23 Oktober 2018

Kodam VI/Mulawarman Bangun Tempat Latihan Tempur Modern

23 Oktober 2018


Pembangunan Puslatpur Amborawang (photo : Prokal)

PROKAL.CO, BALIKPAPAN   -   Kodam VI Mulawarman (Kodam VI/Mlw) saat ini tengah membangun tempat latihan tempur yang letaknya di Kelurahan Amborawang,  Kecamatan Samboja,  Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). 

Tempat ini tak asing lagi bagi warga Kaltim,  apalagi warga sekitar karena sejak 1977, wilayah hutan ini sudah ditetapkan milik Kodam VI Mulawarman yang dulu Kodam VI Tanjungpura. 

Areal latihan tempur Amborawang modern dirancang matang merupakan agenda grand strategi TNI AD. 

Untuk mewujudkan tempat latihan modern,  Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto menunjuk Komandan Satuan Tugas Latihan Tempur (Dansatgaslatpur)  Kolonel Inf Muhammad Yasin SSos MAp  guna melakukan penataan areal hutan tersebut. 

"Belum lama ini,  bulan September, diselenggarakan latihan tempur dari Raider 600. Dari latihan tersebut,  kami sudah melakukan evaluasi yang kami laporkan kepada Pangdam," ujar M Yasin didampingi Kepala Penerangan Kodam (Kapendam)  VI Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino saat mengajak media ini melihat langsung areal latihan tempur Amborawang, Kamis (16/10).

M Yasin yang juga didampingi Wakapendam Letkol Inf M Iqbal dan Kepala Topografi Kodam (Katopdam)  VI Mulawarman  Letkol Ctp Sugiyantoro menjelaskan,  dalam rangka mewujudkan tempat latihan tempur modern,  saat ini dilakukan pembenahan-pembenahan di antaranya melebarkan jalan yang nantinya bisa untuk lintasan alat tempur berat tank,  membenahi titik-titik batas wilayah yang sebagian tidak terbaca dan hilang.


Serbuan dengan tank Leopard (photo : Kostrad)

"Dalam penataan ulang areal latihan tempur Amborawang,  kami sudah melakukan sosialisasi dengan masyarakat.  Babinsa kami kerahkan untuk menginformasikan tentang kegiatan di tempat latihan tempur Amborawang kepada warga sekitar.  Kalau ada lahan, rumah atau kebun yang terkena,  kami data dan  akan diberi ganti rugi. Kalau ada latihan,  warga juga kami beritahu agar jangan masuk karena latihan menggunakan amunisi tajam. Peringatan juga kami tulis besar di pintu masuk areal latihan tempur Amborawang.  Karena Pangdam mewanti-wanti, kegiatan di tempat latihan tempur jangan merugikan masyarakat," jelas M Yasin yang sangat berpengalaman bidang tempur darat. 

Ditambahkan M Yasin, tempat latihan tempur modern diagendakan terwujud paling tidak 5 tahun ke depan.  Tidak hanya modern,   tempat latihan tempur Amborawang cukup luas,    724 ha, sangat pas untuk latihan perang. Rencana pembangunan daerah latihan tempur Kodam VI Mulawarman di Amborawang akan dilengkapi sarana prasarana latihan yang mampu meningkatkan profesionalisme prajurit karena dilengkapi sarana  daerah latihan tempur untuk perang hutan, perang di daerah pemukiman (urban terain), anti teror dan lainnya.

 "Konturnya sangat mendukung adanya bukit, hutan dan jalan yang naik dan turun. Dengan areal seluas itu bisa digunakan latihan tempur menggunakan persenjataan berat tank kavaleri, meriam artileri dan lain-lain", ujar Kapendam Dino menambahkan. 

 Dijelaskan lagi oleh Kapendam, dengan arel seluas itu bisa menjadi daerah latihan tempur untuk taktik bertempur antar kecabangan yang berdiri sendiri maupun yang bersifat kerjasama antarkecabangan baik infanteri, kavaleri dan artileri yang menggunakan alutsista dengan kaliber diatas 100 mm. Baik itu kanon tank maupun meriam artileri yang dimiliki satuan jajaran Kodam VI Mulawarman yang rutin dilaksanakan setiap tahun di daerah Amborawang dalam bentuk  BTP (Batalyon Tim Pertempuran).


Howitzer Caesar TNI AD (photo : Kostrad)

Dansatgaslatpur  M Yasin dan Kapendam Dino Martono juga mengajak media ini naik tank AMX 13 APC buatan Perancis mencoba jalan yang sedang dilebarkan yang juga untuk lintasan tank.  "Jalan ini dilebarkan supaya bisa untuk manuver tank, " ujarnya lagi. 

Areal latihan tempur.  Amborawang modern,  jelas M Yasin,  nantinya dilengkapi banyak fasilitas pendukung yang juga digunakan pasukan  North Atlantic Treaty Organizatio (NATO), Australia,  Jepang,  Korsel. 

"Rencana areal latihan tempur Amborawang modern sudah kami rancang,  nanti kami persentasikan di hadapan Pangdam. Memang diperlukan biaya yang besar, " kata M Yasin dengan nada optimis. 

Adapun,  kelengkapan sarana dan prasaarana di tempat latihan tempur Amborawang Modern adalah

1. Fire Arms Training System (FATS)  300 mil Immersive Virtual Training System
2. Multiple Integrate Laser Engagement System (MILES) 
3. Digital Multi Purpose Ranger Complex (DMPRC).

Di tempat  itulah,  nantinya latihan tempur mirip sesungguhnya menggunakan alutsista modern, lempar granat sesungguhnya dan tembak menembak menggunakan amunisi tajam. 

Dalam perjalanan keliling areal latihan tempur Amborawang,  tampak banyak halang rintang di antara semak belukar untuk menggembleng kemampuan tempur prajurit TNI AD.  "Ndan,  halang rintangnya kok gak dibersihin, " celetuk salah satu awak media.


Penyerbuan dengan helikopter (photo : spiritnews)

M Yasin pun sigap menjawab sambil tertawa. "Kok dibersihin,  memangnya untuk outbond.  Ya harus seperti ini,  semak belukar dan pepohonan untuk latihan di medan perang sesungguhnya. Inilah fungsi lain tempat latihan tempur Amborawang,  pepohonan di dalamnya dijaga dan dilestarikan, " ujarnya. 

Meski di tengah hutan,  di areal lain juga tersedia tempat latihan pertempuran di kota dan pembebasan sandera. 

Perwira melati 3 ramah yang hobi ngetrail ini mengakui,  dalam areal latihan tempur Amborawang ada yang rusak,  yakni ada belasan titik danau bekas penambang batu bara liar.  Bahkan,  salah satu kolam kubangan bekas tambang, mencelakai dua prajurit Raider 600 yang sedang berlatih pertempuran malam hari. 

"Penunjuk arah latihan tempur,  prajurit berpedoman peta dan kompas.  Ketika pergeseran pasukan di malam hari,  dua prajurit terjerembab masuk kubangan bekas galian tambang batu bara.  Untung secepatnya ditarik temannya.  Kalau tidak,  bisa makan korban jiwa prajurit.  Bayangkan,  tengah malam yang gelap,  prajurit berjalan tiba-tiba masuk kubangan air besar bekas galian tambang batu bara. Maka dari itu,  kami juga menertibkan penambang liar yang ada di areal Puslatpur. Ini semata-mata demi keamanan dan keselamatan warga.  Jangan sampai nanti pas ada latihan,  ada yang terkena ledakan atau tembakan amunisi tajam.  Areal latihan harus clear dari aktivitas warga, " jelas M Yasin.

(ProKal)

96 komentar:

  1. Wow,menggerunkan TNI exercise nyata di daerah exercise yg luas tak cem sebelah bila nak exercise mesti pake simulator Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanam pisang juga disitu biar beruk2 malon pada datang sekalian buat sasaran tembak bergerak hahaha

      Hapus
    2. Tengok saja Malon pemalas kalau latihan hanya diam di tempat sambil tembak pokok pisang dan sawit πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. @iwak Mantul boleh juga idenyaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Tetangga sebelah kayaknya selalu gunakan vibrator om pit bkn simulator...hahaha

      Hapus
  2. Tentang proyek IFX yg masih tersendat sampai sekarang dan membutuhkan anggaran yg sangat besuaaaaaar....

    AL dan AD berpuas diri dg konsep TOT dari desain yg sudah ada mulai dr LPD, PKR, kasel, Anoa, SS-2 dll yg resiko kegagalannya rendah plus biaya untuk produksinyapun terjangkau....kenapa proyek IFX gak mengikuti langkah ini saja sih πŸ€”πŸ€”πŸ€”

    Toh dalam proyek IFX kita kemampuan kita masih terbatas pd teknologi airframe....sementara teknologi pendukung lainnya yg justru jenis dan nilainya lebih tinggi/banyak, industri dalam negri belum siap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TOT Viper setuju gak mas ?
      Terbang sudah pasti kansnya 99 %, kalau IFX belum pasti test trialnya nanti.

      Airframing plus teknologi lainnya rasanya masih bisa dipelajari dan diserap engineer2 Indonesia kecuali kalau mau Gen 5 segala... nyerah dah..

      Hapus
    2. pasti larinya ke gripek.. kahkah.. marketing gripek sedang kejar setoran nih ye.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Gak lah kalo gripen....viper dg radar aesa plus conformal tank sudah sesuatu banget buat Indonesia

      Hapus
    4. kasusnya seperti India itu ya om smili.. ?? Minimal beli 100-200 viper jika ingin dapat lisensi dari Lockheed Martin. 48 unit saja $ 4,6 miliar dollar.. laaahh ini ratusan unit duite sopo masee..?? xixixi..

      Hapus
    5. Betul mas superstar...kita harus pintar-pintar mengukur kemampuan diri kita sendiri.

      Dg TOT dari desain yg sudah jadi, lebih mudah, murah dan cepat bagi industri yg terkait untuk menyerap TOTO dan meningkatkan TKDN nya.

      Setidaknya pt.di menangani airframe, infoglobal dlm avioniknya, mungkin ada perusahaan lain yg menangani cooling system radar dsb

      Hapus
    6. Yan kan kadar TOT di sesuaikan dg kapasitas dan kapabilitas industri penunjang dan kemampuan dananya.

      Kalo kita "serakah" seperti india, malah muntah-muntah nanti.

      Contoh kadar TOT didalam negri kan sudah banyak to om bagaz, tinggal secara bertahap ditingkatkan kadar TKDN nya

      Hapus
    7. Padahal ketika mencanangkan proyek IFX ini kondisi pt.di masih kurang bagus, bahkan untuk mendesain proyek N-219 saja harus menggunakan dana pinjaman dari Lapan yg tidak terpakai, begitu juga SDM nya mengalami kesenjangan yg lebar akibat 70% SDM senior segera masuk usia pensiun

      Hapus
    8. Om super n om hari@ betul yg dikatakan bro bagaz itu,kl indonesia beli F16 V ketengan mana di kasi TOT Wkwkwk...bila pun indonesia beli 3 skadron F16 V palingan di kasi TOT comformal tank,buat apa TOT comformal tank itu om Wkwkwk...pake jerigen saja F16 indonesia dah bisa terbang Wkwkwk...kl TOT radar AESA gk mungkin di kasi kl indonesia belinya ketengan...gpp indonesia itu selalu bermimpi om,jgn pesimis om,moso dapatin janda om berdua selalu optimis Wkwkwk...canda kok om Wkwkwk...ane sebagai anak muda selalu optimis indonesia akan step by step mengejar ketertinggalannya dalam industri militer om,ane contohin nih,selain kerjasama pembuatan medium tank dan LPD,indonesia jg ada kerjasama pembuatan kapal selam dgn korsel,semua orang di dunia tahu bila teknologi pembuatan kasel tuh sama susahnya dan sama rumitnya dgn teknologi pembuatan pespur,kita dulu sering berpikir apakah indonesia mampu membuat kasel,apakah indonesia punya uang,apakah SDM kita mampu membuatnya,apakah kita punya fasilitas untuk membuat kasel,dan sekarang waktu telah menjawabnya om dgn akan selesainya pembuatan changbogo yg ke-3 dan akan diresmikan thn ini telah membuktikan indonesia mampu secara materi dan mampu dalam SDM dalam pembuatan kasel,walaupun sementara ini indonesia masih dalam tahap merakit,step by step nantinya indonesia akan mampu mendesain sendiri dan membuat kasel dgn versi indonesia sendiri,contoh udah ada om yaitu LPD hasil TOT dari korsel kita udah mampu mendesain sendiri tanpa bantuan korsel lg dan kini telah 2 biji SSV buatan indonesia telah di eksport ke philipina...so demikian jg dgn IFX ane selalu optimis om walaupun banyak rintangan dan hambatan yg di lalui project IFX saat ini,selalu optimis om

      Hapus
    9. Achhhh, mat rampit itu sering gagal paham dg komenku...🀦🀦🀦

      Viper dg radar aesa plus conformal tank itu maksudnya sudah memadai utk mengcover luasnya ruang udara kita dan sanggup menyongsong perkembangan teknolgi radar terkini.

      Oke, sekarang lanjut ke soal TOT...tolong disebutkan, industri pendukung pespur yg sudah siap menerima TOT selain pt.di

      Yang sudah punya produk yg relevan d teknologi pespur generasi 4,5

      Hapus
    10. TERBAIK# OM RAMPIT,SAYA SUKA GAYA LOE OM !!!!

      Hapus
    11. πŸ€₯πŸ€₯πŸ€₯...hmmm, kecium bau menyan

      Hapus
    12. Smilinghari@ lha om hari pesimis lg deh,tetap optimis donk om...kalo soal kesiapan industri kita,siap atau tdk siap kita mesti siap om,lha wong kita mengirimkan beratus2 engineer kita korsel bekerja di sana sambil belajar bareng dgn engineer mereka di sana...dari 200 item dalam pembuatan IFX,indonesia cuma menguasai 50 item om,sisanya 150 item lg teknologinya di kuasai korsel dan USA termasuk 4 item teknologi inti yg dihambat USA itu...dalam menguasai teknologi tingkat tinggi penyerapan ilmu lebih cepat dalam skema kerjasama TOT dari pada R&D sendiri om,kl R&D sendiri itu makan biaya tinggi,gk murah dan makan waktu puluhan tahun...mengenai IPR dan hak eksport,indonesia kan lg nego ulang dgn korsel,mengenai hal pembiayaan ane yakin pemerintah ada solusinya,begitu jg dgn 4 teknologi inti yg dihambat USA ane yakin indonesia dan korsel ada plan B atau plan Cnya om...ane optimis om

      Hapus
    13. Itulah bedanya pemikiran anak muda vs orang dewasa...

      Anak muda itu banyak maunya tapi kalo dikejar tanggungjawab, malah ngacir 🀦🀦🀦

      Beda dg orang dewasa, yg pemikirannya lebih realistis dan terfokus...maka banyak janda yg terkiwir-kiwir dibuatnya 😎😎😎

      Hapus
    14. "dari 200 item dalam pembuatan IFX,indonesia cuma menguasai 50 item om,sisanya 150 item lg teknologinya di kuasai korsel dan USA termasuk 4 item teknologi inti yg dihambat USA itu"

      Yg 50 item itu apa saja om pit?

      Hapus
    15. Bukan soal jumlah jenis itemnya lho.

      50 / (50+150) = 50/200 = 0,25 = 25%

      Kalau 50 item itu sangat vital hingga jika tanpa itu pesawat tak bisa terbang, bagaimana ?

      Contoh :

      Teknologi fly by wire yang katanya diciptakan pak habibie...

      Jika tanpa teknologi fly by wire pesawat jadi susah terbang, maka teknologi itu jadi vital bukan ?

      Jika yg 50 item itu termasuk teknologi pembuatan sirip, sayap yg tanpa itu pesawat tak bisa terbang ya pastilah bobot persentasenya lebih dari 25%.

      Hapus
    16. Maksut saya yg faktual gitu lho master...50 item itu apa saja?

      Lha wong mat rempit kalo momen bisa mendetil dan panjang lebar...jadi harus tau apa yg sdh dibahasnya

      Hapus
    17. Lha justru itu saya juga belum tahu, mat rempit tolong sertakan link ya, kalo nggak sertakan brarti hanya ilusi...

      Hapus
    18. "Master, saya agak ragu ttg klaim anda yg mengatakan pak habibie yg menciptakan teknologi fly by wire..."

      https://www.airliners.net/forum/viewtopic.php?t=21415

      Hapus
    19. Smilinghari n TN @ ane baca dah lama di JKGR,linknya dah lama,yg ngomong orang dalam PT DI sendiri om,ini bkn hoax

      Hapus
    20. Saya mah enggak menganggap info tsb hoax....tapi supaya mat tempur paham 50 item itu apa saja, dan ngerti disitulah kepakaran kita.

      Jadi supaya komennya tidak berpanjang-panjang tapi tidak "nyambung" dg info ttg 50 item tsb.

      Kira-kira begini: 50 item itu seputar airframe...tapi mat rempit komennya kemana-mana yg tidak berhubungan dg ke 50 item tsb.

      Jadi kalo komen mohon yg relevan...jangan kebanyakan berandai-andai, karena kita disini ini ya hanya berandai-andai πŸ€·πŸ™‹πŸ™†

      Hapus
    21. "Ini contoh komen mat rempit yg ngalor-ngidul alias tidak relevan dg bahasan IFX...Pak Habibie itu nggak terlibat dalam proyek IFX πŸ€·πŸ™‹πŸ™†"

      IRS@ yoi om,kontribusi knowledge kita banyak berperan dalam project ini om salah satunya ilmu tentang retak2 pada body pesawat bila mengudara pada tekanan angin dan dorongan yg kuat,makanya BBPT ada lab wind tunnel di serpong om,UAV ANKA TURKI udah gunakan fasilitas lab ini...seperti kita tahu pakar untuk mengatasi keretakan bodi pesawat yg terjadi saat menghadapi tekanan angin yg kuat adalah Prof BJ Habibie orang indonesia yg rumus2 matematika n fisika anti keretakan bodi pesawat temuannya ini telah menjadi rujukan pabrik2 pesawat dan helikopter seperti Airbus,Boeing,LM,BELL,BOMBARDIER dll dalam perhitungan keretakan pada pesawat dan helikopter yg di buat mereka...makanya ada komen nyinyir dan iri hati dari forumer jiran yg mengatakan engineer indonesia dalam project KFX/IFX ini cuma duduk2 santai sambil ngopi tanpa bekerja ane sering semprot mereka om kerana mereka tuh sukanya asbun dan iri tanpa pernah membaca prestasi engineer2 indonesia om

      Hapus
    22. Smilinghari@ siapa yg kata habibie terlibat dalam project IFX,aq gk pernah bilang gitu om,baca dulu komenku dgn bener om Wkwkwk...nampaknya om gagal paham Wkwkwk...aq cuma bilang ilmu dan rumus2 temuan pak habibie banyak berperan dalam pembuatan pesawat di pabrikan boeing,airbus,bell dll bukan pak habibienya ada ikut andil dalam project IFX...om,om hari lagi mabuk janda kok gk fokus gitu Wkwkwk...om kan dah gede silahkan om cari link prof habibie sbg penemu rumus Crack pada industri pesawat terbang dan helikopter,rumus dia telah banyak digunakan di seluruh dunia khususnya pada industri penerbangan,jd bkn tdk mungkin ilmu temuan pak habibie ini digunakan pada project IFX

      Hapus
    23. Om hari ini ane kasi link lama supaya bisa mencerahkan wawasan om,cekidot : www.militermeter.com/komposisi pesawat KFX/IFX lebih menguntungkan korsel/23-11-2016

      Hapus
    24. Aku komen begitu karena baca replynya mat rempit itu...

      Perhitungan utk mengukur keretakan pd struktur sayap pesawat harus ada obyeknya dan bersifat spesifik mat....nggak bisa maen duplikasi dari perhitungan pd pesawat yg lain.

      Dan itu nggak hanya berupa "rumus" tapi butuh pemahaman dan pengalaman yg mendalam dlm bidang tersebut

      Hapus
    25. Item2 teknologi yg di kuasai indonesia tdk di publikasikan apa saja itemnya om,mungkin ini rahasia perusahaan kali

      Hapus
    26. Maaf mat, sudah baca link itu (www.militermeter.com/komposisi pesawat KFX/IFX lebih menguntungkan korsel/23-11-2016) belum...???

      Karena isi link ini bertolak belakang dg optimisme anda...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    27. Lha,optimis donk om wong di artikel itu dijelaskan teknologi dan SDM indonesia lebih mumpuni dari korsel...lha indonesiakan berharap 4 teknologi inti toh

      Monggo panjenengan babar jg link dibawah supaya menambah wawasan om hari,cekidot :
      1)www.iat.co.id/habibie,mr Crack yg menggemparkan penerbangan dunia/22-05-2018

      2)www.konfrontasi.com/kilas balik: teori keretakan (Crack) pesawat temuan BJ Habibie dan royalti yg diraih/04-01-2017

      Hapus
    28. Link anda itu benar semua om rempit....tapi kalo tidak dibaca dan dipahami dg benar, penangkapan orang bisa beda-beda, malah melenceng dr link tsb 😎😎😎

      Hapus
    29. Om hari,dari link tersebut ane tangkap kesimpulan ane optimis om...

      Hapus
    30. "Naaaah, link ini menjelaskan maksut saya ttg timing proyek IFX yg kurang tepat menurut saya"

      https://jakartagreater.com/pesawat-tempur-kfxifx-mulai-pemilihan-desain/

      Hapus
    31. Sorry,mas Smili anda benar.

      Saya kecampur dengan N250 yang pertama kali menggunakan fly by wire.

      Hapus
  3. Persiapan menyerbu dan merebut sabah dari tangan sultan melayu malonshiit yg zalim.. xixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro,ini adalah suatu sinyal ke jiran agar jgn coba2 mencuri tanah indonesia lg,kl tidak malon akan jadi bubur dibuat oleh indonesia Wkwkwk

      Hapus
  4. "Inovasi tepat guna mahasiswa ITB, murah, mudah tapi mrantasi alias tepat guna πŸ’ͺπŸ‘, gak kalah sama tenda2 standar nato, dalam hal fungsinya"

    https://jakartagreater.com/tni-dan-itb-dirikan-bangunan-serbaguna-untuk-pengungsi-di-palu/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane lebih suka ide orisinil seperi ini, tepat guna dan tepat sasaran....dibanding ide ranpur pengangkut motoris tempo hari yg menurutku terlalu berlebihan dan overlapping

      Hapus
  5. Mas menyan,

    Mbok tolong dijelaskan bgmn cara kerjanya radar s-300 bisa mengunci pesawat siluman....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya om hari ikut israel dong yg lg mempelajari teknologi S-300 di ukraina dan di yunani Wkwkwk

      Hapus
    2. Kayaknya mas menyan yg lebih paham soal ini...

      Hapus
    3. Menurut penerawangan saya om smiling akan beli s300 atau malah s400.coba di baca link saya kemarin secara seksama dan dalam tempo yg sesingkatnya

      Hapus
    4. πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†...ditanya apa, jawabnya beda lagi

      Hapus
  6. ...lagu CEPECIAL untuk Malassia Beruk ;

    Keberharap engkaulah jawaban segala risau hatiku
    Dan biarkan diriku mencintaimu hingga akhir usiaku

    Jika nanti kusanding dirimu miliki aku dengan segala kelemahanku
    Jika nanti kau disampingku jangan pernah letih mencintaiku

    Akhirnya ku menemukanmu...


    ( by NAFF )





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  7. bikin AWR juga donk kumendan, buat TNI AU ato AD latihan nembak haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    TNI AU butuh lahan selain AWR pandan wangi dan lahan latihan howitzer tni ad di p.jawa aja terbatas nembaknye, kesian kan bisa ampe puluhan km, lahan yg tersedia dibawah 10KM. klo di kalimantan kan enak, bisa nembak sepuasnye, apalagi di perbatasaan wusyaa haha!πŸ‘Œ✌✌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek nembakke keblandang tinggal bilang....maaf, khilaf πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Buat marinir dan pasukan khusus gabungan gk disediakan nih lahannya om

      Hapus
    3. ...kan sudah ada pilihannya kemarin, bro rempit ;

      a. Sabang

      b. Tanjung Puting

      c. Makassar

      d. Merauke





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    4. ...kalau menurut Ane markas pasukan khusus gabungan baiknya di Tanjung Puting atau wilayah lainnya, tapi masih di Kalimantan Tengah juga

      selain STRATEGIS...nantinya dekat juga kalau IBU KOTA Indonesia dipindah ke Kalimantan Tengah





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    5. Omaegot,Omaegot...ada putingnya ya kang kaseph Wkwkwk

      Hapus
    6. wah marinir punya banyak banget tempat maen tembak2an, tercatat ada 11 om pit haha!🀠🀠🀠

      yg terkenal Pusat Latihan Tempur Marinir 5 Baluran, Situbondo ato yg dikenal karang tekok haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      laluw ada Pusat Latihan Tempur Marinir 6 Antralina, Sukabumi

      yg terbaruw, Pusat Latihan Tempur Marinir 8 Teluk Ratai, Lampung

      https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/06/06/o8bq4n383-lampung-miliki-pusat-latihan-tempur-marinir

      Hapus
    7. kalo khusus buat pulau kalimantan, emang gak ada tp klo lokasi buat latihan tempur ada banyaak duonk om pit.
      slh satunya di kalbar, pantai kura2 tepatnya haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      taon lalu uda digelar disono, btr 4m ikutan maen air lho utk pertama kalinya hore haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Latihan Perang Korps Marinir TNI AL Dipantai Kura-Kura
      https://www.youtube.com/watch?v=w4eAojrsk9c

      Marinir Gempur Pantai Kura-kura
      https://www.youtube.com/watch?v=XoEwZzldniE

      Sebanyak 1.745 Pasukan Marinir Menggelar Latihan Tempur di Pantai Kura Kura
      https://www.youtube.com/watch?v=tX8BOARr9oE

      Hapus
    8. weezz BTR 4M, vampir, aligator jadi maskot pas peresmian batalyon marinir xii hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      korps marinir bangga banget punya maenan terbaruw ini. terbukti tiap ada acara BTR 4M xlaluw terdepan buat poto2, cem wkt opa menhan RR dateng dan acara perpisahan mantan KSAL hore haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      http://www.jurnaljakarta.com/foto_berita/81IMG_4312-800x533.JPG

      di kalimantan barat
      Batalyon Marinir XII Perkuat Kalbar
      https://www.youtube.com/watch?v=WjpqJ6t3vFE

      di kalimantan timur
      Batalyon Marinir XIII resmi perkuat Tarakan
      https://www.youtube.com/watch?v=7d1iZ7Zgc34

      Hapus
    9. Palu@ bukan kah aligator digunakan TNI AD jg ompal

      Hapus
    10. khusus karang tekok, lokasi latihan tempur idaman hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      2018
      TNI AL Gelar Latihan Tempur
      https://www.youtube.com/watch?v=Rv_K0a3tQ3Y


      Marinir Indonesia-Amerika latihan bersama di Situbondo | CARAT 2018
      https://www.youtube.com/watch?v=0yxS76YJW-Y

      Hapus
    11. latihan tni al + marinir 2018

      setelah 24 tahun lamanya, dabo singkep dipilih jadi lokasi latihan tempur koarmada 1 (x-armabar) + pasmar 1 mantepp perang2annye haha!😊😊😊

      https://www.youtube.com/watch?v=PW6tn4shmkU

      angelica de evagam, begh reporternye cakep titisan cut tari nich haha!😍😍😍

      Dabo Singkep Latihan Tempur TNI Angkatan Laut LIVE INews Tv - Kabupaten Lingga
      https://www.youtube.com/watch?v=7lwzwbDLrRk

      Hapus
    12. Latihan tempur gabungan koarmada 2(x-armatim)/pasmar 2 bersama koarmada 3/pasmar 3, sorong ajibb haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      nah ini keren..jarang kan latihan masuk kota haha!😊😊😊

      LATIHAN TEMPUR PASUKAN MARINIR DI SORONG
      https://www.youtube.com/watch?v=nCoUUDrXZCI

      Hapus
    13. 2018
      lagiiiiii..gile itu bmp, foging krumunan pnonton haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Latihan Perang Pasmar II dan III di Sorong, Papua Barat
      https://www.youtube.com/watch?v=nkIlkBM5gWY

      wuii seruu dorr doran, bum buumann..ada

      bmp3, bvp2, lvt7, lah ini kemana tuan rume si amx10 haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹
      gak diajak lageee haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›
      https://www.youtube.com/watch?v=jK6Qj_b3GGQ

      Hapus
    14. dan puncaknya adalah armada jaya ke 36/2018 yippe, tp kali ini maennya gak ada dar der dor...
      tp mencet2 tats skrin, taktikal floor game & teknologi informatika hore haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Latihan Armada Jaya Ke 36 TNI AL
      https://www.youtube.com/watch?v=xKqfgAXSNeY


      eiitt ini blom selesai semua, masi ada LATGAB 3 matra tempur...tunggu tanggal maennya gaes oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
    15. aligator yg pake marinir doank om pit, sejau ini alutsista marinir & tni ad, gak ada yg sama kcuali amx itupon mereknya doank yg sama tanknya mah beza haha!🀣🀣🀣
      kalo gak dipake2, smestinya dari dolo dihibah ke tni ad aza, drpd mubazir itu meriam, tp kyknya skrg dipake buat pasmar 3 hore haha!😎😎😎

      tp ada satu yg bner2 sama, ituloh jip yg dipake buat periksa pasukan, 3 matra kumpak pake jip rubicon yak haha!🀝🀝🀝

      Hapus
  8. Wah putingnya itu lho kang kok agak mengingatken.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki puting orang utan mas...opo sampeyan ngesir πŸ€”

      Hapus
  9. They already catch plenty of mosquitos, flies, insects, bats, garbage, vegetables, rice, flour, etc.

    Their ship made by PT PAL always sunk every month even without enemy. xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown Malon ga kreatif. Komennya itu2 melulu tanda orang frustasi and hopeless seumur umur. Zezezeze

      Hapus
    2. Jewawut@ namanya jg beruk bro,otaknya mutar2 di situ aja Wkwkwk

      Hapus
    3. Otak isi tai y gtu mulu komengnya.

      Hapus
    4. Yeah.indon Baboon perangainya memang begitu. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
    5. Beruk Malon low IQ mang mudah di gondolin 😁😁😁😁

      Hapus
  10. semua butuh proses, yg penting mau dan berani mencoba' hidup itu gk selamanya berhasil atau gagal, siapa pun orangnya pernah merasakan dan tidak bisa lolos dr kata gagal dan berhasil,,,,meski aku sedikit resah tentang proyek ifx/kfx tp aku tetep mensport MAJU TERUS INDONESIAKU, SUDAH TERLANJUR BASAH YA SEKALIAN BELAJAR DAN BELAJAR ITU EMANG MAHAL BIAYANYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah, mumpung ada yg bahas ttg rudal s-300...kira-kira gimana cara kerjanya radar pd s-300 bisa mengunci pesawat siluman @mas raden situngkir

      Hapus
    2. Hahahahahaha msh penasaran mbah?

      Hapus
    3. Penasaran je dek...soale gak iso nimbrung ke sebelah, hhh

      Hapus
    4. Projek songlap.Udah budaya indon. Kayak Lanun Bugis dan zahid Pornorogol. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
    5. Beruk Malon low IQ tolol memang mudah di gondolin dengan siapapun pantas selalu kalah dan jadi bangsa pecundang 😁😁😁😁

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Mudah2 an sasarannya juga di banyakin yg real...tidak hanya target berupa kain...tapi tank atau kendaraan yg sudah rusak atau uzur

    BalasHapus
  13. Dont go also to Jakarta if you are a woman as more and more Indons become a rapist. Their country also has lots of garbage and pollution with No MRT. Thats how poor are Indons.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Korang sinting nyampah je kat mari. Sana pergi cari pisang n rogol mamakmu gih...hus hus hus

      Hapus
    2. Voltus@ gk usah diladenin beruk satu biar dia capek sendiri nantinya,komen2nya itu aja selalu

      Hapus
    3. And those pendatang haram in KL good at robbing,killing people and become garbage in other people's country. Kikiki..indon mudah digondolin.

      Hapus
    4. Beruk Malon hanya jadi garbage di negeri sendiri karena tak mampu bersaing dengan pendatang asing πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Tak creative, kalimat ini di ulang2 terus.tanda kena gejala oc.wkwkwk

      Hapus
  14. kok bisa ya s-300 mendeteksi dan mengunci f35???? ingat s-300 yg dikirim ke suriah adalah s-300 versi terakhir yg menjadi platform s-400 dan itu pun dimodifikasi lg yg artiannya kemampuannya hampir sama dengan s-400 tp yg membuat berbeda adalah rudalnya yg masih menggunakan rudal bawaan s-300, sistem radar uhf/vhf pada s-300 dipadukan dengan sistem jamming yg baik akan membuat f35 sulit mengetahuin posisi s-300 sehingga ujungnya jangkauan endus s-300 mampu mendeteksi dan mengunci f35, apakah bisa mendeteksi tp tidak bisa mengunci' bisa dikunci tp kenapa gk ditembak???? saat sudah bisa mendeteksi otomatis akan memudahkan untuk mengunci objek sasaran tembak, kalau dibilang apakah benar berita s-300 itu sudah mengunci atau tidak aku jg tidak tau pasti karena aku tidak disuriah, tp dengan kaburnya f35 menegaskan bahwa pilot tau bahwa saat s-300 bisa mendeteksi otomatis akan memudahkan untuk mengunci mereka' dan satu lg sistem kesadaran pada f35 bisa menegaskan bahwa ada perintah dr f35 pada pilot bahwa mereka ada diposisi berbahaya karena sudah terdeteksi atau terkunci oleh sebab itu para pilot lebih memilih kabur.

    BalasHapus
  15. indon perang guna tinja dan buluh runcing. Perlu apa pusat latihan? Mau songlap? Kikiki..indon mudah digondolin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon jealous melihat pencapaian indonesia Wkwkwk

      Hapus
    2. Kemampuan Malon hanya mampu bina kilang taik tapi tak mampu buat apapun yang berkuality πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  16. Bonus THR Hari Raya Lebaran 2019 Bersama Anapoker

    Pada kesempatan kali ini kami agen Poker Online terbaik dan terpecaya Anapoker ingin ikut berpatisipasi dalam rangka merayakan hari raya lebaran 2019 dengan memberikan bonus THR kepada member setia Anapoker yang sudah pernah melakukan deposit atau yang sudah aktif dalam bermain.

    Berikut Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku :
    – Promo berlaku pada tanggal 5, 6, dan 7 juni 2019
    – Minimal melakukan deposit sebesar 50rb akan langsung mendapatkan bonus THR sebesar 10%
    – Dapat melakukan withdraw dan pindah dana apabila sudah mencapai turnover sebanyak 3x
    – Bonus berlaku untuk 100 user id pertama
    – Contoh: deposit 200rb mendapatkan bonus 10% (200.000 + 10%) = 220.000 x 3 = 660.000 untuk bisa melakukan withdraw atau pindah dana
    - Maksimal Bonus 2.000.000,-
    – Promo ini tidak bisa digabungkan dengan promo lain
    – Tidak di perbolehkan kesamaan data Nama, No Rek & No Telp.
    – Kami berhak membatalkan bonus dan membekukan userid apabila terdapat segala bentuk indikasi kecurangan.
    – Keputusan anapoker adalah mutlak yang tidak dapat diganggu gugat.

    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  17. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus