23 Januari 2020

Boeing’s Autonomous Fighter Jet Will Fly Over the Australian Outback

23 Januari 2020


Robotic aircraft will accompany human-piloted planes, adding firepower and thwarting enemy attacks
 (photo : Boeing)

If you drive along the main northern road through South Australia with a good set of binoculars, you may soon be able to catch a glimpse of a strange, windowless jet, one that is about to embark on its maiden flight. It’s a prototype of the next big thing in aerial combat: a self-piloted warplane designed to work together with human-piloted aircraft.

The Royal Australian Air Force (RAAF) and Boeing Australia are building this fighterlike plane for possible operational use in the mid-2020s. Trials are set to start this year, and although the RAAF won’t confirm the exact location, the quiet electromagnetic environment, size, and remoteness of the Woomera Prohibited Area make it a likely candidate. Named for ancient Aboriginal spear throwers, Woomera spans an area bigger than North Korea, making it the largest weapons-testing range on the planet.

The autonomous plane, formally called the Airpower Teaming System but often known as “Loyal Wingman,” is 11 meters (38 feet) long and clean cut, with sharp angles offset by soft curves. The look is quietly aggressive.


Graphic show details of Boeing's Loyal Wingman concept (image : Graphic News)

Three prototypes will be built under a project first revealed by Boeing and the RAAF in February 2019. Those prototypes are not meant to meet predetermined specifications but rather to help aviators and engineers work out the future of air combat. This may be the first experiment to truly portend the end of the era of crewed warplanes.

“We want to explore the viability of an autonomous system and understand the challenges we’ll face,” says RAAF Air Commodore Darren Goldie.

Australia has chipped in US $27 million (AU $40 million), but the bulk of the cost is borne by Boeing, and the company will retain ownership of the three prototypes. Boeing says the project is the largest investment in uncrewed aircraft it’s ever made outside the United States, although a spokesperson would not give an exact figure.

The RAAF already operates a variety of advanced aircraft, such as Lockheed Martin F-35 jets, but these $100 million fighters are increasingly seen as too expensive to send into contested airspace. You don’t swat a fly with a gold mallet. The strategic purpose of the Wingman project is to explore whether comparatively cheap and expendable autonomous fighters could bulk up Australia’s air power. Sheer strength in numbers may prove handy in deterring other regional players, notably China, which are expanding their own fleets.

“Quantity has a quality of its own,” Goldie says.

See full article Spectrum

83 komentar:

  1. Balasan
    1. Miyabi eh salah sorabi jd nenek 🀭😁😁😁

      Hapus
  2. LIST PENGADAAN ALUSTSISTA KUNJUNGAN KEMENHAN KE RUSIA :

    1.Admiral Gorshkov-class frigate
    2.SU 35
    3.SU 34
    4.M-54 Kalibr MISSILE
    5.K-300P Bastion-P
    6.Karakurt-class corvette (PENGGANTI PARCHIM CLASS)

    BalasHapus
    Balasan
    1. List untuk arwah leluhur bisa tenang di syurga... Amin

      Hapus
    2. AmiiiiinπŸ˜ŒπŸ˜ŒπŸ˜ŒπŸ˜ŒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    3. Ora ono radar eeπŸ™„πŸ€”

      Hapus
    4. Namanya juga lagi darurot @sorabi hanuet.....jadi badan maklum kalo kelupaan πŸ˜–

      Hapus
    5. kenapa nggak sekalian versi 3m-14 Kalibr nya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. Sekarang musim robot
    1. Tank robot
    2. Drone
    3. Kapal robot
    4. Cewek robot
    5. Miyabi robot
    6. Silahkan teruskan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg tidak bisa adalah.. Dukun robotπŸ€—πŸ€—

      Hapus
    2. Formiler malon robot...
      (robot gedheg) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  4. Qvisioner.23 Januari 2020 08.22
    Tupez 0122 Januari 2020 23.17
    Koyo ne ada yg mulai kurang sreg dengan produk2 korea...padahal yg janjinya bisa dipegang & benar2 mau memberikan & terbukti Tot ya koryo....
    kalou yang bermasalah pihak korea itu perlu dikaji ulang semua kerja sama....
    tapi kalou yang bermasalah dari pihak kita itu yang jadi masalah besarnya....karna kita tau semua pada dasarnya politik berhangus masih berlaku pada politikus negri ini....tak perduli itu baik atau buruk yang ditingalkan orde terdahulu apalagi lawan politik semua harus dihapus jejaknya....!!!
    jadi perlu dipertanyakan lagi apa penyebabnya dan apa pernasalahanya.....jangan mengorbankan kepentingan bangsa hanya karna egosentrik dari segelintir elit polotik....!!!

    BalasHapus
    Balasan

    Tupez 0123 Januari 2020 08.29
    Koryo lagi nunggu kita...
    Kalau gak ya pasti sudah di campakan dari program KFX/IFX.
    Tapi koryo juga mengapresiasi kemampuan enjiner kita bukan kaleng2 & mereka butuh itu juga.

    Kita masih nego lagi masalah : Hak kekayaan intelektual kita
    Produksi berbagai komponen
    Dapat diijinkan menjual IFX
    Penurunan jumlah pembelian dari 50 menjadi 16 unit saja.


    Superstar23 Januari 2020 08.51
    Ada alur politic di pembuatan alutsista.

    KFX/IFX jelas ada DNA US disana, hampir semua teknologi terkini US coba diadopsi oleh project ini. US tahu Indonesia ini agak sulit dijadikan allies US atau Nato makanya akses ilmu penting ini agak ditahan untuk diberikan ke RI melalui jalur pihak produsen Korea. Ini yang sepertinya baru disadari pihak RI sehingga di negosiasikan kembali.

    Kelemahan atau bisa juga Keunggulan RI adalah memiliki produk terkini dari kedua kubu militer yang saling bermusuhan dan ini terkadang tidak dianggap bagus bagi salah satu kubu, atau kalau bahasa Depoknya "Guwe kayak kagak ikhlas ngasih elmunya semua ke elu, soale elu ikut ngelmu di perguruan sono juga sih..." :-D


    Raden_situngkir23 Januari 2020 09.45
    Gk harus adopsi ilmu teknologi us untuk dalamannya ifx, saab jg udah nawarkan diri untuk dalaman ifx kita' untuk mesin kita lg rayu rusia untuk join produksi, gk masalah kalau emang harus keluar dr pengembangan bersama kfx/ifx tp lanjut dengan jalan sendiri, jangan jd ada niat segelintir orang yg mau berhentikan pengembangan ifx ini, hargai usaha menhan terdahulu yg udah susah payah sampai ngomong muncrat2 tuk loby sana loby sini, jangan gara2 ambisius jd presiden rencana2 program kemadirian dikorbankan, emangnya langsung hebat kalau mendatangkan rafale 48 unit' mau jd pembeli selamanya???? Susah kalau menhan termakan omongan sales2 pengejar fee, justru blunder bila sampai pengembangan ifx ini berhenti oleh ulah manusia2 hoby import demi fee.


    Qvisioner.23 Januari 2020 09.46
    masuk diakal semua baik tupez maupun superstar...!!!
    tapi baik jalan apa pun harus terus mengutamakan kepentingan nasional ketimbang hal sepele apa lagi hanya sekedar ego elit...!!!
    sebenarnya strategi apa pun dipakai adalah kemauan kita dan usaha kerja keras kita sendiri...itu yang perlu digaris bawahi...adapun hal berkenaan dengan kerja sama baik tot atau apa lah namanya,itu hanya sekedar gula dan pemanis saja...karna semua negara tidak ada yang benar benar rela membagi hasil kerja kerasnya...karna pada dasarnya mereka juga berusaha untuk apa yang mereka peroleh pada saat ini walau berbagai macam cara mereka lakukan...!!!
    sayang untuk kita memang sedikit terlambat untuk melihat bahwa industri strategis adalah salah satu jalan untuk menjadi bangsa besar dan disegani...!!!
    tapi kita juga harus ingat yang terpenting dalam membangun satu hal diperlukan bukan hanya kemauan kuat dan tekat saja tapi juga kekuatan ekonomi dan politik yang utama adalah visi cerdas(qvisioner)dan langkah konsisten...jadi sudah seharusnya politik berhangus dihilangkan dari palsapah negri ini....ambil yang baik buang yang buruk perbaiki yang kurang baik itu seharusnya yang kita lakukan...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. seorang pemimpin tak perlu mahir dalam segala macam teori dalam berbagai bidang ilmu...yang diperlukan iyalah hanya visi yang baik serta mampu menilai seseorang yang kompten untuk dijadikan pembantu untuk menterjemahkan visinya...!!!

      Hapus
    2. Cape mata bacanya kangmas...
      Bikin notulen rapatkah?

      Hapus
    3. biar kamu cerdas baca dan pahami dengan teliti...karna semua ringkasan dari ribuan kliping koran dan siaran tv...!!!
      karna wanita yang cerdas bukan hanya memikirkan asukan gizi untuk membesarkan payudara dan bokong saja tapi juga tau bagai mana membagi asukan gizi tersebut untuk perkembangan otaknya...!!!
      jangan juga tidak dirawat dada dan bokongnya...karna itu suatu yang selalu didambakan baik wanita maupun pria yang memandangnya.

      Hapus
    4. Kasih link saja apa susahnya?

      Minimal pakai editing sedikit. Budaya copy paste itu kurang bagus.

      Hapus
    5. kalou ringkasan dari ratusan bahkan ribuan makalah bagai mana mau dikasih link...lagian sumber bukan hanya satu media online...contoh diatas saya ringkas dari majalah bobbo edisi 80an akhir...!!!
      terus bagai mana saya mau kasih link nya...???

      Hapus
    6. kopi paste banyak macamnya ada langsung ada juga editan ada juga tulis ulang yang disertai opini pribadi...!!!
      sah aja karna engak ada hak ciptanya tapi memang kurang etis kalou kita tidak menyebutkan sumbernya termasuk dari sesama komentator lainya...seperti selama ini terjadi...saya engak mau tunjuk hidung siapa saja orangnya...cuma kalou merasa ya maaf lah...!!!

      Hapus
    7. 😁😁😁🀣🀣

      Hapus
    8. makasi bung setan pedang atas penerimaan maaf saya...!!!
      πŸ˜…πŸ˜†πŸ˜†
      saya engak paham maksud irs tentang kopi paste komen diatas...padahal saya cuma pindahkan komentar kekolem artikel lainya tapi kalou bung irs masih penasaran link nya liat aja diartikel dibawah...tanpa perlu link...!!!

      Hapus
    9. Aku kah??? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. @Qvisioner
      https://defense-studies.blogspot.com/2020/01/boeings-autonomous-fighter-jet-will-fly.html?showComment=1579753060401#c3253613451837337862

      Hapus
    11. xixixixi...gemblong koe kang...πŸ˜…πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  5. Ini pasti pesawat buatan Malon speknya sama πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  6. Aku kok krungu kabar manuk pating sruwing yen program IFX lan pengadaan SU-35 bakal kukut mergo maneko warno alesan sing kurang nguntungke RI lan pinongko gantine AURI bakal nyandingke F-16 Viper minongko pesawat multirole malasan Typhoon trance 4 minongko pesawat air superiority....kanti opsi ing temen mburi bakal nyecek F-35 minongko kekuatan kanggo mbobol sistim pertahanan udara darbeke mungsuh πŸ•΅️πŸ€”πŸ˜–

    BalasHapus
    Balasan
    1. smilinghari21223 Januari 2020 11.46

      Aku kok krungu kabar manuk pating sruwing...

      =========

      Manuke sopo mas'e?
      Yen unine manuke Master tung munine ra ngono jeeh...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Opomaneh manuke tulang kae..πŸ˜‚

      Hapus
  7. https://lancerdefense.com/2020/01/23/wamenhan-ingin-cn235-dikembangkan-untuk-keperluan-komersial/

    CN 235 mau bawa ke mak erot gess wkwk.. bagus sih.. klo programnya clear kan artinya ni pecawat buat komersil oke buat militer daya tampungnya jg makin gede 😁 win win solution.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo Om, cuman yen basise seko pesawat militer nggono koyone ora due ruangan kargo neng sisih ngisor kabin penumpang je.....πŸ€”

      Hapus
    2. Nah entuh wkwk.. semoga nandi dipikirkan desain interiorny.. mbuh pie kudu iso 🀣

      Hapus
    3. Palingo model koyo.kompartemen barang neng area ngarep ekor pesawat....koyo nek neng new to pramek kae πŸ’‘

      Hapus
  8. Lah N-245, R70 gimana? Tinggal kasih duwit kok susah πŸ˜‘

    BalasHapus
  9. Salah satu komponen 6th gen fighter nih. Tinggal pertanyaanya mereka pakai apa buat command vehicle? F-35 belum ada yg twin seat. IMHO bagusnya ada co-pilot buat system seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan F-35 gak beroperasi sendiri mas..doi link dalam satu tim tempur...😁

      Hapus
    2. Dengan AI, mungkin suatu saat twin seat fighter tinggal cerita lama...πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    3. Menurut saya dengan AI malah twin seat lebih penting. Anggap saja butuh onsite supervisor. Bayangkan tiba2 wing man anda mendadak kena Alzheimer. Kalau link terdesrupsi kira2 begitu.

      Keunggulannya jelas, satu flight manusia bisa melakukan tugas satu skuadron atau satu wing. Cost jadi jauh lebih murah. Efektifitas juga bisa jauh lebih tinggi. Tapi yah resiko seperti tadi.

      Smart devices are imbeciles.

      Hapus
  10. Boeing jet?? muantab ini buat latihan menembak su-30mkm malaysia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. gayamu looooon.. MALOOONS... sesama BABU nenek Elizabeth dilarang cakar2an. πŸ˜…πŸ˜… Kamu mau kontrak kemerdekaan 999 tahun diperpanjang jadi 2000 th.. kahkahkahkah..

      Hapus
  11. https://m.detik.com/finance/industri/d-4870176/jokowi-beri-pr-ke-prabowo-kembangkan-senjata-serba-otomatis?tag_from=wpm_widget_news

    Waduuuuh abhot PR eeπŸ€”πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Neng kemukus wiwit biyen wes akeh serba otomatis nggih mbah...😎


      (otomatis njengat)

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Full otomatis...
      Standar baku kawet jaman ora enak mas😌

      Hapus
  12. MOU pertanian antara Indonesia dan Italia..

    https://kemlu.go.id/portal/id/read/982/berita/indonesia-italia-tandatangani-mou-kerja-sama-pertanian

    Bau2nya kok ada "main mata" antara Indonesia dan Italia ya.. hahaa.. soalnya jika sawit benar2 di blokir masuk Eropa.. Industri margarin Italia bisa kolaps pak.., wkwkwkwkkwk.. Indonesia butuh Ferrari dan Lamborghini, Italia butuh Sawit.. impas kan.. 😁😁. Kalau perlu Ferrari dan Lamborghini bikin pabrik disini, soalnya Indonesia semakin banyak dihuni horang-horaang kayaa.. hahaa.. mantaaaaapp..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan.. prospek sawit masih bagus kedepan. Alangkah baiknya kita beli sawit ke malaysia. Kita monopoli pasar sawit dunia πŸ˜πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ€­πŸ€­πŸ€­πŸ€­ bimsalabim

      Hapus
    2. Nggak hanya mrgarin. Permen, coklat & banyak snack lainnya bergantung ke CPO kita 🀀

      Hapus
    3. Pasar lokal masih banyak butuh palm oil..

      Salah satunya Mbah gono, butuh suplai produk turunan palm oil sebagai 'pelumas'..

      πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    4. semoga ada Ferrari Jenis SUV dipasarkan di Indonesia mas dengan harga yg merakyat.. haha.. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. "Ning yen arep mundut minyak pelumas kulit ngati-ati yooo..."

      https://m.detik.com/wolipop/makeup-and-skincare/d-4869395/viral-emak-emak-kocak-beli-pelumas-seks-dikira-aloe-vera-gel-untuk-kulit?tag_from=wpm_cb_lifestyle_5&utm_source=detik.com&utm_medium=referral

      Hapus
    6. 😁😁🀣🀣🀣

      Hapus
  13. Cakep juga atav dikasih pintu πŸ˜‹

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20200122140441-7-131933/alutsista-buatan-ri-mejeng-di-kantor-prabowo-yuk-intip/3

    Emang sepertinya masa depan inhan kita ada di tangan swasta.. inovasi swasta emang oye baik dari design, kualitas hingga pengembangan produk πŸ˜‹ cambuk bagi bumn2. Perlu kasih order yg banyak untuk swasta yg punya kualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar gak masyuk angin om haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. harimo ama anoa kok tumben gak nongol, apa masi dipinjem filipin yak blom mudik haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      Hapus
    3. paling gak kita masih punya elang hitam buat show, apalagi nanti di indodifens 2020, sangar pasti...
      ada:
      harimo item
      elang item
      tank bot item
      ampe IFX Item, setronk haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    4. sementara gred a, apalagi yg mo dipamerin dsa 2020, masa KERTAS PUTIH lagi? smua uda kirim EREFAI taon laluw di lima haha!😱😱😱

      kereta terbang, cihuyyy haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  14. warning buat MALONERS...!!!! diharap MALONERS yg punya riwayat penyakit jantung dan penyakit kelainan mental akut dilarang membaca blog2 militer utk beberapa minggu atau bulan kedepan.. xixixixixi.. soalnya ada ini.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ‘‡πŸ‘‡

    https://nasional.republika.co.id/berita/q4jorg377/jokowi-dan-prabowo-akan-rapat-bahas-alutsista-di-surabaya

    "Presiden Jokowi menyebutkan pemerintah sedang menjajaki kerja sama dengan negara lain dalam pengadaan alutsista. Di antaranya seperti Prancis, Korea, maupun negara-negara di Eropa Timur.

    "Beberapa sudah dijajaki oleh Pak Menhan, baik yang dengan Prancis, dengan Korea Selatan, maupun negara-negara di Eropa Timur, dan segera akan diputuskan, minggu depan kami akan rapat terbatas," kata Jokowi."

    Ngeriiiiii.. Ngeriiiiii...Itu yg bilang presiden sendri lhooo ya... πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakil dr gred a uda lgs absen 1 dibawah om, kefanasan haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  15. 2020 IS ALREADY HERE AND SOON 2021 IS COMING WHILE DIRTY INDOGS AND NOISY CORN IFX IFX IFX IFX IS STILL DRAWING.









    IDIOT INDOGS

    BalasHapus
    Balasan
    1. kahkahkahkahkah.. seekor beruk MALONS dengan kelainan MENTAL JEALOUS... Mantaaaapp.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. This wet mouth short tiny tail monkey is still dont undestand 😊

      Hapus
    3. LMS PLASTIK CINA MESIN TONG TONG, HASIL HUTANG 25 TAHUN

      KERAJAAN MALON MISKIN PELACUR CINA πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Beruk malon iri hati & kepanasan 😁😁

      Hapus
  16. "Mulane gempurwira suwe ra ketok......πŸ‘»☠️πŸ‘»"

    https://m.detik.com/travel/travel-news/d-4870189/penumpang-kapal-pesiar-lgbt-tewas-jatuh-ke-laut-dari-lantai-10?tag_from=wpm_cb_lifestyle_3&utm_source=detik.com&utm_medium=referral

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempurwaria mati setelah party lgbt, matinya masuk surga bro 😁

      Hapus
    2. Gempur waria primadonanya LGBT KL kini telah almarhum 😁😁

      Hapus
    3. Sorganya iaitu lobang dubur laki 😁

      Hapus
  17. bwahahhahahahaa... MALONS LOW IQ mulai merengek2 minta ampun ke India.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    https://www.cnbcindonesia.com/market/20200123111638-17-132126/malaysia-bujuk-rayu-india-dengan-gula-harga-cpo-masih-turun

    kenapa sifat pecundang MELAYU MALONS tdk pernah berubah ya., berlagak jaguh buat gaduh negara lain.. eeeehhh dia sendiri yg ngemis2 minta damai.. kahkahkahkahkahkak,, MALOOOON.. MALOOOONS.. tuh muka atau pantat kuda..??? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli tejas dulu baru aq cabut πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Malon kena jebakan indie lagi China sudah lewat LMS, Turki sdh lewat gembira indonesia? Amit amiit jangan ah...jangan kasih kendor πŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Indihe hajar terus malon,jgn kasi kendor 😁😁

      Hapus
    3. Alibinya dengan bangga untuk bela agama mayoritas kata wariagempur, ternyata realitynya kertas tissue 😁

      Hapus
    4. TEJAS dulu baru di maapin gt yak om jek hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      mignya skalian buat upeti, drpd jd rongksokan haha!😎😎😎

      Hapus
    5. Lobby2 wang kopi malon 😁
      Sawitnya gak di beli indihe bisa amsyong malon..makin terpuruk
      Karena indihe pembeli terbesar minyak sawit malon.

      Hapus
  18. The RAAF already operates a variety of advanced aircraft, such as Lockheed Martin F-35 jets, but these $100 million fighters are increasingly seen as too expensive to send into contested airspace.
    -------------------

    $100 jutaaaa, mehonk amat...musuh uda didepan, mending osi jajan yg pasti2 ajah. bajet hura hura mrk kan gak segede amrik ame rrc. gak lama lagi kita syusul lho haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    osi mending fokus perbanyak alutsista dolo, ituw kutub selatan bentar lagi jd ajang perebutan bkn LCS haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus