18 Maret 2020

KF-X Diharapkan Jadi Salah Satu Pesawat Tempur Generasi Kelima Paling Sukses

17 Maret 2020

KFX block 1 bekerjasama dengan Indonesia sebagai pesawat tempur generasi 4.5, KFX block 2 oleh Korea sendiri sebagai pesawat tempur generasi 5.0 (image : DAPA)

Apa Arti Program Tempur Siluman KF-X untuk Masa Depan Penerbangan Militer Korea Selatan

Menyusul keberhasilan program jet tempur ringan generasi keempat F-50, yang telah banyak diekspor dan terbukti sangat efektif dalam pertempuran di Irak dan Filipina, Korea Aerospace Industries (KAI) Korea Selatan berupaya mengembangkan pesawat tempur generasi kelima di bawah program KF -X. Program ini sangat ambisius, dengan Korea Selatan yang relatif baru di bidang penerbangan militer - terutama ketika mempertimbangkan bahwa hanya ada dua negara di dunia, China dan Amerika Serikat, telah mengerahkan pesawat tempur generasi kelima yang dikembangkan secara lokal dalam unit Angkatan Udara aktif. 

Program KF-X diumumkan pada tahun 2001, empat tahun sebelum Amerika Serikat mentahbiskan F-22 Raptor-nya sebagai pesawat tempur generasi kelima pertama di dunia. PT Dirgantara Indonesia memulai menjadi mitra dalam program bersama KAI pada tahun 2010. Sisi Korea memegang 80 persen saham dalam program sementara Indonesia, dengan pengeluaran pertahanan yang lebih rendah, basis industri militer yang kurang maju dan pembelian yang direncanakan lebih kecil, memegang 20 persen sisanya.

KF-X akan menjadi jet ringan bermesin kembar satu kursi dengan kemampuan siluman canggih, dan akan memprioritaskan biaya operasional yang rendah dan kemudahan perawatan yang akan memungkinkan Angkatan Udara Korea Selatan untuk memperolehnya dalam jumlah banyak. Ini juga akan menjadi kunci untuk berhasil memasarkan jet untuk ekspor di Asia Tenggara khususnya yang juga membeli F-50 karena alasan ini. Armada tempur Korea Selatan adalah salah satu yang terbesar di dunia saat ini, dan dengan banyak armada yang cepat menua, ada ruang untuk melantik beberapa ratus KF-X ke dalam layanan. Ini adalah kunci untuk memastikan skala produksi yang besar dan produk akhir yang hemat biaya. 


Rudal Meteor berjangkauan 150km (image : ukdefencejournal)

Pesawat tempur itu diperkirakan akan menggantikan F-4E Phantom dan F-5E Tiger milik Korea Selatan - yang terakhir ini merupakan pesawat tempur yang paling banyak digunakan saat ini dengan sekitar 175 unit dalam tugas. Bersama dua unit F-4 masing-masing 30 Phantom, jet generasi ketiga saat ini beroperasi dalam sepuluh skuadron. Jika semua diganti dengan KF-X, itu akan memungkinkan untuk menjalankan produksi yang cukup besar untuk penggunaan domestik saja melebihi proses produksi yang diharapkan dari semua program tempur generasi kelima lainnya di dunia selain F-35 Amerika dan mungkin J- 20 China. Biaya operasional yang lebih tinggi dari KF-X, terutama dibandingkan dengan F-5, kemungkinan akan berarti bahwa jumlah skuadron akan dipotong atau bahwa skuadron akan dibuat jauh lebih kecil karena Tiger akan dihapuskan dengan pesawat siluman baru.


Selain menggantikan pesawat tempur generasi ketiga Korea Selatan, KF-X juga memiliki potensi untuk menggantikan sebagian besar armada generasi keempat Angkatan Udara - yang saat ini terdiri dari platform F-16 dan F-15K. Korea Selatan menerima pesawat tempur F-16 pertamanya di tahun 1980-an dan saat ini memiliki 163 pesawat, di samping 60 dari pesawat F-15 yang baru diperoleh. F-15K masih merupakan jet kelas berat yang sangat modern yang mampu melakukan serangan dan operasi udara ke udara, dan F-35 maupun KF-X tidak dapat menyamai kinerja penerbangan atau daya tahannya. 

F-16, yang dirancang sebagai pesawat analog yang lebih ringan dan lebih murah dari F-15, semakin dianggap pesawat yang segera usang, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen kepada Kepala Komando Tempur Udara Angkatan Udara AS Jenderal Mike Hostage memprediksi bahwa pesawat akan menjadi usang dalam waktu dekat. Sementara upgrade reguler oleh Korea pada desain dapat berpotensi memperpanjang umur layanannya, terutama untuk varian produksi nanti, kemungkinan Angkatan Udara Korea Selatan akan berusaha untuk mempensiunkan setidaknya sebagian besar armada untuk digantikan dengan KF-X. Biaya operasional pesawat tempur siluman baru yang relatif rendah akan membuat pesawat ini cukup terjangkau, dan akan merupakan peningkatan serius bagi armada Korea Selatan.


Rudal jelajah bunker KEPD-350 Taurus berjangkauan 500km (photo : amino)

Di luar akuisisi untuk Angkatan Udaranya sendiri, KF-X diharapkan akan dipasarkan untuk ekspor ke negara-negara Asia Tenggara khususnya yang diharapkan akan menjadi klien utama. Thailand, Filipina, Indonesia, dan bahkan mungkin Irak bisa menjadi klien utama bagi pesawat tempur, yang semuanya mengoperasikan F-50 dan F-16 atau F-5 yang dirancang untuk diganti oleh KF-X.

Meskipun kurang stealth dibandingkan F-35 dan mengintegrasikan mesin yang kurang kuat, keunggulan KF-X melampaui biaya operasional yang lebih rendah, perawatan yang lebih mudah, dan harga yang lebih rendah. Pesawat tempur baru ini diharapkan akan lebih cepat dan dapat beroperasi di ketinggian yang lebih tinggi daripada F-16 dan F-35, dan akan memiliki akses ke berbagai jenis amunisi canggih. Yang paling menonjol di antaranya adalah turunan asli dari rudal jelajah bunker jarak jauh Eropa Taurus - salah satu yang paling mampu di dunia yang saat ini digunakan oleh pesawat tempur F-15K, dan rudal udara ke udara jarak jauh Meteor yang memiliki kira-kira dua kali kisaran dari AIM-120C AMRAAMS yang digunakan oleh F-35.


Rudal AIM-260 akan berjangkauan 200km (image : Sherdog)

Pesawat tempur itu juga diharapkan kompatibel dengan beberapa jenis rudal Amerika, yang berarti mereka mungkin mulai mengintegrasikan rudal udara-ke-udara AIM-260 yang diperkirakan akan mulai beroperasi pada paruh kedua dekade ini. Rudal-rudal ini diharapkan lebih cepat, lebih bermanuver, lebih panjang jaraknya, lebih presisi dan lebih murah daripada Meteor Eropa. Jika kontrak Korea Selatan untuk mendapatkan rudal Taurus dianggap sebagai contoh, negara itu dapat meminta transfer teknologi sebagai bagian dari kontraknya untuk memperoleh rudal Meteor yang pada gilirannya memungkinkan pembuatan rudal dengan kemampuan serupa di dalam negeri.

Berdasarkan preseden yang ditetapkan untuk sistem senjata yang sangat berkinerja tinggi dan hemat biaya yang ditetapkan oleh sektor pertahanan Korea Selatan - dari artileri K9 Thunder dan tank tempur K2 Black Panther hingga pesawat tempur F-50 dan rudal jelajah Hyunmoo-3, KF-X diharapkan menjadi salah satu program tempur generasi kelima paling sukses di dunia - sangat mungkin yang paling sukses di luar China dan Amerika Serikat. 

Dengan program Su-57 Rusia terhalang oleh langkah produksi yang sangat kecil, program TF-X Turki yang tampaknya terlalu ambisius namun sangat bergantung pada teknologi asing dan berasal dari negara dengan basis teknologi domestik yang jauh lebih terbatas, dan proyek pesawat tempur AZM Pakistan diharapkan menjadi dibangun di sekitar China daripada dengan teknologi asli dan menempatkan penekanan besar pada pengurangan biaya seperti JF-17 sebelumnya, ini meninggalkan KF-X sebagai pemimpin di antara program generasi kelima asli di luar China dan Amerika Serikat.

187 komentar:

  1. Balasan
    1. gagal om pit, ente no.2, petromaks haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    2. Petronas !! Ga laku di indonesia 😁

      Kah kah kah

      Hapus
    3. Pumpnya banyak yg tutup di Jakarta, akhiruna di jual ke Shell

      Hapus
    4. Kehkehkeh. Pertamina ade ke Malaysia? Kohkokoh. Try tgk sikit ranking fortune 500? Kohkohkoh

      Hapus
    5. Bismillah kelamaan programnya...

      Hapus
    6. Bismillah betul betul betul brader,kecuali buka pabrik tuk rudal brahmos,rudal kalibr,rudal tzircon setuju banget...

      Hapus
  2. GUA masi ngga MUDENG kalo Hal mau buka agent di nusantara buat jajain TEJASnya.Lah kita akan punya yg lebih GANTENG GINI. Kaco ni BOLYWOOD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga usaha bro. 🤓

      Hapus
    2. lagian HAL produk nya bukan tejas doang

      Hapus
    3. Kalo HAL mau buka pabrik Brahmos di Indonesia ane setuju gan 🤣😁

      Hapus
    4. Bisnis tidak pandang bulu boss

      Hapus
  3. Diteruskan aja program KFX nya sungguh terbuang percuma bila program ini dihentikan pemerintah kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tak mau harus lanjut ,soalnya kita sudah keluar dana besar.
      Jangan berkecil hati kalau hanya dianggap Korea bukan partner tapi hanya supporter .Paling tidak kini kita punya enginers yang mampu membuat pesawat tempur.

      Contoh dalam overhoul dan upgrade F16 enginers kita sudah mempraktekkan kemampuannya. Nanti kita bisa merawat sendiri ifx yang kita punya /bisa dandani sendiri juga bisa ditawarkan ke negara lain yang punya KFX.

      Hapus
    2. Pasti lanjut donk karna wang dah banyak keluar

      Hapus
    3. Avtur kita ploduksi endiri..biaya coast di keluak kan buat Stinger kita ganti RHAN..ploglam saturn Amerika hal lual angkasa satelit palapa indonesia punyak dan ber akses mandiri g kaya Malay nyodok Eropa khusus inglish agar di masukan di ikut sertakan wkwwkwk...klo ruang udara kembali ke Indonesia yg di ambil Singapura kita bisa buat rudal jelajah ndiri

      Hapus
  4. Waktu pembelian sukhoi MKM dulu shemaleysia dapat bonus kirim angkasawan ke ruang angkasa,tapi bila beli JF 17 sulphur cina menawarkan program angkasawan beruk terbang ke matahari

    BalasHapus
  5. Malaysia siap bayar uang dan balikin pulau ke indo asal indo mau mengakui malaysia sebagai sodara serumpun!! nah. gak bisa berkata2 kan. masa ga mau uang dan pulau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Derma pulau untuk si miskin malaysia

      Hapus
    2. Ga bisa , kami mau Sabah dan Serawak dengan jalan Invasi

      Hapus
    3. Ya dia lagi yg nongol dgn kata2 yg mengelikan, malon satu ini udah nga waras kayanya,

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Ini mah bkn Malon to suwandaru 🤣😁😂

      Hapus
    6. wkwkwk emang bisa balikin sipadan ligitan???? klo bercanda waraz dikit

      Hapus
    7. Balikin aja dulu pulaunya.
      Baru kita bicara.

      Hapus
    8. Malon bangkraps wang takder.. nak bayar pakai daun

      Kah kah kah

      Hapus
    9. Ngga usah dibalikin, Indonesia akan take over Sabah dan Sarawak aja langsung balik pulau yg dicolong sama malonrukbajing

      Hapus
  6. malaysia semakin terpuruk ke jurang kahkahkahkha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malonrukbajing bukan nyemplung ke jurang tetapi sdh kedalam dasar paling mariana

      Hapus
  7. Balasan
    1. Mabok ciu enak om, ini mabok oplosan softex bekas, sari puspa, alkohol, lem aibon, sama bensol

      Hapus
  8. Jika kelak pesawat ini sudah memperkuat Indonesia dengan produksi dlm negerinya.. mau tdk mau Sukhoi yg kita miliki harus kita pensiunkan., haha..😂😂.

    Kita realistis saja ya.. 😁😁 kedepan jenis fighter Indonesia harus tetap sesederhana mungkin diluar trainner dan COIN utk mempermudah maintenance. IFX Air superiority sedangkan F-35 perannya deep strike.. cakeeeeeppp.!! wkwkwkwk.. 😃😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah mungkin senat US menyetujui Indonesia beli F 35?Pasti ada resistrnsi dqri singapore dan ostrali sang deputi US di asia

      Hapus
    2. kedepan Utk mengantisapasi kita dipermainkan AS gara2 terlalu bergantung terhadap mesin F-414 buatan GE.

      Insinyur2 dan petinggi2 kita harus memikirkan plan B.. semisal IFX Indonesia kelak bisa diinstall juga mesin buatan SNECMA Prancis.. 😃😃😃.

      Kira2 Plan C nya apa ya..?? haha.,😂😂😂

      Hapus
    3. Kalaupun kita tdk diizinkan F-35.. tekhnologi F-16 blok70/72 super viper masih cukup kredibel sampai th 2040/50.

      Saat itu pespur gen-6 buatan Jerman-Prancis sudah siap operasional lhoo.. ahaaa. dipiliiih.. diipiliiih..!!! 😅😅😅😅😁😁

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Takutnya setelah beli produk amrik,karena perubahan arah politik entah dr kita atau dr US eh alutsista kita di embargo US, akhirnya pesawat tersebut tak terpakai...

      Hapus
    7. F35???? Cuman bisa geli liat orang yg berani andalkan f35, lha para tetangga aje panas pantatnya dengan rencana pengandaan pespur indonesia yg hanya 11 unit su35, 11 unit su35 bisa bikin cemas australia dan singapur???? Hedewww,,,paranoid kebablasan 🤭🤭😜

      Hapus
    8. #tolak_f35
      Pespur endut f35 cepat atau lambat semua masalah akan mencuat satu persatu, kelak cuman bikin pusing aja.

      Hapus
    9. IFX udah ada kok masih beli F-35 🤣

      Hapus
    10. Kir tungkir kita realistis aja ye, ngk usah pakai erosi..!! wkwkwkwk..

      IFX seyogyanya fungsi asasinya adalah air Superiority yg dijadwalkan th 2026 prototipe sudah terwujud. Dan target 2030 sudah mulai produksi.

      SU-35 juga Air superiority,, jika SU-35 memperkuat Indonesia hitunglah mulai th 2022 dia akan pensiun 30 th lagi atau pada th 2052.

      Bayangkan kir ..!! sampai th segitu TNI harus memutar otak mikirin maintan 2 pespur Air superiority yg pasti mahal sekali plus dana yg pas2an.. tega amat lu kir,, !!wkwkwkkwkwkwk.. 😅😅😅😂😂😂😂

      Hapus
    11. Su-35 kita dihibahin aja ke Malon 🤣😁😂

      Hapus
    12. @Bagaz
      Daripada Safran (SNECMA) saya lebif tertarik EuroJet. Apalagi kalau sebagian mesin Tempest bisa diimplemntasikan juga.

      Presentasi Rolls Royce tentang mesin Tempest lumayan menarik tuh.

      Hapus
    13. seblom indonesia bisa bikin pespur & persenjataannye sendiri dari a to z, ketergantungan ama ruski, amrik bahkan koryo takkan lefas om bagaz haha!🤗🤗🤗

      prospek masa kejayaan sukhoi di indo, "AKAN" lebih harum lagi kedepan haha!🥰🥰🥰

      Hapus
    14. ingat fesan ELON MUSK, masa kejayaan pespur jet akan segra berakhir.

      jd masa depan ituw yaa DRON haha!🤓🤓🤓

      klo soal pespur, kite uda ktinggalan bbrp generasi, wlo skrg kita kejar lewat IFX. ini pon butuh 30-50 taon lg buat ngembangin menuju kesempurnaan.

      liat aja gipeng, uda 30 taon masi kalah ganteng dibanding disain IFX, yg se-7 acungkan bedil haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    15. mnurut hemat guwe, yg realistis, kite kembangin duniya dron, lihat ELANG HITAM, Wulung dll. hore haha!👍👍👍

      generasi ke-6, 7 dan selanjutnya uda pasti dron dan kecerdasaan buatan.
      lihat proyek bowing QF-16/Qf-4.

      kalo kita serius ama dron, paling baru ktinggalan 2 ato 3 generasi.

      sama cem industri mobil, uda telat mo bikin mobil ber-bbm fosil.
      jaman now, yach bikin mobil listrik haha!⚡⚡⚡

      Hapus
    16. Oh nasib sibagazi,,,Emosi???? Lha Siapa yg emosi???? Justru ini realistis tp banyak negara yg gk berani melek karena tatut ame us, f35 ntu emang banyak masalah trus ente mau maksain makai pespur bermasalah yg tetangga pun gk pede makainya bila ketemu su35??? Lha apa ifx kagak bisa dibuat multi peran??? Justru kans ifx itu kedepannya adalah pespur multi peran bukan sekedar air superiority doang, lha buat apa f35 yg sesak nafas ntu???? Justru pespur2 gen 4.5 tetep akan terus digunankan untuk pertempuran dogfight yg tak terhindarkan, apalagi bila radar anti siluman bener2 sudah beredar otomatis akan diinstal ke pespur2 gen 4.5 yg punya kemampuan kopleks dr dogfight sampai serangan jarak jauh' pertempuran jarak jauh akan terjadi di awal pertempuran saja dan ujung2nya dogfight tak akan terhindarkan, yg bilang gk jaman lg pertempuran jarak dekat hanya bagian strategi marketing, apa yg dipikirin maintains untuk su35???? Lha justru maintens yg banyak masalah yg bakal bikin pusing kedepannya, saat ini aje f35 atau f22 belum bener2 pede ketemu su35, ini realita dan buka mata anda lebar2,,,cuapek dech 🤭🤭😜

      Hapus
    17. Om PG.

      Yang dimaksud om Musk itu kemungkinan besar bukan drone ala Elang Hitam, dkk.

      Yang dimaksud itu antara drone ala X-45, X-47, S-70, nEUROn, dkk. drone UCAV + jet + stealth yang berarti sama aja gen 5 tapi tanpa pilot.

      Atau drone swarm. Ratusan/ribuan drone kecil dan murah bawa peledak, dikontrol AI buat terbang bareng, ngejar, dan ngerumunin pespur lawan sebelum nabrak dan meledak ala kamikaze. Terlalu kecil, lincah, dan banyak buat ditarget atau dihindarin.

      Hapus
  9. Pemahaman bagaimana suatu negara mengajukan kebutuhan alutsista... Salah satunya adalah ancaman regional... Singapur dan australia sudah menggunakan F35 sebagai pespur utama mereka ancaman ini seharusnya di olah menjadi sebuah data informasi pengajuan alutsista... Secara garis besar teknologi pesawat generasi 4+++ sudah tidak relevan lagi baik F16 Viper dan SU35

    BalasHapus
    Balasan
    1. achh macaciihhh, klo gak relevan knafa amrik masi mlakukan pesanan
      f-18 E/F super hornet!
      f-15 EX->rencana

      kalo skrg pesawat siluman/stealth lg nge-tren haha!👻👻👻
      jgn lufa om IB masa depan radar terus berkembang, tinggal tunggu waktunya ketika radar2 mampu mencium pesawat siluman sejauh 500-1000 km, begh uda dech habislah masa depan pespur generasi ke-5 sampe kedasar laut haha!📡📡📡

      "AKAN" SELALUW ADA ANTI-DOT haha!🍼🍼🍼

      "AKAN" SELALUW ADA ANTI-DOT haha!🍼🍼🍼

      "AKAN" SELALUW ADA ANTI-DOT haha!🍼🍼🍼

      "AKAN" SELALUW ADA ANTI-DOT haha!🍼🍼🍼

      Hapus
    2. mnurut guwe, gak ada pespur siluman/stealth di DUNIYA ini selama masi kliataan kasat mata,
      tinggal dilawan pake hanud standar aja masi bisa, asal BANYAK cem duri! haha!💪💪💪

      tp klo 5 meter 🔎 aja bisa ilang, nach ntuw baru siluman! haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. 👍👍👍😅😊😊😊

      Hapus
    4. IB@ destroyer style nye kaga di pake..

      Hapus
  10. Balasan
    1. Biasa wae.. Amargo wes bolak balik britane mas😌😌

      Hapus
  11. Tapi masukan karena rentang waktu yang lama Indonesia butuh untul sementara waktu pespur pengisi kekosongan GAP antara F5 yang sudah dipensiunkan dengab pespur generasi 4+++ jika SU 35 terkendala sanksi dan F16 V dengan teknologi usangnya...pemilihan RAFALE adalah jalan keluar nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, Rafale memang stopgap KF-X. Pas diantara Flanker dan F-16. Kalau duit kurang bisa jadi pengganti kedua fighter tersebut.

      Contohnya India, MKI-Rafale/MiG-29-Tejas/MiG-21.

      Hapus
    2. RAFALE ituw pespur generasi ke-4 om IB haha!🤣🤣🤣

      kata luh nich:
      "Secara garis besar teknologi pesawat generasi 4+++ sudah tidak relevan lagi"

      klo uda gak relepan, ngapaen diBELI dasar bvmbvng flin flan om dech om haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    3. nach klo om IB, filih f-35/ESYU-57 ituw baru masuk akal.
      pedoman BABEHNYA om smilikity kan satu tingkat lebih baik haha!😂😂😂

      Hapus
  12. Malaysia pakai jf17 aja..tapi jangan lupa bayar cicilan dana pembangunannya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha mau bayar atau tidak korsel tetep berharap indonesia ikut, itulah enaknya kalau iq ada,,,lha malon apa yg diharapkan??? Bangkraps dan SALAH POTONG 🤭🤭😜

      Hapus
    2. Jangan lupa minta bonus ke cina,kirim beruk malaya semenANJING ke matahari

      Hapus
    3. Dikirim ke matahari biar jadi beruk panggang 😂😂😂

      Hapus
    4. Yg tabah ya xtapier, jdi idiot dan bangkraps emang sakit rasanya

      Hapus
    5. Setiap negara memilih peningkatan di dalam alitsistanya masa dari Hornet MKM dan Hawk ke JF-17 😂😂😂😂😂

      Hapus
    6. Kenapa Korsel tak nak reject Indonesia,itu kerana Indonesia ada human resources yg high quality dalam aeronautica om

      Hapus
    7. Indonesia -> Wind Tunnel
      Malaysia -> Ass Tunnel

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    8. Punya iq tp nga punya uang juga ngak ke mana om

      Hapus
    9. Emang negaramu punya uang pir 🤣🤣🤣

      Hapus
    10. Yg tabah pir, terima kenyataan atm sekarang cuma ayam tambah mentega

      😂😂😂

      Hapus
    11. Punya uanglah,cicilan I dah dibayar Indonesia om

      Hapus
    12. Kalo ga punya uang, kita ga bakalan borongan U209, T50, Makassar class, KT1, Chiron dll pir
      Itu semua baru dari Korea saja.

      😂😂😂

      Hapus
    13. Gw seneng kalo si xavier nongol di sini koment nya lucu kaya minta di bata in kepala nye. Ketimbang si gempur yg selalu kepanasan kaya pantat nya di tusuk bayonet panas koment selalu ngetrol hahahaha

      Hapus
  13. Bukannya Indonesia sudah mundur dari program ini karena kekurangan uang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekurangan manfaat, IMHO. Banyak teknologi yg diblok sama US. Tunggu saja kontrak berikut bagaimana.

      Hapus
    2. Blm ada statement resmi dari pemerintah lon

      Hapus
    3. Woy dini,.. coba bawa sini bukti pendukung yg bilang indonesia mundur dari program ifx/kfx....

      Hapus
    4. Om om kira2 berapa sih total biaya yg harus dibayarkan Indonesia atas keikutsertaannya di proyek dengan korsel ini yg 20% itu? Kok sudah termasuk pembelian 80 buah pesawat? Gede banget pasti ya?

      Hapus
  14. Mau F 35
    Mau F 16 v
    Mau Su 35
    Mau IFX
    Mau rafale
    Yang penting untuk sekarang adalah kepastia n dan tanda tangan kontrak.

    BalasHapus
  15. kemarin di SIPRI Indonesia merencanakan memiliki 80 unit pesawat IFX ini bukan 50.. xixixixii...

    80 unit jadinya 5 skuadron,, setiap skuadron berisi 16 pespur. Jumlah segitu idealnya ditaruh di..:

    - Palangkaraya bandara Tjilik riwut ~> Utk mengcover calon ibukota baru.

    - Makassar Utk mengganti skuadron sukhoi ~> Sorry.. xixixi..😂😂

    - Iswahyudi Madiun ~> Mengcover pulau jawa sampai Bali.

    - Manado ~> Mengcover wilayah utara Indonesia termasuk Ambalat.

    - Aceh/Sorong papua barat/Merauke (bakal dibangun batalyon komposit seperti natuna yg diperkuat SAM medium).
    Kalau di ACEH utk mengcover seluruh pulau Sumatera, kalau Di Sorong dan Merauke utk m3ngcover seluruh wilayah papua termasuk Maluku sampai Saumlaki di selatan. xixixiixixixix.. Indonesia Stroooong..,!!! 😅😅😅😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om om kira2 berapa sih total biaya yg harus dibayarkan Indonesia atas keikutsertaannya di proyek dengan korsel ini yg 20% itu? Kok sudah termasuk pembelian 80 buah pesawat? Gede banget pasti ya?

      Hapus
    2. Pembelian nya beda lagi biaya nya yg 20% itu bru biaya pengembangan belum biaya produksi nya jdi sangat menguras duit

      Hapus
  16. Ulasannya kurang enak:

    ...pengeluaran pertahanan yg lebih rendah,basis industri militer yg kurang maju,pembelian yg direncanakan lebih sedikit, memegang saham 20 persen...

    Rodo pedes di kuping, tapi gak apa2 krn membandingkan Indonesia dengan korea.
    Justru bisa jadi cambuk semangat kemandirian.

    Jika roadmap inhan berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin 10 thn ke depan, beritanya jadi lain.

    Jika tidak bisa menyamai korea, setidak2nya sudah melampaui negara2 di Asean.

    Lanjutken!💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau melangkah maju kita harus bersaing dengan india dan china jangan bersaing dengan malon yang ada tambah dungu kita.yg tepat kita harus banyak belajar dari negara2 maju salah satunya dgn korsel,

      Hapus
    2. Malon idiot mah mana bisa menyaingi Indonesia bro,buat kapal aja bisa salah potong 🤣😁

      Hapus
  17. Setuju bung yang penting barangnya datang dimari...daripada koar2 kesana kemari, kunjungan kesana kemari hasilnya 0 besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. huussss, jgn sembarangan ngemenk om, ituw keluar negeri bukan sekedar jalan2, istilahnya sedang diplomasi pertahanan!
      yg fenting aiver beresz, rudal nambah haha!💪💪💪

      liat aja dinegeri tetangga pon pada ikut2 pake istilah yg sama, tp klo khan nol bneran haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    2. gegare banyak netijen julid cem om ib, ntuw menhan jd ngambek, uda lama nich kagak nongol haha!😂😂😂

      Hapus
  18. Kerjasama indonesia selalu menghasilkan apalagi yang di kejar adalah kemandirian alutsista

    Berbanding Malaysia yg kerja sama dengan DCNS dan FNSS tanpa menghasilkan product karena yg di kejar adalah Wang Kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul,Malon dgn wang kopi2 berpisah tiada 🤣😁😂

      Hapus
    2. hasilnya kan ada om2, namanya produk "GAGAL" haha!😛😛😛

      Hapus
    3. Bukan hanya Wang kopi.tapi sadar diri bahwa malon low IQ..

      Hapus
  19. Ayo beruk beruk bangkraps nongol ni pisang segar 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
    Balasan
    1. ☝️☝️☝️ kwi pisang nengduor akeh men, areb diuncali nengkandang beruk gempur sama xxavir😂😂😂

      Hapus
  20. Dilihat dari gambar artis diatas. IFX kelak ditambahi CFT dipunggungnya bisa ngk sih..?? haha.. 😃😃

    CFT 5000 galon cukup menggantikan 2 fuel tank yg ada diluar itu.. mengganggung sekali keknya.. wkwkwkwkkwk..😂😂😂😂.

    Gantinya nanti 4 rudal meteor selain 4 rudal meteor yg sudah ada. busyeeeeettt.. asli air superiority ini mah .. Indonesia setrooooong..!!! Yuhuuuuuu MELAYU MALOONS LOW IQ.. 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. ituw kan gambar KFX om bagaz, dlm isi perutnya ada isi pelor, mangkanya perlu tangki ngantung buat patroli jarak jau haha!🚀🚀🚀

      klo disain IFX ntar mach mo pake tangki bbm internal yg rada gdean om bagaz.
      manfaatin ruang internal bay weapon yg lowong, jd gak perlu CFT.
      CFT mala ganggu disain aerodinamika haha!😉😉😉

      Hapus
    2. Asalkan kalian tahu..iq orang malaysia lebih tinggi di banding indo..urutanya..singapura..vietnam..malaysia..indonesia..jangan ngeldek gitu gan..gak baik ngejek gitu..mereka kan gk ada macem2 disini..salam dari riau

      Hapus
    3. Intinya adalah..jangan menghina orang lain tanpa alasan..sedangkan beralasan pun gk boleh:) data diatas jangan juga jadi acuan klo negara kita itu "bodoh" tapi sikap kalian ini lah yang membuat indonesia terlihat bodoh..mulut isinya berak semua..sampah..mengkritik tanpa ilmu..

      Hapus
    4. Namun tak dapat di pungkiri sebenarnya indonesia memiliki banyak orang orang cerdas yg dapat dibanggakan. "Iq orang bisa berubah setiap saat..tergantung pola pikir..makanan bergizi..dan juga pendidikan"

      Hapus
    5. Eh..gw tarik deh😋belum tentu juga iq tinggi negara bisa maju🤔😅

      Hapus
    6. Yang penting kerja keras..jujur dan amanah😁

      Hapus
  21. Gempur gila setakat ini lg berdiam diri di bilik termenung kerana kena lockdown si Muhyiddin...jgn lupa jubor ko di beri cairan disinfektan supaya jubor ko ngak kena virus corona Pur 🤣😁😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwk...duburnya gempur kena sipilis om pit@

      Hapus
    2. Hahahaha @ompit dubur gempur keno corona ta🤭🤭🤭

      Hapus
    3. Gempur lagi stress ngacak ngacak taik di jamban 😁

      Kah kah kah

      Hapus
  22. Malon kena lockdown, tak boleh keluar rumah, boleh kongkek dubor je 😏😏😏

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Kritik bagi pemerintah khususnya MENHAN
    Di percepat proses nego bagi pembelian alutsista strategis.
    Saya sudah jadi pembaca web, vidio analisis pertahanan sejak MEF jilid 1, ada beberapa pembelian yang tepat dan cepat dan ada pula yang tidak jelas di belinya kapan bahkan molor. Padahal kebutuhan akan alutsista tersebut sangat mendesak

    BalasHapus
  25. Mudah2an semua plan lancar dan terealisasikan tak terdampak corona

    BalasHapus
  26. Klo indonesia jd ambil tawaran IMF, bisa jadi IFX nasibnya sama dengan N250/N2130.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasib N2130 kenapa?
      Emang pas N2130 published, ?yangkut di IMF?

      Lagian IFX kontribusi 20% cost, N250 100%cost sendiri.

      😛

      Hapus
  27. ...KF-X baru sebatas HARAPAN, kalau murni proyek KORSEL...OK lach

    ...tapi kalau masih ada SPAREPART dan campurtangan US ASUrika didalamnya...jangan harap

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  28. Saya berharap supaya IFX jangan terlalu di umbar, harus ada rasa kesihan denhan tetangga kesayangan yang gak punya daya untuk membeli apalagi bina Fighter gen 5.. Sila para beruk grade A melancap kat bilik termenung atau rebahan ayam..😂😂😂

    BalasHapus
  29. Kalau saya mending akuisisi Rafale sajalah toh pihak prancis mau ToT Jadi biaya perawatan gk semahal yang dibayangkan + dapat ilmu, bahkan mungkin kita bsa produksi kayak brasil yang bisa produksi gripen sendiri.
    Opsi ke dua mending akuisisi F 35 + F 16v dengan syarat ToT atau maintenence mandiri seperti F 16 kita yang sdh bsa di MRO sendiri.
    Opsi ke tiga: Nekat beli Su 35 di tengah bayang" sanksi perdagangan dan ekonomi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane milih opsi ke 4,Nekat beli SU-35 ama beli F-16V

      Opsi kelima
      SU-35 ama MIG-35
      Opsi ke enam
      SU-57 ama Rafael

      Hahahaha

      Hapus
  30. Mungkin kontribusi harus ditambah jadi 40% dan dibayac cash dimuka biar lebih diberi peran oleh SK dan RI lebih semangat melaksanakan program.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SK saja tidak mampu bayar cash dimuka. Coba lihat cara mereka mengeluarkan budget buat proyek ini gimana.

      Kalau mau peran lebih, harus bisa memberikan kontribusi. KF-X bagian IP Korea tidak terlalu banyak. Kalau lihat berita, beberapa perusahaan luar malah memberi lisensi buat local manufacturing.

      Hapus
    2. gak bisa om nim, turki uda coba. ada batasan kontribusi.
      proyek ini bukan soal kontribusi uang, tp kontrol!

      liat aja program JSF amrik->f-35.
      gak ada yg lebih dominan dr kontrol amrik.
      smua data, disimpen amrik sendiri, dgn alesan rahasia haha!😅😅😅

      semua peserta JSF, mnurut guwe sapi perah doank. afalagi cem 2 tetangga sebelah haha!😎😎😎

      Hapus
    3. mendingan kyk jepun & koryo, meski gak ikutan JSF, bisa tetep beli haha!🤑🤑🤑

      uda gt bole dibikin sendiri, cem jepun. menang byk nobita gaesz haha!🤖🤖🤖

      tp tetep, yg namanya ilmu ituw mahal, biar py duwit gak bakalan di sharing.
      yak kale koryo mo minta 4 teknologi kunci lgs dikasi, yaa bisa habis dimaki2 anggota JSF donk amrik. anggota JSF aja gak dapet afalagi koryo! logikanya kan begitchu gaesz, buat yg sering2 nanyain soal ini haha!😎😎😎

      Hapus
  31. "KFX block 1 bekerjasama dengan Indonesia sebagai pesawat tempur generasi 4.5, KFX block 2 oleh Korea sendiri sebagai pesawat tempur generasi 5.0 "

    IFX Block 2 mudah2an juga berkembang dari basic Block 1, sesuai dengan ke inginan kriteria TNI AU

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentuw, kebutuhan tiap negara beda2.
      klo perluw IFX angkut r-37 haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    2. IFX Block 2 gabungan KFX ama LPX ,kali loh om...hehehe

      Hapus
  32. ...KF-X blok 1...semi siluman

    ...KF-X blok 2...siluman















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  33. ...bagi para fansboy barat GOBLOK, dunia ini seakan mau KIAMAT...bila diEmbargo Ekonomi oleh US ASUrika














    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  34. Membatalkan kontrak pembelian yg sudah ditanda tangani karena adanya tekanan dari bangsa lain adalah hal yg sangat memalukan bagi bangsa indonesia.. Sama saja itu artinya kita dlm keadaan di JAJAH oleh bangsa Lain....

    Melanjutkan kontrak pembelian dg resiko mengorbankan perekonomian negara dan rakyat juga merupakan hal yg rentan dan dapat mengganggu stabilitas dlm negeri indonesia,.. Karena kita tahu bahwa rakyat indonesia ini gampang demo dan beraeaksi keras jika keadaan dlm negeri mulai krisis dan harga kebutuhan jadi melambung tinggi...

    Maka dari itu pemerintah saat ini terkesan lambat dan hati hati terkait pembelian pespur air superiority indonesia, jangan sampai pembelian itu jadi bumerang bagi indonesia....

    Tapi percayalah lambat bukan berarti diam dan stagnan.. Keterlambatan ini karena observasi situasi dan kondisi untuk menemukan momentum dan peluang yg paling tepat agar pembelian itu tdk jadi bumerang bagi indonesia...

    Yg jelas pembelian su35 yg berbelit belit ini akan menjadi pelajaran bagi indonesia agar dimasa yg akan datang tidak kembali bertele tele karena situasi bisa berubah setiap saat...

    Kenapa sy bilang bertele tele,...
    Jika saja indonesia bisa bergerak cepat dlm menyelesaikan kontrak dan kesepakatan imbal dagang maka indonesia tdk akan terkena resiko catsaa, karena kontrak pembelian su35ri telah ditanda tangani sebelum catsa disahkan oleh kongres us....

    Melihat perkembangan situasi hubungan indonesia-rusia-dan amerika, serta melihat pola pergerakan pak menhan maka menurut saya cuma ada 2 kemungkinan yg akan terjadi dlm pengadaan pespur air superiority pengisi ska14...

    1. Jika SU35 jadi dibeli maka f16v juga pasti jadi dibeli, dan jika su35 batal maka f16v juga pasti batal.

    2. Jika rafale jadi dibeli berarti su35 dan f16v batal dibeli...


    Tapi menurut saya pribadi dari pada pusing mengharapkan pespur buatan negara lain ditengah ketidak pastian situasi lebih baik fokuskan dana inhan kita pd proyek ifx/kfx...

    Walaupun sebenarnya beberapa kalangan menganggap bahwa untuk harga ifx yg akan didapatkan indonesia over priced atau kemahalan tdk jadi masalah, karena selain mendapatkan pesawat kita juga akan mendapatkan ilmu pembuatanya dan anggap saja yg mahal itu beli ilmunya...

    Sedangkan untuk antidote f35 aus dan sing sementara menunggu kehadiran ifx ada 2 hal yg bisa dilakukan

    1. Perbanyak jumlah unit radar vera NG sebagai pendeteksi siluman hingga bisa mencakup seluruh wilayah udara RI..

    2. Upgrade seluruh sensor, radar, mesin dan persenjataan SU30 hingga setara dg perangkat yg ada di SU35 sbg kekuatan pemukul siluman yg kedapatan nekat nyelonong ke wilayah RI...


    BalasHapus
    Balasan
    1. https://youtu.be/Com_bqf9Rn8

      Jangan terlalu overproud dulu guys
      Coba di simak vidio nya

      Hapus
    2. Link video yg kau rekomendasikan itu dari awal sampai akhir semuanya berisi isu...isu...isu.... Yg tidak bisa dipertanggung jawabkan...
      Makanya jangan terlalu sering bermain isu, supaya gak mudah termakan sama isu... Klo sudah konfirmasi resmi pihak berwenang indonesia keluar dari ifx baru kita percaya....

      Lagian siapa juga yg over proud...!!! Su cuma coba membaca keadaan yg sebenarnya dan memprediksi kemungkinan yg akan terjadi dimasa yg akan datang berdasarkan pd pola kebijakan dan gerakan yg dilakukan presiden dan pak menhan....

      Tapi klo kita membatalkan su35 lalu cuma ambil f35 atau f16v karena tekanan us akan membuat us tertawa puas dan lebar atas kemenanganya, dan kita pun cuma bisa jadi pecundang seoerti sapi penurut yg sudah di cucuk hidung sama us...

      Presiden dan menhan kita itu sebenarnya sama sama keras dan ngotot, tapi beda tampilan dan pembawaan...... Lihat dan analisa lah debut mereka di dunia politik,....

      Klo dilihat dari arahnya pak menhan dan president tidak akan menyerah tanpa solusi.... Untuk saat ini presiden n menhan pasti sudah menyiapkan alternatif tetbaik untuk setiap kemungkinan yg terjadi,... Mereka hanya menunggu momentum perubahan situasi politik amerika, untuk menerapkan strategi mereka...

      Lagian untuk saat ini salah besar jika terlalu cepat mengambil keputusan, karena keuatan f35 aus dan sing jg blm maksimal...

      Tidak ada jaminan jika kita ambil viper dan f35 trus kita aman dri embargo, itu buktinya turki saja yg ikut tanam modal dlm riset f35 juga dihajar embargo.... Dan sy juga yakin jika kita ambil f35 pasti kena downgrade parah.....

      Lihat saja nasib f16 kita yg sudah lama kita beli tapi baru di berikan upgrade nya oleh us jelang armada f16 akan di pengsiunkan oleh US, dan upgrade yg diberi us ke kitapun masih dibawah upgrade f16 singo....

      Hapus
    3. Klo memang presiden dan menhan takut karena tekanan US sudah pasti dari awal tahun su35 sudah resmi batal dan kita jadi beli f16v atau f35 seperti keinginan kalian para fans maniak US....

      Pemimpin kita bukan takut,... Tapi hati hati,....


      Sy setuju saja kita beli f16 v ataupun f35..... Tapi sy gak setuju kalo beli karena tekanan....

      Hapus
    4. anjir, salut gw baca tulisan lu gan. yg gw soroti satu kalimat, pemimpin-pemimpin kita bukan takut, tapi hati-hati.

      Hapus
    5. Lah trus apa dong namanya....???

      Klo memang pemimpin kita takut, sudah dari kemaren kmaren kontrak pembelian su35 dibatalkan dan kita cuma beli f16v... Krna dari awal US cuma ngebolehin kita punya f16v, bukan pespur yg lain.....

      Hapus
  35. Ada yg tau mengapa Asu menyematkan kata JSF (join strike fighter) pada pespur f35???

    Jika boleh saya tafsirkan, pesawat ini dlm operasinya sifatnya keroyokan,alias team, spt tim sepak bola, gak bisa single fighter.

    Jadi,jika kita melihat f35 jsf muncul berarti di belakangnya dah bejibun berbagai jenis pesawat lengkap menyertai.

    Sederhananya, membeli f35 adalah membeli sistem pertempuran udara terintegrasi.

    Jadi kalo hanya membeli pesawat f35 tok, masih jauh panggang dari api utk sebuah operasi udara yg berhasil,apa lagi musuhnya juga memiliki pespur2 yg lumayan modern.

    Analoginya seperti kapal induk Asu yg tak mungkin pergi sendirian ke teater perang tanpa dikawal berbagai jenis kapal perang + kapal selam.

    IMO.🤗🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. JSF seinget saya hasil join beberapa negara mas yg invest di project Ini. Kalau gak salah waktu terbang perdana ada beberapa bendera negara yg join dibody pesawatnya. Cmiiw.

      Hapus
    2. Betul om Superstar.
      Ini proyek bareng2 beberapa negara.

      Konsepnya adalah untuk menggabungkan fungsi F16, F18, harrier dan F117A dalam 1 platform.

      Makanya ribet dan makan waktu lama.

      Hapus
    3. Bung@Super@Bocot,

      Memang berbagai negara memiliki andil dlm f35,termasuk Turki. Kalo saya membacanya f35 ini bukan "mengganti" tapi "melengkapi/mempertajam" kemampuan serang angkatan udara Asu. Produk2nya semakin terspesialisai, bisa menyerang lebih dlm target2 tanpa terdeteksi baik udara darat laut (?).

      Jika mengganti, berarti akan banyak yg dipensiunkan, f15,16,18. Tapi sekarang masih dipertahankan malah diupgrade.

      Yg gak kuat itu unsur2 pespur pendukungnya spt, pswt pendamping/loyal wingmen, pesawat utk peperangan elektronik/jamming, pswt early warning/awacs,pesawat pengintai/drone, tanker dll.
      😁😁😁

      Hapus
    4. JSF dirancang buat menggantikan F-16, F/A-18, F-117, Harrier dan Tornado.

      Tipe lama dipertahankan karena masih lebih murah. Kalau sudah lebih mahal bakal di phase out dan digantikan sama JSF.

      Hapus
    5. peserta JSF mnurutkuh adalah sapi perah amrik haha!😋😋😋

      lepas dr JSF pon bbrp anggotanya bikin proyek Tempest, ini artinya kleian sendirilah masing2 menafsirken haha!😑😑😑

      Hapus
    6. F35 adalah proyek untuk memenuhi permintaan sekutu dekat us atas pespur siluman, karena f22 tidak dijual maka dibuatlah joint sapi perah f35 yg kemampuaanya jauhhh dibawah f22, udah kemampuan jau malah banyak masalah,,lha f22 aje gk bener2 pede ketemu su35 apalagi f35???? Geli rasanya melihat orang2 di club pencinta f35 🤭🤭😜

      Hapus
  36. Oot sedikit ...percaya dwh sama kemampuan bangsa sendiri ...minimal brlajar percaya ... lihat karya karya swedia dari awal generasi Tunan , Draken , Lancen , sampai sekarang Vigen ..coba lihat airframe Tunan ... ga ada manis manis nya .. kalau berbanding pesawat mereka ...itu contoh luar , kalo di marih ..liat aja Kijang Buaya sampe sekarang Kijang Inova ... jejerin ... ada evolusi kan ...artinya kita bisa .. percaya deh ..kita bisa ! itu untuk airframe ..avionik dll ada Infoglobal , LEN ? ect . cmiiw .

    BalasHapus
  37. PTM Generasi 6 Block 1 Burik Monkey Malaysia sudah tahap Prototipe

    BalasHapus
  38. ...penampakan kawah gunung GALUNGGUNG dari Drone, dengan ratusan anak tangga pendakiannya

    https://youtu.be/R1y9QiX1FWE

    ...ayoooooooooo pecinta gunung, merapat ?














    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu saya di ungsikan ke bogor dari bandung masih balita , kakak saya cerita abunya kemana mana ... letusannya banyak makan korban ...itu cerita taun 80 an 🤔

      Hapus
    2. ...betul bro, bahkan ke Cilacap pun sampai













      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Kalo gunung dirumah ku nga pernah meletus, palingan di hisap baru meletus🤭🤭🤭🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️

      Hapus
    4. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    5. Jakarta dl sampe om debu galunggung.....

      @om seno,wakakakkaa...
      Ati2 om nanti yg di rmh latah minta ikut2 an di lockdown apes yg ada...hahaha

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. ...penampakan puncak gunung Ciremai yang masih PERAWAN dan Indah

    https://youtu.be/6CvrC67F_NY

    ...ayoooooooooo pecinta gunung, merapat ?















    ... Xixixixixixixi 😁



    BalasHapus
  41. ...PELAJARAN HIDUP dari pendakian gunung SLAMET...bagi para fansboy barat yang TERJAJAH MENTAL

    https://youtu.be/UFXzgRD2-74

    ...ayoooooooooo pecinta gunung, merapat ?
















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Mbah Gono, silahkan tampilkan bagaimana Excotiknya gunung KEMUKUS ?














      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Ini..mbah exotic nya kemukus😌😌😌
      https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200318093630-20-484412/alot-soal-sukhoi-indonesia-buka-peluang-beli-jet-f-35-

      Hapus
    3. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  42. Malon lagi panic buying

    https://m.detik.com/news/foto-news/d-4943581/potret-warga-malaysia-serbu-pusat-perbelanjaan?tag_from=wpm_db_fototerpopuler

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.youtube.com/watch?v=M_52Gqb459I detik2 lockdown

      Hapus
    2. Pisang habis di pasaran malon 😁

      Hapus
  43. Semua ini belum seberapa dibandingkan project Malaysia yg diam-diam bikin pesawat gen 8. Pesawat ini direncanakan terbang sendirian di luar angkasa, gak ada lawan

    BalasHapus
  44. Balasan
    1. tung tung tungg🪒🪒🪒, jgn mangap sembarangan donk pake masker 😷 ama sanitaisernya om daruw haha!🧴🧴🧴

      Hapus
  45. WHY MOST IDIOT INDOGS MENTIONED THEIR ORN IFX EVEN IT CANNOT PAID 20% TO KOREANS??

    WHAT WOULD BE THE CONTRIBUTION OF THE INDOGS TO KOREANS KFX PROJECT???

    ANSWER: GARBAGE 😆😆😆
    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk MALONDOG blah blah blah idiot
      😂😂😂

      Hapus
    2. Your heart full of hate.

      Hapus
    3. Gempur gila jealous 🤣😁😂

      Hapus
    4. Low IQ Malon does not have the capability to built plane and any military tehnology..
      it was confirmed by the Malon government 😁
      https://m.malaysiakini.com/news/447615

      So what malaydogsial built ?
      Answer: only Shit 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    5. Mr blah blah blah..krik krik
      Wowkowkowkow

      Hapus
  46. Untuk kelanjutan IFX ini mangkanya menhan pak Bowo ngebet akuisisi F35. Mantap pokoke. Ambil 2 skuadron pak.

    BalasHapus
  47. Langkah Turki sudah benar, walaupun awalnya masih banyak mengandalkan basis teknologi dari luar negeri.

    Hal serupa yang juga sudah dilakukan cina yang terus menenerus meningkatkan kadar kemandiriannya.

    BalasHapus
  48. Mesin f414 utk IFX yg dipesan Indonesia, skrg digunakan di pesawat apa ya?

    BalasHapus
  49. Baru 20% dah claim cm die punye. Payment pun delayed. Kohkohkohkoh

    BalasHapus
  50. Gambaran MEF skuadron TNI AU

    *** KOGABWILHAN 1 :

    * Pontianak =
    1 skuadron F35 atau SU35 (pengganti hawk 100/200)
    1 skuadron UCAV ch4b

    * Pakanbaru =
    1 skuadron F16 block52id
    1 skuadron F16 viper (pengganti Hawk 100/200)

    *** KOGABWILHAN 2 :

    * Madiun. =
    1 skuad SU35 / F35 (pengganti F5)
    1 skuad F16 setara block52id
    1 skuad TA50 KAI golden eagle

    * Makasar. =
    1 skuad SU27/SU30

    *** KOGABWILHAN 3 :

    * Kupang. =
    1 skuad F16 viper (squad baru)

    * Biak. =
    1 skuad SU35 / F35 (squad baru)
    1 skuad UCAV ch4b

    Semoga tercapai..jaya lah indonesia ku

    BalasHapus