26 Oktober 2018

Belanja Alutsista Tahun 2019 Mencapai Rp 75 Triliun

26 Oktober 2018


Porsi belanja alutsista dalam Anggaran Pertahanan 2019 mencapai Rp 75 Triliun (photo : dvidshub)

Wiranto Targetkan Belanja Alutsista Hingga Rp75 Triliun

tirto.id - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan berjanji akan menambahkan anggaran belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tentara Nasional Indonesia sampai dengan Rp75 triliun. Hal ini dirasa penting untuk memperkuat keamanan sekaligus menunjukkan kekuatan Indonesia.

Penambahan ini disampaikan oleh Menko Polhukam Wiranto di kantor Kementerian Sekretariat Negara RI hari Kamis (25/10/2018). Wiranto menegaskan penambahan alutsista ini sering dianggap tidak cukup penting.

"Tahun 2015 ada kira-kira angkanya Rp40 triliun sekarang 2019 di angka Rp75 triliun. Ini penting. Banyak yang mengatakan tidak penting, ini penting," tegas Wiranto.

Wiranto juga menyatakan pembelian ini dibutuhkan untuk memperkuat stabilitas keamanan. Pemerintah juga mengkaji agar pembelian ini sesuai dengan yang dibutuhkan Indonesia. Jika tidak dibeli, menurut Wiranto, Indonesia tidak akan kuat untuk proses diplomasi dengan luar negeri.

"Karena ini bagian bagaimana mengamankan diplomasi kita. Bargaining position," ucap Wiranto. "Bahasa sederhananya ya gertak-gertakan, kita jangan kalah gertak."

Wiranto menyatakan Indonesia juga sedang memperkuat pengawasan perbatasan. Pendiri Partai Hanura ini menyatakan akan ada 11 pos perbatasan yang baru di tahun 2019.

"Membangun pos lintas batas berarti memperkuat pertahanan kita dari hal yang sekarang tidak hanya musuh tapi bahaya narkoba, illegal logging, illegal fishing, human traficking, itu kan lewat linras batas itu," katanya lagi.

64 komentar:

  1. Pindah sini aahh.. haha.. 😅😅

    Nnnnaaaahh ini kata pak Wiranto sendiri.. katanya 2019 anggaran untuk belanja alutsista sebesar Rp 75 trilliun atau kira $ 4,7 milliar dollar. Kok bisa ngepas dapat viper 3 skuadron ya..?? hahahaaa..

    Bayangkan jika untuk MEF 3(2019-2024) anggaran kita konsisten sebesar itu atau bahkan dinaikkan menjadi Rp 100 trilliun kira2 $ 6,5 milliar dollar..!! busyeeeeett.. 😄😄

    Emmmmmh 5 tahun.. boleh ngk bermimpi..?? hahaa.. jika belanjanya dipusatkan semisal 2019 untuk AU saja 3 skuadron viper, 2020 AL 7 unit iver huidfeldt lengkap persenjataannya, 2021 AD USD 4,7 milliar pasti dapat banyaaaakk..😅😅, lanjut 2022 AU poseidon, pegassus, AWACS masuk paakk ekoooo.. 😂😂, 2023 AL 6 unit KS U-214(4 unit) 209(2 unit) dan Fregat SIGMA, terakhir 2024 AD dengan dana $ 4,7 milliar boleh ngk AD memiliki SAM jarak sedang sendiri untuk melindungi infanterinya..?? tuh ada BAMSE, NASAMS, . haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggaran belanja alutsista juga termasuk anggaran rutin operasional kan? jadi gak mungkin untuk 3 sk sekaligus. Jangan lupakan biaya operasional dan biaya fasilitas pendukung.

      Hapus
    2. Yg 75 triliun tok itu bkn untuk pembelian 3 skadron viper atau untuk pembelian su35 mas...selain di ambil dari anggaran pembelian setiap tahun,pembelian 3 skadron viper,su35,NASAM,Chinook dll anggarannya di ambil dari anggaran multi years setiap tahun dan diambil dari anggaran cadangan melalui anggaran perubahan mas

      Hapus
    3. Gak mas, itu khusus buat belanjaan alat tok.

