10 Desember 2022

Telan Rp 600 Miliar, 2 Kapal Patroli PC-60 TNI AL Diproduksi di Banten

10 Desember 2022

Acara first steel cutting kapal patroli PC60 di PT Caputra Mitra Sejati (photo : Antara)

Cilegon - TNI AL menambah alat utama sistem senjata (Alutsista) dengan membuat 2 kapal perang yang menghabiskan biaya Rp 600 miliar. Dua kapal itu dibuat di Puloampel, Kabupaten Serang.

Spesifikasi kapal yang dibuat di galangan milik PT Caputra Mitra Sejati tersebut memiliki panjang 60 meter dengan kecepatan 35 knot. Kapal itu juga rencananya akan dilengkapi dengan sistem senjata termutakhir.

"Jadi yang dibangun di sini adalah kapal patroli cepat 60 meter, diharapkan kapal ini mampu berjalan dengan kecepatan 35 knot, dibangun 25 bulan, ini juga akan dilengkapi dengan senjata," kata Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya Ahmadi Heri Purwono di Serang, Jumat (9/12/2022).

Kapal perang yang rencananya jadi pada 2024 ini digunakan sebagai kapal patroli di Koarmada 3 di Indonesia Timur. Menurut Heri, wilayah itu masih membutuhkan kapal patroli cepat lantaran Koarmada 3 belum lama dibentuk.

Kapal patroli PC-60 KRI Bawal 875 yang juga produksi PT Caputra Mitra Sejati telah lebih dulu bertugas di Koarmada 3 (photo : Seawaves)

"Kapal patroli kita punya tugas melakukan pengamanan, keamanan di laut, memburu ilegal yang di laut, ilegal fishing, ilegal maining, dan sebagainya. Makanya mereka dibutuhkan kecepatan yang tinggi, yang responsif, untuk menangkal itu. Rencana di armada tiga, karena di sana kan masih baru yang kita bentuk, tentunya butuh banyak sekali kapal," katanya.

Guna kebutuhan patroli di Indonesia Timur, selain dilengkapi dengan sistem persentaan. Kapal itu juga nantinya akan dipasang alat deteksi, navigasi, dan radar untuk memantau kapal-kapal luar yang masuk ke wilayah RI.

"Tentunya kapal ini dilengkapi dgn alat deteksi, ada radar, radar senjatanya, radar navigasinya, pastinya dilengkapi dengan alat-alat, dengan alat-alat tersebut kita tahu ada pergerakan kapal yang di luar dan sebagainya," ujarnya.

105 komentar:

  1. Balasan
    1. Jaguh, beda betul dengan LMS ompong sebelah tu

      Hapus
    2. Kapal jenis patroli cuman meriam d depan aja emang d pasang misil..mimpi ye

      Hapus
    3. Carikan kapal patroli yg lengkap dgn misil...sedunia

      Hapus
    4. @marine engen....pasti beda lah...LMS milik TLDM...PC60 milik TNI AL....lain negeri pasti beda

      Hapus
    5. eiittt ada yg iri gaesz makloum dmiskinos kagak shopping soping haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

      Hapus
    6. Kapal Patroli Cepat ya cukup lah pakai canon 57mm yg penting kecepatannya bener 35knot....kalo misile itu bs lah yg short range dan anti kapal tinggal add on...

      Hapus
    7. Boleh diadu dr speed hingga armment dgn LMS malon.
      Kapal seharga 12 jt usd dengan LMS 25 jt usd

      Hapus
  2. Boat Malon usia 50 tahun dipelihara, malah diganti hull biar bisa terus dipakai hingga 100 tahun.

    Wakakakakkkkakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntuw jimat kos ato sobat misqueen om pedang haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. @Bandar...tu kapal bantuan kmu yg udah TUA KERIBO pon mahu d remajakan...emang lupa..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  3. Kalau otak cerdas oasti bisa bikin kapal. Kalau otak mesum, 1 cc ya pasti salah potong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangka nye otak cerdas seharus nye beli terus dari pengilang nye...tpi nama nye politik mahu gimana

      Hapus
  4. "..kecepatan 35 knot.."

    Real "KC" non Rudal. ..

    BalasHapus
  5. Tepatnya :
    Kalau otak cerdas pasti bisa bikin kapal 25 bulan kelar.
    Kalau otak mesum, 1 cc ya pasti 8 tahun tak kelar & salah potong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling tepat sekali...sebenar nye kapal nye udah d lautan..tpi kan mahu d rededign..d kasi besar,tpi blue print nye blum siap..itu sebab nye...BANYAK MEMBACA DAN MENGANALUSA ya jgn jd pengamen sana sini

      Hapus
    2. LCS 12 tahun berlayar didarat,saking banyak baca dan menganalisa para kaum beruk malon,hahhaa

      Hapus
    3. iri dengan indo...??
      yang bisa bikin kapal sendiri..
      kapal dilautan??
      jelas jelas masih di darat belum cecah air...
      maharogol

      Hapus
  6. HORREYY... Kapal baru lagi guys...

    Si MALON pasti makin NGAMUK guys.. wkwkwkwkwkwkwkwkw

    Yang kapal LCS berpuluh puluh tahun belum di serah tugas tepi dikit.. wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  7. OM PAL tau kagak ini parade apa...??

    https://www.facebook.com/137531102958800/posts/6202949399750243/

    BalasHapus
  8. Bagaimana mau menjaga laut kalau sekadar 3 hari je dilaut..? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana mau jaga laut kakau hanya gun boat usang ha..ha .. u

      Hapus
    2. Bisa buat sndiri ga??? ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Sibodoh gempur dr malay muncul lg

      Hapus
    4. @kurang ajar...kmu lgi bodoh..gempur dr malasia...bukan malay....klu malay iru bangsa bukan negeri..๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
    5. Itu lah makanya Indonesia bikin kapal perang terus purr.....walaupun 3 hari setiap hari Indonesia ada 100 kapal yang jaga tak macam malay hanya gunboat berbadan besar saja tapi kosong wkwkwkwkwk tapi ya budak bodoh malay senang berhalusinasi wkwkwkwkwk

      Hapus
  9. Ketahanan belayar hanya 3 hari je ya guys.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon ketahanan mungkin lebih 7 hari tapi hanya mutar2 cari cumi. Hanya gun boat ha..ha..

      Hapus
    2. Kalau punya otak. Pasti bisa bikin kapal. Kalu otak hanya 1 cc pasti salah potong ha ha..ha

      Hapus
    3. Lebih hebat LCS malon ketahanan 11 tahun tanpa isi BBM mengalahkan kapal induk nuklir amerika...wkwkwkwwkkkkk

      Hapus
    4. Indo perlu belajar ke Malon buat kapal yg bisa berlayar di darat sampai 11 tahun Malon gitu loh.

      Hapus
  10. LCS "MAHABODO LELE CLASS"


    ENDURANCE : 10 TAHUN

    ARMOR : -LUMUT AMOR
    -EMAS 2000 KARAT


    WAKAKAKAKA

    BalasHapus
  11. DUNIA bisnis mau ngomong ape...kmu aja blongger sewot...

    BalasHapus
  12. Klu betul sekali pon kenapa...iri ya...gak punye

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚..iri

      Mueheheheheheherhehe...

      Hapus
    2. Ngapain iri wkwkw..lu aja main ke blog ini mulu komen2 urusin negara org

      Hapus
    3. @papa...admin engak ngomong kok lu cuman blogger murahan sewot...ini blogspot makin meriah makin admin seneng..kernavrating nye naik.. chuan pon bnyk...udah ngerti bisnis d sosmed

      Hapus
    4. @sandstorm7 ooo jd ente yang rame2in doang ye wkwkwk...

      Hapus
  13. Paling hebat malon bikin kapal bisa berlayar d darat...kapal perang USA pun kalah gaes...


    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  14. Gimana caranya enginer malon bisa bikin kapal yg bisa berlayar d darat..inj yg harusnya indo perlu belajar dari malon...


    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  15. Tak main main..kapal LCS malon bisa bertahun tahun berlayar d darat...luar biasa...


    Muehehehhehehehehehehehehehe....

    BalasHapus
  16. luar binasah LCS malon..
    pengen dosa takut ketawa..

    BalasHapus
  17. parade kapal butut omfong haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  18. Dan yg menarik d lihat dari kapal LCS malon adalah CAMO dari kapal tersebut..perpaduan antara warna abu dan coklat..tapi sekilas warna coklat tsb macam kayak KARAT ya????



    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  19. Maju terus galangan kapal swasta !

    PC60 ni sekelas LMS sama2 gun boat
    Tp jangan samakan LMS dgn KCR 60M ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih unggul kapal ini dibanding LMS, baik kecepatan, jangkauan dan endurance. Harga jauh lebih murah ...

      Hapus
  20. Minimal buat lah dulu kapal sekelas PC40 atau Pc60 bisa apa gak !!?
    Klo gak bisa jgn bual2 hujah ketahanan kapal lon.

    Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketahanan LMS kebanggaan gempur kalah jauh dari PC 60.

      Hapus
    2. Makanya ,coba tuh malon buat sendri kapal patroli,baru nanti bisa di bandingken sama kapal2 patroli made by indonesia.

      Ojo dibandingke lon๐Ÿ˜…

      Hapus
  21. Malon pun tak akan bisa buat kapal sekelas ini

    Betul ke wkwkwk

    BalasHapus
  22. Sandstorrm
    Alasan poltik segala dibawa2,mang negaramu tuh dri dulu politik nya gaduh terus,gak heran Anwar bisa jadi PM lagi,

    BalasHapus
  23. Hayu lon,ini kapal patroli buatan kami
    Mana kapal patroli tempatan malon sendri.???
    Sile jawab

    BalasHapus
  24. Mantepp...shoping kapal lagi dari dalam negeri galangan CMS .

    BalasHapus
  25. Si sandstorm koq bahasa melayu nya berantakan wkwkwkwk...
    Purr...jangan dibuka link ini namti koyak hati kau...

    https://youtu.be/hQ8fx9u8E7M

    BalasHapus
    Balasan
    1. kw om kw...makloum imigran gelep salah mendarat haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  26. Sudah resmi apa tunggu menhan jg?

    BalasHapus
  27. 2024 langsung pesan 2 lagi untuk armada timur jadi ada 4 nnti nya, ditambah ada kapal2 patroli jenis pc40 dan KaL

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. sandstorm7 10 Desember 2022 pukul 16.00
    Carikan kapal patroli yg lengkap dgn misil...sedunia

    ______________________________

    INI NYET


    FPB-57 CLASS PATROL BOAT INDONESIA NAVY


    https://4.bp.blogspot.com/-eS14R1RuYQs/WAK-9YuE2fI/AAAAAAAAus0/8bjGV4_UVNkyaEi1uSyrAyaEWHg1EHKHACLcB/s1600/12783471_1709842022625951_1804828280_n.jpg



    https://2.bp.blogspot.com/-Sn-RCxUzDNI/WAItHeqUgOI/AAAAAAAAusg/U_0ZfINhR_cfKTfaX6ZrspUr0QgFxz-CACLcB/s1600/C802%2BFPB57.JPG




    FPB-57 or FAST PATROL BOAT 57 METER

    BalasHapus
  30. OM PAL

    DIATAS TADI ADA YANG TANYA... TUNJUK KAPAL PATROLI YANG ADA RUDAL


    LAH KAPAL PATROLI KITE FPB-57 pakai rudal C-802 range 120-150 KM


    WAKAKAKAAKAK

    BalasHapus
  31. 4-5 unit PC-60 dan 1 unit OPV-90 udah cukup buat satrol Lantamal. Jadi perkiraan butuh 60 unit sampai 75 unit PC-60 dan 15 OPV-90 untuk 14 Lantamal aktif + 1 Lantamal yang akan datang(Balikpapan).

    BalasHapus
  32. FREGAT MERAH PUTIH memang sudah STEEL CUTTING dari hari Jumat Kemarin ( 9 - 12 - 2022 )......ini bukan AKAN dan PEMBUALAAAN yaaaa......WHEEEQ ๐Ÿ˜›

    BalasHapus
  33. Dari kajian..meriam 30mm agak ringan..fire rate nye bnyk...peluru reload bs d bawa lebih bnyk beda sama kanon 40mm..tembakan nye satu demi satu...sampan TNI AL engak bs bawa lebih reload...nanti karam...yg PINTER siapa

    BalasHapus
  34. resmi donk om kaming...lha ntuw 2 poto pejabat bederet smua kuo,

    bisa dilihat, pejabat kemhan & matra laut kita semua sibuk meninjau proyek SHOPPING SOPING

    -wakasal ksal malah pegi ke acara potong baja PC 60m di cilegon di barat p.jawa,
    -asrena seblomnya ke batam, potong baja pc 40m & 28m
    -opa menhan wowo ngecek pindad ama mlipir ke oslo kuo hr ini..pejabat2 lg sibuk ada hajatan haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    eiitt guwe barusan cek PKR-SIGMA dulunya diresmikan ama menhan opa RR malah pas keel laying ato peletakan lunas, pas potong baja doi blom jd menhan soalnye haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    liat aja ntar, kmungkinan opa menhan datang di acara selanjutnya ituw begitchu okeh oceh๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  35. Kecepatan 22 knot atau 26 knot engak ada bedanye..klu cuman short burst aja...boros bensin...yg harus ktaambil tahu cruise speed nye yg hemat bensin...bnyk lah membaca ya...Garuda Perkosa..

    BalasHapus
  36. Malon bina kapal tak mampu, malah beli hutang LMS Kat Wuhan wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  37. biasalah caper ituw om acno, cuekin aje KW ini haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  38. Wang muka 6 rafale tu pun dari HUTANG guys... Wkwkkwkwkwkw

    Baru Wang muka saja sudah NGUTANG.... parah.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  39. Bunga pinjaman 25 tahun ya guys.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kapal kayak manusia...makin TUA makin berpengalaman jgn salah...jd wajar kapal TUA d REMAJAKAN...kayak umur tua tpi stamina anak muda

      Hapus
  40. nyooihh om gepe...problemnye si LeMeS seblah LOW KUALITI...blom setahun rusak teruss, dan tiada garansi pabrikan..mengerikan haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
    -radio rusak minta ganti pulak haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    -mesin jangkar rusak

    panglima KL pon sebut, bukan kapal tempur cuman patroli.....jiaahhh napa dibeli 66 juta cuy..
    durjoy banglades harga dibawah ituw dapet rudal๐Ÿš€ ama meriam 76mm dan lebih kencang haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
  41. gaesz kite beli 13 radar baruw uhuyy haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘
    ituw blom radar leonardo...

    jiran KL dapet 1 radar TP 77
    hasil MSA=>mengemis sedekah amrik haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    sialnya KL beli kapal dari Wuhan si LeMeS kemahalan...$ 66 juta dolar ternyata OMFONG,
    KL, KTIPU LAGIIIiiiii...haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  42. Baca belajar dri kita
    Setidaknya bisa gak buat kapal sekelas ini,klo dah bisa baru bandingkan

    BalasHapus
  43. Ciyee malon aja belum tentu mampu bisa buat kapal spt PC atau KCR.

    Belajar lah dulu dari galangan indonesia. Biar kalian bilang jelek kualitas low tapi ini kapal buatan swasta lokal.dan pasti nanti ada varian2 baru.

    Salam cecah air


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata siapa PT perkapalan malasia engak bs bgun PC dan kapal patroli..beli terus dari PT asli nye lebih murah....

      Hapus
    2. Kata siapa? Kata siapa
      Yadah buat sana baru bandingkan dgn galagan kapal kita spt apa,
      Ketahanan kapal spt apa,speks nya dpt apa.
      Ada gak

      Hapus
  44. LCs
    Salam cecah air but when...??!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti kta sama sama nunggukan...kan....coming soon....๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Menunggu LCS darat yg gak pasti lon, hanya orang bodoh

      Hapus
  45. LCS di lanjutkan tapi perlu riset lagi
    Kata surat kabar Bernama
    Riset wang kopi kali

    BalasHapus
  46. 2023 tahun sibuk buat PAL,selain buat Frigate AH 140M pesanan AL,mungkin bersamaan buat Kapal LPD pesanan Philipine.

    Gud job PAL๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    BalasHapus
  47. "..Pada 9 Desember 2022, muncul foto seremoni acara pemotongan baja pertama yang dilaksanakan di fasilitas PT PAL Surabaya.

    Fregat Merah Putih memiliki panjang 138,7 m, lebar 19,8 m, dengan bobot 5.700 ton, dan diawaki 100 kru.

    PT PAL mengerjakan pembangunan kapal tersebut selama kurun 69 bulan, atinya akan diserahkan pada 2026-2027 mendatang.."

    =====
    Sementara KD LCS Malon mangkrak, ternyata mereka telah menyelesaikan final design Future Fregat yang akan dikerjakan paralel dengan KD LCS.

    Malon menamakan fregat masa depan ini dengan nama Fregat Pelangi..

    Wakakakakkkka..wakakakakakkak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Camo nya merah kuning ijo dong kapalnya klo pelangi๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
    2. Simbol yang mewakili PM Malon bro..

      Kih..kih..kih

      Hapus
    3. kapal frigat PLANGI๐ŸŒˆ haha!๐Ÿ†๐Ÿ†๐Ÿ†

      Hapus
    4. Lihat aja.....kalay peresmian kapal nanti kaan dipasang bendera PELANGIII ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ™‚

      Hapus
  48. 14 Mei 2022
    Baru-baru ini, Panglima TLDM Laksamana Tan Sri Reza Mohd Sany berkata kira-kira 61 peratus atau lebih daripada separuh aset-aset yang dimilikinya telah beroperasi melebihi had umur asal rekabentuknya dan telah usang.

    ========
    07 September 2022

    75% Kapal TLDM Usia Lebih 40 Tahun, Perlu Kapal Baharu
    Panglima Armada Barat, Laksamana Madya Datuk Abu Bakar Md. Ajis berkata, semakan mendapati 75 peratus daripada 44 kapal milik pasukan tersebut ketika ini sudah berusia lebih 40 tahun dengan ada antaranya melebihi 50 tahun.
    ---------------

    yg bner yg mana ini 61% ape 75% haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    donasi mana donasiiii..kesian amat jiran kite ini gaesz haha!๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapapun %-nya, tetep aja kapal antik yang dipake laah oom..

      Wkakakakkakakakakakka

      Hapus
    2. nyooiihh....ada tuch kapal bot taon 50-an dipiara terussszzz..
      apalagi kapal2 tua yg di rehull, tp superstrukturnya pake yg lama ?
      kebayang gak sich bunyi ngak ngek ngok pas belayar haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
  49. Padahal galangan swasta malon banyak juga. Ada busted, destini, grade one, shinyang, congyang dll

    Aneh juga ya kalo tldm bilang 60% armadanya uzur

    Padahal duitnya ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. @KUY...memang bener...masalah nye TLDM...TUDM...punye rancangan nye..tpi politikus nye PELIT kluarkan wang utk KETENTERAAN.....itu masalah d malasia..."DEFENCE TAKES THE BACK SEAT.."

      Hapus
    2. congyang? kyk perna dgr kalu ke smg haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      duitnya ada di awann om...

      Hapus
  50. ketahanan berlayar kata malon cuma 3 hari.....kalah ama punya malon yg ketahanan berlayar nya 12 tahun di tanah ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  51. @palu gendeng..sebenar nye alasan nye rusak..tpi TLDM ada rencana mahu d ganti radio buatan barat agar sama dgn kapal yg lain itu aja...
    @kamusial...sebenar nye bnyk PT perkapalan ygampu bgun frigate kapal patroli..tetapi masalah nye ialah POLITIKUS nye bnyk mahu nye tanpa mengetahui kehendak TLDM dan TUDM..pemikiran pola POLITIKUS engak selari ama GENERAL TLDM dan TUDM..

    BalasHapus
  52. The Royal Malaysian Navy (RMN) has compiled a list of deficiencies that were observed while operating the first Keris (littoral mission ship)-class vessel, and is now in discussions with selected contractors to rectify them and prevent similar issues with the remaining hulls.
    -------------
    hussss tukang setrum sok teu dech...uda dibilang lusak, kan ada laporannye haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
    uda tau kapal pertama nemu rusak, eh bukannya komplen, malah cari kontraktor laen keluar duwit buat servis sendiri haha!๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ

    kalo mao tipe radio sama dgn standar tldm, kenapa gak pesan dari awal aja?
    thailen aja bisa pesan kastem.
    apalagi KL uda bayar 66 juta dolar lebih mahal dr durjoy banglades yg pake rudal dan meriam 76mm haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
  53. @tukang doang...." SIAPA BILANG KETAHANAN BERLAYAR CUMA 3 HARI ....
    klo menurut istilah sandstrom sih, gempur kurang literasi ....."wah ngadu domba ye kmu...

    BalasHapus
  54. Rileks lon, bukan adu domba laah..

    Tapi ngadu beruk..

    Wakakakaakakakakkkkm

    BalasHapus
  55. Malon cacat mental tuh baca 35 knot dalam 3 hari

    BalasHapus
  56. SEHARUSNYA PEMENUHAN KEBUTUHAN KAPAL JENIS INI SEGERA DI PERBANYAK UNTUK PERCEPATAN PEREMAJAAN ARMADA RI TERLEBIH HARGA PEMBANGUNANNYA TIDAK TERLALU BESAR (TIDAK PERLU REFURBISH)UNTUK EFFECTIVE KAN SETA RINGANKAN BIAYA HANKAM RI SERTA PENCAPAIAN PEMENUHAN ALUTSISTA BISA SEGERA DI CAPAI DENGAN ARMADA² BARU UNTUK MENGAWAL & MENEGAKAN KEDAULATAN RI.
    HAL ITU JUGA AKAN BISA MENGEFFECTIVE KAN BIAYA PEMBANGUNAN KAPAL BARU CLASS LAIN DENGAN ARMADA BARU TANPA PERLU ADA REFURBISH KAPAL² TUA YANG AKAN MEMBERATKAN COST HANKAM RI & KEKUATAN PERTAHANAN RI DENGAN PEREMAJAAN ARMADA TUA DENGAN ARMADA BARU YANG TENTUNYA LEBIH MODERN SERTA HANDAL DI MEDAN OPERASI.

    BalasHapus