07 September 2023

Singapura Menguji UGV Baru untuk Patroli Pangkalan Udara

07 September 2023

Kendaraan darat tak berawak/UGV (unmanned ground vehicle) sedang dievaluasi oleh RSAF untuk berpatroli di pangkalan udaranya (photo : Janes)

Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) sedang melakukan uji coba kendaraan darat tak berawak (UGV) dengan tujuan untuk mengerahkan peralatan tersebut untuk operasi keamanan pangkalan udara.

UGV roda delapan ini dipamerkan di acara publik untuk memperingati ulang tahun ke-55 Angkatan Udara negara tersebut, yang akan diadakan di Pangkalan Udara Paya Lebar dari tanggal 9 hingga 10 September. Tampilan UGV adalah bagian dari segmen pameran yang menampilkan kemampuan masa depan RSAF.

Menanggapi pertanyaan dari Janes selama kunjungan ke pameran, yang diadakan untuk media menjelang pembukaannya untuk umum, perwakilan dari RSAF mengkonfirmasi bahwa UGV telah diuji coba di pangkalan udara yang tidak disebutkan.

Namun, Angkatan Udara tidak memberikan rincian lain seperti jumlah unit yang sedang dievaluasi dan perkiraan tanggal berakhirnya uji coba.

Perwakilan RSAF tidak memberikan informasi apa pun mengenai kendaraan dan spesifikasinya, namun sasisnya memiliki kemiripan dengan UGV multiperan Jaeger 8 dari perusahaan pertahanan utama ST Engineering Singapura.

Jaeger 8 pertama kali diluncurkan oleh perusahaan pada Singapore Airshow tahun 2016. Pesawat ini memiliki panjang 2,8 m, berat sekitar 1.000 kg, dan mampu membawa muatan hingga 750 kg. Kendaraan ini memiliki kecepatan tertinggi 16 km/jam dan dapat dilengkapi dengan stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh (RCWS) dan dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 mm.

10 komentar:

  1. Malay mana da otak tuk bangun alat macam ni....bikin senapan pun model macam mainan anak2 tanpa pikir fungsi tuk tenteranye wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. lama2 sg uda kayak benteng obot haha!🤖🤖🤖

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal...contoh pembelian alutsista TNI yang ujug2 datang tanpa ada berita sebelumnya apa ya. Udah bnyak lupanya saya ini.

      Hapus
  3. Kejayaan Obsolence Program (OP) KD Perkasa Lakar Sejarah TLDM


    KEMAMAN - OP KD PERKASA melakar sejarah sebagai program unik, pertama kali dilaksanakan di planet ini. Unik disebabkan aktiviti OP seolah-olah membuat sebuah kapal baharu mengguna kembali sebahagian kecil peralatan legasi.


    KD PERKASA punya ilmu Rawa Rontek menolak di kubur 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koleksi kapal antik dengan biaya OP seharga kapal baru. Mau heran tapi ini MALON

      Hapus
  4. Menurut forumer DS milter malaysia itu seperti apa ya???

    BalasHapus
  5. the nex future Indonesia fighters

    https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQARJaKL3grf_Riz2mLuMHR3Z2KebWtMrANsQ&usqp=CAU

    BalasHapus