      Hapus
    4. Kalau baca komentar pak Wiranto Rp 75 Trilyun itu untuk pembelian alutsista saja mas..

      Tahun 2015 dana yg dipake beli alutsista Rp 40 Trilyun.. kalau gak salah budget pertahanan diangka 90-100 trilyunan gitu waktu itu ..

      Tahun 2019 budget pembelian alutsista dinaikkan Rp 75 Trilyun atau naik hampir 100 percent...!!! mungkin nanti total budget defence TNI diluar Police sekitaran Rp 110 - 115 Trilyun.

      Yang menarik angka Rp 75 trilyun yang kalau didollarkan rate Rp 14,500 = $ 5,2 Billion dollar...!!!! dan itu hanya untuk pembelian alutsista...diluar operasional cost !

      Coba compare dengan Budget Phil yg sudah termasuk kepolisian.

      Phil Budget 2019 $ 3,4 Billion untuk total semua Army Police termasuk operasional dan pembelian alutsista

      https://www.janes.com/article/84036/philippines-outlines-34-defence-budget-increase

      Phil Budget let say pembelian alutsista sekitar 50 percent dari total budget atau $ 1,7 Billion compare dengan Indonesia $ 5,2 Billion atau 30 percentnya itupun diluar budget Police Indonesia.

      Jadi kalau Phil bila beli Grippen 10 biji idealnya Indonesia bisa beli Grippen 30 biji, plus minta tambahan porsi budget Police kalau kurang.. :-D

      Bener2 dah... masa2 kejayaan TNI akan berulang lagi...

      Hapus
    5. Jangan sampai negara2 yg lain semua budget defensenya naik trus tiba2 ada yg anti mainstream melawan arus malah nurunin budget defensenya.. hehehehehe

      Hapus
    6. boleh saja bermimpi bung asal pertahanan strategis tepat guna dan sesuai kontur wilayah, jgn sampai elitisme masa sinuhun eyang prabu terulang lagi

      alokasikan juga ke pertahanan cyber,
      medan perang dimensi ke 5 sudah di mulai di segala front media informasi yg sampai ke pikiran anda

      Hapus
    7. ady@ Laaahh ini kan yg dibahas dana pembelian Alutsista (Alat Utama sistem persenjataan)..?? kalau pertahanan cyber saya yakin setiap institusi sudah menganggarkan dana. Selain TNI masih ada BIN, POLRI, BAKAMLA, perbankkan, dll.

      Kalau pertahanan cyber yg ente maksud seperti alat jamming seperti (karashuka, Knirty, Khibiny,dll) laaahh itu masuknya alutsista.. 😄😄

      Hapus
    8. Mas Super,

      Daripada usd 5 bio dibeliin gripen 30 biji, mending dipakai untuk pengadaan plus SLEP plus retrofit F16 block 40/42 ke Viper sebanyak 28 unit.

      Sisanya buat beli F15 22 biji aja buat ngadepin krisis di ZEE laut Natuna.

      Hapus
    9. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Wkwkwk... Shoping teruss,, alutsista indo makin gahar,, Negara Beruk Malassia makin mundur tertinggal jauh jangankan sama RI sama Timor Leste aja Malassia tertinggal jauuh mundur.. Kasian.. Beruk.. Malassia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat sabu said,pertahanan malon paling rendah di ASEAN Wkwkwk

      Hapus
    2. Dont buy Indons plastic ship and plane very low quality and no originality. xixixi

      Poor Indons cannot feed their own people.

      Hapus
    3. Malon semakin bangkrupt 😂😂

      Hapus
    4. Ada beruk malon jealous Wkwkwk

      Hapus
  3. "Membangun pos lintas batas berarti memperkuat pertahanan kita dari hal yang sekarang tidak hanya musuh tapi bahaya narkoba, illegal logging, illegal fishing, human traficking, itu kan lewat linras batas itu," katanya lagi.


    xaxaxa
    antara batas samar non state actors dan state actors
    ya pak
    palingan yg mbulet ya itu2 yg lebih khawatir keamanan masa depannya dlm politik internal dlm negeri dripda pentingnya diplomasi geopoltik.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, musuh yg deket pun banyak nih..hampir tiap hari muncul diberita..😂😂😂

      Hapus
  4. Kalo dihitung inflasi rupiah terhadap dollar, sebenarnya masih miris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kejatuhan mata wang hampir setiap mengalaminya om,tinggal negara yg mengalaminya bagaimana menyikapinya dan mengatasinya

      Hapus
    2. kebijakan moneter >=< ekonomi makro

      ya maklum lah ada yg mencambuk keagresifan suatu negara di asia yg bikin negar2 lain defisit perdagangan sih, ngomongnya perdagangan bebas tapi protektif akut klo soal pasar domestik sendiri.
      free and fair trade

      Hapus
    3. Yen miris luwung ngeloni bojo wae pak sam....waton udu bojone tonggo 😂😂😂

      Hapus
  5. Balasan
    1. Malon rajanya ngayal, pengen inilah itulah, tapi apadaya uangpun tak punya kah kah kah

      Hapus
    2. Malon raja melancap,raja pencuri,raja claim,raja bomoh,raja bodoh,raja rasuah,raja kongkek Wkwkwk

      Hapus
  6. Balasan
    1. Rahasia ah...pengen tai aj.

      Itu ciws siluman jd tak nampak...😆😆😆😆

      Hapus
    2. Adalah,tak cem merajalela ko bengap di limbungan dan ompong Wkwkwk

      Hapus
    3. wuuii, kita mah paling banyak CIWS seASEAN ompol haha!👍👍👍

      CIWS
      skyshield tni au
      https://www.youtube.com/watch?v=_lVAt585A7Q

      ak-230 kelas parchim
      https://www.youtube.com/watch?v=OaxVOy37fTE

      ak-730 kelas parchim
      https://www.youtube.com/watch?v=oDQGqDtYfO4

      ak-630
      https://www.youtube.com/watch?v=2Zqxr1WleuU

      yg baru ntar lagi donk, pelan2 donk ompol, tinggal millenium ini kepo bingit haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  7. Melengkapi vshorad dulu..
    Melengkapi KAL dulu...
    Melengkapi atribute tentara dlu..
    Melengkapi fasilitas dulu..
    Melengkapi basic2 dulu..
    Baru yg berat2 berdatangan...
    Siapakah aktor ceras dibalik layar...:D
    Majulah Indonesiaku..

    BalasHapus
  8. Pasti beruk2 yg iri dari sebelah pasti masih bilang indo miskin...yaayaayaa....

    BalasHapus
  9. hadeuhh opa rr sibuk tutup mulut rapet2, eh opa wiranto buka kartu haha!😂😂😂

    bukan apa2 gaes, kesian tetangga nyang ntuw tuw, bs pengsan terbuai mimpi haha!💤💤💤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetangga cuma bisa ngences om Wkwkwk

      Hapus
    2. nyoih om pit, sambil pegang pisank donk haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  10. Bagus juga, bisa untuk beli kapal kelas kurov nya rusia, buat mancing ikan di laut Natuna,hahaha

    BalasHapus
  11. 75 trilyun..dollar 15,000. Dapet USD 5bio..gunakan 1/4 atau USD 1.25 bio bisa until upgrade 3 skuadron F-16 ke 'V' standard (kalau lihat harga upgrade Taiwan).

    Soal barang dasarnya..yah kalau beli paket upgrade..dapet lah blok 40/42 surplus hibah..Kan Murika Cari duit dari paket upgrade..he,he..

    BalasHapus
  12. Tahun depan masuk 1 kikav ranpur
    Yg udah ada 3 batalyon lebih dikit
    Jadi untuk mef tahap ini bakal terbentuk 1 brigkav.

    Trus tahun depan bakal masuk senpi untuk 2-3 brigif, yg udah masuk sekitar 3-5 brigif, jadi bisa terbentuk 2 divisi infantri.

    BalasHapus
  13. Indons cannot even feed their own people and the most poor in Asean and even poorer than Timor Leste. Their people eat grass once a day.

    They then rape their women.xixixi

    Their female slave work here in KL because of poverty in Indons country.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haissssss...itu bukannya mamak mu yg jg perek bro? 😉😉😉😉

      Hapus
    2. Jom makan dedak lg sana lon,jgn merempat dan hoax sahaje kerja ko tuh Wkwkwk

      Hapus
    3. Indonesia is rich country .knly your stupid country lazy and ask indonesia worker take your job there.thats why your country is became poor.full of lazy people there

      Hapus
  14. https://www.jejaktapak.com/2018/10/25/eropa-diminta-memperkuat-diri-15-tahun-lagi-amerika-china-kemungkinan-besar-perang/ persiapan kita masih jauh, bila waktu 10-15 tahun alutsista yang dimiliki TNI hanya sebatas rencana.. 2 % dari GDP itupun jauh dari kata minimal, apalagi yang sekarang hanya 0.8% dari GDP mau perang dengan bambu runcing melawan rudal dongfeng ataupun rudal patriot.... AYO SEGENAP PEMUDA BANGUN DARI MIMPI INDAHMU... BERSIAPLAH PERANG SEMAKIN DEKAT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @RULY ISNANDAR APAKAH ANDA DAN KELUARGA MAU JADI KORBAN PERANG ???

      Hapus
    2. Aku kalo "mimpi indah" udah langsung bangun sendiri mas...

      Hapus
    3. WKWKWK MAS, MIMPI INDAH DAN RUDAL NYA LANGSUNG BERDIRI, YANG JADI PERTANYAAN SASARAN NYA DIMANA MAS??

      Hapus
    4. si mas@har ini....
      wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    5. si mas@har ini....
      wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  15. amerika dan china perang 10 atau 15 tahun lg???? ini omong kosong yg bertujuan untuk menggenjot penjualan senjata, menurutku indonesia tetep fokus aja dalam pengembangan teknologi alutsista dan membeli alutsista yg benar2 dibutuhkan yg jg bisa menambah ilmu teknologi kita,,ada hal2 beresiko yg harus diperhitungkan untuk memulai perang diantara dua kekuatan besar' dan ini tak akan terjadi karena sangat2 merugikan ke dua negara.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. lon Malon..... punya mata tidak???
    liat tuh foto diatas
    kapal plastik buatan PT.PAL

    GAGAH Banget ya, bangga gue ada negara ASEAN yang bisa buat kapal perang plastik gagah begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon jg jaguh buat kapal bro,tapi buat stiker kapal Wkwkwk

      Hapus
  18. Kesian malon cuma punya budget ciput di bagi 5 Wkwkwk

    BalasHapus
  19. Bonus THR Hari Raya Lebaran 2019 Bersama Anapoker

    Pada kesempatan kali ini kami agen Poker Online terbaik dan terpecaya Anapoker ingin ikut berpatisipasi dalam rangka merayakan hari raya lebaran 2019 dengan memberikan bonus THR kepada member setia Anapoker yang sudah pernah melakukan deposit atau yang sudah aktif dalam bermain.

    Berikut Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku :
    – Promo berlaku pada tanggal 5, 6, dan 7 juni 2019
    – Minimal melakukan deposit sebesar 50rb akan langsung mendapatkan bonus THR sebesar 10%
    – Dapat melakukan withdraw dan pindah dana apabila sudah mencapai turnover sebanyak 3x
    – Bonus berlaku untuk 100 user id pertama
    – Contoh: deposit 200rb mendapatkan bonus 10% (200.000 + 10%) = 220.000 x 3 = 660.000 untuk bisa melakukan withdraw atau pindah dana
    - Maksimal Bonus 2.000.000,-
    – Promo ini tidak bisa digabungkan dengan promo lain
    – Tidak di perbolehkan kesamaan data Nama, No Rek & No Telp.
    – Kami berhak membatalkan bonus dan membekukan userid apabila terdapat segala bentuk indikasi kecurangan.
    – Keputusan anapoker adalah mutlak yang tidak dapat diganggu gugat.

    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  20. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  21. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus
  22. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR
    , memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 300.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000.000

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (312) 8721- 592
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus