31 Agustus 2018

Boeing dan PTDI Perkuat Kerjasama Industri Dirgantara

31 Agustus 2018

Perakitan akhir helikopter serang Apache (photo : Tata)

Marsekal Pertama Gita Amperiawan, Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia, dan Maria Lane, Wakil Presiden Kemitraan Strategis Internasional Boeing, usai penandatanganan MoU.

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Boeing telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menjajaki peluang kerja sama yang meliputi bidang teknologi manufaktur, sertifikasi, serta dukungan dan pemeliharaan terhadap produk gaya angkat vertikal (vertical lift). Memorandum ini ditujukan sebagai komitmen terhadap pertumbuhan industri kedirgantaraan Indonesia dan menyediakan teknologi mutakhir bagi angkatan bersenjata.

"Boeing dan industri dirgantara Indonesia telah bekerja bersama selama hampir 70 tahun," tutur Skip Boyce, Presiden Boeing Southeast Asia. “Kami melihat Memorandum ini sebagai langkah penting untuk mendukung visi Indonesia bagi pembangunan ekonomi saat ini dan di masa depan serta pertumbuhan sektor kedirgantaraan,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima SWA Online, (30/8/2018).

“PTDI adalah mitra utama dalam membangun sektor kedirgantaraan Indonesia dan kami telah menunjukkan kemampuan di bidang desain dan pengembangan pesawat terbang, manufaktur struktur, serta produksi dan layanan untuk pesawat komersial dan militer,” kata Elfien Goentoro, Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia. PTDI telah menjadi pemasok untuk Boeing Commercial Airplanes, dan perjanjian ini akan memperluas kerja sama pada bidang militer dengan peluang di bidang kemampuan gaya angkat vertikal.

Hubungan Boeing dengan Republik Indonesia dimulai pada tahun 1949 ketika Garuda Indonesia, maskapai penerbangan nasional, mulai beroperasi menggunakan Douglas DC-3. Saat ini, pesawat Boeing telah mendapat kepercayaan dari sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia, dan kerja sama dengan Indonesia telah berkembang ke penerbangan komersial, pertahanan, ruang angkasa, serta penelitian dan teknologi.

Pada bidang militer, Pemerintah Indonesia menandatangani surat penawaran dan penerimaan dengan pemerintah AS pada bulan Agustus 2013 untuk delapan helikopter Apache AH-64E, helikopter serang multi-peran terkemuka di dunia. Pengiriman kedelapan helikopter telah diselesaikan awal tahun ini.

Untuk diketahui, di bidang manufaktur pesawat terbang, PTDI telah memproduksi berbagai jenis pesawat. Secara keseluruhan, PTDI telah mengirimkan hampir 449 pesawat ke 50 operator di seluruh dunia. Di bidang teknik & pengembangan, PTDI memiliki kemampuan teknis dalam desain, pengujian dan sertifikasi pesawat terbang, simulator penerbangan dan Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

(SWA)

126 komentar:

  1. Walah ini tanda2 DI akan lebih dekat ke Boeing dari Airbus..KC-46 bisa jadi night daripada A330 MRTT..hmm
    Gara2 Airbus mau bikin perakitan di Malaysia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boeing productnya apa aja ya mas ? Punya info ?

      Hapus
    2. Infonya sih DI mau Boeing masukkan sebagai supplier partner..jadi kerjasama until bikin komponen lebih banyak.
      Infonya hugs di Meneg BUMN banyak yg kesal dg Airbus krn DI tdk dijadikan pabrik perakitan..malah mau ambil Malaysia..

      Nah Boeing kabarnya juga mau lebih banyak outsource komponen mereka ke Asia krn Pasar Asia kedepan yg jadi Pasar utama..Ini yg diincer DI..

      Hapus
    3. Product boeing :

      Apache dan seluruh variannya.
      Chinook dan seluruh variannya
      FA-18 dan seluruh variannya termasuk EA-18
      Pegasus, Poseidon, Wedgetail, MQ25
      dan lain-lain.

      Hapus
    4. Tambahan Apache dan Chinook rasanya yg masih realistis bakal deal thn ini. Eh beneran tuh Chinook udah deal dr 2016 ? Kok kita2 baru tahu yaa ? Apa gw doang yg kuper πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    5. F-15 dan seluruh variannya ngk ada om.?? xixi..

      Hapus
    6. Wah Apache dan Chinook bisa jadi punya kemungkinan dirakit di sini.

      Atau jangan2 fuselage dibikin di sini juga ?

      Edisi ngarep dot com

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Xixixi

      F15 udah termasuk di kalimat "dan lain-lain".

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Mas Super,

      Ini link product boeing


      https://www.boeing.com/defense/#/products-services

      Tinggal dipilih, monggo...

      Hapus
    9. ini baru boeing, ntar yg LM dilampirken jugak om woof2 haha!🀠🀠🀠

      Hapus
    10. Vertical lift kok nyambungnya sama kc-46 to....vertical lift ya helikopter to masπŸ€”

      Hapus
    11. Nah, ada kalimat di artikel di atas bilang "perjanjian ini akan memperluas kerja sama pada bidang militer dengan peluang di bidang kemampuan gaya angkat vertikal."

      Karena V22 Osprey adalah product Boeing juga dan punya gaya angkat vertikal maka ....

      silakan isi sendiri titik2nya sesudah baca link ini :

      http://jateng.tribunnews.com/2016/08/06/foto-foto-penampakan-menteri-keluatan-susi-coba-pesawat-mv-22-osprey-milik-marinir-as

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    13. Sriyus nih...ga jadi masukin pegasus, wedetail sama poseidonπŸ˜‚

      Hapus
    14. Klian sih....ibarat buru-buru beli tabloid buat "bacol", ternyata pas udah dikamar baru sadar kalo tertukar sama majalah jokolodangπŸ˜‚

      Hapus
    15. Pegasus, wedgetail, poseidon dan c17 lha tetep laah...masing2 one flight aka 4 unit.

      Soale kata mbak marine rouge :

      2. one flight Air refuel tanker
      3. One flight AEW/AWACS aircraft
      4. One flight special missions Aircraft
      5. Two squadrons worth SAR combat helicopter
      6. Two flight Logistic Aircraft (C130J)
      7. One flight Heavy lift Aircraft

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    16. Ya jangan keluar dari konteks artikel ini dong....ngaku aja tadi bacanya cuma sekilas toh🀣

      Hapus
    17. Mas Smili,

      Yang ngomong KC46 itu tadi bukan saya lho, tapi yg ngomong itu mas antek barat.

      Mas Smili ini kok mempitenah saya lho... Ingat lho mas Smili mempitenah lebih kejam daripada tidak mempitenah.

      Hapus
    18. Xixixi...lha wong saya ngripley @AB, kok sampeyan yg kerasaπŸ˜‚

      Hapus
    19. Lha yang komentar jam 10.24 itu apa ?

      Hapus
    20. Itu ngriple smapeyan....kalo yg pertama beda orang ,xixixix

      Hapus
    21. Airbus is putting up plant and know how to Malaysia in order to reciprocate AirAsia buying more than 500 aircrafts from them. Boeing to do the same for indon? Why?What for?indon is good at masturbating. Kikiki.. indon senang digondolin.

      Hapus
    22. Kingkong @ plan aka AKAN wkwkwk

      Hapus
    23. jiaahh kocak banget om smiling & om woof2 haha!🀣🀣🀣

      sbnernya artikel diatas agak beda ama artikel ditempat laen,
      jadi om barat & om woof2 mungkin aja terpengaruh artikel laennya ituw, begituw jg dgn guwe haha!🀝🀝🀝

      Hapus
    24. Dari kemarin mas woof2 kasi link dr twitter kbri washington(artikel pt.di bikin gunship)....isinya sama, komen gue juga sama😎

      Mungkin aja oplosannya beli ditempat yg gak biasa, jd yg bikin ngayalnya agak tnggiπŸ€”

      Hapus
    25. "Airbus is putting up plant and know how to Malaysia in order to reciprocate AirAsia buying more than 500 aircrafts from them"

      cuman 500 bijik? dikit amat dan ituw "akan" haha!🀣🀣🀣
      ente gak percaya kangkung cah?sila liat berapa byk pesawat aktifnye di wiki ama kontraknye

      nich kangkung cah baca berita ini bedaiin brp byk pesawat yg pesan(ada kontrak)

      "Kamis, 13 Nov 2014 09:32 WIB
      Laporan dari Prancis
      PTDI Ikut Pasok Komponen Hidung Airbus A380

      Terlibatnya PTDI sebagai pemasok komponen di Airbus ini bermula dari pembelian 234 pesawat keluarga A320 oleh maskapai penerbangan Lion Air tahun 2013 yang lalu. adalah Lion Air yang memesan sebanyak 234 armada keluarga A320. Pemesanan ini merupakan rekor tertinggi di Airbus." rekor cuy haha!😱😱😱

      ptdi juga sebagai pemasok komponen utk:
      A320
      A350
      A380

      https://finance.detik.com/industri/d-2746954/ptdi-ikut-pasok-komponen-hidung-airbus-a380

      Hapus
    26. dan ini rekor jugak dari lion om kangkung cah, kali ini shoping soping ke boeing, sampe presiden obama(anak menteng) dateng loh haha!πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      The largest single aviation purchase in Boeing's 94-year history was pulled off today by Lion Air.

      https://edition.cnn.com/2011/11/18/business/boeing-lion-air-indonesia-analysis/index.html

      oiya itu airasia gak py boeing lagi, sungguh repot ntar klo terjadi apa2 haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    27. dan ini blom termasuk garuda, yg py fleet terbesar haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    28. Mas Smili ki piye to.

      Komentar wingi kanggo wingi.
      Komentar saiki kanggo saiki.

      Aja dicampur bawur kaya nasi campur apa meneh nasi campur hainam asli sing nganggo "haram2 tapi enak" kuwi.

      Oke, merga mas Smili komentar sing wingi, aku jawab alesanne saiki.

      1. Pirang2 sasi kepungkur ana foto2 ing defense pk nek ana bapak2 pejabat Mabes TNI (nganggo seragam baju biru muda tapi nganggo badge segilima merah), bapak2 kuwi lagi ndelok2 kanthi teliti pesawat poseidon lengkap karo piranti2ne.

      Ora mung ndelok2 thok nanging uga ngrungokke tenanan penjelasane si bule sing ana ing kono.

      2. Trus ana maneh foto 2 model pesawat boeing (pegasus lan wedgetail) sing nganggo roundel AURI.

      3. Trus ana berita bab pilot AURI sing dikongkon nyekel lan miloti pesawate Garuda.

      4. Ana uga berita bab teknisi AURI dikongkon dines menyang GMF kanggo nampa pelatihan sing suwene 3 tahun.

      4. Trus ana maneh berita bab Depohar sing wis iso ngrawat pesawat boeing B737 duweke AURI.

      5. Trus ana maneh berita bab rencana RI arep tuku 2500 unit pesawate boeing ing kurun wektu 20 tahun.

      6. Trus ana maneh berita tanda tangan PTDI lan Boeing. Senajan ing kono disebut daya angkat vertikal sing khususe kanggo helikopter, nanging uga ora nutup kemungkinan kanggo perkara offset boeing sing liyane.

      Kesimpulan apa sing isa dijupuk saka kene ?

      Saka antarane 2500 boeing sing arep dituku ing wektu 20 tahun kuwi mesthi ana pesawat anyar kanggo AURI ing antarane Poseidon, Wedgetail, Pegasus lan C17. Senajan njupuke nyicil mung 4 unit per item. Total 4 item x 4 unit = 16 unit.

      Kabeh keperluan operasional kanggo pengadaan pesawat2 iki lagi disiapke.

      1. Pilote lagi dikursuske ing Garuda

      2. Teknisine dikursuske ing GMF

      3. Perawatane disiapke ing depohar

      4. Offsete disiapke ing PTDI.

      Lho kok offsete perlengkapan pesawat kitiran padahal sing arep dijupuk pesawat sayap tetap ?

      Yo ben ora papa, sing penting jumlah nilai offsete sing isa marai RI dadi luwih ngirit.

      Lha trus nek njupuk kitiran offsete apa ? Ya terserah sing nawakke, mungkin offsete latihan bareng lan biayane saka US, mungkin spare part utawa teknologi liyane.

      Hapus
    29. sekiusmi mister, ada yg versi lokal gak om woof2, pis haha!🀠🀠🀠

      Hapus
    30. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. Kalo udah kayak gini kayaknya siap2 Boeing bakalan banyak yg dibeli TNI.

    Ini kalo gw bilang bagian dari permainan cantik opa RR dgn mendekati Rusia hingga Rusia pengen buka pabrik sparepart sukhoi dan us langsung tancap gas nyalip di pengkolan πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Trik opa yg skrg dipakai durterte terbukti bantuan us ke asean tahun ini phil bakal dpt paling besar gara2 "pura pura" mendekat ke Rusia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jelas toh.

      https://www.google.com/amp/m.tribunnews.com/amp/nasional/2018/08/08/indonesia-berencana-pesan-2500-unit-pesawat-ke-manufaktur-dirgantara-boeing-amerika-serikat

      "Indonesia berencana membeli 2.500 unit pesawat baru dalam jangka waktu 20 tahun kedepan."

      Jika buat TNI 5% nya saja, itu sudah 125 pesawat lho.

      Hapus
    2. Buset banyak amat...baru dari Boeing doang itu ? Belum Airbus dll ?

      20 thn target 2500 pesawat berarti tiap thn Indonesia bakal kedatangan 125 unit pesawat baru campuran komersil dan militer dari Boeing diluar merk lain. Mantap.

      Hapus
    3. Saya baca dari

      https://www.helis.com/database/org/Indonesian-Air-Force/cn

      AURI punya sejumlah 18 unit heli Puma SA330J, 2 di antaranya sudah jatuh, tinggal 16 unit.

      Nah di renstra dibilang SA330J Puma punya AURI bakal diganti sekelas Chinook.

      Dengan adanya kerjasama yg baru antara Boeing dan PTDI dapat dipastikan seluruh pengganti AS330J adalah Chinook.

      Hapus
    4. Berencana 2500 birds?Maksudnya?Masturbating.indons are good at it. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
    5. Kesian kingkong stress melihat sukhoi malon cuma 4 ekor je yg boleh terbang wkwkwk

      Hapus
    6. Biasalah si beruk malon oanas dingin kalo ada berita kita borongan pesawat,maklum jiran malon gobloksia lg bokek soalnya skrg hahhaha

      Hapus
  3. kemarin lihat berita VOA Indonesia saat menhan berkunjung ke Pentagon disambut dengan dentuman meriam dan berkunjung ke Boeing juga. Tanda2 nih Indonesia bakal borong banyak pesawat Boeing.. xixi.. Ditambah hanya Indonesia yg lolos dari jeratan tarif baru bea masuk cukai baja dan alumunium.. catet..: Hanya Indonesia..!!!! hahaa... Malons semakin bengap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gitu yak ???

      Minggu kemarin juga gw baca pengenaan hukuman tarif yg 5 trilyun oleh Trump disuspend oleh kongress mas, jadi selain Indonesia negara lain yg punya kasus perang dagang sama US tetep harus bayar.

      Why Indonesia ? Itu pertanyaan mendasarnya.

      Hapus
    2. Sssttt...infonya PM Aust hari ini mau sowan ke Jokowik mas... kayane gara2 yues mau masukin sapi2 dan buah2an ke sini dan berpotensi merugikan Aust.

      “Ultimately over 90% of Australian goods exported by value to Indonesia will enter duty free or under significantly improved arrangements,” Birmingham said. That was up from 85 percent under previous deals, he added.

      Tuh mas... bebas pajak tuh Aust nanti Indonesia export ke Aust juga bebas pajak.

      Indonesia, southeast Asia’s largest economy, is Australia’s 13th-largest trading partner and government figures put annual two-way trade at A$16.4 billion (US$12 billion) in 2016-2017.

      Birmingham listed frozen meats, live cattle, feed grains, dairy, citrus and rolled steel as examples of Australian products destined for favourable treatment under the deal.

      Hapus
    3. Baca kata ini "Indonesia, southeast Asia’s largest economy"

      Ehem...

      Hapus
    4. sepertinya ada hubungan dengan rencana peningkatan dagang Indonesia-AS sebesar USD 50 Miliar dollar mas super. Ditambah gerilya menteri2 pak jokowi yg rajin ke AS guna melobi pejabat dan pengusaha disana.

      Hapus
    5. Nah..rajin lobying ini yg ane suka.
      Gak cuma bisa ngeluh & nyalahin pihak mereka..good job! πŸ˜€πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    6. Sekeras apapun Trump, kalo kongres mereka bisa kita "pegang", ya Trump hanya bisa memble...😁

      Hapus
    7. Tentulah paling besar di SEA mas super... Lihat GDP kita saja sudah USD 1 Triliun lebih. Itu kira2 gabungan GDP Thailand, Singapura, Vietnam.. xixii.. Bahkan ada seorang profesor dari singapura bilang.. jika proyek infrastruktur presiden Jokowi senilai USD 400 Miliar rampung.. pada tahun 2023 ekonomi Indonesia akan tumbuh 7% dan terus naik setiap tahun. Bayangkan.. bisa2 Indonesia bisa terjadi ledakan ekonomi seperti China.. Amiiinn.. Biar para TKI yg selalu dihina orang2 malons bisa pulang ke tanah air. πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    8. jangan biarin aja disono om bagaz, jd kalo ada yg bandel kyk om tentera delay, scantut, ompol, om deindeng dsb, bisa langsung difentung tung tuunggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      lagian mereka kan turis disana, jalan2 dibayarin haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      mana dapat id merah pulak, jadi senang hati haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€— kalo scantut kan blom dafet, makanya kliatan agresip dia, pgn jd WNM soalnye haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  4. nach ptdi seharusnya begini dari dolo. mereka milik pemerintah ri haha!😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha emang yang dulu miliknya siapa om pal..?😁

      Hapus
    2. tukan om smiling, mimpi guwe jd kenyataan.
      taon laluw guwe berharap ptdi lebih fleksibel haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
      jgn terlalu terpaku pada satu raksasa penerbangan dunia cem erbas. sampai2 dpt julukan P**M dr sesepuh tni au haha!😊😊😊

      erbas emang "chukup" berjasa pd masa krisis 20 taon laluw. tp tidak serta merta mengkontrol petinggi ptdi bukan?

      smua jg tau penerbangan komersil baik bumn & swasta di negara ini populasi terbanyak adalah boeing.

      sesuai perhitungan guwe dr kemaren, hrsnya bumn pelat merah ini dpt bekerjasama dgn boeing jugak dgn sponsor pemerintah.

      jadi ketika ada bumn dan tni au ingin shoping soping pesawat komersil & militer dari boeing maka mereka bisa minta TOT & offset utk dikerjakan di ptdi.
      posisi nilai tawar kita(indonesia) tinggi lho, coba itung brp kontrak pesawat lion air untuk boeing, sampai presiden amrik dateng kesini haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    3. konon sempet populer disebut milik P**M om pedang haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    4. knp sampai ada julukan tersebut?
      soalnya "apa2" yg ingin dibeli tni au, kudu wajib liat list produk milik salah satu penerbangan terbesar didunia pesaing boeing tersebut haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      jd jgn coba2 beralih ke merk laen ntar ituw fete "ngambek" haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      dan itu uda terbukti lho, masi inget kan kasus awewe haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      apalagi kasus apache, denger2 kecewa berat tuch, tp gak brani ama tni ad, galakkan sono haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      pdhl baik tni au & ad maupun al serta polri jugak pesan pesawat jenis laen ke mrk, gak habis pikir pola & tingkah lakuw petinggi fete ituw yak haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      tp syukurlah, sejak taon lalu ganti kaptennya uda mulai berubah, walo kondekturnya masi ngarah2in jugak haha!🀣🀣🀣

      makanya gampang ditebak klo soal atlas, dan tebakan guwe slaluw bner yg dipilih super J. "masuk itu barang" LM pulak haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜….
      mau tak mau hrs "dekat" kalo gak urusannya panjang sampe ke IFX, begitchu haha!😎😎😎

      Hapus
    5. Om pal,
      Bilang aja PDAM..susah amiir..πŸ˜‚
      Qiqiqiqi..😁

      #Perusahaan Daerah Airbus Military

      Hapus
    6. nah om yg link om woof2 itu bner, tawaran ribuan boeing sungguh menyejukan.
      soalnya eropa mo ngutak ngatik kita punya sawit bukan haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
      sampe wapres angkat bicara dan didukung lion mo ikutan boikot erbas
      http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/VNnR4gXN-larangan-ekspor-cpo-lion-air-group-akan-boikot-airbus

      perang dagang?mungkinkah..

      makanya guwe xlaluw menekankan ke om smiling(wakss haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…), kita gak bole tergantung pada satu suplayer. akibatnya kan runyam buat fete ituw kalo jadi "perang dagang" ini haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    7. hadeeuhh om ps, guwe gak enyak buka"an gt nanti om fetedei eh smilsmmil ngambek lho haha!🀣🀣🀣

      #perwakilan dagang AM

      Hapus
    8. Om Pal,
      Tapi dua kata awap tagar ente lebih sadis tuuh..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. walo fete ituw "dulu" begituw, guwe xlaluw dukung cn235 dan beharap ini pesawat sperti c-130, bisa idop lbh 50taon lagi haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—
      fete kudu rajin ngutak atik cn235,diexplor, eksperimen & berkreasi dlm bentuk apapun.

      contoh, guwe perna tulis di blog ini,
      6 Desember 2017 13.38
      "kalo mnurut hemat guwe sich, yg uda berlalu biarlah berlalu. cn 235 fetedei masi bs dioprek buat keperluan militer slain mpa. sebab, inovasi itukan tiada henti.
      skrg uda jamannya "gunship" jd belum ada kata terlambat buat fetedei memproduksi cn235 model gunship buat pesaing tukino sbgi pesawat coin maupun cas haha!😊😊😊"
      https://defense-studies.blogspot.com/2017/12/15th-strike-wing-will-operate-6-brand.html?showComment=1512542293269#c2982730460904118896

      28 Maret 2018 13.37
      "guwe pengennya fetedei fokus ama yg ada aja, pasti selamat kok haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
      guwe lebih suka optimumin cn235 duyu aja om pit.
      bisa jd patroli maritim & Mini Gunship, jaman now akan sangat cukup buat lawan infantri dan kendaraan lapis baja.
      "
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/03/schiebel-demonstrates-heavy-fuel.html


      masi byk lg tulisan harapan guwe tulis buat fetedei sblomnya dan skrg fete ituw mendengar, lg eksperimen pulak "mini gunship" cn 235, terima kasih fetedei, arigato gojilla haha!😍😍😍

      Hapus
    10. waduw padahal buntutnye uda guwe bungkus om ps haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    11. Palugada ngigau...!!!

      Kerjasama pt.di dg pabrikan aviasi amrik cukup bagus dan proses TOT nya pun transparan dg proyek NBELL 412....yg brekele itu ya heli awewe yg dipaksa masuk sama supri dan gengnya

      Hapus
    12. Cooperate with ptdi?For indon market?Yes.For export? Kikiki..Quality ngak ada.indon mudah digondoli.

      Hapus
    13. Kesian kingkong jadi gila tak kuat melihat kenyataan PT DI eksport pesawat wkwkwk

      Hapus
    14. Admin, tolong donk @kangkong999 diban. Komennya gitu2 aja. Saya pembaca setia blog ini, sakit mata liat komennya.

      Hapus
    15. iihh apaan sich om smilikity, guwe mimpi kok dibilang ngigau..auahh uuh aauhh haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      mayan kan satu persatu mimpi guwe dari taon laluw jadi kenyataan lho oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      soal bell, ohh ituw emang oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ makanya diatas guwe tulis tuch, pesawat jenis laen dibeli tni/polri jugak wue haha!😜😜😜

      dipaksa? eeiitt babeh gak salah, kerna awewe emang tercantum dlm renstra. dan uda dijelaskan sm dispen au. jd byar pejabatnye bkn babeh pon pst mengeksekusih haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      coba perhatikan kasus apache. apa om smilikity gak tau ato pura2 gak tau?haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      klo gak tau guwe bisa cantumkan disini linknye. soalnya yg itu lebih kejam & seru haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† beruntung media gak terlaluw ekspos, jd "Masuk ituw barang" haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      tapi lihatlah skrg dibawah kapten baruw, sang fete bisa nrima "boeing", coba kalo engga bisa repot tni ad nanti haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    16. andi dani jangan dong.Gue khabarin yang benar aje.indon senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    17. Berita yg benar menurut kingkong tuh berita yg penuh bual dan hoax wkwkwk

      Hapus
    18. kangkung cah salam CAPCUS 55, makin jau makin asoyyy haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  5. pabrik speartpart shukoi dan pembuatan shukoi tetep pasti terlealisasi karena tujuannya berbeda yaitu menghendel produk2 jiplakan china di asia tenggara dan asia selatan jg untuk mempermudah perawatan shukoi, kerjasama dengan boeing jg tetep karena misinya untuk mempercepat kepercayaan dunia terhadap kwalitas bioavtur sebagai bahan bakar pesawat dan lebih mengutamakan manufaktur pesawat komersil tp tidak tertutup kumungkinan jg kebutuhan pesawat militer,,,jd misinya berbeda, BOEING kerjasama dengan PT.DI sementara shukoi membuat pabrik bersama dengan indonesia sehingga kerahasian teknologi bisa terjaga, inilah untungnya bila ada kepercayaan dr negara2 lain.

    BalasHapus
  6. @raden situngkir Apa bedanya dng fasilitas bengkel Sukhoi di Vietnam dan Malaysia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sama kali mas.. khusus maintenance.. kecuali Rusia setelah dengar kabar Boeing mau nancepin kuku disini spt berita diatas langsung gantian tancap gas bukan hanya maintenance tapi disuruh buat sparepart sukhoi juga. Imho.

      Hapus
    2. Sam@ MRO di malon tuh tak ada mas,MRO di malon tuh hanya MRO abal2 yg digunakan untuk rasuah,faktanya bila ada MRO sukhoi di malon kok sukhoinya cuma 4 ekor yg boleh terbang wkwkwk

      Hapus
    3. mat, itu zaman najis bugis dan zahid pornorogol.Kedua2 bangsa indon.Sekarang lain,ko pasti bahagia dengan berita2 berkaitan ATM nanti. Kikiki..indon mudah digondolin.

      Hapus
    4. Kingkong@ berita baru apa tentang ATM lon,tak de pun yg baru wkwkwk...ko tengok berita terbaru indonesia itu baru aq salut dan menggerunkan wkwkwk

      Hapus
    5. Dalam sejarah hidup Najib dan zahid tak pernah jadi warga negara IndonesiaπŸ€” tapi dia hebat sukses menipu beruk Malon yang rata2 tolol πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    6. Di Malon belom ada MRO mereka cm ada bangunannya doang tapi gak ada fasilitas utk mro krn blm ada contract

      Hapus
  7. judulnya bengkel tp the next bengkel itu berubah akan menjadi pabrik speartpart dan pembuatan pesawat tempur bersama pesananan selanjutnya dan pesanan dr luar, kenapa gk langsung bikin pabrik dan kenapa harus indonesia???? karena untuk menghindarin tekanan2 dr negara yg tidak suka hal ini terhadap indonesia, indonesia menjadi pilihan karena indonesia punya pengaruh kuat dikawasan untuk menyaingin dominasi china dan yg terutama posisi politik indonesia yg sudah teruji sebagai negara non blok, justru blok barat yg curiga terhadap kita yg lebih pro ke blok timur sehingga mereka berusaha menancapkan kukunya di indonesia, kalau rusia tetep santai sesuai dengan rencana kerjasama awal yg tetep menjaga posisi politik indonesia agar terhindar dr tekanan2 politik, ibaratnya santai tp pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mi26 tersingkir ya ...

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Namanya juga usaha oom..😊

      Hapus
    3. Mas TN ini emang sales amfibi tulen....krena seingatku, kemaren-kemaren sempet nawarin heli mi-26, komplit dg itungan dan rincian cicilan kreditnyaπŸ€—

      Hapus
    4. Tuh khan mempitenah lagi, lha wong hanya ngitung tok untuk menajamkan naluri dan logika kok dicap sales toh.

      Yang nawarin mi26 itu si jimmy kelilipan itu lho yang sekarang sedang termenung di kebun karet.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Xixixi...jejak digital nya disebelah susah dihapus lhoπŸ˜‚

      Hapus
    6. Rusia kerjasama dengan indon untuk SU30 maintenance and spareparts?Kikiki..Nobody's buying except indons. indon mudah digondolin.

      Hapus
    7. MRO sukhoi malon gondolin ATM sehingga 4 ekor sukhoi malon yg boleh terbang wkwkwk

      Hapus
    8. Rusia mengakui otak orang Indonesia lebih jenius di banding otak Malon yang gemar melancap πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  8. mas_TN@ kalau helikopter aku posisinya netral, tp kalau pesawat tempur kelas berat aku berharap indonesia mempertahankan made in rusia, kalau pun ada pesawat tempur kelas berat dr barat itu untuk antisipasi hubungan kita ama cina,,,dasar pemilihan alutsisatku sebenarnya tidak ada pro sana sini tp lebih pada tertuju pada posisi politik indonesia, ingat mas TN kita dikelilingin 15 pangkalan militer amerika pastinya potensi bentrok itu pasti ada' gk mungkin kita bentrok sama amerika pakai produk mereka, ya sudah pasti mereka tau kelemahannya, kita jg punya potensi bentrok dengan china karena posisi pengaruh kita dikawasan jd kita jg butuh pesawat tempur berat dr barat,,,solusinya menyatukan dua produk ini ya kita harus secepat mungkin membuat data link sendiri oleh sebab itu lapan terus mengejar riset2 pengembangan satelit kita, untuk sementara dengan sistem radar radio bisa digunakan.

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Hahahaha..

      Ini dong desain dan produksi made in tempatan πŸ‘

      https://www.army-technology.com/projects/gpv/

      https://en.wikipedia.org/wiki/FNSS_Pars

      http://tanknutdave.com/the-us-gpv-8x8-wheeled-captain-and-colonel-apc/

      πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Wow product tambal stiker Malon ada yang minat tak? πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Better not.Otherwise for sure Super Hornet not in the radar for the MRCA programme.indons mesn no quality.Kikiki..indon mudah digondolin

      Hapus
    4. MRCA Malon AKAN MASTURBATION wkwkwk...duit tak de malon dah mimpi basah wkwkwk

      Hapus
    5. kalo si BO'ING itu bener anak aseli sini, disebrang kali sono noh tinggalnye.
      kalo BOEING itu baru tempel stiker haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    6. He malon Bahasa Inggris ancur begitu masih aja maksain.. mendingan lu gondolin Rosmah yang rambutnya overload πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  10. scan@ kasiaaannnn,,,beruk malon yakin air bus bikin pabrik disono???? masih dipertimbangkan, belum ada kepastian,,,ckckckckckck #salam_capcai_2055

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yang yakin..ngak pernah ada berita airbus bikin pabrik dimalaysia...tp yg pasti,malaysia supplier komponen airbus..wkwkwk

      Kesian banget ama indon..digondolin boeing bikin pabrik.mimpi aja loe..loe ingt mudah bg perusahaan US tot teknologi ke negara lain??..lebih2 lg negara jiplak seperti loe..wkwkwk

      Hapus
    2. Malaysia juga supplier komponen composite bg perusahaan boeing...ngak perlu bikin pabrik pun..wkwkwwk

      Hapus
    3. Kalau komponen composite gak dibikin dipabrik, emangnya dibikin dimana bro?

      Hapus
    4. Dipabrik aerospce ctrm..tp bukan punya airbus.

      Hapus
    5. Lha emang itu pabrik aerospce ga dibangun/bikin dulu bro? 😊

      Hapus
    6. Iya lo..persoalannya,diklaim airbus mahu buka pabrik di malaysia..itu hoax..

      Hapus
    7. Scantut emang tetbukti BODOH...πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    8. Scan@ scan anjing masih sahaje mimpi basah wkwkwk...AKAN dari airbus pun dah dipercaya scan beruk wkwkwk

      Hapus
    9. CTRM tu cuma pabrik sampah je kau bangga2kan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  11. nunggu admin posting berita ini

    https://www.indomiliter.com/video-intip-lebih-dekat-kendaraan-peluncur-roket-r-han-122b/

    BalasHapus
  12. scan@ bhuhahahahahaaa suplier componen composite untuk boeing???? itu cuman judulnya tp gk ada produk yg keluar,,,noh liat PT.DI 449 pesawat yg sudah diproduksi,,,malon beruk cuman bisa tapal sticker ckckckckckck kasian #salam_capcai2055

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loe ingt pt.Di mandiri??...100% tot..indon cuma tampal sticker

      Hapus
    2. PT DI sudah ekspor pesawat dan di akui dunia πŸ˜†. Product tambal stiker Malon hanya Malon sendiri yang pakai kasian tak ada yang minat πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. ptdi diakui dunia?dunia baboon maksud lo? Kikiki..indon mudah digondolin.

      Hapus
    4. PT DI sudah ekspor CN235 ke Malaysia mas.
      Berarti Malaysia itu bangsa Baboon ?

      Hmm... analogi yg aneh.

      Hapus
    5. Scan & kingkong @ mana link atau bukti PT DI stempel stiker buatan tempatan,kl PT DI stempel stiker pastilah dah di gugat ke mahkamah arbitrase internasional,ini lah quality beruk cem scan dan kingkong bila nak cakap,mulut dan logika tak nyambung,patutlah malon tuh terbelakang selalu berbanding indonesia kerana warganya punya quality rendah cem scan n kingkong wkwkwk

      Hapus
    6. CN235 cuma diguna utk biak hujan.Patutnya lebih baik diguna bomoh indon.Itu aircraft nanti dipensiunkan ngak punya kualiti. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
    7. Kingkong@ cn235 vip TUDM dah banyak hantar ratusan pejabat malon,datang kingkong hantar cakap cn235 tudm dipakai untuk biak hujan wkwkwk...nampaknya kingkong dah kalah debat sehingga buat cakap yg bual2 wkwkwk

      Hapus
    8. NANTI???? teringat CAPCUSS55, oo iya 2055 artinya 37 tahun lagi lamanya tul gak om pit haha!🀠🀠🀠



      Hapus
    9. Otak beruk dungu memang aneh jelas jelas CN 235 jadi andalan TUDM.. otak beruk Malon yang tak ada kuali pilot Sukhoi pun boleh eject Kat hanggar πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  13. scan@ tampal sticker = cuman bisa klaim tp kagak bisa buat, judul suplair componen komposit tp yg buat orang2 boeing dr amerika jg yg buatnya,,noh pt.di asli orang indonesia semua karyawannya, kagak ada orang luar' berhasil produksi 449 unit pesawat,,,malon beruk cuman bisa tampal sticker,,,ckckckckck kasiaaannnn #salam_capcai2055

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lipan bara buatan thailand di claim malon buatan tempatan wkwkwk....gempita buatan Turkey di claim malon buatan tempatan,Malunye malon tak de otak nih suka claim hasil karya negara lain wkwkwk

      Hapus
    2. Itu bukan kerja indon?Tampal sticker?Medium tank(tanki taik) maksudnya.Submarine?Kikiki.. Ini benar ngak bisa nyelam. Apa lagi?Kikiki.. indon senang digondolin.

      Hapus
    3. Kingkong @ Wkwkwk...kingkong makin tersudut dan makin meracau bila dah kalah debat wkwkwk...ada bukti medium tank indonesia stempel stiker,kl ko ada bukti hantar sini lon wkwkwk

      Hapus
    4. Kalo otak beruk malonsial dungu ngga jauh dari taik karena itu makanan sehari hari mereka πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  14. Malon mana bisa ngejar ketertinggalan aset wong mereka kgk ada dana wkwkwk

    BalasHapus



  15. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  16. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  17. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  18. ayo kunjungi segera website kami agen betting terpercaya dengan pelayanan terbaiknya 24 jam tidak ada stop
    buruan dan kita juga menyediakan banyak game seperti berikut yang bisa dimainkan melalui ovo dan juga go-pay

    SABUNG AYAM LIVE [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » BOLATANGKAS
    » TEXAS POKER
    » POKER ONLINE
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  19. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus