07 Januari 2020

Delapan KRI Tangani Natuna

07 Januari 2020


KRI Teuku Umar 385 dan rudal pertahanan udara dari TNI AD sudah hadir di Natuna (photo : Antara)

TNI-AL Tambah Lima Kapal Perang ke Natuna

JawaPos.com – Jalur diplomatik menjadi pilihan pemerintah Indonesia dalam menyikapi pelanggaran zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang dilakukan Tiongkok. Pada saat bersamaan, operasi penjagaan diperkuat. Bahkan, tambahan lima KRI dikirim ke Laut Natura Utara untuk mengintensifkan operasi.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono menyatakan, hubungan baik antara Indonesia dan Tiongkok harus tetap terjaga. Tidak boleh rusak lantaran dinamika yang terjadi di Natuna Utara.

Masuknya kapal nelayan berikut kapal Coast Guard Tiongkok ke perairan ZEE Indonesia di Natuna Utara, kata Yudo, sudah ditindaklanjuti. Bukan hanya pemerintah, TNI bersama instansi lain seperti Badan Keamanan Laut (Bakamla) juga bertindak. Mereka mengirim pasukan beserta alat utama sistem persenjataan (alutsista) ke Natuna Utara.

Yudo menegaskan, armada tersebut hadir bukan untuk bertindak gegabah. Melainkan sebagai tindakan persuasif. Yakni menyampaikan kepada kapal-kapal Tiongkok bahwa ZEE merupakan bagian dari Indonesia. Sehingga tidak boleh ada pelanggaran hukum, apalagi illegal fishing. Yudo memastikan bahwa arahan itu sudah disampaikan kepada para prajurit yang dikirim ke Natuna Utara.

Jenderal bintang tiga TNI-AL tersebut menekankan kepada para prajurit untuk melaksanakan tugas sesuai prosedur. ”Kehadiran kapal perang Indonesia adalah representasi negara. Sehingga mereka (Tiongkok, Red) seharusnya paham, ketika negara mengeluarkan kapal perangnya, negara sudah hadir di situ,” tandasnya.

Dilansir dari Batam Pos, saat ini tiga Coast Guard Tiongkok masih mengawal kapal ikan nelayan Tiongkok di perairan Indonesia. Posisinya berada di 130 nautical mil timur laut Pulau Bunguran. TNI-AL pun melakukan langkah persuasif. ”KRI Teuku Umar dan KRI Tjiptadi yang sedang patroli langsung melakukan komunikasi ke kapal Coast Guard Tiongkok dan meminta untuk segera meninggalkan wilayah ZEE Republik Indonesia,” kata Yudo.


Lima KRI dalam perjalanan menuju Natuna (photo : TNI AL)

Dalam situasi seperti saat ini, jelas Yudo, TNI-AL berusaha tegas, tapi menghindari terjadinya benturan. Nah, komunikasi secara persuasif dilakukan agar kapal asing, termasuk dari Tiongkok, meninggalkan wilayah ZEE di Laut Natuna. ”Tindakan pengusiran ini akan terus dilakukan. Baik di lapangan maupun secara diplomatik oleh Kemenlu,” ujarnya.

Tiga KRI lebih dulu

Selain kapal milik Bakamla, hingga kemarin sudah tiga KRI yang dikirim TNI-AL ke Natuna Utara. Dua kapal korvet KRI Tjiptadi 381 dan KRI Teuku Umar 385 sudah diperkuat satu unit kapal korvet lainnya, yakni KRI Usman-Harun 359. Komando Armada I yang berada di bawah Kogabwilhan I dalam operasi di Natuna Utara memastikan masih menambah kekuatan.

Kepada Jawa Pos, Kadispen Koarmada I Letkol Laut Pelaut Fajar Tri Rohadi mengungkapkan bahwa kemarin lima KRI lain berada dalam perjalanan menuju Natuna. Lima kapal tersebut akan ikut dalam operasi Kogabwilhan I di Natuna Utara. ”KRI Karel Satsuit Tubun 356, KRI John Lie 358, KRI Tarakan 905, KRI Sutendi Senoputra 378, dan KRI Teluk Sibolga 536,” jelas dia.

Fajar memastikan bahwa lima KRI berbagai jenis itu segera tiba di Natuna Utara. Terhadap seluruh pengawak kapal perang tersebut, Koarmada I menuturkan bahwa mereka harus menaati seluruh aturan dan hukum laut. Baik hukum yang berlaku di Indonesia maupun hukum internasional.

Seluruh tindakan yang dilakukan kapal-kapal TNI-AL harus dilaksanakan secara terukur dan profesional. Tujuannya ialah memastikan tidak ada tindakan gegabah yang bisa membuat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok terganggu. Mereka juga diminta melaksanakan rules of engagement (RoE).

See full article Jawa Pos

159 komentar:

  1. Malaysia nak kirim kd jembut sama arwah kd inderapura ke ZEE malon, nak kirim leMeS masih nggantung kat limbungan . .

    BalasHapus
  2. Kerahkan nelayan kita utk berkegiatan menangkap ikan di Natuna. Tp revisi dulu peraturan yg dibuat menteri KKP yg lalu. Baru nelayan kita bisa digiring ke Natuna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak ada eksplorasi disana spt penangkapan ikan diwilayah ZEE RI di Natuna oleh nelayan kita, maka hak pengelolaan yg diberikan ke kita berdasarkan UU international akan sia2,

      Edhy mana Edhy..? Kerja gitu aja kok lama banget. Revisi itu peraturan yg dibuat jaman bu SUSI secepatnya. Biar selesai urusan Natuna. Ini si Edhy malah ngurusin Lobster aja...🏃🏃🏃..💨💨💨

      Hapus
    2. ho'ohh..kolestrol tinggi tuch haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. uda dibilangin, yg treak2 masi kagak ngarti om choko haha!😇😇😇

      Hapus
    4. ada yg gak ngarti wilayah abu2 haha!😂😂😂

      Hapus
    5. ada yg gak ngarti wilayah teritori haha!🙄🙄🙄

      Hapus
    6. ada yg malah gak tau ZEE, pungsi dan dr mane haha!🤓🤓🤓

      Hapus
    7. Itulah bung PG. Masa segini banyaknya anggota disini, tp yg pinter kok cuma kita berdua aja ya bung PG...😆😆😆😆
      Ati2 ada yg ngamuk.bung.....😃😃😃

      Dikasi hak.pengelolaan ZEE gak dimanfaatkan alias dianggurkan, begitu ada nelayan asing mancing kok ngamuk2. Nanti dicabut haknya baru tambah bingung lg ya bung......🏃🏃🏃..💨💨💨

      Hapus
    8. Katanya banyak kandungan minyak, kandungan gas alam jg, lha kok masih dianggurin. Kapan mau diekplorasi.? Paling tidak pura2 datangkan kapal survey di Natuna. Biar ada gregetnya gitu lho.

      Hapus
    9. guwe ngarti dikit, baca dikit, ama sering nonton aje haha!🧐🧐🧐
      yg finter mach byk disini om choko. cuman gamfang fanas haha!🔥🔥🔥

      Hapus
    10. kafal hidros rrc dr awal taon 2019 malah uda keliling dari pasific di timur filipin, trus ke PNG ampe lanjut ke antartika.
      puter balik dr laut andaman masuk selat melaka, trus pulkam haha!😅😅😅

      org2 filipin di max uda treak2, ituw kafal uda eksplor diluar ZEE mrk sich, tp kan ngerih pasifik uda diubek2 haha!😅😅😅

      trus diutara PNG, makanya osi mao pake slh satuw pulau disana buat pangkalan.

      yg ngerih ituw kapal survey mrk muter2 di laut andaman, bok dket banget ama wilayah barat kita, tepatnya sumatera barat & aceh.
      ituw kapal survey lg bikin peta buat jalur2 kapal selam nuklir mrk.
      mungkin gak lama lagi, kutub selatan bakal perang besar.
      makanya osi sibuk beli pesawat cn-235 buat misi antartika skalian kapal dr koryo haha!⛄⛄⛄

      menhan bumi datar uda bertaon2 ngarep kita kirim ekspedisi. katanya kita berhak klaim es tong tong diselatan, buat masa depan anak cucu..sebab kelak sumber daya kita habis gaes, lbh baik bersiap daripada laferan?!@# haha!🌲🌲🌲

      Hapus
    11. Kebetulan waktu bung PG baca, aku mendengar dan menyimak bung. Dan kebetulan apa yg bung PG tonton saya jg numpang nonton disitu...jd sama takaran dikitnya...😆😆😆😆

      Hapus
    12. "Wong liyo wes nandangi werno-werno, sing kene tangi turu langsung kojah, rumongso bar entuk ilham.....jebul sirahe bar kejedug talang 😵😵😵"

      https://money.kompas.com/read/2016/07/26/214000426/menteri.susi.potensi.penangkapan.ikan.di.natuna.capai.400.000.ton.per.tahun

      Hapus
    13. lah guwe kan nonton starwos ame ip-4 bajakan om haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    14. @Choko
      Eksplorasi laut Natuna Utara buat migas sudah ada koq. Hasilnya kurang tahu. Apakah block-nya masuk nine dash line juga kurang ingat.

      Hapus
    15. https://www.thejakartapost.com/news/2020/01/06/first-line-of-defense-indonesia-to-populate-natuna-waters-with-fishers.html?utm_term=Autofeed&utm_medium=Social&utm_source=Facebook#Echobox=1578302863

      Udah didengar aspirasi ya om choko.

      Hapus
    16. Betul om @IM....saya lampirkan petikannya disini 👇"

      *>> Indonesia previously built a marine and fisheries hub at Selat Lampa Port on Natuna Besar Island, the outermost island in the Natuna Islands chain.
      Led by then-maritime affairs and fisheries minister Susi Pudjiastuti, the facility was built to accommodate fishing activities in Fisheries Management Area (WPP) 711, which includes the Karimata Strait, the Natuna Sea and the North Natuna Sea. It is equipped with cold storage systems and other facilities to support export activities and help develop the local economy. (dis/tjs) <<*

      Hapus
    17. 🙆🙆🙆....eeeehh, tapi gak salah itu "the diplomat" menyebut kalo bu Susi yg memprakarsai dan memulai pembangunan pelabuhan perikanan terpadu di natuna 🤔

      Achhhhhhhh, pasti Susi yg lain ini 😂😂😂

      Hapus
    18. Sdh dibilang aturan main yg dibuat bu susi itu direvisi dulu, baru nelayan kita bisa aktif diNatuna, kok masih ngeyel ngasi link segala. Program yg dibuat KKP itu utk pengadaan kapal yg dibawah 100 GT. Cuma 5 - 10 GT. Itu kapal unyu2 cuma bisa nangkap iwak kelotok dipesisir aja.
      Natuna itu ombaknya gede paklek. Paling tidak kapal 100 GT atau lebih yg bisa main disana. Lha klo cuma 5 -10 GT bisa habis digulung ombak Natuna. Itu makanya aturan penangkapan ikan di Natuna yg hanya membolehkan kapal dibawah 100 GT dirubah dulu. Supaya nelayan kita yg punya kapal2 diatas 100 GT bisa masuk kesana. Liat tuh kapal nelayan China sampe berani menggunakan jaring troll. Lha kalo mau bawa nelayan dr jawa barat, harus siap SPBU terapungnya disana, dan siap jg tempat penjualan hasil tangkapan nelayan. Masa nelayan harus bolak balik Natuna - Jawa hanya utk menjual hasil tangkapan, rugi diongkos. Sdh ada blom itu disana
      Itu permintaannya Asosiasi Perhimpunan Nelayan Indonesia.
      Potensi ikan yg ribuan ton kata bu susi itukan ada di batas ZEE. Bukan dipesisir pantainya yg biasa kapal kecil main2. Kalo dipesisirnya cuma ada iwak kelotok paklek.

      Njenengan ngotot lek o bener kulo dukung paklek.
      Itu makanya tempohari saya komen kebijakan yg dibuat KKP tdk sejalan dng aspirasi Nelayan. Dr mulai Keramba, batas besaran kapal yg boleh ke Natuna, termasuk penangkapan benih Lobster.
      Pengusaha lokal budidaya lobster selama ini mendapatkan bibit melalui pembelian bibit pada nelayan, bukan melalui pemijahan. Sementara aturan main yg ditetapkan bu susi dilarang menangkap bibit. Kalo lewat pemijahan tingkat keberhasilannya rendah, resiko besar bagi pengusaha. Itu pakar budidaya lobster yg ngomong kuwi, bukan aku

      Wes ora usah ngeyel neh paklek, nggarai mumet....😃😃😃😃

      Hapus
    19. Sampeyan ki sakjane ora mudeng....yen kapal ukuran 100 GT kui pengusaha gede sing kuwat ngoprasekke, yen nelayan cilik ora sanggup.

      Yen pengusaha gede wes iso ngurus awake dewe....

      Hapus
    20. Tur iku bu Susi mbagun pelabuhan perikanan terpadu neng natuna iku spy nelayan ora bolak-balik pantura-natuna....neng kono kejobo dd pelabuhan ikan, ubi lengkap karo fasilitas cold storage, bbm, air bersih lan sakpiturute 🤷

      Hapus
    21. "Mas mbok aku digolekke link babagan larangan iki 👇. ..aku tak melu weruh, yen ono 🤔"

      >>>Itu makanya aturan penangkapan ikan di Natuna yg hanya membolehkan kapal dibawah 100 GT dirubah dulu. Supaya nelayan kita yg punya kapal2 diatas 100 GT bisa masuk kesana. <<<

      Hapus
    22. Yoo...yooo....yen pancen ora ketemu tenan link e, yo ora usah dipeksakne, ndak malah kuru 😥

      Hapus
    23. "Sakngertiku ora ono aturan sing melarang kapal tonase 100 GT munggah beroperasi neng natuna 🤷

      Sing ono iku larangan 2 hal:
      1. Penggunaan alat tangkap sing ora ramah lingkungan
      2. Memanipulasi tonase kapal/GT

      Sakumpomo, 2 perkoro kui mau dipatuhi, mulo nelayan bebas arep nangkep iwak neng natuna, laut arafura utowo papan liyo sing akeh iwake. Koyo nelayan pantura ngisor 👇 iki 😎"

      https://ekonomi.bisnis.com/read/20170317/99/638016/nelayan-eks-cantrang-pantura-bergeser-ke-arafura-dan-natuna.-ini-hasilnya

      Hapus
    24. @smilinghari212 Hajar terus kumendan 😎😎😎

      Hapus
    25. Hajar pak lek.. Ni orang 11 12 kaya tungkir yg sukanya buat asumsi ga jelas.. wkwkw

      Hapus
    26. Yen njenengan mekso link, monggo niki paklek. Njenengan tau tp males gugling.paklek

      https://katadata.co.id/berita/2019/01/30/pengusaha-perikanan-minta-kkp-segera-revisi-pembatasan-ukuran-kapal

      Mpun jenengan debat maleh tanggal berita diterbitkan nggeh. Njengan toh bade tanglet mawon aturane pun. Niku wonten aturane pun.lan surat edarane pun paklek. Monggo.

      Pertanyaan mendasarnya paklek.
      Knp tdk diinstruksikan patroli rutin oleh KKP, bakamla dan TNI AL sejak setelah pak jokowi mengadakan rapat di natuna dulu.?

      Kenapa terjadi lg nelayan China masuk setelah terjadi penggantian pejabat.? Jika njenengan alasannya pak edhy menginstruksikan gerakan senyap, itu berlaku utk jajaran beliau saja paklek. Lhaa gmn dng bakamla dan TNI AL yg bukan dibawah jajaran KKP.? Knp ada kevakuman patroli.?

      Dalam konteks ini penilaian kita harus fair paklek, terlepas dari suka dan tidak suka, jika yg menjadi sorotan njenengan pak wowo.
      Jika alasan njenengan selama periode beliau terjadi kevakuman patroli, artinya CG China dan Nelayan China yg selalu memantau dan mengawasi kita bukan sebaliknya, krn mereka tau kapan vakumnya pengawasan. Ironis kan.? Bukan kita yg mengawasi dan memantau kita tp bahkan sebaliknyaereka menunggu kelengahan kita.
      Monggo analisa njenengan ikang fair paklek nggeh.

      Hapus
    27. Bhuahahaaa masih nyolot jg bahwa susi itu the perfect ya, eh unknown@ eh tolol asumsi yg mana????
      Kalau gk ada pelelangan ikan dinatuna biar sampai bongkok pun ente koar2 bersosilisasi pakai rayuan pulau kelapa gk bakal mau nelayan ramai2 kesana, nelayan itu butuh efesiensi jg dalam melakukan pekerjaannya dr duit sampai waktu, jangan paksakan teori anda agar diikutin nelayan karena nelayan yg kerja dan yg tau pasti untung ruginya ke natuna' FAKTA DILAPANGAN BERKATA HASILNYA ZONK klaim yg menyatakan bahwa udah mensosialisasikan agar nelayan jawa melaut dinatuna, yg ada hanya pencuri ikan negara lain yg mencari kesempatan tuk mencuri ikan,,,gk usah nyolot pakai KLAIM, iya emang bagus menenggelamkan kapal untuk determinasi tp kenyataannya dilapangan nelayan kita masih ogah melaut disana dijaman menteri kkp is the best itu berarti ada yg salah dengan theknis motivasi dan strateginya, malah tetep ramai jg pencuri ikannya dr negara lain dan tetep nekad,,,jd intinya semuanya emang butuh revisi lg dr strategi aturan main sampai trik memotivasi para nelayan seperti contohnya membuat pelelangan ikan khusus natuna dan memberikan kemudahan dr penyediaan kredit kapal yg ringan sampai kredit rumah murah untuk nelayan, kalau hanya modal koar2 bersosialisasinya memaksakan teori anda yg gk cocok ame nelayan biar sampai hari raya kuda natuna akan tetep sepi, yg ada hantu pencuri ikan dr negara lain yg menunggu petugas patroli lengah.

      Hapus
    28. "Aku rausah njawab, wong artikele wes menehi jawaban dewe....pengusaha oleh protes, ning pemerintah due kuwajiban njogo supoyo kabeh nelayan iso bersaing kanti sehat 👍"

      >>>Karenanya, Zulficar mengungkapkan pembatasan ukuran kapal salah satunya bertujuan untuk memberikan kesempatan nelayan kecil untuk melakukan tangkapan. "Kami tidak berpihak, setiap orang dari setiap daerah harus dapat bagian ikan," katanya.

      Ukuran kapal yang terlalu besar juga bisa membuat potensi transshipment semakin tinggi. Transshipment merupakan pertukaran muatan kapal di laut lepas, sehingga transaksi penjualan tidak terdaftar.<<<

      Hapus
    29. Trus ono aspek praktek transhipment sing dilarang neng sakindenging donya....praktek iki sing marakke, potensi iwak Indonesia botjor-botjor tanpo terdeteksi 🕵️🕵️🕵️

      Hapus
    30. Bayangkan hampir 5 tahun menjabat semuanya masih rancuh, ada peningkatan tp tetap tidak memberikan solusi yg ampuh untuk menyelesaikan masalah yg ada' ya produksi lobster kita meningkat menurut data si menteri tempo dulu tp produksi lobster vietnam jg meningkat meski tk sebesar indonesia tp mereka jelas untung BESAR karena mendapatkan benih dengan separuh harga dr harga benih dipasaran eksport' artinya penyeludupan benih lobster makin menggila dan vietnam semakin jaya, nelayan butuh duit tong meski ente blokir eksport masih ada jalur penyeludupan dan laut kita sangat2 besar biar sampai ente nyungsep gk bakal bisa nekan penyeludupan benih lobster melalui jalur laut yg dilakoni nelayan, suruhlah petugas patroli tuk periksain kapal2 nelayan kita => bukan kerjaan orang cerdas 😂😂😂
      Bla bla bla klaim sana sini tp fakta mengatakan dilapangan natuna sepi dr aktifitas nelayan kita, apa ini yg dikatakan telah memberi solusi???? Sekali lg yg dibutuhkan SOLUSI bukan susi.

      Hapus
    31. Gk laku artikel, lapangan berbicara kok.

      Hapus
    32. Bagus dan boleh tutup eksport benih lonster tp pastikan dulu ada cara/solusi yg tepat tuk blokir penyeludupan, ingat nelayan butuh duit jd jangan ada teori aturan yg bersifat menghancurkan penghasilan nelayan karena efeknya ya PENYELUDUPAN, sekali lg aku ingatkan laut kita besar dan sangat2 sulit menekan angka penyeludupan baik yg keluar atau pun yg masuk ke indonesia.

      Hapus
    33. @tungkir ya memaang dikau sukanya asumsi aja, bilangnya awak bakamla anak kemaren sore, pdhl petugas tergantung atasanya aja, atasan bilang suruh persuasif ya persuasif.. Sama juga TNI suruh aparatnya persuasif, ya dia ikut komando persuasif

      https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/1239576/tni-usir-kapal-china-dengan-persuasif

      Mengenai lobster lagi lobster lagi,hehe.. Kalau mau bicara fakta lapangan harusnya make data, menurut data dalam 3 tahun terakhir sejak 2015 s/d 2018, ekspor lobster kita kita meningkat 3 x lipat, justru yg dikatakan tungkir, yg katanya espor lobster vietnam meningkat, dalam 3 tahun sejak 2015 s/d 2018 mengalami penurunan yg kucup tajam walaupun msh fluktuatif.. bahkan pernah impor lobster vietnam lebih tinggi dr dr ekspornya.. Nah dr dr data kan jelas klo kebijakan bu susi sudah betul..

      https://katadata.co.id/analisisdata/2020/01/04/benih-dilarang-ekspor-lobster-benderang

      Duh aq kok susah ya coment nang kene dowo2, tulisane cilik2 soale nggo HP..

      Hapus
    34. Saiki lagi ungsum jeneng "unknown"......😀

      Hapus
    35. Tadi nanya maslah aturan pembatasan kapal. Begitu dikasih link aturan ngepot lg bahas masalah transshipment dan kesempatan nelayan kecil. Kok koyo bocah JKGr kae seng doyan ngepot2 argumenne.

      Gini ya paklek. Kpling nelayan dng kapal kecil dan nelayan dng kapal besar itu berbeda daerah operasionalnya paklek. Nelayan kecil kebanyak beroperasi didaerah teritorial sementara nelayan kapal besar didaerah ZEE sampai dilAut lepas, makanya operasionalnya sampe berbulan2.
      Emangnya nelayan kecil berani melaut di ZEE spt natuna yg bergelombang besar.? Katanya potensi ikan di Indonesia banyak sampe jutaan ton, knp harus takut.? Lalu jika nelayan kecil tdk mampu menangkap ikan dilaut yg bergelombang besar spt sekitar ZEE, pertanyaannya lalu siapa yg harus menangkap didaerah itu sementara ada aturan pembatasan ijin padahal potensi ikan didaerah itu melimpah.? Monggo njenengan jawab. Jng ngeles bukan urusanku/bukan tanggungjawabku...😀😀😀

      Masalah pelabuhan perikanan terpadu, kemampuan tampung dan transaksi brp ton.? Jika utk nelan kecil dng kapal 5 - 30 GT memang bisa tertangani. Tp begitu yg sandar kapal diatas 100 GT yg hasil tangkapannya bisa lebih dr 30 ton pola transaksinya yg kebanyakan dr buyer luar gmn.? Brp lama.?

      Jng masalah ketidak mampuan kementrian terkait utk membuat aturan main transshipment lalu mengambil jalan pintas dng melakukan pembatasan klasifikasi kapal.

      Yen pengusaha gede wes iso ngurus awake dewe.
      --------------------------------
      Lhaa niki nopo toh paklek 👇

      https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51003737

      Kenapa gak nyuruh nelayan kecil utk boyongan ke ZEE Natuna paklek.? Kok malah nyuruh nelayan pantura yg rata2 kapal tonase 100 GT keatas yg diboyong kesana.?
      Katanya jawaban njenengan biar nelayan kecil bisa tangkap ikan jg dan pemerataan hasil tangkapan ikan. Monggo pencerahane pun. Mboten usah ngepot2 nggeh.😄😄😄

      Hapus
    36. Sebenarnya jaman bu Susi sdh ada program pengadaan kapal induk perikanan. Utk menghindari kasus2 transshipment, dan penindakan ilegal fishing.
      Jika memang ini sdh jadi harusnya bisa segera dikerahkan kedaerah2 spt ke Natuna utk menampung hasil tangkapan nelayan ditengah laut. Apa kabarnya skrng kapal ini.? Sdh operasional atau blom.?

      https://makassar.tribunnews.com/2017/06/11/dirjen-perikanan-tangkap-kkp-pantau-persiapan-kapal-induk-nelayan-ikan-di-pt-iki

      Hapus
    37. "Sakngertiku ora ono aturan sing melarang kapal tonase 100 GT munggah beroperasi neng natuna"
      -------------------------------

      Kalo gak ada larangan knp ketua Himpunan Nelayan Indonesia mengeluarkan statment yg ditujukan ke pemerintah yg meminta agar aturan pembatasan kapal penangkapan direvisi.? 😊😊😀

      Hapus
    38. Yg bilang produksi lobster tidak meningkat siapa????? BACA YANG BENER BARU ENTE NYEROCOS,,,SIAPA BILANG PRODUKSI LOBSTER VIETNAM MENURUN?????

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20191222112757-4-124998/perang-dagang-bikin-vietnam-untung-dari-lobster-ri-keok-lagi

      Hey selagi vietnam berani ambil benih lobster 10.000/ekor buat apa nelayan pencari benih lobster jual ame penampung lokal dengan harga 2000/ekor, kalau pun ada yg jual ame penampung lokal dengan harga 2000/ekor itu karena sinelayan pencari bibit lobster gk punya jalur tuk seludupkan,,mikir ya mbok yg bener jangan mikirnya kaki dikepala, kepala di kaki 🤷‍♂️🤦‍♂️

      Intinya susi tidak pernah menemukan SOLUSI yg TEPAT untuk menyelesaikan masalah lobster dan nelayan agar mau melaut di natuna, masalah meningkatnya produksi lobster indonesia ya emang udah seharusnya seperti itu tp apakah ada prospek solusi untuk membunuh produksi lobster vietnam???? Malah penyeludupan makin gila dan vietnam untung BESARRR, karena nelayan penangkap benih lobster emoh tangkapannya dihargai 2000/ekor ame penampung lokal yg belum tentu membesarkan seluruh benih tersebut tp menjual sebhagian balik ke vietnam dengan cara tetep menyeludupkan jg,,,capek dech 😂😂😂🤦‍♂️

      Hapus
    39. Sebagai negeri maritim yang tengah berupaya membangun diri menjadi poros maritim, Indonesia sejauh ini masih mengekspor lobster yang kebanyakan diperoleh dari tangkapan nelayan. Nilai ekspornya mencapai US$ 30 juta menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) per 2018.

      Bangga? Nanti dulu. Vietnam melaporkan bahwa nilai ekspor lobsternya bakal mencapai US$145 juta pada akhir tahun ini, nyaris lima kali lipat dari capaian Indonesia tersebut di atas,,,baca dan BUKA MATAMU LEBAR2 👇👇👇

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20191222112757-4-124998/perang-dagang-bikin-vietnam-untung-dari-lobster-ri-keok-lagi

      Hapus
    40. Baca bawahnya lagi dunk bro biar ga nanggung

      Namun, budidaya lobster Vietnam memiliki kelemahan karena mereka mengandalkan bibitnya dari Indonesia. Maklum saja, lobster sampai sekarang sulit untuk dipijahkan di luar habitatnya. Itulah mengapa mereka harus melakukan apapun untuk mendapat bibit lobster dari negara lain seperti Indonesia.

      Dan Indonesia kali ini bakal mengalah dan melepas peluang lobster di pasar China, karena bakal membuka ekspor bibit lobster. Kebijakan ini sama artinya mendukung industri akuakultur lobster di Negeri Ho tersebut dan melibas peluang budidaya dan ekspor lobster nasional.

      Jika membuka kran ekspor bibir lobster akan mendukung industri lobster vietnam dan akan melibas budidaya lobster lokal.. Dapat dikatakan kebijakan susi udh benar dg pelarangan ekspor tsb..

      Bangga? Nanti dulu. Vietnam melaporkan bahwa nilai ekspor lobsternya bakal mencapai US$145 juta pada akhir tahun ini, nyaris lima kali lipat dari capaian Indonesia.

      Nilai ekspor lobster vietnam BAKAL MENCAPAI bla bla bla akhir tahun ini.. dapat dikatakan kalimat tsb masih prediksi krn nilai ekspor lobster sebenarnya vietnam tahun 2019 belum ada datanya, misal tungkir ada datanya bisa kasih unjuk,hehe..

      Aku kok susah yo koment dowo2 nggo hp, tulisane cilik cilik.. iki nek diteruske yakin tembus 300comen,wkwkw

      Hapus
    41. Jiahhhh kalau ente komentar ya mbok dipikir dulu, jangan nyolot tp ujungnya pamer ketololan,,,,lha angka prediksi itu berarti angka relistisnya gk jauh2 amat dr situ' mikir yg bener itu hampir 5 x lipat, iya benih milik indonesia tp kalau kagak ada SOLUSI YANG TEPAT UNTUK MEMBLOKIR PENYELUDUPAN sama aje ente membuat vietnam enak tenan dapat benih setengah harga dr harga benih legal, ya para nelayan pencari benih lobster pasti emoh jual ame penampung lokal yg memberi harga 2000/ekor' lha para penampung vietnam pasti berani kasih harga 10.000/ekor ke atas untuk benih2 lobster yg diseludupkan nelayan indonesia, lha kalau ente aje diposisi nelayan pencari benih 100% pasti ente emoh jual ame penampung lokal dengan harga 2000/ekor, gk usah berteori bla bla bla bukti mengatakan PENYELUDUPAN GILA2AN dan eks menteri yg kalian sebut the best itu mengakuinnya, bisa gk ente kontrol dan tau pasti data angka penyeludupan???? Lha kalau emang blokir eksport efektif tu vietnam dah goyang, lha faktanya hampir 5x lipat dr produksi indonesia meski masih bersifat prediksi tp pasti angkanya gk jauh2 amat dr situ.

      #mikir_pakai_otak_bukan_pakai_nyolot 😂😂😂

      Hapus
    42. Lha faktanya investor malah milih nangkring di vietnam meski indonesia yg jd penghasil benih, hebat banget ya strategi blokir eksport tanpa ada straregi yg tepat tuk memblokir penyeludupan,,,hebaaatttt 👍👍👍😂😂😂🙆‍♂️🤦‍♂️

      Aku dukung blokir eksport tp harus ada strategi YANG TEPAT UNTUK MEMBLOKIR PENYELUDUPAN, kalau tidak ada strategi yg tepat sama aje ente membuat produksi lobster vietnam makin berjaya, membuat kebijakan itu gk boleh ngotot dengan teori yg bener untuk ente sendiri tp menyesakkan untuk kehidupan nelayan yg menggantungkan hidupnya dr hasil mencari benih lobster, kebijakan itu harus memikirkan semua elemen yg menggantungkan hidupnya disitu.

      Hapus
  3. Cina membangun tanpa restu PBB berbagai pangkalan di Kepulauan Spratly.

    Dan itu adalah hal yang wajar. Sudah sering saya ingatkan, pada hakekatnya tidak ada batas negara yang ada adlah batas kekuatan.

    Kalo Indonesia lemah, Natuna akan menjadi milik China, kalo Indonesia kuat ...,maka setidaknya ada batas di Natuna antara wilayah Indonesia dan kekuasaan China.

    Tindakan ekspansif adalah hal yang wajar dilakukan negara kuat terhadap negara lemah.

    BalasHapus
  4. Adakah diantara KRI yg dikirim itu yg berisi yakhont?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakont sebiji lawan dongfeng...ambyar

      Hapus
    2. Yakhont di KRI OWA 354
      Yg berangkat KRI KST 356 bawa rudal C 802

      Hapus
  5. Sebagai negara besar dan Sumber daya alam yang kaya, sudah sangat wajar jika negara2 kuat ingin mencaplok wilayah kaya.

    Wilayah Natuna kaya akan minyak bumi, ikan dan lain sebagainya. Kekuatan militer China dibandingkan dengan negara2 ASEAN juga jomplang.

    Sangat wajar jika Cina menguasai kepulauan Spratly dan faktanya memang sudah dikuasai China.

    Indonesia butuh kapal Induk, suka atau tidak suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hedew kapal indul lagi...pesawat terbang aja kurang buat cover wilayah indonesia...buat defense aja belum cukup mas...kapal induk itu buat negara dengan doktrin ofensif...menyerang sebwlum diaerang...dan ada gugus kapalnya...gak cuman kapal induk doang...butuh destroyer dan kapal lainnya buat ngawal..terus mau diisi apa kapal induknya ...super tucano ??

      Hapus
  6. kirim354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354354haha!💪💪💪

    BalasHapus
  7. Jika terjadi perang total, Indonesia tidak mungkin jika hanya bertahan di kepulauan Natuna.

    Indonesia minimal harus menyerang dan menghancurkan pangkalan2 China di Spratly, untuk mematikan daya serang China.

    Untuk itu butuh setidaknya kapal Induk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Induk apa dek,? Induk ayam atau Induk sapi.?

      Mau nyerang pake apa dek.? Rudal yg kita punya aja bisa dihitung jumlahnya. Sedangkan jumlah rudal China jumlahnya unlimited dek.

      Hapus
    2. Kepengen kapal induk... Isinya apa nduk?... Telor...😂😂😂

      Hapus
    3. Dulu kita punya kapal induk kapal selam. Itu bahasa IJN, kalau bahasa Royal Navy jadi submarine tender. Bahasa Rusianya, markas terapung kapal selam. XD

      Hapus
  8. Hajar bleh ..jangan kasih kendor, jangan seperti malon askar jaguh sekawasan yang jumpa CCG hanya shadowing jer ...lembik sangat ... mental tisu .😋😎

    BalasHapus
  9. Gak sepadan masa menghadapi sekelas coast guard China harus KRI yang menghadang, kalo maisaly China terjunkan destro nya lalu yang menghadang apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya dulu dek. Destronya ada senjatanya gak.?
      Kalo ada, tanya lg senjatanya apa aja.
      Trus tanya lagi kapan mau nyerangnya.
      Yg terakhir ditanya dek, serius mau nyerang apa gak.?
      Kalo jawabannya gak serius ya utk apa kita menghadang dek. Biarkan aja.

      Hapus
    2. KRI hadir untuk menegaskan bahwa negara hadir.

      Hapus
  10. Kok pada ngebet perang..😑

    Hanya karena CCG trus kita open fire itu dah 1-0 buat mereka, selanjutnya tinggal nambah margin score lagi di merekanya...😑

    Berani itu harus diikuti ama akal sehat..😑

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Choko (ahlinya ahli)7 Januari 2020 07.30

      Kalo gak ada eksplorasi disana spt penangkapan ikan diwilayah ZEE RI di Natuna oleh nelayan kita...."

      🙄 Aku gor kemutan pesene bu Menkes :" Biasakan sarapan sebelum jam 9, supaya bisa membedakan EKSPLORASI vs EKPLOITASI......😪"

      Hapus
    2. @PS, Yg pingin perang cuma Ahmad gak jelas tuh 😅

      @Omhari, barangkali typo ato lupa 😁

      Hapus
    3. Iyae ...salah nulis aku paklek. Sepurane mawon nggeh paklek
      Mungkin akibat sarapan sego putih ceplok endok diuwuri kecap. Ben dino iki sanggup ngecap paklek...🏃🏃🏃..💨💨💨

      Hapus
  11. Sebenarnya CCG ngga bakal sampe Natuna kalo Malay bisa mengusir mereka, tapi sayang mereka ngga berkutik 😅

    BalasHapus
  12. Sebenarnya Malaysia pun menginginkan Natuna menjadi Wilayahnya, dan itu sudah sering diungkapkan orang Malaysia.

    Kalo militer Malaysia cukup kuat.

    Maka PASTI kepulauan Natuna dicaplok Malaysia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada Headlinenya mas di media sana :

      The Natuna Islands: 'Malaysian in geography', Indonesian in sovereignty.

      "Indonesia formally included Natuna Islands as part of its territory in 1956, a year before Malaysia’s independence and six years before the Indonesian Confrontation with Malaysia erupted"

      Based on this fact, Malaysia’s claim, if any, over the Natuna Islands may be rebutted on the fact that it has remained silent over Indonesia’s administration on those islands that has taken place for almost 60 years.

      Until now, Natuna Islands remain with Indonesia even though they are geographically and historically closer to Malaysia.

      ---------------------------------

      Sebetulnya kalau dari segi lokasi memang secara ideal nya milik Malaysia mas, tetapi karena pulau ini sudah terdaftar di UN sejak 60 tahun lalu maka agak sulit untuk bergabung ke Malaysia lagi, kecuali bila negara ini sekuat China secara militer mungkin bisa terjadi, case sederhana adalah kepulauan Malvinas/Falkland yang secara geografi sangat sangat jauh dari British Raya tetapi secara hukum international adalah milik mereka hasil dari aneksasi jaman dahulu.

      Hapus
    2. Kalau kata sejarah si om awal abad 19 pulau natuna masul wilayah kesultanan Riau om...

      Sama isi dari Anglo-Dutch Treaty pada tahun 1824...itu natuna di bawah kendali belanda...atas dasar itu om...thn1958an di daftarin ke UN natuna masuk ke wilayah Indonesia...katanya begitu om...hehehe

      Hapus
    3. Bego amat sam njing. Malaysia sodara sama indo masa malaysia mengklaim natuna?

      Hapus
    4. Sodara gimana. Bahasa beda. Isi otak beda. Kelakuan beda.

      Hapus
  13. Klewang kapan jadi klewang.? Lundin kerja lelet banget ngerjain cuma 1 gitu doank. Dr mulai kasel 403 lg dibuat sampe kasel 405 uji laut, klewang sampe sekarang gak rampung2. Jng ikuti jejak LCS negara tetangga yg nda pernah cecah air donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran juga sama lundin ni.. ini penyembabnya dari lundin atau pemerintah. Perlu disentil yg bikin lama.

      Hapus
    2. Klewang gk sampe 7 tahun pengerjaannya cem LCS om

      Hapus
  14. Kepulauan Hawaii dulu asalnya adalah hasil caplokan USA.

    Sekarang sudah jadi wilayah kedaulatan USA.

    BalasHapus
  15. Kepada saudara banser untuk mempersingat waktu sila mendaftar ke kodim masing'

    BalasHapus
  16. Mantab Prabowo,, ayok China silakan masuk,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap lembeknya,cina itu sahabat Indonesia kata Wowo ndar

      Hapus
    2. Loh ini yg pasukan dan KRI jg perintah Prabowo,, jgn diliat kata", liat tindakan nya,, perang itu tipu muslihat, siasat,, jgn cm diliat di permukaan,,

      Hapus
    3. Jalur komando dari Presiden langsung ke panglima kalau tidak salah. Tidak lewat Menhan.

      Hapus
    4. Jokowi perintahkan TNI segera meluncur ke Natuna dan Natuna tdk bs ditawar2 lg,Natuna dan lautnya adalah milik Indonesia kata presiden,baca berita ndar

      Hapus
    5. "Mungkin dalam kondisi tertentu, hal itu bisa dikecualikan lho om @IRS....spt menurut link 👇ini, dimana menhan bisa intervensi kewenangan KKP, ikut mencari aturan yg menghambat nelayan melaut ke natuna 🤔"

      https://m.detik.com/news/berita/d-4849137/tentukan-langkah-selanjutnya-soal-natuna-prabowo-tunggu-arahan-jokowi?tag_from=wpm_nhl_40

      Hapus
    6. "Mungkin yg dimaksut iskandar dan om IRS itu cuma.beda bahasa....padahal tujuannya sama 🙏🙏🙏"

      https://metro.tempo.co/read/1291992/normalisasi-vs-naturalisasi-anak-buah-anies-beda-bahasa-doang/full?view=ok

      Hapus
    7. Wah, kalau itu kurang tahu. Komentar saya tentang KRI. Hear say dalam militer itu masalah serius. Pertanggung jawaban harus jelas. :P

      Hapus
  17. Udah saatnya Bakamla pesen kapal gede², klo bisa ukuran 150m, buat laga kambing sama CGnya China.

    Turunin KRI di Natuna malah bikin kita terlihat paniknya, TNI cukup backup aja dari jauh..

    BalasHapus
  18. Kapan yo 212 demo ke Kedubes cina bela Natuna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habib rizieq nya lagi ngumpulin masa di arab, buka FPI cabang Arab 😂😂😂😂

      Hapus
    2. Mereka benci banget ma aseng padahal. Cocok dikirim ke natuna biar head to head adu banteng

      Hapus
  19. Udah² ga usah sindir²an, baik Banser maupun 212, klo ada perintah turun perang, 22nya pasti yang terdepan maju, jangan² kita² ini yang slalu menyindir mereka malah yang kabur..

    BalasHapus
  20. Buat Mas Sam :

    Lumayan belajar History nih

    Once upon a time, there was a kingdom called Johor-Riau. It rules over the modern day Johor, Singapore, Riau, and Riau Archipelago. By the Anglo-Dutch Treaty of 1824, the kingdom was split into two. One kingdom, which became British vassal ruled over Johor and Singapore, and the other kingdom, which became Dutch vassal ruled over Riau and Riau Archipelago.

    The treaty set the Singapore strait as the border. Those at the north of the border became British vassal and those at the south of the border became Dutch vassal. Therefore, technically speaking, Natuna should become British vassal.

    However, Natuna was somewhat forgotten, therefore when Johor king complained to UK in 1886 that Natuna should be part of Johor (and thus part of the British Empire), the British government simply responded that by that time Natuna had been unequivocally controlled by the Dutch.

    Fast forward to the mid 20th century, a new nation state called Indonesia was born in 1945. The territory covers all Dutch East Indies territory. Thus, naturally, Natuna became part of Indonesia. In 1956, Indonesia government issued a letter of patent which explicitly made Natuna Indonesian territory. At this time, Malaysia and Singapore were still British territory. British government didn’t complain, either.

    Therefore, the reason Natuna didn’t become part of Malaysia is because the Johor administration in the 19th century was too lazy to bother about Natuna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantul bro...dan juga harus berterima kasih sama Sang Proklamator Ir.Sukarno yg cepat mengambil alih kepulauan Natuna....se7 pasang rudal Bastion atau Brahmos di Natuna..

      Hapus
  21. Install rudal pesisir P bastion dijamin musuh mikir2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikir buat nembakin rudal hipersonik nuklirnya aja?

      😛

      Hapus
    2. Anti dot Dong Feng-41 misil cruisernya Cina opo cuk

      Hapus
    3. Sementara ini : doa.

      😁

      Udaah, mikirnya fokus tangkal CCG & KIA aja, ga usah lebay mikirin perang, itu hanya bikin mereka ketawa.

      😁

      Hapus
  22. Sebelum berkomentar mendingan kita belajar dulu apa itu ZEE ?

    Berdasarkan Pasal 4 UU No 5 Tahun 1983, Indonesia memiliki hak untuk eksplorasi dan eksploitasi di kawasan ZEE. Pelayaran dan penerbangan internasional bebas dilakukan asalkan sesuai dengan hukum internasional yang berlaku.

    Negara lain pun diperbolehkan mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber daya alam di kawasan ZEE, dengan syarat meminta izin terlebih dahulu ke pemerintah RI.

    Kendati demikian, Indonesia hanya bisa menegakkan hukum di wilayah perairan itu. Indonesia mengusir kapal-kapal itu bukan melalui perang. Sebab, wilayah yang dimasuki oleh kapal China itu ialah wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Natuna Utara. Natuna Utara adalah hak berdaulat berupa ZEE dan bukan tentang kedaulatan.

    Wilayah laut sebuah negara dibagi 3 :

    - Laut teritorial : 12 Mil dari garis pantai (kapal masuk kesini tanpa ijin maka negara diperbolehkan menembak)
    - ZEE : 188 Mil dari Laut Teritorial > Perairan ZEE berstatus laut lepas, demikian juga status udara di atasnya. Di wilayah tersebut berlaku kebebasan bagi pelayaran dan penerbangan. Ketentuan-ketentuan hukum mengenai ZEE diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 1983.
    - Landas kontinen : Setelah Teritorial dan ZEE (super bebas)

    Sebelumnya, Guru Besar UI bidang Hukum Internasional, Prof Hikmahanto Juwana, sudah meluruskan mispersepsi terkait perselisihan laut Natuna. Dia mengatakan ada kesalahpahaman mengenai Coast Guard China dan wilayah kedaulatan Indonesia.

    "Di masyarakat dan berbagai media mempersepsikan bahwa Coast Guard China memasuki wilayah kedaulatan Indonesia. Padahal persepsi demikian tidak benar. Sejumlah kejadian menunjukkan Coast Guard China dan kapal-kapal nelayan China memasuki wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Natuna Utara," kata Hikmahanto dalam keterangannya, Senin (6/1/2020)

    Gimana frens ? Dah paham sekarang kenapa TNI tidak boleh gegabah nembak kapal lain di ZEE ? ya karena jelas jalur ZEE itu international zone, begitu TNI nembak maka sudah pasti RI ada di pihak yang kalah di mata international karena melanggar peraturan menembak sebuah kapal asing di jalur ZEE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka ngotot masukin ZEE kita karena ZEE kita kelas DESTROYER...😁

      Hapus
    2. "Ini lagi dicariin solusinya sama pak bowo mas 🤷"

      ***>>>"Kita tentunya gini, kita masing-masing ada sikap. Kita harus cari satu solusi baik lah di ujungnya. Saya kira ada solusi baik," ucap Prabowo, Jumat (3/1).<<***

      Hapus
    3. Sesuai dgn UU UNCLOS PBB Indonesia berhak atas ZEE dan kekayaan alam dibawahnya om,negara lain tdk berhak atas kekayaan alam di ZEE Indonesia om,cina sudah meratifikasi/menandatangani UU UNCLOS PBB berarti Cina mengakui Indonesia adalah negara kepulauan sesuai dgn UU UNCLOS PBB

      Hapus
    4. "Ternyata gak semua forumer di formil itu berdarah panas lho om Super, seperti saya nemu di formil sebelah ....komen yg cukup santuy ...cool gitu kata orang 😇

      Mungkin bliau 👇 ini adiknya Ruspentil, pelawak srimulat tempo dulu .....🤔"

      #>>>
      Ruskinthil 🐷 06/01/2020 Reply

      Ketegangan di natuna tidak tepat dihadapi dg “adu otot” semata, apalagi secara sporadis dan reaktif karena sudah ketahuan perbandingannya.

      Tapi mengadu gagasan besar tentang kedaulatan di laut ZEE dan konsistensi cara mengelola serta mengamankannya.

      Dengan mendorong nelayan-nelayan di pantura jawa & pantai timur sumatera utk mengisi zona penangkapan ikan di ZEE Natuna, yg disertai dg pengawalan dr Bakamla dan unsur TNI AL, serta menuntaskan pembangunan zona pelabuhan ikan terpadu di pulau natuna yg sekaligus mjd titik bekal ulang bagi kapal-kapal kita yg berorasi di ZEE Natuna adalah jawaban jangka panjang yg tercepat dlm menangkal akai-aksi pencurian ikan oleh nelayan asing <<<#

      Hapus
    5. Luar biasa tetap kepala dingin dan smart mas 😃👍

      Hapus
    6. ☝️ Beliau namanya mas @Ruskinthil....mungkin adiknya pelawak Ruspentil, jadi orangnya tetep santuy 🤗😇🤗

      Hapus
  23. Nelayan kita ogah ke Natuna krn jauh. Cukup mencari ikan didaerah reklamasi pulau buatan Jakarta masih banyak ikan " katanya " ����.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nelayan kita tak punya kapal canggih dan modal cukup . Makanya himbauan pemerintah untuk hijrah ke natuna sepertinya tak mereka respon .Pemerintah harus fasilitasi kredit dan dampingi agar mereka bisa berhasil jika ke Natuna.

      Hapus
    2. Ya kalau mau di buka program transmigrasi Nelayan ke natuna.
      Di buatkan rmh jadi nelayan & keluarganya ikut pindah.
      Bukan sekedar kapalnya ja yg pindah.
      Buatkan kapal ikan yg besar2 yg ada cold storagenya.dilengkapi alat yg canggih & komunikasi.
      Nelayan2 kecil di natuna di buatkan kelompok nelayan agar bisa mengawaki kapal nelayan yg besar2.
      Pemerintah harus modalin.
      Dari dulu juga nelayan dari pantura di suruh ke natuna..ya mikiiirrr.cuma di suruh doank.

      Hapus
    3. Tapi kalo liat nelayan china, taiwan dan jepang. Memang sangt luar biasa jauhnya mereka mencari ikan. Kalo liat di Discovery channel nelayan Taiwan itu sampai ke Madagascar atau guam atau kepulauan Palau. Kapal hitungan 250-300GT. Cuman mereka punya transhipment ship. Sekali melaut harus dapat ratusan bahkan ribuan ton. Alat tangkap pake trawl. Beda dengan nelayan US. Cukup pake alat pancing buat kakap merah dan kerapu.

      Hapus
  24. Jika 3 instansi (bakamla, polair, kplp) jadi digabung jadi IDCG maka saya berimajinasi dana anggarannya cukup untuk pengadaan dan operasional :

    13 unit 173 meter ex ticonderoga class
    19 unit 110 meter kn tanjung datu class
    15 unit 80 meter kn pulau marore class
    16 unit 73 meter kp yudistira class
    18 unit 60 meter
    24 unit 48 meter
    28 unit 42 meter

    Total 133 unit kapal di atas 40 meter

    Kenapa untuk Indonesian Coast Guard saya pilih ex Ticonderoga class dibanding Absalon class atau Iver class ?

    Sebab jarak jangkau Ticonderoga hanya 11,1 ribu km dibanding Iver / absalon yang 17 ribu km.

    Jadi Ticonderoga lebih cocok untuk bakamla yang hanya sampai ZEE.

    Bayangkan kalo nelayan kita di natuna cari ikan dan didampingi kapal sebesar Ticonderoga, kapal pencuri bakal ngaciiiir.

    Atau awak ticonderoga yang berjumlah 300an orang, separuhnya bisa direkrut dari nelayan. Jadi sambil patroli🚔 sambil 🎣 tangkap 🐟. Palka di depan dan belakang yang tadinya untuk tempat VLS bisa dialih fungsi jadi cold storage untuk 🐟 hasil tangkapan. Walau ombak 🌊 sedang tinggi tetap bisa menangkap ikan. Lumayan biaya operasional kapal selama berlayar bisa dibantu ditutupi oleh penjualan ikan hasil tangkapan.

    Iver class biarlah untuk AL sebab jangkauan Iver lebih jauh dari Ticonderoga.

    Itu imajinasiku

    🏃🏃🏃🏃🏃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha sekarang pertanyaannya....kalo pemerintah membuka lagi ijin bagi KIA beroperasi di laut Indonesia, seperti di era sebelum mentri KKP dijabat oleh bu Susi, trus kapal sebanyak itu bakalan magabut dong master 🤷

      Hapus
    2. "Seperti yg ini nih 👇....aturan yg melegalkan KIA nangkepin ikan diperairan RI 👎👎👎"

      https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-2875821/menteri-susi-kita-sudah-usir-7000-10000-kapal-eks-asing

      Hapus
    3. Jadi intinya IDCG nyambi mancing gitukan? 🤣

      Hapus
    4. "Jangan dibolak-balik faktanya 👎....mosok ngaku laki, hobinya bolak-balik fakta 👙👙👙"

      https://m.liputan6.com/bisnis/read/3940261/menteri-susi-telah-usir-10-ribu-kapal-asing-pencuri-ikan

      Hapus
    5. Ijinnya khan belum dibuka, baru di omongan doang.

      Hapus
    6. Yaaaaa kan, master dulu mo nikahin anak orang juga pake omongan dulu.....gak langsung dibawa pulang kan 🏃💨💨💨💨

      Hapus
    7. Ya kalo kelanjur dibuka lagi ya ditutup lagi lah, gitu aja repot.

      Hapus
    8. Maaf master....itu komen jam 11.24 tidak ditujukan utk master lho 🙈🙈🙈

      Hapus
    9. Jawaban saya di 11.31 itu untuk jawab komen anda di 11.28

      Hapus
    10. "Lha repotnya kalo sudah telanjur dibuka lagi karena menyangkut duit yg sangat besoaaaaaaar 💲💲💲"

      https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20150811165543-92-71453/kebijakan-menteri-susi-bikin-perusahaan-ikan-china-rugi-besar

      Hapus
    11. Bisaaaak aja master ini....mosok udah dibuka, mo dipulangin lagi 🤦🤦🤦

      Hapus
    12. Makanya ambil dulu si Tico, dimodif pakai cold storage dan crane untuk cantolan jaring penangkap ikan.

      Siapa yang berani nubruk kapal ikan yang diberi meriam air, meriam sungguhan, jammer dan rudal?

      Baru sesudah itu aturan ditutup lagi. Yang rugi khan perusahaan ikan China, kita tadinya rugi malah jadi untung kalo ditutup lagi.

      Hapus
    13. "Sengaja tak share link-link ini supaya kita punya ingatan yg panjang dan konstruktif 🙏🙏🙏"

      https://www.matamatapolitik.com/indonesia-tangkap-jaringan-kapal-china-untuk-perangi-illegal-fishing-namun-fokus-media-berbeda/#comment-13165

      Hapus
    14. "Bayangkan, menurut the diplomat ☝️....setiap tahun kekayaan laut kita yg dicuri atau dibawa keluar negri mencapai 💲20 milyar dan kita masih tetap berharap negara asing bebas menguras laut kita 😤😤😤"

      >>>Indonesia adalah penghasil ikan terbesar kedua di dunia, 5.000 kapal beroperasi secara ilegal di perairan Indonesia setiap tahun, membuat sebuah olok-olok kedaulatan Indonesia dan mengakibatkan kerugian tahunan lebih dari $20 miliar.<<<

      Hapus
    15. Dan kita masih berpikir yang receh-receh ...melegalkan ekspor benih lobster, mengundang KIA asing nangkring ikan di laut kita, melegalkan transhipment, melegalkan jaring cantrang&pukat harimo yg merusak plasma nuftah 🙆🙆🙆"

      Hapus
    16. Jadi bakamla sekalian ngrekrut nelayan getu ??

      Hapus
    17. Konsep Pertahanan rakyat semesta.

      Dalam Kapal Ikan Asing (KIA) dari Cina pun yang menjalankan adalah nelayan cina yang jadi milisi.

      Nelayan kita yang dirugikan karena adanya KIA, maka nelayan kita pun harus ikut direkrut oleh negara jadi milisi cadangan.

      Hapus
    18. Mas Smili, lha mantrinya mungkin habis kejedot beton balkon rumahnya jadi dia amnesia.

      Hapus
    19. Coba ditanyakan sama mas Jumakir saja master ....mungkin punya infonya 🤷

      Hapus
    20. Ticonderoga ditenagai 4 mesin...turbin gas pulak...kn tanjung datu yang dua mesin bakamla ngos2an buat mendanai bbmnya...tambahin dulu dana operasional bakamla....baru minta hibah ticonderoga...itupun kalo dikasih....barang uzur biasanya juga buuh banyak perawatan....gak sebanding sama fungsinya

      Hapus
    21. "tambahin dulu dana operasional bakamla"


      Apa sampeyan nggak baca kalimat saya yang pertama :

      "jika 3 instansi (bakamla, polair, kplp) jadi digabung jadi IDCG"

      Kalo jadi digabung 3 instansi itu maka anggaran IDCG bisa menjadi sekitar 21-25 triliun. Itu artinya dana operasional bisa jadi 6,3 triliun ato lebih.

      Hapus
    22. Kalo jadi digabung 3 instansi itu maka anggaran IDCG bisa menjadi sekitar 21-25 triliun. Itu artinya dana operasional bisa jadi 6,3 triliun ato lebih....boleh tau itunhan darimana ini ??

      Hapus
    23. Eh yg dibutuhkan itu SOLUSI bukan KLAIM bla bla bla, anda memaksakan agar teori anda cocok ame nelayan ya udah ente aje yg jd nelayan,,,gk laku klaim, FAKTA DILAPANGAN NELAYAN OGAH MELAUT DINATUNA => BERARTI ADA MASALAH.

      Hapus
  25. Ternyata China hanya takut sama bu Suci pujianstuti.

    BalasHapus
  26. Ini kesuksesan strategy cina,susupkan proxy lemah kan dari dalam di laut terus coba menerkam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proxy war nya ya termasuk ya memasukkan Narkoba ke indo.
      Biar indo orgnya pada konslet.
      Yg Kecanduan narkoba terus meningkatkan kejahatan maling lah begal lah dll.

      Hapus
  27. Kita liat aja sebulan, dua bulan sampai 6 bulan,,,bila kerja sama ekonomi indo - china semakin meningkat berarti fix ini serial drama misteri gunung berapi' main drama itu harus ada aksion 🤔🕵️‍♂️🕵️‍♂️🕵️‍♂️

    BalasHapus
  28. Belajar dari pulau Sipadan dan Ligitan yg berhasil direbut Malaysia dari Indonesia.

    Alasan Malaysia menang dalam sengketa ini karena Malaysia terrnyata lebih banyak punya jejak kehadiran membangun kedua pulau ini .

    Walaupun bukan rahasia ,ini berkat bantuan dari negara eropa tertentu . Buktinya kedua pulau itu dikelola oleh pengusaha Perancis.

    Sama halnya dgn ZEE milik Indonesia di Natuna ternyata kehadiran nelayan asing lebih dominan dari pada nelayan Indonesia.

    Di Indonedia teriak aseng ,asu kuasai kekayaan Indonesia tapi potensi kekayaan ini tdk dikelola oleh PENGUSAHA INDONESIA.

    Mereka lebih senang investasi di PILKADA, PILGUB dan PILPRES serta BERANAK CUCU di BUMN dengan BISNIS SILUMAN.

    Kapan sadaaaaarnya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente pikir ini indonesia yg dulu???? Sadarrrr ini new indonesia, pemerintah jg gk mau konyol akibat isu2 yg dihembuskan media eropa dan us atas mesranya kerjasama ekonomi indo - china, kasus uighur dan upaya pemerintah memblokir eksport nikel jg rencana blokir eksport hasil tambang lainnya' ente pikir isu yg dihembuskan media us dan eropa ini masalah spele???? Kita pernah hancur lebur diera tahun 90 an akibat ekonomi kita di obok2 us dan barat' apa ente mau ini terjadi lg????? Natuna secara hukum internasional sah milik indonesia jd jangan samakan kasus drama zona ZEE natuna ini dengan kasus sipadan dan ligitan, ini tidak seperti yg terlihat karena aku mengendus ada aroma drama mesteri gunung merapi' drama ini sangat2 bagus menurutku untuk meredam isu2 yg dihembuskan media us dan barat tentang kemesraan indo - china, kasus sikap politik indonesia terhadap isu uighur dan upaya pemerintah memblokir eksport nikel yg dipelintir media barat' isu ini sangat berbahaya bila tidak diredam karena efeknya sangat berbahaya bagi ekonomi indonesia yg belum bener2 kuat, dengan adanya drama ini paling tidak terbantahkan isu hubungan mesra indo - china dan yg paling buat ane senang usul2an penambahan anggaran militer punya peluang mulus untuk disetujui legislatif dengan adanya drama ini.

      Hapus
    2. Raden Situngkir. Inti dari komentar sy.
      Elit politik dan simpatisannya di Indonrsia STOP RIBUT dgn SALING MENYALAHKAN.

      Lihat kasus BANJIR JAKARTA , PILGUB dan PILPRES . Saatnya kita bersatu.

      Njlimeeet sangat utk mengajak " BERSATU BAGI BANGSA INDONRSIA ".

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Negara ASEAN yng tegas sama Cina cuma Indonesia dan Vietnam, dan yng punya konflik dng Cina soal LCS cm Vietnam. Negara yng konflik lainnya cma bisa nunggu ada negara yng bergerak tegas terhadap Cina, macam Malaysia setelah Indonesia mengerahkan armada ke Natuna soal Pelanggaran Cina di Natuna, baru Malaysia mau berkicau lagi soal LCS, stlh kemarin dibungkam Inves triliunan sma Cina.

    BalasHapus
  31. Ia luar biasa apabila saya fikir semuanya telah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Mrs. Karina Rolanda datang untuk menyelamatkan saya hidup saya. Saya sangat terhutang budi kepada orang-orang yang saya meminjam dari geng memerangi saya dan kemudian menangkap saya akibat hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tangguh diberikan kepada saya apabila saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan membuat wang untuk membayar semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahawa ada pemberi pinjaman sah secara online jadi saya harus mencari melalui blog yang saya ditipu sebelum tetapi apabila saya menemui SYARIKAT KARINA ROLAND LOAN, Tuhan mengarahkan saya untuk iklannya di blog kerana tarikan saya untuk itu benar-benar satu keajaiban mungkin kerana Tuhan telah melihat bahawa saya mempunyai banyak penderitaan itulah sebabnya dia mengarahkan saya kepadanya. Oleh itu saya memohon dengan penuh semangat selepas beberapa jam pinjaman saya diluluskan oleh Lembaga dan dalam masa 24 jam saya telah dikreditkan dengan jumlah yang tepat yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Peribadi ketika saya bercakap dengan anda sekarang saya boleh jelaskan semua hutang saya dan sekarang saya mempunyai supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya makan atau mengambil pembiayaan, apa jua keputusan saya tidak mempunyai urusan dengan Polis, saya kini wanita yang bebas. Anda ingin mengalami kemerdekaan kewangan seperti saya, sila hubungi Ibu menerusi e-mel syarikat: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak boleh membahaskan fakta bahawa dalam kesulitan dunia ini anda memerlukan seseorang untuk membantu anda mengatasi kewangan perolehan dalam hidup dalam satu cara atau lain, jadi saya memberi anda mandat untuk mencuba dan menghubungi Puan Karina Roland di alamat di atas supaya anda dapat mengatasi kemelesetan kewangan dalam hidup anda. Anda boleh menghubungi saya melalui e-mel berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Sentiasa menjadi positif dengan Puan KARINA ROLAND dia akan melihat anda melalui semua cabaran kewangan anda dan kemudian memberikan anda pandangan kewangan dan kebebasan baru untuk mengatasi semua kebimbangan anda.

    BalasHapus
  32. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

  33. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  34. Permainan Judi Tembak Ikan ini telah menjadi permainan judi online yang sangat booming dan sangat populer di berbagai kalangan. Permainan dengan bonus jackpot yang sangat besar dan cara bermainnya yang cukup mudah menjadi salah satu faktor pendongkrak kepopuleran permainan ini.

    Hilangkan kebosanan anda dan mainkan Permainan Judi Tembak Ikan Online sekarang juga ! Tembak dan bunuh Bosnyaa... Menangkan Jackpot Sampai Ratusan Juta Setiap harinya ...

    Promo Judi Tembak Ikan Online Linkaja88

    » Bonus Deposit New Member 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback s/d 10%
    » Bonus Referral 7% + 2%
    » Lucky Draw Berhadiah Smartphone & Lainnya

    Judi Tembak Ikan Online Dapat Dimainkan Via Smartphone Android & iOS

    Bandar Judi Tembak Ikan Deposit Linkaja
    Kunjungi Link » https://www.linkaja88.net/bandar-judi-tembak-ikan-deposit-linkaja/

    Situs Agen Judi Tembak Ikan Online
    Kunjungi Link » https://www.linkaja88.net/situs-agen-judi-tembak-ikan-online-linkaja/

    Untuk kalian yang butuh informasi lebih lengkap dan lebih jelas, Langsung saja hubungi Customer Service kami yang bertugas 24 Jam di bawah ini :

    • Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    • ID Wechat : Bolavita
    • ID Telegram : +62812-2222-995
    • ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum
    Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    ALLAH memberkati kalian semua!
    Terima kasih.

    BalasHapus
  36. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  37. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  38. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  39. Nama saya Azmi, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi amaran kepada orang yang mencari pinjaman, mereka banyak penipu dan pinjaman pemberi pinjaman palsu di internet. Saya ingin berkongsi kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH menolong saya dengan Ibu Alicia Radu setelah saya tertipu dengan 6 pinjaman pinjaman. Saya hampir putus harapan sehingga ALLAH menggunakan ROBBI dari saya untuk mendapatkan pinjaman saya sebanyak RM 10,000 dari ibu Alicia Radu dalam masa kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan kadar faedah 2%.

    Saya sangat terkejut ketika memeriksa baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah yang saya hantar dihantar terus ke akaun saya tanpa berlengah. Oleh itu, saya berjanji bahawa saya akan berkongsi berita baik agar orang ramai mendapat pinjaman mudah tanpa tekanan. Oleh itu, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi emel Alicia Radu ibu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan anda dalam mendapatkan pinjaman.

    dan anda masih boleh menghubungi ROBBI yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui e-mel: (robbi5868@gmail.com)

    Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (azmi88455@gmail.com) jika anda memerlukan maklumat mengenai bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Ibu Alicia Radu,
    semoga ALLAH terus memberkati ibu Alicia Radu Dan adalah Keluarga

    BalasHapus
  40. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  41. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  42. Linkaja88.net Menyediakan Deposit & Withdraw Via E-Money Linkaja Ovo, Gopay, Dana, Sakuku, Doku, Jenius, JakOne & Paytren !

    Selain Itu Juga Tersedia Deposit Via Pulsa XL & Telkomsel Dan Juga Transfer Antar Rekening Bank (Berlaku Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia) !

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Jumatan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Jumatan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Tersedia :
    » Judi Bola Online / Sportsbook
    » Sabung Ayam ( Wala / Meron )
    » Casino Live ( Player / Banker )
    » Slot online ( Mesin Jackpot )
    » Togel Online ( Toto Online )
    » Bola Tangkas ( Tangkasnet / 88Tangkas )
    » Tembak Ikan ( Fishing Hunter )
    » Poker Online
    » Domino
    » Dan Masih Banyak Lainnya.

    Pendaftaran Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus