau, Jambi, Palembang, Sumatra barat, Sumatra Selatan, Melayu Bangka Belitung, Melayu se-kalimantan dan forum Melayu lainnya. Atau bisa juga temen2 Melayu kita undang disini, biarkan temen2 Melayu tersebut menilai sendiri melalui pengamatan langsung dan itu jelas lebih fair. Untuk admin defense studies, sebaiknya dilakukan moderasi terhadap komentar yang muncul biar blog ini benar benar menjadi media belajar yang representatif untuk semua. Untuk temen-temen cina lokal atau siapapun yang membenci etnik Melayu, bersikap lah dengan lebih layak.

      Hapus
    5. Iyeu budak can nyobaan rasanya macul..dia tau bentuk pacul.tp dia tidak pernah tau gimana cara pake dan rasa ketika menggunakannya ...sok sia ngarti teu?..aing oge asana teh lieur πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    6. @hendraterasi Pendukung liang tai.
      Saya juga etnis melayu, tapi berbeda sama melayu malassial alias malon alias beruk.

      Kalau kelakuan si beruk itu yg selalu menghina negara indonesia saya tdk akan tinggal diam. Walaupun hanya bisa membalas hinaan mereka lewat DS.

      Kecuali loe memang dungu yg mau selalu dihina

      Hapus
    7. Hendra tuh akun lainnya Ketua suku gaes

      Hapus
    8. Hendra pukimak babam nion, ho do na rasis begu, unang asal makatai ho begu tor menjust hape dang hi boto ho pokok masalahnya,,,mayoritas diblog ini orangnya asli putra suku2 yg ada di indonesia, kalau pun ada satu dua orang tionghoa bukan berarti mereka pantas anda jd kan biang kerok atau kambing hitamkan sebab realita yg sesungguhnya pengkhianatan yg hoby tikam dr belakang dan sifat merendahkan indonesia terutama para TKI kita yg dilakukan para beruk melayu malon tidak bisa dibenarkan dan di maafkan meski pakai dalil apa pun, meski pakai modus agama sekalipun atau pakai modus sesama melayu sekali pun,,,justru blog ini jauh lebih fair menolak tindakan agamais dan tindakan rasis yg pakai modus apa pun' justru blog inilah tempat mengungkapkan dengan jujur bagaimana rasa nasionalis sebenarnya yg menolak tindakan2 penikaman dr belakang oleh melayu2 malon beruk, justru blog inilah tempat berkaca/representatif bagi media lainnya bila bener2 fair dan punya sifat nasionalis tanpa modus agama atau modus apa pun,,,orang2 tionghoa di indonesia masih punya rasa nasionalis tinggi terhadap indonesia ketimbang melayu malon monkey yg SANGAT2 JELAS hoby berkhianat dan menghina indonesia, saya selaku asli 100.000% putra batak yg jg termaksud salah satu etnis melayu pedalaman menolak dihina melayu malon pukimak pengkhianat NKRI, gk ada satu alasan pun di pikiran saya yg bisa menerima perlakuan pengkhianatan dan penghinaan terhadap orang2 NKRI DAN NKRI yg dilakukan malon pukimak, rakyat dan sultannya aja senang dan bangga dijajah british' malon itu kumpulan manusia2 pengkhianat.

      Hapus
    9. Hendratrasi itu akun lain Liang Tai seks,tuh bocah akunnya seabrek 😁😁

      Hapus
    10. Bang Raden_Situngkir, artikanlah bahasa Batak kau Bang, nda ngerti aku ini

      Hapus
    11. Hendra terasi, boleh juga si, ha ha

      Hapus
    12. Intinya apa yg kau lakukan adalah perlakuan rasis, dr mana cara pikirmu bisa membenarkan tindakan melayu malon yg jelas2 secara realita sering menghina indonesia dan menikam indonesia dr belakang???? Tidakan melayu malon itu fakta dan realiatanya mereka memisahkan diri dan bersekongkol dengan penjajah british sementara tuduhanmu terhadap etnis tionghoa jelas fitnah karena realitanya banyak pahlawan2 indonesia dr orang2 tionghoa, gk enak rasanya saat rasa nasionalis tinggi tp malah difitnah' apa pernah anda merasakan sakitnya berada diposisi ahok??? siapa pun dan ras apa pun berhak punya rasa nasionalis tinggi terhadap indonesia, siapa pun pendukung penjajah dan penghina indonesia adalah pengkhianat NKRI, tak ada maaf bagi pengkhianat dan penghina NKRI meski pakai modus agama dan sesama melayu sekalipun.

      Hapus
    13. Yelah bang kalo mo bicara rasis, tapi sudahlah perih mataku bang, mo makan bika Medan saja aku. Tabe abak musem suang di hamu.

      Hapus
    14. @hendratsi anda bukan orang Indonesia, anda tidak tahu Jhon Lie, tidak tahu juga I Gusti Ngurah Rai, Pattimura tau pahlawan Indonesia yang lain dari berbagai suku yg ada di Indonesia, anda sungguh chauvinist mengagungkan ras melayu. Jika tidak tahu Indonesia saya rasa anda tidak layak tinggal di Indonesia

      Hapus
    15. Halo om ink(tinta kah maksudnya?), salam kenal sajalah,

      Hapus
    16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    17. Ijin para sesepuh senior defence studie : Stop jangan bawa bawa suku manapun di forum ini cukup satu indonesia dan diluar itu selain indonesia dan yg menjelek2 kan indonesia di DS brarti di luar indonesia, khusus buat malon dungu yg disini yg suka buly dan tidak pernah move on, dan jelek2 kan indonesia wajib di buly......

      Mau dari mana suku anda dan dari mana ras anda hanya satu saja indonesia, tidak sara, dan bawa2 agama,

      HANYA KHUSUS BUAT MALON HANYA SATU KATA BULY dengan data biar para beruk malon move on

      Hapus
    18. Om terasi, ada salam hangat dari saudara tersayang si gempurwira, Xxaviera, Paul Bagio dan unknown Malon.
      Coba buka blog ini 2-3 tahun ke belakang bang biar lebih paham.

      Hapus
    19. Woi hendra caluk belacan,.. Aku ni melayu asli sumbagsel, kau denger baik baik ye..... Aku dak pernah meraso serumpun dengan melayu malaysia yg penakut jugo penghianat tu....

      Men kau nak screenshoooooot... Tolong jangan cuma dikit ye, kau mbek foto screnshot tu sampe hp dak muat lagi, mati kendak kau la.....

      Yang jelas melayu malaysia men lagi lemah macem mak ini mulai lah dio ngaku serumpun, ngaku besanak, ngaku dolor dan macem2...

      Tapi tolong kau ingat sejarah bangsa indonesia ni dari jaman dolo nggut jaman mak ini, tiap kali malaysia mulai stabil dan jugo kuat kondisinyo selalu dio mulai ngucak kek meremehke indonesia..

      Dulu malaysia masi lemah indonesia kirim guru dan jugo ngelatih militernyo, pas dio la kuat dio mulai claim ini claim itu, merebut pulau, nyikso TKI, ikut ikutan mbantu timor leste mberontak, mbunuh supporter indonesia, cetak bendera tebalik, saking ke banyaknyo seinggonyo aku dak pacak nyebutinyo sekok sekok...

      Kau nak bukti kalo melayu malaysia anjing tu penakut... Cubo kau ingat waktu tim bola dio tanding di indonesia mano ado supporter dio yg tejingok dateng ke indonesia.....!!

      KALO MEMANG KAU NGIDOLAKE MELAYU MALAYSIA PEGI LAH KAU PINDAH KE MALAYSIA JANGAN IDOP DI INDONESIA,..... itu jugo kalo kau memang wong indonesia, atau jangan jangan kau ni anjing malaysia yg nyamar jadi wong indonesia....

      YG JELAS APO JOLOK KAU NAK MAKSO KAMI SUKO SAMO MALAYSIA.....?? KENDAK KENDAK KAMI NAK SUKO ATAU NAK BENCI.... KAU URUS LA BADAN KAU DEWEK.....


      Hapus
    20. Hendra@ matamu perih??? Pantas sulit anda membedakan mana yg bener dan yg salah, tp aku maklum kok kalau ada orang yg baru main di blog ini pasti pandangannya negatif' tp aku tdk akan memaklumi kalau ada orang yg membenarkan si liang taik seksiteng yg fix rasis bermodus agama dan suku, asal ente tau aja ya banyak akun2 provokatif monyet2 malon dimari sehingga aku dan teman2 yg lain gk yakin anda bener2 orang indonesia, gk laku disini pakai modus agama dan ras, disini pasti ketahuan mana manusia2 yg bermodus agama dan ras yg pasti jauh dr rasa nasionalis' indonesia bukan milik satu agama dan satu suku saja, indonesia memiliki beragam keyakinan dan beratus ratus suku' warga tionghoa nasionalis punya hak sama dengan warga suku lainnya, dan monyet2 malon harus dihajar babak belur,,,intinya apa yg terjadi disini pasti ada awal alasannya, kami jg punya hati kok tp kami jg punya rasa nasionalis tinggi yg pasti gk terima direndahkan, kalau yg merendahkan itu negara maju seperti us atau jepang masih ada wajarnya, ini dr bangsa pengkhianat yg tuk memproduksi amunisi dan senjata serbu aja kagak mampu yg tololnya kebelinger, melayu malon = pengkhianat + pemalas + tolol + sombong sering menghina indonesia.

      Hapus
    21. Mak Bettyyyyy!!!!! Apa pula ini, dimarah marahi nya aku

      Hapus
    22. Aku juga melayu cuk.. Tp bezakan dengan si beruk KL yg selalu menghina dan dengki... Lo kalau tak tahu sebab musababnya jangan sotoy di marih... πŸ˜‚

      Hapus
    23. Gangbang malon cs ya deeekπŸš€πŸš€πŸ˜€

      Hapus
    24. Oo ternyata banyak yang tersinggung y di sini

      Hapus
    25. Hendrabalacan diamlah kau bansat

      Hapus
    26. Itu musuh om mangcek kemarin yg sekarang sdh ganti nama, ajak bicara bhs daerah saja,ntar ketahuan kok xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa yuuhhuuu Malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    27. Akun lainya Liang Tai aka Dubor, jangan diseriusin ya guys 😌

      Hapus
    28. Hendra hendra.. terlalu bnyk bergaul smaa HTI dan FPI kau bujang.. jd rusak otak kau..

      Kwkwkkwkwkw..

      Hapus
  5. Keren banget yang pasti tak tampal stiker macam jiran kesayangan kita, setelah mass production jiran kita boleh beli πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
  6. WOOOOWWWW....MENGERUNKAN...!!!!

    INI BARU KERJASAMA TEKNOLOGI.....

    TAK MACAM NEGARE GRADE A...CAKAP BESAR..CUMA TAMPAL STIKER SAHAJE..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon raja Halusinasi.. takde kepakaran rakyat tempatan Bine kereta kebal cem Tank medium, APC, IFV, Roket, Drone, Pesawat terbang, Kereta Api, Radar, Kapal perang, Kapal Selam, Senapan, Bom Bodoh.

      Rakyat tempatan Bisenye Masturbasi, kongkek dubor, Korupsi, & makan 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  7. Yang super vital amphibinya,kebutuhan marinir sangat banyak,,,,dan super duper sangat vital lagi kappa amphibi,ini bisa digunakan basarnas,pmi,bpbd,militer,dll...indo rawan bencana hanya kappa amphibi yg bisa jalan di saat semua rosak total

    BalasHapus
  8. TUNGGU PAMERAN DSA 20 DAN DSA 21, TUNGGU PAMERAN LIMA 20 DAN LIMA 21...terus beli ht deh πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli Nasi Lemak & Roti jhon. 🀣

      Hapus
    2. Jangan lupa penuhkan keranjang malon dwngan brocure RFI..πŸ˜‚

      Hapus
    3. Sama banyakin balon kuning..hahaha

      Hapus
  9. Semoga tank APC Amphibi sekelas AAV7 dapat mengakomodir kebutuhan MARINIR karena Marinir adalah ujung tombak penghancur garis depan musuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gak ada kalimat darurat type destroyer lagi bang?

      Hapus
    2. Maksudnye? Mang AAV7 buat siape tong?

      Hapus
  10. Walahh... alamat ada produk baru nih .... ditunggu ya..

    BalasHapus
  11. FNSS tahu mana kilang beneran (PINDAD) dan mana kilang tipu2 (Malon).Mana yg punya kepakaran, mana yg cuma temfel sticker je.

    Rakyat Malon suka ditipu,mau ditipu,hobby ditipu.πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘ oleeehhh........penipu lah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena bapaknya malon suka menipu emaknya malon yg yang suka ditipu.

      Waktu gituan.... bapaknya malon dan ibunya malon saling tipu menipu diatas pokok pisang.

      Maka jadilah anak2 beruk malon yang bodoh idiot keluar dr liang tai ibunya malon yg suka ditipu.

      Hapus
    2. Sebenarnya Turki tau, tapi mereka menahan tawa karena mo keruk duit si malon

      πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    3. Tul om@pedang,bukan cuma itu,produsen alutsista dah tau watak Malon kalo beli barang.Asal ada uang kopi,spek & harga barang bisa diatur.Negara Asean udah G to G, Malon masih pake "Orang Tengah/Midle Man". Rakyat Malon mudah diti..tuuut,dan kalo pun tahu ada indikasi rasuah,mereka juga duduk diam sahaje,spt di film anak2............

      Puja kerang ajaib!
      Puja kerang ajaib!
      Puja kerang ajaib!
      ............
      #Sponbobskuerpen#
      ............
      Kih..kih..kih 😁😁😁

      Hapus
    4. Deftech kilang Halu, d dalamnye bnyk manusie2 tak de kpakaran.

      Hapus
  12. Benar kata teman2 dahulu, belajar dulu sampai bisa dan menguasai ilmunya.
    Kalau sdh bisa dan katam ilmunya, next mudah untuk membuat dan berinovasi memproduksi senjata dan kendaraan sendiri.

    Salut PINDAD πŸ‘πŸ½πŸ’ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo org dulu malon bilang tampal setiker dulu, nampal ban dulu, ngecat Camo dulu, ganti Oli dulu, nyuci dulu.
      Setelah semuanya selsai Baru Bikin Baut dulu, Cara Motong Plate yg bener, Belajar ngelas. Gitu2 aja terus, Indonesia dh bine ratusan bahkan ribuan APC, Malon baru bisa belajar ngelas. 🀣🀣🀣

      Rakyat tempatan Malon payah sangat lah.

      Hapus
  13. Siapa kemarin yg ngaku2 diajak kerjasama turky bikin mbt dan pesawat. Bayar utang aja ngos ngosan record kerjasama tak pernah berhasil, ditambah kasus korupsi dan politik yg ga menentu hanya malon2 sadar dirilah akui kekuranganmu perbaiki jangan jelouse tak ada lagi yg dpt dipercaya oleh malon apalagi umno berkuasa tanpa pemilu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  14. calon pesaing puma nih... haha πŸ˜ƒπŸ˜ƒ.. Sorry ye MALONS LOW IQ tak masuk hitungan pasal adnan korang lapok downgrade pulak., kahkahkahkahkah

    BalasHapus
  15. ..."Jadi skemanya hampir sama dengan pengembangan prototipe tank medium, dimana FNSS dengan pindad melakukan pertukaran informasi, pertukaran proses design kerja sehingga kita mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dari pengguna di Indonesia," tambah dia...."

    nih jelaskan….pembuatan Medium Kaplan MT adalah hasil kerjasama….hanya pembuatan pertama di FNSS bukan di Pindad...Jadi bukan Copy-Paste seperti Malon..

    ======Pir...mikir pir...jangan Tolol ya..

    BalasHapus
  16. APC beroda rantai/IFV made in Indonesia ini dinamakan IFV BANTENG keknya keren.. haha..😁😁

    Dalam operasinya kelak IFV ini akan bahu membahu dengan pandur membentuk batalyon infantri mekanis kostrad yg tangguh dan militan. Mereka akan bergerak mendukung pergerakan duet maut MBT Leopard 2 dan tank Harimau digaris depan. xixixixixi.. kereeeenn..πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    Bayangkan jika iring2an ini menerobos sabah dan serawak.!!!! Sanggupkah MALONS LOW IQ dengan aset yg terbatas, usang, dan lapok mampu menahannya..??? kahkahkahkahkahkah.. MALOOOONS.. MALOOOONS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banteng
      Atau
      Beruang hitam

      Hapus
    2. Om bagaz@kecil bgt project nya lawan malon. Ya pasti mereka tiarap lah.. Bukan level kita lagi mereka,untuk kluar dari krisis aja mreka ngos2 an. Musuh kita yg jelas terlihat ausy,chino,singo. Kedua negara ini ausy -singo yg tidak rela liat negara kita maju dalam alutsista. Mreka selalu ingin ada di atas kita seakan kita ingin aneksasi mreka aja. Kalau chino ya jelas di LCS lah kita sering senggol bacok

      Hapus
  17. Padahal saat Jepang menyerbu negeri malaya pada 1942, warga etnis China yang pasang badan dengan membentuk Tentara Rakyat Malaya anti-Jepang. Faksi militer itu disokong penuh oleh Partai Komunis Malaya mayoritas dihuni Tionghoa. Mereka yang habis- habisan bertempur di medan gerilya bersama prajurit Inggris. Tidak ketinggalan golongan India. Meski perjuangan mereka sporadis tapi sering membikin repot serdadu Negeri Matahari Terbit, seperti dikutip dari www.wikipedia.org , Senin (25/6).
    Setelah Jepang kalah dan angkatkaki dari Malaysia, tuntutan buat merdeka makin terdengar. Akhirnya Inggris memutuskan agar seluruh warga dari tiap etnis diberi kesempatan sama. Tetapi etnis melayu tidak sepakat. Mereka hanya mau jika para pejabat negara itu didominasi oleh mereka.
    Sikap bangsa melayu yang dinyatakan oleh UMNO itu menjadi ironi lantaran mereka bukanlah golongan yang angkat senjata buat melawan penjajah. Sementara golongan China dan India harus tersingkir akibat ambisi politik buta itu.
    Setelah Datuk Onn bin Jaafar membentuk Organisasi Nasional Persatuan Melayu (UMNO), bangsa melayu malah berteman dengan Inggris notabene adalah penjajah, dan berbalik melawan pemberontakan golongan China terhadap penjajah.
    Lantaran dianggap berjasa menyelamatkan pemerintahan koloni di Malaya, Inggris menghadiahkan kemerdekaan kepada rakyat Melayu pada 31 Agustus 1957, dengan Tuanku Abdul Rahman sebagai perdana menteri pertama. Melayu pun merdeka tanpa susah payah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah mengapa saya selalu bilang kerajaan malaysia adalah rasis (& pengkhianat).

      Terutama pada posting-an ke netizen malay###serumpun.

      Secara konsep ketata-negaraan sudah berbeda jauhh....
      Mereka di doktrin malay superiority dg raja melayu semenanjung(kerajaan)

      Sedangkan kita BANGSA INDONESIA adalah NKRI yg ber bhinneka-tunggal-ika (unity in diversity)
      Kita dididik dan diajarkan untuk bersatu menerima perbedaan (suku, agama) sebagai SATU kesatuan BANGSA INDONESIA.

      Proses mencapai kemerdekaan pun berbeda.
      Kerajaan malaysia demi mempertahankan kekuasaan raja melayu semenanjung rela jadi budak RATU_INGGRIS.... dengan berkhianat pada para pejuang kemerdekaan mereka sendiri.

      Sementara kita berjuang kemerdekaan dengan DARAH dan TANGISAN dan KERINGAT seluruh anak BANGSA INDONESIA.
      Bisa dipahami kalau menyangkut NASIONALISME... komunikasi kita menjadi sedikit bar-bar.
      Hehehee....
      Salam damai.
      NKRI harga mati!!!

      Hapus
    2. yah ga semacam liang tai seks homo yang selalu rasis mirip2 malon, mungkinnmereka serumpun

      Hapus
    3. Mantap om πŸ‘πŸ½πŸ’ͺ

      Hapus
    4. Saking takutnya etis melayu malon Punah. Pemerintah malon ngemis2 minta pekerja dari Indonesia, Agar Rakyat melayu malon bodoh Gen Bahlul gk Punah d makan Bangla & Cina.

      Mirisnya rakyat malon mana tau sejarah itu, taunya d otak mereka sembang. Dgn melecehkan pekerja dari Indonesia, mungkin dulu bile tak ada pekerja Indonesia, bangsa beruk melayu malon akan terpinggirkan kalah saing karena otak pemalas.

      Hapus
  18. Pindad dan FNSS kongsi tukar ilmu dan tukar fikir untuk buat Tank Amphibi dan IFV tercanggih dengan Unmaned Gun 30mm, desain tidak ada MULAI DARI 0, pasti akan ada yang cakap tempel stiker, tempel stiker darimana? desain belum ada mana bisa tampal stiker, manusia berbeda dengan turunan simpanse punya otak pintar boleh rancang yang canggih, setelah desain keluar buat prototipe lalu uji sebelum mass production.
    Tidak seperti seseorang cakap kalau Gempita buatan tempatan tapi tak pernah ekspor, jawabnya kerajaan masih kurang banyak ini jawaban paling goblok yang pernah ada, kalau kerajaan pintar pasti dahulukan ekspor, wang ekspor dapat wang kirim dapat wang pelatihan menggunakan alatan militer dapat so what's wrong with your brain?

    Goblok biasa masih bisa dibenerin dengan belajar sikit, kalau goblok kuadrat aka idiot tak bisa dibenerin sila mati jer πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  19. Kalau perlu produk AMAP Rafael yg kemarin bikin MALONERS LOW IQ stres berat dilisensi juga oleh PINDAD.. haha..

    Seluruh ranpur TNI dari tank, IFV, panser, FSV, harus dipasangi pelindung passif ini.. Tdk ada barang haram,, haram itu kalau dimakan..?? wkwkwkkwkwkwkwk.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜πŸ˜

    BalasHapus
  20. Hebatnya Orang2 Indonesia dlm berdiplomasi.. haha..

    Awalnya dibuat hull tank.. setelah berhasil sekarang dikembangkan lagi menjadi IFV dan tank amfibhi..

    Next.. bau2nya jika kedua program ini lanjut dan berhasil keknya bakal dikembangkan lagi menjadi MBT.. karena seyogyanya program Medium tank harimau sebagai batu loncatan ke tahap yg lebih tinggi yakni membangun MBT sendiri made in Indonesia.. kereeeeenn.. πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒIndonesia strooong MALONS LOW IQ bodoh.. wakakakkaka.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi dlm kepala beruk hanya Tai. Tak de otak. Makanya mereka melancap sembang & Halu

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Indonesia dan turki sepakat kembangkan alutsista..Malaysia dan turki sepakat tipu rakyat Malaysia dan sepakat bagi bagi duit kopi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duit kopi,
      Markup,
      Songlap,
      Rasuah,
      Blah..blah..blah!

      Hapus
    2. Indonesia Join dgn turki ade Hasil : Harimau Item

      Malonbodoh join dgn Turki ade Hasil : tampal setiker

      Hapus
  23. MALASYA JUGA NAK KEMBANGKANG PROTOTYPE APC RODA RANTAI DAN AMPHIBI BERBASIS BODY PROTON EX TEKSI.. TUNGGU JE













    LAST LAST CANCEL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sudah tunggu saja sampe tahun 3000πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. uda jd fosil taon 3000 mah haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    3. πŸ‘πŸ˜‚πŸ‘πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  24. FNSS lebih memandang PT PINDAD berbanding kilang DEFTECH kilang Sticker pasang baut cat body je



    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dlm pandangan turki deftech tak ubahnya kilangan bikin Nasi lemak. Makanye turki tak percaye dgn malon bodoh

      Hapus
  25. FNSS Puas dengan kerjasama dengan PINDAD karena sama sama tukar Disegn dan Informasi, bukan macem Deftech tak bisa buat komponen apapun kecuali Baut



    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  26. Malon telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. PINDAD MANTUL SEMOGA TERUS BERKEMBANG PESAT INDUSTRI NYA DI ASIA TENGGARA.

    BalasHapus
  29. LANGKAH PINDAD HARUS DI APRESIASI, design2 ranpurnya bisa bersaing dengan negara lain, karna di buat dengan standart NATO, design yg tidak monoton,berharap nanti ANOA 3 bisa lepas dari design prancis, berenovasi lebih modern lagi, dgn adanya kerjasama olen fnss, jadi kita nga usah lagi import2 karna pindad sudah bisa membuatnya secara mandiri yg modern,,

    PINDAD,PTDI,PTPAL, TULANG PUNGUNG TNI DISAAT EMBARGO,kemandirian militer adalah jalan penting yg harus terus diciptakan. Agar kita tidak lagi di dikte oleh tetangga2 yg sok jaguh dan hebat itu,

    BalasHapus
  30. Yg penting ilmu peluru kendali yg sampai detik ini masih di lakukan atau dikerjakan agar cepat terealisasi, agar tidak lagi kita dibodohi membeli rudal rudal DOWNGRADE DARI LUAR.

    GO PINDAD....We support and always pray for Indonesia, don't be discouraged because we are heading to become the Asian Tiger

    BalasHapus
  31. Namanya boleh Banteng, cocok lah.

    Kalau boleh urun nama sekalian cari yg sangar atau kesannya kuat. Coba dilist yg cocok macam :
    - IFV Phython (satu utilitas dgn Sanca
    - IFV Black Panther
    - IFV Armadillo
    - IFV Viper (satu klan dgn Cobra)

    Kalau soal Amphibi Zaha sy lebih concern kita ambil belasan USMC yg versi LVTP7 satu paket dengan pembelian 2 squadron Viper.

    Bilapun Zaha yg diakusisi mungkin kita bisa lisensi System spt Pandur.
    Nama Black Seal atau Black Rhino atau Black Shark bisa dipake perdana.

    Pokoke PINDAD pancen ngene πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guys masih ada stok 1300 unit LVTP7 guys. Yuk guys minta pak bowok borong ini guys 200 unit aja cukup guys 😁

      The AAV-7 has served beyond the USMC with the forces of Argentina, Brazil, Mexico, Italy, South Korea, Taiwan, Spain, Thailand, Venezuela and Indonesia. However, the USMC is, by far, the largest supporter of the AAV-7 vehicle - managing some 1,300 examples in inventory. South Korea is second with approximately 162 units.

      https://www.militaryfactory.com/armor/detail.asp?armor_id=43

      Hapus
    2. Satu basic platform IFV bisa dikembangkan berbagai misi.

      https://armyrecognition.com/images/stories/news/2020/march/CV90_BAE_Systems_tracked_Infantry_Fighting_Vehicle_IFV_in_service_with_seven_countries_925_002.jpg

      Hapus
    3. Nama ular bisa Weling/welang, Garaga, Black Mamba, Boa πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    4. Klo untuk usulan nama saya ajukan namanya.... " LABI LABI "

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Suatu saat malon bisa bikin IFV d namakan.
      -IFV BLACKDICK
      -IFV BLACKPUKI
      -IFV BLACKDUBOR
      -IFV BLACKSEPERMA


      πŸ˜‚

      Hapus
    6. asal jangan ular Kadut atau ular sawah aja...πŸ˜‚

      Hapus
    7. Jangan kayak malon kasi nama lucu2 cem gegap gempita,pendek dan kekar = pendekar,lipan bara = lipan api 😁😁

      Hapus
    8. Kalo minta itu jangan tanggung-tanggung. Minta kok cuma 200 unit. Dikit amat!

      Minta itu 900 unit sekalian dong. Kalo ditanya "buat apa banyak2", bilang buat angkutan sungai, angkutan antar pulau2 kecil dan SAR.

      Hapus
    9. Trus ngasih nama kendaraan tempur itu jangan hewan2 buas nanti anak2 kecil pada takut ngedeket. Ngasih nama ranpur itu mestinya nama yang bersahabat dengan anak kecil. Jadi kasihlah nama kelinci, marmut, hello kitty, tedy bear dll.

      Hapus
  32. Indonesia dan Turki Sepakat Kembangkan APC Roda Rantai dan Amfibi

    -------------------------------

    bakal jd pesaing BT-3F nich, apc kesayangan marinir nan pawerful haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebutuhan apc roda rantai kita emg sama byk ama panser.

      tp keknya pindad gak mao msk segmen roda ban dolo.
      pdhl gambar reka panser harimo 8x8 uda keren bgt mnurutkuh haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      mungkin kerna pindad lg konsen ama badak, anoa dan munngkin kedepannya kobra yg 8x8 jugak.

      setelah medium tank, guwe fikir pindad mo masuk segmen laen spt bikin embiti, kan seruw harimo item ceper, bodi lebar gotong 120/125 mm haha!😎😎😎

      pgn jugak harimo item tak hanya apc,
      tp bikin kendaraan angkut mlrs, mortar ampe sam, begh mangstab gan haha!πŸš€πŸš€πŸš€

      Hapus
    2. kedepan guwe harep jugak akan tumbuh suplayer ato vendor swasta utk roda rantai/ban selain pindad di tana air.

      cem dilautan yg uda byk rekanan angkatan laut selain pabrikan sendiri pt pal haha!😊😊😊

      yg swasta emg uda mulai nampak terjun ke bisnis militer.
      tinggal diberi kepercayaan, ituw bs bantuw produksi masal patneran ama pindad jika sewaktuw dibutuhin, bgt jugak sebaliknya hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    3. Ada gula pasti ada semut berdatangan .Masalahnya pihak swasta butuh dana besar untuk invest ,jaminan akan di beli produk yang mereka hasilkan ,kepastian uu juga sangat di butuhkn.
      Kalau semua itu di penuhi pasti akan bermunculan pengusaha swasta.
      Tahap awal BUMN harus membina para swasta itu untk kepastian produk mereka akan di beli.

      Hapus
    4. Turki & Malon kembangkan Nasi Lemak agar Mendonia.

      Hapus
  33. hadeuww tumben rajin amat jam segini uda ngorbit claudia, ntar mlm mo diapelin yaak haha!😍😍😍

    BalasHapus
  34. Siap siap gempita bakal punya pesaing nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempita jadi ayam sayur depan APC kita. Lawan Gempitaria Anoa, itupun masih kalah lawan Anoa.

      Hapus
    2. Teman kesayangan Herman trasi datang...πŸ˜€πŸ˜πŸ˜†

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Hapus
  35. EXPECT IT TO BE VERY UGLY : )

    EVEN TNI DONT LIKE THE DESIGN AND THOSE ONLY IDIOT INDOGS PUSHING THRU TO MAKE IT IN RETURN OF STAMPAL STICKER 🀣🀣🀣

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhuhu..again mr blah blah no intelektual thingking jeaolus.
      Only said ugly forever.

      Hapus
    2. πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
    3. I ask u Mr BLAH BLAH,can malon build its weapon with its idiot brain ? 😁😁

      Hapus
  36. Nanti di kembangkan lagi sebagai kendaraan peluncur rudal

    BalasHapus
  37. Malon semakin tertinggal 🀣🀣🀣

    BalasHapus
  38. Hmm dari pada apc mending sekaliah ifv mantap

    BalasHapus
  39. MEANWHILE MALINGSIA JEALOUS FOREVER....

    KEIK..KRIK..KRIK..KRIK..KRIK..

    TIDAK MEMILIKI KEPAKARAN MEMBUAT TANK,IFV,AMPHIBIOUS TANK...

    BLAH..BLAH..BLAH..SALAH POTONG

    BalasHapus
  40. Malaydick punya produk apa skrg???? Bangsa low iq πŸ˜‚πŸ˜‚ malondog

    BalasHapus
  41. setelah sukses membuat rudal tamingsari malaysia akan bekerjasama dengan kartika sari membuat rudal balistik jarak jauh

    BalasHapus
  42. setelah sukses membuat rudal tamingsari malaysia akan bekerjasama dengan kartika sari membuat rudal balistik jarak jauh

    BalasHapus
  43. Bismillah pindad dengan turki produksi tank amphibi ZAHA,kapal selam kelas 214 orait brader seindonesia raya ayo kita dukung sampai disetujui dimeja DPR RI serta menhan bapak prabowo,tahun 2021 sampai 2035 pindad bisa memproduksi tank amphibi

    BalasHapus