06 Oktober 2018

2020 Morotai Jadi Pangkalan Militer Terpadu di Wilayah Timur Indonesia

06 Oktober 2018


Pulau Morotai di Maluku Utara (image : GoogleMaps)

KBRN, Ternate : Setelah membangun benteng pertahanan terpadu tiga matra antara darat, udara dan laut milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Pulau Natuna, kini pemerintah pusat mulai terfokus dengan kabupaten terluar yang ada di wilayah timur Indonesia yakni Kabupaten Pulau Morotai.

Morotai yang berada di bibir pasifik dan berbatasan langsung dengan negara tetangga serta menjadi lokasi peninggalan Perang Dunia ke-II pada 15 September tahun 1944 silam, menjadi alasan utama pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan perkuatan militer di wilayah tersebut.

Komandan TNI-AU Morotai, Kolonel navigator Arif Budiyanto saat dikonfirmasi Reporter RRI di Ternate, Jumat (5/10/2018) mengatakan, Kabupaten Pulau Morotai di tahun 2020 mendatang, Morotai akan menjadi sebagai pangkalan militer terpadu dan untuk konsep pertama dalam menjadikan Morotai sebagai pangkalan militer terpadu, TNI telah menyiapkan pembangunan satuan radar yang akan dilaksanakan di Tanjung Sofi Kecamatan Morotai Utara (Morut) milik TNI-AD.

Selain membangun radar milik TNI-AD, nantinya pemerintah juga akan menempatkan satuan rudal yang bertujuan untuk melindungi radar tersebut. Dan satuan rudal itu akan ditempatkan di seputaran Lanud Leo Watimena Morotai.

Selain pembangunan satuan radar dan satuan rudal, TNI juga akan menambahkan detasemen pertahanan udara yang juga ditempatkan di seputaran Lanud Leo Watimena yang ditambah dengan penempatan satu Batalion TNI-AD di Morotai yang diimbangi dengan pembangunan pangkalan TNI-AL.

Dengan dibangunnya pangkalan militer terpadu di Morotai lanjut Danlanud,  Morotai juga akan dibangun dermaga-dermaga yang siap menerima kekuatan TNI-AL yang dipersiapkan untuk mendukung konsep pangkalan terpadu yang diperkuat dengan instalasi kapal selam. Karena rencana kedepan Morotai sama dengan apa yang telah dibangun pemerintah di Kepulauan Natuna.


Lanud Leo Wattimena Morotai (photo : Seputar Malut News)

“Itu merupakan konsep dari pimpinan atas dan kita hanya melaksanakan dan menyiapkan saja, karena itu merupakan bagian dari pertimbangan karena Morotai terletak di wilayah luar yang bebatasan langsung dengen beberapa negara tetangga,” ungkap Danlanud Leo Watimena.

Sebagai pulau terluar di wilayah timur Indonesia menurut Danlanud, Mortotai mempunyai fasilitas yang cukup, pasalnya pengoperasian alutsista tidak menjadi halangan di wilayah Morotai karena lebih dekat untuk melindungi wilayah sekitar.

Danlanud juga menyampaikan, untuk penempatan kekuatan udara di Morotai saat ini pihaknya masih menunggu untuk tindaklanjutnya, namun instalasi persiapan dini akan tetap dibangun yang Insya Allah TNI akan menyiapkan shelter-shelter untuk pesawat tempur yang akan mendarat mempunyai tempat parkir dan menginap di Morotai.

Untuk jumlah personel yang ada di TNI-AU Morotai sendiri lanjut Danlanud, penambahan personel sudah sangat jelas yang tersebar di Indonesia dan kedepan pengisian kekuatan personel sudah sangat jelas dan memang sudah diharuskan.

“Meskipun masih bisa dikatakan kurang tapi itu tidak menjadi alasan kita untuk melindungi keamanan negara,” tegasnya.

Disentil terkait dengan landasan pacu yang ada di bandara Leo Watimena Morotai, kata Danlanud, saat ini landasan yang ada di bandara Leo Watimena masih sangat layak dengan panjang 2500 meter dengan lebar 45 meter yang bisa didarati oleh pesawat sipil untuk melakukan aktivitas.

