30 November 2019

Bomber Siluman H-20 Cina Bisa Jadi Mimpi Buruk Militer AS

30 November 2019

Rekaan artis pembom stealth H-20 (image : National Interest)

TEMPO.CO, Jakarta - Pesawat tempur baru Cina yang dijuluki bomber siluman H-20 diperkirakan dapat mengudara di langit Asia tahun depan dan diproduksi massal pada 2025.

Bomber itu disebut-sebut akan menjadi mimpi buruk bagi militer Amerika Serikat, demikian dikutip dari National Interest, Selasa, 26 November 2019.

Pada Oktober 2018, media Cina memberitakan bahwa Angkatan Udara Cina akan secara terbuka mengungkap bomber siluman H-20 barunya saat parade merayakan ulang tahun ke-70 angkatan udara tahun 2019. Sebelumnya, muncul bocoran dalam bentuk video ala kampanye pemasaran film-film Hollywood.

Contohnya Xi'an Aviation Industrial Corporation merilis video promosi pada Mei 2018 yang meniru iklan Superbowl milik Northrop Grumman untuk bomber siluman B-21, yang menggambarkan pembom bersayap. Kemudian, siluet pembom baru muncul di gala Angkatan Udara Cina, terjadi dua tahun setelah Panglima Angkatan Udara Ma Xiaotian resmi mengungkapkan keberadaan H-20.

Jika H-20 memang memiliki jangkauan dan karakteristik siluman, maka peta kekuatan AS dan Cina bisa berubah, terutama dalam kaitan pangkalan dan armada AS di Pasifik dalam merespon serangan udara.

Rekaan artis pembom stealth H-20 (image : National Interest)

Hanya 3 negara memiliki sumber daya untuk mengembangkan pembom strategis besar yang dapat menyerang target di seluruh dunia yaitu AS, Rusia dan Cina. Pembom strategis masuk akal bagi Cina karena Beijing memandang dominasi bagian barat Samudra Pasifik sebagai hal penting bagi keamanannya karena sejarah invasi maritimnya, dan khususnya tantangan yang ditimbulkan oleh AS.

Beberapa pengamat berpendapat bahwa H-20 akan melakukan tugas ganda sebagai pengintai dan komando kontrol yang mirip dengan pesawat tempur siluman F-35 AS. Ini masuk akal, karena Cina telah mengembangkan beragam rudal jarak jauh, darat, dan laut, tapi tidak perlu memiliki jaringan pengintaian kuat untuk membentuk rantai penyerang yang memberi isyarat pada rudal ini untuk target jarak jauh.

Secara teoritis, H-20 dapat memimpin di depan, memata-matai posisi lawan menggunakan radar AESA, menggabungkan informasi ke platform penembakan berjarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer. H-20 juga dapat digunakan untuk peperangan elektronik.

H-20 kemungkinan juga akan mampu membawa senjata nuklir. Meskipun H-6 adalah pembom nuklir asli Cina, ini tidak lagi dikonfigurasikan untuk serangan nuklir, meskipun itu bisa berubah.

Rekaan artis pembom stealth H-20 (image : Sina)

Pengembangan teknologi pesawat siluman Cina di pesawat tempur siluman J-20 dan J-31 merupakan prasyarat proyek H-20, sehingga tampaknya merupakan pengembangan Xi'an dari pesawat kargo raksasa Y-20. Ini untuk meningkatkan kemampuan membangun pesawat besar dan jarak jauh dengan desain dan teknik manufaktur komputer modern, teknologi presisi untuk produksi massal eksterior pesawat siluman.

Menurut sebuah studi oleh Rick Joe di The Diplomat, publikasi Cina mulai berspekulasi tentang H-20 pada awal 2010-an. Pesawat menggunakan empat turbofans WS-10A non-afterburning Taihang yang ditanam di bagian atas permukaan sayap dengan lubang masuk bergigi-gergaji berbentuk S. Perlu dicatat bahwa WS-10 menghadapi masalah besar, tapi itu tidak menghentikan Cina menggunakan WS-10.

Bomber strategis baru ini diperkirakan memiliki radius tempur maksimum 8 ribu km dengan muatan antara 10 sampai 23 ton, kapasitas muatan H-6 dan B-2. Ini karena H-20 dilaporkan dirancang untuk menyerang sasaran di luar ring 2 (meliputi pangkalan AS di Jepang, Guam, Filipina) dari pangkalan darat Cina. Rantai pulau ketiga meluas ke Hawaii dan pesisir Australia.

Jika H-20 dinilai memiliki desain kredibel, Pentagon pada gilirannya harus mempertimbangkan implikasi strategis dari kemampuan pesawat siluman Cina. AS kemungkinan harus ikut menerapkan teknologi kontra-siluman yang sebelumnya sebagian besar dibanggakan oleh Rusia dan Cina.

(Tempo)

78 komentar:

  1. Cintailah ploduk ploduk chinaaaa . . Like Maharajalelahhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan Yoo kita bisa punya NB- 2πŸ™„πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    2. Pieee mbah gono, , ploduk ploduk chino mulai menarik po pie??

      Hapus
    3. Mburu waktu, Yoo ora po2 mbah atmo...( sing advance lho koyo ucav,bomber,pespur gen 5,Karo kapal indukπŸ™ŠπŸ™Š)

      Hapus
    4. Nak ndelok geopolitik Saiki kudhu ono "seni temen tpi mesra" yoo. Karo nimbun gaman2 sing ampuh ghoib.. Piye Mbah atmo?

      Hapus
    5. Lha yo cocok aku,angger aja dadi teman dalam selimut ngko ujug ujug utang dan utang koyo negorone si mat kae. . Pie iki jumat pon e kapan mas gono . . Tak sowan rono karo gowo purwoceng dieng πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    6. Ajeng pinarak MonggoπŸ™πŸ‘...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  2. Barangnya selalu kopian, suka wang kopi ni kayak malon...πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
  3. Proton + Petronas + Kuala Lumpur = 2 Littoral Mission Shit πŸ‘πŸΌ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayane memang berat Jiran kita skrg mas.. kita harus ikut prihatin lah.. benar yg dibilang menhan skrg.. 2055 atau 35 thn lagi baru ada MRCA (udah pada meninggal belum komentator dimarih ?) Jadi leasing nanti bukan hanya heli tapi bisa jadi MPA atau Light attack juga.

      Menkeu nya aja kemarin komen begini :

      “1MDB's current debts stand at RM50.5 billion including interests, which will only be fully repaid in 2039,” he said.

      - Bernama

      Itu baru 1MDB debt belum debt yg lain dari bank dunia bank Asia Dev bank China dll. Jadi mending stabilin dulu politik disana agar investor mau datang lagi.

      Hapus
  4. Si Unknown ngehek kita pake Wingloong Drone China.. lha dia gak sadar apa kapal perangnya dibuat full di China untuk ngadepin navy China pulak.. alamaakk why he so dumbass ?? 😩πŸ€ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoo wajarlah, klau pikiranne udh koplak sdh tdk bisa mikir😁😁

      Hapus
    2. Bagi mereka yg penting bisa menghina RI

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Semua yang ada di alam semesta ini buatan TUHAN...

    sisa nya buatan China... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  7. "Kementerian Pertahanan Malaysia secara resmi mengeluarkan statemen bahwa tidak ada rancangan untuk membeli pesawat tempur baru, kata Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu.."

    ===

    HUREEEEE.....!

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat sabu cabar malays gelepar, dasar darul kelakar...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Dan waeganyet tukang ngimpi menyangkal

      Hapus
  8. Yen cino ngamuk sing disasak rak yo urut seko lor....vietnam, filipin, malon, njur pas tekan natuna cinone kebelet ngising....ra sido bablas ngidul 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sampai china dan Oz ribut, kita yg bakalan dibuat sibuk.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Malon kan sudah di beli China lewat debt soft Loan. Beruk Bumiputera kebanyakan ga akan sedar hal itu sudah terjadi.

      Hapus
    4. @maste Insyaallah kagak bakalan clash Indonesia sama China. Karena dari jaman Tarumanegara sampai sekarang hubungan kita sangat erat dengan bangsa China dan kita belum pernah clash atau sampai diinvasi sama China (Kecuali pada masa Dinasti Yuan (Kubilai Khan), itupun berhasil dipukul mundur oleh pasukan gabungan Raden Wijaya-Arya Wiraraja).😎😎😎

      Hapus
    5. @Helmy Iiya, makanya di keterangan ane kasih Kubilai Khan. Dan dinasti Yuan adalah kekaisaran di China yang didirikan oleh Mongol setelah mengalahkan dinasti Song. Walaupun secara de facto dinasti Yuan adalah jajahan Mongol dan Kubilai Khan menjadi dua peguasa yaitu Mongol dan China, tetapi secara de jure dinasti Yuan berdiri sendiri dari Mongol. Karena setelah pemerintahan Kubilai Khan, kaisar Yuan tidak merangkap jabatan sebagai khan Mongol. Juga tidak tundu dan patuh dibawah kekuasaan Mongol. Melainkan memiliki kuasa sendiri (Intinya setelah Kubilai Khan, China tidak berada dibawah kendali Mongol. Walaupun Kaisarnya berasal dari keturunan Mongol).😎😎😎

      Hapus
    6. Oalah ngunu ta... malah keturunan mongol, banyak yg kececeran di rusia n far east sekarang

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Ora mung berceran neng rusia mas helmy....malah nganti mleset adoh tekan sulawesi utara barang @mongol_komika πŸ€—

      Hapus
    9. @smilinghari212 πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Kumendan ada ada aja

      Hapus
    10. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜

      Hapus
  9. Kira2 ada versi ekspornya ngk ya..?? hahaa..

    Buat antisipasi jika Australala jadi membeli B-21 rider kita beli nyang ini.. wkwkwkkwk..mantaaaappp...

    kasusnya sma kek Australia beli UCAV asal AS kita beli UCAV asal China,, dia beli drone HALE AS kita beli drone HALE dari China lewat BUMN.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi semua akan kalah dengan daya halusinasi dan onani otak maid of London:
      Arnold Harap Malaysia Beli 36bijik gripen ganti mig..tambahan 8 bijik superhornet.. Cukup lah 4 skuadron, LCA takpayah la..

      Hapus
    2. Abd Rahman su30mkm 18biji = 900m usd 1 biji=50m usd
      6.2b usd = 124 biji su30mkm 6-7squadron
      kalau time perarakan merdeka penuh langit lol

      Aim Lor Abd Rahman skli trbang bnyk2 silap2 bunyi alert negara jiran oooo

      Malaysia Defence Review Aim Lor 62 LCA tu pun dh goyang

      Hapus
    3. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† karena tekanan ekonomi,Kedekut duit pon Malon tetap menghibur diri.kohkohkohkoh πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Contoh Admin goblok berkicau nhiy, tapi lucu saja bacanya....:

    Malaysia Defence Review

    Apa kebabian nak suruh admin puji pasal pertahanan negara dia, sentuh sikit dah koyak πŸ˜‚πŸ€£

    Pastu nak ikut cakap dia, apa lahanat ko ingat ko siapa, datang Malaysia pun jumpa Imigresen pun lari bersepah.

    Yang tak tahan nanti adalah nanti rakyat Malaysia bersimpati atas nama Serumpun.

    Macam Wutoh bak kata YB Hamlau

    -MDR-

    Farhan Masron Dh nama pun malaysia defence review.. Nk up cerita pasal kemajuan endon/poland buat ape anjir

    Malaysia Defence Review Calv Chang diorg tgh decide shipyard mana yg akan refit Tarlac, PT PAL Indonesia kena reject then option hntr ke South Korea
    https://www.pna.gov.ph/articles/1071055

    Zack Caruso Malaysia Defence Review hahaha

    Calv Chang Malaysia Defence Review dia tanya min bila masa pula ssv philipine buatan pt pal tu refit kat korea.


    Malaysia Defence Review Zack Caruso apa kena mengena dgn dia πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£
    Admin banned sbb dia koyak

    Zack Caruso si firman ngadu min Malaysia Defence Review katanya dia di ban dari page kita sbb tanya pasal KD Maharajalela..ujung2 katanya indog juga yg kena

    Emmet Tekito Kemajuan indonesia dalam sembang muhong tak dinafikan lagi.

    Helmi Mhdia Ganyang indon min...dah lame nak komen ni..facebook kem baru tk tae sbg ape tetiba jer log out sendiri nak log in balik x dapat...

    Aisya Arshad sebenarnya kebanyakan rakyat depa ada perasaan iri dan xleh terima kenyataan...bila kita yg selama ni dorang anggap adik2...dah langkah bendul.
    kena tinggal 2 tiang api dah....
    bayangkan hujung tahun 90an dulu....bila aku cakap bangunan tertinggi di dunia ada kt Malaysia...semua org indo yg aku cerita tu...berpuluh gak la...student U plak tu... SORANG pun x percaya...
    last2 kuar kat tv depa...
    depa masih jugak tanya...betul ka berita di tv ni???

    Nagasa Ree Aisya Arshad memang mcmtu perangai diorang...tapi kalau cerita tu jenis yg menyebelahi diorang, cepat je percaya walaupun xbetul...

    Nelson Jugah Puak yg tiada tandinganya.mendonia menclaim.entah brpa besar tanah nk letak pingat kebesaran dri negara2 hadiah mndonia dan mnclaim ni ye dri negara lain.haha

    Rashidi Hassan Kalau X bodoh bkn indon namanya... Dh nama pun Malaysia Defence Review x kn nk sembang pasal indon...

    Hafizee Aris kaum mendonia tahap alam semesta minta dipuji

    Mohd Adib Puak Mendognia memang camtu. 24jam menyalak je kejenya

    Fahmi ZR ape la yg sukarno buat ni dlu,smpai skang pekat bangang indon ni

    Shahmi Ahmad mane org tak kutuk...barang order xsampai lagi tapi dah buat video kt youtube negara die punye alusitas paling canggih,paling power paling simen...hahaha

    Nazirul Mubin Nazirul Sebab tu orang selalu cakap indon ni bangsa takde integriti

    Muhammad Luqmanul Hakim Koyak Serba srbi puak diorg Ni. Sembang mcm gagah sgt, tp hati sayur Rupanya..🀣

    Mohd Irwan Haha ko lawan dgn mendonia ke admin.. puak2 sengal ni mana reti bahasa

    Fitri Ahmad Diorang hina tentera kita kat yutube lagi teruk.tp xde kita ungkit hal tu.bila kene kat barang hidung sendiri koyak terus

    Mohd Shukri Bengong indon ni, nak review mendonia wat keladat apa

    Abu Naim Jaffar Admin.. Bagi la satu kali chan.. Puji kasi letop.. Kesian polok keh nigok nye.. πŸ˜‚πŸ˜‚ Puji up sampai terangkat sikit.. Lpas tang kono tu kilas la bg terhumban.. Ahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kalo berani buka blockir untuk akses +62, dasar admint ini mental pengecut

      Hapus
    2. Malaysia Defence Review
      10 hrs ·
      Pengunaan Helikopter secara Sewa-Beli atau Sewa-Pajakan bukanlah sesuatu yang baharu dalam dunia pertahanan. Ia adalah satu pilihan dimana sesuatu pasukan tentera atau agensi pertahanan awam memerlukan aset udara untuk menampung serta menambah kemampuan menjalanlan operasi.

      john Long Makin miskin malaysia ni

      Megat Khairy Mohd Menhan lesu

      Muhammad Nur Al-Amin Cakap banyak xnk..
      Nak tau kos sewaan dan tempoh sewaan, berbanding dgn kos utk ambil heli baru atau terpakai daripada negara lain..

      Malaysia Defence Review Muhammad Nur Al-Amin UK belanja £2.5 Billion utk 22 S-92/AW189 utk 10 tahum

      Muhammad Nur Al-Amin Malaysia Defence Review
      Secara kasar adalah RM12 billion utk 10 tahun..
      Lebih kurang RM1.2 billion setahun.. Utk penggunaan 22 unit heli bg tempoh 10 tahun..
      Atau adakah lebih berbaloi di gunakan utk membeli 5 unit Agusta 189 pada tahun pertama dgn harga jauh rendah drpd RM1.2 billion, dan beli pula 5 unit Sikorsky S92 pada tahun kedua dgn harga yg sama juga jauh lebih rendah drpd RM1.2 billion.. Malah pada pendapat peribadi saya, RM1.2 billion setahun adalah cukup utk beli dan maintain 5 buah heli..
      Selang 6 tahun ATM akan mempunyai 30 buah heli dengan perbelanjaan yg tidak x sampai Rm12 billion, dan boleh di gunakan sehingga setidaknya 2035. Kecuali kalau MenHan tepuk body heli sambil puji cat cantik dan enjin senyap, mungkin boleh pegi sampai tahun 3030.. Semangat patriotik sebegitu yg kita mahu..
      Berani dan berpandangan jauh..

      Malaysia Defence Review Muhammad Nur Al-Amin klu diorg berpikiran mcmtu okay la
      Ini nk pikir poket sendiri, poket kroni, poket anak buah last2 jd mangsa TUDM

      Iskandar Uda Cara malaysia sign kontrak lain kita akan sign perhour maksudnya perlu kita pkai x perlu x payah pakai faham kita bukan ada aktif insergensi pun so memang x boleh pakai style uk tu

      Iskandar Uda Heli nuri by right memang muda lg jam perhour nya baru around 10k org lain pakai sampai 100k jam baru pencenkan zaman2 takde insergensi ni pengunaan helikopter kita sangat minima

      Mu Starr Joo Ya kita taw planning nk sewa heli ni cuma sementara sj kn utk stop gap heli Nuri yg dh uzur tu.
      Tapi persoalannya :-
      Bape kos sewa?
      Sampai bila nk sewa?
      Bila nk beli heli baru utk ganti Nuri?
      Bape byk bajet utk beli heli baru tu nnt?
      Klu perkara ni masih tak dapat dijawab MenHan atau masih belum dikaji lg, mmg susah laa.
      No komen
      πŸ˜‡πŸ˜

      Iskandar Uda Sampai bila nak sewa tu kena tunggu 2 hb ni kos sewa wil be same as a kos kita operate nuri how much only tudm know that answer

      Iskandar Uda Tapi heli training dengan kapal terbang training skrang memang atm sewa
      6h
      Mu Starr Joo
      Mu Starr Joo Iskandar Uda smua Nuri TUDM dan PUTD grounded ka?
      Byk buah jgk tu kn.
      Atau sebahagian saja

      Iskandar Uda Mu Starr Joo setau aku lah ada 2 bijik nuri dah upgrade yg lain nampak gaya grounded lah

      Mu Starr Joo Iskandar Uda alamak..
      πŸ˜₯😧😒
      Abistu xkan PUTD tpaksa pinjam heli EC725 TUDM kot?

      Iskandar Uda Mu Starr Joo kalau bc malaysian defence putd akan lease helikopter dia sendiri

      Iskandar Uda Tp yg aku tau la putd baru operate nuri 2 bijik yg lain storage lg tugas pengankutan barang atau askar masih duty tudm

      Bayinnaung Kyawhtin Nawrahta Lantak kau lah gomen. Jangan sampai memalukan ATM sudahlah.

      Hapus
    3. Arif Azka Malaysia Defence Review harap2 just H225M jelah terpilih . Senang , tak pening2 dah geng TUDM bab logistik helikopter ni. Grab terus dalam 24-30 biji Caracal dalam tempoh lima ke enam tahun , dah consider formidable dah utk skuadron helikopter TUDM .

      Iskandar Uda Dengan isu minyak sawit aku rasa susah h225m akan terpilih balik

      Arif Azka Iskandar Uda yup , memang nampak laa harapan utk tambah unit Caracal susah.. tapi kalau dah itu kehendak TUDM , patutnya pihak kerajaan kena usahakan kasi ATM dpt apa yg dimahukan..bukannya dok bangga dgn ego n nak jaga periuk nasi masing2 semata sampai anggota keselamatan kita susah nak jalankan tugas.. moga ada sinar harapan lepas ni~~~~

      Ijak Kenyir brg dah bayar tak nak ambik.. lagi mau sewa.. banyak sgt duit

      Nabil Carlvalho Sudah terhantuk baru tergadah..

      Encik Firdaus Bagus juga idea ni.. Macam kerajaan sewa kereta peronda untuk pdrm..

      Saitonhill Mario Dpt beli 30 unit Apache pun dh ok.byr secara ansuran je.

      Malaysia Defence Review Saitonhill Mario klu boleh bayar ansuran aeon kredit dh lama admin beli

      Saitonhill Mario Malaysia Defence Review dulu beli su30mkm pun byr ansuran jg dgn myk sawit selain duit cash min.hehe

      Malaysia Defence Review Saitonhill Mario Russia boleh bawak bincang lgpun ada timbal balik dgn program angkasawan

      Iskandar Uda Memang lah beli semua bayar secara ansuran mana ada dalam hayat kita beli cash

      Iskandar Uda Estimate time selalunya ansuran dalam 15 ke 20 tahun

      Iskandar Uda Kita bayar bank la bukan bayar kompeni tu bank yg bayar kompeni tu

      Sebuk Lah Harap2 kerajaan cepatkan penggantian nuri

      Azim Imran Msia je gila guna nuri sampai kiamat.

      Haniff Hussian Peluang nak dpt H225 peluang tipis..sebab France boikoit minyak sawit

      Mohd Shukri Sementara nak beli baru, sewa la dulu. Lau amik AW189 pun cun gak. Lepas ni mohon bajet untuk ATM ditambah, boleh beli sikit2 tapi berterusan tiap tahun ada penambahan aset.

      Masnizam Mamud Malas nak mengharap apa2 dr kerajaan malaysia kalau berkaitan pertahanan.. Sehari 2 lepas dlm tv3 ada wawancara pasal pertahanan dgn menhan.. terus tukar channel lain.. πŸ˜’

      Firdaus Azmi sedih..keperluan utk atm pon trpksa menyewa..alahaiii...si pinoy borong 16 black hawk n msih merancang membeli heli jnis yg lain..malaysia serba srbi kekurangan sama ada dri segi aset mahu pon pembangunan industri pertahanan tempatan,,

      Johnny Ney Kadang2x kalau anak2x dirumah bertanya,abah?berapa bnyk aset ketenteraan negara kita?sya nak menipu pun tak blh,Nti kemudian hari apabila anak2x bercita2x masuk bidang beruniform..abahnya pula rasa malu kerana menipu.mengharapkan peningkatan aset ketenteraan sampai ke sudah hanya mimpi.

      Malaysia Defence Review Johnny Ney klu sy citer pasal sejarah je πŸ˜‚πŸ€£
      Contoh lawan komunis, lanun

      Dien Sibakul Sewa ke.....adoiii...teruk nya dah makin parah dah....negara lain makin bertambah aset....ini di buang...lpas tu nak sewa....bagus sgt lah kan....sewa lagi bnyak2...bagus2


      Hapus
    4. Iskandar benar orang malon kan xixixixixi,, malah nyamar jd warga indo

      Hapus
    5. BERITA DI MALAYDOG DEFENECE REVIEW ABU MAYAT CHING PENG KETUA PENGANAS KOMUNIS MALAYA DI BAWA MASUK KE NEGARA MALINGSIAL,, SATU PENHINAAN KEPADA VETERAN MALAYA,,,

      Hapus
  12. https://lancerdefense.com/2019/11/30/jet-tempur-ea-18g-australia-yang-terbakar-as-tolak-bayar-kompensasi/

    Growler kebanggaan Australia terbakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata kejadian tahun 2018 di US. Dan US tidak mau bertanggung jawab memberi kompensasi atas kerusakan pesawat itu.

      Hapus
    2. Whaaaa kurang sakti growler nya. Kurang apa coba aus dan US yg maintenance

      Hapus
  13. πŸ€”.........πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’.........πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™Š...........🦍🦍🦍🦍🦍🦍🦍

    https://jakartagreater.com/analis-belarusia-lebih-baik-beli-f-16-daripada-su-30sm/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadis...πŸ˜‚
      Tukang upgrade barang Ivan, omong : tukuo barange Sam wae.

      Opo tumon?
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. "Angkatan Udara Polandia mengoperasikan pesawat tempur era Soviet MiG-29 dan F-16 buatan AS secara bersamaan.

      Diasumsikan bahwa pesawat tempur Amerika terbang selama 35 tahun dengan satu mesin yang sama dari awal diproduksi.

      Sayangnya, ini tidak berhasil dengan MiG-29, yang menghabiskan delapan mesin pada periode yang sama.."

      ===
      Mulane si lon lon tekor, Fulcrum grounded kabeh...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Esok2 gasik temen komenπŸ™„

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Lagi ngerti Mbah smilinghari pendak 6 tahun ganti bojo, yen di itung umur mbah smilinghari 78 tahun, rabi pertama umur 16 tahun berati:

      78-16= 62 tahun

      Pendak 6tahun ganti bojo

      62 / 6 = 10,3333 bojo

      Dibulatke dadi 10 bojo

      Jek turah 0.33333 artine wes mulai ngincer prawan pengganti sing umure antara 14-20 tahun

      Hapus
    7. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
      Aliran tukang ngitung...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. smilinghari2121 Desember 2019 06.08

      Iku tegese yen sukhoi rung nganti 12 taun kudu wes salin mesin.....yen ra kedisikan kobong mesine pas lagi mebur πŸ’πŸ’πŸ’

      Salin mesin kok koyo salin bojo.......πŸ€”

      Hapus

      smilinghari2121 Desember 2019 08.17

      Mulo pespur iki favorit banget.....wong pendak 12 taun pisan blonjo mesin sepasang πŸ’πŸ’πŸ’

      Hapus
    11. Soale masio karep tuku barang US kuwi, ra mesti cocok karo politik & bakal disetujui b*Kong*res jeeh mas..πŸ˜₯😣

      Yen barang ivan lak ra urus babibune, asal ono duwit..πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜€

      Hapus
    12. Ya kalau untuk gantikan peran mig29 ngapain harus pilih pespur kelas berat yg rata2 kebanyakan mahal biaya perawatannya,,,mana pespur kelas berat yg murah perawatannya??? pakar ya pasti lihat cost, kalau pilot pasti milih yg selalu bisa menjamin kemenangan dalam bertempur' mau irit tp ujung2nya terbirit birit buat apa???? πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    13. Coba pisan-pisan nggoge ngebom vietnam opo kamboja....goge ngerteni reaksine πŸ€—

      Hapus
  14. Citizen malondog ternyata hanya menghibur hati sahaje bilamana sememangnya TNI sudah banyak macam sign dan berdatangan mlrs submarine lpd fregate leopard apache vibras astros anoa drone male

    Malondog citizen dongok sembang miskin mendonia bin bahalul

    Malon senang digondolin umngok n ph 

    Kihkihkih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan mereka gak kan mudah pecaye akan kenyataan teruk keraπŸ’jaan mereka sampai mereka lihat sendiri tenaga kerja haram mereka bersepah di jiran jiran banyak kena susah..😁😁😁

      Hapus
  15. Malon malondog idiot miskin sembang mendonia

    Besepah sepah 3 juta tenaga kerja malon kat indonesia jadi buruh kasar tak ade kecakapan sememangnya otak malondog idiot tiada berpisah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media MALASSHIT tak akan kisahkan kes ni lar dalam tajuknya, banyak bersepah budak2 malasshit kat negara lain yg jadi babu dan takde skill, malas tapi takde pemberitaan di media MALASSHIT nih, pandai tipu bangkai KERAπŸ’jaan MALASSHIT tuh dengan control medianya, bad news tak akan ade lar di pemberitaan TV dan media2 MALASSHIT, beza hal kalo yg diliput mengenai pekerja asing, media malasshit mengkisahkan dengan tajuk bahawa MALASSHIT sebagai negara maju pemberi kerja warga negara asing, apalagi kes TKI jadi tajuk yg paling suka mereka bahas, untuk tunjukan kepada rakyat bodohnya bahawa malaysia lebih maju dari indonesia πŸ˜‚πŸ€£

      Mengapa harus indonesia?
      ya kerna indonesia lah musuh utama mereka πŸ˜‚πŸ€£ padahal tajuk tuh untuk tutupi kemalasan dan kebodohan warga MALASSHIT sehingga kerjaan pon harus dikuasai oleh pekerja asing, image negatif MALASSHIT tak bakalan ade lah dalam pemberitaan media MALASSHIT

      itulah sebab hal beruk malasshit senang menghayal paling jaguh, paling kaya kat rantau ASEAN nih, kondisi sebenar negara pon tak tahu KAHKAHKAH

      Semua kena tipu KERAπŸ’jaan πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ˜‚πŸ€£

      CEM BERUK DALAM GOAπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  16. Kita sebagai kroni china harusnya juga dapat pesawat ini

    BalasHapus
  17. Sangatlah rugi kalau diam2 jadi proxy china tapi gak dikasih mainan ini

    BalasHapus
  18. Malon nak leasing tongkang sebagai lpd

    Malonngok citizen menghibur hati kate tni hanya nak ingin ini itu tapi tak datang tapi kenyataannya semua sudah sign dan berdatangan, tak seperti malon rfi sana sini kenyataannya cancel, malon state of cancel

    Malon citizen sembang miskin mendonia

    BalasHapus
  19. Malon hanya bisa cakap sembang, padahal hanya hibur diri tak beli apa2 teruk sangat malondog πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

    BalasHapus
  20. "..proposed leasing contract will also be an opening for MHS Aviation as it has five Airbus H225 helicopters in storage. The helicopters purchased between 2011 and 2013 were put in storage after Petronas terminated the contract.."

    ====
    Yang bakal di leasing => '..purchased between 2011 and 2013..'? πŸ™†

    😁

    BalasHapus
  21. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Slot) Maksimal Bonus 1jt
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Bola) Maksimal Bonus 300rb
    πŸ‘‰BONUS NEXT DEPOSIT 10% (Khusus Bola, Live Casino, Slot Games)
    πŸ‘‰BONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTBOOKS HINGGA 15%
    πŸ‘‰BONUS REBATE SLOT & LIVE CASINO 0.8%
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = ESIABETJITUPARLAY

    Link Alternatif ESIABET
    🌐 www.esiabet8 .com
    🌐 www.esia365 .com

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karina......kenapa lengannya gede banget 😱😱😱

      Hapus
    2. Rutin latihan angkat barbel untuk tricep dan bicepπŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    3. tapi... hasil latihan "Bench press" kok ndk di foto Yoo mbak Karin?πŸ€”πŸ€”

      Hapus
  22. Ploduk china belum battle proven,alias kaga moncer

    BalasHapus