14 Mei 2023

Australia Bekali Sejumlah Kapal Komersial dengan Sonar Canggih Pendeteksi Kapal Selam

14 Mei 2023

Kapal sipil dapat digunakan untuk berburu kapal selam (photo : ArgoProgram)

MELBOURNE - Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN) membeli sistem sonar baru yang canggih seharga USD206 juta atau lebih dari Rp3 triliun, untuk mendeteksi kapal selam. Sonar canggih yang disebut SURTASS-E merupakan susunan sistem hidrofon yang ditarik dengan kapal sipil atau komersial. 

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Sabtu (6/5/2023), cara kerja sonar sistem hidrofon ini dengan mengubah energi mekanik kapal menjadi sinyal listrik. Sistem hidrofon mengubah gema yang dipantulkan dari kapal di bawah permukaan laut menjadi sinyal listrik. 

Dengan menangkap sinyal ini, para ahli di atas kapal dapat menentukan jenis dan kategori kapal selam yang terdeteksi. Sistem sonar hidrofon SURTASS-E bekerja baik ketika kapal melaju dengan kecepatan 3,2 knot.

Pengoperasian sistem sonar canggih SURTASS-E sama dengan Sistem Pengawasan Peperangan Anti-Kapal Selam Bergerak Terjangkau (AMASS) milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Untuk Angkatan Laut Australia, sistem sinar SURTASS-E meningkatkan kemampuan mendeteksi dan melacak kapal selam pada jarak yang lebih jauh, termasuk desain kapal selam canggih baru China.

“SURTASS-E akan meningkatkan kemampuan Australia untuk menghadapi ancaman maritim saat ini dan masa depan. Dengan platform taktis deteksi dan isyarat kapal selam musuh, Australia tidak akan kesulitan menggunakan peralatan ini ke dalam angkatan bersenjatanya,” kata Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS (The U.S. Defense Security Cooperation Agency/DSCA) dikutip dari laman The War Zone, Sabtu (6/5/2023).

Cara kerja SURTASS-E (image : NEPA Project)

DSCA tidak menyebutkan berapa jumlah sistem sonar canggih SURTASS-E buatan Lockheed Martin yang dibeli Australia. AS dan Australia memiliki sejarah panjang kerja sama perdagangan dan militer, apalagi Australia punya posisi strategis bagi AS di Pasifik Barat. 

AS mengatakan sistem sonar SURTASS-E akan dipasang untuk Vessels of Opportunity [VOO] Australia, berupa kapal sipil maupun komersial yang digunakan ketika terjadi kejadian krisis dan bencana. Sistem sonar SURTASS-E diintegrasikan ke dalam kapal sipil atau komersial yang berlayar di perairan laut, mendeteksi kapal selam musuh.

Dengan dilengkapi sistem sonar SURTASS-E, kapal-kapal sipil ini akan dapat mengumpulkan berbagai data objek bawah air, termasuk kapal selam. Akibatnya, sistem sonar SURTASS-E mengubah kapal sipil Australia menjadi alat intelijen kuat yang disamarkan sebagai aktivitas komersial atau sipil. 

Bukan hanya Australia, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China telah mengembangkan dan memperbarui pendekatan semacam ini untuk kegiatan militer pendaratan. China, melakukan latihan serupa menggunakan kapal feri sipil sarat dengan tank dan artileri self-propelled dan berlayar bebas antara Taiwan dan China.

Rekaman yang bocor menunjukkan bahwa China telah merancang kargo sipil dan feri sipil untuk melakukan hal yang sama, dengan balok penyangga tambahan dan sistem hidrolik. Peran kapal sipil ini untuk menghilangkan ketegangan dan gaya yang berasal dari lateral gelombang pasang surut. 

Penggunaan kapal sipil atau komersial untuk keperluan militer bukanlah hal baru. Ide ini berasal dari masa Perang Dunia Kedua ketika Inggris melakukan evakuasi di Dunderck. Perahu dan kapal kecil sipil menerima panggilan pemerintah Inggris untuk membantu mengevakuasi tentara dari Dunderck yang dibom.

42 komentar:

  1. Kri rigel apakah bisa dipasang sonar juga?

    BalasHapus
  2. Alat deteksi KS ga ada y selain di celup2 ke laut..jd kaya teh celup..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang harus dicelup bro...kalo cuma virtualan mana enak ๐Ÿ˜

      Hapus
  3. Indonesia merasa terusik juga gak sih? Karena waktu itu Indonesia rumors nya berhasil masuk perairan Australia tanpa terdeteksi Submarine kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wilayah laut australia luas. Bisa dari mana aja utk masuk ke wilayah australia.

      Hapus
    2. Sama waktu kejadian pembom tniau masuk wilayah Australia tanpa terdeteksi.
      Dan prajurit tniau boker disana tanpa ketahuan

      Hapus
  4. Dalam arti kata, Australia takut akan kapal selam China.
    Ngapain China nyerang Australia pakai kasel. Kecuali kasel China memang mentargetkan kapal permukaan dan kasel austrlia.
    Cukup dengan rudal Dongfeng yg diluncurkan dr China daratan, Australia bisa hilang dari peta

    BalasHapus
  5. Kalau australia berbaik2 dg indonesia. Australia bisa sumbangkan sonarnya utk dipasang di alur2 laut indonesia utk deteksi kasel yg mau ke australia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama milik kasel Australia itu sendiri ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  6. Sementara itu asrizal rusli menangis makin keras guys
    ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  7. Kapal LCS MANGKRAK MALON dibekali dengan Sonar Canggih Pendeteksi alien... Hahahaha

    LCS dengan teknologi SDM dengan IQ TERENDAH di ASEAN.. hahahahah

    BalasHapus
  8. Purrr sudah selesai JILAT JILAT TAI PANTATNYA BRITISH blum Purr, JILAT TAI nya sampai bersih jangan sampai tersisa Purrr, siapa tahu setelah itu british bantu negaramu yang sudah jadi GEMBEL MISKIN se kawasan & sebentar lagi sedunia akhirat

    BalasHapus
  9. Tidurlah yg nyenyak pur,kasihan 7 hari 7 mlm pasti kmu mikirin menhan mu puasa shoping.

    BalasHapus
  10. klo osi pake kapal komersil sipil buat nyerok kedalaman laut haha!๐Ÿ•ต️‍♂️๐Ÿ•ต️‍♂️๐Ÿ•ต️‍♂️

    eh ELDER BRADERnya KL pake kapal milisi maritim buat patroli lautnya di zee sarawak, tuan ruma tidooo๐Ÿ˜ด haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  11. Kabarnya Admiral Jepang ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต bawa MOGAMI CLASS sudah datang dan tinjau PT PAL nih, bahkan MHI rencanakan tahun 2023 akan ada 1 - 4 kapal Mogami Class di NKRI......AAAh yang bener niiiih ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜€......nanti ada buzzer Malon masuk Rumah Sakit Jiwa baca info ini ๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  12. Yang sudah pasti FREMM plus MAESTRALE dan ARROWHEAD lalu akan ditambah MOGAMI CLASS ?......waaaaw Rumah Sakit Gila di KL akan tambah satu penghuninya oleh Buzzer Malon ๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  13. Looon.....coba tebak ya, MIRAGE 2000-5 pesanan NKRI ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ tahun ini datang bulan apa ? Juli atau Agustus ?......jawabnya ngak usah sambil nangis yaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  14. Malon bakali kapal LCS dengan radar canggih pendeteksi alien. Hahahaha...

    BalasHapus
  15. SelamatPagi .. Jumpa lagi di pagi hari yang cerah ini....

    Sesuai dengan janji sebelunya .. hari ini kita akan membahasa dan mendisukusikan secara lebih detail dan utuh semua hal terkait dngan bansa melayu mahawangsa .. asal-usul, record sejarah kebesaran tamadun mereka serta banyak hal lainnya yang terkait dengan melayu mahawangsa..

    Sila simak dakwah pencerahan ini ... semoga berguna bagi kita smua ..

    Salam Persaudaraan .. Salam Serrumpun ,,, alam Melayu Mahawangsa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. KATA KUNCI = ฺคฺ ู„ูŠู…ุง ุจู„ฺ 13 Mei 2023 pukul 08.30
      Bagi Malaysia .. Britania Raya dan Persemakmuran tetaplah menjadi panutan dan pelindung kami dalam segala hal .. bagian malayia saat ini .. King Charles adalah juga Bapak Bangsa Malaysia yang harus kami patuhi dan sembah
      ===
      ๐Ÿ˜‚JONGOS PECUNDANG = TUNDUK TAAT KE PENJAJAH๐Ÿ˜‚

      Hapus
  16. KATA KUNCI = ฺคฺ ู„ูŠู…ุง ุจู„ฺ 13 Mei 2023 pukul 08.30
    Bagi Malaysia .. Britania Raya dan Persemakmuran tetaplah menjadi panutan dan pelindung kami dalam segala hal .. bagian malayia saat ini .. King Charles adalah juga Bapak Bangsa Malaysia yang harus kami patuhi dan sembah
    ===
    ๐Ÿ˜‚JONGOS PECUNDANG = TUNDUK TAAT KE PENJAJAH๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  17. BAHAYA BISA MENEMPATKAN SIPIL & INDUSTRINYA DALAM ANCAMAN KARENA PASTI DIANGGAP ANCAMAN KEBERADAAN KAPAL SIPILNYA OLEH SEMUA TERITORITY NEGARA² .

    INI SEBUAH KEGIATAN YANG SANGAT BERESIKO & BISA DIKATAKAN TIDAK PANTAS DI DIIJINKAN PIHAK KOMERSIAL ATAU PELAYARAN SIPIL INTERNASIONAL SANGAT MEMBAHAYAKAN KESELAMATAN SIPIL KALAU PERTAHANAN TERBATAS LAWAN BAJAK LAUT , WAJAR.
    PANTAS DAHULU ADA YANG COBA MAIN PETAK UMPET DI NKRI.

    BalasHapus
  18. MELAYU NUSANTARA MAHAWANGSA: DALAM PERSPEKTIF LINGUISTIK DAN HISTORIS
    Tiga elemen pemberangus sebuah bangsa: oleh : Imam Qalyubi (Part 1)

    Tiga elemen pemberangus sebuah bangsa: oleh : Imam Qalyubi
    •Kaburkan sejarahnya
    •Hancurkan bukti-bukti kejayaan masa lalunya
    •Putuskan hubungan mereka dengan leluhurnya.
    Nusantara atau Indonesia khususnya pada saat ini masih diliputi oleh berbagai persoalan bangsa yang mendasar seperti kesejateraan, ketentraman dan kemerdekaan. Indonesia belum menemukan formatnya sebagai sebuah bangsa besar, berjati diri, berdaulat apalagi bermarwah. Beberapa elemen perusak yang sangat memberikan andil yaitu turut campurnya bangsa lain dalam berbagai aspek kehidupan. Kita lupa bahwa pada masa lalu bangsa Nusantara begitu disegani dan ditakuti oleh bangsa-bangsa lain.
    Teringat sebuah kabar tentang raja Banten bernama Kiyai Senopati pada tahun 1619 pernah mengirim surat kepada Raja Inggris James I dan Gubernur Hindia di tanah jajahan Belanda J.P Coen. Dalam suratnya kepada raja Inggris dan petinggi Belanda tersebut Kiyai Senopati tanpa kata pemanis sedikitpun dengan tegas menolak upaya pemerintah Belanda dan Inggris yang berencana membangun sebuah benteng di Jayakarta/Jakarta. Begitu tegasnya isi dari surat tersebut sehingga para ahli bahasa barat menyebutnya sebagai “Surat Berbisa dari Timur”.
    Sejenak kita renungkan dan bandingkan dengan prilaku para pemimpin kita saat ini yang senang menjadi kacung alias jongos bangsa asing. Mental inlander dan stocholm syindrom telah merasuki hampir di setiap pemikiran anak bangsa ini. Kita lupa bahwa pada masa lalu bangsa ini adalah bangsa besar yang unggul dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan Bangsa yang pernah berjaya menjadi sebuah negara terhormat yang tidak ada satupun negara yang mampu menandingi kedahsyatan peradabannnya. Mulyana (1979) dalam tafsir Negara Kertagama mengatakan bahwa hanya ada dua di dunia yang memiliki kekayaan setara dengan Nusantara.
    yaitu negara Habsyi atau wilayah Afrika masa kini, bahkan negara-negara luar menyebut Nusantara sebagai negeri kemiliau Emas dan negeri permata. Hal ini dapat dibuktikan dengan topinimi-toponimi suatu daerah yang mengarah kepada nama-nama itu. Beberapa toponimi seperti Gunung Saloko (emas/perak) di Jawa Barat, Gunung Mas di Kalimantan Tengah, Bintan (Pulau ber-intan), Tanjung Perak di Surabaya dll.
    Terlepas dari soal kedahsyatan Nusantara dalam sebuah diskusi kecil sebulan yang lalu antara penulis dengan seorang pakar budaya dan sejarah di Yogyakarta pada akhir dikusi tersebut tercetus sebuah cita-cita bersama yaitu membangun kembali Nusantara dengan konsep Kasultanan atau kerajaan. Cita-cita ini sebagai sebuah sikap terhadap kegagalan konsep republik dalam membawa bangsa ini menjadi sebuah negara yang makmur dan sejahtera.
    Tanpa maksud memprovokasi, bahwa ungkapan ” NKRI Harga Mati” buat penulis bukan suatu ungkapan yang bersifat final. Konsep NKRI bisa dinegosiasi atau bisa ditawar. Kalau mau secara ektrem penulis katakan bahwa sejatinya pembentukan NKRI adalah sebuah tindakan yang illegal. Mengapa pembentukan NKRI itu dapat dikatakan illegal? Bukankah sebelum munculnya konsep NKRI wilayah Nusantara ini telah terbentuk sebuah negara dengan konsep kasultanan atau karajaan. Dalam ilmu ketatanegaraan kasultanan atau kerajaan di Nusantara tersebut telah menjadi sebuah bentuk negara yang berdaulat. Memiliki undang-undang atau aturan hukum yang jelas, memiliki hirarki kekuasaan dan memiliki balatentara sebagaimana negara-negara modern republik umumnya.

    BalasHapus
  19. MELAYU NUSANTARA MAHAWANGSA: DALAM PERSPEKTIF LINGUISTIK DAN HISTORIS
    Tiga elemen pemberangus sebuah bangsa:

    oleh : Imam Qalyubi (Part 2)

    Dalam sejarahnya kasultanan ataupun kerajaan tetap eksis sampai dibentuknya republik Indonesia ini. Namun setelah dibentuknya republik Indonesia maka banyak dari kesultanan dan kerajaan secara sukarela bergabung dengan NKRI, namun pasti dengan syarat-syarat dan kesepakatan-kesepakatan tertentu yang sampai saat ini dokumen perjanjian masih dapat dilihat di tempat penyimpanan dokumen negara di Jakarta. Tercatat ada sekian banyak kerajaan yang telah eksis di Indonesaa sebelum pembentukan NKRI seperti: Kasultanan Malik Assaleh Aceh, Kasultanan Melayu Deli Serdang Sumut, Kasultanan Melayu Siak Indra Giri Hilir Riau, Kasultanan Melayu Palembang Mahmud Badaruddin, Kerajaan Melayu Matan Kalimantan Barat, Kasultanan Melayu Banjar Kalimantan Selatan, Kasultanan Melayu Kotawaringin, Kalimantan Tengah, Kasultanan Kutai Kertanagara, Kasultanan Tidore Ambon, Kasultanan Bima, Kerajaan Karang Asem Lombok, Kerajaan Cakranegara Bali, Kasultanan Cirebon, Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Solo dll. Kesemua kasultanan atau negara-negara kecil tersebut pada saat itu telah memiliki sistem
    ketatanegaraan sebagaimana layaknya sebuah Negara. Bahkan Kasultanan atau kerajaan-kerajaan tersebut secara jelas menyebut dirinya atau wilayah kekuasaanya dengan nama negara. Setelah kesultanan atau kerajaan-kerajaan dengan pemerintah pusat menjadi satu menjadi sebuah negara NKRI lama-kelamaan peran kasultanan dan kerajaan pudar bahkan praktis saat ini telah banyak yang hilang dan tak berbekas.
    Keadaan seperti ini berbeda dengan negara Malaysia yang secara cerdas membentuk negaranya dengan menggunakan konsep federasi sehingga tetap dapat mempertahankan warisan leluhur berupa kesultanan atau kerajaan. Berbeda dengan konsep NKRI yang telah mematikan eksistensi kesultanan atau kerajaan dan disinilah justru banyak peluang bagi warga asing nonpribumi dengan segala macam cara menjadi pemimpin dikalangan pribumi Nusantara. Lebih ironi lagi setelah Kesultanan dan kerajaan itu tinggal mimpi-mimpi dari konsep republik yang diharapkan sebuah kemakmuran ternyata hanya sebuah utopia.
    Arti Melayu
    Melayu adalah sebuah entitas yang komplek. Di dalamnya terkait bangsa, bahasa, adat, tradisi, agama dan budaya.. Secara etimologis kata Melayu berasal dari proto Melayu Javenic yang bermakna pergi, rantau, lari atauhijrah. Dengan demikian Melayu dapat dimaknai sebagai sebuah simbol yang bergerak, berdinamika dan ber-organisme dan tidak berhenti pada satu ruang dan waktu. Melayu sejalan dengan namanya yaitu bergerak, berdinamika atau berhijrah dari satu tempat ke tempat yang lain dari satu peradaban ke peradaban yang lain.
    Melayu atau bangsa Melayu dikenal sebagai bangsa yang ramah, tidak ambisius, kaya dengan ungkapan simbolik, adaptif pada setiap pendatang. Namun demikian terdapat prilaku unik bangsa Melayu seperti sebuah ungkapan bahwa Melayu itu asimetris dan misteri. Dalam beberapa hal bangsa eropa atau barat gagal dalam memahami karakter orang Melayu.

    BalasHapus
  20. MELAYU NUSANTARA MAHAWANGSA: DALAM PERSPEKTIF LINGUISTIK DAN HISTORIS

    Tiga elemen pemberangus sebuah bangsa:

    oleh : Imam Qalyubi (Part 3)

    Terkait dengan istilah Melayu secara filosofis mengandung makna bahwa bangsa Melayu itu selalu berhijrah. Itulah kemudian di dunia Melayu dikenal dengan budaya peladang berpindah atau berhijrah dari ladang yang satu ke ladang yang lain. Terkait dengan peladang berpindah dalam dunia Melayu terdapat sebuah konsep penandaan yang bermakna sebagai wilayah kekuasaan.
    Beberapa penanda wilayah kekuasaan dalam budaya Melayu khususnya di ranah perladangan umumnya ditandai dengan potongan pohon yang melintang, meninggalkan pohon
    tertentu atau meninggalkan abu pembakaran sebagai tanda bahwa wilayah atau ladang tersebut tidak boleh atau dilarang keras dirambah atau dimasuki. Begitulah penanda batas-batas wilayah-wilayah yang dibuat oleh leluhur bangsa Melayu dan semua prilaku budaya tersebut telah menjadi konsesensus bersama. Konsensus penandaan yang demikian telah berlaku di kalangan persukuan selama berabad-abad lamanya. Prilaku dalam penandaan tersebut hingga kinipun masih dapat dilihat pada suku-suku Melayu yang tinggal di pedalaman Sumatera seperti Sakai, Meratus di Kalimantan Selatan dan Iban di Serawak. Dengan tanda-tanda tertentu yang ditinggalkan tersebut sebagai peringatan pada orang lain bahwa wilayah tersebut dilarang untuk dirambah.
    Fenoma penandaan wilayah kekuasaan sebagaimana manasia Melayu tersebut juga berlaku di dunia binatang, bahwa setiap wilayah yang yang dikuasai binatang tertentu akan mereka berikan tanda -tanda wilayah kekuasaanya dengan beberapa penanda seperti: air kencing, kotoran atau dengan cakaran di pohon-pohon.
    Asal Melayu
    Terkait dengan tanah asal bangsa Melayu terdapat beberapa pandangan atau perspektif keilmuan . Beberapa pandangan tersebut berasal dari kajian linguistik, antropologi, arkeologi dan geneologi atau bahkan pandangan gabungan dari dua kajian keilmuan seperti kajian antropolinguistik, genolinguistik, linguistik historis komparatif dll.
    Dari perspektif linguistik dikatakan bahwa orang Austronesia atau Melayu polynesia berasal dari beberapa kemungkinan tempat seperti : Melanesia dan Papua Timur, Sebelah Barat Papua, Formosa, Mentawai dan sekitarnya (Dyen dalam Soepomo: TT). Sementara Blust via Belwood (2000) menyebut Melayu purba berasal dari Cina selatan dan Belwood (2000) menyebut Melayu berasal dari Formosa (Taiwan).
    Temuan mutakhir yang cukup fenomenal sebagaimana yang diutarakan oleh Nothofer via Collin (2005) yang menyebutkan bahwa bahasa atau penutur Melayu berasal dari Kalimantan Barat. Diperkirakan Melayu purba tersebut telah berusia dua juta tahun. Penutur bahasa Melayu memiliki cirri-ciri ekologis rawa-rawa, tanah basah, delta dan pantai. Dari cir-ciri ekologis tersebut dimungkinkan bangsa Melayu purba memiliki teknologi pelayaran yang dahsyat. Fakta-fakta ini sejalan dengan Read (2008) yang mengatakan bahwa tidak ada dunia
    pelayaran yang lebih dahsyat di Asia Tenggara kecuali bangsa Melayu Nusantara bahkan jika dibandingkan dengan bangsa Cina dan India sekalipun.

    BalasHapus
  21. MELAYU NUSANTARA MAHAWANGSA: DALAM PERSPEKTIF LINGUISTIK DAN HISTORIS

    Tiga elemen pemberangus sebuah bangsa:

    oleh : Imam Qalyubi (Part 4)

    Melayu sendiri merupakan turunan dari Austronesia Purba .Jika kemudian Belwood (2000) berpendapat bahwa Melayu berasal dari Taiwan dan Formosa itupun juga benar karena Melayu yang terdapat di Formosa atau Taiwan pada awalnya memang orang-orang Melayu yang sebelumnya hijrah dari tempat asalnya di Kalimatan Barat dan bergerak ke arah utara menuju wilayah Formosa atau Taiwan sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Orang Melayu purba yang terdapat di Kalimantan tersebut kemudia berpencar dengan pola perjalanan searah jarum jam.
    Penyebutan Formosa atau Taiwan seringkali menimbulkan sebuah persepi yang salah bahwa orang Melayu itu berasal dari Cina karena sejatinya wilayah Formosa (Taiwan) yang kini menjadi wilayah Cina tersebut dulunya merupakan wilayah Melayu.
    Bangsa Melayu adalah sebuah entitas suku bangsa yang besar yang bergerak dinamis berdiaspora di berbagai tempat di dunia, Bangsa Melayu merupakan penguasa dan pemilik sah kedaulatan Asia Tenggara , bahkan kekusaanya melampaui batas-batas Asia Tenggara seperti dari ujung Formosa di Indochina sampai Madagaskar , dari Okinawa sampai Selandia Baru dan wilayah Hawai di Amerika, bahkan sampai Madagaskar. Gugusan Melayu merata di wilayah Asia Tenggara dan sebagian tercecer di benua Afrika, Australia. Bahkan Belwood menyebut Melayu atau Austronesia adalah penguasa separuh dunia.
    Melayu Nusantara Mahawangsa Perspektif Lingsuitik dan Hsitoris
    Jika melacak lebih ke atas rumpun Melayu Nusantara Mahawangsa, maka kita akan dihadapakan pada sebuah rumpun besar yaitu rumpun atau bangsa Austronesia. Memiliki 1.200 bahasa. Dengan demikian Austronesia merupakan rumpun bahasa terbesar yang jumlah anggotanya terbesar di dunia. Sementara Dyen via Poedjosoedarmo (TT) dalam peneltiannya terhadap bahasa-bahasa Austronesia dengan menggunakan metode leksikostatistik merangkai sebuah diagram pohon bahasa dengan beberapa tampilan yang disederhanakan. Dalam klasisfikasi tersebut Asutronesia memiliki 15 kelompok bahasa besar yang masing-masing terbagi lagi dalam keluarga bahasa, bahasa dan dialek-dialek . Salah satu keluarga bahasa adalah rumpun bahasa Melayu Polynesia yang memiliki beberapa kelompok bahasa dan ribuan dialek. Dalam peta tampak persebaran Austronesia dan rumpun Melayu Polynesia.Dalam perspektif linguistik orang Melayu Nusantara jauh sebelum atau awal-awal abad masehi telah telah eksisis sebagai sebuah bangsa. Beberapa catatan penting eksistensi bangsa Melayu Nusantara di Asia Tenggara dan dunia dapat dilihat pada aspek filologis linguistis yaitu adanya unsur bahasa Melayu pada naskah Al-Qur’an abad yang ada sejak abad ke- 6 M tersebut. Terdapat penyebutan kata kaafuura dalam Al-Qur’an surah Al-Insan ayat 5 “innal abrara yasrabuna min ka’sin kaana mizajuhakaafuura” (sesungguhnya orang-orang baik akan minum dari bejana/piala yang campurannya adalah kapur/kamfer) (Hamka, 1971). Fakta linguistik ini jelas memberikan gambaran pada kita bahwa kata kaafuurayang disebutkan dalam Al-Qur’an tersebut merupakan kata serapan dari bahasa Melayu. Indikasi ini jelas karena kapur Barus dalam
    sejarahnya memang hanya di temukan di Indonesia yaitu di sebuah tempat yang bernama Barus yang kini masuk dalam Wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah Sematera Utara merupakan sebuah imperium besar yang telah dikenal sejak abad 1 samapai 17. Nama lain dari Barus adalah Fanshur sebutan diduga digunakan pedagang Parsi dan dan Arab sehingga Hamzah yang berasal dari Barus menamakan dirinya sebagai Al-Fanshuri artinya berasal dari Barus/Fanshuri.

    BalasHapus
  22. MELAYU NUSANTARA MAHAWANGSA: DALAM PERSPEKTIF LINGUISTIK DAN HISTORIS

    Tiga elemen pemberangus sebuah bangsa:

    oleh : Imam Qalyubi (Part 5)

    Pengelana Arab dan Parsi secara jelas juga menyebutkan bahwa pada masa sebelum Majapahit perdagangan antara Nusantara dengan dunia luar telah berlangsung lama. Para pengelana seperti Ibn Al Wardi (1340) Ibn Batutah (1345) Ibn Khurdadhbih (846),Ibn Rusteh (903), dan Al Biruni (1030) secara gamblang menyebutkan wilayah-wilayah Nusantara yang pernah mereka singgahi seperti: Kalah (Kedah), Zabag (Jawa), Fansur (Barus). Penyebutan Jawa atau zabag dalam hal ini adalah merupakan wilayah yang memiliki bandar-bandar besar seperti seperti Tuban, Sedayu, dan Gresik yang merupakan Bandar dalam kuasa Majapahit (Kroom,1931 dan Graaf. 1949).
    Dikutip dari Laman : https://fkip.umrah.ac.id/melayu-nusantara-mahawangsa...

    Salam Persaudaraan... Salam Serumpun .. Salam Melayu Mahawangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. KATA KUNCI = ฺคฺ ู„ูŠู…ุง ุจู„ฺ 13 Mei 2023 pukul 08.30
      Bagi Malaysia .. Britania Raya dan Persemakmuran tetaplah menjadi panutan dan pelindung kami dalam segala hal .. bagian malayia saat ini .. King Charles adalah juga Bapak Bangsa Malaysia yang harus kami patuhi dan sembah
      ===
      ๐Ÿ˜‚JONGOS PECUNDANG BABU PENJILAT= TUNDUK TAAT KE PENJAJAH๐Ÿ˜‚

      Hapus
  23. KISAH ASAL MELAYU...DARI KITAB SHEIKH DAUD AL FATANI....
    Artikel Oleh :: Mikaelan Ruslan (Part 1)

    "Kisah Kerajaan Kedah Tua Melalui Kalam Ulamak Amalan Pusaka Khalifah Wali Islam "
    Bukan Melalui Sarjana Barat...
    Kedatangan Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi Yamani Bersama 11 Sahabatnya Yang Lain Di Puncak Gunung Jerai,Kedah Darul Aman
    Kisah Yang Diceritakan Oleh Tuan Guru Syekh Ahmad Junaidin,seperti yang
    di ceritakan oleh Syekh Mahmud Nasri Usmani(Anak Murid Tok Kenali) seperti yang di ceritakan oleh Sultan Badlishah Kedah terdahulu pada Tuan Guru seperti yang ditulis di dalam beberapa Buku@Kitab,Ceramah Kuliah Tuan Guru kepada Murid-Muridnya di dalam Jemaah Abjad dan Warga Melayu.
    Sejarah PengIslaman Penduduk Di Tanah Melayu Oleh Syekh Abdullah Al Qumairi melalui Pengislaman Raja Phra Ong Mahawangsa :
    Islam bermula apabila Sayyid Syeikh Muhyiddin Abdul Qadir Jailani menghantar 12 orang muridnya yang diketuai oleh Sayyid Syeikh Abdullah Bin Abdul Qumairi daripada Baghdad ke Gunung Jerai pada kadar satu langkah dalam waktu zohor
    Melalui Perjalanan Lipat Bumi Yakni Karamah Yang Dizahirkan Oleh Allah dengan Satu Langkah atau seperti Pegerakkan Tikar atau Karpet yang di gulung
    Azan yang pertama dilaungkan di Puncak Gunung Jerai pada Waktu Zohor.
    5 kali Azan, Asar,Magrib,Isyak dan Subuh.
    Selepas Azan Zohor ke -2
    Sayyid Syeikh Abdulah Al Qumairi menghadap Raja Phra Ong Mahawangsa di Istana Bukit Meriam(Lembah Bujang)
    Mereka tidak melakukan apa apa serangan dan hanya mengambil tempat Uzlah selama 40 hari dan tidak secara tergesa gesa untuk melakukan kerja mengislamkan Raja Phra Ong Mahawangsa
    Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi dan 11 Sahabatnya mengambil Tapak Langkahan Hulubalang dan Kafiat Adab sebagai Persiapan menentang Ilmu Istidraj oleh Raja Phra Ong Mahawangsa
    Raja Phra Ong Mahawangsa beserta Sami saminya dan kesemua Puak yang disebut tadi menyerang Sayyid Syeikh Abdulah Al Qumairi dan 11 Orang Sahabatnya dengan segala bentuk Sihir dan Silap Mata melalui Latihan Pertahanan Diri,Perbomohan,dan lain-lain cara.
    Agama yang dianuti ketika itu adalah Hindu dan Budha atau Sembahan Permujaan Patung dan Kepercayaan Animisme yang lain
    Raja Phra Ong Mahawangsa juga menjemput Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi Yamani ke dalam Istana dan mempamerkan ilmu Istidrajnya namun berjaya di patahkan oleh Sayyid Syekh Abdullah Al Qumairi dengan Langkah Gerak Hulubalang yang di zahirkan oleh Allah kepadanya (Seumpama Kisah Nabi Musa Menentang Sihir Pengikut Firaun)
    Kesemuanya itu tidak memberi bekas dan hasil.
    Akhirnya Raja Phra Ong Mahawangsa dan Bala Tenteranya datang menghadap Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi dan bertanya kepada Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi :

    BalasHapus
  24. KISAH ASAL MELAYU...DARI KITAB SHEIKH DAUD AL FATANI....
    Artikel Oleh :: Mikaelan Ruslan (Part 2)

    Apakah yang Tuan Pakai ?
    (Raja Phra Ong Mahawangsa Menyangkakan Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi mengamalkan Ilmu Sihir sepertinya)
    Kami jumlah yang besar kalah dengan kamu jumlah yang kecil !
    Sayyid Abdullah Al Qumairi menyebut Islam !
    Apabila ditanya Apa itu Islam?
    Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi menghuraikan dengan Panjang Lebar...
    Raja Phra Ong Mahawangsa terus menerima Islam sebagai Agama melalui Ucapan "Talqin Syahadah" dan memerintahkan Pembesar-pembesarnya menerima Agama Islam.
    Apabila Raja masuk Islam,Pembesar Pembesar pun turut masuk Islam diikuti Rakyat Jelata.
    Mereka datang dengan Tempayan dan Gelas untuk menjamu Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi.Akhirnya Raja Phra Ong Mahawangsa perintah Tempayan dan Gelas dimusnahkan kecuali mangkuk kaca Baginda yang di cuci bersih dan dihadiahkan kepada Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi .
    Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi pun menyebut
    ุญุฒุง ู‚ุฏู‡ ุฏุงุฑ ุงู„ุง ู…ู†
    Haza Qodah Darul Aman
    ุจุงู„ุฏ ุช ุทูŠุจู‡ ูˆุฑุจ ุบูˆุฑ
    Negeri yang Baik(nyaman) dan Aman sedang (Tuhanmu) adalah Maha Pengampun
    (Surah Sa"ba -15)
    Negeri Kedah Dinamakan Sempena Bekas Minuman Arak Yang Selalu Diminum oleh Raja Phra Ong Mahawangsa dan Bekas itu kemudian di pecahkan oleh Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi lalu hari itu disebut perkataan "Haza Qodah Darul Aman" iaitu Negeri Yang Aman Bebas Segala Jenis Syirik,Kufur,Kafir,Munafik dan Murtad dan segala Jenis Perbuatan Thoghut setelah menerima Islam..
    Perkataan Gelaran Al Mala U (Melayu) telah diberikan oleh Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi kepada Penduduk Kedah ketika itu yang ada pelbagai warna kulit dan keturunan yang terdiri dari Arab,Parsi,India,China,Monggolia dan 24 Jenis keturunan
    Gelaran Al Mala U bermaksud Bangsa Yang Menerima Agama Islam (Bangsa Yang Beragama)
    Juga digelar Ahli Jawi Jadid kerana menulis Tulisan Jawi dan bertutur dalam Bahasa Melayu
    Nama Raja Phra Ong Mahawangsa kemudian ditukar kepada Raja Muzaffar Syah dan berguru kepada Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi kemudian diarahkan Pembinaan Menara Masjid di Puncak Gunung Jerai.(Menara Azan Tertinggi di Asia Tenggara Kerana Berada Di Puncak Gunung Jerai )

    BalasHapus
  25. KISAH ASAL MELAYU...DARI KITAB SHEIKH DAUD AL FATANI....
    Artikel Oleh :: Mikaelan Ruslan (Part 3)

    Sayyid Syekh Abdullah Al Qumairi adalah Guru Murabbi paling Kanan kepada Sultan Auliak Sayyid Syeikh Muhyiddin Abdul Qadir Jailani
    Ketika Pembinaan Menara Puncak Gunung Jerai Sayyid Syeikh Abdullah Al Qumairi jatuh Sakit lalu Wafat
    Setelah itu Sultan Auliak Sayyid Syeikh Muhyiddin Abdul Qadir Jailani Guru kepada Sayyid Syeikh Abdullah Qumairi telah datang melawat Puncak Gunung Jerai dan kemudian telah Melantik Raja Phra Ong Mahawangsa dengan memakai Gelaran Sultan (Yang Pertama Di Alam Melayu)
    Sultan istilah Bahasa tanpa Menuntut Jawatan Khalifah
    Sultan juga bermaksud Ketua@Pemimpin kepada Orang Beriman
    Wilayah yang berada di Wilayah Sultan dan Kerajaan Taklukkannya secara Automatik menjadi Wilayah Bangsa Al Mala U atau Milik "Islam Melayu Melayu Islam"
    Dikatakan juga pada Tahun 1187 Masihi Tentera Al Mala U yang berpusat di Kedah telah menghantar 10 Ribu bala Tentera untuk membantu Sultan Salehudin Al Ayubi pada Misi Perang Salib ketiga di BaitulMaqdis dan hasilnya mereka berjaya merampas BaitulMaqdis(Tak pernah dinyatakan dalam Sejarah)
    Pandangan Syekh Ahmad Fatani mengenai Bangsa Al Mala U
    " al-Malayuwiyah itu dibangsakan kepada Milayu, dengan baris di bawah (kasrah) huruf Mim, atau baris di atas (fathah) dan baris depan (dhammah) huruf Ya", takrif yang diberikan bererti menurut dialek Arab dibunyikan dengan perkataan "mi" (Mi-layu) atau "ma" (Ma-layu) sedangkan dalam dialek Melayu sendiri ialah "me" (Me-layu)"
    Negeri Melayu itu terletak di antara negeri India dan Cina. Adalah alam Melayu itu terdiri dari kebanyakan pulau yang terpencar-pencar atau terpisah-pisah. Pakar/ ahli ilmu geografi mengibaratkan bahawa alam Melayu itu adalah sebahagian daripada negeri-negeri India-Cina.
    "Orang-orang Hijaz/Arab dan selain mereka menamakan Melayu dan bangsa-bangsa di wilayah-wilayah itu dengan sebutan "Jawah", iaitu satu golongan manusia di satu pulau yang besar di sana. Orang Melayu bukanlah daripada orang Jawa.
    "Bahasa Melayu adalah satu bahasa yang paling ringan/mudah daripada bahasa-bahasa penduduk wilayah-wilayah itu. Sebab itulah kebanyakan orang Hijaz/Arab memakai menggunakan bahasa Melayu dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa tersebut, yang berlainan bahasa mereka dengan bahasa Melayu.
    "Bangsa Melayu itu adalah bersifat ikhlas, lemah lembut, lunak, berperibadi sopan. Mereka memiliki kehormatan yang sopan, menguasai pembaikan pertukangan, menerima pemodenan teknologi, mereka memperoleh pendidikan dan ilmu pengetahuan serta kecemerlangan kefahaman padanya.
    "Bangsa Melayu mempunyai kedaulatan-kedaulatan yang besar, maka kekuasaan-kekuasaan kafir telah menipu daya mereka."

    BalasHapus
    Balasan
    1. KATA KUNCI = ฺคฺ ู„ูŠู…ุง ุจู„ฺ 13 Mei 2023 pukul 08.30
      Bagi Malaysia .. Britania Raya dan Persemakmuran tetaplah menjadi panutan dan pelindung kami dalam segala hal .. bagian malayia saat ini .. King Charles adalah juga Bapak Bangsa Malaysia yang harus kami patuhi dan sembah
      ===
      ๐Ÿ˜‚JONGOS PECUNDANG BABU PENJILAT= TUNDUK TAAT KE PENJAJAH๐Ÿ˜‚

      Hapus
  26. KISAH ASAL MELAYU...DARI KITAB SHEIKH DAUD AL FATANI....
    Artikel Oleh :: Mikaelan Ruslan (Part 4)

    Sumber Kitab Hadiqatul Azhar
    "Digelarnya mereka ini kumpulan atau kelompok Melayu kepada mereka yang tinggal di Wilayah Kepulauan Melayu yang bermula di Utara Segeting Kera Thailand dan Timurnya di Filipina,dan Selatannya di Sempadan Australia,dan hingga di Kepulauan Madagascar"
    - Syeikh Ahmad Junaidin
    "Islam Melayu Melayu Islam"
    Makam raja pattani-https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2429625000429639&id=100001464889543
    Sejarah jihad pattani-https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2919015198140845&id=100000971794090
    Syeikh abd samad falimbani-https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2871942049514827&id=100000971794090
    Pattani-https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2892491617459870&id=100000971794090
    Perang kedah lwn
    siam-https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2871946519514380&id=100000971794090
    Wallahu a'lam

    SEmoga Berguna untok mengenali asal usul sejarah kita sebagai bagian dari melayu mahawangsa

    Salam Persaudaraan ... Salam Melayu Mahawangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. HUTANG 82% DARI GDP
      2. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRLLIUN ($ 344 BILLION),
      3. HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
      4. TUNGGAKAN SEWA USD 15 BILLION
      5. ASET DI 169 NEGARA DISITA SULU
      6. PESAWAT SUKHOI GROUNDED
      7. PESAWAT MIG GROUNDED
      8. PESAWAT F18 GROUNDED
      9. PESAWAT MB339CM GROUNDED
      10. HELI GROUNDED
      11. RUDAL EXPIRED
      12. 48 PESAWAT SKYHAWK HILANG
      13. MESIN JET 2 BUAH DICURI SAAT PERBAIKAN
      14. NO MARINIR
      15. NO LST
      16. NO LPD
      17. NO TANKER
      18. NO KCR
      19. NO NSM
      20. NO SPH
      21. NO JAVELIN
      22. NO HELLFIRE
      23. NO MPA
      24. NO HIDRO-OSEANOGRAFI
      25. NO HEAVY ATTACK
      26. NO M3 AMPHIBIUS RIG
      27. LCS MANGKRAK KARATAN
      28. OPV MANGKRAK
      29. TANK MOGOK
      30. ARV MOGOK
      31. HAWK PAKAI AVIONIK MADE IN INDONESIA
      32. M4 MADE IN USA
      33. GEAR ROMPI DAN HELM MADE IN INDONESIA
      34. SERAGAM MADE IN INDONESIA
      35. SS2 V5 MADE IN INDONESIA
      36. 4X4/6X6 CANCELLED
      37. 40.000 US DOLLAR BURONAN SUAP PERTAHANAN
      38. PELURU 5,56 MADE IN INDONESIA
      39. MENTERI NEGARA TERLIBAT SKANDAL SEKS
      40. RAJA TERLIBAT SKANDAL SEKS
      41. NO TRACKED SPH
      42. PARASUT MADE IN INDONESIA
      43. SPH CANCELLED
      44. MOBIL TERBANG MANGKRAK
      45. NO PESAWAT COIN
      46. PILATUS MK II KARATAN
      47. SEWA MOTOR BMW
      48. SEWA AW139
      49. MRSS CANCELLED
      50. OPV MANGKRAK KARATAN DAN BERENANG MIRING
      51. LYNX GROUNDED
      52. MRCA CANCELLED
      53. GRANAT MADE IN INDONESIA
      54. SEWA WILAYAH SABAH
      55. BETING ALI DIDUDUKI CHINA
      56. ATGM CANCELLED
      57. KAPAL NIAGA DIKONVERSI KAPAL TANKER
      58. NO TANK AMPHIBI
      59. LMS YANG LEMES
      60. LCA CUMA SST BELUM BAYAR DP/KONTRAK AKTIF
      61. MICA CANCELLED
      62. VITA BERAPI UGLY DESIGN
      63. SEWA SATELIT PALAPA
      64. SEWA AW159
      65. CN 235 MADE IN INDONESIA
      66. SEWA BLACKHAWK
      67. PETRONAS UTANG KE PGN
      68. PROTON DI BELI CINA
      69. TANK STRIDE MANGKRAK
      70. MEGA KORUPSI TERBESAR DI ASIA SKANDAL 1 MDB
      71. SEWA ATV
      72. BAYAR AIR KE SINGAPURA 100 TAHUN
      73. C130H DIGANTI 2045
      74. NO DRONE UCAV
      75. NO LRAD NO MRAD JUST SHORAD
      76. MSA VERSION MSI USA
      77. DITOLAK 3X SURAT NGEMIS F18 KUWAIT
      78. PRANK UN PRANK TURKEY PRANK PERANCIS PRANK SLOVAKIA

      Hapus
  27. Apa yang Iman Besar Anies Basedan katakan ... Indon adalah bagian dari Melayu Mahawangsa

    Syukur masih ada yang rasional bahawa Melayu itu mahawangsa dan tidak dibatasi oleh sempadan geopolitik. Hendak diakui atau tidak, kita di Kepulauan Melayu (Malay Archipelago) dikelompokkan dalam rumpun bangsa besar Malayo-Polinesia atau Austronesia. Melayu itu salah satu bahagian Malayo-Polinesia yang meliputi daerah yang luas, yang kini dikenal dengan nama geopolitiknya Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina dan sebahagian negara di Indocina seperti Kampuchea, Vietnam, Laos, dan Myanmar.
    Nasionalisme bagus untuk keutuhan jati diri bangsa sebuah negara tetapi nasionalisme sempit membentur persatuan Melayu besar atau Melayu mahawangsa. Kembalilah kita kepada hakikat diri kita sebagai waris warga Pentas Sunda; usah taasub atau fanatik dengan sempadan geopolitik.
    Naratif Melayu mahawangsa yang saya kemukakan bukan untuk meremehkan keutuhan nasionalisme warga mana-mana negara, tetapi untuk melanjutkan persatuan yang selama ratusan tahun wujud antara kerajaan-kerajaan di alam Melayu, termasuk yang bahasanya bukan bahasa Melayu. "Melayu" ketika itu merupakan gagasan tamadun yang merentas, bukan sekadar realiti etnik.

    https://www.facebook.com/100074040356827/videos/779379503587730

    BalasHapus
  28. Purrr sudah selesai JILAT JILAT TAI PANTATNYA BRITISH blum Purr, JILAT TAI nya sampai bersih tak tersisa Purrr, siapa tahu setelah itu british bantu negaramu yang sudah jadi GEMBEL MISKIN se kawasan & sebentar lagi sedunia akhirat

    BalasHapus
  29. JONGOS MALON MELAYU MISKIN AHLI DALAM MENJILAT, TERBUKTI JILATANNYA DI PANTAT BRITISH, SISA TAI TAI NYA SANGAT BERSIH DAN TAK BERSISA ๐Ÿ’ฉ๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  30. KATA KUNCI = ฺคฺ ู„ูŠู…ุง ุจู„ฺ 13 Mei 2023 pukul 08.30
    Bagi Malaysia .. Britania Raya dan Persemakmuran tetaplah menjadi panutan dan pelindung kami dalam segala hal .. bagian malayia saat ini .. King Charles adalah juga Bapak Bangsa Malaysia yang harus kami patuhi dan sembah
    ๐Ÿ˜‚JONGOS PECUNDANG BABU PENJILAT= TUNDUK TAAT KE PENJAJAH๐Ÿ˜‚

    BalasHapus