30 Januari 2020

Mantan Danskadron 11 Akui Rafale yang Diminati Prabowo Sangat Superior

30 Januari 2020


Anton “Sioux” Pallaguna pernah menjajal pesawat Rafale (photo : TNI AU)

Indonesia dikabarkan berminat membeli 48 pesawat jet tempur Rafale dari Perancis untuk memperkuat TNI Angkatan Udara (AU). Kabar ini diwartakan situs berita Perancis, La Tribune pada 17 Januari lalu.

Media itu menyebutkan bahwa minat pemerintah Indonesia terhadap jet tempur multiperan pabrikan Dassault Aviation diutarakan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan ke Paris pada 11-13 Januari lalu.

Menurut sumber internal La Tribune, pembelian ini bakal diwujudkan dalam kesepakatan antar-pemerintah Perancis dan Indonesia, yang diharapkan bisa terwujud dalam waktu dekat.

Dassault Rafale merupakan jet tempur bermesin ganda dengan ciri khas sayap delta dan canard (sayap kecil) di bagian bawah kokpit, yang sangat efektif untuk menghasilkan gaya angkat dan menambah kelincahan bermanuver.

Jet tempur yang teleh teruji tempur ini tercatat telah dua kali mampir ke Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Terakhir kali kali, jet tempur ini datang ke Indonesia pada 18 Mei 2019. Saat itu tujuh Rafale varian M (maritim, untuk kapal induk) Angkatan Laut Perancis melakukan pendaratan darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, lantaran cuaca buruk.

Sementara kehadiran pertamanya pada Maret 2015 lalu, AU Perancis (ArmΓ©e de l’Air) sempat mendemonstrasikan kebolehan manuver jet tempurnya itu di langit Halim.

Rafale melaksanakan air refuelling (photo : DefenseNews)

Kemudian pada 19 Agustus 2018, tiga Rafale varian B (kursi ganda) AU Perancis kembali singgah di Halim Perdanakusuma, bersamaan dengan pesawat angkut berat Airbus A400M yang kabarnya juga diminati oleh pemerintah RI.


Kedatangan empat pesawat tersebut merupakan bagian dari misi Misi Pegasus 2018 untuk mengunjungi beberapa pangkalan udara negara sahabat yang ada di daratan Benua Asia. Melalui misi ini, AU Perancis bermaksud ingin membuktikan kemampuan-kemampuan tempur pesawat dengan ekor sirip tegak tunggal dan elevons (bagian bergerak dari ujung sayap delta) besar ini kepada TNI AU.

Pada kesempatan ini, dua pilot senior TNI AU berkesempatan duduk di kursi belakang untuk mengulas langsung keandalan jet tempur eksotis ini pada 21 Agustus 2018. Lalu, bagaimana impresi pilot tempur TNI AU usai menjajal langsung jet tempur generasi 4,5 tersebut?

Kedua pilot tempur TNI AU yang menjajal pesawat itu adalah Letkol Pnb Muchtadi Anjar “Beagle” Legowo, pilot senior F-16 Fighting Falcon dan Letkol Pnb Anton “Sioux” Pallaguna, pilot Sukhoi Su-27/30 Flanker yang saat itu menjabat Komandan Skadron Udara 11.

Pesawat beregistrasi 4-FO yang diterbangkan Capt. Vincent “Dingo” bersama Anton “Sioux” berperan sebagai Flight Leader. Sementara pesawat dengan registrasi 4-FN yang diterbangkan langsung Komandan Skadron Udarnya, LtC. Moko bersama Anjar “Beagle” berperan sebagai Wingman.

Area udara di selatan Pelabuhan Ratu (bravo area) dipilih sebagai lokasi demo karena memang wilayah ini steril dari lalu lintas penerbangan sipil. Berbagai manuver misi penyerangan dilakukan di lokasi ini, dan bermain mulai dari ketinggian 0 hingga 40.000 kaki di atas permukaan laut.

Rafale menenteng rudal jelajah Scalp (photo : spmrf)

Hampir selama 2 jam kedua penerbang senior TNI AU itu diberikan kesempatan untuk menerbangkan langsung Rafale B. Sesuai dengan permintaan, berbagai misi dilaksanakan untuk merasakan superioritas pesawat ini.

Diungkapkan Anton kepada penulis, karena Rafale merupakan pesawat jet tempur yang superior secara avionik, makanya ia pun minta demo BVR (Beyond Visual Range) air-to-air combat kepada AU Perancis. Alasannya, bicara teknologi, maka demo BVR yang perlu untuk diketahui bukan dogfight (pertempuran udara dengan manuver jarak pendek). Karena menurutnya, pesawat Sukhoi sudah rajanya soal dogfight.

“Dia (Rafale) superior saat Pitch Black (2018) kemarin, karena radarnya sudah AESA (active electronically scanned array),” ujarnya.


Demo BVR atau pertempuran jarak jauh (di luar jarak pandang) menjadi cicipan pembuka. Secara berturut-turut, demo misi atau pertempuran udara lainnya yang dijajal Anton dan Anjar adalah close combat (pertempuran jarak dekat), simultaneous multiple DPI surface attack (serangan ke beberapa sasaran permukaan secara bersamaan) dan tactical contour flying (terbang rendah mengikuti permukaan bumi).

Belum berhenti sampai di situ, kemampuan lain Rafale yang dicoba selanjutnya adalah TFR, optronic operation (demo fungsi sensor optik dan elektronis), targeting dynamic target (memilih dan menyerang beberapa sasaran bergerak), aerobatik, ground mapping menggunakan radar SAR, data link operation secara terbatas, formasi jarak dekat, hingga tactical break-off pada saat mendarat.

Usai menjajal seluruh kapabilitas yang dimiliki jet tempur tersebut, Anton mencatatkan beberapa hal menarik sebagai resensi. Menurutnya, Rafale mampu mengusung berbagai peran mulai dari reconnaisance, deliberate strike, anti-ship strike, air policing, air supremacy, deterrence, hingga ground force support.


Rafale bermuatan penuh (photo : Armee De l'Air)

Dari sisi rancang bangun, menurut Anton, jet tempur ini memiliki load capability yang dilengkapi dengan 14 store stations, 5 heavy/wet points dan 9,5 ton external load.

Sementara dari sisi teknologi, pesawat ini di dukung dengan berbagai sensor dan data fusion, kemampuan electronic warfare, sistem radar AESA RBE2-AA buatan Thales Group, advanced MMI concept, dan integrated testability covering all system (self-diagnosis available).

Anton menjelaskan, selain itu, pesawat ini juga memiliki integrated sensor suite yang cukup kompleks, sehingga pesawat dapat berbagi informasi melalui data link dengan pesawat AEW dan ground station. Rafale juga dilengkapi dengan integrarted passive optronic identification dan spectra integrated electronic warfare suite.

Dia menyebutkan, khusus untuk imaging data fusion; seluruh data dari semua sumber (radar AESA, IR missile, EWS spectra, data link, sistem IFF, optronics FSO+IFF, C4ISR/C2, data pesawat wingman) tergabung dan diolah dalam satu komputer inti yang menghasilkan tracking system. Output-nya dapat dilihat melalui display dan network.

Soal keunggulan taktis dalam pertempuran udara, kata Anton, Rafale untuk misi dibekali rudal MICA RF dan MICA IR untuk menghajar objek lawan pada jarak dekat maupun jarak jauh. Terintegrasinya sistem sensor dan senjata menjadikan Rafale memiliki kemampuan untuk melakukan mengunci banyak target dan menghajarnya sekaligus serta memiliki kemampuan off-boresight.


Kokpit Rafale (photo : Paulino Mota)

Tak hanya mampu bertempur dengan target lawan di udara, Rafale juga mampu meninju lawan-lawan yang ada di darat. Pesawat ini mampu melakukan serangan baik berupa deliberate maupun dynamic targeting dengan extended range, fire and forget, all weather strike, meter class precision, dan menyerang 6 sasaran sekaligus dalam sekali lewat.

Terakhir, untuk kemampuan misi antikapal, Rafale mampu mendeteksi, mengidentifikasi, serta menyerang sasaran dari ketinggian sangat rendah dalam segala kondisi cuaca.

“Kemampuan misi anti kapal; mampu untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan menyerang sasaran untuk all weather very low level flight capability, data fusion, passive target discrimination, integrated EW suite,” paparnya.


Jet tempur Rafale AU Perancis yang dilengkapi dengan segala jenis avionik dan persenjataan modern, menjadikan pesawat ini mampu melaksanakan supremasi udara (air supremacy), interdiksi atau pencegatan (interdiction), pengintaian udara (aerial reconnaissance), dukungan darat (ground support), serangan mendalam (in-depth strike), serangan antikapal (anti-ship strike), hingga misi pencegahan nuklir (nuclear deterrence mission).

Dengan segudang kemampuan jet tempur berpostur tubuh kecil ini, tidak berlebihan bila AU perancis menyandangkan gelar ‘Omnirole fighter aircraft’ kepada Rafale. Tak heran bila pesawat generasi 4,5 dengan dua mesin Snecma M88-2 ini menjadi perhatian dalam laga Pitch Black yang berlangsung pada 27 Juli – 17 Agustus 2018.

Dengan segudang kemampuannya tersebut, pantaslah jika AU Perancis mempercayakan Dassault Rafale untuk mengemban berbagai misi operasi. Selain kesohor di Perang Libia, Rafale juga telah tampil di medan panas lainnya, yakni Afganistan, Irak, Mali, dan Suriah.

(IndoAviation)

215 komentar:

  1. Rafale + SU35 ... F16 Viper ke laut ajeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar negara di pabrik Rafale-nya disemprit negara yg punya pabrik F-16...

      priitt! Ga boleh jual...sama aja ngeheknya.

      Kan pernah kena semprit..priiitt! Ga boleh jual Mitral LHD!

      πŸ˜›

      Hapus
    2. Indonesia rak dudu rusia mas, arepo ono pemeo "apa yg rusia punya, Indonesia juga pasti punya 😎"

      ☝️ iki sing gawe pemeo mesti mas @muhammad adrian ...spesialis pemburu rondo bule 😘

      Hapus
    3. Lha rak sak karepe sing nyemprit tho mase...

      wong ora sak kroni wae kok...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      DSCA : "The proposed sale of this equipment and support will not alter the basic military balance in the region"

      Yen menghindar seko DSCA kuwi, yho nyemprit wae...priiiit!

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Dsca iku opo mas πŸ™†....iku rak berlaku kanggo dagangan asal negoro paman sam ahmad oke to katone πŸ€”

      Hapus
    5. Lha yho kuwi mase..

      Yen menghindar seko DSCA, njur tuku barang blok Nato sing non US..ora jaminan ra iso kesemprit tho mas bro...πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
  2. Balasan
    1. Siap2 komentar tembus 300 juta🧐😁😁

      Hapus
  3. gila amat. 48 rafale + ifx + f16 + su 35! sodara kami indonesia semakin maju dan mantab! moga-moga bisa melindungi sodara serumpun seagama kalian, malaysia kalau kami diserang musuh (israel, amerika dll).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negoromu tuku Super Horny seko timbuktu kok yo lon 🀀

      Hapus
    2. Najis lu ketua suku, bidadabi, liang tai seng

      Rafale ini mimpi basah dan kajian malon itu kan

      Hapus
    3. Harus melindungi malaysia juga?
      Kalian kan sudah jadi provinsi England.
      Tidak mungkin jadi provinsi Indonesia juga.

      Ignore it 😎

      Hapus
    4. Cek senenge promosi serumpun πŸ˜•πŸ˜•

      Hapus
    5. Kerajaan malon bukan serupun dng Indonesia...bangsa Indonesia bangsa pejuang....sementara kerajaan beruk malon bangsa pencuri,penjilat dan Kacung...jd beda ya...hahaha


      Hapus
    6. Yang tidak serumpun dengan NKRI adalah negara babi cina. Kalian para babi aseng silahkan ngomel-ngomel atau lebih baik Kalian pulang ke negeri asal Kalian biar semua modar dimakan virus corona. Kalian disini juga ga da gunanya selain hardolin (dahar, modol dan lion)

      Hapus
    7. Wahahaha...☝
      Perkawinan silang babi ama barongsay muncul...hahaha

      Hapus
  4. Mudeng ora koe zon....bedane "Cukup" karo "Superior" 🀷

    "Cukup" kui yen ora due harapan bakal ditukokke, ning yen "Superior" kui gor garek mbalik ilat bareng dituduhke "iki duite go blonjo pespur" πŸ€—πŸ˜‡πŸ€—

    BalasHapus
  5. Katone kumendan Anton luweh katam kedigdayaane Rafale, ketimbang sukhoi sing saben dino dadi tungganane πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen ora nggono mboknowo Pak Palaguna isih terpukul ngadepi kenyataan yen sukhoi ora mrantasi....kamongko gor kanggo mburu pesawat capung seko aussy sing nrobos udara RI tanpo ijin πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–

      Hapus
    2. Iyoooo mbah iyoooo....sak karepmu mbah, ben ora mberot... Wong lek wes tuwek lekne mberot wuueellekk.. kakean cocot maneh...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Mlayuu se' ahhh...πŸƒπŸƒ==πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    3. Yo opo ki wes podo sepuhe jek seneng tarong dewe2☝

      Hapus
    4. Nuwon sewu...Sanes tarumg niku paklek, mung mbanyolan wae, nganti 500 komen targete...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Aslie kui pacaran nanging ora ngaku podo wedi ketemon anak putue Dw2

      Hapus
    6. Nggilani kang...pacaran koro wong tuwek seng akeh cocote.
      Wong abab pe wae mambu kotak kotak...πŸƒπŸƒ==πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    7. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  6. Pada pict black rafale mampu menembak raptor kill 1-1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Red flag mboknowo pakde muki ...πŸ˜ͺ

      Hapus
    2. Kalo 30-0 itu artinya baru gerak sedikit sdh dihajar, manuver dikit dihajar. Luweh becek kuwi raptor gae cangkruk an wae. Utowo diinggo nongkrong selfie2 wae, iso entuk duwit...kang...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Malah nang njero impenku raptor dikalakno tucano nganti 45 :0

      Hapus
    4. Ki edan...pancen edan ngimpine samean...tak tomboi togel meru ra impenmu

      Hapus
  7. Jangankan Mantan Danskadron 11...
    Saya yg orang awampun mengakui kehebatan pespur RAFALE tersebut sangat superior

    BalasHapus
  8. Jangankan Mantan Danskadron 11...
    Saya yg orang awampun mengakui kehebatan pespur RAFALE tersebut sangat superior

    BalasHapus
    Balasan
    1. Superior ki merek mie telor lho mas.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Bisa nggotong rudal MilfHunter mas ????

      πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    3. Bihun ndak ra nek superior kuwi

      Hapus
  9. Tetep ORA gelem Rafale.. mahal dan cilik kurang sreg aku mas..

    Pilihanku tetap SUPER : SUkhoi dan ViPER..!!! 🀣🀣🀣🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok cilik tho mas'e..?

      Karo sutuc cilik endi jaal?

      πŸ˜‚

      Hapus
    2. Nek neng nggonku sing cilik neng larang nggono kui antriane dowo mase.....lha yen sing gedi-gedi kae ra lolos audisi neng keke mas

      Hapus
    3. Dowone 15,27meter ombone 10,8meter yo ora cilik2 nemen om sek Luwih dowo soko f16=15,10m utowo gripene= 15,20m,,

      Hapus
    4. Kok cepet temen.....iki mau le ketemu karo rafalene neng mas πŸ€”

      Hapus
    5. SUPER = SUkhoi-viPEr-Rafale πŸ€€πŸ‘πŸ‘πŸ‘ nek iki lagi super cruuutπŸ’¦

      Hapus
    6. Iyo mbah hari kaetan ae ketemu rafale sagita nang warkop bocae ayu nanging ono jenggote

      Hapus
  10. Sakjane master mind ing sakmburine polemik bab Rafale iku dudu pak Bowo......nanging pak Kumis 😬😬😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak kumis mesti puengin nekakne rafale.. leres mbah??? Hehe

      Hapus
  11. Aku jg akui rafale superior tp secara relita tak sehebat su35s dan keluarga flanker lainnya yg masuk kategori gen 4,5' ya emang lebih superior dibanading f16v tp beranikah pemerintah coret pembelian f16v??? Ingat ambil rafale ada kerugian di kwantitas, 48 unit rafale = 64 unit f16v = 83 unit su35s, su35s 99% gk bakal dicoret karena ini pespur kartu trop indonesia' kalau beli semuanya dr mana duitnya???? Ujungnya mau gk mau su35s dan f16v, dan rafale ini hanya angan2 sebagai trik usaha diplomasi tawar menawar untuk caatsa' kalau us masih bebal indonesia gk akan perduli tetep ngotot ambil su35s kalau us jg ngotot beri sanksi caatsa ya terpaksa f16v dicoret dan gantinya rafale.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekam.jejak penugasan rafale vs keluarga sukhoi gimana kir 🀷

      Hapus
    2. Sri muliyani mengingatkan EFESIENSI = KWANITAS DAN KWALITAS πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      https://www.100kpj.com/amp/mobil/5188-menhan-prabowo-mau-jor-joran-beli-jet-tempur-sri-mulyani-bilang-gini

      Hapus
    3. Trus 33 ekor Falcon disini nasibnya piye mas bro..?😁

      Hapus
    4. Mbah Gono paling demen brutu (ekor)......wes gak usah dipenggalih nemen-nemen yen bab kui,.mengko rak entek dewe 😢

      Hapus
    5. Aq Manut wae lah... Sing penting kepenak😌😌unine knalpothe,.. mboh kuwi ko rusky, amri,France🀩

      Hapus
    6. Mending buang yang 33 ekor atau 16 ekor yaak..? 😐

      Uups....πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    7. Setau gue cuman rafale pesawat gen 4.5 yg bisa lolos sistem S400 russia. Gue lupa sumber nya, tapi di test sekitar 3-4 tahun lalu.

      Hapus
    8. Sukhoi dewe malah ra lolos1 yo mas......πŸ™†πŸ€¦πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. https://katadata.co.id/amp/berita/2020/01/24/pemerintah-lirik-dassault-rafale-dan-sukhoi-su-35-mana-lebih-unggul

      https://www.jejaktapak.com/2017/11/19/fulcrum-dan-flanker-pernah-bertarung-hidup-mati-di-langit-afrika-timur/amp/&ved=2ahUKEwiTqIi6uqrnAhVSOisKHbH0CvcQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw0nh3su7UwvUVA6hXHLYK1S&ampcf=1



      Rafale adalah opsi terakhir bila us tetep memberi sanksi kepada indonesia atas pembelian su35, su35s tetep diambil apa pun resikonya, kalau sudah disanksi buat ya otomatis 33 unit f16 ya gk bisa diharpkan tuk tetep fit makanya ada kerjasama ame turki tuk sediakan speartpartnya tuk antisipasi. πŸ‘‡

      https://lancerdefense.com/2020/01/29/jajaki-peluang-kerjasama-assessment-f-16-turkish-defence-industries-kunjungi-lanud-iswahjudi/

      Hapus
    10. Nyanyian code ......πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    11. Mudah2an dewan ijinkan tuk beli semuanya da kalau TNI AU ame kemenhan sehati tuk ambil ke tiga jenis pespur tersebut menteri keuangan ya yes aja, tp kalau tetepnya kita disanksi gara2 su35s buat apa ambil f16v???? Hanya 1% kemungkinan su35 batal itu pun karena indonesia paranoid akut sampai bilang tatuttt, belakangan ini kebijakan2 pemerintah udah menunjukkan kebebalannya terhadap us atau pun eropa' lagian kalau sampai kita disanksi us maka us akan kehilangan dukungan dr indonesia dipasifik dan inilah jd pertimbangan indonesia nekad tuk datangkan su35.

      Hapus
    12. "Sakjane wiwit era 90an, RI wes entuk akses source code F16 seko amrik....ning sayange ora dimanfaatke, mergo.luweh milih mborong hawk sing regane iso digoreng 🀧"

      https://youtu.be/Uo1drAgkiws

      Hapus
    13. Kali code...πŸ˜πŸ˜‚

      Ayo mase, ben tembus rongatus...πŸ˜‚

      Hapus
    14. Yg ada su35 yg di coretπŸ’ƒπŸ’ƒ

      Hapus
    15. Emoh....mengko malah ra iso diwoco 🀧

      Hapus
    16. Tur le nyoret jan sakatoge.....mak reeeeet, ngaler, duowi banget πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    17. Sanksi dan embargo adalah perbuatan merendahkan martabat bangsa. Sebagai negara yang berdaulat negara kita tidak bisa didekte oleh negara manapun.
      Klo yang belio di atas udah megang prinsip ini su mesti bakal diboyong. Klo diembargo f16 viper stop. F16 yang ada kerja sama ama turki buat perawatan dan keberlangsungan di sisa sisa akhir hayatnya.
      Tpi mbuh yo marai aku dudu menteri atau presiden 😁😁😁
      Pokoke manut ndi sing terbaik untuk NKRI.

      Hapus
    18. Ya kita buktikan aje prediksi siapa yg tepat, analisaku punya dasar tarik dr satu topik dan topik lainnya lalu di simpulkan rencana apa yg sebenarnya lg dijalankan 🀷‍♂️🀧

      Hapus
    19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    20. Bener om, kita orang kecil ikut keputusan pemerintah aja.
      Fungsi kita adalah manas2in malon πŸ˜‚

      Hapus
    21. Oh bombing libya itu ya rafale 🀭🀭🀭

      Hapus
  12. Horang Haya bebas mao pilih Rafale + Su35 + F16Viper belum lagi KFX/IFX

    Kalo Horang Hiskin pilihannya Tejas + JF17 ujung ujungnya CANCEL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada solusi buat negara miskin grade A yaitu ngemis minta belas kasian memohon hibah pesawat bekas

      Hapus
    2. tahun 2020 kira2 gred a mao shopping soping apa yach on uk3088?
      taon laluw uda diborong smua, EREFAI-nye tp haha!🀭🀭🀭

      Hapus
  13. Begini ini tajuk yang menyejukkan hati, berbeda dengan jiran kita yang lagi panas hati tengok ni berita kita punya πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
  14. Ini Menurut saya pribadi, tanpa merendahkan pendapat yg lainya..
    Kalo seandainya dengan akuisisi32 f16v ada jaminan yg pasti dari mamarika kita tidak terkena catsa atas pembelian SU35 maka akan lebih baik jika kita lebih memilih f16v dan SU35, karena rafale ini telalu mahal...

    Tetapi kalo mamarika tetap ngotot menerapkan catsa kpd RI kalo kita jadi beli SU35 walaupun kita juga membeli f16V, maka lebih baik pembelian f16v dan SU35 kita tunda dulu atau batalkan saja, dan kita ambil RAFALE, karena menurut saya rafale ini memiliki kemampauan BVR seperti f16v dan juga kemampuan manuver yg mendekati SU35. apalagi kalo si fran mau kasih TOT.. Dengan begitu kita kita ngasih pelajaran ke mamarika, kita turuti mau mereka untuk tidak beli SU35 tapi kita juga ngasih pelajaran ke mamarika dg kehilangan keuntungan penjualan f16v mereka..

    Karena ekonomi indonesia sedang EMERGING jadi akan sangat beresiko jika jika kita terkena CATSA, lain halnya jika kita sudah berada di posisi TOP WORLD ECONOMIC.

    TAPI...
    kalo mamarika masih tetap ngotot kita harus beli alutsista mereka walaupun kita batal beli SU35 dg alasan untuk mengimbangi surplus perdagangan RI dg mamarika maka sebaiknya untuk menjaga perasaan om ruskaya maka sebaiknya alutsista mamarika yg kita beli bukan f16V tapi alutsista lain yg juga sangat kita butuhkan, kita bisa beli chinok, herkules ukuran jumbo atau memperbanyak jumlah heli apache kita lengkap dg seluruh asesorisnya dan kita juga bisa memperbanyak pembelian berbagai jenis rudal yg kita butuhkan.. Agar produk expor kita ke mamarika tidak dikenai pajak yg besar...

    tapi apapun keputusan pemerintah sy harap proyek IFX tetap jalan with or withouth south korea..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saya sepakat banget. Issue Rafale itu digunakan oleh para petinggi kita untuk memuluskan rencana akuisisi SU35... China aja yg kuat kena Caatsa apalagi negara kita yg gak sekuat China.

      Nunggu opa trum lengser dulu kali mas biar proses caatsanya lebih luwes..

      Yg jelas India saja infonya juga diancam US terkait case rencana pembelian s400 dan sudah dibuktikan efek berantai nya bila Caatsa diberlakukan di turki kemarin.. aktifitas ekspor import langsung kena impact plus mata uang turkey langsung jeblok ditambah program2 pertahanan turki langsung suspended semua dari mulai F35, mesin heli dan mesin tank nya semua stop.

      Siapkah Indonesia ??? πŸ™„

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ya begitu lah kira kira om super.. Sbg negara non blok kita harus bisa memainkan peran agar kita tetap berada di posisi yg menguntungkan namun tidak menyinggung perasaan para mitra strategis kita..
      Terbukti RUSIA,CINA,dan TURKI yg lebih kuat defence dan economi nya aja bisa bengap bengap karena terkena CATSA, apalagi kita yg baru emerging...

      Hapus
    4. Betul banget, jd alternatitnya ambil Rafale dan buang f-16V serta SU-35.
      Toh secara kemampuan Rafale ungguli F-16, F-18 maupun F-15 yg sdh dimiliki tetangga. Kalo dng China masalahnya Rafale agak sedikit kecirit cirit menghadapi SU-35 china. Padahal potensial head to head itu dng SU-35 China yg radarnya bisa nyorot jauuuhhhh banget...😁😁😁

      Hapus
    5. Om coco@ RAFALE itu solusi kita jika mamarika tetap ngancam nyetrap kita kalo kita jadi beli SU35 walaupun kita juga beli VIPER... Klo kondisinya begitu ya sudah SU35 dan viper kita batalkan saja dan kita ambil Rafale..


      TAPI....

      Kalo mamarika jamin kita nggak di setrap karena beli VIPER sebagai perimbangan atas pembelian SU35 dari neng Ruskaya, ya kita lanjutkan aja beli SU35 dan VIPER... RAFALE nya kita pending dulu..

      Hapus
    6. Dipilih rafasle krn dr pd repot beli SU-35 kena sanksi walapun sdh ambil F-16V. Klo disanksi, imbasnya ke sukucadang alutsista yg lain bung. Jd spy tidak disanksi AS dan jg tidak mengecewakan Rusia, maka diputuskan utk buang keduanya dan ambil rafale. Itu solusi yg mantap. As gask bisa kasih sanksi dan F-16V nya jg gak diakuisisi, sementara SU-35 gak diakuisisi tp diganti proyek yg lain diluar kemenham.

      Hapus
    7. Harga rafale ntu bikin nyesak, tp kalau ada duitnya ya terserah,,,sangat kecil persentase membatalkan su35, kita liat aje indonesia the next negara bebal.

      Hapus
    8. Emangnya jaman embargo dulu kita gk bisa berkembang??? Silahkan aje berlakukan caatsa, gara2 16 unit su35 us kehilangan indonesia di pasifik' imposibleee,,,hidup ni terkadang sesekali boleh nekad tp tetep mendahului jalur diplomasi terlebih dahulu agar seperti berasa kita nekad karena dr jumlah unit tidak jd ancaman bagi negara lain dan kita membutuhkannya sebagai pertahanan saja.

      Hapus
    9. Tulang tungkir@ indonesia mampu beli rafale kalo SU35 dan viper dibatalin... Tapi kalo kita menimbang kemampuan financial negara kita maka kalo kita jadi ambil SU35 dan viper pasti rafale dibatalkan...

      Tapi saya juga sependapat dg tulang, untuk mendapatkan deterence efect dan mengimbangi F35 osi dan singer dan juga cina yg sdh buat jet siluman sendiri maka SU35 sangat kecil kemungkinan dibatalkan, dan yg jelas kalo kita beli SU35 maka viper juga 90% pasti diambil supaya kita gak di semprot mamarika.... Tau sendiri lah kalo emak emak sdh nyemprot... Hancur kita bah.....

      Hapus
    10. Kalau pun jd rafale itu sebagai program wowo untuk memaksimalkan kekuatan pespur duble engine kita karena kita tidak bisa ambil banyak su35, tp dealnya kemungkinan 2 tahun - 3 tahun lg.

      Hapus
  15. Semoga tetap di rencana sblmnya SU35 dan VIPER. MAHAL rafale.
    TANYA.....KENAPA KITA BELI SU35 PAKE ACARA BARTER TAPI KE PAMAN SAM ''HARD CASH''. VIETNAM BELI2 pake cash cepet dapetnya. TAEK PAKE BARTER2an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener om, barter susahnya minta ampun

      Hapus
    2. Begok rusia tuh sekali butuh komoditi dri indonesia.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200129192244-134-469936/bertemu-menhan-rusia-prabowo-bahas-pembelian-11-sukhoi-su-35

      esyu tiga lima tetep lanjut kayae..

      Hapus
    2. Ato mau minta maaf soalnya di cancel πŸ€ͺ

      Hapus
    3. ☝️.....jiyahad temen πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Emang tetep lanjut kok..


      (dengan endingnya belum jelas..)😬😷

      Hapus
    5. @Om PS...jadi inget sinetron tersandung
      πŸ˜‚

      Hapus
    6. Itu olsen ya bukan essen πŸ‘†

      Hapus
    7. Kalau essen sudah batle proven

      Hapus
    8. @Bocor alus, fix ente orang lama

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Saya masih unyu2 om 😭

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. @essen.. saya biasa silent reader om.. ungsian dr kaskus militer..

      Hapus
    12. Emang terkini di sono kayak apa?
      Kok ngungsi kemari?

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    13. Om olsen mau jd member kemukus empire om...makanya masuk sini...hahaha

      Hapus
  17. SU 35 SUDAH PASTI DI AKUISISI .. yang menjadi perbandingan sekarang antara RAFALE DAN f16 VIPER
    f16 sudah mentok untuk upgrade kemampuan sistem avionik dan peperangan elektronik mentok samapi disitu saja... bandingkan dengan rafale yang masih digunakan AU FRANCE DAN AL FRANCE SAMPAI 2070 berarti kemampuan omnirole rafale masih bisa di upgrade dan block III masih dalam pengembangan...

    BalasHapus
  18. Sing marakke cuwo ing penggalih bab F16 Viper iku....minongko sakwinine negoro kepulauan, kenengopo F16 Viper sing ditawakke marang RI ora disebut-sebut bab kemampuane nggotong rudal anti kapal lan jamming system kanggo nembus radar pertahanan udara lawan, kamongko bab iii vital banget kanggone awake dewe πŸ€”

    Seje karo Rafale....opo sing dijongko wes sumadiyo, waton sembodo le ngragati 🀷

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti di intervensi sama si zlatan dan sing kecik tapi kuat itu om

      Hapus
  19. Kelihatanya rafale untuk ngegolin cpo Indonesia ke eropa, Perancis langsung nawarin tot karena ndak laku laku pesawat ini jadi harganya mahal, menterinya yg bilang, dia bikin 300 Amerika nguyur bikin 1000 jadi biaya produksinya mahal krn yg kejual sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rapopo larang wong duite ono kok....ning mbuh piro πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    2. Pancen ono mase, uakeh kok.. lha kuwi mlebu nang sepeda montore awake dewe...πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
  20. SEMUA MINAT YAH..SU 35,F16V F35 RAFALE..HAHAHA KALAU SEMUA MINAT MALAYSIA JUGA BISA MINAT..INI SEPERTI RFI JUGA LA WKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda donk lon. Klo RI minat pasti terbeli contohnya heli Apache, kapal selam changbogo.

      Lha kalo malon minat, tp cuma minat ngumpulin brosur je...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    2. Sign kontrak, bayar sebagian, barang gak dateng, duit diminta balik, padahal dikit..tebak barangnya apa πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    3. Malon minat kapal cina bin corona je pake teriak2πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    4. KAYAK SU35 YAH UDAH BERTAHUN TANGGUH KEDATANGANNYA HAHAHA

      Hapus
    5. Itu karna catsaa bukan karna bangkraps dan corona lovers

      Hapus
    6. Inget lonn.. minyak telon.. intinya indonesia pasti beli. Entah yg mana blm fix. Kalo ente pasti berujung crot 😁 alias onani otak kagak beli.

      Hapus
    7. Malon kanker otak stadium 35.. Hahaha...

      Hapus
    8. Kalo budget $10 billon pertahun mah belom RFI juga negara produsen yg gembar gembor minta di beli

      Beda dengan kerajaan yg budget Ciput di bagi tiga negara produsen nawarin product nya juga malas malasan karena ujung2nya RFI dan Cancel again



      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Ya bedalahh, jangankan kalian cuma sebatas "MINAT" yang udh bayar aja bisa cancel atau paling tidak delay. Kalau gak mangkrak.

      Hapus
  21. Ehem,

    Kok rame toh?

    Begini lho yang kita udah punya :

    F16 yang aktif sekarang 32 biji.
    F16 yang hidungnya penyok karena tergelincir 1, sehingga tidak bisa terbang.
    F16 yang dalam bentuk terurai (nggak bisa terbang) ada 6 biji.

    Jadi total 32+1+6 = 39

    Kalo yang nggak bisa terbang itu dirakit dan diperbaiki dengan bantuan Turki maka nantinya F16 yang bisa terbang jadi semua 39 biji.

    Sampai sini udah jelas ?

    Kita lanjutkan :

    Jika asumsi Viper yang akan dibeli itu tanpa CFT maka Combat radius akan jadi seperti 39 F16 yang kita punya yaitu 550 km.

    Luas daerah tempur F16 adalah

    550 km x 550 km x 3,14

    Luas wilayah kedaulatan kita (tanpa ZEE) adalah 5.300.000 km2.

    5.300.000 / (550 x 550 x 3,14) = 5,579828394 skuadron

    Jika 1 skuadron kecil terdiri dari 12 unit maka 5,579828394 x 12 = 66,9579 dibulatkan 67 unit F16 yang kita butuhkan.

    Yang sudah ada 39 unit, jadi minimal kita harus beli berapa unit untuk jadi 67 unit ?

    67 - 39 = 28

    Jadi minimal Viper yang kita mesti beli adalah 28 unit dengan atau tanpa CFT.

    Sampai sini jelas ?

    Sekarang Sukhoi kita 16 biji dan mau beli Sukhoi lagi 11 biji.

    16 + 11 = 27

    67 + 27 = 94

    Target adalah 128 unit pespur yang bukan LCA.

    128 - 94 = 34

    Tinggal 34 unit lagi, tapi angka 34 ini tidak habis dibagi 12 yang adalah angka skuadron kecil. Supaya habis dibagi 12 maka saya tambahkan 2 hingga genapkan 36 sehingga bisa dibagi 12, sehingga hasilnya adalah 36 / 12 = 3 skuadron kecil.

    Kenapa 3 skuadron lagi ?

    A = Wilayah kedaulatan tanpa ZEE 5.300.000 km2.
    B = Wilayah ZEE 3.000.000 km2
    C = Batas darat 2914 km x 200 nm x 1,85 km/nm = 2914 x 200 x 1,85

    L= A+B+C

    R = √ (L / 3,14)

    K = 2 x 3,14 x R

    K = 10.853 km

    Radius tempur rafale 1.850 km

    Terbang arah kanan 1.850 km dan arah ke kiri 1.850 km = 2 x 1.850 = 3700 km

    10.853 / 3.700 = 2,9 dibulatkan 3 skuadron.


    Jadi rencana akuisisi Rafale akan tetap jalan 3 skuadron x 12 unit = 36 unit atau 3 skuadron x 16 unit = 48 unit

    Kalo Su-35 nggak jadi maka 48 rafale akan dipecah jadi 4 skuadron kecil yaitu 3 skuadron baru dan 1 skuadron pengganti F5.






    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mbah ntung nek dituku kabeh duite metu piro mbah?

      Hapus
    2. Jelas pak guru...πŸ˜ŒπŸ˜ŒπŸ˜…

      Hapus
    3. Tolong dihitung berapa duit kalo di beli semuanya,.. Biar sy bilangin ke tante Sri buat siapin duitnya...

      Hapus
    4. Dari semua pesawat tempur itu mana yg ada rudalnya ntung,Rafale,Sukhoi,F-16?
      Ente kalau ngitung jangan setengah2 ntung,dihitung mana pesawat yg bisa tempur dan hanya bisa terbang aja.itu pesawat tempur kan ya harus ada rudalnya.kalau cuman bisa terbang aja drone gue pun bisa terbang,emang usa junjungan ente mau kasih ijin seandainya TNI beli amraam dan sindeminder taruhlah 200 unit pasti ditolak ha.....
      Lupakan viver ganti Rafale biar mahal Rafale tapi harga diri bangsa terjamin gak ngemis2 kekongres untuk beli rudalnya,kalau mau murah terbang untuk mengintersep pesawat hitam beli aja jf sulpur,kan bukan buat perang beli viver pun gak bisa buat perang kok.. ya gak

      Hapus
    5. Pak kedubes rudal@ kalo USA ga mau kasi kita beli rudal untuk F16 RI tenang aja, ga usah panik, turki sudah bisa buat rudal pengganti si minder dan ame rame... Tinggal pesan pasti dikasi ame turki...

      Hapus
    6. Cuk, kok njaluk rudal terus kon iki.

      Apa rudalmu ilang merga dicokot kirik toh?

      Hapus
    7. Mosok pesawat tempur gak ada rudalnya,pesawat apa itu? Ih air kali aku!...
      Ente aja kalau rudalnya lemot pasti bunuh diri ya gak mas smilikiti weleh2...

      Hapus
  22. Enak ya nongkrong dimari...
    Kalo lagi puyeng mikirin saran dan solusi terbaik untuk negeri ini kita bisa ngerefresh otak sambil ngebuly negara jaran yang dihuni para askar beruk malas lagi sial serta pendengki yang kismin dan bego minta ampun.. Hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kmaren maren ente kemana aja bro? πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    2. Ngeluyur ngalor ngedol di yutube om pedang.. Cuma sekali sekali doank mampir dimari, nggak sampe ngopi ngopi sih... Cuma buat ngelonjorin pinggang biar gak pegel.... Hehe...

      Hapus
    3. Nah udah kena virus kemukus empire....om bs ambil kartu membernya di om hari atau mbah gono...bs di pilih mau silver ,gold atau platinum...semua tersedia....hahahaha

      Hapus
    4. Ashiaap om rian@ sy siap jadi marinir askar kemukus empire..

      Hapus
    5. Anda dpt voucer om...bs pilih U-19 ,U-21 atau U-23...hahaha

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Sing rodo ndrawasi bab F16 Viper iku....minongko sakwijine negoro kepulauan, kenengopo F16 Viper sing ditawakke marang RI ora disebut-sebut (ora ditawani) bab kemampuane nggotong rudal anti kapal lan jamming system kanggo nembus radar pertahanan udara lawan, kamongko bab iki wigati banget kanggone awake dewe πŸ€”

    Kamongko "si Ririn-mungil Gripen NG" lan Rafale kae wes komplit kabeh sumadiyo.....gari nari duite 🀷

    BalasHapus
    Balasan

    1. Kinten-kinten bab menopo nggih mas, gur syarat politis nopo yutro?

      πŸ˜πŸ˜‡

      Hapus
    2. Yen perkoro wigati nggene iki adate mas tungkir sing due infone 🀷

      Hapus
    3. setau aq mas.. sangat jarang F16 yg d lepas d pasar international yg d kasi source code utk mengintegrasikan harpoon sebagai ashm walaupun secara spek bisa. klo gak salah d luar AS itu taiwan & mungkin maroko yg pake. sementara sedari lahir baik gripen maupun rafale sedari lahir sdh mampu menggotong ashm (RBS15 & AM38 exo)tanpa embel2 source code. alternatif yg dpke biasa pke rudal anti kapal lain sperti AGM 119 pinguin sperti yg d pke norwegia & denmark

      Hapus
    4. Yen perkoro duit aku rodo cubriyo....mergo disik rikolo tuku F16, njur ditawani 10 biji F16 batalan seko pakistan ning ditampik kanti alasan duite ra cukup 🀷

      Ning sakbareniku malah mborong 32 hawk sing regane dimarkup 4 kali lipat....hopo tumon, hopo tuman πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    5. "Hanek frigat opo destro opomeneh carrier ditubruk rudal iki πŸ‘‡ rasane gor keri-keri, koyo diithik-ithik πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.

      Yen parikan coro samas nggono....."Kepang dieneng-eneng, wes temumpang gak keneng-keneng πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–"

      >>> ...alternatif yg dpke biasa pke rudal anti kapal lain sperti AGM 119 pinguin sperti yg d pke norwegia & denmark <<<

      Hapus
    6. Digangbang pinguin 4 mosok keri thok mas'e..? πŸ˜‚πŸ˜

      Weeh..padahal ngarep mburi kiwo tengen digempurn...πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    7. Ojo ojo kuwi dudu fregat, ning frigit...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Berarti tumbas sukhoi mawon mbah.. mengke gotong sapi brahmos πŸ‘

      Hapus
    9. Trus nek pengin grebek sarang tiongkol ten lcs ngagem scalp e rafale.. πŸ€€πŸ‘

      Hapus
    10. Sukhoine dewe gak keno dipasangi brahmos Om....rusiyo ra bakal ikhlas yen nganti pesawate di oprek njur dipasangi rudal gawean negoro liyo 😒

      Hapus
    11. Yo sing bakul brahmos di du karo bakul sukhoi sek wae...πŸ˜‡

      Lumayan, nggo tontonan..πŸ˜‚

      Hapus
  25. I WOULD RATHER CHOOSE INDOGS 100% MADE CORN IFX THAN FRANCE RAFAEL . . . .



















































































































    TO MAKE LAUGH


    WKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon stupid low iq nongol, dah dimakan obat sarap nya lon??? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Hajar kir...tungkir
      Buat sampe nyungsep kir..tungkir

      Hapus
    3. Negara raja cancel keluar kandang lagi πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    4. I WOULD RATHER CHOOSE PTM GEN 6 MALPIGS .. MADE BY TUN " M " ASSHOLE ..

      Hapus
    5. Negara lawak tuh begini:
      Pesawat terbang di darat
      Kapal laut didarat
      Kapal selam ngambang
      Duit DP menguap

      Dasar lu coward
      Wekekek

      Hapus
    6. Mobil terbang udah launching balon kuning kah??
      Test terbang meliuk liuk di menara petronas ??



      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus

    7. Inventory TLDM 2020

      KD Lemes
      KD Plastic
      KD Corona
      KD Ompong
      KD Karat
      KD Salah Potong
      KD lelet
      KD Altantunya

      Inventory TUDM 2020

      Cessna MKM
      JF-17 MKM
      Tejas MKM
      Heli Sewa MKM

      Inventory TDM

      Sticker Gempita
      Sticker Rimau
      Sticker Pendekar

      Rudal Taming Sari

      Senapang tembak Tupai

      Hapus
    8. Sebagai jiran yg baik bagusnye kite kene hibahkan fisang dan terong untuk jiran kesayangan kite ni.. Ade pon fisang untok dorang makan kerane dorang sebangsa beruk dan kismin tak mampu beli beras, dah terong buat dorang kongkek jobornye masing masing... Kerane kalo bangla yang kongkek jobor mereka tak tahan, rudal bangla besak besak... Hahahah..

      Hapus
  26. “Dia (Rafale) superior saat Pitch Black (2018) kemarin, karena radarnya sudah AESA (active electronically scanned array),” ujarnya.

    -----------------------------------
    eiitt ada lagi: ulang lg ahhh haha!😊😊😊

    stetmen diatas πŸ‘† seblom bliau tes rafale alias masi didarat haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    begitu abis nyoba, smua serba "CHUKUP" gaesz haha!🀣🀣🀣

    "CHUKUP" sopistiketit
    "CHUKUP" canggih
    kemampuan tempur diluar pandangnye "CHUKUP" baik

    Perancis Promosikan Jet Tempur Dassault Rafale | CNN ID Update
    https://www.youtube.com/watch?v=warFl9pw5So

    BalasHapus
  27. Viver pesawat mandul gak ada rudalnya
    Rafale pesawat hebat ada meteornya
    Sukhoi ada r27nya
    Boikot viver..........

    BalasHapus
  28. Balasan
    1. Aq ora ngenggo kompor mbah... Jek pawon 😌😌

      Hapus
    2. Podo pak aku nek mangsak malah tasih Bakar Batu .. koyo wong papua ...

      Hapus
    3. nganggo lpg 3 kilo, pun mboten ngangge kompor minyak telon πŸ˜…

      Hapus
    4. Masake nggo wedhak wong member kemukus

      Hapus
    5. Wuuiiihh.. Ono koncone aq.. Ijek ono seneng sing mulek2 keluk e ASAPπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
  29. " Hayo mesti takjub wong yen neng dashboard te Sukhoi gor ono odometer ala RX KING karo kenop ngge muter dangdutan.....dene yen F-16 kae saiki wes rodo pepak asesorise πŸ‘ŒπŸ‘"

    >>> smilinghari21230 Januari 2020 09.53

    Mudeng ora koe zon....bedane "Cukup" karo "Superior" 🀷

    "Cukup" kui yen ora due harapan bakal ditukokke, ning yen "Superior" kui gor garek mbalik ilat bareng dituduhke "iki duite go blonjo pespur" πŸ€—πŸ˜‡πŸ€—

    BalasHapus

    smilinghari21230 Januari 2020 09.55

    Katone kumendan Anton luweh katam kedigdayaane Rafale, ketimbang sukhoi sing saben dino dadi tungganane πŸ€” <<<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin selama ini beliau memendam kegundahan sehingga keluarlah kata "Cukup" tersebut...πŸ˜‡

      πŸ˜‚

      Hapus
    2. Sakjane ki aku pingin kita mborong gripen c/d ne si sweden.
      Wingi sing anyar kinyis-kinyis ana 14 lan sing lawas ana 95. Dadi nek diborong isa jumlahe 104 iji. Nek ora kleru gripen c/d sing pertama beroperasi tahun 2002. Lha nek jatah umur terbange 10000 jam lan terbang setahun 200 jam, maka umur operasine dadi 50 tahun dadine isa digunakke nganti 2052. Nek dikurang 1000 jam kanggo safety dadi isa digunakke 45 tahun nganti tahun 2047 ( 2047 = 2002 + 45).

      Hapus
    3. Opomaneh iki..
      Liyane umek anyaran kok sampeyan ngangkat bekasan..

      Emange bar di borong kuwi langsung iso diaburke?
      Ra perlu mbengkel sek?

      Iyo nek tuku motor mbah...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Lho walau bekas iku statuse operasional, ora dideleh gudang. Mumpung ready stock. Isa bvr, isa dog fight, isa anti kapal, wis pokoke paket komplit.

      Hapus
    5. Hanek sing C/D ki endurane gor cuedek je master....ga kuat dijak maen suwiiiii πŸ˜–

      Hapus
    6. Terdeteksi siap2 ngwenei Link porno maneh ☝��☝

      Hapus
    7. Hadeuuuuw....wong kok pijer suudzon wae πŸ˜₯

      Wingi link sing tak kirimke kae apik ora ki πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘apik kabeh pokoke

      Hapus
    9. Di gosok tisu sik mas smill ben iso suwi mabure

      Hapus
  30. Balas
    Superstar30 Januari 2020 10.02

    Rafale memang canggih... Tapi kok kuntet bin cebol gitu ya pesawatnya ?

    -----------------------------

    smilinghari21230 Januari 2020 10.11

    Sengojo digawe kuntet supoyo sayape duwe kapasitas angkut sing gede ....9,5 ton 😱😱😱

    ----------------------------

    hadeeuu dibilang "kontet" yg πŸ‘† aje uda ngambek, apalagi "cebol"...murka kumendan "ROYAL KEMUKUS AF" haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  31. "Pak bowo ki yen gojegan gak ngemong perasaan tenan......🀧😒😭"

    https://www.jejaktapak.com/2020/01/30/prabowo-bertemu-shoigu-dan-lagi-lagi-su-35-masih-tetap-dalam-proses/amp/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biang kerok ruwete barter Sukhoi ki.....wahid supriadi, ket biyen gor PHP thok 😀😀😀

      Hapus
  32. "Kudune rafale lan Viper ketuku....mergo wes kodrate MRTT sing iso ngempengi kanti 2 coro nemu pasangane 😍😘"

    https://youtu.be/8qsIMqhjlrM

    BalasHapus
  33. Gw biasa ketemu sales motor.

    Disini banyak sales pesawat tempur berkeliaran. Tapi sayang ga ada SPG nya.

    Mojok aja dah πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yokuwi Mas, rekosone dadi sales pesawat....wes kompetisine ketat, wes nggono sawangane gor garing kabeh πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–

      Hapus
    2. SPG nya ado ntuh om... Di umpetin om smilikity dijadiin dayang dayang di kraton kemukus empire... Datang aja ke kemukus empire, ready stock kok...hehehe..

      Hapus
  34. Rudale masih tiga tahun lagi.. sabar Yoo lagek digawe 🀣

    https://www.airspace-review.com/2019/12/30/raytheon-dapat-kontrak-membuat-rudal-amraam-termasuk-untuk-indonesia/

    Seng penting SU35 jalan terus..

    BalasHapus
  35. briking niuussszzz...
    kite gak bakal ninggalin ruski gaesz, soalnya selain alutsista, ROSNEFT uda ttd kontrak ama pertamina

    nilainya, $16 milyar dolar sahaje haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    https://www.globallegalchronicle.com/pertamina-rosnefts-us16-billion-engineering-contracts-for-a-high-tech-refinery-in-indonesia/

    BalasHapus
    Balasan
    1. alutsista emg fenting buat pertahanan

      tp soal ketahanan:
      kita lebih butuh jaminan ENERGI buat masa depan anak & cantrikwatinya om smilikity haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    2. putin bakalan dateng kesini bkn hanya utk urusan senjata doank,
      tp urusan duwit yg lbh gde gaesz, cem obama dulu kesini buat urusan buing haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    3. 4 penyulingan minyak adalah target utama kalo pengen mengatasi masalah impor BBM.

      gak ada yg suka klo kita punya minyak buat kebutuhan lokal,
      apalagi negeri2 calo yg slama ini makmur dr impor bbm kita haha!😳😳😳

      dia enak bs beli f-35, f-15, f-16
      jet tank tanker
      jet AEWC
      rudal hanud kelas wahid

      sedangken kita empot2an gaesz haha!😀😀😀

      Hapus
    4. salah satu projek apgred di cilacap, join dgn aramco keknya lg bermasalah, ntahlah antara lg bokek gegara perang ato ada "pengaruh" lain berakibat delay haha!😎😎😎

      Hapus
    5. Nah ntu nongol di detik kemarin om Pal, ada 500T lebih investasi mangkrak gara2 izin.
      Warbiasah.

      Hapus
  36. Balasan
    1. Kamongko aku arep ngirimi link1 meneh je Ki....njur piye jal πŸ™†

      Hapus
  37. Tak tambahi lobster ben cepet tekan 200
    πŸƒ‍♂️πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

    https://regional.kompas.com/read/2020/01/28/05521611/menteri-edhy-revisi-29-peraturan-kkp-baby-lobster-akan-diperbolehkan-dijual

    BalasHapus
  38. Nak iso ngenepin 500 komen ono diskon 70% nek kemukus lhoo😌😌

    BalasHapus