“Untuk menjadikan bandara Morotai sebagai bandara international tidak menjadi penghalang, karena itu nantinya ada kerja sama, sebab apapun juga bandara Morotai merupakan bandara yang dioperasikan oleh Lanud Leo Watimena dan itu nantinya ada pengaturan bagaimana untuk pengoperasian pesawat sipil di wilayah militer,” pungkasnya.

(RRI)

97 komentar:

  1. Moga-moga gak termasuk dlm zona merah peta bencana di indonesia...πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali, masuk peta mas :

      https://www.google.com/search?safe=strict&client=ms-opera-mobile&ei=Plq4W7LBPMSDvQSpuZ_ACg&ins=false&q=morotai+tsunami&oq=morotai+ts&gs_l=mobile-gws-wiz-serp.1.1.0i22i10i30j33i160.77004.89407..91611...1.0..0.105.1479.19j1......0....1.......5..0j46j0i71j35i39j46i131j0i67j0i131j46i67j0i10j0i203.yjwgFfTlv3Q#scso=_0mG4W63-KpSS9QPGkouACw13:0


      Tahun ini dan tahun lalu beberapa kali diguncang gempa.

      Hapus
    2. Tu dia, nandanya sederhana...kalo disitu dulu dibangun pangkalan oleh VOC atau tentara belanda, berarti potensial daerahnya aman dr resiko kebencanaan πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    3. Itu mengeceknya di situs kementrian esdm bukan master ?

      Hapus
    4. Ngecek di google mas.

      Tinggal ketik "morotai tsunami" atau "morotai gempa".

      Hapus
    5. "Yang akurat itu disini master πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡"

      http://vsi.esdm.go.id/gallery/index.php?/category/12

      Hapus
    6. Penak yen kari diladeni je...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. namanya militer harusnya bisa beradaptasi sesulit dan sberat apapun medannya hrs bs ditaklukan, apalagi bila disebut daerah strategis.
      ingat jejak jenderal mac arhur ada lho di morotai haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      rakyat jepun aja bisa apalagi militer haha!😊😊😊

      Hapus
    8. Kagak nyambung dia...

      Daerah yg sudah dipetakan dalam zona merah bahaya kegempaan, apalagi terdapat patahan disitu tidak boleh ditempati krn resikonya sangat besar.

      Mc arthur menempati morotai hanya sbg batu pijakan sebelum merangaek5 ke philipina...bukan sbg pangkalan permanen.

      Hapus
    9. trus jepun gimana, apa yey mao ungsiin smua ke blok m haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    10. bahkan sepanjang barat pulau sumatra & selatan jawa, itu garis zona merah ada..brp ratus juta manusia mao difindain om smiling, ahli loh yg ngemenk di tipi, ada linknya om smiling mao liat. bsk pada eksodus kita haha!😊😊😊

      Hapus
    11. Jaka sembung bawa kutang...ngobrol sama master ngutang aja deh πŸ˜ͺ

      Hapus
    12. Mas Smili, ternyata pulau morotai itu luas.

      Daerahnya ada yg berbukit2.

      Trus daerah yg untuk landasan ada di sebelah selatan agak tenggara (menghadap pulau halmahera).

      Kemungkinan dekat situ bakal dibangun pula dermaga.

      Sementara daerah patahan ada di sebelah barat, utara dan timur.

      Jadi kelihatannya dermaga yg akan dibangun terlindung dari efek tsunami.

      Hapus
    13. Yang aku kuatirkan sekarang adalah calon daerah kompleks inhan 3 matra yg bakal dibangun di lampung, sebab area yg bakal ditempati ada di sebuah teluk dekat gunung krakatau.

      Dulu tahun 1883 saat krakatau meletus, tsunaminya sampai situ, trus guguran debu bercampur uap air yg sangat panas (pyroclastic / wedus gembel) juga menerjang pesisir selatan Sumatera termasuk area itu.

      Hapus
    14. https://m.detik.com/finance/energi/d-4243667/pemda-cuekin-peta-gempa-indonesia-ini-respons-jonan

      Hapus
    15. https://m.kumparan.com/wisnu-prasetyo/jonan-imbau-warga-di-zona-merah-palu-direlokasi-1538724187192407521

      Hapus
    16. https://m.detik.com/finance/energi/d-4243530/jonan-tepis-isu-palu-mau-tenggelam?_ga=2.115871618.506074878.1531541665-935833695.1526148982

      Hapus
    17. https://lancerdefense.com/2018/10/04/rencana-penyebaran-kapal-selam-indonesia-digagalkan-oleh-tsunami-yang-fatal/?wref=tp

      Hapus
    18. https://regional.kompas.com/read/2018/10/07/08284831/rimbunan-bakau-selamatkan-ramlah

      Hapus
    19. om smilikiti kocak dech haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      apalagi klo liat pidiokuh, gak ada yg tersisa, goyang patah2 byk bingit, apalgi yg uda kusebut diatas, MegaTraaasss haha!😎😎😎

      pertanyaannye, apa smua mao dipindain?

      https://www.youtube.com/watch?v=Xt3GhE4Cn-4

      blande aja kagak minggat dari nusantara, pdhl zona merah smua haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      Hapus
    20. nyoih om woof2..morotai bila uda disebut strategis oleh militer kita artinya uda mutlak di jaga jaman now haha!😊😊😊
      disana militer bisa cari lokasi yg ckp aman.

      mao seberat apapun, jika negara meminta maka militer perlu mengamankan perimeter tersebut.
      kerna di jaman now, aset2 militer kita skrg disebar, tentuw tidak smua numpuk disatu tempat.
      pasti ada perhitungannya, dlm sistem pertahanan kan berlapis2. jd kekwatiran berlebihan kaka tertuwir bisa diminimalisir, abis doi felit haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      gak ada tanah yg aman dibumi pertiwi, dan ituw mrupakan konsekuensi hidup di negeri inih. begituw jg dgn rakyat jepun & amrik haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  2. Setuju,bila perlu di saumlaki,miangas di buat jg pangkalan militer terpadu seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eyaaaaa, nggak semua harus dibikin pangkalan terpadu jg mat...

      Coba liat diyoutube....pulau minagas dan saumlaki (maksutnya pulau selaru kan?) itu ukurannya sangat kecil.

      Yg penting, spt di saumlaki sudah ada radar master-t dan mungkin, rudal hanud vshorad dan medium, plus flight 3-4 pespur yg berpangkalan disana spt konsep swedia....sudah cukuplah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ane jg sependapat seperti om hari,penempatan weapon gk sampe jor2an di sanalah om

      Hapus
    4. Bangun pangkalan dekat papua kalau para pendukung pembrontak di biarkan berkembang biak percuma contoh di afganistan ,china ,rusia para pembrontak di buru di tumpas habis sampai akar akarnya

      Hapus
    5. Sekali lagi kawan yg tahu alamat rumah antek ausi (mat rampit) bakal dapat hadiah hadiahnya naik 2 kali lipat rp 50 juta kontan silah kan tinggal kan pesan kami akan langsung menghubungi broo .

      Hapus
    6. Banyak bacot loe ken orok,sebentar lg kepala loe dipenggal bro lev andri

      Hapus
    7. Maaf yaaa alamat antek ausi ( mat rampit) rp 50 juta lumayan mahal atuh

      Hapus
    8. lah kok turun, maren ceban dolar, gimana sich om antiembalgo, labil ingatan yach haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
  3. Dan hanud mediumnya harus yg berukuran ringkas serta bersifat mobile, mengingat ukuran pulaunya yg kecil dan medannya yg berbukit-bukit spt: nassam, iris-t atau pantsyr (kali-kali nyenengin orangπŸ˜‚).

    Kalau miangas sama sekali ga cocok dijadikan pangkalan krn pulau ini minim daya dukung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl minim daya dukung maka dilengkapi donk daya dukungnya,please deh om Hari wkwkwk

      Hapus
    2. Maksute daya dukung lingkungan mat...seperi sumber air atau daerah pedalaman utk melakukan gerilya ketika markasnya berhasil dibobol musuh, karena pulau ini sangat kecil

      Hapus
    3. Kl masalah air,Bekang TNI-AD udah punya teknologi pemurnian air laut menjadi air tawar om,Bekang jg dah punya teknologi solar sel untuk listrik tenaga surya,apa yg kurang toh om,yg kurang itu tak de dayang2 puteri yg menemani anggota TNI malam hari wkwkwk...bukan masalah gampang di bobol om,tp kehadiran TNI perbatasan adalah bukti kehadiran pemerintah di perbatasan,jgn hanya infrastruktur aja yg dibangun di perbatasan,tp TNI dan polri jg perlu hadir di sana untuk memberikan rasa keamanan dan ketenangan bg rakyat di perbatasan...Lha pulau yg tak berpenghuni seperti pulau pasir dekat singapura aja ada dijaga TNI dan marinir di sana,di sana gk ada hanud ataupun artileri,yg penting pemerintah dan TNI hadir perbatasan untuk menjaga tanahnya,ingat pengalaman sipadan dan ligitan om,walaupun MOU dah diteken antara indonesia dgn malon supaya sipadan dan ligitan tak boleh di explorasi selama sipadan ligitan masih dalam sengketa,buktinya malon melanggar MOU tuh om

      Hapus
    4. Maksudnya bukan begitu mat...

      Ini kan yg dibahas ttg pangkalan terpadu yg diperlengkapi cukup komplit...bukan ttg sekelas pos pengamatan atau pos pengawasan pulau-pulau terluar spt di pulau nipah, pulau ndana dll yg tugas utamanya adalah menunjukkan eksistensi negara disitu

      Hapus
    5. "Ini lho rudal iris-t yg saya maksut...ringkas dan bermobilitas tinggi, nangkring diatas hagglund atau unimog-5000"

      https://www.diehl.com/defence/en/diehl-defence/products/air-defence-systems

      Hapus
    6. Ooh ngono to om haris,aq yo setuju pendapatmu

      Hapus
    7. "Naaah...ini satuan radar master-T, dipulau yamdena aka saumlaki"

      https://youtu.be/ansVSu4Zj_U

      Hapus
  4. Kepada saudara-saudaraku dari Malaysia. Aku beritahu bahwa di forum ini banyak babi-babi Aseng berkeliaran. Kerja mereka hanya mengadu domba antara kita. Mereka sesungguhnya pada perampok kekayaan kami dan juga pendukung kaum komunis. Mereka banyak belahan karena merasa dilindungi oleh Mr.Flanga-Flongo yang insyalloh tahun depan akan kami lengserkan. Jadi sekali lagi cuekin aja semua bacotan babi-babi Aseng itu. Mereka tidak mewakili pandangan semua anggota nkri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si Andrie Muhammad mana ya ?

      Nih, ada satu nih akun bida....

      Hate speech, SARA, menghina pemerintah, dsb.

      Tulung dicek ya.

      Hapus
    2. dia itu beruk malons om ngitung.. nanamnya muarif baukaki yg kawin dengan gadis indonesia.. makanya jngan heran otaknya selalu menghina bangsa indonesia, karena dia itu penduduk malons si babu yahudi inggris dan komunis china.

      Hapus
    3. Mat rampit@ berani berani nya gancam gancam ke tua suku . sekali lagi yg tahu alamat antek ausi( mat rampit) bakal dapat hadiah broo

      Hapus
    4. eh bidababi bicara NKRI ya, NKRI = negara kesatuan republik indonesia = banyak pulau, banyak suku/ras dan banyak agama,,malon beruk gk masuk dalam kesatuan NKRI sebab beruk2 british hanyalah manusia tolol yg dijadikan alas kaki british,,,jokowi = punya perusahan hasil pemikiran dan kerja keras dan gk punya utang, prabowo = punya perusahaan dr hasil nebeng ame orang tua jg mantan mertua tp banyak utang dan gaji karyawannya sering nunggak, nah dr sini aja sudah ketahuan mana manusia berkualitas dan mana manusia tolol yg hanya jd benalu dan beban bagi orang lain,,eh bidababi aseng banyak loh di indonesia ini yg angkat senjata sewaktu ngusir penjajah' kalau di daerah malon beruk aseng ya jd penjajah, kalau kakek ente mungkin dahulu penjilat pantat belanda kwkwkwkwkkkk

      Hapus
    5. Haha aseng raden@ beruk malon apaan ? Yingsep kau sana ke negara asalmu saman bungkarno di usir sekarang datang lagi. Aku bukan pemdukung prabowo dan bukan pendukung capres di pilpres 2019 . fakta suku ku terbesar setelah jawa dan sunda kakek ku mantan pejuang beda kau asal usulmu gak jellas broo

      Hapus
    6. eh ken ngorok anjing' ane 100% sangat2 murni keturunan indonesia asli, aku murni suku batak dan kakek dr kedua orang tuaku adalah pejuang kemerdekaan di daerah dairi dan pulau samosir sumatera utara, kami seluruh orang batak berimigrasi keseluruh indonesia tanpa harus ikut program transmigrasi yg artinya tidak pernah membebani anggaran negara untuk berimigrasi kesuatu daerah di indonesia ini, lihatlah guru2, bidan, dokter yg ada dipelosok dan di daerah perbatasan hampir 80% adalah orang batak yg artinya kami siap mengabdikan diri untuk kepentingan negara meski harus dikirim ke pelosok atau pun di daerah perbatasan,,,jd intinya gk usah terlalu membanggakan sukumu, hanya suku batak yg mampu mengimbangi dominasi suku jawa di segala aspek' suku batak hanya jd presiden aja gk pernah tp kami tidak pernah mempermasalahkan itu sebab sebuah kesuksesan dan pengabdian terhadap negara bukan harus jd presiden,,eh ken ngorok biar ente ngeles gimana pun semua yg ada disini tau kalau ente itu kacungnya prabowo oon, ente blagu ngomong politik tp berfikir waras aja belum mampu,,,dasar oon

      Hapus
    7. fakta apaan om antiembalgo haha!🀣🀣🀣
      eee sblom ngemenk cek dolo, bner gak yg ada difikiran ente. ini guwe liat di wiki setelah suku jawa dan sunda sukunya om raden, cekidot aja sendiri.

      uda dech gausa bawa2 kesukuan, kita smua kan basudara, sedjak jaman nabi adam bok haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  5. ...semoga Wowow sesembahan si Bidadari Sexy, jadi CAPRES seumur hidup


    karena Pemerintahan Pak Dhe sudah berada dalam TRACK ON






    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah wowow jd presiden indonesia,bisa ancuurrr indonesia

      Hapus
    2. ...kalau Wowow jadi Presiden Indonesia


      hancur, bubaaaar dan bocooooooor





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    3. Kalo hancur sih enggak lah, jangan lebay gitu dong...paling juga cuma bengkak-bengkak kaya habis digebukin preman πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Ga digebuki aja mewek, apalagi digebuki..hhhhhhh....

      Hapus
    5. Kenapa duduknya dibawah "atuk"...kita-kita jadi sungkan nih πŸ˜…

      Hapus
  6. ...oh iyaaaaaa

    Mat Rempit sudah ada, Mat Sabu sudah ada...hmmm tinggal ;

    Mat Beken, Mat Petir, Mat Pelor, Mat Peci dan Mat Gombloh



    yang masih kosooooong...





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuuuu...moga2 ga ada yg namanya Mat Tamu 😣😣😣

      Hapus
    2. ...Mat Tamu ndla ndlo nggole'i rondo





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    3. Yang neuhneur pastinya...πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    4. ...neuhneur plus ambucuy





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    5. Yg ambucuy bagian mana nya kisanak...apa perlu dibiak dulu supaya jelas πŸ€”

      Hapus
  7. Wow. Indonesia Military has a new place to fly their flying kite.xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie yg ga punya kite...ngiriii

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Eleehh..ga usah ribut urusan indonesia, hanya akan nambah kedengkian kalian.
      urusi saja lautmu yg sdh dicaplok cina tuh

      Tak berdaya kan?
      Atau jgn2 sdh kalian jual ke cina?

      Hapus
  8. Lokasinya benar2 strategis seperti Natuna. sudah seharusnya disana dipasang radar weibel dan VERA NG ditambah SAM jarak sedang dan dekat (Mungkin bisa duet NASSAM/IRST atau SAMP/T+orlikon skyshield). Kalau perlu ditambah batalyon howitzer(jaga2 kalau di serbu kek zaman jepang dulu ) πŸ˜…, untuk AL minimal ada 2 OPV, 2 KCR 60 meter. Untuk Angkatan udara untuk sementara tidak perlu dibuat skuadron baru cukup satu flight yg jaga2 disana. Kalau ingin lebih taruh 1 batrei pertahanan pantai sekelas bastion atau produk dari barat lupa namanya..haha.. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari barat banyak kisanak, seperti exocet (yg dipake saat perang malvinas), NSM spt yg dipake polandia, finlandia dan norway, rbs-15 versi darat lalu ada lagi rudal Otomatis langitan itali...tinggal pilih yg sesuai bujet

      Hapus
    2. boleh juga tuh om NSM.. mengingat kita sohipan dengan Norwegia. πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    3. Tapi NSM gak pake radar lho kisanak, cuma ngandalin sistim navigasi dan sensor IR...repotnya kalo nembak kaprang di jalur pelayaran yg padat spt selat malaka, apa dia bisa ngenali targetnya dg presisi πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Kalo rbs-15 mk4 yg terbaru malah seekernya sudah pake radar aesa lho, dan kabarnya lebih handal dicuaca buruk krn pake rentang frekuensi yg lebih lebar dibanding seeker rudal anti kapal pd umummnya....dan pasti muahaaaal

      Hapus
    4. Lha rbs yg mo d instal d trimaran jd ga y?
      Klo jd yg seri mk brp, sukur2 mk-4.

      Hapus
    5. Oohh iya om smili.. saumlaki A.K.A pulau jamdena seharusnya dibuat pangkalan terpadu seperti ini. komposisinya sama seperti Natuna dan Morotai.

      Hapus
    6. bau2 seles SAAB nih..haha.. πŸ˜‚πŸ˜‚. Oooowww kalau begitu coba om simili dibabar harga setiap sistem senjata itu.. siapa tahu disini ada petinggi kemenhan yg baca. πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    7. Abdi mah cuma ngiler sama Erieye-ER nya kisanak....πŸ€—πŸ˜ŽπŸ€—

      Hapus
    8. katanya kesengsem dengan wedgetail.??? gimana seh..?? kahkah.. pilih salah satu atau batal semua..πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. Enggak kok, bukan abdi yg kesengsem wedgetail...kisanak master ngitung tuh yg ngebetπŸ™„

      Kalo abdi prinsipnya, negara kita ini kan luas, sementara bujet terbatas...nah utk pesawat AEW abdi prever yg platform murah supaya kita punya pesawat AEW yg lebih banyak sbg proporsi AEW yg mengudara lebih besar dibanding punya AEW yg mahal tapi jumlahnya sedikit πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Sbg perbandingan, biaya operasi pesawat turboprop sekelas saab-2000 kurleb 50% nya biaya operasi boeing 737-700, sedang kalo cn-235/c-295 yg pake winglet bisa lebih irit lg dan lebih sederhana dalam pemeliharaannya.

      Mau gerilya udara, dari pangkalan aju juga oke πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  9. ...MBAH Smiling @


    NEUHNEUR = padat berisi atau bahenol tapi bukan gendut

    AMBUCUY = pipi merah merona + bibir merah merekah + matannya sayu menggairahkan





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  10. ...Kaula arek LARI PAGI yeuh, saha anu rek milu euy ?


    Rhoma Irama ; Hey lari pagi ( lari pagi ) tua muda semua lari pagi ( lari pagi ) untuk bina jasmani

    satu dua...trit triiit...kiri kanan...trit triiit...ayo lari...lari lagi...lari pagi menyehatkan...





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  11. Memang seharus nya indonesia mempunyai rudal seperti s400 selain jauh lebih murah daya efek getar nya jauh lebih mumpuni broo . s400 triumph tinggal gotong ke kupang atau papua hanya butuh 10 menit radar systems mutar mutar ke segala arah siap tembak blar ..blur .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketua_suku_alias_ken_ngorok@ cie cie cie ngomongin s-400 yaa, wahhh hebat dong s-400,,,spesifikasi kemampuan s-400 triumph gimana ya ken ngorok???? cerius ni rok, ane pengen berguru ame ente

      Hapus
    2. Ken Ngorok sebentar lg leher loe dipenggal lev andri,loe lihat aja

      Hapus
    3. Depok sebelah mana om pit gw cari kagak ketemu tuh

      Hapus
    4. ngrok kalo kepala nya di pecahin kaya gini giman ya wkwkw kalo ATM(ANJUNGAN TUNAI MANDIRI) MALON BISA KAYA GINI WKWK https://www.youtube.com/watch?v=w-_D4oZfwmE

      Hapus
    5. https://www.facebook.com/hairus.bayhaqi ada yang mau ketemuan sama ken arok nihh fb nya

      Hapus
    6. Maaf yaa bukan sombong ujub jujur Antek ausi kalian gak bakal mampu menghadapi ganas nya si ketua suku jalan keluarnya kalian harus kerja sama dapat hadiah kejutan lagi atuh vukup cari alamat antek ausi( mat rampit) hadiah nya rp 50 juta broo

      Hapus
    7. banyak cakap kau ketua suku mau kau aku bomoh sama tuk bomoh yang punya karpet alakazam wkwkw

      Hapus
    8. mungkin mungkin bisa kemungkinan bakal ada antek ausi gambang di emperan waduk pluit ?!!!

      Hapus
    9. https://www.facebook.com/hairus.bayhaqi ini wujud ketua suku kau kah wkwkw

      Hapus
    10. Hairus Bayhaqi

      PEKERJAAN
      dinas pendidikan
      Staff

      PENDIDIKAN
      AiCASD - The Art Institute of California - San Diego
      Pascasarjana

      15 September 2014 - Sekarang
      sma 73 jakarta

      SMA
      15 September 1994 - Sekarang

      TENTANG HAIRUS
      aku se orang pengusaha muda.anti krupsion.

      =========
      AiCASD => “..pengusaha muda.anti krupsion...?"
      πŸ˜›

      Hapus
    11. Pengusaha muda yg nyambi jadi pns....eta terangkanlah πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    12. Akun Facebook ? Salah alamat nama akun facebook ku joko tingkir broo

      Hapus
    13. oww ituw mah dolo...yg terbaruwww om antiembalgo adalah antek amrika haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      wuuuwww om pedang kudu liat om antiembalgo ngramu jamuuuu ON terus, spy gak bobo piaraannya haha!πŸ’€πŸ’€πŸ’€

      Hapus
  12. ...kalau dalam Film MISTERI GUNUNG MERAPI atau LEGENDA MAK LAMPIR



    si Ketua Suku / Ken Ngorok ini adalah sosok GRANDONG





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  13. https://www.antaranews.com/berita/755153/panglima-tni-mef-2019-capai-72-persen megenai su35 indonesia akan di tunda suamnya terjawab di mari masa seorang panglima bicara bukan tampa rencana sih wkwkw

    BalasHapus
  14. ...dari PIALA AFC U 16 di Malassia Beruk ;


    Jepang U 16 JUARAAAAAA, berarti cuma Timnas U 16 Indonesia yang bisa dan mengerti cara untuk mengalahkan mereka...( Jenesys Cup )





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  15. ...nach sekarang tinggal 10 hari lagi PIALA AFC U 19 di Indonesia,


    dari ASEAN tetap cuma 4 negara yang sama yang berlaga di AFC U 19 yaitu ;

    Indonesia

    Malassia Beruk

    Thailand

    Vietnam


    ...bedanya, 4 4nya terpisah di group A, B, C, D...jadi saling menentukan nasibnya sendiri2





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus