19 Oktober 2018

Demi Rupiah, RI Renegosiasi Proyek Pesawat Tempur dengan Korea

19 Oktober 2018

Pesawat tempur KFX (image : sedaily)

Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk renegosiasi rencana kerja sama proyek pesawat tempur dengan Korea Selatan, Korea Fighter eXperiment dan Indonesia Fighter eXperiment (KFX dan IFX). Langkah tersebut dilakukan menimbang kondisi ekonomi Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto usai rapat koordinasi di kantornya, Jumat (19/10/2018).

"Dengan kondisi ekonomi nasional, maka Presiden telah memutuskan, bukan membatalkan, tapi merenegosiasikan," kata Wiranto.

Poin renegosiasi

Dia mengatakan, banyak poin yang akan dinegosiasikan ulang terkait program kerjasama tersebut, antara lain masalah pembiayaan dan alih teknologi.

"Banyak hal kita bicarakan, kemampuan pembiayaan Indonesia, persentase cost sharing untuk development, cost produksi, alih teknologi ke Indonesia bagaimana, keuntungan HAKI bagaimana, lalu pemasaran bagaimana, ini banyak sekali, nggak bisa sejam kita selesaikan. Kita hanya membentuk tim khusus untuk melakukan detail lagi yang harus kita renegosiasi dengan pihak Korea Selatan," terangnya.

Wiranto mengatakan, negosiasi akan berlangsung selama setahun, namun, dia berharap akan lebih cepat.

"Tentunya belum final karena butuh waktu setahun, tapi kita mudah-mudahan tidak sampai setahun kita diselesaikan," terangnya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong yang turut hadir rapat mengatakan, negosiasi ulang ini dalam rangka menghemat penggunaan devisa. Apalagi, kata dia, nilai tukar mata uang negara berkembang termasuk Indonesia sedang mengalami tekanan.

"Restrukturisasi renegosiasi program kerja sama KFX IFX ini bagian upaya pemerintah menghemat devisa. Kan semua setoran pemerintah di program kerja sama pesawat tempur ini ke Korea semua dibayar devisa. Sementara mata uang negara berkembang termasuk rupiah masih mengalami tekanan yang luar biasa," ujarnya.

"Kami sangat apresiasi pemerintah Korea pengertiannya untuk menyetujui proses renegosiasi program kerja sama ini," tutur Wiranto.

(Detik)

106 komentar:

  1. Korea juga takut kalau Indonesia berpaling ke Turkey πŸ˜‚ Indonesia mah santai gagal KFX masih ada TFX, nah kalau malon PTM Gen 6 hanya khayalan sebab bina pesawat propeler pun tak mampu apalagi engine jet Gen 6 pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sante siy enggak lah mas...Lha wong duite yg kadung ndledek trilyunan 😣😣πŸ˜₯

      Hapus
    2. Project IFX yg mesti dibayar indonesia US$ 2 Milyar x Rp 15 ribu,om TN PHD tolongin di hitung Wkwkwk

      Hapus
  2. Haduh..udah ditebak lah..dollar Makin mahal..bisa2 16000 kalau BBM ngk dinaikin.
    Yah udah puasa mimpi alutsista dulu yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun politik gini nalar joko udh ngggk logis lg. Nggk akan berani dia naikan bbm, imej dia bisa ancur menjelang 2019.
      Nikmati aja ekonlmi salah urus rezim taik ini.

      Hapus
    2. bwahahhahaa.. lagi2 bani kampret penjilat jenderal kardus satu ini menebarkan hasat dengkinya.. Kalau salah urus.. ekonomi indonesia sudah seperti kek Turki kaliiii preettt..??? buka matamu preettt..!!! hadeeeecchhh.. gunakan otakmu jngan dipajang saja dilubang pantat seperti junjunganmu. πŸ˜…πŸ˜…

      Yg hancur itu imej prabowo kaleeee...?? berkali2 siasat jahatnya gagal menjatuhkan presiden jokowi semakin membuka mata masyarakat kalau prabowo itu pemimpin dungu. .. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dari fitnah PKI(padahal dia sendiri turunan asli china komunis) gagal, fitnah 1 juta pekerja china( padahal cuma 28 ribu) gagal, fitnah pembagian sertifikat tanah juga gagal, yg terakhir siasat biadab prabowo yg memanfaatkan Nenek2 tua 70 tahun untuk menipu 200 juta rakyat indonesia.. namun akhirnya gagal. Apalagi yaa..?? haha.. masih banyak.. πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    3. Asyiiik... Cebong sama kampret brantem nih.... Demi sang majikan.... Lol

      Hapus
    4. Maka nya..klo nilai tukar rupiah terhadap dollar jeblok jgn ngomong aman,sedikit2 aman..jelas2 berimbas ke semua sektor ekonomi..di kritik marah,semua org sayang dg bangsa ini,mka nya di ingatkan😑

      Hapus
  3. Fasilitas DI masih bisa kepake kok kalau ambil tawaran Lok-Mart..ambil surplus block 40/42..terus kerjain upgrade ke V di Bandung..lebih ekonomis..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha yg punya ide IFX siapa to mas, kok makin pusing aku...?

