05 November 2019

Marine Attack Variant of KAI Surion

05 November 2019


The heavily armed variant of the KUH-1 utility helicopter built by Korea Aerospace Industries was on display at ADEX 2019 (photo : DefenseNews, ROK Armed Forces)

KAI showcases Surion Marine Attack Helicopter

Korea Aerospace Industries (KAI) is to convert its Surion utility helicopter into an armed assault platform for the Republic of Korea Marine Corps (RoKMC).

A scale model of the Marine Attack Helicopter (MAH) was displayed for the first time at the Seoul International Aerospace and Defence Exhibition (ADEX), taking place from 15 to 20 October.



As the model and associated literature show, the MAH is fitted with the same chin-mounted 20 mm Gatling gun and nose-mounted electro-optical/infrared (EO/IR) sensor turret as the KAI Light Armed Helicopter (LAH) being developed for the Republic of Korea Army (RoKA). It has six hardpoints mounted on stub wings, with the model displayed showing a combination of 70 mm rocket pods, as well as quad-launchers and dual-launchers for air-to-surface and anti-armour missiles.



As with the LAH, the Surion Light Utility Helicopter from which the MAH is derived has been developed by KAI in partnership with Airbus Helicopters. This common heritage is reflected in the highly similar Gatlin gun and EO/IR turret configurations. The LAH was, and remains, the only platform in its class to feature a turreted 20 mm cannon under the nose. "This is not an easy thing to integrate," Airbus Helicopters has previously said, adding, "There are all sorts of issues with weight, centre of gravity, and recoil, but [we have] the skills." Airbus Helicopters appears to have used the skills and the lessons learned from the Surion LAH to do the same for the Surion MAH.

(Jane's)

93 komentar:

  1. Balasan
    1. Yoo kuwi πŸ€”πŸ€”..dadhi Manis ee kurang🀨🀨

      Hapus
    2. Blackpink iso ayu2😘😘.. Nek heli piyee ngonoπŸ€”

      Hapus
    3. Nek blackpink sing nonong mboten ming nggen bathuk mbah....🀷

      Hapus
    4. Ngerti wae mas🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Hehe... nek blek ping semlohai.. pas mantab πŸ˜πŸ˜…

      Hapus
    6. Blek borot mas😁😁

      Hapus
    7. Tolong Pak Menhan Prabowo PENERBAL butuh mainan seperti ini... Minimal 36 unit...

      Hapus
  2. Mirip Caracal punya TNI yaa ada tabung luncur rocketnya

    https://i.pinimg.com/1200x/33/cb/66/33cb6651845c9367bbba874ecbdf8f36.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://i.pinimg.com/originals/9c/b6/4a/9cb64ac61e5e987f2dd8e132a830bff9.jpg

      Hapus
    2. Hari ini jam 9:35 pagi
      # 25807
      Gundala
      Gundala
      ANGGOTA PENUH




      http://en.c4defence.com/Magazine/Δ±ssue-77/89/48-49

      Bagi Anda yang gemar membaca, artikel China White Paper yang diterbitkan Juli 2019 ini bisa menjadi bahan bacaan yang menarik. Kita juga bisa mengaitkan bagaimana keamanan regional ASEAN dan keseimbangan kekuasaan akan dimainkan di masa depan (Laut Cina Selatan). Jelas bahwa Cina tidak akan pergi dari SCS dan mereka masih memperluas kekuatan untuk melindungi jalur pelayaran energi / perdagangan / ekonomi dari Samudra Hindia-Malaka Straight-SCS. Kita sudah mengetahui ruang lingkup proyek One Belt One Road. Angkatan Udara dan Angkatan Laut mereka akan dibangun untuk proyek khusus ini, tidak heran mereka terus membangun Carrier. Bukan hanya itu, mereka juga membangun kota pelabuhan di luar negeri untuk memfasilitasi pasokan minyak seperti Future one di Gwadar yang dekat dengan perbatasan Iran. Jadi mereka harus menjaga hubungan baik dengan Iran yang akan membuat AS tidak nyaman.

      Untuk Indonesia, jalur timur jalur pelayaran mereka dari laut India ke Malaka lurus dapat diseimbangkan dengan kekuatan militer India. Saya tahu kami telah mengusulkan perjanjian keamanan untuk "berpatroli" dengan pasukan trilateral (India-Indonesia-Malaysia) untuk menyeimbangkan kekuatan Cina dari sisi timur. Saya tidak yakin bagaimana hasilnya, informasi terakhir yang saya dapatkan Pemerintah Malaysia belum menjawab (Butuh persetujuan Malaysia karena malaka straight juga bagian dari kepentingan keamanan Malaysia). Saya yakin mereka mendapat tekanan dari Tiongkok untuk menolaknya, dan kita tahu bagaimana kondisi ekonomi dan ekonomi Jiran Neighbor kita saat ini. Mereka bahkan tidak bisa melakukan apa pun dengan semua CCG yang berkeliaran di ZEE mereka. Saya pribadi skeptis bahwa Malaysia akan bergabung dengan rencana patroli keamanan dengan India, mereka hanya tidak punya nyali melawan gelombang pasang.

      Ketegangan SCS dapat meningkat karena ketegangan di timur tengah juga meningkat. Minyak timur tengah terlalu penting bagi dunia, negara kuat mencoba melindungi jalur pasokan minyak mereka di mana yang lebih kuat hanya menduduki seperti AS, Rusia lakukan di Suriah misalnya. Hal ini memberikan tekanan besar kepada Indonesia untuk menyeimbangkannya di SCS (ASEAN) karena jalur pelayaran datang melalui Bangsa kita. Langkah-langkah diplomatik / politik telah dilakukan untuk kita seiring meningkatnya investasi dan kerja sama ekonomi antara kita dan Cina. Tapi itu tidak akan cukup jika kita tidak memiliki kekuatan militer untuk meningkatkan gerakan kita. Peningkatan anggaran militer kita menjadi sekitar 5% dari APBN kita (dan alokasi anggaran negara tertinggi) menunjukkan bahwa kita serius dalam menghadapi situasi Ocen-Malaka-SCS India ini. Tetapi bagaimana dengan anggota ASEAN lainnya? Sulit dikatakan karena kebanyakan dari mereka berada di bawah pengaruh Cina yang kuat secara ekonomi dan politik. Bagaimana dengan AS? Bagaimana kabar ini pada KTT ASEAN baru-baru ini di Bangkok

      https://www.bloomberg.com/news/arti...-u-s-summit-after-trump-skips-bangkok-meeting

      Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, yang saya tahu bahwa mulai hari ini dan seterusnya kita memiliki ketidakseimbangan kekuatan yang serius di ASEAN. Saya benar-benar berharap Jokowi periode kedua ini benar-benar serius dalam membangun kapasitas dan kemampuan otot militer kita. Lebih banyak alasan untuk mendapatkan Iver Project yang bergulir, kan? : D

      Hapus
    3. Lagek dhek wingi aq "nyletuk" πŸ§πŸ€”

      Hapus
    4. Proyek2 pensil dan senapan sepertinya harus dikebut but butt.. biar kita punya stok pensil yang melimpah di masa depan buat nusuk2 si gempurwaria yang tak bisa diandalkan di lcs 😁

      Hapus
    5. Tpi yg lebih penting persatuan kita yg harus dikuatkan lg. Biar seluruh anak bangsa bisa fokus 1 tujuan menatap masa depan yang ngeri2 sedap 😁

      Hapus
    6. @van muttohar Kita sejak zaman prasejarah tidak memiliki clash maupun gejolak serius dengan China sampai sekarang, dan walaupun ada pengecualian satu (yaitu penyerangan Dinasti Yuan dibawah kekuasaan Mongol) kita tetap akan bisa mengusir mereka dari tanah kita meskipun perbedaan kekuatan kita sangat jauh (sudah dibuktikan oleh Raden Wijaya yang melawan dengan tombak dan pedang bisa menang melawan meriam dan pelontar panah api Mongol), karena sejarah selalu berulang. Yang perlu kita waspadai adalah clash kita dengan bangsa Melayu Seberang dan juga bangsa kulit putih seberang, karena sejak dahulu kala mereka selalu meneror dan mengajak perang dengan bangsa kita. Bangsa Melayu Seberang sudah sejak zaman dulu selalu mengusik kita, salah satu contohnya adalah peristiwa Hang Tuah vs Taming Sari karena adiknya Putri Gunung Ledang (alias Gusti Ayu Raden Adeng) diculik oleh Hang Tuah dan diberikan untuk Sultan Melaka, dan akhirnya Kesultanan Melaka harus menerima karmanya yaitu ditundukkann oleh Kerajaan Samudra Pasai dan kemudian diambil alih oleh Portugis sejak tahun 1511 (Sama seperti sekarang Malay mengambil Sipadan dan Ligitan, kita tinggal tunggu yang jadi "Melaka Ke-2" daerah Malay yang mana). Dan pepeprangan kita dengan Bangsa Kulit Putih sejak zaman Portugis tahun 1522 hingga perang kemerdekaan yang akhirnya diteruskan oleh Australia (ikut campur Ganyang Malay, Pemimpin Interfet sekaligus yang paling getol menyokong pemisahan Timtim dari Indonesia).😁😁😁

      Hapus
    7. ini kok bicaranya malah ke urusan ras2 kulit putih segala..orang kulit putih tidak berada dlm kesatuan politik mas bro lupa dgn peperangan di eropa sendiri.lagipula yg ngotot akan penerjunan pasukan interfet di timtim bukanlah australia baca dokumennya wikileaks dan apa yg kita lakukan di tim tim sudah melanggar konstitusi negara ita sendiri.

      Hapus
    8. @rak Terus yang kamu lihat selama ini yang menjajah bangsa kita didominasi ras kulit ijo atau biru gitu? kulit putih bro, dan sedikit kulit kuning dari Jepang. Dan faktanya intregasi Timtim ke indonesia bukanlah pelanggaran karena kita diminta tolong oleh tokoh dan masyarakat anti fretelin disana untuk menggabungkan timor lorosae dan timor loromondo yang saat itu berada dalam kekuasaan portugal dengan Indonesia. Dan jangan terlalu percaya dengan wikileak, karena tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apakah kamu berada ditempat saat pemungutan suara referendum itu terjadi? Saudara saya bertugas disana dan melihat langsung bahwa terjadi pemaksaan oleh interfet kepada warga timtim, dan mengakibatkan terjadinya kerusuhan setelah pengumuman hasil referendum karena hasilnya sudah dimanipulasi pihak Interfet terutama Australia. Dan faktanya kekuatan tempur terbesar Interfet berasal dari Australia, serta masih ingat dikepala betapa pongahnya saat panser panser 8x8 mereka berjalan di jalanan Dili setelah pengambilalihan kekuasan oleh Interfet. Mungkin jika setelah ini anda tetap membela mereka, maka perlu dipertanyakan kemana rasa cinta tanah air dan nasionalisme anda.😁😁😁

      Hapus
  3. Mau tanya brosur surion buat RFI programme free kah?

    BalasHapus
  4. Saya, kadang-kadang, membaca analisis pertahanan Malaysia dan ASEAN sering kali aneh dan tidak masuk akal. Seolah-olah, mereka tidak memiliki pengalaman lapangan apa pun.

    Banyak keluarga saya adalah militer Amerika yang bangga, punya banyak pengalaman perang di bumi. Saya paham dunia militer.

    Namun, saya terbiasa dihina oleh siapa pun, negara mana pun di dunia yang dikenai sanksi oleh presiden saya.

    Beresiko menjadi orang Amerika.

    Kami menganggap semua orang membandingkan dan mengawasi kami, sebagai tolok ukur perkembangan mereka.

    Saya pikir, semakin besar Indonesia (pasti), semakin banyak pembenci dan pengikut akan menilai setiap gerakan yang dilakukan oleh pemerintah dan militer Anda.

    Maksud saya adalah, orang Indonesia harus terbiasa menjadi warga negara dari negara-negara besar dan kuat. Bersamaan dengan pujian, hinaan datang.

    Proyeksi PDB Indonesia mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu penguasa Bumi di masa depan, semua orang tahu itu, setiap pemerintah di Bumi telah bersiap untuk menyesuaikannya.

    Komunitas online Indonesia harus terbiasa dengan penghinaan, kritik dan orang yang membandingkan Indonesia dengan tanah air mereka.

    Karena, dari pengalaman, itu akan menjadi jauh lebih buruk.

    Bayangkan bagaimana rasanya menjadi warga negara Amerika, membaca penghinaan setiap hari dari 7 miliar orang?

    That's what we heard and read, all the time.
    Here is the most annoying for me.

    - there's always someone burning American flag, insulting my country, planning some attacks, etc.
    (But, everyone can insult idiot Trump all they want, no one cares πŸ˜‚)

    - Everyone, in every country I visited, always asks us to pay more! More expensive and more money. It's just because we are Americans.
    (Don't they know that Luxembourg, Qatar and Switzerland have higher salary standard??? Why don't they pay more money???)

    - debating and insulting each other about some aircrafts.
    F16 vs F18 vs F15 vs F35.
    I am happy to hear that American products are very useful.
    (I don't get the profit money or more tax return, anyway. So, I don't care which one is the best. Just, buy American products πŸ˜‚)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami mendengar dan membaca penghinaan, sepanjang waktu. Di media sosial, yang juga dibuat oleh orang Amerika. Ada daftar yang kadang-kadang mengganggu saya.

      - selalu ada seseorang yang membakar bendera Amerika, menghina negara saya, merencanakan beberapa serangan, dll.
      (Tapi, semua orang bisa menghina idiot Trump yang mereka inginkan, tidak ada yang peduli πŸ˜‚)

      - Setiap orang, di setiap negara yang saya kunjungi, selalu meminta kami untuk membayar lebih! Lebih mahal dan lebih banyak uang. Itu hanya karena kita orang Amerika.
      (Apakah mereka tidak tahu bahwa Luksemburg, Qatar dan Swiss memiliki standar gaji yang lebih tinggi ??? Mengapa mereka tidak membayar lebih banyak ???)

      - berdebat dan saling menghina tentang beberapa pesawat.
      F16 vs F18 vs F15 vs F35.
      Saya senang mendengar bahwa produk-produk Amerika sangat berguna.
      (Saya tidak mendapatkan untung uang atau pajak. Jadi, saya tidak peduli mana yang terbaik. Hanya sebagai warga negara, beli produk Amerika πŸ˜‚)

      Hapus
    2. So, get used to the insults, dear Indonesians πŸ˜‚

      Your kids and grandkids will get more of those annoying insults, as Indonesia grows bigger.

      Hapus
    3. Some Thougts.. Hope so...

      https://www.pwc.com/gx/en/issues/economy/the-world-in-2050.html

      https://www.news.com.au/finance/economy/world-economy/the-worlds-economic-powerhouses-are-going-to-look-very-different-in-another-decade/news-story/199662dd8be19f5874d9dab6668fa2b7

      https://www.bloomberg.com/news/articles/2019-01-08/world-s-biggest-economies-seen-dominated-by-asian-ems-by-2030

      https://www.visualcapitalist.com/worlds-largest-10-economies-2030/

      https://worldview.stratfor.com/article/charting-worlds-biggest-economies-2030

      Every analysts from different economic background and country always predicting China will rule the world in 2030 - 2050.

      I Guess dats why Trump always want to stop diz "breeding" of China by imposing war trade or by "No more Deficit Trade = EQUAL spent" economic political technique.

      IMO.

      Hapus
    4. Surprisingly (or not), after read dat analysys (see my prev comment on top) coincidentally (or is it ?) they are puttin RI as economic 4th big spender in 2030.

      So as long as internal issues / politics are well maintained by our goverment and successor goverment, I guess our sons and grandsons will get better and prosperous life compare to ours now... ?

      Sounds like a plan huh ? :-D

      Hapus
    5. @Superstar

      Politik selalu gelap dan suram, selalu naik turun, dari buruk menjadi lebih buruk πŸ˜‚

      Saya pikir, orang Indonesia juga harus terbiasa bertahan dan bertarung.

      Begitu juga ekonomi, akan selalu buruk, naik turun.
      Sejarah selalu buruk, dari Masa perang kemerdekaan, revolusi industri sampai masa Richard Nixon, kemudian perang dunia masa Roosevelt dan sekarang, ada "IDIOT" Trump.

      Tapi, kita belajar dan belajar untuk bertahan hidup, baik sebagai individu maupun sebagai bangsa.

      Saya sering membaca tentang beberapa pemilih Indonesia menuntut pemimpin "sempurna" dari kandidat.

      Mereka perlu bangun dari tidur mereka, suatu hari. Memmbangun bisnis dan menghasilkan uang untuk menginvestasikannya untuk belajar, berlatih dan riset pribadi lebih lanjut.

      Banyak orang Indonesia masih hidup dalam mimpi, mengandalkan pemerintah untuk memberi mereka uang dan pekerjaan. Seandainya pemerintah tidak memberikannya kepada mereka, mereka protes dan menuntut kemerdekaan. Itu kebiasaan yang sangat buruk.

      Membangun bisnis, penelitian dan riset pasti sangat sulit dan membutuhkan konsentrasi tinggi tetapi, Kita bisa bayar pajak dengan bangga.

      Pajak kita adalah nasionalisme kita untuk negara.

      Politik dan ekonomi selalu buruk dan sangat sulit tetapi, kami orang Amerika, sama seperti orang Indonesia, kami belajar untuk bertahan hidup sejak hari kemerdekaan.

      Maju terus, pantang mundur.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Jadi inget tulisan tahun 2011 dulu bung Adrian

    ali says:
    July 1, 2011

    ‘Indonesia cannot fully exploit the Yakhont to its fullest capability. Without proper sensors and guidance, it is just another 60-70km anti-ship missile parked on old ships which will light up on enemy sensors like large beacons’

    I coul’dnt agree anymore , there is nothing to afraid about indonesian navy capability. All that they have just only old ‘sampan’
    ----------------------------------------

    See whos smiling now ?
    Smiling Hari of course :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak ngerti opo-opo kok dikatut-katutke πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    2. Lol, Colonel Hari, is it?

      (Sorry, I have a bad habit to track everyone's ID when I am online πŸ˜‚)

      Maju terus, dear friends.

      berlatih dan, belajar,
      berlatih and belajar, research and diulang,
      research lagi dan diulang lagi.

      Ignore those comments, and get used to it.

      Hapus
    3. Tuman Kowe mas Hari πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ˜…

      Hapus
    4. La emang kenyataannya gimana om Sup? Kita emang gapunya guidance n sensor yg mumpuni buat yakhont kan..πŸ€”

      Hapus
    5. keknya ktinggalan balesannya om super, om mh lim pon nyindir si ali haha!🀣🀣🀣


      Reply
      Never underestimate your friends and enemies….

      Hapus
    6. maklumm om helmi, kenyataannya ituw rudal yakun mengangkasa utk hajar sasaran di jarak 182,5 km, skalian membungkam para peragu dr kandang warganyet gred a di sebelah haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      yach maklum yakun setronk adalah momok yg menakutkan pd saat pertama masuk inventori kita 1 dekade laluw om helmi.
      apalgi dgn isian hulu ledak 250kg, gred a pon kagak punyak..warganyet KL pon panik haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      buat nenangin jiwa, dulu warganyet gred a ngarang2 crita dach..haha!πŸš€πŸš€πŸš€

      Hapus
  7. Kau ganti je alutsista kamu yg buruk tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😲😲muncul lgi tukang obat🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Oh iya jelas,pasti n wajib d ganti lah, nahh kalau malon kapan nurinya d ganti???? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. HAHAHAHA...BERCERMIN LON..BERCERMIN..NAMPAK BERUK TAK...πŸ˜…πŸ˜…...DESIGN FAILURE...

      Hapus
    4. Ok nanti kita nak ganti NURI dengan Kakak Tua 😁😁😁

      Hapus
    5. Su saoer ni ibarat meludah kelangit kene muke kau sendiri

      Hapus
    6. Sapier sapier beruk malon sonbong tapi pengecut

      Hapus
    7. Nuri bakalan diganti dgn beruk kopter

      Hapus
    8. Iya mau kifa ganti sama muka pelirpower yang buruk😁😁 idiot monkey

      Hapus
    9. Cermin diri lon,nuri ko tuh dah lapok2,dah 16 terhempas lon 😁😁

      Hapus
  8. Malon nk beli ke tuk ganti nuri tapi ada duit tak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adalah nevara malon pelihara bapaknya tuyul ,si setan gundul najib rojakπŸ˜‚

      Hapus
    2. Malon mesti pinjam duit ke Yang Dipertuan Agung Xi Jinping baru bisa beli heli cem nih bro 😁😁

      Hapus
    3. Pinjam duit>kaji> songlap trus cancelπŸ˜₯πŸ˜₯😱😱 hasilnya pon sama ompit

      Hapus
    4. Hasilnya malon tetep kerrrreee

      Hapus
  9. Berharap iver segera diakusisi...kalaupun tomahawk tidak bisa sebgai isian paling gak rudal penangkis serangan dari eropa bisa diakuisi..aster 30 minimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aster 30 itu maksimal kampret,
      πŸ˜‚
      malah saya berharap Isiannya Bisa Sea Ceptor, Aster 15, dan Aster 30. sudah cukup buat nantang rudal balistik.

      Hapus
    2. Kalau rudal penangkis dari Eropa itu maksimal "hanya" 150 km, sedangkan rudal usungan MK41 adalah SM2 dan SM3 yang maksimum jarak jangkaunya adalah 185 dan 2.500 km. Dan itu kemungkinan besar disetujui karena fungsinya sebagai defensif bukan LACM maupun rudal jelajah (tapi biasanya senat resek kalau lagi laper). Dan yang harusnya diganti adalah mk56 nya dengan rudal jelajah maupun Lacm seperti brahmos, 3m14 kalibr, Zircon, Hyunmoo 3, dan juga TAURUS KEPD 350. Tapi, yang berpeluang besar adalah Brahmos dan Hyunmoo 3 yang masing masing berasal dari Russo-India dan Korsel.😁😁😁

      Hapus
    3. Lah...tni al malah minta tomahawk...ate ngebom sopo jane...malon gak perlu tomahawk...cukup kasih nelayan china aja...udah busuk dia 🀣🀣

      Hapus
    4. @Maharogol susah bro kalau tomahawk soalnya senat AS resek kalau lagi laper. Mendingan Hyunmoo 3 aja deh mumpung kita lagi deket sama "Opa" Gangnam Style.🀣🀣🀣

      Hapus
    5. @brandal..iya sih...lebih realistis punya eropa ato korea

      Hapus
  10. Membaca artikel adrian muhammad sepertinya kelak negara paling sukses membangun ekonomi dan militer adalah negeri beruk malon,karna sekarangpon seluruh dunia sudah sering menghina Malon, tapi itu terjadi klw bumi belum kiamat πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ garbage nation tukang rogol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki jenenge menghinooo😁😁

      Hapus
    2. Lho biar jadi bangsa besar mbah sering makan hinaan, saya ini membantu mereka menghina sampe akhir nafas...... Malonmoron idiot

      Hapus
    3. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣 tuluuung

      Hapus
    4. Yo opo toh? Wong saya ini menghina malon itu ridho ,ikhlas tak perlu dibayar. ... Meski edan saya ini baik hati . .... . πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
    5. Kalau malon semakin di hina semakin idiot,

      Hapus
    6. Itu betarti yang menghina kurang banyak, usa menerima hinaan 7milyar perhari versi adrian mohammad, berarti malon harus menerima hinaan sehari 10milyar biar tambah sakit jiwanya
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ idiot malonmoron

      Hapus
    7. Amit-amit anak puthuku ojok sampek nduwe prinsip koyo mas edanπŸ™„πŸ€”πŸ€”πŸ€πŸ€

      Hapus
    8. 😭😭😭😭😭😭😭

      Hapus
    9. 😁😁🀣🀣🀣

      Hapus
    10. Malon mana pernah maju selama tampal stiker,mencuri,suka menikam dari belakang tak bisa dihilangkan bro

      Hapus
    11. Bisa ompit maju menuju jurang alias bunuhdiriπŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
  11. Nuri (keranda kopter ) meskipun sering terhempas tetapi masih sedap suara engine nya

    BalasHapus
  12. Nuri berkhidmad sampai akhir zaman, pada peristiwa Armagedon / Kiamat nanti bisa geal geol dari hujan batu api dari gunung merapi yang meletus


    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuri mampu berkhidmad sampe keluarnga yajud majudπŸ˜‚

      Hapus
    2. Nuri mampu berkhidmad sampe keluarnga yajud majudπŸ˜‚

      Hapus
    3. Yajuj dan majuj kalahnya ama senapang vita berapi

      Hapus
    4. 😲😲😲😲😦😦

      Hapus
    5. Dajjal matinya ditusbol pantatnya oleh setan gundul anwar 😱πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

      Hapus
    6. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. 😁😁...Nuri senantiasa berkhidmat setia sampe terhempas selama2nya 😁😁

      Hapus
    8. Nuri ganti nama jadi betet mas

      Hapus
  13. kalo heli serang utk marinir bukanya lebih baik mi-35 di alihkan ke angkatan laut sja biar angkatan darat yg mengoperasikan apache dan heli serbu ringan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa mendarat di helipad KRI mas bro...

      Hapus
    2. husss enak aje, ntar darat ngambek lho maenannya diambil haha!🀣🀣🀣

      penerbad jelas perluw banget mi-35 si embiti terbang satu2nya yg dapat angkut pasukan infantri jugak haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
      bersama embiti terbang ini pasukan infantri bisa mlakukan infiltrasi scara mandiri.
      hal yg tak bisa dilakukan heli cem serang murni cem apache dsb. haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      nach klo mnurutkuh, malah kebalik, Penerbal selain harus py heli aks, justru butuh heli serang murni cem apache, aligator dsb. haha!😝😝😝

      tujuannya selain buat serang daratan, bisa lindungin pasukan pendarat pada saat menyerbu daratan.
      tp skenario ini bisa jalan bila kelak kite punye LHD haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      buat saat ini, masi demen ama panther, nbell ama nbo..bs dipersenjatai jugak kuo, pake smb haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    3. Yang pake Marinir ato penerbal ompal? 🀀

      Hapus
    4. penerbal ajah om helmi, jadi satuw ama kapal angkutnye haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
  14. KUH-1 surion ini dibangun dr karakal.
    salut buat koryo haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    harusnya sang fetedei yg termasyur ituw bisa jugak bikin helikopter haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    kerna uda pengalaman 10 taon suplai fiuslaj(bodi) dan buntut heli karakal alias ec-725.
    ini blom diitung lisensi NAS 332 super puma, Nbell 412, NBO-105 dll sedjak puluhan tahun laluw.

    yach harapan guwe gak muluk2 sich, klo bisa bikin prototaip heli apakek gt, gak perluw lgs gde trus iming2 produk massal sgala, yg kadang jadi bikin pergunjingan aneh2 di media haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

    kan bole aja fetedei bikin heli ato pesawat katakanlah buat eksperimental tidak harus buat dijual gt.

    coba dr yg kecil aja, cem heli latih pemula tni-ad ituw tp dibikin disain yg lbh futuristik. trs rotornya model aligator, kan keren haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ato buat pesawat latih model grob, tp pake mesin jet

    trus bikin pesawat vip mini, tp punya disain yg menarik, cem punya bu SUSI menteri urusan tenggelem2 haha!😊😊😊
    nich, keren kan cem hiu palu idungnya besayap haha!😍😍😍
    https://cdn.jetphotos.com/full/3/52175_1355963994.jpg

    https://www.avionews.it/resources/800x800/0b0f7b74da9fa22ea30a07b749ffd08f.jpg.jpg

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Emang Malon akan trus Cancel


      😈😁😈😁😁😁😁😁 mymymys quen koh kohkoh..kooh idiot malonmoron

      Hapus