18 Oktober 2018

Dibayangi Sanksi AS, Indonesia Tetap Beli Sukhoi Su-35 Rusia

18 Oktober 2018


Pesawat tempur Su-35 (photo : Nicholas Sagan)

Jakarta, CNN Indonesia -- Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva mengatakan proses pembelian pesawat Sukhoi antara Rusia dan Indonesia tetap berjalan meski dibayangi sanksi Amerika Serikat.

"Negara-negara tidak takut (terhadap sanksi AS). Turki dan India masih membeli peralatan militer kita, begitu juga Indonesia," ucap Vorobieva dalam jumpa pers rutin di kantornya di Jakarta, Rabu (17/10).

Vorobieva mengatakan kesepakatan pembelian 11 jet Sukhoi SU-35 antara Rusia-Indonesia masih berlangsung, bahkan sudah melakukan penandatanganan kesepakatan. 

Meski begitu, dia mengatakan belasan jet tempur militer berteknologi canggih itu kemungkinan baru diterima Indonesia tahun depan, setidaknya sebelum akhir 2019.

"Kontrak (pembelian) memang sudah ditandatangani. Tapi pesawat-pesawatnya masih harus diproduksi sehingga butuh waktu untuk selesai," papar Vorobieva.

Selain itu, Vorobieva memaparkan Indonesia juga memerlukan waktu untuk melatih sejumlah pilot-pilotnya supaya bisa menerbangkan jet-jet tersebut.

"Selain itu, juga masih ada beberapa detil yang perlu difinalisasi antara kedua negara."

Wacana pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) ini memicu kekhawatiran bahwa Jakarta akan terkena imbas embargo Negeri Paman Sam.

Seteru Rusia dan AS membuat negara Paman Sam itu kerap menjatuhkan sanksi kepada negara-negara yang memiliki relasi atau kerja sama pertahanan dengan musuh-musuhnya. Sebelumnya, AS sudah menjatuhi sanksi bagi China.

Indonesia juga pernah terkena embargo AS. Embargo ketika itu dijatuhkan lantaran Indonesia dianggap melanggar hak asasi manusia dengan menembaki demonstran di Dili, Timor Timur (kini Timor Leste), pada 12 November 1991.

Gedung Putih juga sempat menjatuhkan embargo militer untuk Indonesia pada pada 1995 sampai 2005. Paman Sam menyetop penjualan senjata dan suku cadang untuk meremajakan pesawat-pesawat TNI yang dibeli dari mereka.

Pada 2017 lalu, Presiden Donald Trump memberlakukan Undang-Undang Penerpan Sanksi untuk Melawan Musuh-Musuh AS (Countering America's Adversaries Through Sanctions Act/CAATSA).

UU tersebut melegalkan AS memberlakukan sanksi ekonomi terhadap negara-negara yang melakukan bisnis pertahanan dan intelijen dengan Rusia, Korea Utara, dan Iran.

September lalu, China terkena imbas CAATSA lantaran membeli senjata dari Rusia. Sementara itu, India juga disebut terancam sanksi AS tersebut lantaran sepakat membeli sistem pertahanan rudal senilai US$5 miliar dari Moskow.

"Tentu sanksi-sanksi tersebut adalah bentuk campur tangan AS terhadap urusan internal negara lain dan juga hubungan bilateral negara lain," tutur Vorobieva.

"Sanksi AS adalah ilegal. Di sisi lain, Rusia bisa menyediakan berbagai jenis peralatan militer apa pun yang dibutuhkan Indonesia dengan kualitas tinggi namun harga terjangkau.

(CNN)

137 komentar:

  1. Omaegot,Omaegot...sebelum akhir thn 2019 Su-35 indonesia sudah datang...Omaegot,Omaegot...aq makin panas,iri hati dan get stroke nih,jom call dokter hewan Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelak2 aku membaca koment anda om pit

      Wkwkwkwkwk
      πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    2. xixixi...ada yg panas bro

      Hapus
    3. Ngopi..ngopi mas bro...heehee

      Hapus
    4. Negara menuju bankrupt ditambah sanksi perdagangan drpd Amrik. Omaegot!Benar2 akan bankrupt ini indon. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
    5. Sejak bila indonesia kena sanksi US lon,jgn melancap sahaje kerja ko tuh lon Wkwkwk

      Hapus
  2. Manusia yg punya otak hewan dan iri hati nanti akan komen Su-35 indonesia basic,ompong,Su-35 indonesia plastik,dibelinya pake kerupuk dll Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. SU35 yang dibeli indonesia dari plastik

      Kahkahkahkah

      Jom panggil dokter hewan yang pernah operasi plastik muka si rosmah

      Kahkahkahkah

      🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Ssssttt..su-35 kita pasti masyuk daptar impor SIPRI bkn SUPRI haha!🀫🀫🀫

      apalagi kri 405, siyap saji..ngupi ngupii aahh haha!☕☕☕
      https://www.youtube.com/watch?v=X-Y3ZfBLZJU

      405 bersama abangnya si cakra 401 haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://defence.pk/pdf/attachments/d83844c8-2fc8-46c1-9f90-b79f52d54535-jpeg.505884/

      salam shopping soping 3 MATRA tempur se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Thailand dan Filipina, Xlalu shoping bersama okeh oceh πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
  3. Balasan
    1. Mau dikipasin pakai kipas scorpennya malon kangmas....

      Xixixixi

      Hapus
  4. Alhamdulilllah....
    Lanjutttt...!!!

    BalasHapus
  5. Waduh ku bikin indon rawan embargo tp rupanya masih dicucuk hidung oleh mamarika.salam freeport digadai tuan2 dan puan2.Ditambah dgn aset bnyk ompong gimana mau perang πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngayal perang bro?
      Katrok amat..? 😁

      Hapus
    2. Dari pada ngayal perang, urus 'titit' ente tuh...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Betul aq cakap ada manusia punya otak hewan dah mulakan cakap hoax Wkwkwk

      Hapus
    4. Njir.. pagi" udh ngelawak nih Malon Maid of London

      Hapus
    5. Amerika sudah di tendang dari freeport baca berita terbaru dong.
      Saham terbesar sudah punya indonesia.

      Si unknown ini monyet dalam tempurung. Isi otaknya sama dengan otak monyet, taunya cuma pisang!

      Kahkahkahkah

      🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Dia memang monyet broo

      Hapus
    7. malon otak dalam baskom... liat perkembangn dunia lon. yg lo buka setiap hari cuma situs ini doang sama situs bokep sih... makanya otak lo mengecil lon....timpang sama otak beruk....LAUGH JE...

      Hapus
    8. Gw kepret jd kunyuk luh

      Hapus
    9. Negara miskin malon bangkraps sudah habis di gadaikan ke China 😁 belum lagi aset udara banyak yang usang dan tak dapat terbang.. 98% armada Malon hanya gunboat ompong yang dengan nelayan China saja takut.. poor malonsial 😁😁😁😁

      Hapus
  6. Yang bikin mbulet beritanya juga ternyata..😁

    #nunggu 405 (STi) 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makin panas kawasan bila si lontong keluar dari sarangnya om...xixixi

      Hapus
  7. Kontrak udh ditandatangani itu yg penting

    BalasHapus
  8. PARA CELENG² MALASia berkomentar dengki....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada tuh satu celengnya muncul bro Wkwkwk

      Hapus
  9. 2019 selesai case Su35
    2019 deal Chinook dan Iver
    2020 deal Viper atau Grippen

    Cihuuiii... yg penting nambah terus tiap tahun... terserah merk nya apaan...πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    Nanti November 2018 kita dengarkan rencana Budget anggaran 2019 bro mudah2an budget defense naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane penasaran ama amphibious aircraft nya mas...😁

      Hapus
    2. Ihh om super sok tahu deh,om super kasi PHP segala Wkwkwk

      Hapus
    3. Jiahh kayak arwah aja mas pake penasaran segala πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Eh barusan beneran liat tampilan "The Beast Black Octopus" kasel di PT.PAL berbalut merah putih. Acara launchingnya minggu2 ini kayaknya ya mas ?

      Emejing... seneng banget lihatnya.. ternyata foto2 bocoran kasel dulu itu memang dibuat di PAL beneran dgn motif hanggar warna biru.

      LPD udah
      KCR udah
      Pesawat rotor udah
      Tank udah
      APC udah
      Riffle udah
      Heli udah
      Kasel udah
      Amunisi udah
      IFX otw
      UAV otw
      Rocket otw
      Anti tank otw

      Jadi apa lagi yg bisa kita otewe kan ?? Heli tempur ? 😊😊😊

      Hapus
    4. Banyak yg belum kesebut mas'e..😁

      JDAM kategori 'udah' atau 'otw'?πŸ˜‚

      Hapus
    5. mas super lupa.. SAM jarak sedang/jauh tidak dihitung.. kan kemarin KASAU bilang Indonesia membutuhkan tipe SAM seperti itu dlm beberapa tahun kedepan. πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    6. Wadawwww

      Eh kalo kata mas @palu apasaja boleh yg penting jangan lupa gelar tiker.. eh carpet bombing nya... wkwkwkwkwkwk πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. nah ini yg namanya staitment bertanggung jawab dan bukan staitment pemikiran liar yg terkadang sengaja dimunculkan media karena sulitnya mencari berita yg hot,,,apakah TNI AU sebodoh itu mengambil resiko tetep nyolot mempertahankan pengadaan su-35 ditengah ancaman sanksi catssa tanpa ada hitungan2 dalam hal strategi dan maintens nya???? setiap pengadaan pespur di suatu negara biasanya ditentukan pengaruh masukkan para pilot negara tersebut sebab para pilotlah yg lebih detail mengetahuin keunggulan dan kekurang sebuah pespur, kalau oknum2 diluar pilot mereka hanya berpatok pada data tertulis' sementara yg ditulis bisa tidak sesuai dengan fakta, pemelihan su-35s ini jelas dipengaruhin faktor su-27 indonesia sebab su-27 indonesia sesungguhnya su-35 besic, jd pemilihan su-35s sudah ada dasar yg kuat dan bukan ajang coba2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omaegot,Omaegot...Betul keh Su-27 sesungguhnya basic Su-35 om,kl betul aq makin stroke nih om,Jom call dokter hewan om Wkwkwk

      Hapus
    2. nyoiii om pit, kita sudah pakai su-35 besic 3 unit,,,apakah ada staitment kita pernah su-35??? tidak pernah ada' yg kita beli su-27 dan ternyata su-27 yg kita beli itu adalah versi su-35 besic,,,jd pemilihan su-35s ini sudah ada dasar yg kuat dan dipengaruhin faktor masukkan para pilot.
      https://id.wikipedia.org/wiki/Sukhoi_Su-35?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1696939545

      Hapus
    3. yg makai su-35 besic tu rusia, venezuela dan indonesia.

      Hapus
  12. CAATSA =>>> PERSAINGAN ULAT BELATUNG, udah mahal pakai maksa lg,,,paraaahhhh

    BalasHapus
  13. india sudah lolos, vietnam dan indo menyusul

    jika pakde Mattis belum mundur dan lobi2 om Pence masih meraung2 di ruangan kongres


    klo bilang harganya terjangkau sekalian dong biaya MRO sma spareparts nya juga terjangkau.

    release Ecm countermeasure dulu ah biar gak ke lock sama sistem radar pensboys

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Off topic. Malaysia could be the next Greece.

    "Hutang negara lebih besar – Mat Sabu

    Azrul Hakimie Anuer
    pengarang@utusan.com.my
    13 Oktober 2018 3:00 AM

    KUALA LUMPUR 12 Okt. - Nilai sebenar hutang negara adalah jauh lebih besar daripada RM1 trilion yang dinyatakan oleh Menteri Kewangan, Lim Guan Eng sebelum ini, namun itu terpaksa di­sembunyikan supaya Malaysia tidak menjadi muflis.

    Menteri Pertahanan, Mohamad Sabu berkata, itu hakikat yang berlaku sekarang yang jika diumumkan bimbang negara akan menjadi muflis seperti Greece.

    “Parah ini (hutang) saya rasa akan berterusan untuk setahun dua yang akan datang, bila hutang yang sebenar pun terpaksa kita sembunyikan lagi.

    “Yang diumumkan RM1.04 trilion itu hanyalah yang begitu nyata, tetapi ada lagi banyak lagi yang kalau diumumkan kesemua kita bimbang kita sudah menjadi negara seperti Greece. Ini hakikatnya yang berlaku di Malaysia sekarang,” katanya."

    http://m.utusan.com.my/berita/nasional/hutang-negara-lebih-besar-mat-sabu-1.766477

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini "BREAKING NEWS" / bukan?

      😊

      Hapus
    2. Astaghfirullohhalazimmmmmmmmmmmmmmmmm.....
      omegittt....
      amajing...

      Bangkrap tetnyata jd nyata

      Hapus
    3. Coba di cek sekrang ekonomi Yunani mendekat kemana

      dikasih utangan dan bantuan uni eropa malh dipake belanja alutsista melulu sih

      Hapus
    4. Negaranya dah miskin gagal total cem greece,tapi rakyatnya masih bisa cakap sembang dan sombong,kl dah otak hewan tipikalnya tak lah rakyat malon tuh malu

      Hapus
    5. Btw, Yunani ternyata punya S-300 yaak...😱

      Hapus
    6. Mat sabu ini Lebih baik pindah warga negara saja.
      Daripada nanti dia dianggap penghianat negara malon, karena membuka rahasia2 negara malon.
      Terus dibom C4 seperti kasus altantuya itu

      Hapus
  16. xixixi.

    Thats better for Indons. They will no longer build their so called IFX mosquito hunter xixixi using Hyundai Engine.xixixi

    LAUGH xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon bangkarp, your country stupid akut,,,salam_sesak_nafas2055

      Hapus
    2. Hyundai engine > W15(not copy)

      Hapus
    3. Unknown ada pic dgn unknown tiada pic orangnya sama Wkwkwk...manusia yg punya otak hewan nih tadi dah mulakan troll dan hoax

      Hapus
    4. Jom panggil dokter hewan buat si unknown beruk yang pernah operasi plastik muka si rosmah

      Kahkahkahkah

      Hapus
    5. Poor malon air force unable to fly because aircraft without engines πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  17. Trump itu capitalis tulen ,yang ada di otaknya itu hanya Dollar masuk . Indonesia sudah menyampaikan pada AS bahwa kita akan beli juga alutsista dari AS . Yaitu pesawat angkut,hely angkut berat,hal ini di gunakan sebagai " bujukan " agar tidak di kenakan sanksi.
    Lagi pula kita hanya beli beberapa pesawat tempur dari Rusia yang bagi AS tak punya arti apa-apa.Lain halnya kalau yang dipesan Indonesia ke Rusia misalnya S-300 atau yang lebih canggih lagi S-400 maka ceritanya akan lain.
    Sistem pertahanan seperti S-300 jika di miliki Indonesia bisa menjadi ancaman srius bagi pesawat AS yang suttle antara Ausi dan timur jauh korea,jepang,singapure.Dalam keadaan damai memang pesawat AS tak akan masuk wilayah RI tanpa permisi tapi dalam keadaan perang maka wilayah RI adalah medan perang .

    BalasHapus
  18. Their IFX mosquito hunter is reserve and sooner to be a bat and bird catcher. London, USA, France, Germany are interested to buy Indons IFX mosquito hunter to be use for their farm to catch Birds, insect, bats, eagles, fireflies, butterflies which infest their plants. good job Indons!

    LAUGH xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. only mosquito which are afraid of ifx capability hunting mosquitoes

      get lost pest
      here the song to calm you down
      https://www.youtube.com/watch?v=ueNr7mfFZu8

      Hapus
    2. malon keyboard warrior tak guna disini... kalo fakta negara malay sdh bangkraf...fail state.. camkan hey maid of london aka malon...

      Hapus
    3. Mendingan baca2 ini dulu mas Unknown sebelum makin kronis :

      https://www.webmd.com/stroke/guide/stroke-causes-risks

      Dan cara penanggulangannya :

      https://www.healthline.com/health/stroke/drugs

      Happy Life.. cheers

      Hapus
    4. Hihihi...ada manusia punya otak beruk mulakan cakap iri hati

      Hapus
    5. Better than Vita berakvi malonsial 😁 most worst alien gun in the world πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  19. Off topic.

    Really nice song: "Jealousy" by Queen.

    https://youtu.be/8rSSmgXEKuY

    BalasHapus
  20. SU-27 = Su-35 besik

    Avanza 2004 = Avanza 2018 besik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh...

      Yg versi TRD Sportivo ada mas ??? πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Emange tipe TRD Sportivo itu seberapa "TRD" sih mas..? 😊

      Apa setaraf Brabus/AMG/Mugen-an..? πŸ˜€

      Hapus
    3. Sukhoi Su-35 TRD Sportivo dipake kalangan militer Rusia sendiri
      untuk ekspor ada Su-35 TRD S yg sudah diekspor ke china
      pihak Rusia tidak bertanggung jawab atas munculnya ekspor sukhoi yg ada tempelan sticker TRD Sportivo macem tetangga sebelah.

      Hapus
    4. Jangan bandingin TRD Sportivo sama AMG dll atuh mas PS..

      Biasane TRD versi sini bedanya di Spoiler, jahitan di setir, cover spion dll yg modelnya pemanis... kecuali dulu pernah ada 42ner sportivo yg seinget saya shocknya agak beda, ada emboss TRD nya hehehehehe

      Nahh kalau AMG atau Brabus mah kelas berat.. dari mulai spoiler, tail muffler, Engine, kevlar interior sampai bigbrake juga dipasangin.. :-D

      Hapus
  21. ayuh.. sahabat2 di seberang usah takut dengan sanksi dari USA.. kita serumpun kalau bersatu bisa ampuh.. saya amat menyokong kalian secara peribadi.. peace..

    BalasHapus
  22. Haha kita ketawa baca berita palsu di atas mau pemilu rezim palsu gaku gaku sukarnois fakta nya boneka bank dunia imf .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente dagang ginian ga bakal laku bro..belum nyadar kah?

      Hapus
    2. Biarin aja lah bro...ditanggaepin makin bertingkah dia

      Hapus
    3. Gaku gaku itu sejenis Songoku nya Dragon Ball ?

      Hapus
    4. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚..oalaah lee..le...
      Sekolahmu mbiyen gek koyo opo..πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    5. Intel MEIO malon mulakan adu domba dan hoax

      Hapus
    6. Maaf saja nenek mega bakal meyesal seumur hidup , aturannya memilih capres seperti bapaknya sukarnois sejati bukan tukang tipu boneka bank dunia imf .

      Hapus
    7. KAMI TIDAK PEDULI SIAPAPUN PRESIDEN YANG MEMIMPIN NKRI, YANG KAMI FOKUS ADALAH ALUTSISTA NKRI SEMAKIN HARI SEMAKIN MAJU...

      Hapus
    8. Mantap mas OI..πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  23. Bentoel bro, Malon sudah setara Vanuatu di bidang pertahanannya sekarang.

    BalasHapus
  24. aku punya foto persiapan peluncuran kapal selam pt pal....malaysia pasti suka

    BalasHapus
  25. Bukan suka mas tapi duka cita bagi Malon yg termenung mojok di WC.

    BalasHapus
  26. Kalo saya sih curiga australia ada dibalik amerika, supaya indonesia gak jadi beli sukhoi

    BalasHapus
  27. Berita yang bikin sesak nafas πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowo?? Cemplungin kelaut

      Hapus
    2. Udah ada prediksinya ekonomi Indonesia kedepan memang bakal masuk 5 besar di 2030 dan masuk 4 besar di 2050, ngapain juga 2019 ganti presiden, apalagi Wowo yg jadi presiden sebelum 2030 juga dah bubar, ngomongnya aja 2030 bubar, aneh

      Hapus
    3. Dunia islam ???? Mimpi . Kalau mau jelas siapa Wowo ,telusuri mulai dari silsilah keluarganya,agama keluarga,sepak terjangnya dan sampai saat ini . Bibit ,bebet dan bobot harus dilihat dulu .
      Indonesia tak butuh orang yang jago orasi sok patriotism ,mengebu-ngebu,mimpi diawang-awang tapi meramalkan Indonesia hancur 2030 . Ide banyak bagus tapi realisasi itu yang penting .

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persiapan perang akhir jaman mas... pemerintah kedepan memang harus sdh mulai mempersiapkan segala sesuatunya... masa mo jadi penonton aj... liat aja rusia china...

      Hapus
    2. Dusta, dusta kalo dibilang netral, sebab @anak angon bilang...."lanjutkan ya" 😎😏😎

      Hapus
    3. Bela negara cukup dengan Pramuka
      Bela diri cukup dengan pencak silat
      Bela moral cukup dengan Pancasila
      Bela agama cukup dengan mempelajari toleransi dan mempelajari kitab tuhan yang damai

      Hapus
    4. Pantesan otak dengkul anak angon tohπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. diangoni sebelum pemilu
      diumbar setelah pemilu

      dicancang nek kepengen laken

      Hapus
  30. ...WAJIB MILITER itu sangat besar biayanya, misal ;

    dari populasi -+ 265 juta jiwa yang usia 18 s/d 40 tahunnya itu sebanyak 120 juta jiwa...berapa yach biayanya ?


    Ane lebih setuju dengan penambahan PERSONIL TNI, karena lebih Efektif dan Efisien...misalnya dari 476.000 menjadi 750.000 personil dan ditambah dengan pasukan Cadangan






    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...contoh ;

      biaya WAJIB MILITER per jiwa minimal Rp 1.000.000,-...maka ;

      120 juta jiwa x Rp 1.000.000,- = Rp 120 Trilyun





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. Nggak perlu penambahan sebanyak itu.

      Cukup dengan pelatihan intensif sehingga lebih banyak infantri reguler bisa memenuhi syarat untuk masuk Kostrad.

      Yang perlu banyak ditambah itu adalah personil AL, AU, marinir, dan para pilot empat matra baik pilot pespur, pilot helikopter maupun pilot pesawat angkut beserta para kru darat seperti teknisi.

      Hapus
    3. tentara hasil sukarela atau voluntary lebih baik daripada wajib militer terutama dari moralnya


      Hapus
  31. aneh' ada yg ngaku2 netral tp ingin ganti presiden, letak netralnya dimana?????
    pemerintah saat ini lebih mengutamakan stabilitas ekonomi ketimbang pro sana pro sini yg ujungnya berimbas pada satabilitas ekonomi kita, indonesia membutuhkan stabilitas ekonomi panjang agar ekonomi indonesia benar2 tangguh,,,pemerintah saat ini menjalin kerjasama dengan us atau pun blok barat bukan berarti pro us atau barat, pemerintah sekarang pun menjalin kerjasama dengan rusia, china dan negara blok timur lainnya' hanya orang buta politik yg menyatakan indonesia saat pro us atau blok barat, posisi politik indonesia di pemerintahan sekaran jelas NON BLOK, posisi politik non blok indonesia ini adalah pilihan yg tepat untuk menjaga stabilitas ekonomi yg panjang' aku jg gk suka sama us tp terlalu tolol bila aku tidak mendukung upaya2 pemerintah menjaga stabilitas ekonomi indonesia dengan cara menjalin kerjasama dengan us dan blok barat lainnya, non blok ini adalah satu2nya cara yg tepat untuk menjaga stabilitas ekonomi kita agar mencapai titik ekonomi yg tangguh kedepannya.

    BalasHapus
  32. ...betuuuul bro TN @

    Ane rasa dengan jumlah 750.000 personil TNI sudah IDEAL, baik secara jumlahnya ataupun juga Ekonomisnya...rinciannya ;

    - 350.000 personil TNI AD

    - 225.000 personil TNI AL

    - 175.000 personil TNI AU





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan kalo segitu.

      Emang mau berapa kapal dan berapa pesawat kok pasukannya segitu.

      Jumlah personil AURI itu idealnya maksimal 68 ribu dengan armada pesawat 2x jumlah sekarang.

      Jumlah personil alri maksimal 150 ribu.

      Hapus
    2. Kebanyakan kalo segitu.

      Emang mau berapa kapal dan berapa pesawat kok pasukannya segitu.

      Jumlah personil AURI itu idealnya maksimal 68 ribu dengan armada pesawat 2x jumlah sekarang.

      Jumlah personil alri maksimal 150 ribu.

      Hapus
    3. Idealnya kurang lebih 620.000 personil.

      AD : 400.000 (200.000 Kostrad, 1000 pilot/co pilot AD, 30.000 PASUS, sisanya pasukan teritorial kodam).

      AL : 150.000 ( 50-80 ribu Marinir), AU : 70.000 (30 ribu paskhas).



      Hapus
  33. Beraninya POOR Indon! Lepas ini US sekat peralatan dan senjata untuk Poor Indon Hibah F-16, mesti menangis minta ampun sam Trump!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beraninya?
      Malah keliatan pengecutnya ente bro..πŸ˜›

      Hapus
    2. opa trump 2 taon lagi turun tahta haha!🀴🀴🀴

      sedangkan CAPCUS55 itu 37 tahun lagi wooww keren, gosok2 botol jin dech ompol kali aja dpt kortingan haha!🧞‍♂️🧞‍♂️🧞‍♂️

      Hapus
    3. Poor Malon nangis karena ngga mampu ganti pesawat usang πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    4. Malon miskin kena sekatan tak de wang sehingga shopping thn 2055 Wkwkwk

      Hapus
  34. ...LOGIKA nya begini bro TN ;

    1. 750.000 personil TNI masih terlalu kecil untuk melindungi -+ 265 juta jiwa penduduk dan LUAS WILAYAH Indonesia, tapi masih cukup Ideal lach

    2. Katanya mau jadi Negara SUPER POWER dibelahan Bumi Selatan, baik secara Ekonomi, Jumlah Prajurit dan Jumlah Alutsistanya...yach jangan tanggung2

    3. Kalau segitu jumlah prajuritnya, kalau ada yang izin/cuti akan banyak penggantinya

    4. Daripada Wajib Militer, mendingan seperti itu

    5. ( silahkan tambahin )






    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya kurang lebih 620.000 personil.

      AD : 400.000 (200.000 Kostrad, 1000 pilot/co pilot AD, 30.000 PASUS, sisanya pasukan teritorial kodam).

      AL : 150.000 ( 50-80 ribu Marinir), AU : 70.000 (30 ribu paskhas).

      Ingat bro.. selain TNI juga ada polisi terutama dari BRIMOB yg jumlahnya sekarang kira2 50.000 personil. Sedangkan jumlah seluruh polisi sekarang kurang lebih ada 550.000 personil.

      Hapus
    2. Ealah kang kaseph ini gimana toh ?

      Apa kang kaseph nggak ingat kalo rakyat RI itu punya potensi yg menggentarkan.

      Coba aja kalau lapis baja musuh parkir, nanti yg tertinggal hanya hullnya doang dan tidak utuh lagi, sedangkan laras meriam udah dalam keadaan terpotong, mur baut hilang, roda dan rantai hilang, spion hilang, peluru hilang buat suvenir dan dijual di pasar loak, mesiu dicolong buat bom ikan.

      Musuh mau komunikasi pakai radio eh radionya udah dicongkel.

      Tank musuh ke sini tentaranya pada keluar sebab sumuk gerah kepanasan.
      Musuh mau minum eh persediaan airnya udah ganti isinya tadinya air minum diganti air pipis.

      Musuh mau ambil air di sungai, airnya item dan bau serta banyak sampah. Kalo sungainya jernih eh ternyata banyak buaya.

      Belum lagi kalo musuh berhadapan dengan bonek malang, bobotoh persib, geng motor, anak2 stm yg selalu simpan rantai dan gir.

      Belum lagi di sini ada suku yg sejarahnya gemar buru kepala orang, ada lagi suku yg gemar makan binatang kesayangan orang bule yaitu gukguk dan meong, ada lagi sumanto, dll.

      Baru dengar kisah2 itu saja banyak dari prajurit musuh yg menolak untuk dikirim ke sini.

      Hapus
    3. Iya betol tuch...belum lagi tentara wanitanya, lg enak-enak mandi, eeeh kutang sama sempaknya dicolong orang πŸ€¦πŸ™†πŸ™‹

      Hapus
    4. Nyolong kutang dikiro helm elbit tah mas ? πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    5. Kok yo weruh-weruhe, kamongko leh ku momen ki wes nylempit neng ngisor....pancen pesonane kutang ki mandi tenan πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    6. Kok yo weruh-weruhe, kamongko leh ku momen ki wes nylempit neng ngisor....pancen pesonane kutang ki mandi tenan πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    7. Ane malah pengen TNI itu personilnya 1 juta

      Hapus
  35. Sepoiler mawon gan, masih seputar pesawat,

    nuhun

    πŸ˜‚
    https://www.indomiliter.com/dibalik-
    kesuksesan-drone-anka-ternyata-ada-andil-besar-dari-bppt/#more-67523

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turki kalau baca sih gak punya wind tunnel thn 2008an biasanya mereka rental ke Prancis.

      Untuk ANKA mereka pinjam fasilitas wind tunnel Indonesia.. setelah berea s thn 2010 dikenalkan ke umum dan thn 2013 mulai dijual.

      Posisi Indonesia saat 2005 2008 dulu mungkin baru sebatas menyewakan tempat wind tunnel. Imho

      Hapus
    2. Malon ada wind tunnel tak

      Hapus
  36. ...yach maka dari itu, dari 750.000 personil TNI...TNI AD nya cukup 350.000 jangan 400.000 karena sudah dibantu juga oleh POLISI

    ...JUSTRU ancaman sebenarnya dari luar adalah melalui LAUT dan UDARA, seperti ini rinciannya ;

    - 350.000 personil TNI AD

    - 225.000 personil TNI AL

    - 175.000 personil TNI AU





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  37. udah yakin beli lg f16viper. katanya uda gak ada lagi produksi. rugi. kenapa tdk main ke gripen sab.. bisa mendarat di tiap2 pulau dgn landasan pendek. irit bahan bakar kl mau jauh pasang tank bbm di sayap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produksi lebih baru Gripen daripada klan F16. Tapi jumlah pesawat banyakan F16 itu yg jadi strong pointnya terutama masalah spareparts dll... F16 mau tutup karena US fokus di F35.. dari kecanggihan rasanya lebih canggih Gripen dari power dan total angkut rasanya F16 yg juara apalagi viper sudah AESA juga.

      Rasanya sih keduanya sama2 bagus.. Gripen kita pasti dpt TOT alias menang banyak ketimbang F16 tapi beli F16 juga kartu truf karena kita beli barang2 Rusia juga.. alias beli karena politic economic strategis.

      Jualan / Export RI ke US jelas sangat beda dgn jualan barang2 RI ke sweden secara volume dan nilai.. ini juga jadi bahan pertimbangan.. khawatir mamarika baperan dan produk kita gak boleh masuk sana lagi.. wah bisa lesu ekonomi kita ☺☺☺

      Hapus
  38. 28 october pt pa! luncurkan kapal selam...malaysia bahagia

    BalasHapus
  39. Indon in the Double Deficit club.Bencana alam hampir setiap bulan. Infrastruktur in the third world class worst off Rupee is on the downward trend. Soon it'll be 30k/1USD. Highly potential bankrupt club of nations. Kikiki..indon mudah digondolin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OMG In reality Malon's debt more bigger than 1 trillion 😁😁😁

      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/hutang-negara-lebih-besar-mat-sabu-1.766477

      Kesian pooor Malon bangkraps πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  40. Btw nice song & lyric.

    "Potong Bebek Angsa Masak di Kuali.

    Ada orang iri hati

    Sampai malu hati

    Sorong ke kiri

    Sorong ke kanan

    Tralala tralala tralalalala..."

    BalasHapus
  41. Btw nice song & lyric.

    "Potong Bebek Angsa Masak di Kuali.

    Ada orang iri hati

    Sampai malu hati

    Sorong ke kiri

    Sorong ke kanan

    Tralala tralala tralalalala..."

    BalasHapus
  42. Bonus THR Hari Raya Lebaran 2019 Bersama Anapoker

    Pada kesempatan kali ini kami agen Poker Online terbaik dan terpecaya Anapoker ingin ikut berpatisipasi dalam rangka merayakan hari raya lebaran 2019 dengan memberikan bonus THR kepada member setia Anapoker yang sudah pernah melakukan deposit atau yang sudah aktif dalam bermain.

    Berikut Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku :
    – Promo berlaku pada tanggal 5, 6, dan 7 juni 2019
    – Minimal melakukan deposit sebesar 50rb akan langsung mendapatkan bonus THR sebesar 10%
    – Dapat melakukan withdraw dan pindah dana apabila sudah mencapai turnover sebanyak 3x
    – Bonus berlaku untuk 100 user id pertama
    – Contoh: deposit 200rb mendapatkan bonus 10% (200.000 + 10%) = 220.000 x 3 = 660.000 untuk bisa melakukan withdraw atau pindah dana
    - Maksimal Bonus 2.000.000,-
    – Promo ini tidak bisa digabungkan dengan promo lain
    – Tidak di perbolehkan kesamaan data Nama, No Rek & No Telp.
    – Kami berhak membatalkan bonus dan membekukan userid apabila terdapat segala bentuk indikasi kecurangan.
    – Keputusan anapoker adalah mutlak yang tidak dapat diganggu gugat.

    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  43. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus