22 Januari 2020

TNI AU Kembangkan "Water Container Bombing" untuk Pemadaman Karhutla

22 Januari 2020


76 bola-bola yang berisi air dalam uji coba Water Container Bombing yang dijatuhkan dari pesawat C-130 Hercules (photo : Times Indonesia)

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI AU melalui Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Udara (Dislitbangau) mengembangkan water container bombing (WCB) untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyaksikan langsung uji dinamis pengeboman air menggunakan bola-bola fiber dari kabin pesawat C130 Hercules yang terbang dari Pangkalan Udara (Lanud) Suryadarma, Kalijati, Subang, Jumat (17/1/2020). 

Kegiatan uji dinamis WCB di Lanud Suryadarma ini juga dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo. 

Doni ingin memastikan inovasi TNI AU dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini bisa efektif digunakan jika diperlukan di kemudian hari. 


Bola-bola dijatuhkan dari pesawat Herluces (photo : Jurnal Jakarta)

KSAU mengatakan, ia sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dislitbangau untuk membantu BNPB dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. 

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif dan inovasi dari Dislitbangau yang penelitiannya sudah dilakukan sejak lama dan lintas institusi. Hari ini kita dapat melihat efektivitas dari sistem baru ini dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan," kata Yuyu melalui keterangan tertulis, Jumat (17/1/2020). 

"Ke depan, kami akan mengembangkan bahan bola yang ramah lingkungan, mudah terurai, dan bisa dilipat sebelum diisi air sehingga mudah untuk diangkut ke Pekanbaru atau Pontianak jika dibutuhkan," ucap Yuyu. 

Sementara itu, Doni mengaku terkesan dengan uji dinamis WCB yang dilakukan oleh TNI AU di Lanud Suryadarma karena efektif mengenai sasaran dan mampu membasahi area yang lebih luas dibandingkan dengan metode yang lain.


Disimulasikan bola-bola jatuh ke lokasi kebakaran (photo : Galamedia)

Ke depan, WCB akan dikombinasikan dengan upaya penghijauan dengan mengisi bola-bola air tersebut dengan bibit tanaman yang mudah tumbuh di lahan apa pun. 

WBC dianggap efektif untuk membasahi lahan gambut hingga kedalaman tertentu sehingga senantiasa lembah dan tidak mudah terbakar. 

Sementara itu, untuk pencegahan banjir dapat dilakukan TMC sebelum intensitas curah hujan tinggi. 

Setiap sortie penerbangan Hercules WBC, mampu mengangkut 76 bola air yang berisi masing-masing 113 liter sehingga jumlah air yang mampu dicurahkan mencapai 8.588 liter. 

"Metode WCB yang dikembangkan oleh TNI AU ini begitu efektif dan dapat digunakan untuk pencegahan sekaligus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan karena daya angkut yang lebih besar dan air tidak ada yang terbuang serta terserap oleh tanah," tutur Doni.

(Kompas)

110 komentar:

  1. Kebakaran hutan disebabkan oleh beruk2 malaya, mereka sengaja membakar hutan untuk ditanami sawit dan menghasilkan cpo low quality, kalau kebakaran hutan semakin besar beruk salahkan pemerintah Indonesia yang tak becus memadamkan api, dasar beruk idiot maling teriak maling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai2 salah satu suami menteri malaysia ikut sebagai mafia pembakat lahan

      Hapus
    2. Itulah malon beruk selalu mengacau

      Hapus
  2. Kalo cukong beruk malaya ketangkep,dihukum mati saja dengan cara fibakar hidup2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bro, bakar beruk malaya gk ngabisin 2 liter bensin 👍

      Hapus
    2. 👨‍🏭👨‍🏭👨‍🏭

      Hapus
    3. Sebagai hukumannya suruh si gempur gila,Xavier,admin Isuzu kongkek jubor cukong malon sampe tewas 😁😁😂

      Hapus
  3. SEDANGKAN DI NEGARA MALAYDOG BERMAHARAJA LELA KES ROGOL... KEMARIN DI BERITA HARIAN METRO DUA KANAK KANAK DI ROGOL LALU DI BUNUH DI KELANTAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon dgn rogol merogol berpisah tiada

      Hapus
    2. Itu akibat terpaksa kerana dubor perawan di kelantan sudah langka

      Hapus
    3. HAHAHAHA HAHHAHA LAMA LAMA MAHATIR PUN ORANG SODOMI

      Hapus
  4. Besok ada rapat...

    Judul rapatnya ada kata semesta gitu.

    Yang hadir ada yang minta duit, ada yang ngurus duit, ada yang ngurus sumber duit, ada yang ngurus bikin perencanaan pinjeman, ada yang ngurus talking-talking ama bule gitu..

    Moga-moga aja jadi yang 48 dan 32 (gue sengaja pakai dan bukan atau ya), trus jadi juga yang gede ngapung di laut itu,trus jadi juga yang suka ngumpet di air, trus jadi juga yang suka bikin kembang api di langit, itu aja dulu pokoknya minta dibeliin yang banyak.


    https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/news/2020/01/22/115358/jokowi-dan-para-menteri-akan-ke-hajatan-prabowo-besok-rapim-kemhan-2020

    🏃🏃🏃🏃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente hoby bener bikin malonnyet gundah gulana, rumah sakit jiwa malon dah pada penuh tu' kalau nambah lg yg sakit jiwa mau ditaruh dimana???? 😂😂😂

      Hapus
    2. Tenang tulang dijamin beres ,rumah sakit kebon binatang khusus beruk gila sudah disiapkan,tinggal disuntik vaksin anti rabies dan vaksin anjing gila dijamin para beruk tenang,bila belum berhasil sediakan dadah dan jubor perawan dijamin dah...

      Hapus
    3. Om @Tukang Ngitung, kira² yang peluang paling besar apa ya? 48 atau 32? Andaikata mesti pilih salah satunya. Apa mungkin keduanya kita beli Om? Kan mahal itu :( Anggaran kita apakah emang ada ya? Lalu, nanti kan jadi Logistic Nightmare bukan? Karena memperbanyak jenis pespur kita? Sukhoi, Rafale, F-16, FA-50. KFX/IFX 2030 udh mengudara kan kira²? Mau ditaruh dimana lagi nanti?

      Hapus
    4. Ngapain bicara logistik nightmare, khan minat 48 biji ?
      Kalo hanya beli 4 biji, 11 biji, atau 12 biji ya betul logistik nightmare, tapi ini 48 biji lho.

      Soal mau ditaruh di sini atau di sana terserah yang naruh.

      Soal anggaran tidak masalah, kita itu pengadaan multi years, jadi pinjem dulu duit dari bank si negara penyuplai, trus dicicil apa 10 tahun atau 15 tahun.

      Hapus
    5. yg semata wayank dr halim aman kok om woof2, kan uda dibliin lengkap 9 item ama BABEHNYA om smilikity, tool + sperpart 2 taon blom kefake haha!😂😂😂

      barang langka, makin lama mangkin kolekter item tuch haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    6. Om @Tukang Ngitung. Oke Om.. Berarti duit kalau ga masalah kan? Semoga dua² nya jadi. 48 Rafale, 32 Viper. Su-35 jadi ga Om?

      Hapus
    7. Ditunggu hasilnya semoga wow, ada liputan pameran alutsista juga produk lokal

      Hapus
  5. Balasan
    1. Kandar sedang kevprancis menyertai junjingan bapak wowo

      Hapus
  6. https://m.cnnindonesia.com/internasional/20200121113124-106-467238/prabowo-dan-memori-skandal-kapal-selam-prancis

    BalasHapus
  7. Jangan sampai anggaran pertahanan dikorupsi...sangat2 mencederai hati dan perasaan rakyat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuat arwah leluhur tidak tenang dan tal bisa ke surga

      Hapus
    2. Darurat perasaan type destroyer
      Alias baper

      Hapus
  8. Bom nya isiin air septic tank yg ijo,kuning,coklat dan mencret jatuhinnya di kuala lumpur ... pasti warga kl bahagia dan senang 😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuala Tai Jin Ping nama Cina nya papa yufi 😂😂😂😂

      Hapus
    2. Hahahahaha
      koment terbaik
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  9. Lanjut!!!!

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20200122150645-4-131945/ri-bikin-kapal-selam-wamenhan-evaluasi-kelanjutan-proyek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sisi lain, PT PAL mengaku sudah siap jika nantinya kerjasama dilanjutkan ataupun tidak. Adanya Transfer of Technology (ToT) antara Indonesia dan Korea Selatan dinilai sudah menjadi bekal.


      ☝☝☝ di lanjutkan atau tidak kita sudah punya ilmu nya , Mantap PT PAL

      Hapus
    2. PT. PAL mengatakan siap apakah kerjasama dengan Korsel dilanjutkan atau tidak. Ini apakah makhsudnya PT. PAL siap membuat sendiri kapal selam jika kerjasama dihentikan atau makhsudnya PT. PAL siap melanjutkan kerjasama pembuatan kapal selam dengan produsen manapun (selain korea Selatan) ya om?

      Hapus
    3. Kalau dr yg aku tangkap pt.pal dah percaya diri mampu membangun sendiri u209 versi changbogo, emang bahaya daya serap ilmu teknologi para enginer pt.pal ini' aku curiga pt.pal pengen lompat ke u214 langsung kerjasama ame turki makanya ada opsi tuk kelas yg sama dengan changbogo ambil scorpen biar dapat lg ilmu teknologi yg jd kelebihan scorpen, lalu tuk teknkologi aipnya ambil u214 kerjasama dengan turki,,,tp semuanya masih dievaluasi, tp fillingku masih kuat changbogo tetep lanjut sebab manufer dan spekulasi ini efek dr kisruh kfx/ifx.

      Hapus
    4. Kalau seandainya kerjasama dengan Korsel dihentikan kira2 lebih baik mana kerjasama TOT dengan Perancis, turki, atau Jerman om tungkir? Mana yg paling bagus produknya dari ketiga negara itu untuk kapal selam?

      Hapus
    5. Tergantung apa mau langsung naik kelas atau mau cari kelas yg sama agar bisa mendapat ilmu dr kelebihan kapal selam merk lainnya, kalau emang mau naik kelas langsung aje u214 dan aku lebih percaya ke turky tp pertanyaannya apa turky bener2 sudah dapat keseluruhan teknologi u214??? kalau emang ragu tentang ini mending langsung ke jerman, tp kalau turki udah bener2 dapat ilmu teknologi u214 mending ke turki aja karena kalau untuk indonesia aku yakin turki gk bisa di interfensi negara eropa atau negara lainnya yg takut dengan kemajuan teknologi indonesia, kalau jerman masih bisa dipengaruhi negara2 eropa atau lainnya yg tidak suka dengan perkembangan teknologi indonesia, tp kalau emang masih mau belajar lg tuk cari ilmu lebih dr merk kapal selam lainnya yg sekelas changbogo ya gk masalah sih ambil scorpen prancis.

      Hapus
  10. Kontrak untuk iver akan di segera dan di percepat, mantabbbbb kok blm nongol di defence studie,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa jangan nongol om, kasian ama tetangga yg miskin yg cuma belanja kapal plastik cina LeMeS dan Jeep karat utk GGK (Garuk Garuk Kont*l) 😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Betul itu si unknown dengan adanya iver pasukan beruk bersarong di laot akan menjadi PASKAL ( PASukan KAlah di Laut ) bila berhadapan dengan TNI AL 1on 1

      Hapus
  11. Pengadaan AURI ada yang batal 1 item.

    Apakah item itu ?

    Apa yang berlarut-larut itu ya ?

    Gantinya apa ya ? Apa yang itu ya yang ada kupingnya dan bikin seantero jagad gonjang-ganjing..

    Langit kelap kelip
    Bumi gonjang ganjing

    Eeeeee....lha dalah

    Eee

    Neng nong neng nong neng gung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakean wayangan
      ☝💨💨💩☁💨🏃🏃

      Hapus
    2. Kae sing didrop seko hercules kae cemplon yo mbah.....kok bunder-bunder 🤔

      Hapus
    3. Gk bakal tung, biar ente bertapa digunung kidul doa ente gk bakal mujarap' ntu pespur adalah tuk antisipasi embargo mamarika tung dan bikin para pilot pespur australia berfikir tuk nyelonong ruang udara indonesia 😂😂😂😂

      Hapus
    4. Ada kupingnya? 😱
      Gripen kah??

      Hapus
    5. Iso limbukan... Thoo😁😁😁

      Hapus
    6. Mbah ntung kui yo ono kupinge arep diekspor kabuuur 💩💩💨💨☁☁☁💩🏃🏃🏃

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Ongkos wayangevpinten bro tug mohon dihitung!!!

      Hapus
    9. Nek nanggap wayang saka aku ongkose sakjam 2 triliun mas...

      Hapus
    10. Ora sido aku nanggap hahahaha

      Hapus
    11. Nek tak tanggap 7 dino 7 bengi, nopo master kagungan jujule 😪

      Hapus
    12. 7 dino!.. Somplak driji2 ne😁🤣🤣

      Hapus
  12. Ada nama Indonesia nih guys di contract Dec 19 2019.. Beli apa lagi yak ?

    https://www.defense.gov/Newsroom/Contracts/Contract/Article/2044738/source/GovDelivery/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga nih..

      https://breakingdefense.com/2020/01/air-national-guard-f-16s-first-to-fly-fifth-gen-radar/



      Air
      Land
      Naval
      Space
      Networks / Cyber
      Congress
      Pentagon
      Allies
      Threats
      Newsletter Signup
      About Us
      Special Features
      Search for:
      AIR WARFARE
      Air National Guard F-16s First To Fly Fifth-Gen Radar
      The radar upgrade is aimed at countering Russian cruise missiles.
      By THERESA HITCHENS
      on January 09, 2020 at 4:58 PM
      28
      SHARES


      WASHINGTON: The Air Force National Guard’s 72 aircraft will be the first US F-16 fighters to field Northrop Grumman’s new fifth-generation radar system.

      The radar upgrade, a Northern Command requirement, is aimed directly at countering Russian cruise missiles.

      “The Air National Guard is fielding the AN/APG-83 Scalable Agile Beam Radar (SABR) Active Electronically Scanned Array (AESA) first in response to a United States Northern Command (USNORTHCOM) Joint Emergent Operational Need,” the company said in response to Breaking D’s questions today. The AN/APG-83 is modeled after the radars equipping both the F-22 and the F-35, Northrop Grumman told Breaking D.

      “The greater bandwidth, speed and agility of the APG-83 enables the F-16 to detect, track and identify a greater number of targets faster and at longer ranges. In addition, it features all-weather, high-resolution synthetic aperture radar mapping to present the pilot with a large surface image for more precise target identification and strike compared to legacy systems,” according to a company announcement today.

      “The APG-83 radar provides unprecedented, active electronically scanned array (AESA) targeting and fire control capabilities to the F-16 fleet to ensure the superior effectiveness of the Air National Guard’s mission,” said Mark Rossi, Northrop Grumman’s director for SABR programs, said.

      While the company is under contract to provide the radar to Bahrain, Greece, Korea, Indonesia, Morocco, Singapore and Taiwan, the active duty Air Force’s F-16s have yet to be upgraded.

      Hapus
    2. Ciyuuuuus.....meh podo karo rongko RX King ditemploki mesin moge 😱😱😱

      Hapus
    3. Lha embuh mas Hari.. sy Aja kaget mbacanya.. itu berita January 2020 loh ? Alias masih Gress..

      Kok gak ada kabar diem diem beli radar gituan ? Bener pora sih ? 🙄🙄🙄🙄

      Hapus
    4. The Boeing Co., Mesa, Arizona, was awarded a $1,461,384,102 hybrid (cost-no-fee, cost-plus-fixed-fee and firm-fixed-price) Foreign Military Sales (Indonesia, Israel, Kuwait, Netherlands, Qatar, Saudi Arabia, South Korea, Taiwan and United Arab Emirates) contract for support services for AH-64D/E Apache helicopters. Bids were solicited via the internet with one received. Work locations and funding will be determined with each order, with an estimated completion date of Dec. 31, 2024. U.S. Army Contracting Command, Redstone Arsenal, Alabama, is the contracting activity (W58RGZ-20-D-0005).

      Hapus
    5. Fix, apache nambah, perkiraan delivery complete tanggal 31 desember 2024.

      Hapus
    6. Nah itu mas TN.. completion 2024. Kaget juga bacanya kok Apache lagi ya ? Apa beneran nambah ?

      Trus berita yg satu lagi tuh upgrade radar AESA itu beneran contract buat Indonesia juga ? Kok sistem diem diem yaa kalau emang bener... 🤭

      Hapus
    7. Gw jadi curiga nih contract Chinook, Viper sama Iver juga diem diem aja nih.. 🤣😁

      Hapus
    8. berita yang bikin para beruk tidak bisa tidur dengan tenang 🙈

      Hapus
    9. Namanya saja alutsista itu rahasia negara,tiba tiba saja sudah hadir...,contoh dulu ada operasi alpha untuk mendatangkan pesawat skyhawk A4 dari Israel semua serba rahasia karena pemerintah waktu itu tidak mau ada yang alergi dengan israel

      Hapus
    10. Mas Super inget nggak dulu pak wir pernah bilang idr 75 triliun untuk alutsista...

      Trus pak RR disambut tembakan meriam kehormatan 21 kali.

      Lha itu hasilnya.

      Walau diem2 yang penting bocor juga dari luar.

      Hapus
    11. Case Apache Dulu gitu juga sih.. gak keliatan kontraknya tau tau Dateng serombongan. Makanya waktu pengadaan dulu kita pernah pinjem Apache US Army di Merak langsung dah riuh forumer negeri jaran kalau RI cuma bisa sewa doang gak bakalan kejadian beli karena mahal.

      Feeling sy Bisa jadi kloter kedua juga ujug ujug Dateng lagi nih.. 😃🤪

      Tadinya kepikiran kontrak itu buat Service support doang sih mas sampai 2024. Tapi gak tau yaaa.. wong semuanya serba rahasia gitu.

      Hapus
    12. Sebenernya udah ada infonya kita beli radar untuk f16 yg di upgred tp gk tau radar merk apa, dr yg kutangkap diartikel diatas tidak pasti menyebutkan jenis radar yg dikerjakan gurman untuk negara2 yg memberi kontrak pada mereka, yg pasti positif itu untuk radar pespur baru f16v taiwan menggunakan AN/APG.
      👇👇👇

      Sementara perusahaan ini terikat kontrak untuk menyediakan radar ke Bahrain, Yunani, Korea, Indonesia, Maroko, Singapura dan Taiwan, tugas aktif F-16 Angkatan Udara belum ditingkatkan. Pada bulan Agustus, Departemen Luar Negeri menyetujui potensi penjualan F-16 baru, juga dilengkapi dengan AN / APG ke Taiwan dengan harga $ 8 miliar, yang akan membuat jumlah Fighting Falcons di armada Taipei menjadi 211.

      Hapus
    13. Falcon A/B TNI yg katanya lagi proses SLEP maren pake radar APG versi berapa ya Lae ?

      Hapus
    14. Kemarin baru ada Jimmy idioters yang kepo kapan tanda tangan kontrak belanja senjata Indonesia di umumkan secara terbuka. Tau dari artikel pembelian di atas ,Jimmy idiot cs auto kumat hypertensi dan gula darahnya. Gempurwaria PON langsung mencret mencret di celana😀

      Hapus
    15. Masalahe itu contract yg nerbitin bukan website kacangan mas.. defense gov alias website resmi nya pihak US sana lho 😁

      Ngeriyy gak sih ? Hihihi..

      Hapus
    16. AN/APG-66 V2 om
      Mayan buat release maverick buat getok MKM di hanggar

      Hapus
    17. Ya itu aku kurang copy jg, kalau an/apg66 bagus dong' di list anggaran belanja kemenhan 2019 emang ada anggaran tuk beli radar pespur tp aku gk tau pasti radarnya merk apa tp aku yakin tu radar untuk f16 yg di upgred.

      Hapus
    18. Setau gue radarnya sama cuma ganti processor biar lebih cepat, supaya bisa bawa amraam. Tapi percuma nenteng amraam wong targetnya ngumpet dihanggar, jadi pake maverick aja hehehehe

      Hapus
    19. Fix AN/APG-66 (V2),,,jd proyek radar yg dikerjakan gurman sesuai topik link tersebut adalah AN/APG-66 (V2) kalau yg dipakai f16 blok 52id AN/APG-68


      http://defense-studies.blogspot.com/2019/12/f-16-tni-au-siap-untuk-misi-bvr-dan.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwiGuN37i5fnAhVZIbcAHdDrDw4QFjAMegQICBAB&usg=AOvVaw20LD59Y4lVooUOj_G-M0-K

      Hapus
    20. Yg pastinya bukan AN/APG-83 yg digunakan f16v, tp AN/APG-66 (V2).

      Hapus
  13. Hiburan dulu biar ga spanneng 😁
    https://youtu.be/9J94WNOzZR8

    BalasHapus
  14. Pesawat amphibi dan heli jawaban tepat untuk ''WATER BOMBING''. Harus di anggarkan lagi pesawat amphibi tapi tipe lebih besar.

    BalasHapus
  15. ituw Water Container Bombing pas dilepas herki jatuhnya mirip "BOM KARPET" haha!👏👏👏

    lama2 armada tempur kita dibuatin bom WCB jugak nich.
    mayan latihan bom damkar haha!⛑⛑⛑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama2 herky bisa buat carpet bombing...
      Pake bom bodoh...asssooyy.
      Pake bom sari bahari di buat khusus untuk herky.
      Jadi B 130 herky..haahaaayy.

      Hapus
    2. smua bisa diatur om tupz, dibikin paket ganship full bom haha!👍👍👍

      Hapus
  16. pilipina,,bikin kapal patroli aja gk bisa,,harus di bantu israel,,terus pilipina bisa nya buat apa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisanya yach jualan UAV cem aerostar py tni au haha!🤗🤗🤗
      tetep judulnya kan ekspor, klo gred a gak takde kepakaran jual maupun bikin haha!😎😎😎

      Hapus
  17. wuiddiii awal taon tiba2 dateng lagi uro vamtacst-5! gaes cihuuyy banget haha!👍👍👍

    ada jip "ghoib" baruw lagi lansiran VAMTAC

    https://defence.pk/pdf/attachments/eodadovuuae1udh-jpeg.601006/

    st5 + tt
    https://defence.pk/pdf/attachments/eodaedsueaau-0l-jpeg.601004/

    https://defence.pk/pdf/attachments/eodacgjuwailrv8-jpeg.601008/

    BalasHapus
    Balasan
    1. shopping soping opa RR nich tiba2 nongol haha!🤗🤗🤗

      ditunggu ituw ban trek apaan yak, keknya cem nexter caesar uhuyy haha!👍👍👍

      Hapus
    2. sementara KL, masi mengkaji jip2 buat unit spesiyalnye,
      kita donk tambah
      uro vamtac dan
      jip vamtac varian baru,
      smuanya kita yg py pertama dikawasan hore tepok soray haha!👏👏👏

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Sepertinya banyak kejutan ni, karena banyak kontrak2 yg tidak terekpose dan dipublikasikan jaman menhan RR kemaren.

      Hapus
    5. Awas nanti ada yg nanya bukti kontraknya loh mas.. biarpun udah Dateng kalau gak ada data kontraknya dianggep gak Aci 🤪

      Hapus
    6. yg nanya2 kontra lemfffarin fisank aja gaez, ini barang nyata bkn sekedar "KERTAS PUTEH" haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  18. MALAYSIA KEMBANGKAN KANCUT BESI TUK LINDUNGI TENTERA DARI GAY SEMENANJUNG TIPE DESTROYER

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perilaku Gay dengan Melayu Malon memang tiada berpisah. Menterinya pon kasi contoh 😛😛😛

      Hapus
  19. https://medan.tribunnews.com/2020/01/22/pemasok-senjata-kkb-intan-jaya-tewas-disergap-saat-bertransaksi-ini-pangkat-dan-jabatannya-di-kkb?fbclid=IwAR3Tf07GRJqo5vyEz1RzfT1uVKjK2Dp8j0_QB4bRot8DwzRYTHF9scRnWZE

    Pemasok senjata KKB di tembak mati 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan ngerasain telan peluru di badannya 😀

      Hapus
  20. Seharusnya dibuat UU kewajiban orang Indo harus punya pasangan orang Malay. Kalo nggak, surat keterangan kawin tidak dikeluarkan.

    Pemaksaan ini penting untuk menjaga perdamaian. Kalo perlu pakai gaya Kim Jong Un.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bakal mau kawin sama puan malays, pemalas dan pengeluh, mereka lebih senang kawin dengan bangla, lagi sedap mereka cakap..😂

      Hapus
    2. kawin doank otak luh, dasar mamad kagak okeh haha!😎😎😎
      lah kita dua ratus juta lbh masi ada yg ga dpt pulak. ntar kesian habis jatah org KL donk klo awewenya wajib kita embat haha!🤣🤣🤣

      Hapus

  21. Do you need 100% Finance? huge capital Private finance for business expansion, new project start up. We offer our services to both government and companies in any part of the globe. Our services falls in various ranges like direct funding program, short and long term funding program,Discounting of bank Financial Instruments,Letter of Credit against acceptable bank instruments, Asset trading – Trade finance Etc.

    C.E.O. Deby Johnson.
    debyfinancingloans@gmail.com
    Whatsapp Number: +447459797459
    Whatsapp Number: +918375004762
    DEBY FINANCING LOANS COMPANY

    BalasHapus