      Seingatku, pak habibie gak setuju ide IFX...mending pt.di fokus di pesawat komersial/komuter

      Hapus
    2. Iki piye toh om AB,pesawat dari gurun kok masih tertarik Wkwkwk....malon aja yg gak ada otak,gak ada SDM,gak ada fasilitas R&D tentang pembuatan pesawat masih mimpi bangun jet siluman PTM generasi 6 dalam jangka 2 tahun

      Hapus
    3. KFX/IFX Ini Kan proyek SBY..dari awal walaupun Jokowi bilang dukung..tapi yg dibawah dia selalu cara until nego ulang..
      Lah itu Kan cuma Bahasa alus mau Cari exit strategy..alias Ini bukan proyek Jokowi..jadi kalau ngk dilanjutin '''a po po' toh..he,he..

      Hapus
    4. SBY udh buat payung hukum UU inhan utk proyek2 strategis gini. Joko nggk mungkin seenak udelnya bikin berhenti gitu aja. Bisa dilibas dia di parlemen sama Komisi 1

      Hapus
    5. @AB

      Aku yo setuju soal exit strategy kui mau...ora mergo iku gagasane sopo, ning nyawang kapasitase PT.DI sing dadi aktor utamane.

      Kondisine pt.di sing sarwo terbatas (SDM, pengalaman, dana, mesin dll), luweh becik difokuske panggilan pengembangan pesawat komersil, terutama kelas komuter sing dadi keunggulan kompetitife pt.di.

      Coba saiki, piro wae energi, pikiran, dono, waktu...lan sing paling utama ki kesempatan sing kebuang metro methenteng ngurusi proyek IFX.

      Yen seko rumangsaku, proyek iki sing justru berpotensi dadi proyek mercu suar....nganggo dalih, kemandirian ,dll.

      Toh kompetensine ahli-ahline dewe tumrape proyek IFX iki isih sebatas "airframe" kok.

      Luweh becik, nggayuh pengembangan sing "membumi" koyo proyeke satelit lan radar CP SAR...lan mugo2 enggal nyusul proyek liyane sing migunani

      Hapus
    6. Makane and tawarken jalan keluar yg ditawarin Lock-Mart..
      Ambil Surplus Block 40/42..terus upgrade ke Viper ('V') dg bantuannya Lock-Mart di Bandung..

      He,he..Murika aja lakukan Hal yg sama..Taiwan lakukan Hal yg sama..
      Tuh F-16 yg diledeken barang gurun..he,he..jauh lebih berharga sekarang dari pada tuh Flankers..he,he..

      Hapus
    7. Yabetul....kalo yg nggak ngerti nilai waktu uang dan kesempatan pasti alibine gak jauh2 dari ide "kemandirian", "efek getar" atau idiom lain yg sejenis 😎😎😎

      Toss dulu mas....

      Hapus
    8. Ini memang idenya Sby, tapi klo ini sukses kaum cebong bisa klaim sbgai keberhasilan jokowi dan kaum kampret semakin kebakaran jenggot... Hahaha....

      Hapus
    9. emang gak bisa ya air frame ifx di isi viper gitu... boleh ke lokmart asal semua 3 tekno yg di butuhkan buat bangun fighter 4.5 gen boleh di tot atau minimal boleh di suplay oleh lm. ini ngayal aja...hehe

      Hapus
  4. Those plastics IFX jets well be made in 2055 as soon as Mat Rumpet and the gangs is already been old and dead.xixixi

    BalasHapus
  5. Kesian malon tiada satu negarapun di dunia yg mau mengajak malon kerjasama bina jet pejuang,kenapa malon tak di lirik untuk kerjasama bina jet pejuang,itu kerana malon tuh negara failed country,negara penuh rasuah dan jenayah,negara miskin yg tak de wang buat R&D,negara yg tak de otak dan human resources untuk bina jet pejuang...kesian malon nih teruk sangat keadaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jom kumpul coin buat MALASNYA

      Hapus
    2. Karena mereka tidak memandang malasia sebuah negara.

      Hapus
  6. 4 tahun sudah, bukan menafikkan tapi minim sekali prestasi justru banyak proyek alutsista yang tidak berjalan baik, kfx, satelit militer, kapal selam, kapal frigate, dll, semua tidak jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kangkong juga suka nomer 099....tanya siapa πŸ€”πŸ€”πŸŽπŸŽπŸŽ

      Hapus
    2. Entah lah bro..tanya kan sama pemgamat2 militer di blog ini😊

      Hapus
  7. Akui aja rezim saat ini emang goblok manage economy. Terlalu fokus ke proyek mercu suar infrastrukturnya. Ngutang sana sini hingga lupa klo ekonomi dunia itu statis bisa berubah kapan aja.

    Bilang aja biaya 20% itu emang bebani apbn saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Kalo dengerin opini tentang pembangunan infrastruktur, bukan dari mulut politisi memang lebih mengena...πŸ€”πŸ€”πŸ€”"

      https://youtu.be/-_T0CvcDfaI

      Hapus
    2. goblok gimana to preett..??? inflasi terjaga di 3% ditengah gejolak global, Kemiskinan turun menjadi satu digit menjadi 9,8% atau terendah sepanjang massa, Daya beli masyarakat masih terjaga...buktinya kredit mobil, motor, rumah masih jalan.

      Daya saing Indonesia naik ke nomer 46, harga BBM di pedlaman papua dan kalimantan bisa sama dengam Jawa setelah sekian puluh tahun merdeka. apalagi ya.. pokoknya banyak prestasi pemerintahan sekarang.

      Saya tidak bisa bayangkan jika prabowo A.K.A jenderal kardus yg memimpin Indonesia.. sama nenek2 peot 70 tahun yakni Ratna sarungpeak saja bisa ketipu.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚apalagi ini berhadapan dengan negara2 besar semacam Amerika, China, Australia, dll..

      Hapus
    3. pengikut jenderal kardus ngk ada yg bener otaknya. Baru tadi lihat Ahmad dhani kalah debat disalah satu stasiun TV eehhhh malah ngaciiiirrr.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚..

      Hapus
    4. Lah anjink jilat terus data2 dari pusat sana yg berbanding terbalik dgn di lapangan.
      Klo semua ok itu planing kenaikan bbm nggk akan ada..rupiah dah tembus ke 14 rb..bursa saham anjlok terus...

      Dan fakta terapdet nggk sepeserpun uang utk beli saham freeport ada alias masih 0..alias jongos idiot pencitraan lg.

      Siapapun pemerintahannya gw akan kritis..no buzzer2 keparat

      Hapus
    5. bwahhaHhahaa... kampret goblok penjilat jenderal kardus kepanasan. ngk bisa terima prestasi presiden jokowi. ngakak..πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Kritis boleh asal pakai data prett ngk ada yg nglarang.. ini bukan orde baru.. ok..??? 😊😊. Jngan seperti sandiaga uno.. katanya tempe setipis kartu ATM.. laaahh nyatanya bukan seperti itu kan malu sendiri dia.. baru kemarin dia di semprot bu susi pujiastiti karena memberikan berita bohong(hoax) kepada nelayan. mampuuuss.. kahkah..malu kan jadinya..?? plus semakin membuka mata masyarakat kalau ini lho kualitas otak paslon nomer 2.. πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    6. Nggk usah lari ke copras capres. Klo mau gw jejerin semua link janji2 si idiot yg berbanding terbalik dgn fakta lapangan.

      Fokus aja ke ifx ini di zaman taik ini jd terhambat terus

      Hapus
    7. bwahahahhaaa.. yg memulai pertama kan ente preett..???larinya kok malah menghina presiden.. ?? saya sebagai anak bangsa indonesia ya tidak terima presiden saya dihina. paham pret otak dungu..??? πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜….

      coba share saja link2mu..!! paling juga link dungu karangan bani kampret IQ 200 sepohon.. ngakak...

      Hapus
    8. https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSibUNup_zsuLtHwBGXb2KaN68TTUmZEMUScGpXjCbeX3kN90eO

      Nnnaahhh ini.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Maaantaaaabbb jiwa.... Cebong dan kampret saling caci demi sang junjungan... Kata majikan kalian, kalian peliharaan yg baik, yg selalu menggonggong ketika majikan terusik

      Hapus
    10. Alah banyak omong lu Bayu. Udah jelas dollar naik lebih karena faktor external, lu malah nyalahin Jokowi terus.

      Kalo mau salahin tuh Trump, naikin suku bunga Federal Reserve terus-terusan dan perang dagang sama China.

      Salahin tuh Turki dan Argentina, dua negara berkembang yang jadi patokan investor buat investasi di negara berkembang lainnya. Ekonomi dan mata uang mereka berantakan.

      Efeknya investor jadi ragu-ragu mau investasi di negara berkembang termasuk Indonesia karena kondisi ekonomi global lagi berantakan.

      Efeknya apa? Efeknya investor berebutan beli dollar buat amanin aset mereka, jadinya nilai dollar naik terhadap HAMPIR SEMUA MATA UANG ASIA. Cuma yen dan mungkin dollar Aussie yang ga melemah.

      Jokowi udah berusaha kontrol pelemahan rupiah sebisa mungkin. Naikin suku bunga BI, stop proyek infrastruktur yang belum jalan, dan sekarang renegosiasi KFX buat nyeimbangin neraca perdagangan.

      MAU LU APA LAGI? EMANG SI WOWO PUNYA RENCANA APA BUAT NGATASIN MASALAH INTERNASIONAL KAYA GINI? Nyebut program aja ga pernah karena kerjaannya nyinyir doang selama ini. Kalo gatau penyebab dollar naik apa ga usah banyak omong lah. Bikin keruh aja lu jadi orang.

      Hapus
    11. Udah enak selama ini di ni blog kaga perlu baca masalah pilpres. Eh ini monyet malah bawa-bawa itu isu kemari, udah gitu tanpa paham masalah yang diomongin pula. Jurkam bangsat. Ini blog bukan blog politik tapi alutsista dan pertahanan. Goblok.

      Hapus
    12. @gerhard

      Jejak komennya @bayu anjasengsara disini cuma 2 macam: maki-maki pemerintahan jokowi sama maki-maki malaysia...udah ga ada yg lain karena memang itu pendaringannya buat makan

      Telusuri aja beberapa bulan kebelakang...

      Hapus
  8. https://lancerdefense.com/2018/10/19/ptdi-salah-satu-poin-re-evaluasi-proyek-kf-x-if-x-adalah-ipr/

    Ini lhoo poinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://lancerdefense.com/2018/10/19/kunjungan-kerja-dirjen-pothan-ke-cekoslovakia/

      Haayoooooo... mungkin ada hubungannya dengan Lisensi/TOT Pandur dan jet latih aero. πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Yang enggak logis itu ,Indonesia juga minta hak IPR ,padahal nyumbang cuman 20% . Kalo bangsa ini mau dapat IPR yang sama dengan Korsel maka jadikan fifty-fifty.

      Nyumbang 20% tapi merasa 50% siapa yang mau ???.Dapat 50 unit pespur plus Know how bikin pespur itu sudah prestasi besar . Tinggal nanti bikin sendiri sesuai dengan kebutuhan .
















      Hapus
    3. Rezim idiot ini gayanya aja nego2 ulang pengen dapat hak jual ini itu..bilang aja biaya 20% itu mulai membebani apbn yg diolah rezim idiot ini.

      Nyumbang 20% aja sok minta ini itu

      Hapus
    4. Nnnnaahh.. makanya presiden jokowi langsung mengutus pak Wiranto untuk renegoisasi ulang. Siapa tau kita dapat bagian 50:50 dengan biaya seminimum mungkin.

      Kan presiden kita dengn presiden Korea moon jae in sedang mesra. Siapa tau kita di ijinkan mendapatkan bagian 50% dengan insentif semisal Hyundai bisa mwmbuat pabrik di Indonesia tanpa biaya pembebasan lahan, atau gratis selama 20-30 tahun. Inikan yg kemarin diminta Hyundai..?? siapa tau...??? 😊😊😊😊

      Hapus
    5. Judulnya udh sangat jelas. Wiranto renegoisasi ulang krn kondisi ekonomi indo lg nggk stabil sekarang. Bahasa kasarnya "bisa nggk gw ikut proyek ini tp bagian yg gw biayai dibawah 20%"


      Nego2 terus dari dulu taik..si taik ini nggk nyadar akibatnya waktu bisa jd molor krn nggk fokus ke proyek developmentnya lg

      Hapus
    6. laaahhh.. dungunya bani kampret satu ini. mata kamu minus ya prett..?? πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… coba dibaca dan dipahami lagi tulisanku diatas..

      Siapa tau ada insentif lain tanpa indonesia mengeluarkan devisa untuk membiayai program itu. semisal hyundai diperbolehkan membuat pabrik di Indonesia tanpa biaya pembebasan lahan dan kepemilikan lahan selama 20-30 tahun.. Imbalannya kita mendapatkan hak kekayaan intelektual dan 50% dari program.

      Hapus
    7. mundur dan mundur ...

      cuma nebeng 20% pgn benefit 50:50...bisa ketawa guling" dunia bisnis internasional.
      kalo posisi di balik indonesia 80%, korsel cm 20% tp minta benefit 50%..fenboi pasti mencak2

      Hapus
    8. Dari awal udh heran jg. Dimulai oleh menhan yg diutus berkali2 utk nego ulang kfx.
      Sempet kepikiran yg dinego ulang itu apanya ? Porsi 20% kok minta aneh2. Dikasi ToT pembuatan struktur pesawat itu udh untung banget. Lha ini minta porsi hak jual jg..kek orang miskin nggk sadar diri aja. Akhirnya paradox nego ini berlarut2 terus ujungnya hingga berimbas ke proyek developmentnya....taik banget nggk itu

      Hapus
    9. semisal dibalik.. boleh juga.. asal Indonesia diijinkan membuat pabrik Indofood dan Djarum di Korea tanpa biaya pembebasan lahan dan kepemilikan selama 20 tahun. gimana..?? haha.. semua bisa dinegoisasikan bro.. πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    10. sya kok punya pikiran pandur gak jadi lisensi beli ngeteng seperti yg sudah2 utk dipelajari utk pengembangan anoa 2 8x8

      Hapus
  9. Min situ salah angkat berita, harusnya yg diangkat itu yg link dari kumparan itu,, biar jelas poin pentingnya,, kalo yg ini ujung2nya debat pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mergane arep debat karo bojone, wedi nek ra dilakoni mas...

      Hapus
    2. #halaaaaah, arep nulis "dikeloni" we grogi....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  10. Lah daripada proyek mercusuar berujud alut sista lebih bermanfaat proyek mercusuar berupa infra struktur jalan dan non militer lainnya karena ini investasi jangka panjang. Liat indihe dan pak istan, alut sista kwantitas dan kwalitas heibat tapi kesejahteraan rakyatnya minim jg infra struktur jalan yg seadanya. Militer kita berkembang dgn tidak memaksakan diri dan lebih menyeimbangkan dgn kesejahteraan rakyat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nnnnaahhh ini yg gagal dipahami bani kampret dungu mas.. πŸ˜…πŸ˜…. Bagi mereka patokannya adalah hadiz Yang mulia Fadli zon.. katanya "Rakyat tidak makan beton semen".. betul juga sih.. tpiiiii.??? aahah sudah laaahh..😁😁.. dia ngomong begitu didepan masyarakat pedalaman papua bisa dipanah pala nya kali yak..?? haha..

      Hapus
    2. @mase jewawut

      Naaaah, ini contoh nyata negara yg mencorong dlm pengembangan alutsista tapi kedodoran di sektor infrastruktur...mosok hari gini di india naek kereta masih duduk diatap?"

      https://m.detik.com/news/internasional/d-4264956/kereta-tabrak-kerumunan-di-india-50-orang-tewas?_ga=2.9087733.1581106065.1539968246-714955882.1521106872

      Hapus
  11. Yah sudahlah moga dapat hasil maksimal . Siapa tahu juga Korea mau ngasih Limited untuk IPR nya sesuai dengan besaran kita ikut nyumbang .Misal Indonesia nanti di izinkan export maksimal 50 pesawat ke luar negeri dalam jangka waktu yang juga limited misal 10 tahun .
    Paling tidak agar merasa dapat maksimal padahal andai hak itu di berikan saya juga pesimis dengan angka penjualannya?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Renegosiasi berarti ada take and giftnya :

      Bisa jadi term of payment dipanjangkan.
      Bisa jadi walau bagian investasi RI di IFX adalah 20% IPR nya digedein korea memberi lebih besar jadi 50:50 tapi dengan imbalan RI memberikan beberapa proyek infrastruktur ato otomotifnya kepada perusahaan korea.
      Karena kementerian perdagangan juga diundang, bisa jadi juga yang bagian 20% iuran itu bukan dibayar pakai setoran usd tapi dibayar pakai komoditi ekspor seperti sambal dan buah2 tropis yg ada di RI sehingga harga buah tropis di Korea jadi tidak terlalu mahal.

      Hapus
    2. perasaan ketahanan candu eh pangan kita berupa sambal belum terpenuhi mengingat kalang kabutnya pemerintah jika harga cabe naik akibat kegagalan panen di bebrapa tempat
      tapi yo wes lah tukeran ekspor sambel sementara makan nasi pake garam dulu asal ojo gas alam maning loh ya
      xaxaxa

      Hapus
  12. Cuk bahasa kampret sama cebong jangan dibawa ke formil kayak gini.. Ndeso mu itu loh ga ketulungan su.. Akui sajalah untuk alutsista pemerintah itu mandul dan g terencana seperti jaman SBY.. KITA BAHAS ALUTSISTA SAJALAH... semua itu penting.. Baik keamanan maupun infrastruktur tapi yg terpenting itu terencana dan bertahap..tapi komit..klo kita g komit negara mana yg mau kerja sama dengan negara ga komit.. Ngonoloh klo bahas itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. komit seh komit mas
      gimana klo di banned sja yg bahas pilpres biar fokus bhas alutsista

      Hapus
    2. ya begitulah...
      forum militer yg dibahas harusnya alutsista juga industri terkait..
      ini malah melebar copras copres...infrastruktur dibawa2..

      giliran pembom US masuk wilayah kaltara fenboi ribut,, jet tempur kucingpura masuk wilayah kepri fenboi ribut..

      Hapus
    3. Betul itu, jgn bawa cebong kampret kesini, bikin rusuh tok

      Hapus
    4. yg bahas cebong kampret harus di baned... tp kaum beruk malon jangan ya min... gak ada mereka gak rame nih forum...hehee

      Hapus
  13. Tolong min ketegasannya.. Bahasa yang tidak kontekstual dengan bahasan alutsista di banned saja..

    BalasHapus
  14. Ibarat nasi sudah menjadi bubur, sudah berapa T yang kita keluarkan, Optimis saudara2 sekalian... Proyek IFX jalan terus... Aminnn

    BalasHapus
  15. ...nggak ada BERUK, malah bani KAMPRET yang muncul




    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus adil..klo kampret di banned cebong jg harus di banned..biar forum ini konsens bahas alutsistaπŸ˜‚

      Hapus
  16. Intinya rezim ini harus diganti karena tidak kapabel dan adalagi satu faktor penting yaitu tidak berkah.

    Semoga kerjasama strategis kfx/ifx terus berlanjut. Sebenarnya kemampuan sdm Indonesia mumpuni, sayang kalo nggak kepake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini satu lagi bani kampret pagi2 sudah nongol.. preettt.. ente pikir kalau jenderal kardus A.K.A prabowo yg jadi indonesia tambah berkah gitu..?? yg ada malah nyungsep..

      Laaa gimna ngk nyungsep.. ?? sok agamis tpi shalawatan ngk becus, suka nipu orang, suka memfitnah orang, tukang pelanggar HAM berat, Punya anak LGBT di Amrika, turunan asli komunis dari bapaknya yg tidak percaya adanya Tuhan.. huyyy.. huuyyy.. jamu komplet.. πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    2. Koq bani cebong ga respon ledekan malon????

      Hapus
    3. Shalawatan itu masih panjang bro ngucapin nya..oaalaahh,ini ngomong Alfatihah aja ALFATEKAπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  17. ...wejangan dari BAPAK BANGSA INDONESIA, yaitu Presiden RI 1 ;

    " Perjuanganku mudah karena mengusir PENJAJAH, sedangkan perjuangan kalian sangat SULIT karena musuhmu adalah bangsamu sendiri "





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Perjuanganku mudah karena dapet Perawan,Janda,Bu kos,cewek Jepang, pernah nyipok noni Belande pula sedangkan perjuangan kalian sangat SULIT karena cewekmu sendiri sange dulu sama bule dan artis Kpop".

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚......πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ @phirdauw

      Hapus
  18. Kerja sama proyek pesawat tempur dengan korea sangat merugikan indonesia . bagus nya putar haluan kerja sama yata swedia asal ada uang semua sudah tersedia jas gripen E 2019 siap di produksi di bandung broo .

    BalasHapus
  19. Makin kesian indon..rupiah makin tenat..ngak punya ongkos..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tau bro scan, rupiah emang melemah tpi blom ada gejolakan d masyarakat, krn fundmental ekonomi kami kuat, gak tau dimalaysia ekonominya acak2an

      Hapus
    2. Ayo bani kampret balas ledekan malon ini

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  20. Gw hanya nggk mau ntar rezim ini kek rezim najib botak di malingsia. Selama berkuasa selalu dikesankan pemberitaan yg positif tanpa cela. Ketika mau lengser baru ketahuan klo malon banyak hutang, kkn, & semacamnya, sampe defisit parah apbn malon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg sempat berpikiran seperti itu sebagai seorang mahasiswa..tp saya selalu berharap pemerintahan jokowi terbuka terhadap kritik,dan mampu membawa ekonomi indonesia nenjadi lebih baik dari hari iniπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ‘

      Hapus
  21. sungguh Dzalim alias tidak pada tempatnya jika Forum alutsista mlah jadi ladang para jurkam mengetes kemampuannya berpolitik praktis dengan taktik populis.


    BalasHapus
  22. intinya rezim ini terbaik dr rezim2 yg pernah ada di negeri ini apalagi dibandingkan dengan rezim lalu yg banyak meninggalkan proyek2 tengkurap, rezim ini berjalan ditengah tengah serangan fitnah si jendral KARDUS dan perseteruan ekonomi global tp mampu membuat dan mempertahankan stabilitas ekonomi indonesia, banyak proyek2 tengkurap dr rezim2 lalu yg tuntas dikerjakan dan 90% proyek2 diera rezim ini tuntas dikerjakan sebelum masa jabatan habis' hanya manusia kardus yg bilang rezim ini tidak berprestasi,,,,renegoisasi proyek ifx/kfx ya harus ada, contohnya hak IPR (intellectual property rights) yg tidak ada di nota perjanjian awal, hak2 intellectual itu penting sebab jelas dalam pengembangan ifx/kfx pasti banyak buah2 pemikiran para ahli pesawat kita yg tertuang dalam pengembangan ifx/kfx' trus masalah rupiah ke dolar yg nominalnya bertambah yg berarti 20% awal dan saat ini berbeda jumlah nilai rupiahnya, kalau bisa di negoisasi itukan bagus tuk menjaga devisa kita,,,meski cuman 20% yg kita tanggung tp tetep saja itu judulnya uang dan bukan dedaunan yg kita berikan begitu saja pada negara lain untuk kemajuan teknologi negara lain, ingat satu hal kita yg diajak dan bukan kita yg nawarkan diri' pasti ada hal2 yg ingin diambil korsel dr kita tentang ilmu teknologi pesawat, kita wajar menuntut hak yg sama dengan korsel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Situasinya serba terpuruk rupiah terjun bebas harga kebutuahn pokok naik pat gulipat tambah susah broo

      Hapus
    3. IPR (Intellectual property rights ) nama lain dari hak patent . Dengan ikut memiliki hak patent maka Indonesia bisa membuat IFX kemudian menjual keluar negri .
      Mungkin ini yang perlu di nego ulang . Misal jika Indonesia jual IFX keluar negri ,ada fee yang yang harus di bayar ke korea ,karena patent nya korea yang pegang . Besarannya persentase yang harus setorkan yang perlu di negokan .

      Hapus
    4. @ KS memang pemain sinetron, Semua di dramatisir, di besar2 kan seperti karakter idolanya calon first lady si nenek RS.

      Hapus
    5. Betul mas...jewawut

      Kalo dalam trading saham...selamanya trend nya naik, biar ada harga naik-turun, aman saja dan lumrah.

      Tapi oposisi lebih seneng mantengin fluktuasi harga yg temponya pendek-pendek, yg penting ada peluang untuk nyikat....udah itu saja tujuan mereka

      Hapus
    6. eh ketua suku alias ken ngorok kalau gk tau apa mending diam, gk ada mata uang yg kebal dengan ngamuknya dolar saat ini termaksud rupiah' ini saja sudah jempol tidak mempengaruhin stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat, geliat ekonomi indonesia masih menggelora dan ini diakuin negara2 lain, efeknya ya pasti ada terhadapa anggaran yg sudah ditetapkan seperti melesetnya anggaran pembangunan dan belanja negara tp itu hal wajar sebab tidak ada satu pun mata uang di dunia ini yg kebal terhadap ngamuknya dolar, kalau sampai rupiah kebal sangat super banget tu jokowi mampu membuat rupiah kebal terhadap ngamuknya dolar,,,,ken ngorok otak ente dah kesumbat jd gk bakal mampu mikir sampai disini.

      Hapus
  23. kalo masih ada yg nyinyir tentang konsep/wacana Mandiri,,terutama Mandiri Alutsista, maka perlu dipertanyakan identitas nasionalnya.
    pengagas kemandirian bukan SBY..tp bung Karno presiden RI pertama.

    Bung Karno lwt pidatonya pgn kita BERDIKARI/Mandiri..mandiri du ekonomi, politik, dll..berdaulat di Laut jg di Udara.
    era bung Karno indonesia pny proyek Luar Angkasa kerjasama dgn jepang lwt roket kappa. era bung Karno pesawat tempur ringan Kumbang dibuat jg dipersenjati senapan mesin..jd ide/wacana membuat pespur bkn era SBY tp sdh di mulai dr presiden pertama RI.

    masih nyinyir soal mandiri ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yg spesifik mas toto...ini anda membahas apa?

      Kalo anda bilang gelondongan ttg mandiri itu terlalu luas...dan komen saya diatas ttg kontek IFX.

      Gak semua hal "harus dan bisa" mandiri...mengukur kompetensi dan kapasitas kita supaya gak hanya jadi proyek mercu suar.

      Padahal masih banyak peluang di proyek lain yg lebih feasibel dan nilai tambah yg didapat ketika proyek itu berhasil.

      Hapus
    2. Balik lg ke kemandirian alutsista...banyak kok proyek kemandirian alutsista yg feasibel yg dicanangkan sejak era2 sebelumnya yg terus dijalankan sampai sekarang

      Hapus
    3. Sampeyan kok pada nyepeliin angka 20%…

      Jangan cuma dilihat 20%, tapi nilai 20% itu berapa trilyun….dan kalo semua pengorbanan yg berwujud baik uang trilyunan, waktu , usaha dan kesempatan itu dialokasikan untuk ngejar pencapaian proyek N-219, N-245 dan R-90, udah nguasain industri aviasi sektor komuter kita ini

      Hapus
  24. Nego ulang baiklah, cuma gak sampai itu terkabul semua. #2019GantiPresiden !Demokrasi toh !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau di bilang makar?
      Apa itu demokrasi?
      Saya pancasila
      Saya NKRI
      Saya bhineka tunggal ika

      Jgn main2 om unknown,tantangan anda itu beresiko sekaliπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. intinya diproyek ifx/kfx ini indonesia bukan aji mumpung, korsel memilih indonesia sebagai mitra untuk pengembangan ifx/kfx bukan asal pilih' meski indonesia hanya berkecimpung di teknologi pesawat angkut tp dasar2 ilmu teknologi pesawat indonesia lebih kuat ketimbang korsel, ya korsel memang telah membuat pespur T50 tp itu dilakukan bersama lockhed martin yg artinya ada banyak theknis dasar ilmu teknologi pesawat yg belum dikuasain korsel sebab peaawat T50 lebih banyak peran lockheed martin dalam hal desain manufukturnya yg artinya korsel belum paham hitungan2 desain manufuktur yg tepat agar pesawat dapat melakukan landing dan mendarat yg baik, banyak hal detail lainnya yg ingin diambil korsel dr indonesia sebab hal detail2 dasar ini tidak mereka dapatkan dr lockheed martin saat mengembangkan T50,,kenapa indonesia menegoisasi kembali hak IPR??? karena setelah disadari para insinyur indonesia yg turut mengembangkan ifx/kfx ternyata peran buah pemikiran kita melebihin 50% yg artinya banyak hak2 paten atas buah pemikiran kita yg ada di pespur ifx/kfx tp kendali hak patennya tidak dimilikin indonesia, padahal yg dilakukan korsel bisa saja hanya merancang instaslasi mesin jet tp rancangan bentuk tubuh dan beratnya pespur agar sesuai dengan kemampuan mesin peran indonesialah yg mempunyai andil besar,,,jd intinya IPR ini harus di negoisasi ulang, jangan gara2 indonesia merasa dimanfaatkan kemampuan teknologinya yg ujungnya merusak hubungan yg selama ini sudah terjalin baik, bayangkan saja ilmu kita diambil tanpa ada jaminanan hak paten terus kita bayar 20% lg untuk biaya pengembangan, malah dipersulit tuk dapatkan beberapa ilmu teknologi seperti radar aesa, kalau korsel punya itikad baik pasti renegoisasi ini mereka kabulkan sebab selain kita memberi ilmu dasar teknologi pesawat kita jg bayar biaya pengembangan 20% dan biaya ini besar loh bagi sebuah negara yg diajak dan bukan menawarkan trus memberi semua kemanpuan ilmu teknologinya didalam pengembangan, kalau korea menolak renegoisasi ini kedepannya kita harus jaga jarak dan mempersulit kepentingan korsel di indonesia ini.
    inilah bukti kemampuan dasar teknologi pesawat indonesia:
    https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/12/28/rahasia-dibalik-cn235-220m-pesawat-buatan-indonesia-berbagai-negara-sudah-menggunakan?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9895456838

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dollar udah kembali ke 12.000/usd saya yakin proyek IFX/KFX akan baik2 saja..bagi indonesia yg menjadi beban itu bukan soal sdm nya tp pembiayaan nya..mari kita berharap proyek ini semoga lancar kedepan nya...aminnn

      Hapus
  28. Bonus THR Hari Raya Lebaran 2019 Bersama Anapoker

    Pada kesempatan kali ini kami agen Poker Online terbaik dan terpecaya Anapoker ingin ikut berpatisipasi dalam rangka merayakan hari raya lebaran 2019 dengan memberikan bonus THR kepada member setia Anapoker yang sudah pernah melakukan deposit atau yang sudah aktif dalam bermain.

    Berikut Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku :
    – Promo berlaku pada tanggal 5, 6, dan 7 juni 2019
    – Minimal melakukan deposit sebesar 50rb akan langsung mendapatkan bonus THR sebesar 10%
    – Dapat melakukan withdraw dan pindah dana apabila sudah mencapai turnover sebanyak 3x
    – Bonus berlaku untuk 100 user id pertama
    – Contoh: deposit 200rb mendapatkan bonus 10% (200.000 + 10%) = 220.000 x 3 = 660.000 untuk bisa melakukan withdraw atau pindah dana
    - Maksimal Bonus 2.000.000,-
    – Promo ini tidak bisa digabungkan dengan promo lain
    – Tidak di perbolehkan kesamaan data Nama, No Rek & No Telp.
    – Kami berhak membatalkan bonus dan membekukan userid apabila terdapat segala bentuk indikasi kecurangan.
    – Keputusan anapoker adalah mutlak yang tidak dapat diganggu gugat.

    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  29. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus