15 September 2023

Integrasi Bom Pintar GBU-54 LJDAM di Pesawat F-16 AM/BM TNI AU Membuka Era Baru dalam Taktik Serangan Udara yang Presisi

15 September 2023

Pemasangan bom pintar GBU-54 LJDAM pada pesawat F-16 AM/BM TNI AU (all photos : Lanud Iswahjudi)

Lanud Iswahjudi. Dengan menggunakan pesawat F-16 AM/BM penerbang Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi berhasil uji terbang (4-14 September 2023) membawa bom pintar GBU-54 yang dilengkapi dengan teknologi panduan GPS dan laser yang sangat canggih, bom ini memiliki tingkat kepresisian yang tinggi untuk menghancurkan sasaran.


Kegiatan Ground Integration Test dan Captive Carriage Flight Test GBU-54 LJDAM pada pesawat F-16 AM/BM merupakan kerja sama antara Tim Boeing, US Air National Guard, Tim Armament dari Skadron Udara 3 dan Depohar 60.


Bom pintar GBU-54 LJDAM, telah dikenal dengan reputasi keakuratannya yang luar biasa, kini telah diintegrasikan dengan sempurna dalam pesawat tempur F-16 AM/BM TNI AU. Dengan dilengkapi teknologi panduan GPS dan laser yang sangat canggih, bom ini memiliki tingkat kepresisian yang tinggi untuk menghancurkan sasaran diam maupun sasaran bergerak dan meminimalisir collateral damage. 


Namun, pencapaian ini tidak hanya berhenti sampai pada tahap integrasi saja. Sebagai tahap penting dalam pengembangan bom ini, GBU-54 telah diuji terbang dengan real-time telemetry untuk memastikan bahwa data penerbangan sesuai dengan parameter yang akurat dan tepat.


Dalam sebuah pernyataan resmi, Tim Boeing dengan bangga mengumumkan bahwa bom pintar GBU-54 LJDAM telah mencapai tingkat kesiapan yang memadai untuk digunakan dalam latihan maupun operasi udara.


Keberhasilan ini menjadi cerminan nyata dari komitmen Indonesia untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan dalam menjaga kedaulatan NKRI di udara. Dengan keunggulan teknologi militer ini, TNI AU semakin siap dan kuat dalam menjaga wilayah kedaulatan udara.

30 komentar:

  1. 🤣ASET SEWA = AWAS LECET🤣
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022

    BalasHapus
  2. 8 bijik F-18 usang vs puluhan Rafale dan F-15ID

    BalasHapus
  3. Cuma 8 bijik F-18 usang sembang mo lawan China, Singapore, Indonesia....lawak kau

    BalasHapus
  4. "Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.” -- Kementerian Pertahanan memberitahu Dewan Negara pada 20 Jun 2023
    🤣AKIBAT GROUNDED DAN HUTANG MINYAK OPERASI🤣

    BalasHapus
  5. GEMPURWIRA15 September 2023 pukul 21.40
    F18D HORNET TUDM Membawa bom JDAM....Kesian si MISKIN satu tu... Baru merasa JDAM.... HAHAHAHAHA
    ---
    "Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.” -- Kementerian Pertahanan memberitahu Dewan Negara pada 20 Jun 2023
    🤣43X ??? MASIH GARANG WARIA KALO MARAH🤣

    BalasHapus
  6. Di miskin hendak sedapkan hati. Ha ha ha..
    Indonesia beli 102 jam kit pork. Bukan 8 seperti negara miskin KERAjaan Malon.
    http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/jdam-kits-tni-au-telah-tiba.html?m=1

    BalasHapus
  7. Rancang Bangun Lingkungan27 Agustus 2020 pukul 08.32

    To @PEMBURU

    gempur itu nickname. Dari komen2 nya, pengguna nickname itu jejak digital nya sbb:
    - Dahulu, sebelum gred a kena kasus MDB/krismon, dia sering mengkampanyekan kejaguhan aset2 militer gred a terutama dgn Indo.
    - Setelah pergantian kepemimpinan plus pertikaian politik di gred a, berita perkembangan aset militer negerinya menurun drastis, bahkan masalah bermunculan baik di matra darat, laut dan udara.
    - Nah sejak itulah @gempur mulai pindah ke blog ini hingga sekarang.
    - Alih2 mengkritisi negerinya yg tengah teruk militernya krn rasuah dll, malah dia selalu mencari2 keburukan aset2 militer Indo yg terus bertambah secara signifikan.
    - Faktanya memang aset militer Indo bergerak naik secara dinamis x aset gred a tambah menurun/teruk. Tapi gempur nampaknya tak terima.
    - Di blog ini @gempur selalu bungkam soal aset militer negerinya yg bermasalah, bahkan sebaliknya menjadi pembela yg setia.
    - Hingga kini @gempur terus menerus ngetrol/bully apa pun yg dia bisa bully thd kemajuan Indo dgn bahan2 yg bahkan tak terkait militer sekalipun.
    - Ironisnya, meskipun dah dicounter dgn hujjah yg terang benderang, tetap saja tak sadar, bahan jadul tetap diulang2.
    - Sayang sungguh sayang, di sini energinya terbuang sia2, coba kalo digunakan tuk memperbaiki keterukan (militer) negerinya. TUKAR PENDAPAT DGN FORUMER INDO di sini, mungkin dah ada titik terang!

    Itu sekelumit infoñya si@gempur.

    BalasHapus
  8. Ya ampun ynag pakai JDAM tua expired tuh tepi sikit lah...


    jumlah CIPUT harga OVERLOAD ahahahahah.... MARKUP level DEWA.

    😂😂😂

    BalasHapus
  9. JUMPA WEB PELAKU ANIMASI HALO KUALA LUMPUR BUKAN DARI MALAYSIA DAN INDONESIA? TAPI DI SINI DETAILNYA

    https://www.youtube.com/watch?v=bOs1X8DlEeU

    Itulah akibat sikap Indon yang Bodoh an Idiot ...

    Sekarang baru terungkap kebenaranna ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangsa malingsia yg bangsa yg tdk punya budaya

      Hapus
    2. Ngapain orang India repot2 buat video lagu halo2 kualalumpur klo TDK di bayar atau di suruh ,dan klo benar itu di buat di India ,knp yg ada di video orang2 maling chia, 🤣🤣🤣,itu hanya pengalihan isu saja,sebab banyak jg warga maling chia keturunan India ,🤣🤣🤣🤣 jadi jgn ngeles terus maling

      Hapus
    3. Hello kuala lumpur...ibu kota malingsia
      Helo kuala lumpur kota yang banyak malingnya
      Sudah lama beta selalu menghina kau
      Sekarang telah menjadi kota nya maling
      Hati hati bro kalo kesana...

      Sekali maling tetaplah maling
      Visit malingsia

      Hapus

      Hapus
    4. Maling itu dosa..masuk neraka, disiksa, dipanggangg bolak balik....hiiiiiiiíiii...

      Hapus
    5. Kalo beruk yg satu ini dia pikir dia pintar, padahal bodoh dan picik

      Hapus
  10. Samudera Raya - Royal Malaysian Navy Song

    https://www.youtube.com/watch?v=y3tEiZnVYtE

    BalasHapus
  11. Raja Zulqarnain Lalu Sungai Batu, Kedah Circa 2000 BCE?. - Prof. Dr. Solehah Yaacob

    https://www.youtube.com/watch?v=HlrJCaw06uA

    Tamadun Sungai Batu ... Tempatawal lahirnya tamadun melayu nusantara...

    BalasHapus
    Balasan
    1. It is only in Malaysia that we face problems of promoting Malay as the national language as even after 60 years of independence, a substantial segment of the population cannot converse in Malay or only use it during official occasions.
      ---
      The standard narrative for the non-Malay and non-Muslim is that suffer state discrimination and they are disadvantaged. Their story goes that as they are Christian or Catholic or Buddhists they are not part of a Malaysia, which is largely Muslim.
      Malaysians have not worked out how to understand each other. The perpetrators of the deconstruction of liberal Malaysian state, far from being penitent, are now lecturing about morality.
      🤣IDENTITY CRISIS = KLAIM SANA SINI🤣

      Hapus
    2. No comment itu sih derita elo. Masa bodoh tak mau tahu.

      Hapus
  12. jerman senang bisnis ama kita
    Kalis Salah Fotong
    Kalis delay
    Kalis kredit macet
    Kalis Tipu2 cem seblah tuw haha!😆😆😆

    BalasHapus
  13. september ceria
    september SHOPPING SOPING LAGI kita
    ✅MRTT
    ✅SRV
    ✅Spectra SlingShot Satcom
    ✅LCU MDV 65m
    ✅BHO-105 meter

    tiap tahun,
    tiap bulan,
    tiap minggu,
    tiap hari,

    Non-Stop SHOPPING TERUSSSZZZ TIADA HENTI haha!🥳🥳🥳

    sementara tetangga kesayangan, Akan terussss haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  14. periode 2025-2026
    ✅frigat FMP
    ✅LCU MDV 65m
    ✅BHO 105 meter
    ✅rafale
    ✅erbas atlas

    SHOPPING kita pasti melaut dan mengudara haha!😊😊😊

    seblah pasti delay, Utang ke lender macet lagiiiii haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  15. Ngapain orang India repot2 buat video lagu halo2 kualalumpur klo TDK di bayar atau di suruh ,dan klo benar itu di buat di India ,knp yg ada di video orang2 maling chia, 🤣🤣🤣,itu hanya pengalihan isu saja,sebab banyak jg warga maling chia keturunan India ,🤣🤣🤣🤣 jadi jgn ngeles terus maling

    BalasHapus