31 Maret 2018

Fairy Suryana, Sang Kreator Seragam SAMAR Satuan 81 Gultor Kopassus dan Rompi SAKTI Kostrad

31 Maret 2018
Fairy Suryana (photo : IndoPos)

INDOPOS.CO.ID – Karena hobi dengan dunia militer dan lahir dari keluarga Tentara Nasional Indonesia (TNI), muncul keinginan Fairy Suryana, 44, menciptakan loreng khusus untuk personel TNI yang sesuai dengan vegetasi alam dalam negeri. Inovasi itu membuahkan hasil. Bahkan karyanya sudah digunakan pasukan elite Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, seragam yang dinamai SAMAR (Spektrum Acak Mata Adaptasi Rekayasa) itu dikenakan personel Satuan 81 Penanggulangan Teror Komando Pasukan Khusus (Sat 81 Gultor Kopassus) TNI-Angkatan Darat (AD). Satuan yang didirikan pada 30 Juni 1982 tersebut mengkhususkan pakaian dinas lapangan (PDL) SAMAR untuk keahlian perang hutan.

Nah, karena ia yang menciptakan, maka Fairy pun mendaftarkan karya SAMAR ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Kementerian Hukum dan HAM. Ia sudah memiliki hak cipta pada November 2012.

Sejauh ini publik banyak yang belum tahu kehadiran corak SAMAR karya anak negeri. Itu dikarenakan loreng tersebut belum digunakan prajurit lain di lingkungan TNI, termasuk Grup 1, Grup 2, dan Grup 3 Kopassus.


Camo SAMAR Kopassus (photo : Fairy Suryana)

Jadi memang baru sebatas digunakan personel Sat 81 Gultor. Itupun prajurit-prajurit yang memiliki spesialisasi perang hutan.

Dalam beberapa kesempatan, loreng SAMAR sempat diperlihatkan di muka umum. Di antaranya acara penutupan latihan Pertempuran Hutan dan Pemeliharaan Kemampuan Prajurit Kopassus 2018 di Lapangan Citalahab, Gunung Halimun, Bogor, Selasa, (20/2) lalu; kemudian Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danjen Kopassus dari Mayjen Madsuni kepada Mayjen Eko Margiyono di Makopassus, Cijantung, Jakarta pada Jumat (23/3) lalu.

Kehadiran camo SAMAR juga menyita perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAD Jenderal Mulyono ketika berkunjung ke Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Situ Lembang, Bandung, Jumat (16/3) lalu. Seragam yang dapat berkamuflase atau menyatu dengan kondisi hutan tropis Indonesia itu bahkan mendapat apresiasi dari petinggi TNI tersebut.

Tentu kebanggaan muncul di dalam diri Fairy lantaran inovasinya dapat bermanfaat bagi TNI. Apalagi mendapat respon positif dari petinggi TNI.

Dalam setiap kesempatan, pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1973 itu menuliskan status di media sosialnya (medsos) jika personel Sat 81 Gultor mengenakan seragam SAMAR dalam suatu acara.

”Loreng SAMAR kreasi saya beraksi saat Sertijab Danjen Kopassus, 23 Maret 2018,” demikian salah satu isi statusnya di medsos.

Fairy mengaku, keinginan menciptakan loreng SAMAR sudah cukup lama.   Berawal pada 2006/2007, dia ingin punya desain loreng khusus TNI. Itu karena saat ini loreng ‘Malvinas’ TNI atau yang diadopsi dari DPM (Disruptive Pattern Material) Inggris sejak 1983 tersebut kurang efektif dengan alam hutan tropis Indonesia.


Camo SAMAR Kopassus (photo : Fairy Suryana)

Untuk mewujudkan impiannya itu, Fairy pernah minta tolong kawannya di ITB Jurusan Seni Rupa untuk mendesain loreng tersebut. ”Ayo dong desain,” ujar dia kepada rekannya. Sayang, permintaannya itu tak dipenuhi kawannya.

Tak patah semangat, Fairy pun lantas merancang sendiri. Kebetulan kala itu, dia dapat mengoperasiakan program Adobe Photoshop Seri 6.0, perangkat lunak yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Sekitar 2009/2010, Fairy pelan-pelan mulai mendesain motif loreng.

Proses inspirasi mencari warna diawali saat Fairy menunaikan Salat Jumat di masjid dekat rumahnya yang kebetulan ditumbuhi pepohonan. Dia memperhatikan suasana sekelilingnya yang hijau.

”Dari situ kemudian terpikir, loreng TNI harus benar-benar nyaru (menyerupai, Red) dengan kondisi sekitar (vegetasi Indonesia),” ujarnya kepada INDOPOS di kediamannya, kawasan Tebet, Jakarta.

Melalui laptopnya, Fairy lantas mencurahkan ide, sehingga tercipta kombinasi 12 jenis warna hijau daun. Selanjutnya, desain itu diuji coba ke tukang percetakan spanduk di perempatan jalan, tak jauh dari kediamannya. Sayangnya, screen percetakan hanya mampu menerima delapan jenis warna di antaranya Camo Green, Olive Drab, Foliage Green, Hitam, Coklat, Hijau Swedia, Camo Green 2, dan Camo Green 3.

”Dari bahan spanduk (bahan felxi, Red) yang diuji coba hasilnya kurang maksimal . Sedikit nekat, kita paksakan menggunakan bahan kain drill, ristop, dan katun polyester dengan warna dasar putih. Hasilnya lebih baik, corak lorengnya sama dengan di Photoshop (komputer, Red). Karena dipaksakan mesin spanduk digunakan dengan kain, apalagi mencobanya setiap hari, mesin (cetak, Red) itu sampe mau rusak,” ujar Fairy yang didampingi rekannya, Darwis sambil tertawa.

Prototipe loreng SAMAR pertama diciptakan Fairy bermotif  pixel. Karenanya, dinamakan SAMAR Pixel. Jebolan Strayer University, Amerika Serikat (AS), 1992 –1996 dengan gelar Bachelor of Business Administration (BBA) itu lantas menyempurnakan inovasinya. Sampai akhirnya tercipta loreng SAMAR Kartika dan SAMAR Komando yang lebih dapat berkamuflase dan beradaptasi dengan vegetasi Indonesia.


Rompi SAKTI Kostrad (photo : Viva)

Kemudian agar menghasilkan kain loreng yang sempurna, sekitar 2011, percetakannya pindah ke industri menengah milik kawannya di kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi. Namun kendala kembali muncul.

”Desain yang di Photoshop terpaksa harus disetting ulang di komputer mesin cetak. Ada beda format. Filenya bukan Photoshop. Tapi semua itu bisa diatasi dengan baik,” ujar  Founder & CEO DewaNations, medsos dengan konsep dunia virtual.

Di industri itu, Fairy dapat mencetak kain SAMAR di bawah 500 meter. ”Biayanya masih swadaya sendiri,” ujarnya. Kemudian pada 2011, pria yang juga menciptakan www.dewa.com di Amerika Serikat pada 1995 tersebut mulai menawarkan hasil karyanya kepada rekan-rekannya di TNI, termasuk Kopassus. Sat 81 Gultor lantas tertarik dengan camo SAMAR Komando yang bisa beradaptasi di kawasan hutan tropis.

”Dalam perjalanannya, Sat 81 meminta memasukkan salah satu jenis warna hijau, yang saya namakan hijau swedia. Jenis-jenis warna loreng SAMAR bisa dilihat di website www.elemental.id,” jelas Fairy.

Dia mengaku hanya sebagai inovator yang menciptakan loreng SAMAR. ”Ibaratnya kita ini seperti Crye Precision (perusahaan multicam creator, Red), pencipta loreng tentara AS. Kemudian user (pengguna, Red) menawarkan ke rekanan (perusahaan, Red) seperti Tru-Spec (Atlanco) dan Blackhawk,” ujarnya.


Rompi SAKTI Kostrad (photo : LasDipo)

Bagaimana perbedaan antara SAMAR Komando dan Kartika? Fairy menerangkan, SAMAR Komando punya pattern atau pola vertikal seperti darah mengalir. Corak ini juga lebih Camo Green atau hijau daun yang terdapat warna merah keungunan seperti darah. Sementara SAMAR Kartika warna keunguan itu seperti coklat kayu atau dahan. Pattern-nya horizontal.

”SAMAR Kartika lebih ke Olive (Green, Red) atau warnanya sedikit kekuning-kuningan,” jelasnya.

Selain menciptakan loreng SAMAR, Fairy bersama timnya dan Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menciptakan rompi SAKTI (Sistem Angkut Kelengkapan Tempur Individu). Rompi ini sudah digunakan jajaran Kostrad TNI-AD. Fairy juga telah mendaftarkan SAKTI ke Ditjen HaKI pada Februari 2012.

”Basic design SAKTI itu dari saya, lalu dibawa ke tukang jahit Pasar Tebet Barat untuk buat contohnya. Saat itu, AHY juga ikut memberi masukan untuk menyempurnakannya di pasar,” katanya.

Waktu itu untuk materialnya ia bisa beli ke Crye Precision (www.cryeprecision.com) mulai dari bahan Cordura, lalu webbing (tali)-nya dibeli di ebay. Kemudian Velcro (perekat, Red). “Jadi saya paham banget materialnya. Apalagi sejak 2001,  saya sudah berhasil mencoba membuat rompi sejenis Interceptor Body Armor (IBA) (rompi antipeluru AS, Red). Padahal untuk dapatkan IBA pada itu masih sulit. Beli di ebay juga nggak ada,” ujarnya.

Meski pernah mendapatkan tawaran pihak luar negeri atas hasil ciptaannya, Fairy mengaku karya-karyanya masih diperuntukkan untuk kepentingan dalam negeri, khususnya pihak TNI. Ini yang disebut dengan cinta tanah air ya, Bang Fairy?

(Indopos)

124 komentar:

  1. haiibaaattt Indonesia... buatan tempatan. Tahniah TNI..!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tahniah askar malon bro. mereka guna uniform khusus for guardian dog of the buckingham place

      Hapus
    2. Hahaha...uniform askar malasnya pake sarung cap gajah bengkak Wkwkwk

      Hapus
    3. Saudara2ku hargailah bila mereka menghormati Kita. Tunjukkan Kita orang yang bermartabat Dan punya sopan santun yang tinggi sebagai bangsa Indonesia

      Hapus
  2. Balasan
    1. malon juga sudah produksi seluar dalam halimun buatan tempatan. seluar dalam yg tak beza di kesan mata

      Hapus
    2. alis seluar dalam transparan made in beruk malon

      Hapus
    3. Joni@ seluar dalam halimun yg tak dapat di kesan radar ya bro Wkwkwk

      Hapus
    4. Jangan lah terlalu mengejek

      Hapus
  3. sekilas mirip loreng swedia yaah.. ini baru namanya aplikasi pertempuran,. DMP TNI jelas kalah dlm soal membaur dgn yg ini. mungkin kedepannya d tingkatkan lg kemampuannya dgn mengurangi efek dari infra merah sperti yg d miliki US Army

    BalasHapus
    Balasan
    1. laah.. kan PT SRITEX sudah mampu.. tu pesanan tentara jerman seragamnya anti infra red. 😄😄.

      Hapus
    2. Yang jelas bukan pake sarung ya bung. Anti infra red, eh... Anti nyamuk buat jagain pos ronda.. 😭😭😅

      Hapus
    3. harganya mahal, kalo utk seragam tingkat personel bisa tambah bengkak anggaran kita. mending buat nambah su 35 atau kapal selam

      Hapus
    4. nahh.. apa kita udh terapkan itu utk keb standar militer kita. takutnya tu spek bwt ekspor dan special request dari pembeli. sy blm tau tuh standar loreng kita. ada temen2 yg bisa kasi info?

      Hapus
    5. D'boys@ sritex dah mampu bina uniform bermacam2 jenis,ada yg tahan api,anti nubika dll

      Hapus
    6. Imo. Kayanya belum perlu deh untuk standar loreng tni sekarang, buat apa? Cuma bikin bengkak anggaran.

      Terkecuali untuk seragam pasukan khusus ya, mungkin saja sudah, tapi aku tak tau.

      Hapus
  4. wah wah wah berita apaaaa ini
    buatan tempatan lagi aarrrghhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASKAR GUARDIAN DOG OF THE BUCKINGHAM PALACE guna uniform seluar dalam khusus beruk dan anjing... kah kah kah

      Hapus
    2. Maksudnya kayak cecunguk gitu ya bung jon?

      Hapus
    3. kihkihkih 🐊 🐊 🐜 🐜 🐝 🐝 🐲 🐲

      Hapus
    4. iya bro agung. percis topeng monyet yg keliling kampung itu lho

      Hapus
    5. Ini bkn project AKAN dan bkn mimpi ya bro,ini reality dan telah di guna askar indonesia ya,ok

      Hapus
    6. Bro, jangan terlalu under estimate lah dengan Malaysia...
      Rasanya nggak enak mendengarnya...
      Nggak semua orang Malaysia, berbuat buruk. Sama juga dengan kita....

      Hapus
    7. jangan salah bro.. sahabat yang baik itu yang mengingatkan. bukannya diam saja.
      obat itu pahit bro.
      jangan maniis terus.
      kena diabetes ketemu malaikat isrofil kelar hidup kita
      hahahahahaha
      hahahahahaha
      hahahahahaha

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. https://tni-au.mil.id/supremasi-pertahanan-udara-vis-a-vis-hibah-f16/

    Confirmed by tni-au donated f-16 was "rongsokan" and under par if compared wiig other fighter jet in asean.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah.. Namanya lebih baik itu berkesinambungan dan jelas.. Makanya beli apache, beli su 35, beli viper ataupun ifx.. Jelas!! Kamu beli apa? Haha Bukannya 20 th lagi akannya.. Hahaha

      Hapus
    2. tak ape. indonesia terima sahaja barang hibah..
      tapi tak minta
      tak harap
      tak order hibah
      ya tak
      🐸 🐒 🐒 🐸

      Hapus
    3. We will,but it takes time,because we buy the weapons completed together with radar and bomb,not empty and just fueled and also installed with ego

      Hapus
    4. Hahahahaha.... Pekok di pelihara..

      Hapus
    5. kowe engko tak tutuk garan uyuh embuh
      omong ae jek ra nduwe duitpenak to
      mas unknow@

      Hapus
    6. Kalo inget lagu sih.. " we will.. We will rock u.." 💪🎶🎶🎤
      Hell yeaah.. Katanya takes time, waktu mah jalan teruss, butuhnya tu duiit? ! Punya kagak?? Haha

      Hapus
    7. kowe kilo omong ae ra duwe duit lak penak dirunggokne timbang mbulet. unknown@

      Hapus
    8. Unknown@ dari pada malasnya konon katanya punya su30 mkm yg modern dikawasan tapi tak boleh terbang kerana tiade sparepart Wkwkwk...nak ganti mig29 malasnya tak de kuase tiade wang buat nak ganti Wkwkwk...nak ganti nuri pun tak de wang,perolehan jet pejuang baru mesti tunggu masa 20 tahun,itu pun kalo ada duit Wkwkwk...kalo gitu teruk penderitaan TUDM mati sahajelah lebih baik Wkwkwk

      Hapus
    9. We will,but it takes time,because we buy the weapons completed together with radar and bomb,not empty and just fueled and also installed with ego ? .


      emmmm

      https://pinterpolitik.com/wp-content/uploads/2017/03/aan.jpg F-16 TNI AU

      http://cdn2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/jet-tempur-f5-ef-tiger_20170426_085309.jpg F-5 TNI
      AU

      https://1.bp.blogspot.com/-xbtBlzPXy_s/WRA-JHQpocI/AAAAAAAAITY/eV1tUyKvwBYMgQTYMIUdS4c1o72tdykMwCLcB/s1600/zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz10153241_10202760422470237_1759864852701950126_n.jpg SUKHOI SERIES TNI AU


      https://www.hobbymiliter.com/wp-content/uploads/2017/03/TGM-65-Maverick-1.jpg HAWK TNI AU

      BOMB ? KITA BISA BUAT

      https://www.youtube.com/watch?v=XmBJa2gBL-g LIHAT DI SITU SEMUA ADA

      SMART BOMB ?
      https://www.youtube.com/watch?v=nv9fGe_afOE

      RUDAL ANTI SHIP ?

      https://news.detik.com/berita/2928176/kri-bung-tomo-sukses-luncurkan-rudal-exocet-di-laut-jawa

      https://www.youtube.com/watch?v=_zwRYJ1yQgQ C-802 KALAU C-705 UDAH JELAS ?
      DAN TERAKHIR NO YAKHONT NO PARTY
      https://www.youtube.com/watch?v=XT_Qoc0Bovs




      Hapus
    10. Ini otong bener2 mikir F-16 hibah kita bakal dipake terus dan jadi main back bone TNI AU di massa depan apa gimana sih? Itu F-16 hibah cuma stop gap sampai IFX, Su-35, dan Viper/Gripen brand new dateng tong. Kalo lu baca itu artikel TNI AU di sana juga ditulis F-16 cuma dipakai sampe IFX datang. Itu pun kaga ompong karena udah pake radar dan missile Indonesia udah punya karena kita udah punya F-16 dah lama tong.

      Indonesia punya program modernization jalan terus. Mana program modernization TUDM tong? Su-30 lu ga ada spare part, replacement Mig-29 mandek, fighter baru lu kaga ada, Nuri kaga diganti. Don't chat shit, when your country is still way worse than ours dumbass.

      Hapus
    11. wahh om anonymous uda gak tahan akhirnya turun jugak, silakan disikat om haha!👻👻👻

      Hapus
    12. compared other fighter jet in asean?
      Dengar ya Malon tolol Bahkan Thailand pun banyak dapat hibah dan beli F-5 & F-16 secondhand.. tapi kekuatan udara nya Thailand melebihi Malon😄😄😄

      Hapus
    13. Thailand memang pengguna pesawat F-16 & F-5 second hand, mereka dapat hibah dari Amerika dan Singapura kah kah kah

      Hapus
    14. Indon negara kaya tapi penerima hibah terbesar.. kesiannnn kah kah kah

      Hapus
    15. Malon berlaga kaya tapi ngga mampu beli apa2 alias miskin tegar.. kapal besi buruk Jepun pun di ambil wakikikikik

      Hapus
    16. Iya . Malay negara kaya

      http://defense-studies.blogspot.co.id/2017/10/malaysia-announces-53-defence-budget.html?m=1

      https://www.jejaktapak.com/2017/07/13/malaysia-tunda-pembelian-jet-tempur-ada-yang-lebih-penting/

      http://defense-studies.blogspot.co.id/2018/02/rmn-plans-to-add-two-more-submarines.html?m=1

      http://www.defenseworld.net/news/18926/India_To_Sell_Sukhoi_Spares_To_Malaysia__In_Return_Buy_Mig_29_fighters

      https://jakartagreater.com/malaysia-resmi-terima-kapal-penjaga-pantai-erimo-dari-jepang/

      Dah segitu aja capek

      Hapus
    17. Sedangkan Indonesia negara miskin

      https://id.rbth.com/technology/79818-indonesia-beli-11-sukhoi-wyx

      https://jakartagreater.com/indonesia-beli-sistem-pertahanan-udara-nasams/

      http://militermeter.com/rudal-amraam-pesanan-indonesia-mulai-diproduksi/

      https://www.google.co.id/amp/www.indomiliter.com/pengadaan-aim-9x-sidewinder-block-ii-untuk-indonesia-akhirnya-mendapat-titik-terang/amp/

      https://www.hobbymiliter.com/5667/melirik-anggaran-mef-tahap-2-periode-2015-2019/ bisa di lihat di sini aja lebih jelasnya .

      Hapus
  7. https://www.kompasiana.com/penduduk/evaluasi-operasi-pembebasan-sinar-kudus-aib-komando-tni_54f3d73b7455137f2b6c817b

    The most cowarded army in this world,ohh,not forget to mention for those army that run away with taxi from battelfield under un mission

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp tak takut sama nelayan china 😭😭😭

      Hapus
    2. Thank you,you just admit my statement with your comment,I know its hard to accept it with your "mendunia" egoistic :)

      Hapus
    3. statement kamu enggak valid mas unknown..
      gimana mau di bahas.
      gak usah terimakasih lah.
      biasa aja
      ok..

      Hapus
    4. Ya iya jelas beda laah... .. Knp sih.. Negaramu sudah tidak menarik lagi kah, atau kurang promosi kaliii... Gmn, udah dpt brim? Hahaha

      Hapus
    5. Not valid? already known by around the world dude.try again.tq

      Hapus
    6. Maka baca tuh berita lon,di baca pun ko tak ngerti,bila pun ko ngerti dan paham ko pun putarbalikkan faktalah aka ngetroll

      Hapus
    7. di berita sblomnya uda guwe bilang berkali2:

      "penulisnya aja gak tau nama perusahaan pemilik mv kudus, bagaimana luh mao pake ini link jadi sumber yg benar haha!😀😀😀"

      hayoo mao kabur lagi yach...lagi2 cem tentra delay haha!😂😂😂

      Hapus
    8. biasalah om pit, pengalihan isu...orang kalo bokek xlalu gt, halusinasi haha!😆😆😆
      mantan okb soalnye haha!😉😉😉

      Hapus
    9. Kalau Malon mau MENDUNIA berprestasi lah Jangan hanya dengki.. ini lomba tembak antar negara di urutan terakhir terus.. Sama nelayan China takut.. takde inisiatif.. nak Shoping tak de Wang.. tapi tengok Jiran nya shoping barang premium Iri dengki oh Malon Malon.. wakikikikikkik

      Hapus
    10. Setuju bro...lomba tembak antar negara itu juaranya indoneaia terus...mungkin atas sebab itu..indonesia di kasih kesempatan mengadu ke ausie klu china mcm2...wakikiki

      Hapus
    11. LMAO ini idiot. Pake Kompasiana buat basis argumen? Kompasiana it page opini yang ga dikontrol tong. Siapapun bisa nulis di sana ga peduli dia qualified atau ngga buat nulis tentang tema itu.

      Liat itu penulisnya: "Mudy, Rakyat kecil tinggal di Jakarta, pensiunan swasta, Pancasilais, republiken, ultra-nasionalis. Anti NeoLib-ASEAN-C, anti religio-fascist, anti rezim-status-quo-koruptor."

      Orang unqualified kaya gitu analisisnya lu lebih percaya daripada Jane's atau qualified source lainnya? Shows how dumb you are.

      Hapus
    12. kerjasama bro AP@
      kalau mengadu tuh seperti malaysia mengadu ke mama elly..
      mana mau australia memberi gratis ke indonesia..
      semua itu ada hitungannya..
      negara kami punya bargaining posisi.
      banyak negara lain ajak kerjasama pertahanan dan latihan.
      itu menunjukkan kualiti daripada tni.

      buat apa merendah di depan negara lain.
      kezuali sama ketua kommonwealth kamu harus patuh.

      jadi tak mengadu ke australia. australia yang ingin gabung.
      tapi kalau australia yang bilang sendiri.. kelihatan terlalu ikut urusan asean. sebenarnya itu kemauan australia ingin gabung. kenapa tak lewat malaysia bilangnya ingin gabung asean??
      apa malaysia di remehkan australia.
      coba kau tanyakan dulu orang australia alasan apa hal..
      jangan iri dulu.. kami tak minat gabung komonwealth puun
      🎼 🎼 🎶 🎹 📀 🎻

      Hapus
    13. AP lalu apa peran Malon nih? Kok malah jual 60% aset negara Kat China.. Indonesia tak punya problem langsung masalah spratly tapi punya inisiatif lho.. Malon mana inisiatif nya? Jangan malah di datengin kapal China malah pura2 Tido ya wakikikikikik

      Hapus
    14. AP @ Mengadu cem mana lon wong australia pun tak de kuase dan takut liat cina Wkwkwk...tak ko ingat om waktu 4 destroyer cina minta izin ke indonesia biar bisa latihan dekat kupang ,australia takutnya setengah mati om sampe kerahkan kapal perangnya yg punya rudal tomahawk Wkwkwk...Australia takut kena rudal ICBM Dong Feng cina lon Wkwkwk...kl hantar cakap tuh jgn terkontaminasi cukai judi lon Wkwkwk

      Hapus
    15. Nah itu kan...

      US & allies mau ikut campur urusan asean..paling deket ya australia...tapi harus di dapat rekomendasi negara asean dulu...pertanyaannya siapa??

      Bukan mudah deh utk sy terima bhw negara asean yg ngotot mau
      australia ikut campur urusan asean itu adalah negara anda...wakikiki...

      Hapus
    16. Lu salah AP.. Tanpa rekomendasi Indonesia pun US & allies pasti ikut campur itu usah kebijakan general mereka.. tapi kalo menghadapi China hanya pura2 Tido.. apa kata dunia.. wakikikikikikik

      Hapus
    17. masa om anakerokan lufa, ASEAN kan bukan pakta pertahanan haha!😅😅😅

      jd knafa harus hawatir?

      anggota ASEAN pon dilarang keras berantem, makanya kalo osi masuk, itu artinya gutbai faifdifens pawa, begitchu, kalo tak mao kami teteup koboi2an lagilah haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    18. dan presiden kami, gak ngemenk soal "defense"

      jadi mana bukti & siapa yg bicara soal defense begitchu lokh haha!🤣🤣🤣

      guwe uda kasi link tambahan dari media laen loh om anakerokan, dan di link om anakeroan pon tak ada kutipan tulisan pak presiden bicara soal "DEFENSE".

      tak ada yg mengadu, itu hanya halusinasi om anak aja kok haha!😚😚😚

      dan ini maem, biar tnang jiwanya haha! 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌
      smoga lancar bbnya jg haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    19. Kalo liat bullshitnya md, brarti malon dh nge grup ke china gitu kayaknya.. Kenapa? Karena kura di piara ma mama elly ya, sakit ati ya? Berasa tak berguna? Tak di sayank? Hahaa

      Hapus
    20. Ya mau bagaimana lagi Fakta nya hutang mereka sangat besar ke China sama seperti Srilangka! Karena Besar ketergantungan mereka ke china otomatis mereka menempatkan diri jadi pendukung China.. tak ape lah negara di ceroboh China asal bisa hutang terus..
      Beda dengan Vietnam Indonesia Philipina..
      Wakikikikikik

      Hapus
    21. Ala malaysia hutang pun bukan indon yg bayar pun.. yg indon sakit hati kenapa pulak tu...😆😆😆😆😆😆 kalau indon ada duit beli ambulans banyak2 kesian kat rakyat yg takde kemudahan tu... pastu tolong tampal kapal tu takut tenggelam macam kapal kmc komando tu.. kesiannn.. 😆😆😆😆😆

      Hapus
    22. Kasian hutang sampai 56% gdp sekarang berhutang besar lagi kechina sampai 60% aset negara di gadaikan.. Malon dah beli obat yang banyak belum? Kapal halimunan Sri inderapura dah di ganti belum? Wakikikikik

      Hapus
    23. egoistic ? Yang egois Malay apa indo

      https://m.cnnindonesia.com/nasional/20150618161156-20-60895/kemelut-ambalat-jokowi-perintahkan-tindak-tegas-malaysia

      https://m.jpnn.com/news/inilah-daftar-kebudayaan-indonesia-pernah-diklaim-malaysia

      Hapus
  8. And another case:4 indonesian commando (kopaska) arrested by PDRM commando as a "bajak laut" under malaysian ops pagang,2 indonesian tni personel arrested by PDRM as a "maling", and many more,wow!!tni has proved that they are the best army in this world.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kihkihkih troller sentap rajin sangat

      Hapus
    2. Iya semangat sekali yaaa... Habis di sumpal pake brim sm najib, udah kenyang. Hahaha

      Hapus
    3. tak pe. sudah biasa.
      berita murahan takde sesiapapun peduli.
      yang ade fakta boleh
      yang ade bukti

      Hapus
    4. Nek ra mudeng yo minggato kono.. Hush.. Hush

      Hapus
    5. Troller Malon pun bahkan malu guna bahasa Melayu tak de prestige kata nya wakikikikik

      Hapus
    6. Fact Cem mana lon,askar ko tuh hanya di garis belakang,yg perang di garis depan tuh majikan ko british...sama cem berita gempita n gowind buatan tempatan,cem tuh pula lah berita media malon semua penuh bual dan hoax Wkwkwk

      Hapus
    7. Pejuang sbenar indon adalah bangsa acheh..nak harapkan jawa cam loe... jadi balaci belanda boleh la.. sapa yg bersepakat dgn belanda menyerang acheh kalau bukan jawa... lupa la tuuu 😆😆😆😆😆

      Hapus
    8. Bangsa Aceh & jawa lebih berani dari pada malon yang takut penjajah dan kemerdekaan saja dari hasil sedekah penjajah.. Malon memang bangsa pondan sejati di Asean ini wakikikikik

      Hapus
  9. Hahaha troller sampah dari generasi sampah mewakili negara terlemah mentalitynya di asia.....

    BalasHapus
  10. Wo wo wo,chill bro,not to be emotional,I'm just new person in military fan yet I found that a lot of indonesian stuff discussed and commented together with link and prove in other Malaysian page, and the main issue is "ompong",is that true your country love to buy empty weapon?so I came here just to confirm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. and reality now?
      we buy much weapon and military equipment
      and we have local produCt

      you still dream and indonesia make a loCal production

      Hapus
    2. jadi mana tuch, ada gak komander sight di gempita...haha!

      lengkap nich yee...#ngimpi dot kom haha!🤣🤣🤣

      hayooo, halahh bentar lagi kaburrrr mewek2, oiya ada satu kapal tuch yg tak lengkap2...siapa yg tau namanya?

      Hapus
    3. Malon.. my advice read SIPRI & problem solved.. wakikikikik

      Hapus
    4. OMPONG ? HAHAH BULLSHIT

      https://pinterpolitik.com/wp-content/uploads/2017/03/aan.jpg F-16 TNI AU

      http://cdn2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/jet-tempur-f5-ef-tiger_20170426_085309.jpg F-5 TNI
      AU

      https://1.bp.blogspot.com/-xbtBlzPXy_s/WRA-JHQpocI/AAAAAAAAITY/eV1tUyKvwBYMgQTYMIUdS4c1o72tdykMwCLcB/s1600/zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz10153241_10202760422470237_1759864852701950126_n.jpg SUKHOI SERIES TNI AU


      https://www.hobbymiliter.com/wp-content/uploads/2017/03/TGM-65-Maverick-1.jpg HAWK TNI AU

      RUDAL ANTI SHIP ?

      https://news.detik.com/berita/2928176/kri-bung-tomo-sukses-luncurkan-rudal-exocet-di-laut-jawa

      https://www.youtube.com/watch?v=_zwRYJ1yQgQ C-802 KALAU C-705 UDAH JELAS ?

      NO YAKHONT NO PARTY

      https://www.youtube.com/watch?v=XT_Qoc0Bo

      APACHE ?

      http://www.dsca.mil/major-arms-sales/indonesia-ah-64d-apache-block-iii-longbow-attack-helicopters

      APA LAGI ?

      Hapus
    5. Cem berita malon bina gempita dan gowind,cem tuh lah semua berita media malon yg penuh bual dan hoax

      Hapus
    6. Kesian indon dah sentap.. yg paling kelakar indon kata frigate damen buatan asli indon padahal tukang pasang je...kah kah kah.. indon buat kapal kmc tu pun tenggelam...hahhahah

      Hapus
    7. Indonesia Bisa steel cutting pun dari pada malon steel cutting pun tak ada kepakaran tapi claim buatan tempatan.. KD gagah samudra pun di bakar di limbungan oleh Malon wkwkwkwkwk

      Hapus
    8. Kesian indon dah sentap.. yg paling kelakar indon kata frigate damen buatan asli indon padahal tukang pasang je...kah kah kah.. indon buat kapal kmc tu pun tenggelam...hahhahah

      Emm masalah frigate

      4 modul sisanya termasuk hull depan dan belakang kapal, akan dibangun oleh PT PAL di Surabaya. Pada PKR ke 2 ditargetkan PT PAL akan mengerjakan 5 modul. Modul mid hull yang dikerjakan oleh Damen Rumania akan ditake over oleh PT PAL. Pembuatan satu PKR Sigma diperkirakan memakan waktu 3 tahun. Dua tahun untuk pembuatan v modul dan satu tahun untuk mengintegrasikan dan finishing Kapal. Otomatis 3-4,5,6,7 bakalan semua sendiri

      https://jakartagreater.com/frigate-sigma-10514-seperti-apa-barangnya/

      Kalau KMC no komen

      Hapus
    9. Kalau gowind Malay . Belom pernah denger

      Hapus
  11. Thats proven your inability to digest information ...either of lack or brain or stupidity...I am avoiding further comments from sampah dari jiran lemah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media malon tuh sampah semua bro penuh bual dan hoax

      Hapus
  12. #BREAKING NEWS... kasihan Mahathir.. hik hik.. malasyaa dah dikuasai China dan pendatang asing. patutlah disini banyak beruk2 bersarong malon meracau tak jelas..😅😅😅

    https://m.youtube.com/watch?v=WbDxuYEdtes

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada asap di jiran tamadun.
      berasap orang orang jiran
      bomba kena panggil tuh

      Hapus
    2. Beruk malon malah bangga pula tuh bro negaranya dikuasai cina dan pendatang Wkwkwk

      Hapus
    3. Hai indon lupa ke .. indon pun kalau tanpa china..loe org ibarat taik je... nasib baik ada cina yg memajukan indon... hahhahaha

      Hapus
    4. Hai Malon jangan lupa bayar hutang Kat China ya.. nasib lu ibarat taik sekarang karena hidup dari hutang besar ke China jangan lupa bayar hutang yang 56% dari gdp itu wakikiikikik

      Hapus
  13. SAMAR yg SANGAR...top markotobbblaahh haha!👍👍👍
    wah ini disain gak hrs segra dipatenkan, bakalan jadi senjata strategis kitah jugak. moga2 jawaban kemhan tetep sama"NO" jika tetangga ada yg minat haha!😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeiiitt sapa yg nonton ajeb2 smaleemmm...haha!bumm bumm🎊🎊🎊

      Hapus
    2. Cem bomb binaan PT sari bahari itu ya om yg dilarang pemerintah di eksport ke tetangga hihi

      Hapus
    3. yongkruuww om pit, itu bom emejing bingits haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Bom pitasari takde kualiti pakkk... sapa yg nak beli tuuu..hahahaha

      Hapus
    5. Bom ni mampu hanguskan Malon BENGAP jadi bubur wkwkwkwkwk

      Hapus
    6. yg mo beli yach luh, tp dijawab "NO" ama kemhan haha!kena lagi dia 😅😅😅

      Hapus
    7. Kalo inget vita berapi selalu pengen..... Hahahahaha

      Hapus
  14. Beritanya ok, yg komen mengadu domba.temenya ahok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om sihat tak,artikel soal militer jgn ditarik ke arah politik om hahaha...ini blog soal militer om,bkn blog politik

      Hapus
    2. yap benar om rempit@..
      berita militer lain sama politik..
      kalo bahas halimunan masih oleh jugak

      Hapus
    3. yap benar om rempit@..
      berita militer lain sama politik..
      kalo bahas halimunan masih oleh jugak

      Hapus
  15. kesian malaysie tak de industri baju perang yang mendunia macam sritex

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ala baju buatan china pun indon dah kecoh ke.. indon tau buat anak je.hehheheh.

      Hapus
    2. Malon dungu tak mampu buat apa2 pun.. bikin malu aja wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  16. malaysie sementara nie guna uniform daun pisang,daun jati,rambutan,dan mangga...plus sabut kelapa

    BalasHapus
  17. Lepas ni tentera indon akan jadi halimunan.. harap x terbakar la.
    . Hahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon punya halimunan terbesar di Asia yaitu kd Sri inderapura di bakar sampai hangus wakikikikik

      Hapus
    2. 1MDB pun halimun di sentap najib dan rosmah Wkwkwk

      Hapus
    3. Dein.. Nak tanya ni, vita berapi kapan di pake buat nembak? Ato mu di produksi? Udah brp lama kok gak lounching2 yaa...

      Hapus
  18. Apa benar SU35 sudah dikirim 3 unit? Di IG avia.pedia ada beritanya

    BalasHapus
  19. ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU...
    Salam sejahterah bagi kita semua...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya agus sodikin asal surabaya seorang mantan TKI dulu kerja di pabrik triplek malaysia selama 4 tahun lamanya. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kpd pak h.cahyono atas bantuan beliau melalui pemasangan nombor togel 6D nya alhamdulillah saya menang RM,450.000 selama 3X pusingan, saya tidak menyangka kalau saya bisa seperti ini dan ini semua berkat bantuan pak h.cahyono, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyaknya orang yg perna saya pon dari google untuk minta bantuannya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa bantu melalui Uang gaib/Bank gaib tanpa tumbal, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/6D.. Bagi saudara yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah pon pak h.cahyono di nombor +6285 213 737 273 / WhatsApp 085213737273 insya alloh beliau pasti membantu anda seperti saya. Demi alloh inilah kisah nyata sye.. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat...


    BalasHapus
  20. Malaysia negara yang dipimpin negara kerajaan inggris.

    malaysia ( Malang yang sial ) negara boneka inggris.
    seluruh dunia pasti tau bahwa malaysia adalah negara tanpa KONSEP KEMERDEKAAN. negara malaysia adalah negara boneka inggris.
    Negara malaysia di pimpin oleh seorang raja yang bergelar Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong masa jabatan adalah lima tahun.

    mulai zaman penjajahan inggris malaysia sangat diatur seperti kerbau di cambuk baru berjalan. apakah negara malaysia dan rakyat malaysia adalah binatang peliharaan inggris. Sampai kapanpun malaysia tidak pernah merdeka dari inggris. sia sia rakyat malaysia menyanyikan lagu kebangsaan malaysia.

    sistem kerajaan malaysia adalah Sistem Westminster. Sistem Westminster di atur langsung oleh pemerintah inggris
    ( kerajaan British ). dan sangat jelas negara malaysia adalah negara binatang peliharaan inggris.
    Sistem pemerintahan Malaysia ialah dwidewan: Dewan Rakyat dan Dewan Negara. Dewan Rakyat dan Dewan Negara. Dewan Negara mempunyai 70 orang yang terpilih selama 3 tahun.
    Pemilihan perlemen di bagi dua : 26 staf dipilih oleh Dewan sebagai mewakili 13 negeri.
    44 staf dan dilantik oleh Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong atas nasehat Perdana Menteri malaysia,
    Setiap anggota Dewan Rakyat malaysia memegang memengang masa jabatan selama 5 tahun, Kekuasaan perundang undangan malaysia dibagi dua persekutuan kerajaan yaitu kerajaan persekutuan dengan kerajaan negeri.
    yang ditentukan oleh parlemen negara malaysia.
    Sistem legaliti Malaysia berdasarkan undang-undang inggris.
    Undang-undang dan konstitusi MALAYSIA diambil dari undang-undang India.
    Politik di Malaysia sebagai kelompok penguasa atau gengters
    ( kelompok mafia) ”
    kelompok penguasa atau kelompok pemengang kekuasaan”/(Konsosialisme)”
    Jadi perlemen malaysia atau Dewan Rakyat malaysia dan Dewan Negara malaysia adalah kumpumlan ORGANISASI. Mantan perdana menteri malaysia Dato’ Seri Mahathir bin Mohamad mualai tau bahwa Amerika Syarikat dan Australia
    mulai mengembang riba di malaysia dan Dato’ Seri Mahathir bin Mohamad tidak mau kalau malaysia memakai riba
    Atau rakyat malaysia memakan hasil dari riba. Lengsernya Dato’ Seri Mahathir bin Mohamad yang sangat bertanggung jawab adalah Dato’ Seri Abdullah Ahmad Badawi, Dato’ Seri Abdullah Ahmad Badawi adalah CIA.

    NEGARA MALAYSIA ADALAH NEGARA YANG DI PERINTAH OLEH KERAJAAN INGGRIS.

    NEGARA MALAYSIA BERDIRI TANPA KONSEP, NEGARA MALAYSIA ADALAH NEGARA PELACUR.
    Malaysia adalah negara yang dihuni kelompok orang kafir amerika serikat , kafir inggris, kafir australia dan kafir barat.

    Malaysia merdeka dari inggris itu cuma taktik inggris untuk menjajah malaysia untuk selama lamanya

    Sampai sekarang inggris masih menjajah malaysia
    Malaysia tidak pernah merdeka…
    Pertanyaan kapan malaysia merdeka?
    Jawabnya : sampai kapapun malaysia tidak pernah merdeka dari inggris

    BalasHapus
  21. MALAYSIA TIDAK PE4NAH MERDEKA BUKTI PERTAMA – Malaysia BUKAN 50 tahun. Hari Malaysia BUKAN 31 Ogos. Projek Malaysia bermula pada 16 September 1963. Sila google untuk kesahihan fakta ini. Jika TIDAK percaya sila pergi tanya Mat Sabah atau Minah Sarawak. Dua wilayah ini memasuki Malaysia pada 16 September 1963 BUKAN 31 Ogos 1957.

    BUKTI KEDUA - Tuntutan MERDEKA adalah projek dan tuntutan Persatuan Kebangsaan Melayu Malaya (PKMM). Merdeka BUKAN projek United Malay National Organisations. Projek United Malay Organisations ialah – HIDUP Melayu (macamlah Tanah Melayu tak ada oksigen).


    BUKTI KETIGA – Lagu Negara-ku bukan lagu hasil ciptaan warga Tanah Melayu. Lagu ini adalah ciptaan penyair dan komposer Perancis yang bernama Pierre Jean Berager yang lahir pada kurun ke-19. Beliau yang menulis muzik lagu Memula Moon a.k.a Negara-ku.

    BUKTI KEEMPAT - Warna bendera Malaysia yang wujud hari ini tidak ada sangkut paut dengan budaya dan asas bumi ini. Bendera yang ada pada hari ini adalah ciplakkan dari bendera Amerika Syarikat. Bendera Langkasuka tamadun Melayu di Lembah Bujang ialah Merah Putih. Warna merah putih ini berkibar sebagai bendera negara Indonesia, Singapura dan dipakai oleh United Malay National Organisations sendiri.

    BalasHapus
  22. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    sepakbola

    BalasHapus
  23. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    Info hub
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus