27 Oktober 2018

Jet Sukhoi Su-35 Pertama Diserahkan Agustus 2019

27 Oktober 2018


Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : escuadron16)

MOSKWA, KOMPAS – Proses pembelian jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia terus berjalan. Menurut rencana, pesawat Sukhoi pertama ini akan diserahterimakan pada Agustus 2019.

Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi di Kedutaan Besar RI untuk Rusia, Moskwa, Rabu (24/10/2018) malam, mengatakan, perjanjian pembelian pesawat tempur Sukhoi secara prinsip sudah ditandatangani. Hal yang masih dinegosiasikan adalah jenis komoditas yang akan dibarter dalam pembelian ini.

”Ini pekerjaan Kementerian Perdagangan. Ternyata tidak sederhana karena dalam 16 daftar yang diakui dan disetujui oleh mereka itu banyak komponennya. Bukan hanya karet, melainkan juga ada kopi, teh, dan lainnya. Bahkan, alat-alat militer mereka juga bersedia. Apakah kita siap dengan itu. Jadi, lebih pada masalah teknis,” ujar Wahid.

Atase Pertahanan KBRI Moskwa Kolonel Firman Dwi Cahyono mengatakan, pembahasan masih berlangsung. Awalnya, Pemerintah Indonesia akan membeli 16 pesawat, kemudian berkurang sesuai dengan anggaran.

Menurut rencana, kata Firman, pesawat Sukhoi akan diserahterimakan pada Agustus 2019. ”Kalau kontrak efektif sesuai jadwal, kemungkinan Agustus 2019 dua pesawat,” ujarnya.

Transfer teknologi

Dalam rangka transfer teknologi, proses pembelian ini akan melibatkan industri pertahanan strategis di Indonesia. Menurut Firman, hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 bahwa pemeliharaan dilakukan di dalam negeri.

"Itu dalam proses sehingga industri strategis pertahanan kita perlu dilibatkan,"ujarnya.

(Kompas)

69 komentar:

  1. Balasan
    1. Kesian
      Rusia tidak mau bantu maintenance MKM lapok si miskin malon yang bengap di hanggar.

      Hapus
    2. Kesian MKM malon makin lapok Wkwkwk

      Hapus
    3. kalo jalan buntu, solusinya yaa dilego aza mayan kan buat bayar tagihan haha!😋😋😋

      nanti kapan2 kan bisa beli lagi yg laen, tp nunggunya ituolo mana tahan haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. IFX still powerful than SU-35 based on Indons forumer.

    USA and France order 40 units of IFX from Indons Plastic factory.xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. bakul abab27 Oktober 2018 08.06
      tak masalah kalau baru beli replika plastik, toh pelaksanaan perwujudan tetap dikerjakan, faktanya Indonesia konsisten dalam pekerjaan mewujudkan cita²nya,
      MALASia kere, BURUNGNYA SAJA TIDAK BISA NGACENG.... IMPOTENSI 😝😝😝😝

      Hapus
    3. Ada beruk yg iri hati n jealous,Jom call dokter hewan Wkwkwk

      Hapus
    4. Unknown always hoax.
      Stupid comment

      Hapus
    5. Super Tucano more powerfull than hanggar Queen malon su 30 MKM 😁😁😁😁

      Hapus
  3. Ingat target capaian minimum jumlah pesawat tempur TNI AU sampai tahun 2024 adalah 180 unit... Jangan sampai luput... kita kawal...

    BalasHapus
  4. Ingat target capaian minimum jumlah pesawat tempur TNI AU sampai tahun 2024 adalah 180 unit... Jangan sampai luput... kita kawal...

    BalasHapus
  5. Haduhhhhh... Bakalan ada yang kena kram otak setelah baca ni artikel. . Apalagi pas baca paragraf yang ini "Ini pekerjaan Kementerian Perdagangan. Ternyata tidak sederhana karena dalam 16 daftar yang diakui dan disetujui oleh mereka itu banyak komponennya. Bukan hanya karet, melainkan juga ada kopi, teh, dan lainnya. Bahkan, alat-alat militer mereka juga bersedia. Apakah kita siap dengan itu. Jadi, lebih pada masalah teknis,” ujar Wahid.


    Ternyata rusia pun juga suka barang plastik 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwekekekek..😂😂

      "..Bahkan, alat-alat militer mereka juga bersedia.." 😱

      Topi miring oplosan mau/gak kamerad..? Dijamin, vodka ente mah lewat daah...😁

      Hapus
    2. perlatan militer yg diproduksi Indonesia.. mungkin RHIB(Buatan PT LUNDIN), seragam militer (sudah dipesan banyak negara NATO), rompi anti peluru (banyak digunakan TNI/POLRI), Atau mungkin kapal LPD/LST mereka berminat juga mungkin..?? 😀😀😀

      Hapus
    3. iyo oplosan...vodka mah lewat.........langsung lewat kealam lain

      Hapus
    4. Jom call dokter hewan bro,ada beruk get stroke Wkwkwk

      Hapus
    5. Bung @pedang setan.. kalo topi miring ogah dah bung. . Mending tangkur buaya aja 🤣🤣

      Hapus
    6. Sudah pengalaman imbal dagang pada waktu pembelian sukhoi pertama ada imbal dagangnya.

      Hapus
    7. Jangankan rusia yang suka barang plastik, si rosmah buruk rupa pun suka plastik

      Hapus
  6. 11 itu angka resmi? Sisanya barang ghaib...

    BalasHapus
  7. Grant from Loan and exchange of Palm Oil.xixixi

    Better use your Money to finance your infrastructure to lessen your burdens in poverty.take note that lots of Indons suffered from malnutrition due to poverty and lack of support from Indons Government. Contrary to Indons Government spending in useless military plastic plane and ship waste of money. INDONS dont know how to balance and spend money and they dont know what they are doing and that is why lots of Indons go to another countries looking for a greener pasture. Record says that around 150,000 Indons working here in KL as house helper and in production. As KL has a kind heart and respect to other, Indons had given equal oppurtunities from salary to work treatment.

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon tak ada kepakaran kerja. malas = tak guna. sabab tu lah goverment malon need migrant worker. kalo TKI balik ke indonesia.. bangla.. maka projek malon akan berhenti.

      apa yang dipakai.guna bayarhutang? malon akan jual pulau dan pantai seperti srilanka.

      sementara ini malon jual dadah guna penghasilan haram kas kas kerajaan. kerana malon memanglah takde kepakaran.
      kesiaan malon hanya pakar menyewakan toilet guna dipakai migrant worker.

      that your destiny lon malon 😀😀😀

      Hapus
    2. https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4176197/mahathir-saya-yakin-china-tak-ingin-malaysia-bangkrut..bentar lagi juga bangkrut lu lon....😂😂😂

      Hapus
    3. Rakyat malon memang tak ada kepakaran, rakyatnya beruk dungu semua.
      Rakyatnya pemalas dan tukang maling, hoby nujum kat dukun

      Hapus
    4. Eleh cakap banyak ko lon,MKM dan pendekar ko tuh pun di beli pake sawit dungu,bercermin lon Wkwkwk

      Project MRT,highway,port ect di indonesia,MRCA on progress,beza dgn malon project infrastructure di cancel kerana tak de wang,MRCA pun cancelled Wkwkwk...kesian malon bangkrup teruk Wkwkwk

      Hapus
    5. o.iya mkm malon kan barter sawit. halaah sama numpang piknik kat planet namet.. halaah lon malon 😀😀😀😀

      Hapus
    6. tank pendekar itu tank beli apa ambil bekas perang juga belum pasti.

      Hapus
    7. Pekerja kasar dan ilegal cina pun banyak datang ke indonesia, apakah berarti cina miskin lon??

      Hapus
    8. lah aselinye, mbak2 ituw turis di KL, skalian nyambi jd expat, mantap haha!😎😎😎




      Hapus
    9. Poor Malon jealous.. no have money to buy sofiscated military equipment 😁😁😁 Poor Malon only buy under speck plastic Chinese gun boat ships with 25 year soft Loan 😂😂😂😂

      Hapus
  8. 11 su 35. berharap 5 ny lg Pak-Fa

    BalasHapus
  9. Beruk2 Malons semakin bengap dan stres otaknya.. xixixixiii.. Nak beli pesawat pun mesti tunggu 2055.. kahkah.. salam capcay 2055..!!! 😂😂😂😂..

    BalasHapus
  10. woowww ternyata rusia suka alutsista plastik buatan indonesia, alutsista plastik made in indonesia punya kwalitas yg buat negara melirik,,,mantapssss
    malon beruk cuman bisa manjat pohon ame curi pisang kwkwkwkkk

    BalasHapus
  11. alat2 militer??? =>>> tank boat made in indonesia

    BalasHapus
  12. made in indonesia dr plastik tp dilirik negara besar,,,kereennn

    http://aceh.tribunnews.com/2018/08/01/dilirik-rusia-apa-kehebatan-tank-boat-antasena-buatan-indonesia

    BalasHapus
  13. Sukhoi MKM malasia lapok jangankan untuk nambah, untuk perbaikan pun tak da wang, Malasia terlemah se ASEAN beda kasta dengan Indonesia raksasa tenggara

    BalasHapus
    Balasan
    1. MKM malon jadi besi buroklah tuh Wkwkwk

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. Mana yang lebih jaguh...Super Tucano TNI atau TUDM SU30MKM bengap tak ada spare part di hanggar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tucanolah,tucano boleh terbang dan ada sparepart,MKM bengap di hanggar terus je,tak boleh terbang kerana tiada sparepart

      Hapus
  15. Dijopa-japu karo pak wachid supriyadi.....eeeeergh, de javu karo pak wachid 😂😂😂

    Nganti kapal temen aku karo tukang PHP kelas wachid, siji iki....pendak ketemu sing rembug "bulan agustus sukhoine teko", yen luput yo kari ditambahi tahune 🤦🤦🤦

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggono kui ket anakku lagi umur setahun....nganti saiki wes mlebu TK kecil

      Hapus
    2. Lah ra tego wae, yen meleset terus mengko ndak pak wachid ki keno pasal anti hoax....

      Hapus
    3. Lha kui anak saka bojo sing nomer piro mas smili ?

      Hapus
  16. Ngopi2 pake Susu....Kasihan deh Lu...SUKHOI 35 YES...YES...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya donk esyu 35 pespur terbaik, bisa geal geol haha!😉😉😉

      makin banyak, yg sebelah makin ketinggalan jauuuuuuuhhh haha!😜😜😜

      Hapus
  17. ...cukup 4 unit Su 35 Flanker E dengan Full Combat...untuk MEMBUMI HANGUSKAN Menara Kembar PETRONUS, Ibukota Kuala Beruk dan sekitarnya





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  18. Kasian poor Malon harus meneteskan air liur tengok Jiran nya shoping aset militer premium terus 😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan premium minyak jelantah, tak guna... Wkwkwk

      Hapus
  19. Waduh... Semakin Ketinggalan Malassia, mirip binatang yang jaLan'y mundur.. Hehehe.. Kasian.. MaLon

    BalasHapus
  20. berita yg menggembirakan...dengan konsistem pendirian langkah pemerintah saya ikut mengapreasi...good job

    BalasHapus
  21. Horeeee.... Asepin negara kacung cina

    BalasHapus
  22. Sebenarnya yang bener tu moskow atau moskwa se? Binggung ayas

    BalasHapus
  23. Bonus THR Hari Raya Lebaran 2019 Bersama Anapoker

    Pada kesempatan kali ini kami agen Poker Online terbaik dan terpecaya Anapoker ingin ikut berpatisipasi dalam rangka merayakan hari raya lebaran 2019 dengan memberikan bonus THR kepada member setia Anapoker yang sudah pernah melakukan deposit atau yang sudah aktif dalam bermain.

    Berikut Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku :
    – Promo berlaku pada tanggal 5, 6, dan 7 juni 2019
    – Minimal melakukan deposit sebesar 50rb akan langsung mendapatkan bonus THR sebesar 10%
    – Dapat melakukan withdraw dan pindah dana apabila sudah mencapai turnover sebanyak 3x
    – Bonus berlaku untuk 100 user id pertama
    – Contoh: deposit 200rb mendapatkan bonus 10% (200.000 + 10%) = 220.000 x 3 = 660.000 untuk bisa melakukan withdraw atau pindah dana
    - Maksimal Bonus 2.000.000,-
    – Promo ini tidak bisa digabungkan dengan promo lain
    – Tidak di perbolehkan kesamaan data Nama, No Rek & No Telp.
    – Kami berhak membatalkan bonus dan membekukan userid apabila terdapat segala bentuk indikasi kecurangan.
    – Keputusan anapoker adalah mutlak yang tidak dapat diganggu gugat.

    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  24. Anda dipersilakan untuk ACCESS LOANS FIRM di sini, kami memastikan Anda mendapatkan pinjaman terbaik untuk bisnis Anda atau membayar tagihan Anda. Jawab saja beberapa pertanyaan sederhana dan penuhi persyaratannya. Hubungi kami sekarang untuk pinjaman 3% untuk semua pinjaman, mudah, cepat, dan aman.

    PINJAMAN TERSEDIA YANG KAMI TAWARKAN ADALAH;

    * Pinjaman Pribadi dan Pinjaman Perumahan,
    * Renovasi rumah dan tagihan Rumah Sakit
    * Pembesaran Bisnis
    * Refinancing Ekstensi Pertanian dan Penambangan Emas
    * Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
    * Pinjaman Bisnis dan Pinjaman Investasi

    INFORMASI KONTAK ADALAH;

    KANTOR KEPALA (accessloansfirm@gmail.com)

    WHATSAPP: +12342018860

      Pinjaman yang baik dimulai dengan Pinjaman yang lebih baik

    BalasHapus