06 Januari 2020
PT PAL juga dapat melakukan pekerjaan docking kapal selam (photo : TNI AL)
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2020 diprediksi masih akan menjadi tahun yang berat baik bagi pelaku industri galangan kapal dalam negeri. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi global masih belum membaik dan membuat transaksi perdagangan antarnegara masih sepi.
Alhasil, permintaan pembelian ataupun pembangunan kapal komersial atawa merchant ship seperti kapal tanker ataupun kapal cargo baru juga sepi peminat.
Selain dihadapkan oleh permintaan pembelian ataupun pembangunan kapal baru yang rendah, pelaku industri galangan dalam negeri juga harus bersaing dengan pengadaan kapal bekas dari luar negeri oleh para operator kapal nasional.
Alasannya, pengadaan kapal bekas dari luar negeri relatif memerlukan waktu yang lebih singkat dibanding pembelian kapal melalui skema pembangunan kapal baru.
“Jika kapal datang dari luar negeri dicat atau langsung dibersihkan sedikit bisa langsung pakai, kalau bangun baru kan bisa tunggu 2 tahun baru bisa dipakai,” kata Direktur Keuangan PT PAL Indonesia Irianto Sunardi kepada Kontan.co.id, Kamis (2/1).
Walau begitu, Irianto masih optimistis dapat mencatatkan pertumbuhan pendapatan di tahun 2020. Perusahaan pelat merah ini memperkirakan, pendapatan di tahun unu bisa mencapai Rp 2 triliun hingga Rp 2,3 triliun.
Terlebih, pada 2019 lalu, perusahaan pelat merah ini sudah mengantongi kontrak pembangunan kapal baru senilai Rp 6 triliun.
Untuk mengejar target pendapatan, PAL Indonesia mengandalkan segmen usaha lainnya, yakni usaha pemeliharaan dan perbaikan (harkan) atawa docking.
Lini usaha tersebut diyakini mampu memberikan pendapatan berulang dengan jangka waktu yang cepat (fast cash). Hal ini didukung oleh adanya kewajiban pemeliharaan kapal secara berkala oleh pemerintah.
Seperti yang diketahui, Pasal 30 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 mewajibkan setiap kapal yang telah memiliki sertifikat keselamatan untuk dipelihara (docking) secara berkala dan sewaktu-waktu.
Terlebih, jumlah kapal di Indonesia terbilang cukup banyak. Berdasarkan catatan Indonesian National Shipowner’s Association (INSA), kapal yang tergabung di dalam asosiasi mencapai 24.000 unit.
Namun demikian, Irianto tidak memungkiri bahwa pendapatan yang diperoleh dari lini usaha harkan memang lebih rendah dibanding lini usaha pembangunan kapal baru dan belum bisa menutup biaya operasional galangan kapal.
Faktanya, bisnis pembangunan kapal baru memang merupakan segmen usaha utama PAL Indonesia. Pada tahun 2019 saja misalnya, sekitar 80% pendapatan perusahaan tercatat berasal dari lini usaha pembangunan kapal baru.
Adapun kapal baru yang diproduksi meliputi kapal perang seperti kapal selam, kapal cepat rudal (KCR), kapal bantu rumah sakit (BRS), dan kapal landing platform dock (LPD). Kapal-kapal tersebut dijual kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan TNI AL.
(Kontan)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
"LOBSTER REBORN 2020...diehard 3 💪💪💪"
BalasHapushttps://youtu.be/TZu6u9Qa-I0
Ora urus aku kang. Bukan urusan saya. (copy paste komen njenengan).....🏃🏃🏃...💨💨💨
HapusLobster larang regane, ora kuat tukune. Nggur ngarai penyakit kolobsterol. Aku mangan tempe wae. Ben dadi mental tempe. Jarene wong bijak kuwi, mental tempe iku kalah ndisek, bar ngono kalah mburi....😆😆😆
https://militermeter.com/giliran-malaysia-ribut-lagi-sama-china-soal-perbatasan-laut/
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus☝️......master ngitung ki jebul jago lawak 😂😂😂
HapusBarangnya gede2 pendapatan kok kecil?beda dengan jiwasraya,sekali tipu hilang gede2an
BalasHapusAku yo gumun kui....kok elok tenan, duwit sakmono amblas ditukokke barang sing ra ketok wujude 🤔
Hapus#sahamgorengan
Tergiur gurihnya gorengan?
Hapus😑
Kamongko jarene salah sawijine direktur JS ki mantan direktur neng sekuritas TMS lho 🙆🙆🙆
Hapus@om hari, Teman Mesra Semalem?
Hapus3MS mas helmy
HapusPantesan wingi aku main saham gorengan bandar e luwar biasa wkwk srupat sruput koyo nyruput umbel 🤣 jual beli wes bukan hitungan menit, tpi detik wkwk
HapusKui KS kitirane rung diklambeni kok wes difoto? 😑
BalasHapusRa sopan, jek ucul-ucul di jepret.
😑
Nanggung mas, lha wong arite yo arep direpair kok ...sisan reged
Hapusnggumunku kok kitirane ga di klambeni yoan
HapusAnggaran bakamla tahun 2020 yang disetujui DPR kemarin hanya 400 miliar, padahal yang diajukan 5 triliun.
BalasHapusPadahal tanggung jawab patroli di ZEE.
Bakamla itu setidaknya harus punya kapal opv 110 meter 28 unit!
Pantes kapalnya hanya patroli saat ada kasus saja.
Anggaran hanya 400 miliar suruh ngawasin laut segitu luas.
Mau kapal jumlah OPV 2000 ato anggaran 2000trill kalo mentrinya mabok ya percuma 😊
Hapus-smilinghari212
Ben menterine gak mabok dikongkon melu patroli, aja ongkang2 nang kantor wae.
HapusLuwih becik mabuk laut isa diobati antimo daripada mabuk lobster!
edhy eneh yang kena, , ,
Hapusbau bau mau di lengserkan ini si edhy
Buat bikin 28 kapal 110 meter itu hanya butuh maksimal 6,3 triliun.
HapusJadi stop dulu pembangunan kapal2 kecil, kurangi budget kemenhub, kkp, polair, kemenkeu tambahkan ke bakamla, pasti bisa untuk bikin 28 unit kapal 110 meter white hull ini.
Kok murah yo master.. nek ditumbasne kcr mung entuk pirang bijik 🤔
Hapushttps://militermeter.com/giliran-malaysia-ribut-lagi-sama-china-soal-perbatasan-laut/
HapusNanti tunggu 3 instansi dilebur menjadi satu, yg nantinya hanya ada Bakamla (Indonesian Coast Guard)
HapusItu kata tulangnya si tungkir. Tp kapan kebijakan itu diterapkan, blom dijelaskan beliau.
Lha memang murah kok...
HapusDulu waktu bikin kn tanjung datu harganya 208 miliar rupiah per unit. Dengan kurs usd 1 = 13 ribu rupiah waktu itu maka dapat harga usd 16 juta per unit.
16 x 28 unit = 448
Jadi untuk 28 unit butuh usd 448 juta. Kalo dikali kurs usd 1 = 14 ribu rupiah maka :
448 juta x 14 ribu = 6272 ribu juta = 6272 miliar = 6,27 triliun.
Aku buletin jadi 6,3 triliun kalo ada inflasi.
Nek ditukoke kcr 60 meter mung entuk 8 unit full armament.
HapusMending dibeliin ituu.. dapet banyak kopongan gpp yg penting bikin yg basicnya bisa diconvert ke kapal perang kayak coast guard negara sahabat. Seukuran tanjung datu mustinya bisa bawa misil sama torpedo kambing 😖
Hapuspedang setan 6 Januari 2020 13.06
BalasHapusa.k.a "LOBSTER TERSANJUNG 6"
LOBSTER TERAKHIR
LOBSTER YANG TERTUKAR
TUKANG JUAL BENIH LOBSTER NAIK HAJI
🤭😂🤣
Seng terakhir sineteon teranyar mas.
HapusTUKANG JUAL LOBSTER PENGKOLAN
Si Lobster Jembutan Ancol...😂
HapusJembut itu apa sih 😅
HapusRajinlah Googling ya dek.
Hapus😔
Itu lho mobil yg pagi2 bawa anak sekolah
HapusMobil jembutan anak sekolah
https://militermeter.com/giliran-malaysia-ribut-lagi-sama-china-soal-perbatasan-laut/
HapusMau serius sedikit ahh..(sedikit aja gak perlu banyak)
BalasHapusSebenarnya utk pesanan dr dalam negeri khususnya dr Dephan sdh sangat banyak ke PT.PAL, apalagi di tahun 2020 ini. Oleh sebab itu penyelesaian kontrak oleh PT. PAL bisa lebih cepat. Jng sampai pingin dpt banyak order tp kewalahan menyelesaikan kontraknya sehingga molor. Spt kasus PT DI.
Apalagi tahun ini katanya proses pengadaan frigate dipercepat, berarti target PT.PAL bisa dicapai.
Kalo utk mengharapkan pesanan dr swasta agak berat. Perusahaan ekspedisi spt TAnto dan Meratus serta Mentari aja saat ini kerjasama dng pihak kedua dlm bentuk leasing. Itupun bukan kapal baru.
Kembali kepada trah-nya : "Penataran Angkatan Laut (PAL)".
HapusKalau buat AL aja kurang, sudah selayaknya nyukupin kebutuhannya dulu.
(asal bayarnyapun jangan sampek lelet) 😁
Kalo soal pembayaran sih bagi pemerintah dijamin tdk akan telat bung PS. Krn berdasarkan tahun anggaran. Bahkan klo dipemerintah pembayaran bisa berdasarkan termin. Jd ada kepastian pembayaran. Sedangkan klo pemesannya dr swasta memang duitnya gede tp proses pembayaran biasanya.cuma 2x yaitu DP dan 100 %. Krn buyer swasta gak mau repot nantinya jika ada terkait sengketa hasil akhir yg tdk sesuai harapan.
Hapushttps://militermeter.com/giliran-malaysia-ribut-lagi-sama-china-soal-perbatasan-laut/
HapusBoustead malon targetkan 2 milyar dollar dalam jangka 500 tahun
BalasHapus😁😁
HapusSelamat, tinggal dibuktikan apakah "berfungsi".
BalasHapushttps://www.malaysiandefence.com/kd-keris-commissioned/
😁
Ompong sahaja 😀😀😀
HapusLow quality 😀
HapusMade in plastic,use engine TONG-TONG 460 HP 😁😁
HapusKD Keris akan segera datang dan menyelesaikan semua keributan itu.
BalasHapus😪
Betul, LeMaS memang Menggerunkan, Kapal kebanggaan gempurwaria 😁😁😁
BalasHapus"Perkenalkan kita Sahabat303 Agen Sabung Ayam, Agen Bola Terpercaya, Casino Online, Slot Games.
BalasHapusDengan pendaftaran gratis dan mudah tentunya.
Hanya dengan Minimal Deposit 50 ribu anda sudah bisa bermain dan menikmati Berbagai Bonus Menarik Dari Sahabat303 Berikut Ini :
» Bonus Deposit 10% Khusus Sportbook
» Bonus Deposit 10% Khusus Bola Tangkas
» Bonus Rollingan Live Casino 0,7%
» Bonus Cashback Casino Games 2%
» Bonus Cashback Sabung Ayam 5 - 10%
» Bonus Cashback Sportbook 6 - 16%
» Bonus Refferal 2%
Moto kita »
Kemenangan berapa pun pasti kita bayar lunas.
Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami Melalui :
* LIVE CHAT TERSEDIA , LAYANAN 24 JAM NONSTOP
* Website : Sahabat303
* LINE : sahabat_303
* WA 1 : +855882348077
* WA 2 : +6287705585269
* Telegram : @sahabat303
* FB : Sahabat303
DAFTAR SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA
Agen Sabung Ayam
Agen Bola
Agen Bandarq
Agen Togel Online"