04 Oktober 2018

TNI AU Turunkan Kekuatan Penuh Bantu Palu

04 Oktober 2018

C-130 Hercules TNI AU (photo : TNI AU)

TNI AU Terbangkan 12 Hercules ke Palu, Bantu Korban Gempa dan Tsunami

Akses bantuan menuju Kabupaten Donggala, Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat masih terkendala karena bandara udara hingga pelabuhan rusak parah setelah gempa dan tsunami. Untuk mempermudah masuknya bantuan, TNI Angkatan Udara menyiapkan sejumlah alutista.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya Yuyu Sutisna menyebut sebanyak 12 pesawat Hercules diterjunkan membantu proses evakuasi di tiga wilayah yang terkena dampak gempa dan tsunami. 

CN-235/CN-295 TNI AU (photo : Jeff Prananda)

''Perlu saya sampaikan bahwa Angkatan Udara semenjak saya mendengar berita hari Jumat sore musibah di Palu yang sedemikian dahsyatnya, saya langsung menyiapkan alutista Angkatan Udara yang diperlukan bantuan untuk bantuan kemanusiaan ini.

Saya menyiapkan sampai dengan hari ini sebanyak 12 Hercules karena saya yakin bantuan transportasi udara ini sangat diperlukan," kata Yuyu di Bandara Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (30/9).

Boeing 737 TNI AU (photo : TNI AU)

Yuyu mengungkapkan, bantuan dari transportasi udara saat ini menjadi andalan untuk mengantarkan asupan makanan dan pakaian untuk ke lokasi gempa. Selain pesawat Hercules, Yuyu juga menyiapkan pesawat Boeing hingga helikopter.

"Mengingat situasi di sana jalan darat cukup jauh, laut juga demikian bandaranya rusak karena tsunami. Saat ini disiagakan di Lanud Halim dan Hasanuddin di Makassar karena itulah yang paling dekat sehingga saya siapkan di dua tempat. Selain itu saya siapkan CN-295 sebanyak 5  pesawat, CN-235 sebanyak 2 pesawat, Boeing 737 saya juga manfaatkan untuk mengangkut personel sebanyak 4 pesawat dan juga pesawat helicopter (2 unit EC-725 Caracal - ed)," rinci Yuyu.

EC-725 TNI AU (photo : Jeff Prananda)

Bantuan bagi korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, menjadi prioritas utama. Agar tepat sasaran, TNI AU menggunakan foto udara untuk memetakan persebaran bantuan. Karena, kebutuhan bantuan di perkotaan tentu saja berbeda dengan kebutuhan di kawasan terpencil.


“Foto-foto udara ini nanti akan dikaji lebih jauh. Kalau daerah perkotaan itu langsung bantuan tenaga kesehatan dan segalanya, itu sudah ke sana. Tentunya tidak boleh kita lupakan itu adalah daerah-daerah yang terkena bencana namun di wilayah yang sulit dijangkau,” ucap Kadispen TNI AU, Marsma Novan Samyoga di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kemarin.

(Kumparan)

137 komentar:

  1. Eleh-eleh....si awewe bahenol2 kerjanya bersolek aja dihanggar, macam noni-noni belanda mo pergi dansa-dansi πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si awewe mah kesayangan ompal tuh om,si awewe gk boleh capek kata ompal om wkwkwk

      Hapus
    2. nyoih om pit, om smiling syiriik aza dech haha!😜😜😜
      klo nanti lecet...nanti apaah kate babeh haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    3. satu2nya awewe101 tercantik yg versi militer di asteng haha!😍😍😍

      en yunowat, gaes ternyata awewe101 jd jawara yg dipilih para fans tetangga kesayangan lho buat gantiin nuri... omaigat haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      http://www.malaysiandefence.com/agustawestland-aw101-the-winner/

      pantesan pas adeknya datang, fans tetangga kesayangan pada jingkrak2 haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      sbenernya td siang guwe sempet nyindir mimin, jarang2 loh ada brita kyk gini, kok dilewatkan, kesian yg dahaga awewe haha!😜😜😜

      nich yg lucu, ada yg saranin kyk gini haha!🀣🀣🀣
      "Agreed with safran. Bit far-fetched but if the air force sold their ec725 to either thailand, singapore or indonesian (which are users or future users of ec725) and buy aw149 together with army is a great option in my opinion"

      gubrakkk..sadisan die komengnya daripadakuh haha!😱😱😱

      http://www.malaysiandefence.com/police-getting-new-aw139/

      apa doi gak tau Basarnas uda koleksi aw139, mana mao digenepin jadi 12 bijik haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      awewe139 basarnas indonesia hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      tukan: "Indopelita Aircraft Services Assembled Basarnas AW139"

      esembling tuch kyk gini gak pake lama, jgn dilama2in, kyk bikin ndiri ajeh haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      https://www.helis.com/h3/basarnas_aw139.jpg

      Hapus
    4. klo awewe101, rencananya 1 bijik yg diakusisi tni au, 5 bijik kemhan...tp pada tau kan situasinya jd broba. biasa ada merengek2, ganggu babehnya om smiling aje dech haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      tp uda diberesin kok...ssstt tunggu tanggal maennya gaes haha!🀫🀫🀫

      Hapus
    5. Awewe mah kudu di tambah 5 bijik lg...daya angkut lumayan lebih besar dikit dari cougar..coba gak ada masalah kan bisa berguna nih pas bencana tiba...tapi ya bersyukur juga uda beli lg tambahan 7 bijik cougar + 9 NC 212 + 1 C 295

      Hapus
    6. klo uda masuk renstra, suatu proyek pst jalan terus om tupez.
      hanya soal waktu aja ini haha!😊😊😊

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hercules aja yang sudah berumur masih terawat, masa malon ngurus MKM tak mampu? Apalagi jumlah jet malon sangat sikit sekali loh πŸ˜‚ padahal dulu ada yang cakap TNI miskin, kalau ngomong Asset TNI di seluruh Indonesia gak bakalan budget Malon mampu bayar jumlahnya wkwk πŸ˜… otak beruk tak sampai kesana sih pemikirannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklumlah bro mereka tak de kepakaran dalam repair sukhoi dan tak de budget

      Hapus
    2. Waw... dlm pilu sempat lagi mengata... terpulanglah. Semoga yg bertugas semua aman. Simpati terhadap bencana

      Hapus
    3. Yg dipanggil beruk itulah antara paling awal datang memberi bantuan..

      Hapus
    4. Singapure yang datang duluan.. yang si beruk baru belakangan ikut ikutan 😁😁😁

      Hapus
    5. indon bangsa angkuh yg tak reti nak bersykur dan ucap terima kasih pada bantuan yg mencurah malah masih mampu menghina..patutla negara ini penuh dgn bencana kerana rakyatnya begitu angkuh

      Hapus
    6. Yang angkuh dan sombong itu Malonsial sebenar nya berlagak kaya padahal miskin.. patutlah bangkraps dan militer makin ketinggalan dari Jiran nya 😁😁😁😁

      Hapus
    7. Malaysia masih dlm misi bantuan kemanudiaan di bangladesh. Dan semalam ke sulawesi. Tp pokok ceritanya ape saja bencana pasti negara2 didalam asean ini yg akan menghulurkan bantuan tanda simpati. Biar kami tentinggal. Yg penting tidak masih angkuh sedangkan bencana sedang melanda. Ckplah kekuatan tni lebih hebat dari kalangan tentera jiran di sulawesi. Mereka lebih butuh bantuan dari kekuatan skrng. Klu kamu saat ni nk banding kekuatan silakan lah. Tetapi simpati la sikit pada saudara2 kamu tu... bukan masa utk kamu menghina2 sekarang ni

      Hapus
    8. Makanya jangan menyombong.. baru kirim 1 bijik A400 kawan2 ko sudah riuh sekampung macam sang superhero yang cawat nya di luar bandingkan dengan TNI yang kirim 12 Hercules ,CN-295 5 pesawat, CN-235 sebanyak 2 pesawat, Boeing 737 4 pesawat dan juga pesawat helicopter 2 unit EC-725 Caracal.. belum lagi kapal2 TNI AL.😁😁😁

      Hapus
    9. Harap tahun ni dan seterusnya indon ditimpa bala lagi 😁😁😁

      Hapus
    10. Eligo...doamu busuk lon...semoga semua kembali padamu

      Hapus
    11. Namapun bala, kalau sikap baik insyaallah indonesia selamat dari sebarang bala, tapi kalau macamnila sikap rakyat indon

      Hapus
    12. Indon dalam forum ni asyik menyalak macam anjing... dibantu salah tidak dibantu pun salah.. jika membantu dituduh kita sombong. Tak membantu dikatakan malaysia dah nak bangkrup..apa sumbangan anjing2 indog yg menyalak ni utk rakyat sulawesi yeπŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”..jangan2 nak bagi duit derma pun kedekut.. bangsa yg tidak pernah bersyukur ni sentiasa ditimpa bencana masih cakap meninggi laksana gunung krakatoa...

      Hapus
    13. Tks oom @HA
      Saya setuju sama komen ente.

      Hapus
    14. Dein,harta,dan eligo@ Setakat ini pemerintah indonesia ini tak pernah meminta bantuan negara luar kerana pemerintah kami masih mampu membantu rakyatnya,tp bila ada negara luar yg mau membantu silahkan datang,ia boleh datang tapi jgn membuat masalah dan beban bagi negara kami kerana suasana di lapangan cukup pelik,akses bandara,pelabuhan dan dan jalan belum bisa terbuka,kerana itu indonesia membutuhkan pesawat,bkn pesawat besar yg dibutuhkan kerana landasan di airport yg terkena bencana tak mampu dilandasi pesawat besar,jadi A400 ko tak kan bisa mendarat di sana,paham tak

      Hapus
    15. Beruk Malon ngirim 1 a400 tapi lagak nya kayak taik ,sombong riuh sekampung .. nggak level lah dengan apa yang TNI kirim ke palu.. 😁😁😁😁

      Hapus
    16. Rasanya bole cari gmbr dekat mana2 internet. Aku tak pasti lori bawak apa. Tp jelas lori tangki pertamina masuk kedalam a400m. Utk tujuan apa aku tak tau. Yg jelas hanya a400m yg mampu sekarng ni. Dan sbb kami tau tu pesawat besar knp nk hantar bnyk2. Kami tak riuh. Tp komen kamu mula2 tu tunuannya utk ape. Sbb tu aku ckp klu nk buktikan kekuatan no.1 kat dunia ni bukan disulawesi. Mereka tak butuh kekuatan yg mcm tu. Mereka butuh bantuan kemanusiaan

      Hapus
    17. Yang ungkit merasa sombong kan karena bantuan lu duluan Malon.. Indonesia kirim 2 pesawat dan 3 kapal buat cari pesawat hilang lu nggak riuh sekampung.. kami saat bencana di Jepang bagi Wang 2 juta dollar dan kirim paket bantuan 1 jet boeing tak menyombong macam malonsial miskin yang cari muka 😁😁😁

      Hapus
    18. Indon bangsa yang riak, tolong salah tak tolong pun salah, mental rasanya, ade sahaja alasan jepun la bagai, bak kata 'orang memberi kita merasa' apa salahnya, tak kisahla ape yang rakyat indon rasakan terhadap malaysia, tapi tanggugjawab sebagai jiran seharusnya didahulukan, tak kirala jiran kampung ke jiran sebelah ke mahupun sesama negara, ketika ramai penduduk palu sedang bersedihan, sempat lagi indon2 ni nak cari gaduh, nak cari kesalahan orang lain, baik sumbangkan duit kat mangsa bencana yang selepas ini akan masuk frasa pemulihan selepas frasa mencari/menyelamat, ingat murahke nak pulihkan kawasan selepas bencana, lama pulak tu, tak kira la dari segi ekonomi atau emosi penduduk bencana

      Hapus
    19. Tapi bukan macam beruk Malon gunakan musibah palu sebagai bahan untuk menyombong.. ingat malonsial tolol negara lu dalam hal militer sudah tertinggal dari Indonesia 😁😁😁😁

      Hapus
    20. Harta@ tak salah keh gambar yg ko tengok tuh wkwkwk,Setakat nih landasan bandara di palu masih rosak tak mampu di darati pesawat besar cem A400 wkwkwk...pesawat yg sedang sahaje cem hercules,boeing 330,Cn-235 yg boleh mendarat di situ...bila pun negara ko nak tawarkan bantuan cukup kirim pesawat sedang cem herky or cn235 sahaje kerana landasan lapangan terbang tak mampu didarati pesawat besar cem A400...kami tak riuh lah pakcik,teman ko unknown yg mulakan riuh dan hantar cakap TNI dan pemerintah indonesia tak mampu mengatasi bencana,unknown cakap kerana negara ko kirim A400 barulah indonesia bisa selesa sikit wkwkwk...ko baca lah komen2 unknown kawan ko tuh wkwkwk

      Hapus
    21. Eligo@ indonesia tak lah riak pakcik,indonesia itu low profile....tak de asap maka tak de api,teman ko unknown yg mulakan gaduh,teman ko unknown cakap pemerintah indonesia dan TNI tak mampu mengatasi bencana,setelah Malon hantar bantuan A400 barulah indonesia agak selesa sikit wkwkwk...kerana cakap kawan ko tuh yg riak tuh maka forumer indonesia bully dia wkwkwk...kalo nak cakap liat dulu komen kawan ko tuh pakcik wkwkwk...indonesia hantar bantuan 3 kapal TNI AL dan 2 pesawat maritim untuk cari MH370,indonesia tak pernah riak,indonesia dah gemuruh sedunia indonesia tak pernah bully negara ko,indonesia kirim kapal dan pesawat maritim itu ikhlas untuk kemanusiaan,for humanity...begitu jg ketika MH17 ko jatuh shot down kena missile di ukraina,indonesia datang membantu pemerintah ko dgn mengirimkan doktor forensik untuk boleh mengenali mangsa MH17,indonesia kg tak raih dan gemuruh,indonesia tak bully negara ko,indonesia membantu negara tulus dan ikhlas hanya untuk kemanusiaan,for humanity

      Hapus
    22. Eligo@ indonesia tak pernah riak,tak gemuruh dan tak bising kirim bantuan ke negara ko

      Hapus
    23. Si eligo emang ngga tau malu.. Gua liat dari awal si Paul Bagio dan si unknown malonsial yang mengunakan isu bencana palu sebagai bahan troll mereka dasar Malon sombong ngga punya otak... jadi jelas kan siapa cecunguk nya 😁😁😁😁

      Hapus
  4. Para pilot jam 3 dini hari sudah bertugas..salut, semoga dilindungiNya saat bertugas..aamiin. πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masnya, jam segitu paling bangun krn kebeles pipit ya mas πŸ˜ͺ

      Hapus
    2. Iya mas, sekalian bebersih..😌

      Hapus
    3. Sampai kapan mau alasan?Gempa bumi,tsunami dan gunung berapi itu bencana berulangan buat indon.Kenapa persiapan begitu disastrous? Apakah terlalu banyak korupsi di negara kaya indon?Kikiki..indon mudah digondolin.

      Hapus
    4. Jancok matamu lon...bangsane keean ra ngerti kesusahan

      Hapus
    5. Tak ada alasan apapun beruk Malon aja yang ngga ada otak 😁😁😁
      Dana RI cukup, Menko Luhut sebut tak butuh bantuan asing untuk bencana Palu-Donggala
      https://m.merdeka.com/uang/dana-ri-cukup-menko-luhut-sebut-tak-butuh-bantuan-asing-untuk-bencana-palu-donggala.html

      Lagi Indonesia Tak Minta, Negara Asing yang Tawarkan Bantuan Gempa Palu keren kan..😁😁😁

      https://m.liputan6.com/news/read/3657031/bnpb-indonesia-tak-minta-negara-asing-yang-tawarkan-bantuan-gempa-palu

      Hapus
    6. Bahkan melihat besar nya jumlah penerbangan pesawat TNI di palu beruk2 malon yang ngga punya otak masih pura2 tolol dan nggak terima kenyataan.. dengan keadaan militer Malon yang sangat menyedihkan belum tentu Malon gembel mampu mengumpulkan kekuatan sebesar itu 😁😁😁

      Hapus
    7. Asyik2 militer, sekarang ni kemamapuan menyelamat lebih baik dari membunuh, renung-renungkanlah😁😁😁

      Hapus
    8. Ngga usah oot eligo😁 tengok tuh betapa besar kekuatan reinforcement TNI kalo lagi ngumpul itu baru bencana alam.. Malon pun gua yakin nggak mampu kumpul kekuatan sebesar itu 😁😁😁😁

      Hapus
  5. Indonesia belum bisa menerima relawan asing untuk bencana Palu .Artinya Indonesia menolak secara halus pengiriman relawan asing ke Palu.

    https://www.cnnindonesia.com/internasional/20181004173046-106-335778/kemlu-ri-belum-terima-relawan-asing-untuk-bantu-gempa-palu

    Untuk sementara ini Indonesia hanya mau terima bantuan material berupa alat pemurni air,tenda,peralatan medis menggunakan pesawat cargo dari negara masing -masing .
    Sepertinya pemerintah menilai belum membutuhkan tenaga asing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kalo yg sifatnya operator mesin spt mesin pengolah air bersih atau mesin lainnya dan tenaga2 yg punya keahlian khusus masih bisa om...

      Hapus
    2. Iya bro , hanya terima tenaga ahli yang datang bersamaan dengan pesawat . Mungkin dinilai bikin susah saja ,harus nyediain makanan,apalagi si Unknown,Kangkong makannya harus nasi lemak dengan ayam goreng kan bisa repot nyarinya,si pale face lain lagi kalo nggak ada sosis juga nggak mau makan , yang ada di sana cuma nasi putih dengan kecap...maklum lagi darurat mereka minta disediakan yang aneh aneh menurut kita padahal itu makanan harian mereka..

      Hapus
  6. Ini belum ditambah dgn heli 16 Mi-17 Penerbad TNI-AD,Heli Bell-412 Penerbad TNI-AD,CN-212 Penerbad TNI-AD,NBO-105 Bolkow TNI-AD,CN-295 polis,CN-235 TNI-AL,CN-212 TNI-AL,Heli NBO-105 TNI-AL,Bell-412EP TNI-AL dll...semoga tercukupi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lapor PMI 2 heli bolkow om pit haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Video Pesawat Hercules Mendarat di Bandara Palu Menuai Banyak Komentar - NET 10
      https://www.youtube.com/watch?v=8pZ5GDsa04o

      Hapus
    2. Yoi ompal,sudah siap sedia semua

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Our depest condole to all our Indonesian brother.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mary ann lazado, 'Thank you .

      Hapus
    2. brader doank yg disalamin,
      okelah klo begitchu, makasih sista haha!😘😘😘

      Hapus
    3. Tenkyu mary ann...teman yang baik seperti ini...gak kayak jancok kangkong asu

      Hapus
  9. OTT: Mak Lampir Sarungpaet dicokok petugas imigrasi saat sudah duduk dikursi pesawat tujuan chile....hahahah, mo nyusul bang thoyib rupanya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa kaburnya ke chille....πŸ€”

      Oh iya, beta ingat disana kan ada dokter spesialis bedah plastik kampiun yg dulu pernah mengubah wajah gembong nazi, adolf weizmann biar tidak dikenali oleh intel israel yg memburunya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Omaegot,Omaegot...dia mau main telenovela kali di sana om wkwkwk

      Hapus
    3. Kalo g salah negara yg terkenal op plas tu kuba mase...kok cile

      Hapus
  10. Finally!!!

    I assume, the next presidential election debate will include natural disaster management. It would be foolish if they didn't!

    It's been happening worldwide and we almost have a schedule of worldwide natural disasters: earthquake, tsunami & mountain eruption.

    Earthquake yesterday:
    Indonesia, Iran, USA & Japan.

    Mountain eruption yesterday:
    Sulawesi & Hawaii.

    Earthquake today:
    Russia, Fiji, Taiwan.

    Earthquake tomorrow ???
    It's been happening more than 20,000 Earthquake worldwide.




    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya masih ada debat capres ? mau debat sama siapa ?

      Hapus
    2. Mentaliti kelas 3.Bisa beli persiapan ketenteraan tapi ngak bisa persiapkan diri hadapi bencana berulang? Kikiki..indon mudah digondolin.

      Hapus
    3. Mentaliti beruk Malon miskin ketentaraan paling noob seasean masih juga menyombong dan ngga terima kenyataan negara lain lebih maju dari dia.. 😁😁😁😁

      Hapus
    4. dia sibuk nak perang je..masalah rakyat taknak pikir.. banyak wilayah yg nak merdeka dari jakarta pun diorg duk kecoh pasal tetangga lagi...

      Hapus
    5. Macam Sabah dan Serawak yang nak merdeka karena di miskin kan oleh semenanjing malingsial 😁😁😁😁

      Hapus
    6. Kelakarla mamat ni cakap sabah sarawak nak keluar malaysia, nak masuk indon ngan filipina jangan harapla, makin miskin sabah ngan sarawak nanti

      Hapus
    7. Indon lupa 10 wilayah indon nak merdeka dari jajahan jawa.. silap haribulan indon tinggal tanah jawa je... sabah sarawak walaupun dikatakan miskin tapi lebih baik dari wilayah indon di kalimantan tu...

      Hapus
    8. Banyak cakap sahaje beruk malon nih semua,utang dah capai 70 per ratus dan utang sampai 1 billion ringgit tak dipikirkan,ia boleh membunuh korang semua

      Hapus
    9. Mana ada 10 wilayah 😁.. beruk tolol Malon pakai sumber YouTube 😁😁😁😁

      Hapus
  11. ...dari piala AFC U 16 di MalaSsia Beruk ;


    Tajikistan yang pernah dikalahkan oleh MalaSsia Beruk di fase Group A dengan skor 2 - 6...lalu ke perempat Final 1 - 1 lawan Korut lanjut ke tos tosan...lalu di semi Final 1 - 1 lawan Korsel lanjut ke tos tosan juga dan akhirnya melenggang ke Final


    Jepang vs Tajikistan


    ...RUAAARRR BIASAAAAAA nich Tajikistan




    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...MENTAL BAJA, TAKTIK YANG TEPAT dan KEBERUNTUNGAN...menaungi Timnas U 16 Tajikistan





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. Inilah mentaliti indon..bencana datang bertubi2..masih tidak sedar diri.

      Hapus
    3. A400M TUDM sudah berada di Jakarta untuk bantuan membawa jentera berat ke Palu..atas permintaan Tni kerana hercules gak bisa pak..


      Hapus
    4. Beruk Malon yang seharusnya Nya sadar dan jangan sombong.. Indonesia sudah terbiasa bencana karena daerah nya memang di lewati tectonic plate macam jepun..

      Trus Malon mou bandingannya 1 pesawat Malon lebih berharga di banding 12 herkules TNI.. otak beruk Malon memang terbuat dari lumpur 😁😁😁

      Hapus
    5. indon tolol udah tau bencana pasti menimpa tapi masih belum cukup persiapan. Katanya kaya. Sampai bila bisa persiapkan diri untuk hadapi bencana? Next jerebu.Menyusahkan orang/jiran2. indon sudah digondolin.Kikiki..

      Hapus
    6. Malonsial tolol We rich.. not bangkraps country like malonsial 😁😁😁
      Dana RI cukup, Menko Luhut sebut tak butuh bantuan asing untuk bencana Palu-Donggala
      https://m.merdeka.com/uang/dana-ri-cukup-menko-luhut-sebut-tak-butuh-bantuan-asing-untuk-bencana-palu-donggala.html

      Lagi Indonesia Tak Minta, Negara Asing yang Tawarkan Bantuan Gempa Palu keren kan..😁😁😁

      https://m.liputan6.com/news/read/3657031/bnpb-indonesia-tak-minta-negara-asing-yang-tawarkan-bantuan-gempa-palu

      coba bandingkan dengan Malon yang banyak hutang Sampai negara di jual dan di gondolin China 😁😁😁😁

      Hapus
    7. Dasar manusia angkuh..

      Hapus
    8. Dasar beruk Malon tolol tak ada otak 😁

      Hapus
    9. Dalam keadaan bencana indon taik masih sibuk dgn bola.. team bola indon dah kalah dah pun.. sudah sudah la duk bangga diri....

      Hapus
    10. Bencana sudah sudah terkawal baik oleh TNI beruk Malon pun masih merepek.. team bola macam pemain kampung tak ada kuality masih menyombong alasan Team Abcdefghijklmnopqrstuvwz 😁😁😁😁

      Hapus
    11. Cer tgk team bolq b19 malaysia mengalahkan indog di gelanggang sendiri.. kekalahan indon telah membuatkan monyet2 indog spt ko mengamuk dalam stadium lagak gaya macam monyet tak dpt pisang di zoo... lawan team india pun seri.... kwkwkwkkwkw.. yg paling kelakar burung garuda kena sembelih dgn kanggarooo.. kwkwkwkkw. Dah jati sate pun yindon berlagak lagi kan... kwkwkwkwkkw. Betul la org kata kalau nak jadi bodoh jangan jadi macam budak2 indon.. bodohnya mengalahkan sapi.. kwkkwkwkwk

      Hapus
    12. Aq nak heran sama beruk malon nih semua,asik negara orang yg dia urus,negaranya yg punya utang 70 per ratus dan 1 billion ringgit tak dipikirkan,tak keh korang pikirkan utang tuh boleh bunuh korang semua wkwkwk

      Hapus
    13. Tapi kekalahan team u16 malonsial membuat beruk Malon tolol berkilah yang bermain katanya grup Abcdefghijklmnopqrstuvwz.. pemain bola macam pemain kampung 2 pertandingan 2 red card belum lagi silat sama gila nya property negara orang pun di rusak parah emang beruk malon 😁😁😁😁

      Hapus
  12. ...Scan @


    Bencana itu ada 2 macam, yang pertama sebagai Hukuman dan yang kedua sebagai Ujian...jangan diratapi berlebihan...IKHLASKAN dan BERSABARLAH ( simak QS. Al-Baqarah ayat yang terakhir )


    ...dan jugaTIDAK ADA yang abadi di Dunia yang Fanaa ini, setiap yang BERNYAWA pasti akan mengalami Kematian






    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Militer yang kamu agungkan itu juga tidak kekal..ngak perlu berlebihan

      Hapus
    2. Macam MAT sabu dedahkan militer Malon paling lemah se-ASEAN tapi beruk Malon tolol tetap ngga terima kenyataan 😁😁😁

      Hapus
    3. Ada yang :
      Dulu agung, sekarang dah gak agung.
      Dulu agung, sekarang masih agung.
      Dulu gak agung, sekarang agung.
      Dulu gak agung, sampai sekarang gak agung juga,malah bikin orang mewek..πŸ˜‘

      Mending makan Martabak Agung, enyak & lezzaat...😁


      Hapus
    4. Selamat hari jadi TNI, semoga makin profesional..πŸ‘

      Hapus
    5. Jangan cakap pasal agama kalau asyik kutuk ngan hina orang lain, macamla rakyat indon ikhlas ngan sabar, tengok forum ni pun dah tahu

      Hapus
    6. Minggatlah dari forum ini lon...buatlah forummu sendiri

      Hapus
    7. Aq heran dan gelak lihat beruk malon nih semua,pasal negara orang yg dia urus,pasal negaranya punya utang 70% dan 1 billion ringgit tak dipikirkan,wadoii teruknya

      Hapus
  13. alutsista yang jadi pahlawan semasa bencana itu paling menonjol heli,haglun pmi,dan kappa atau pts marinir.,.,entah kemana kappa marinir di palu tidak tampak

    BalasHapus
  14. basarnas,pmi,red cross....perlu punya kappa amphibi sendiri untuk dikerahkan dalam bencana dahsyat...kappa menjadi solusi ketika semua alat tak berfungsi....pengalaman di aceh...kappa amphibi menjadi terdepan dalam membawa logistik dan evakuasi

    BalasHapus
  15. dari aneka kejadian ternyata kita teramat perlu dan mendesak membeli heli mi26....heli mi 26 dapat mengangkut seberat hercules...dan dapat mendarat vertical disaat bandara hancur.....go go mi26

    BalasHapus
  16. Beruk2 malon tolol berasa paling berjasa banget ngirim a400 rongsok mereka ke palu.

    Indo nggk pernah minta, hanya mahatir tolol yg menawarkan langsung. Bencana itu biasa di Indonesia nggk ada istimewa,..sampai saat ini TNI mengcover semua evakuasi & menolak secara halus relawan Internasional.

    Baiknya beruk2 malon balik kandang,..simpan elolk2 a400 kalian...ntar habis jam terbang nggk bisa repair macam sukhoi...beruk no kepakaran..songlap yess

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah iya bro jangan macam F-18 yang sparepart nya aja hibah dari ausie atau paling parah Sukhoi yang ngga ada duit buat beli sparepart..😁😁😁😁

      Hapus
    2. Sabar mas..😊
      Semoga para korban segera terbantu dengan benar...aamiin..

      Sama kek pas ngadain kondangan, mampu biayain tapi kalo tetangga mo bantu ya silahken, tapi yg atur tetep yang punya acara, biar ga berantakan..πŸ‘

      Hapus
    3. Di media propoganda mereka mungkin terlalu di boost pemberitaan seolah2 pemerintahan indo membutuhkan bantuan recovery dari tentara mereka. Padahal banyak negara lain yg membantu, nggk cuma beruk malon aja.

      Gw beneran heran dgn logika mereka seolah2 dgn bencana ini indonesia collaps semua.. Padahal yg terkena bencana itu bagian kecil dari indo.

      Hapus
    4. Jumlah kematian 1000 cukup sedikit bagi rakyat indon, maklumla sebahagian KECIL daripada indon, tumpang simpati terhadap mangsa dan keluarga bencana qaaa

      Hapus
    5. Indog memandang remeh kematian 1000 rakyatnya sehinggakan tak penting utk mereka bantu.. bila org luar nak membantu ada pulak rakyat indog yg menyalak macam anjing spt yg ada dalam forum ni.... apa jasa kalian utk rakyat sulawesi ni. Kalau x mampu mengubati penyakit.jangan jadi racun yg membunuh wahai indog2 kontol..

      Hapus
    6. sudah di bantu dalam kesusahan... malahan dihina... perangai TERPUJI.... luar biasa manusia manusia begini...

      Hapus
    7. Makanya jgn d putar balik beritanya lon...pakw bilang tni g sanggup segala...
      ente senggol kami bacok reti g nyet.

      Hapus
    8. Hadoii,para beruk putarbalikkan fakta...indonesia tak de minta bantuan malon,pemerintah indonesia cuma berkata bila ada negara lain menawarkan bantuan sila masuk tp jgn membuat kacau,malon baru kirim A400 gemuruhnya sedunia dan bilang TNI tdk mampu wkwkwk...lon,bila menolong tuh yg ikhlas jgn riak,paham tak...indonesia yg pernah kirim 2 hercules,obat2an dan makanan ke jepun yg dilanda tsunami dan gempa tak pernah gemuruh dunia,indonesia ikhlas dan tdk riak lon

      Hapus
    9. Ingat lon saat pesawat ko hilang TNI juga kirim pesawat dannkapal perang tapi kami santai aja.. ini Beruk Malon baru kirim 1 pesawat sudah riuh sekampung berlagak bagai dewa penolong padahal di banding TNI bantuan Malon hanya seujung kuku 😁😁😁😁

      Hapus
    10. Dalam forum jelas terpacar siapa yang riak, malaysia tak kecoh pun hantar a400, indon yang bising bila malaysia hantar a400 tu, cuba tengok siapa yang yang mula2 sebut a400 dalam forum ni, kecoh2

      Hapus
    11. Oh ya si scan, unknown, Dien dan si kangkung ko juga bising Malon.. karena selalu merasa inferior lihat kekuatan indonsia.. baru kirim a400 udah riuh sekampung ko Malon.. 😁😁😁😁

      Hapus
    12. Dari awal Beruk Malon selalu gunakan musibah palu sebagai bahan untuk menyombong dasar beruk malon tolol...

      Hapus
    13. Eligo,ko lihat dulu cakap kawan ko unknown,dein apa mereka tak riak dan tak bising wkwkwk

      Hapus
  17. This is only shows how idiot and incompetent are this Indons Government. They are only good in military parade showing their military equipment to the public and pretending to be a war and disasters ready just like what happened to Palu Sulawesi. Now it probes that Indons Government cannot handle the real situation in Earthquake and tsunami affected areas whereas more Indons people are still missing and survivors auffered heavily from hunger due to scarcity of foods and very slow arrival of food donation coming from mainland due to lack of transport resources.why? Because their parade is made up of PLASTICS plane, PLASTICS boat,PLASTICS drone, PLASTICS missiles etc.
    So shame your government!xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente lucu bro..


      (Bikin ane menertawakan ente)

      Hapus
    2. Biasa la bro.. bangsa mendunia ni.. jangan2 aset perang tu semua replika je...πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† diorg bersedia utk perang je.. tapi bila clash dgn negara asing..masih pakai lastik burung.. bangsa yindon ni cukup berbangga dgn aset mereka tapi bila bencana. Kelam kabut habis macam org bodoh je.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Indon juga sperti tidak bersedia menghadapi bencana... seharusnya peralatan penting spt bot. Buldozer. Mesin sedut air. Khemah. Stok makanan tin. Mesin menjana elektrik. Alatan telekomunikasi. Ubatan disediakan khas terlebih awal.. bila bencana hanya perlu kerahkan sahaja.. bencana sept tsunami. Gempa bumi. Jerebu sudah biasa di indon.. jadi pihak kerajaan sudah boleh jangkakan apa keperluan jika berlaku bencana ini.. jangan asyik belajar nak berperang je..tapi tak belajar camana nak survive dan membantu rakyat secepat mungkin....

      Hapus
    4. Bersyukurlah Dein, ente gak mengalami bencana.
      Gak tau rasanya kan, kehilangan keluarga dengan cara seperti itu?

      Hapus
    5. @pedang rakyat malaysia kebanyakannya tumpang simpati terhadap mangsa bencana di palu, malah malaysia sendiri turut memberi bantuan, tetapi malaysia tetap dihina oleh rakyat indon yang angkuh, sepatutnya pada masa inilah kita bersatu sesama jiran, tapi lain pulak yang jadi

      Hapus
    6. kalau bangsa malon tudak ikhlas memberi bantuan.. tak payalah bangsa kau memberi bantuan. Indonesia pun tidak mengemus bantuan kemana2 negara didunia.. Namun dlm bencana palu ini bnyak negara yg menawarkan bantuan.. jadi untuk menghormati hubungan persahabatan indonesia mengizinkan bantuan asing itu masuk.. itupun disesuaikan dengan kebutuhan. paham kau lon..??? kalau bangsamu tak ikhlas.. tarik saja bantuan kalian dan pergi dari indonesia.. !!! 😊😊😊

      Hapus
    7. Kalau hanya berbicara saja cukup mudah....coba anda wahai bangsa malon yg menghadapi bencana yg besar...apakah anda sanggup menanganinya...??? indo masih sanggup menangani bencana karena telah terbiasa...indo tak meminta bantuan tapi banyak negara lain yg simpati mengirim bantuan dan kami berterima kasih atas bantuannya...sesama manusia hendaklah saling menolong.

      Hapus
    8. dein @ bukan nak bersombong angkuh...rakyat indonesia tu takut,kalau malaysie bantu nanti pesawat malaysie enjin hilang cem mane?

      Hapus
    9. Ketika ada bencana di negara kawasan asean maupun di luar indo selalu senantiasa juga memberikan bantuan...kami ikhlas membantu selayaknya manusia harus rela tolong menolong...meringankan beban sesama.

      Hapus
    10. Eligo,

      Jika ente punya beras 100kg & menemukan 5 butir beras yg rusak, apakah ente akan membuang seluruh beras itu karena menganggap seluruhnya rusak juga?

      Hapus
    11. Hadoii,ada beruk angkuh wkwkwk...indonesia yg pernah kirim 2 hercules,obat2an dan makanan ke jepun saat mereka dilanda tsunami dan gempa,indonesia tak gemuruh dunia,indonesia ikhlas,tak cem malon baru kirim A400 gemuruhnya minta ampun wkwkwk

      Hapus
  18. I advise Indons G9vernment to focus and serious on their military and disaster equipment to prevent such failure like what happened in Palu not in fake military equipment like plastic banana boat and plane.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini belum Indonesia goverment meminta bantuan dari negara lain . Artinya masih sanggup mngatasi bencana karena cukup punya peralatan,tenaga , alat transportasi dan lainnya.

      Jika negara lain menawarkan bantuan equipment kita wellcome . Tapi untuk tenaga terima team SAR negara lain belum membutuhkan.Karena sulit meng organisir mereka , apa lagi datang dari berbagai bangsa.

      Hapus
    2. Yeah,trully banana boat cem scorpene malon tak boleh selam,ngambang terus cem tai wkwkwk

      Hapus
    3. Mana link yang menyatakan Indonesia kekurangan EQUIPMENT ???
      Kalau ada yang menawarkan sudah sepatutnya diterima ,perlu atau tidak bukan lagi hal yang utama . Ini sudah standard diplomasi antar negara...
      Gitu saja kamu nggak ngerti Unknown.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Tiger@ cermin diri lon wkwkwk

      Hapus
    6. Rileks la jebeng. Pasport dh renew blum? 🀣🀣🀣

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Alhamdulillah pangesto.😊

      Hapus
  19. Dalam waktu 4 hari tni au telah berhasil mengevakuasi kurang lebih 5800 jiwa dari palu...di tengah keterbatasan bandaranya...Bravo buat tni au...and Hercules sang tulang punggung.....Dirgahayu TNI....bersama rakyat tni kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syabas pada anggota TNI semasa operasi memcari dan menyelamat, harap penduduk palu tabah menghadapi dugaan kelak dikala kehilangan anggota keluarga mahupan tempat tinggal

      Hapus
  20. G d militer g d olah raga g d internet masih ja sombong, dlu nyoba nge hack situ" indo.
    Ngatain hacker indo apala, giliran d serang balik minta bantuan hack dr china dr inggris.
    Hahahaha ngakak gue inget masa" itu.
    Sampai 3 hari g tidur nemenin temen ngacak" situs malay

    BalasHapus
  21. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2okUUAT

    BalasHapus