08 Oktober 2018

Bantu Pemulihan Pascagempa, Tiga Kapal Perang Raksasa Sandar di Pelabuhan Pantoloan Palu

09 Oktober 2018
Tiga kapal LPD di pelabuhan Palu (all photos : TNI AL)

RAKYATKU.COM, PALU - Tiga Kapal Perang TNI AL jenis Landing Platform Deck (LPD) bersandar di dermaga Pantoloan Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kapal raksasa ini diperbantukan untuk mempercepat pemulihan pasca bencana gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala dan Sigi.


Ketiga kapal tersebut adalah Kapal Republik Indonesia (KRI)  dr Soeharso-990, KRI Makassar-590 dan KRI Surabaya-591.

KRI dr Soeharso adalah kapal rumah sakit milik TNI AL yang akan membantu dalam hal pelayanan kesehatan bagi masyarakat korban bencana gempa tsunami. Sedangkan KRI Makassar dan KRI Surabaya membantu dalam hal embarkasi dan debarkasi bantuan logistik maupun alat berat dari berbagai intansi pemerintahan  maupun elemen masyarakat yang ada di Indonesia.


“Dengan adanya ketiga KRI raksasa TNI AL dengan kemampuan angkut yang sangat besar ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan situasi dan membantu meringankan penderitaan yang dialami oleh masyarakat kota Palu dan sekitarnya, baik dalam hal kesehatan maupun dalam hal kesediaan bahan makanan dan minuman ataupun bahan logistik lainnya," ucap Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono yang sekaligus Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla). 

Selain itu, kapal ini juga mengangkut  alat berat yang dapat membantu dalam pencarian korban gempa yang tertindih reruntuhan bangunan dan pembersihan puing-puing bangunan akibat gempa dan tsunami.

(Rakyatku)

63 komentar:

  1. Kesian negara yg tak de kapal gergasi(raksasa) dan kapal hospital

    BalasHapus
    Balasan
    1. gergasi ituw bahasa mane om?

      bokan bahasa ajaib cem kluaran om antiembalgo khan haha!πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      "sekikit trs reseki" wedewwe labil kosakata, apa kurang susu pertumbuhan dulunya yak haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Palu@ gergasi itu bahasa tetangga om yg artinya raksasa wkwkwk

      Hapus
    3. tq om pit, iya sama guwe kira gergaji tuch om poltus haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      Hapus
  2. kita adalah raja LPD se ASEAN haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. eiittt slain LPD, raja LST jugaaakkk haha!🀨🀨🀨
      ini pon blom diturunin nich teluk bintuni, ADRI 50 cs. haha!😎😎😎

      bukannya sombing, tp emang bgt adanya bukan?

      alutsista seperti ini sangat sesuai dgn kegunaanye dimasa damai, jd gak militer mlolo, utk bencana alam jugakk haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      kan uda tertuang jugak dalem latihan "komodo exercise"(MNEK2018) seperti baru selesai tahun ini.

      "Ex- KOMODO is a multilateral Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR) exercise"
      Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018
      https://www.youtube.com/watch?v=ER3YCKleDDg

      https://www.youtube.com/watch?v=YpCCBBTMcfM

      Hapus
    2. Masih banyak lg kapal raksasa yg mau di buat lg nih ompal

      Hapus
    3. 3 LPD merapat..WOW Amazing..!!! Jalasveva jayamahe

      Hapus
    4. tentuw om2...kita bisa bikin gajah antre dilaut haha!😎😎😎

      Hapus
  3. Dalam menghadapi krisis bencana masih mempunyai metaliti merendah-rendah negara lain. Jaga kebajikan penduduk negara Anda dahulu sebelum melihat masalah tetangga yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah sok suci lu lon. Biasa terus-terusan merendahkan Indonesia, sekarang sok alim. Munafik.

      Hapus
    2. Mungkin terinspirasi sama yg habis ngadain konferensi pers bang....awalnya galak, gikiran kepojok ngaku kena tipu πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

      Hapus
    3. Bukan kena tipu mas..tapi kebiasaan berprasangka baik, suka menolong, dan.....rajin menabung, masuk pagi, biar mbesok gede bisa jadi mmmmm....πŸ˜‡

      Qiqiqiqi..

      Hapus
    4. Hahaha...Betul tuh om gerhard

      Hapus
  4. Lah kalo negara malon miskin dan tak ada keupayan itu ril bukan menjelek2xkan.salam ejek kehangar

    BalasHapus
  5. https://lancerdefense.com/2018/10/08/pesawat-bomber-amerika-masuki-wilayah-udara-kaltara/

    Naahh loooohh... bomber Amerika serikat menerobos pulau Borneo/Kalimantan.. kalau sudah masuk jauh ke kalimantan utara menuju Tarakan berarti pembom itu masuk dari wilayah Malon. pesawat malon pada kemana ya..?? hadeeeeecchhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika seperti itu.. ada 2 kemungkinan.. pertama Amerika sengaja melanggar wilayah Indonesia untuk menguji sampai dimana kesigapan militer Indonesia. Mengingat konflik LCS kedepannya semakin panas dan posisi Indonesia sebagai benteng alami negara kesayangan Paman sam si Aussie.

      Kedua.. personil Amerika benar2 tidak tau telah melanggar wilayah Indonesia. Pertanyaannya.. kenapa membawa bom mbaaahh..?? 😩😩

      Kalau sudah begini impian memiliki PATRIOT, SM, ESSM mending dibuang jauh2..!! gantinya IRST, SAMP/T, Aster-15/30, BAMSE.. haha..

      Hapus
    2. Sampe sekarang kan amrik belum mengakui konsep UNCLOS, jadi dia merasa bebas menjelajah ALKI bahkan tanpa memberi pemberitahuan lebih dulu.....coro jowone angot-angotan, kadang genah ning luweh akeh nyelononge

      Hapus
    3. jawabannya...lg tidooooooo haha!😴😴😴

      Hapus
    4. baca komeng warga2 disebelah lucu2, ada objek terbang di radar uda mo dihajar pake s300/s400 cerem banget mamen haha!😱😱😱

      emangnye objek terbang xlaluw bomber gt, gemana klo jenis pesawat komersil? mana tau doi di konci sam, wah gaswat dunk..haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      apalagi di negara2 damai, yg tidak sedang berperang ato bermusuhan. adalah aneh menembakan hanud/sam bila blom ada deklarasi zona larangan terbang.

      kcuali bila suda deklarasi perang, jalur ini/ituw gak bole lewat ada pasang sam, brani masuk=tembak..mirip cem peternakan koboi sazalah, ente masuk kami dor haha!πŸ”«πŸ”«πŸ”«

      ato ada tulisan awas ada woof2 galak cem di pager om woof2, maka tuan ruma gak bisa dipersalahkan bila ada kejadian memilukan sebab uda ada peringatan, begithchu haha!😊😊😊
      scara hukum sah2 saza khan haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Om pal niih..

      Mosok belum bisa mahfum bin maklum sih..😁
      Beginian nih bisa jadi 'amunisi' buat sebuah 'kubu'...(aah!lemah, kebanyaan citraan nyatanya gini, gitu DIBIARIN..GANTI!) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    6. Di artikel tersebut ada keterangan yang saling bertentangan.

      1. Ada kata “diduga dari Amerika”.

      Diduga berarti identitas tidak jelas terlihat dari jauh.

      Peran interceptor seharusnya bisa mengidentifikasi secara visual itu pesawat apa dan milik siapa. Kalau milik siapa bisa dilihat dari tulisan di body pesawat dan juga di ekor pesawat ada benderanya. Kalau kata diduga berarti tidak pasti alias masih diragukan keterangannya. Karena masih diduga maka judulnya harus ada tulisan kata “diduga”.

      2. Ada juga tulisan “Pesawat itu membawa bom”.

      Tahu dari mana bawa bom ? Bukankah jika pesawat itu pesawat bomber, bomnya banyak tersimpan di dalam lambung pesawat alias tidak terlihat ? Kalaupun bomnya dicantelin di sayap harusnya bisa terlihat dengan jelas identitasnya ? Ataukah hanya salah lihat saja, karena dilihat dari belakang, ada 2 mesin di kiri dan 2 mesin di kanan (lihat gambar) tapi 4 mesin itu dikira bom ?

      All in all, penempatan Sukhoi di Makassar untuk kejar sampai Tarakan terlalu makan banyak waktu sehingga tidak sempat memburu dan melakukan identifikasi visual dengan jelas.

      Untuk itu perlu ditempatkan minimal 1 flight interceptor (buru sergap) berkecepatan Mach 2 di tengah tiap2 pulau besar.

      Oleh sebab itu pembentukan skuadron buru sergap wing 300 (diutamakan single engine) dengan datalink yang terkoneksi dengan sistem radar darat (bukan hanya pakai halo2 brikbrikan doang), sangat mendesak.

      Hapus
    7. Di Jepang/Eropa timur/Alaska dah biasa pepetan gini..mana pernah hari gini langsung di SAM?

      Kayak ga belajar ama keributan yang udah-udah aja..gara-gara katrok nge-SAM..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Lumayan setuju dengan kommentar om TN. Tetapi, ternyata dia orang darat, bukan orang laut. :P

      Hapus
    9. Gitu deh gaya orang kaya nanyain PO 48 biji F-16.....mengirim pembom kelas berat milik PACAF πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. Setelah kornet terbitlah bomber...heeheee kalau herkynya 3 bijik bawa bantuan di terima kalau bomber yg bawa bom jelas di tolak...NO kecuali ada ijin..xixiixiixii bravo F 16 & Sukhoi.

      Hapus
    11. ini sbnernya lanjutan tulisan guwe, tp blom di post nunggu po eh restoe kaka tertuwir haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      makasi replynya om pedang & om woof:

      tampilan radar setau guwe kan mana bisa sebut, eh ini bomber lho, ini pespur lho, ini pespur siluman lho, ini pesawat capunk lho dsb.
      mrk bisa tau bentuk objek bila ada alat transponder, dari sinyal transponder atc bisa tau nama/jenis pesawat yg lewat, melalui registrasi tentunya.

      nach kebanyakan pesawat yg gak punya ato sengaja mematikan transponder ituw yg bikin ketar ketir. kerna wujudnya tak teridentifikasi.

      hal ini biasa direspon skrambel oleh angkatan udara guna di identifikasi slanzutnya.
      kerna hanya radar militer yg mampu mengendus objek terbang tanpa transponder ato sering disebut black flight.
      pola identifikasinya mirip cem polis mo nilang gt, pepet2an haha!πŸš“πŸš“πŸš“

      klo dr jau lgs tembak wah, ngajak ribut haha!🀭🀭🀭
      sebab salah tembak bisa berakibat fatal, yg awalnya berteman jd musuhan. baekan bisa sich asal bayarrrr banyaakk..cem pespur rusia yg ditembak ame turki. skrg mach dekat bner lebih dari sodara kandung, tp beli dolo s400 haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…


      Hapus
    12. soal tarakan, sbenernya sejak bbrp taon lalu uda disiagakan pespur yg bergantian jaga sektor ini. termasuk buat pengamanan ambalat, dibawah ini ada brita2nya, ada yg pake gambar tukano, ehmmn hmmn haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Satu Flight Pesawat Tempur akan Ditempatkan Bergantian di Tarakan
      https://defense-studies.blogspot.com/2016/12/satu-flight-pesawat-tempur-akan.html

      Lanud Tarakan akan Jadi Home Base Kekuatan Tempur
      https://defense-studies.blogspot.com/2017/09/lanud-tarakan-akan-jadi-home-base.html

      3.Tahun Depan Satu Skuadron Udara Standby di Tarakan

      https://defense-studies.blogspot.com/2017/11/tahun-depan-satu-skuadron-udara-standby.html


      4.5 Pesawat Tempur Golden Eagle Berangkat Jaga Ambalat

      https://defense-studies.blogspot.com/2018/07/5-pesawat-tempur-golden-eagle-berangkat.html

      Hapus
    13. om woof2, soal brita, klo gak liat pedeonya, rada ragu emang, kaliaja pnulis terlalu esmosi haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      yg menarik sebenernya, seberapa jau pesawat/objek ituw masuk dalam wilayah kedaulatan kita.
      klo masi diperairan/ruang udara internasional, wah sulit ngukurnya.
      di udara kan mana ada batas kyk laut ama daratan ato arena balapan gt, repot jadinya haha!😊😊😊

      makanya tema guwe teringat pespur rusia diklaim masuk ruang udara turki, trus di dor..
      rusia bilang kok lgs ditembak, kok gak diingetin kayak amrik ama negara eropa laennya, paling geal geol doank haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    14. makanya perlu zona larangan terbang yg disetujui bbrp pihak. guwe perna baca perang teluk dulu amrik pake zona ini kan buat irak.
      gunanya menghindar hal2 seperti ini.

      mungkin ruski terlalu pede, kerna smua jg tau turki rusia musuh sblom insiden tersbut gak ada masalah bkn haha!😎😎😎

      Hapus
    15. ruski masuk dlm konflik ini tidak sedang bermusuhan ama turki, iran bahkan isroil. walo ada ketegangan dgn negera2 nato dan amrik. status mrk "tidak sedang berperang"

      jadi mereka datang dalam damai wee haha!πŸ––πŸ––πŸ––, kcuali ama isis haha!🧐🧐🧐

      sbnernya guwe mau lanjut hal yg laen soal ruski dan insiden baru2 ini, tp ntar dech tunggu waktu yg tepat oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
  6. ...lagu untuk Malassia Beruk, sebagai pelipur LARA dari Rhoma Irama ;

    P
    Tidakah kau dengar bisikan anakmu, yang kini masih didalam Kandungan...
    Dia menanyakan didalam bisikan, bilakah ia akan dilahirkan...

    L
    Katakan padanya kelahirannya akan kusambut mesra...
    Katakan padanya ayahnya sudah rindu menantikannya...

    PL
    Tidak lama lagi kita mempunyai, seorang bayi yang kita rindukan...
    Hatimu bahagia hatiku bahagia, betapa kita berdua bahagia...

    Reff ;

    L
    Bersiap2lah engkau untuk menjadi seorang mamah...

    P
    Bersiap2lah engkau untuk menjadi seorang papah...

    Intro ; Reff

    PL
    Nanti kita berdua, berganti menimang dia...

    Pasti kita berdua, akan selalu sayang kepadanya...



    ...gonjreeeeeng, so SWEET





    ...Xixixixixixi :D



    BalasHapus
  7. malaysia juga adapaon lpd...cume enjin jer tak de

    BalasHapus
  8. Malassia sudah punya 3 jenis kapal raksasa ini yaitu dari tipe LPB
    - Landing Platform Beruk
    - Landing Platforn Banana
    - Landing Platform Bangkrup

    BalasHapus
  9. Poor Indon should buy more LPD for more incoming Tsunami and Earthquake!! Poor Indon...

    BalasHapus
  10. Poor Indon people! Rakyat Sulawesi tak cukup makan sebab Beras jual sama Rusia untuk beli Sukhoi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agree Paul.theirs lot of poor Indons whi cannot eat descent foods but they are very good in displaying their plastics boats with no engine and was towed by small boat.

      Hapus
    2. Hahaha...santai bro, tenang..😁

      Hapus
    3. Bercermin lon,malon pun tiada duit saat beli Su-30MKM rongsokannya,malon beli Su-30MKMnya pake sawit wkwkwk

      Hapus
    4. Kalau bisa shoping berarti kaya banyak duit...heeeheeee....kalau gak shoping baru di bilang miss KIN

      Hapus
    5. xixixi.im sure its Indons who use to buy jets using palm oil and female slave as payment. KL bought Jets literally by law as payment made thru cash vis a procurement systems not unlike Indons buy plane thru loan.xixixi

      Hapus
    6. Sante dan tunggu saatnya bila mereka terbanting karena kemarahan alam bro..

      Hapus
    7. Pada kenyataan nya Beruk Malon beli mig29, Su 30, Tank T-72 kw3 poland , scorpane dari kelapa sawit 😁😁😁 tapi ketika sawit Malon tak laku di Eropa beruk Malon jual negara ke China hanya untuk beli Kapal LMS ompong 😁😁😁

      Hapus
  11. Proud of their plastics ships for display.xixixi

    Secretly it was towed by small boat on the way to Palu. xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malon yg tak de kapal gergasi sehingga kapal peti kemaspun di buat jd kapal LPD wkwkwk

      Hapus
    2. Mati kau aseng rampit !!!!!!

      Hapus
    3. Malon proud their bangkraps country 😁😁😁😁

      Hapus
  12. 🐷 🐷 Aseng, kalian segera pergi dari negeri kami, Indonesia. Rakyat kami di Palu, Donggala, Sigi dan Lombok sedang menderita kalian malah sibuk mengadu domba kami dengan Malaysia. Sekalian tuh bawa, si kacung Aseng. Kami bosen di kibuli terus ane dia. Kami butuh pemimpin baru yang tegas, jujur, gak suka bohong dan mampu menjaga kehormatan dan kekayaan negara kami

    BalasHapus
  13. I have a good day reading this article below.


    https://www.thestar.com.my/news/nation/2018/10/02/malaysia-to-send-support-and-donation-to-indonesia/

    BalasHapus
  14. Biasa2 aja, ga ada istimewanya dan jangan riyak🎯.

    BalasHapus
  15. SCMP atau south china morning post media oposisi terkontrol pengusha yg punya afiliasi ke partai komunis china selalu menerbitkan berita propaganda subversif anti indonesia
    yg terakhir mereka mengeluarkan artikel yg berjudul kenapa indonesia menolak bantuan gempa palu dari china dan memojokkan indonesia yg lambat menangani bencana gempa

    pemerintah di jakarta telah menolak bantuan dari china yg berupa bantuan pemulihan dan investasi infrastuktur yg diasumsikan sebagai jebakan utang atau debt trap seperti yg terjadi pada negar2 di afrika tak heran curut2 mereka pun beraksi disini

    BalasHapus