17 Januari 2020

Berawal dari Salah Terjemah, Peta Laut China Selatan Tabrak Natuna

17 Januari 2020


Laut Natuna dan Nine Dash Line (image : KKP RI)

Jakarta - Indonesia bereaksi usai China mengklaim Perairan Natuna. Klaim China atas Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia itu didasari oleh peta yang mereka bikin sendiri, yakni peta 'Nine Dash Line' atau 9 Garis Putus-putus China. Biang persoalan peta itu dinilai pakar berawal dari salah terjemahan.

Gara-gara salah terjemahan, pemerintah China sempat menganggap laut dangkal sebagai pulau. Celakanya, pulau yang tak pernah ada itu kemudian dipakai sebagai patokan batas lautan negara.

Penjelasan ini disampaikan ahli dari Chatam House, The Royal Institute of International Affairs, bernama Bill Hayton. Karyanya berjudul 'The Modern Origins of China's South China Sea Claims: Maps, Misunderstandings, and the Maritime Geobody', dimuat dalam jurnal Modern China, Sage Journals, tahun 2018.

Pembuatan peta berawal dari tahun 1933. Pemerintah Kuomintang pimpinan Chiang Kai-shek mendirikan Komite Pemetaan Daratan dan Lautan. Dua tahun kemudian, terbitlah 'Tabel Bahasa China dan Inggris untuk Semua Pulau dan Karang di Laut China Selatan'.

Berdasarkan pelacakan Bill Hayton, peta produk pemerintah China saat itu adalah hasil salinan dari United Kingdom Hydrographic Office tahun 1906 berjudul 'China Sea Directory Volume 1 dan 2', serta dari 'Asiatic Archipelago' terbitan Edward Stanford Ltd of London, tahun 1918. Dua-duanya merupakan peta bikinan Inggris.

Peta China produk Komite Pemetaan terbit tahun 1935. Namun peta tersebut memuat kesalahan terjemahan dan transliterasi dari Bahasa Inggris ke Bahasa China. Akibatnya fatal: muncul pulau-pulau yang sebenarnya tidak ada di dunia nyata.



Ilustrasi 9 Garis Putus-putus yang diklaim China, menabrak Natuna Indonesia juga (image : DW News)

Sebut saja: Busung Pasir Stags, Busung Pasir Owen, Dangkalan Seahorse (atau Routh), Karang Ganges, Pulau Karang Marino, Karang Glasgow, dan Busung Pasir Viper. Pulau-pulau itu sebenarnya adalah hasil salah terjemahan.

Ada dua lokasi yang penting di sini, yakni James Shoal yang terletak sekitar 100 km dari Kalimantan, dan Vanguard Bank dekat Vietnam. Dua lokasi itu kemudian menjadi titik terjauh pemetaan Laut China Selatan.

Di mana letak salah terjemahannya?

Sebenarnya, James Shoal dan Vanguard Bank ada di bawah permukaan air laut, jadi sama sekali bukan berbentuk pulau. Bill Hayton mengemukakan hipotesis, Komite China tidak melakukan survei lapangan secara langsung melainkan hanya menyalin peta Inggris.

Dalam bahasa Inggris, istilah 'shoal' atau 'bank' adalah dangkalan yang tidak timbul ke permukaan. Seharusnya, 'shoal' diterjemahkan menjadi 'qiantan', namun Komite China menerjemahkannya menjadi 'tan' yang artinya 'busung pasir' atau pasir yang timbul di atas permukaan air laut.

Akibatnya, salah terjemahannya menjadi begini:
James Shoal (Dangkalan Pasir James) : Zengmu Tan (Busung Pasir Zengmu)
Vanguard Bank (Dangkalan Vanguard) : Qianwei Tan (Busung Pasir Qianwei)

Tahun 1936, nasionalis pendiri Jurnal Ilmu Bumi dari Beijing Normal Univeresity, Bai Meichu, mendirikan Lembaga Geografi China. Bai Meichu ini menjadi tokoh sentral perancang '9 Garis Putus-putus'.


Batas kedaulatan 12 mil dan batas ZEE 200 mil (image : UN)

Berdasarkan peta pemerintah China yang salah terjemahan itu, Bai Meichu membuat dan menerbitkan 'Konstuksi Atlas Baru China' yang memuat peta Laut China selatan versinya sendiri. Bai Meichu menarik garis batas lautan China sampai ke James Shoal dan Vanguard Bank.

"Ini adalah pertama kalinya ada gambar garis semacam itu pada peta China. Meski begitu, ini bukan dokumen negara, ini adalah karya perorangan," kata Bill Hayton.

Bai Meichu menggambar James Shoal dan Vanguard Bank sebagai pulau-pulau pasir, dia juga menggambar Macclesfield Bank sebagai pulau-pulau. Padahal sebenarnya pulau-pulau itu tidak ada karena 'shoal' dan 'bank' ada di bawah permukaan laut.

"Pilihan untuk menunjuk James Shoal sebagai batas paling selatan dan pencantuman Vanguard Bank telah menghasilkan inovasi luar biasa. James Shaol dan Vanguard Bank membuat Kepulauan Spratly berada dalam klaim teritori China," tutur Bill Hayton.

Dua murid Bai Meichu bernama Fu Jiaojin dan Zheng Ziyue kemudian bekerja untuk pemerintah China. Zheng Ziyue ditugaskan Gubernur Taiwan untuk membuat peta Laut China Selatan pada 1946, isinya adalah memasukkan Kepulauan Prata (Dongsha), Paracel (Xisha), dan Spratly ke dalam daerah administratif Taiwan. Zheng Ziyue masih mengacu pada karya Bai Meichu untuk membuat peta baru.

Pada 25 September 1946, diadakan rapat di Kementerian dalam Negeri Republik China, dihadiri oleh pejabat Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan Nasional, dan Kepala Angkatan Laut. Dalam pertemuan itu, peta Laut China Selatan dengan garis berbentuk 'U' rancangan Bai Meichu dipaparkan, menegaskan klaim kembali hak China atas pulau-pulau yang semula diklaim Jepang.


Angkatan Laut Republik China mendarat di Pulau Itu Aba, Kepulauan Spratly, Desember 1946 (photo : wiki)

"Peta itu muncul pertama kali sebagai dokumen yang dihasilkan oleh pemerintah China yang mencakup garis berbentuk U di Laut China Selatan," kata Bill Hayton.

Sejak saat itu, Kepulauan Spratly yang jauh di selatan China dinyatakan sebagai bagian dari China. Meski demikian, pemerintah China bersama Zheng Ziye si perancang peta baru mendarat di Kepulauan Spratly pada 12 Desember 1946. Mereka mendarat di pulau terbesar bernama Itu Aba, nama berdasarkan dialek Melayu yang artinya 'Itu Apa'.

Ekspedisi China ke Itu Aba tak akan terwujud tanpa bantuan Amerika Serikat (AS). Kapal yang membawa pemerintah China adalah USS Decker milik Angkatan Laut AS yang dinamai ulang menjadi Kapal Taiping. AS berharap kapal-kapal bantuan mereka untuk China digunakan untuk memerangi kaum komunis revolusioner. Namun pemerintah Republik China menggunakan kapal itu untuk menancapkan bendera di Paracel dan Spratly. Selanjutnya, pulau Itu Aba diubah namanya menjadi Pulau Taiping, sesuai nama kapal yang membawa mereka ke lokasi itu untuk pertama kali.

Setelah ekspedisi-ekspedisi ini, lokasi-lokasi yang semual ditulis Bai Meichu sebagai 'tan' (busung pasir) kemudian diganti menjadi 'ansha' (pasir tersembunyi). Maka James Shoal yang semula diterjemahkan menjadi Zengmu Tan diganti menjadi Zengmu Ansha.

Pada 1948, Republik China menerbitkan Atlas Area Administratif dilengkapi dengan gambar garis berbentuk huruf U di Laut China Selatan, bentuknya adalah 11 garis putus-putus. Ini semua berangkat dari peta Inggris yang disadur dan salah diterjemahkan ke bahasa China. 11 Garis putus-putus itu kemudian dikenal di publik internasional sebagai 9 Garis Putus-putus atau 'Nine Dash Line'.

Bayangkan bila James Shoal dan Vanguard Bank tidak diterjemahkan secara salah menjadi pulau pasir, mungkin 9 Garis Putus-putus tidak akan digambar di peta China sampai menabrak Natuna.

(Detik)

73 komentar:

  1. Jngkan utk terjemah. Jalan hidup org china aja udah salah..🏃🏃🏃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo salah jalan mbok d kasih petunjuk om choko,tanyain dulu alamat tujuanya, jalanya apa,RT n RW,sekalian nomor rumah n kode posnya juga biar gampang kasih tahunya, oh ya jangan lupa kasih tahu juga k tempat tujuan nanti naik angkot atau bis apa,biasanya kalo masuk jalan kecil ya oper ojek atau becak, membantu orang yg salah jalan kan dapat pahala om😇😇😇😇😇 xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. seandai nya saja indonesia punya senjata nuklir dan ratusan jet
      tempur,,,,tentu china gak bklan berani klaim natuna

      Hapus
    3. Bisa jadi LCS hanyalah batu lompatan. Ketika ada negara lain yg melawan tiongkok akan datang dan nguber2 sampe ke rumahnya.. endingnya invasi besar2an 🐉🐉🐉

      Hapus
    4. Waduh salah kaprah jalan hidupnya!

      Kepriben iki rek...

      Hapus
    5. Natuna yg konon mayoritas melayu + jawa dan minoritas kecil china....dan yg minoritas kecil ini mengundang china daratan nenek moyang mereka untuk menguasai natuna,..

      Hapus
  2. Kalau liat Peta nine dash line ini semacem Sabah dan Serawak tak punya laut saja
    Malaysia depan muka tiongkok

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah klw negri penakut mah bro,,slalu gk brani bertindak
      meski china ngobok2 negri nya,,tpi klw sma kita mereka brani
      kurang ajar,,tpi klw di balas slalu mereka katakan,,,kitaa
      serumpuuunn,,,macam monyet aja

      Hapus
    2. seandai nya saja indonesia punya senjata nuklir dan ratusan jet
      tempur,,,,tentu china gak bklan berani klaim natuna

      Hapus
    3. Pulau Layang-Layang, Malaysia membina Bandara di Pulau layang-Layang di Spartly Island(Bahasa Melayu:Gugusan Terembu Semarang). Beting(Shoal), Terembu(reef) dan dangkalan(bank) byk dikuasi Malaysia juga. bahkan pernah perang dgn vietnam, tempur kecil yg mendapatkan semula terembu layang-layang kemudian dinamakan Pulau layang-layang karena terumbu ditambak menjadi besar, dan punya Bandara/airport, pangkalan tentera laut.

      Hapus
  3. Laut Sabah dan Serawak di perkosa Cina, monkey semenanjung bukannya melawan malah melacurkan denagn hutang dan beli kapal pada Cina


    Harga diri di sandera British 999 tahun, kedaulatan di lacurkan ke cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah klw negri penakut mah bro,,slalu gk brani bertindak meski china ngobok2 negri nya,,tpi klw sma kita mereka brani kurang ajar,,tpi klw di balas slalu mereka katakan,,,kitaa serumpuuunn,,,macam monyet aja

      Hapus
    2. Mereka serumpun ma bekantan 🐒

      Hapus
    3. mereka serumpun sma monyet bro hahahhhhh

      Hapus
    4. Swallow Reef atau dalam Bahasa Melayunya Terembu Layang-Layang. dan byk lagi Terembu(Reef), Gosong/Beting(Shoal), Dangkalan(Bank) masih dalam pentabiran(Bahasa Inggeris administration/B.Indonesia Administrasi) Malaysia. dan dalam EEZ Malaysia. walapun China menuntut(Bahasa Inggeris/Indonesia Claim), Malaysia sudah membina pangkalan tentera dan membina Bandara di pulau2, terembu, beting, dangkalan dan busung pasir/atol di situ.
      https://en.wikipedia.org/wiki/Swallow_Reef
      https://ms.wikipedia.org/wiki/Pulau_Layang-Layang

      Hapus
  4. aku males komen lah takut gara gara komenku pecah perang dunia ketiga lagi kan repot.
    akui iki nang edilah koyo ne mau ning umah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komen aja bro gpp,,asal jngan paje type destroyer ya komen nya

      Hapus
  5. seandai nya saja indonesia punya senjata nuklir dan ratusan jet tempur,,,,tentu china gak bklan berani klaim natuna

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sejenis itu lah pokok nya,,yg pnting kita di takuti aja,,hehehhhh

      Hapus
    2. Indonesia ga mungkin bikin senjata nuklir karena sudah ratifikasi Non-Proliferation Treaty. Secara resmi memang NPT dan PBB ga akan mensanksi negara yang mundur dari NPT, tapi negara-negara lain juga bebas bereaksi terhadap negara yang mundur.

      Kalau mau mundur dari NPT berarti berani ambil resiko kena sanksi dari AS, China, Russia, dst. dan dianggap ga bisa dipercaya untuk perjanjian/treaty oleh semua negara anggota NPT lainnya. China pasti bakal bereaksi karena mereka bisa deduce alasan Indonesia tiba-tiba mau buat senjata nuklir.

      Hapus
    3. natuna gak perna diklaim ama rrc.
      kerna wilayah laut teritori yg diakui PBB itu hanya 12NM, cek gambar PBB/UN diatas.

      pulau kita ama pulau buatan mrk aja jaraknya +/-400NM

      yg diklaim ama negeri tirai bambu itu wilayah ZEE.
      yg katanya bersinggungan ama zee pulau buatan mrk yg ilegal ituw gaes haha!😄😄😄
      makanye soal legit, uda komplit kt gaes haha!👏👏👏
      dari namanye aja ZEE, klo ada kegiatan ekonomi cem tangkap ikan, pengeboran minyak bisa kite labrak cuy haha!😋😋😋

      Hapus
  6. seandai nya saja indonesia mau beli jf-17 ,,trus kita minta di produksi di indinesia,,setelah kita udh pnya ilmu buat jet tempur,,kita buat deh salinan jet tempur jf-17 yg di modifikasi lebiih keren pasti mantap klw kita bisa buat banyak jet tempur sendiri ,,itung2 nunggu kf-x jadi gtu

    BalasHapus
  7. Sejarah akan selalu mengulang siklusnya.
    Dan cara kita bertahan adalah memainkan politik, bukan konfrontasi langsung. Bukan berarti takut, tapi kita mainkan strategi politik dulu di awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sesuai sejarah, kita bisa bertahan dari gempuran bangsa Asia adalah karena konfrontasi (Bali Tar (Mundurnya Pasukan Mongol dari Nusantara) 1293). Dan kita hancur jika hanya mengandalkan diplomasi (Keruntuhan Sriwijaya akibat invasi Raja Rajendra Chola I dari Cholamandala, 1025).

      Hapus
    2. http://garudamiliter.blogspot.com/2020/01/indonesia-segera-borong-kapal-patroli.html?m=1

      Hapus
    3. Dari sejarah itulah kita perlu "Berbenah" di segala lini system pertahanan. Jgn sampek cuma adu argument di meja perundingan thok,.. Tpi di "lapangan" hrs all destroyer type

      Hapus
    4. Dados intine lambene poro diplomat mesti d sukani susuk sedanten nggih Mbah Gono,menawi lek ngucap sak ngucap mesti d turuti,lan siap gegaman ingkang landep n digdoyo....... berarti ngken iso2 kemukus kebanjiran order pasang susuk n ngumbah gegaman Ki 😀😀😀🏃🏃🏃💨💨💨💨💨💨💨

      Hapus
    5. Aq ora promo lhoo yaa😌😌😌

      Hapus
    6. Bethul mbah.. dan klo ga salah dulu mereka nyerah juga karena masalah logistik. Sekarang mereka bangun pulau2 buatan buat memperbaiki kesalahan mereka dimasa laluw.. jdi strategi kita juga musti bener2 mateng buat hadapi naga.
      Riset roket tidak bisa ditawar lagi. 2023 rhan 450 musti udah beres trus lanjut ke 750 🤤🤤🤤

      Hapus
    7. Ojo lali.. Karo iso mubeng2 lan ono INS, TERCOM atau GPS minimal🤭🤭🤭

      Hapus
  8. https://www.airtimes.my/2019/08/13/askar-hanya-makan-tidur-tak-pernah-menembak-baik-kerja-ladang-felda-ahli-perniagaan/

    Ternyata tak menyangka askar beruk bersarong kerjanya makan tidur...😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantas saja askar ini banyak yg pingsan dan mati saat latihan 😂😂😂😂

      Hapus
    2. Ya bro kebanyakan makan tidur kolesterol sang beruk mudah naik

      Hapus
  9. https://www.bharian.com.my/node/60585

    ☝👆☝👆☝👆☝👆☝👆
    intip aksi " anjing " penjaga bersarong istana fuckingham mommy eli

    Pasukan UN / PBB
    United Nurse /Pasukan Babu Babu
    KINGDOM ENGLAND

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal singapure juga bekas jajahan british tetapi kenapa hanya malaysia yg di suruh jaga istana bagai anjing tak dapat wang kopi pula

      Singapure ibarat kucing kesayangan malon ibarat anjing kesrek 😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Ane akuin british 👍👍👍
      Malon 👎👎👎
      Inggris emang yahud, bisa bikin gurkha setia jadi prajurit untuk membela negara. Dan bisa bikin bangsa malon sebagai penjaga pintu gerbang istana. Bener2 haibat bukan.. hanya kerajaan buduh yg mau diperalat dan diperbudak inggris. Memalukan..

      Hapus
    3. itu low gobloknya malon,dia yang nanda tanganin perjanjian tapi singapore dan brunai yang merdeka dan bebas tanpa beban.
      makanya dia dendam karna kemerdekaan singapore dan tidak integrasinya brunai darusalam,mereka pikir kita yang menyebabkan seperti itu.

      Hapus
  10. http://garudamiliter.blogspot.com/2020/01/indonesia-segera-borong-kapal-patroli.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko DRU wae.. apik eeee😌😌😌😋😋( dudu sales iki)

      Hapus
  11. Indonesia darurot kapal type destryer
    👍👍👍👍

    BalasHapus
  12. FPDA lari tercirit cirit mana kala Debt Collector Cina datang mengawal nelayan Cina 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapal upeti pon telah siap, si LeMeS haha!😊😊😊

      Hapus
  13. https://www.jejaktapak.com/2020/01/17/pilihan-masuk-akal-suriah-akan-borong-mig-21-bekas-dari-mesir/amp/
    🙄🤔🤭🤭

    Klau kita golek bekasan mbak Ticonderoga, mbak f 🦅 c/d,mbak slave class, mas kilo ora opo😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho malah ngaku Rondo lover😀😀🏃🏃💨💨💨💨

      Hapus
    2. Golek coro paling cepet.. Lan murah 🤭🤭🤭

      Hapus
  14. Kemarin ada yg komen "jika saja dinosaurus masih hidup mungkin akan di buru untuk jadi makanan favorit bangsa china"....ngakak bacanya,luar biasa serakah bangsa china itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. engak mbah dia engak rasis itu ke yataan yang berdasarkan fakta yang ada.
      bahwa individu,kelompok,golongan bahkan negara saling berlomba lomba,meraup sebanyak mungkin materi yang ada.
      bahkan dalam firman pjn ada,"seandainya seluruh dunia dan isinya ini diserahkan kepemilikan pada satu orang itu tidak membuatnya puas dan cukup".
      tapi ada katagori mampu dan tidak mampu dalam memperjuangkanya,ada maling kecil kecilan ada juga koruptor begitu juga negara,ada negara miskin dan lemah ada juga negara kaya kuat dan itu beda kelas.engak bisa berebut dengan mereka yang beda kelas.bisa anjurrr jum

      Hapus
  15. Nine Dash Line senggolan ama garis ZEE kita aja uda kliatan gde banget!

    tengok ke timur..liat pesisir gred a, wakss dihabisin..hampir cium daratan haha!😋😋😋
    nampaknya ada yg kena garis teritorinya pulak haha!🙄🙄🙄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti cina ini kerajaan asia tenggara saja, berbatasan dengan Sabah dan Serawak

      Hapus
    2. biarlah dek itu kan urusan dunia saja kan engak dibawa mati tuh laut����������

      Hapus
    3. nyoih om unknown3088, klo kate ka bakamla, ini tembok versi laut milik panda haha!🌊🌊🌊

      Hapus
  16. Selamat Datang di ESIABET 🔥
    Agen Parlay, Slot Online Terpercaya di Indonesia 💯
    MENANG BESAR PASTI KAMI BAYAR !!

    PROMO TERBARU ESIABET :
    🚨Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    🚨 BONUS NEW MEMBER UP TO 200%
    🚨 BONUS RELOAD 3JT (LIVE CASINO & SLOT)
    🚨 BONUS DEPOSIT UP TO Rp. 8,000,000
    🚨 EVENT PARLAY & WINSTREAK
    🚨 EVENT BONUS FREESPIN PRAGMATIC SLOT
    .
    Link Alternatif ESIABET
    🌐 157,245,145,0 (koma ganti dengan titik bosku)
    🌐 esiabet7 .com

    Tanyakan Info Link Terbaru dan Bonus di WhatsAPP 24 JAM Kami di Nomor +62 859-3259-6161 📲

    💵 SALAM HOKI DAN SUKSES SELALU 💵

    BalasHapus
  17. klo liat kepulauan kepri cem:
    tanjung pinang
    batam
    natuna
    trus ditarik garis 200nm, harusnya kita bisa perbesar ZEE ampe ke pesisir semenanjung timur alias teritori gred a haha!🧐🧐🧐

    klo ama singapo gausa ngemenk zee layah, kesian om ben..laut teritorinye aje uda tumpah tindih haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. beruntunglah negeri kite gak serakah2 amat ama para tetangga.

      yach makloum KEPRI yg kaya akan pulau aja, punya laut teritori yg bisa bikin tetangga2 gak bisa gerak haha!😏😏😏

      kerna KEPRI pulaunya luas sangat, mangkanya plat nomer batam itu "BP" = banyak pulau gaes hore haha!👏👏👏
      ntuw candaan teksi bandara oke oceh👌👌👌

      Hapus
    2. kamu ngomong apa sih dek?.
      malon tuh jangan dikira engak garong atau rampok juga,tapi kelasnya kelas teri,kalou liat ada negara tetangga kesusahan atau lagi ngalami masalah baru dia bertindak,kalou negara tersebut bisa bangkit lagi,itu baru jadi soudara lagi bahkan kandung engak kata serumpun lagi.
      paham ngak adek yang Aak maksud🤤😰🙄😢😆😆😆😆

      Hapus
    3. huussss...blisikkk, bolak balik ganti nama teteup aje tercyduk "mbah jati asmoro" alias patih buron haha!👊👊👊
      lama2 guwe "TENGGELEMIN" pake talkor jg nich haha!👽👽👽


      --------------
      South China Sea dispute: Chinese coast guard intrudes into Malaysian waters near Borneo - TomoNews

      https://www.youtube.com/watch?v=K3A4-4wAMAk

      Hapus
    4. 👆 link diatas, ceyem gaes...nasib gred a, satuw duniy tau haha!😂😂😂

      kiraiin baru setaon ternyata uda ulang taon ke lima, CG panda lego jangkar cuman 93 dari daratan gred a, kesian yach tetangga kesayangan haha!😣😣😣

      mana uda latian disono pulak, fiks.
      punya gred a punya panda haha!🐼🐼🐼
      ------------------
      Jun 9, 2015
      KUALA LUMPUR — A Chinese coast guard vessel spotted anchored 93 miles north of Malaysia is causing diplomatic tension between the two pacific nations.

      Malaysia's national security minister Shahid Kassim said the country would protest what it called an intrusion by the Chinese ship.

      The Malaysian government said the Chinese ship was spotted anchored near Luconia Shoals, a series of islets within an exclusive economic zone claimed by Malaysia.

      Hong Lei, a spokesman for China's Ministry of Foreign Affairs, said he did "not have knowledge" of the case and declined to offer further comment.

      Last year China conducted naval exercises near the James Shoal reef, also claimed by Malaysia, prompting the country to change tact in dealings Beijing, senior diplomats told Reuters.

      China in recent years has caused regional tensions with its claims to virtually all of the South China Sea that cover approximately 1.35 million square miles of the area.

      Vietnam, the Philippines, Taiwan and Brunei all also have competing claims to various areas of the South China Sea.

      Hapus
  18. @mbah jati asmoro,pengalamannya banyak mungkin sudah kenyang makan asam garam,...lanjut monggo mbah

    BalasHapus
    Balasan
    1. engak dek simbah kenyang nya sama dengan yang orang lainya yaitu nasi,kalou kenyang asam ama garam gawat bisa jontor bibir.

      Hapus
  19. tumpang tindih wilayah ZEE ama rebutan pulau. ampe bajak ikan haha!😱😱😱

    1.jepun vs koryo
    Japan Coast Guard vs North Korean spy ship
    https://www.youtube.com/watch?v=UXRh2ahZCQQ

    N. Korean fishing boat and Japanese patrol ship collide
    https://www.youtube.com/watch?v=-PO5gd9Loi4

    North Korean boats confronted by Japan Coast Guard
    https://www.youtube.com/watch?v=kqHSdALj4WA

    2.koryo vs koryo
    https://www.youtube.com/watch?v=QKu30QErr_8

    3.koryo vs rrc
    Search continues for two Chinese boats that sank Korean Coast Guard vessel
    https://www.youtube.com/watch?v=YizS4DZGz0o

    South Korean Coast Guard Fires at Chinese Boat
    https://www.youtube.com/watch?v=5WjHnjRD9Zs

    Three Chinese fishermen killed in fire in S Korea Coast Guard raid
    https://www.youtube.com/watch?v=zA_P16fLS7A

    S. Korean Coast Guard fires 200 shots to chase off Chinese fishing boats
    https://www.youtube.com/watch?v=kogc_eBEP2o

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4. jepun vs rrc & taiwan.
      3some gaes haha!🤭🤭🤭
      rrc vs taiwan vs jepun
      Taiwan, China and Japan's Maritime Dispute (Dispatch)
      https://www.youtube.com/watch?v=frSgnkBwhgg

      A Chinese fisherman has died after a fishing trawler collided with a South Korean coast guard vessel in the Yellow Sea.
      https://www.youtube.com/watch?v=eE1MHtTUTbU

      Japanese and Taiwanese ships in water cannon battle
      https://www.youtube.com/watch?v=7eyBbyuQHfE

      Disputed East China Sea islands
      https://www.youtube.com/watch?v=ZWWZczgYO8I

      Japan Coast Guard was attacked by chinese boat.wmv
      https://www.youtube.com/watch?v=oul6SwRC50Q

      https://www.youtube.com/watch?v=tmMUtNBY-2Q

      Truth of the Senkaku incident 4 - Chinese Boat ram Japan Coast Guard
      https://www.youtube.com/watch?v=ULHitmtvaFw

      5.rrc vs vietnam

      Dramatic video of Vietnamese boats ramming Chinese ships
      https://www.youtube.com/watch?v=R-spwog6Je4

      robek gaes haha!😃😃😃
      China's aggression in the Sea (Vietnam Coast Guard vs Chinese vessel)
      https://www.youtube.com/watch?v=F8LaNac1CWE

      gantian gaes:
      China coast guard attacks Vietnam Coast Guard
      https://www.youtube.com/watch?v=YM3Ya07LIEo

      Hapus
    2. bombom kar gaes, tumbuk2an haha!🤣🤣🤣

      Dramatic footage shot on board vessel as it's rammed by Chinese ship
      https://www.youtube.com/watch?v=P7p41KKWleI

      China-Vietnam Standoff in Disputed Waters | Inside China

      https://www.youtube.com/watch?v=2FrC72KAi7k

      Vietnam coast guard ship hit China Marine Surveillance vessels
      https://www.youtube.com/watch?v=-r6msOg-d78

      Hapus
    3. 6. rrc vs argentina?!@#
      ip-man vs messi haha!🤣🤣🤣

      kumentar netijen duniya:
      naruto goku
      10 months ago
      Wait couple of days, Chinese foreign minister will say Argentina’s sea water is part of China since ancient times 🤣 "

      -----------
      Argentine coast guard opens fire on Chinese fishing boat
      https://www.youtube.com/watch?v=E3lkM4t8AaA

      Argentina sinks Chinese fishing ship that entered restricted area
      https://www.youtube.com/watch?v=00rMVee0R4c

      Hapus
    4. 7. bule2 mo ikut tumbuk2an haha!🤗🤗🤗

      US Navy sailed between China and Taiwan again
      https://www.youtube.com/watch?v=PT57ghGn-Kw

      ------------
      Ssstt, ada sodara tiri-jau gred a haha!🤫🤫🤫

      20/04/2018 Two Australian Navy vessels departed the Philippines and one departed Malaysia all heading for Vietnam when they were challenged by Chinese navy vessels
      ----------------
      Three Australian warships challenged by China when passing through South-China sea
      https://www.youtube.com/watch?v=Qr9z2SpqzEY

      Hapus
  20. yg jau2 aja dateng, masa kite kagak gaes haha!💪💪💪
    eeiitt, stemen kemlu rrc: kedaulatan Natuna milik kita gaes haha!👏👏👏
    menit: 4:27

    "China has been attacked in the South China Sea by Indonesia! Well, at least that's how the Chinese Foreign Ministry describes it. Indonesia has a different side to the story. China has angered most of its neighbors by building fake islands in disputed territorial waters, and acting generally aggressive. Indonesia had been one of the few neutral countries left. But after a Chinese fishing vessel was caught illegally fishing in Indonesian waters, that might have just changed...

    THUMBNAIL IMAGE: Indonesia blows up an impounded Chinese fishing vessel caught illegally fishing, 2015 (not the same boat featured in this episode). (Inayah Azmi Atifah/Getty Images)"

    -------------------
    Indonesia "Attacks" China in South China Sea! | China Uncensored
    https://www.youtube.com/watch?v=WS5qixxt3B4

    ---------------------
    ada yg komplen gaes, kafalnye kite "TENGGELEMIN" haha!🚀🚀🚀

    China has voiced “great concern” over Indonesia’s recent action to blow up a Chinese fishing vessel, China’s Foreign Ministry Spokesman Hong Lei said during a press briefing on Thursday.

    https://www.youtube.com/watch?v=RWb9ff9kOWc

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1300 ton aje kite tenggelmin haha!🚓🚓🚓

      Dramatic Drone Footage of the Sinking of the Viking
      https://www.youtube.com/watch?v=8npprbFuWNM


      2 bijik yg gde kite kip, buat kkp keknya, kapal nyamar haha!🛳🛳🛳

      dolgov & mv nica

      https://internasional.kompas.com/read/2019/02/21/05300061/10-tahun-merampok-ikan-dunia-andrey-dolgov-ditangkap-di-indonesia?page=all

      https://www.idtoday.co/2019/07/menteri-susi-pudjiastuti-ingin-kapal-mv.html

      Hapus
  21. Permainan Judi Tembak Ikan ini telah menjadi permainan judi online yang sangat booming dan sangat populer di berbagai kalangan. Permainan dengan bonus jackpot yang sangat besar dan cara bermainnya yang cukup mudah menjadi salah satu faktor pendongkrak kepopuleran permainan ini.

    Hilangkan kebosanan anda dan mainkan Permainan Judi Tembak Ikan Online sekarang juga ! Tembak dan bunuh Bosnyaa... Menangkan Jackpot Sampai Ratusan Juta Setiap harinya ...

    Promo Judi Tembak Ikan Online Linkaja88

    » Bonus Deposit New Member 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback s/d 10%
    » Bonus Referral 7% + 2%
    » Lucky Draw Berhadiah Smartphone & Lainnya

    Judi Tembak Ikan Online Dapat Dimainkan Via Smartphone Android & iOS
    Bandar Judi Tembak Ikan Deposit Linkaja
    Kunjungi Link » https://www.linkaja88.net/bandar-judi-tembak-ikan-deposit-linkaja/

    Situs Agen Judi Tembak Ikan Online
    Kunjungi Link » https://www.linkaja88.net/situs-agen-judi-tembak-ikan-online-linkaja/

    Untuk kalian yang butuh informasi lebih lengkap dan lebih jelas, Langsung saja hubungi Customer Service kami yang bertugas 24 Jam di bawah ini :

    • Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    • ID Wechat : Bolavita
    • ID Telegram : +62812-2222-995
    • ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus